Kwn uud 1945

44
Kelompok ANJAR PANGESTI ARDIAH WULANDARI EGA SAVITRI DILA PUTRI ANDRIANA EKA OKTAVIA NOVITA.D

description

 

Transcript of Kwn uud 1945

Page 1: Kwn uud 1945

Kelompok

ANJAR PANGESTI ARDIAH WULANDARI

EGA SAVITRI DILA PUTRI

ANDRIANA EKA OKTAVIA

NOVITA.D

Page 2: Kwn uud 1945

UNDANG- UNDANG DASARNEGARA REPUBLIK INDONESIA

A.Pengantar Amandemen tidak dimaksudkan mengganti sama sekali UUD 1945, akan tetapi merupakan suatu prosedur penyempurnaan UUD 1945. Hal mendasar bagi pentingnya amandemen UUD 1945 adalah tidak adanya sistem kekuasaan terutama pada ekuasaan eksekutif.

B. Hukum Dasar TertulisHukum dasar meliputi 2 macam, yaitu hukum dasar tertulis (undang- undang dasar ) dan hukum dasar tidak tertulis (convensi). Oleh karena sifatnya tertulis maka UUD tidak mudah berubah. Jadi prinsip mekanisme dan dasar setiap sistem pemerintahan diatur dalam UUD. UUD 1945 hanya memuat 37 pasal, lainnya hanya pasal peralihan & tambahan yang mengandung makna : 1) UUD hanya memuat aturan- aturan pokok. Garis- garis besar instruksi kepada pemerintah & penyelenggara negara. 2) Sifatnya supel ( elastic) bahwa masyarakat itu terus berkembang, dinamis sesuai perkembangan zaman. Kita harus menjaga agar UUD tidak ketinggalan zaman.

Page 3: Kwn uud 1945

Menurut Padmowahyono, kegiatan negara dikelompokan mjd 2, yaitu:1) Penyelenggara kehidupan negara2) Penyelenggara kesejahteraan sosial.Bedasarkan pengertian tsb, sifat UUD 1945 adalah, sbb : Oleh karena sifatnya tertulis maka rumusannya jelas, merupakan hukum positif yg mengikat pemerintah sebagai penyelenggara negara, maupun setiap warga.Memuat aturan- aturan pokok yg setiap kali harus dikembangkan sesuai perkembangan zaman, serta HAM. Memuat norma- norma, aturan serta ketentuan yg harus dilaksanakan.UUD 1945 merupakan peraturan hukum positif yg tertinggi, disamping itu sebagai alat kontrol norma- norma hukum positif.

Page 4: Kwn uud 1945

C. Hukum Dasar Tidak TertulisConvensi mempunyai sifat- sifat sbb :

Merupakan kebiasaan yg berulang kali dan terpelihara dlm praktek penyelenggara negara.

Tidak bertentangan dgn UUD & berjalan sejajar. Diterima oleh seluruh rakyat. Bersifat sebagai pelengkap, sehingga memungkinkan

sebagai aturan dasar yg tidak terdapat dlm UUD.Contoh convenci:Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah & mufakat. Berdasarkan pasal 37 ayat (1) & (4) UUD 1945, segala keputusan MPR diambil berdasarkan suara terbanyak.

Page 5: Kwn uud 1945

D. KonstitusiBerasal dri bahasa Inggris “constituiton” atau bahasa Belanda “Constitutie” yg

artinya UUD. Pengertian konstitusi mempunyai arti lebih luas dari pada pengertian UUD( meliputi konstitusi tertulis saja). Sedangkan konstitusi tidak tertulis tidak tercakup dalam UUD.E. Struktur Pemerintahan Indonesia Berdasarkan UUD 1945

1) Demokrasi Indonesia sebagaiman Dijabarkan dlm UUD 1945 Hasil amandemen 2002

Demokrasi sbg sistem pemerintahan dari rakyat, rkyat sebagai asal mula kekuasaan negara sehingga rakyat ikut serta dalam pemerintah utk mewujudkan suatu cita- citanya. Demokrasi di Indonesia mengakui kebebasan & persamaan hak, perbedaan serta keberagaman.

