Batang Tubuh UUD 1945

download Batang Tubuh UUD 1945

of 3

description

Batang Tubuh UUD 1945

Transcript of Batang Tubuh UUD 1945

Arti Batang Tubuh UUD 1945 ialah peraturan Negara yang memuat ketentuan ketentuan pokok dan menjadi salah satu sumber daripada perundang-undangan lainnya yang kemudian dikeluarkan oleh negara itu.

Batang Tubuh UUD 1945 terdiri dari:

1. 16 Bab

2. 37 Pasal, terbagi 5 bagian antara lain:

Bentuk dan Kedaulatan Negara = pasal 1

Lembaga Tertinggi Negara = pasal 2, 3

Lembaga Tinggi Negara = pasal 4-15, 16, 18, 19-22

Unsur-Unsur Kesejahteraan Negara = pasal 23, 29, 31-37

Unsur-Unsur Pemerintahan Negara = pasal 17, 24, 25, 26-28, 30

3. 4 pasal Aturan Peralihan

4. 2 Ayat Aturan TambahanSifat Batang Tubuh UUD 1945

Batang Tubuh UUD 1945 memiliki 3 sifat utama, yaitu:

1. Fleksibel, Elastis, dan Soepel = artinyadapat mengikuti perkembangan zaman, kapan saja dapat berlaku, sejak dulu hingga sekarang dan sampai kapanpun.

2. Rigid (tidak kaku) = artinya isi Batang Tubuh UUD 1945 dapat diselami setiap warga negara Indonesia secara keseluruhan, siapa saja menjadi WNI mampu menyelaminya.

3. Luwes (gemulai) = maksudnya dapat dilaksanakan oleh setiap warga negara Indonesia di semua tempat, disembarang ruang dan di mana saja dapat dipraktekkan.Peraturan perundang-undangan ke tingkat yang lebih rendah pada esensinya adalah merupakan pelaksanaan dari nilai dasar Pancasila yang terdapat pada Pembukaan dan batang tubuh UUD NRI Tahun 1945.Di antara kita sudah ada juga yang sudah mengenal adanya peraturan daerah, peraturan bupati, peraturan presiden. Ada juga yang disebut undang-undang. Semua itu dapat kita katakan peraturan perundang-undangan negara. Apa itu peraturan perundang-undangan? Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang dan mengikat secara umum. Negara Indonesia mempunyai banyak sekali jenis peraturan perundang-undangan. Peraturan perundangundangan itu ada yang berada pada tingkatan yang paling tinggi sampai pada peraturan perundang-undangan tingkat rendah.Adapun jenis dan tingkatan peraturan perundang-undangan di Indonesia itu adalah sebagai berikut.1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 19452. Undang-undang (UU)/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu)3. Peraturan Pemerintah (PP)4. Peraturan Presiden (Perpres)5. Peraturan Daerah (Perda)Dari berbagai jenis peraturan perundang-undangan itu, ada peraturan perundang-undangan tingkat pusat yang berlaku untuk seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ada peraturan perundang-undangan tingkat daerah. Peraturan perundang-undangan yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Peraturan perundang-undangan tingkat daerah berlaku hanya pada suatu daerah yang dimaksudkan dalam peraturan itu. Baik peraturan perundang-undangan tingkat pusat maupun daerah semuanya harus ditaati oleh semua warga negara yang bersangkutan tanpa terkecuali. Pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan akan dikenai sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.1. Peraturan Perundang-undangan di Tingkat PusatPeraturan perundang-undangan di tingkat pusat.a. Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945.b. Undang-undang (UU)/Peraturan Pemerintah Penganti Undang-undang (Perppu).c. Peraturan Pemerintah (PP).d. Peraturan Presiden (Perpres).Penjelasannya sebagai berikut.

a. Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945Undang-Undang Dasar 1945 merupakan peraturan perundang-undangan tertinggi negara.

b. Undang-undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undangUndang-undang adalah peraturan perundangundangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan bersama presiden.c. Peraturan Pemerintah (PP)Peraturan pemerintah adalah peraturan perundang- undangan yang ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan undang-undang.d. Peraturan Presiden (Perpres)Peraturan presiden adalah peraturan perundangundangan yang dibuat oleh presiden. Peraturan presiden disingkat dengan perpres.2. Peraturan Perundang-undangan di Tingkat DaerahPeraturan perundang-undangan di tingkat daerah mencakup peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku untuk daerah, seperti peraturan kepala daerah, keputusan kepala daerah, dan peraturan desa. Peraturan daerah atau perda adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan persetujuan bersama kepala daerah. Berdasar pada tingkatan peraturan perundangundangan tersebut maka peraturan daerah atau perda merupakan peraturan perundang-undangan yang berada pada tingkatan bawah. Yang dimaksud daerah adalah daerah provinsi, kabupaten, dan kota. Macam peraturan daerah meliputi:1. Peraturan daerah provinsi2. Peraturan daerah kabupaten3. Peraturan daerah kota4. Peraturan desa atau yang setingkat.Penjelasannya sebagai berikut.1. Peraturan daerah provinsi dibuat oleh DPRD provinsi bersama gubernur selaku kepala daerah provinsi.2. Peraturan daerah kabupaten dibuat oleh DPRD kabupaten bersama dengan bupati selaku kepala daerah kabupaten.3. Peraturan daerah kota dibuat oleh DPRD kotabersama dengan walikota selaku kepala daerah kota.4. Peraturan desa dibuat oleh Badan Permusyawaratan Desa bersama kepala desa.Seperangkat peraturan perundang-undangan tersebut disebut sebagai nilai instrumental pancasila.