Sistem pemerintahan Demokrasi mengadung unsur- unsur:Keterlibatan warganegar dlm pembuatan keputusan politik.Tingkat persamaan tertentu diantara warganegara.Tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yg diakui & dipakai oleh warganegara.Suatu sistem perwakilanSuatu sistem pemilihan kekuasaan mayoritas

Page 6: Kwn uud 1945

•Demokrasi mengadung ciri patokan yaitu ide bahwa warganegara terlibat dalam pembuatan keputusan politik, baik secara langsung maupun tidak. Konsep Montesquieu Supra Struktur Politik meliputi Legeslatif, Eksekutif & Yudikatif. Lembaga negara dan alat perlengkapan negara yg beda di bawah UUD 1945, yaitu:Majelis Permusyawaratan RakyatDewan Perwakilan RakyatPresidenMahkamah AgungBadan Pemeriksa Keuangan

Page 7: Kwn uud 1945

Infra Struktur Politik terdiri atas 5 komponen yaitu:Partai PolitikGolongan ( yg tdk berdasarkan pemilu)Golongan PenekanAlat Komunikasi PolitikTokoh- tokoh politik

Penjabaran Demokrasi menurut Uud 1945 dalam sistem Ketatanegaraan Indonesia pasca Amandemen 2002Penjabaran demokrasi dlm ketatanegaraan Indonesia dpt ditemukan dlm konsep demokrasi yg terdapat dlm pembukaan UUD 1945. Rumusan kedaulatan di tangan rakyat menunjukan bahwa kedudukan rakyatlah yg tertinggi & paling sentral. Rakyat adlh asal mula kekuasaan dan tujuan kekuasaan negara.

Page 8: Kwn uud 1945

Konsep Kekuasaan1) Kekuasaan Tertinggi di Tangan Rakyat a) Pembukaan UUD 1945 Alenia IV

“.....maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu UUD RI yg berkedaulatan rakyat...”

b) Pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 “ negara yg berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatn & permusyawaratan perwakilan”

c) UUD 1945 Pasal 1 ayat 1“ Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yg Berbentuk Republik”

d) UUD 1945 pasal 1 ayat (2)“ Kedaulatan adlh ditangan rakyat & dilakukan menurut UUD”

Page 9: Kwn uud 1945

2. Pembagian KekuasaanPembagian kekuasaan menurut demokrasi

yang tercantum dalam UUD 1945 adalah sbb :a. Kekuasaan Eksekutif didelegasikan kepada Presiden

Pasal 4 ayat 1 UUD 1945b. Kekuasaan Legislatif didelegasikan kepada presiden DPR

dan DPD pasal 5 ayat 1,pasal 19 dan pasal 22C UUD 1945

c. Kekuasaan yudikatif didelegasikan kepada MA pasal 24 ayat 1 UUD 1945

d. Kekuasaan Inspektif atau pengawasan didelegasikan kepada BPK dan DPR.

e. Dalam UUD 1945 hasil amandemen tidak ada kekuasaan Konsultatif yang dalam UUD lama didelegasikan kepada DPA.

Page 10: Kwn uud 1945

3.Pembatasan Kekuasaan

Menurut konsep UUD 1945,pembatasan kekuasaaan dapat dilihat melalui proses 5 tahunan kekuasaan sbb:

a. pasal 1 ayat 2 UUD 1945,kedaulatan ditangan rakyat….”. Kedaulatan politik rakyat dilaksanakan lewat pemilu untuk membentuk MPR dan DPR setiap 5 tahun sekali.b. MPR memiliki kekuasaan melakukan perubahan terhadap UUD,melantik presiden dan wakil presiden.c.Pasal 20 ayat 1 memuat “DPR memiliki fungsi pengawasan,yang berarti melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan yang dijalankan oleh presiden dalam jangkka waktu 5 tahun.d.Rakyat kembali mengadakan pemilu setelah membentuk MPR dan DPR .

Dalam pembatasan kekuasaan menurut konsep mekanisme 5 tahunan kekuasaan menurut UUD 1945 mencakup antara lain :• Periode kekuasaan• Pengawasan kekuasaan • Pertanggungjawaban kekuasaan.

Page 11: Kwn uud 1945

A.Konsep Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan menurut UUD 1945 adalah sbb : 1.penjelasan UUD 1945 tentang pokok pikiran ke III,yaitu..”Oleh karena itu sistem negara yang terbentuk dalam UUD 1945 harus berdasar atas kedaulatan rakyat dan atas permusyawaratanperwakilan. 2. putusan MPR ditetapkan dengan suara terbanyak misalnya pasal 7B ayat (7).

Konsep pengambilan keputusan yang dianut dalam hukum tata negara Indonesia adalah berdasarkan : 1.keputusan didasarkan pada suatu musyawarah sebagai asasnya, artinya segala keputusan yang diambil sejauh mungkin diusahakan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat. 2.Namun demikian jikalau mufakat itu tidak tercapai,maka dimungkinkan pengambilan keputusan itu melalui suara terbanyak.

Page 12: Kwn uud 1945

B.Konsep pengawasan

Konsep pengawasan menurut UUD 1945 ditentukan sebagai berikut :1. Pasal 1 ayat 2,”kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilakukan

menurut UUD. Disebutkan bahwa rakyat memiliki kekuasaan tertinggi namun dilaksanakan dan didistribusikan berdasarkan UUD. Sedangkan UUD yang lama (belum diamandemen) menjelaskan MPR memiliki kekuasaan tertinggi sebagai penjelmaan kekuasaan rakyat.

2. Pasal 2 ayat 1,”MPR terdiri atas DPR dan DPD, maka hasil amandemen MPR dipilih melalui pemilu.

3.Penjelasan UUD 1945 tentang DPR, disebut “…. Kecuali itu anggota-anggota DPR semuanya merangkap menjadi anggota MPR. Oleh karena itu DPR senantiasa mengawasi tindakan presiden.Berdasarkan ketentuan di atas mak konsep pengawasan menurut demokrasi Indonesia tercantum dalam UUD 1945 pada dasarnya :

1.Dilakukan oleh seluruh warga negara. Karena kekuasaan di dalam sistem ketatanegaraan Indonesia adalah ditangan rakyat.2. Secara formal ketatanegaraaan pengawasan berada pada DPR.

Page 13: Kwn uud 1945

C. Konsep Partisipasi

1. Pasal 27 ayat 1 UUD 1945,” Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tiada kecualinya,”2. Pasal 28 UUD 1945,” Kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dsb ditetapkan “.3.Pasal 30 ayat 1 UUD 1945, “ Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pembelaan negara”.

Demokrasi Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 mengandung pengertian bahwa rakyat adalah unsur sentral,oleh karena itu pembinaan dan pengembangannya harus ditunjang oleh adanya orientasi yang baik.

Page 14: Kwn uud 1945

2. Sistem Pemerintahan Negara Menurut UUD 1945 Hasil Amandemen 2002

• 7 kunci pokok sistem pemerintahan negara Indonesia :a. Indonesia ialah negara yang berdasarkan atas hukum

Negara Indonesia tidak berdasarkan kekuasaan belaka, hal ini mengandung arti bahwa negara ( termasuk pemerintah dan lembaga negara lainnya) dalam melaksanakan tindakan apapun harus dilandasi oleh peraturan hukum dan dipertanggungjawabkan secara hukum.

b. Sistem Konstitusional,Sistem ini memberikan penegasan bahwa cara pengendalian pemerintahan dibatasi oleh ketentuan-ketentuan konstitusi yang dengan sendirinya oleh ketentuan-ketentuan hukum lain merupakan produk konstitusional , ketetapan MPR , UU dsb.

c. Kekuasaan negara yang tertinggi ditangan rakyatmenurut UUD 1945 hasil amandemen 2002 kekuasaan teringgi ditangan rakyat, dan dilaksanakan menurut UUD ( Pasal 1 ayat 2 ), berarti terjadi reformasi kekuaaan tertinggi dalam negara.

Page 15: Kwn uud 1945

d. Presiden ialah penyelenggara pemerintahan negara yang tertinggi disamping MPR dan DPR

Menurut UUD 1945 sebelum diamandemen : ”Dibawah MPR,presiden ialah penyelenggara pemerintahan negara yang tertinggi. Dalam menyelenggarakan pemerintahan negara, kekuasaan dan tanggung jawab ditangan presiden.

Presiden merupakan pemerintahan tertinggi disamping MPR dan DPR,karena dipilih langsung oleh rakyat UUD 1945 (Pasal 6A ayat 1 ).e. Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR

Presidenn harus bekerja sama dengan dewan,tetapi presiden tidak bertanggung jawab kepada dewan artinya kedudukan presiden tidak tergantung pada dewan.f. Menteri negara ialah pembantu presiden, menteri negara tidak bertanggung jawab kepada DPR

Presiden dalam melaksankan tuagas pemerintahannya dinbantu oleh menteri-menteri ( pasal 17 ayat 1 ), presiden mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri (pasal 17 ayat 2 )g. Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas

Presidenn dan wakil presiden dipilih oleh rakyat secara langsung meskipunn demikian kepala negara tidak bertanggung jawab kepada DPR,ia bukan diktator ( tidak tak terbatas )

Page 16: Kwn uud 1945

3.Negara Indonesia adalah Negara Hukum

Ciri-ciri Negara hukum adalah :a. Pengakuan dan perlindungan HAM yang

mengandung persamaan dalam bidang politik,hukum,sosial,ekonomi dan kebudayaan.

b. Peradilan yang bebas dari suatu pengaruh kekuasaan dan kekuataan lain dan tidak memihak

c. jaminan kepastian hukum,yaitu jaminan bahwa ketentuan hukumnya dapat dipahami,dilaksanakan,dan aman dalam melaksanakannya.

Dinegara Indonesia dijamin aanya perlndungan HAM berdasarkan ketentuan-ketentuan hukum, bukan kemauan seseorang yang menjadi dasar kekuasaan

Page 17: Kwn uud 1945

F.Isi Pokok Batang Tubuh UUD 1945 Hasil Amandemen 2002

UUD 1945 hasil amandemen 2002 memuat 37 pasal dibagi menjadi 26 bab 3 pasal aturan peralihan dan 2 pasal aturan tambahan.

1.Bentuk dan kedaulatan ( bab 1 )Pasal 1 ayat 1 ditegaskan bahwa negara adalah negara kesatuan yang

berbentuk republik. Bentuk negar ialah negara kesatuan,bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, presiden sebagai kepala negara dipilih dari dan oleh rakyat.

Pasal 1 ayat 2 bahwa kedaulatan adalah ditangan rakyat dilaksanakan menurut UUD. Indonesia menganut paham kedaulatan rakyat dan kekuasaan tertinggi dijalankan sepenuhny a oleh rakyat menurut UUD

2. MPR (bab 2)Dalam pasal 2 UUD 1945 : MPR terdiri atas DPR dan DPD. Kewenangan MPR

berubah bukan lagi sebagai pemilik kekuasaan tertinggi melainkan terbatas melalui 3 hal, ayat 1 MPR mengubah dan menetapkan UUD.ayat 2 MPR melantik presiden dan wakil presiden,ayat 3 MPR dapat memberhentikan presiden dan wakil presiden.

Page 18: Kwn uud 1945

3. Kekuasan pemerintahan Negara (bab 3)Pasal 4 ayat 1 UUD 1945 disebutkan bahwa presiden RI memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945. Presiden dalam mewajibkan kewajibannya dibantu oleh wakil presiden ( pasal 4 ayat 2 ). Dalam melaksanakan tugasnya presiden dapat mengajukan rancangan UUD kepada DPR,pasal 5 ayat 1 dan ayat 2. Presiden menetapkan peraturan pemerintah dalm menjalankan UU sebagaimana mestinya.

Page 19: Kwn uud 1945

4. Kementerian Negara (Bab V UUD 1945)

Dalam pasal 17 UUD 1945 hasil amandemen 2002 ditegaskan bahwa Presiden dibantu oleh menteri-menteri ayat (1), dan Menteri-menteri itu diangkat dan dihentikan oleh Presiden ayat (2), Menteri-menteri itu membidangi urusan tertentu dalam Pemerintahan ayat (3).

Page 20: Kwn uud 1945

5. Pemerintahan Daerah (Bab VI)

Disebutkan dalam pasal 18 UUD 1945 mengatur tentang pemerintahan daerah. Ayat (1) menjelaskan bahwa negara Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi, dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota,yang tiap- tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang.

Page 21: Kwn uud 1945

• Asas otonomi Pasal 18 ayat 2 mengatur otonomi

pemerintahan daerah,ayat 4 gubernur,bupati dan wali kota sebagai kepala pemerintahan provinsi dipilih secara demokratis.Ayat 5 pemerintahan daerah memiliki otonomi seluas-luasnya.Ayat 6 dalam mewujudkan otonomi daerah pemerintah berhak menetapkan peraturan daerah dan peraturan lainnya.Ayat 7 susunan dan tata cara penyelenggaran dan pemerintahan diatur dalam suatu UU.

Page 22: Kwn uud 1945

6. Dewan Perwakilan Rakyat (Bab VII)

Mengenai DPR diatur dalam pasal 19 sampai dengan pasal 22 UUD 1945. Susunan DPR ditetapkan dalam Undang-undang, dan DPR bersidang sedikitnya sekali dalam setahun (pasal 19). Mengingat Keanggotaan DPR merangkap keanggotaan MPR, maka kedudukan dewn ini adalah kuat dan oleh karena itu tidak dapat dibubarkan oleh Presiden yang memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan negara.

Page 23: Kwn uud 1945

7.Dewan Perwakilan Daerah (Bab VIIA)

DPD ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah,hubungan pusat dan daerah ,pembetukan ,pemekaran, dan penggabungan daerah ,pengelolaan SDA serta memberikan pertimbangan pada DPR atas RAPBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama pasal 22D ayat (2).

Page 24: Kwn uud 1945

8.Pemilihan Umum (Bab VIIB)

Pemilihan umum dilakukan secara lansung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap 5 tahun sekali dalam pasal 22E ayat (1).

Pemilu untuk memilih anggota DPR,DPD, Presiden dan Wakil Presiden serta DPR daerah dalam pasal 22E ayat(2).

Page 25: Kwn uud 1945

a.Peserta Pemilihan Umum dari Perseorangan

(1) Dukungan pada ayat(1) sekurang-kurangnya 25% dari jumlah kabupaten

(2) Untuk menjadi anggota DPR dari perseorangan harus memenuhi syarat

(3) Persyaratan yang dimaksud ayat(1) dan (2) melalui tandatangan dan foto copy KTP

(4) Pendukung tidak boleh memberi dukungan lebih dari satu orang

Page 26: Kwn uud 1945

b.Daerah Pemilihan dan Jumlah Kursi

1.Daerah Pemilihan Menurut pasal 46 UU RI No 12 tahun

2003. daerah ditentukan :(1)Pemilihan Umum untuk memilih anggota DPR,DPRD provinsi,dan DPRD kabupaten.(2)Penetapan daerah pemilihan anggota DPR,DPRD provinsi,dan DPDR Kabupaten ditentukan oleh KPU dengan alokasi 3 sampai 12 kursi.

Page 27: Kwn uud 1945

2.Jumlah Kursi Ditetapkan dalam pasal 21 jumlah kursi DPR sebanyak 560 kursi .Selanjutnya penetapan jumlah kursi dibagi atas :- jumlah kursi anggota DPRD provinsi dalam pasal 23.- jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten dalam pasal 26.

Page 28: Kwn uud 1945

9.Hal Keuangan (Bab VIII) Dalam pasal 23 ditegaskan anggaran belanja dan anggaran pendapatan negara ditetapkan tiap-tiap tahun dengan UU secara terbuka dan bertanggung jawab. Hal ini merupakan hak DPR untuk mengadakan pengawasan keuangan dan untuk memeriksa tanggung jawab keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Page 29: Kwn uud 1945

10.Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Diatur di pasal 23E ayat(1)1.Hasil pemeriksaan diserahkan pada DPR,DPRD,dan DPD2.Hasil Pemeriksaan ditindaklanjuti oleh Lembaga perwakilan3.Fungsi BPK saat reformasi yang sangat penting yaitu memberantas KKN

Page 30: Kwn uud 1945

11.Kekuasaan Kehakiman (Bab IX )

Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh Mahkamah Agung dan bidang peradilan di bawahnya .Berwenang mengadili pada tingkat kasasi ,menguji peraturan perundangan, dan mempunyai wewenang lain yang diberikan undang-undang.

Page 31: Kwn uud 1945

12.Wilayah Negara (Bab IXA)Pasal 25A UUD 1945 hasil

amandemen 2002,menurut ketentuan NKRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan UU.

Page 32: Kwn uud 1945

13.Warga negara dan penduduk (Bab X)

Dalam pasal 26 UUD 1945 , warga negara Indonesia adalah orang-orang Indonesia asli orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara.

Adapun hak-hak warga negara tercantum dalam pasal 28 UUD 1945 bahwa kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Page 33: Kwn uud 1945

14. Agama (Bab XI)

Dalam pasal 29 UUD 1945 diatur perihal keyakinan kewarganegaraan dalam kehidupan keagamaan sbb :

1.) Negara berdasarkan atas Ketuhanan YME (Pasal 29 ayat 1).

2.) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk dan beribadat menurut agamanya masing-masing dan kepercayan itu (pasal 29 UUD 1945 ayat 2).

Page 34: Kwn uud 1945

15. Pertahanan dan Keamanan Negara (Bab XII)

Pasal 30 UUD 1945 menegaskan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut sertadalam usaha pembelaan negara.

16. Pendidikan dan Kebudayaan (Bab XIII)Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Suatu rencana pembangunan negara itu masalah pendidikan diIndonesia, tidak saja merupakan tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh orang tua dan masyarakat.

Tentang KebudayaanDalam pasal 32 secara eksplisit diatur tentang kebudayaan, mengingat bangsa Indonesia terdiri atas berbagai etnis dan beraneka ragam kebudayaan. Dalam hubungan ini negara wajib memajukan kebuyaan ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya

Page 35: Kwn uud 1945

17. Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial (Bab XIV)

Pasal 33 dikembangkan dengan lebih memperjelas paradigma perekonomian nasional, walaupun ditengah-tengah persaingan global, krisis dunia namun bangsa Indonesia tetap menekankan prinsip moral ekonomi yaitu asas kemakmuran bangsa. Kemudian dalam pasal 34 UUd 1945 hasil amandemen ini menegaskan tentang nasib warga bangsa yang miskin.

18. Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan (Bab XV)

Jika kita cermati pasal 35-36c maka mutlak penting bagi kita untuk mengembangkan persatuan dan kesatuan nasional terutama melalui jalur pendidikan, seperti dikembangkannya mata pelajaran PPKN, kuliah pancasila diperguruan tinggi serta KWN

Page 36: Kwn uud 1945

19. Perubaahn UUD 45 (bab XVI)

Pasal terakhir UUD 45 hasil amandemen memuat tentang perubahan UUD terutama mengingat agar UUd itu senantiasa sesuai dengan perkembangn zaman dan anspirasi masyarakat. Pasal 37 memuat 5 ayat tentang perubahan UUD.

G. Hubungan Antara Lembaga-Lembaga Negara berdasarkan UUD 45

`1. Hubungan Antara MPR dan Presiden

MPR sebagai pemegangan kekuasaan tinggi sebagai wakil rakyat sesuai dg UUD45 (pasal1, ayat2), disamping DPR dan presiden. Namun demikian perlu dipahami bahwa oleh karena presiden tidak diangkat oleh MPR, maka presiden tidak bertanggung jawab kepada MPR melainkan kepada rakyat Indonesia sesuai dengan ketentuan UUD.

Page 37: Kwn uud 1945

2. Hubungan Antara MPR dan DPR

MPR terdiri atas anggota-anggota DPR, dan anggota-anggota DPR yang dipilih melalui pemilu. Dengan demikian maka seluruh anggota MPR menurut UUD 45 dipilih melalui pemilu.MPR mempunyai tugas yang sangat luas, melalui wewenang DPR, MPR mengemudikan pembuatan UU serta peraturan lainnya agar UU serta peraturan-peraturan itu sesuai dg UUD 45. melalui wewenang DPR ia juga menilai dan mengawasi wewenang lembaga2 lainnya.

3. Hubungan antara DPR dan PresidenSebagai sesama lembaga dan sesama anggota badan legislatif maka DPR dan presiden bersama2 mempunyai tugas :

a. membuat UU (pasal5, ayat1, 20 & 21)b. menetapkan UU tentang anggaran pendapatan dan belanja negara (pasal23, ayat1).

Page 38: Kwn uud 1945

Menbuat UU berarti menentukan kebijakan politik yang diselenggarakan oleh presiden (pemerintah). Bentuk kerjasama antara DPR dan presiden tidak bole mengingkari partner legislatifnya. Presiden harus memperhatikan, mendengarkan, berkonsultasi, dan dalam banyak hal, memberikan keterangan2 serta laporan2 kpd DPR dan meminta pendapatnya

4. Hubungan Antara DPR dan Menteri2Hubungan kersasama antara presiden dan DPR harus dilaksanakan dalam hal DPR menyatakan keberatannya terhadap kebijaksanaan menter2. dalam hal ini sudah sewajarnya presiden mengganti menteri yang bersangkutan tanpa membubarkan kabinet. Sudah terang bahwa DPR tidak boleh main mosi tidak percaya, melainkan secara serius harus memberikan pertimbangan kepada presiden dan sebaliknya presiden tidak boleh bersitegang, tidak mau memperhatikan DPR yang telah diberikannya dengan sungguh2 berdasarkan yang objektif.

Page 39: Kwn uud 1945

5. Hubungan Antara Presiden dg Menteri2

Presiden mengangkat dan memberhentikan menteri2 negara (pasal 17 ayat2) dan menteri2 itu formal tidak bertanggung jawab kepada DPR, akan tetapi tergantung kepada presiden. Mereka adalah pembantu presiden (pasal 17 ayat 1). Meskipun kedudukan para menteri negara tergantung kepada presiden, mereka bukan pegawai tinggi biasa, oleh karena itu menteri2lah yang terutama menjalankan pemerintahan dalam prakteknya.

6. Hubungan Antara MA dg Lembaga Negara LainnyaDalam pasal 24 ayat1 UUD45 disebutkan bahwa kekuasaan kehakiman dilakuakn oleh sebuah mahkamah agung dll badan kehakiman menurut susunan dan kekuasaan badan2 kehakiman tersebut diatur menetapkan hubungan antara mahkamah agung dg lembaga2 lainnya. Dalam penjelasan UUD45 disebutkan bahwa kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan pemerintah ataupun kekuasaan serta kekuatan lainnya. Berhubung dg itu harus diadakan jaminan dalam bentuk UUD45 tentang kedudukan para hakim, sebagai syarat mencapai suatu keputusan yang seadil2nya.

Page 40: Kwn uud 1945

Negara republik Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum yang berdasarkan pancasila. Berhubung dg itu kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan pancasila.Dalam proses reformasi dewasa ini MA merupakan ujung tombak terutama memberantas KKN untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih sebagaimana dianamankan tap No. XI/MPR/1998. MA harus bebas dari pengaruh kekuasaan ataupun lainnya

Page 41: Kwn uud 1945

7.Hubungan Antara BPK dengan DPR

Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) bertugas memeriksa langsung tanggung jawab tentang keuangan negara dan hasil pemeriksaannya itu diberitahukan kepada DPR.Undang-Undang No. 5 tahun 1973 tentang Badan Pemeriksaan Keuangan.

BPK bertugas untuk memeriksa tanggung jawab pemerintah tentang keuangan negara dan memeriksa semua pelaksanaan APBN. BPK berwenang meminta keterangan yang wajib diberikan oleh setiap orang, badan/instansi Pemerintah atau badan swasta, sepanjang tidak bertentangan dg Undanng-Undang.

Page 42: Kwn uud 1945

H. Hak Asasi Manusia Menurut Undang-Undang Dasar 1945

1. Hak-Hak Asasi Manusia dan Permasalahannya.Hak-hak asasi manusia sebagai gagasan,

paradigma serta kerangkavkonsepyual tidak lahir mendadak sebagaimana kita lihat dalam ‘Universal Declaration of Human Right’ 10 Desember 1948.

Terhadap deklarasi sedunia tentang hak-hak asasi manusia PBB tersebut bangsa-bangsa sedunia melalui wakil-wakilnya memberikan pengakuan dan perlindungan secara yuridis formal walaupun dalam realisasinya juga disesuaikan dg kondisi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Page 43: Kwn uud 1945

2. Penjabaran Hak-hak Asasi Manusia dalam UUD 1945

Hak-hak asasi manusia sebenarnya tdk dpt dipisahkan dg pandangan filosofis ttg manusia yg melatarbelakangi. Menurut Pancasila hakikat manusia adalah tersusun atas jiwa dan raga,kedudukan kodrat sbg makhluk Tuhan dan Makhluk pribadi,adapun sifat kodratnya sbg makhluk individu dan makhluk sosial.

Berdasarkan pada tujuan negara sbg terkandung dlm Pembukaan UUD 1945,negara Indonesia menjamin dan melindungi hak-hak asasi manusia para warganya terutama dlm kaitannya dg kesejahteraan hidup baik jasmani maupun rohani,antara lain berkaitan dg hak-hak asasi bidang politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, Pendidikan dan agama, dapat dilihat dalam pasal 28A-28J.

Page 44: Kwn uud 1945

UU No. 39 tahun 1999 tersebut terdiri atas 105 pasal yang meliputi macam Hukum asasi, perlindungan hak asasi, pembatasan terhadap kewenangan pemerintah serta KOMNAS HAM yang merupakan lembaga pelaksana atas perlindungan hak-hak asasi manusia.

Dg diundangkannya UU.No.39 tahun 1999 ttg hak-hak asasi manusia tsb bangsa Indonesia telah masuk pada era baru terutama dlm menegakkan masyarakat yg demokratis yg melindungi hak-hak asasi manusia.

Terlepas dr berbagai macam kelebihan dan kekurangannya, bagi kita merupakan suatu kemajuaan yg sangat berarti, krn bangsa Indonesia memiliki komitmen yg tinggi atas jaminan serta penegakan hak-hak asasi manusia.