Bab 8 Makalah Media Pembelajaran 2003

7
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN & TIK BAB 8 BELAJAR JARAK JAUH (Distance Learning) Disusun oleh: M.fathur rocy A(135524059) Kelas : SB UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS TEKNIK

description

makalah bab 8 mengenai media pembelajaran

Transcript of Bab 8 Makalah Media Pembelajaran 2003

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN & TIKBAB 8BELAJAR JARAK JAUH (Distance Learning)Disusun oleh:

M.fathur rocy A(135524059)Kelas : SBUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

FAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK MESIN

S1. PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

2015

A. Pengertian Belajar Jarak Jauh

Belajar jarak jauh (distance learning) atau juga sering disebut pendidikan jarak jauh (distance education) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran tanpa adamya guru secara langsung.

Belajar jarak jauh lebih sering dideskripsikan sebagai belajar melalui telekomunikasi,. Telekomunikasi disini mencakup konfigurasi media termasuk radio, telepon, dam televisi (siaran, kabel, dan satelit). Secara lebih formal belajar jarak jauh didefinisikan berbagai suatu bentuk cara belajar dengan ciri ciri sebagai berikut :

1. Terpisah secara fisik antara guru dan pebelajar2. Program pembelajar terorganisasi

3. Lebih banyak belajar mandiri

4. Pebelajar dapat belajar dimana saja5. Menggunakan media telekomunikasi

6. Komunikasi dua arah.

Jarang ditemui suatu system pembelajaran telekomunikasi terdiri dari satu jenis media yang murni. Banyak terjadi, suatu program disajikan dengan kombinasi siaran, kabel, atau dipancarkan melalui satelit, dan pebelajar merespon melalui kombinasi yang sama seperti surat, fax, telepon atau computer.

B. Belajar Jarak Jauh dan Telekomunikasi Menurut Dabbag dan Ritland (2005), dapat diimplementasikan melalui aplikasi berbagai teknolog, meliputi audio, video dan komputer, atau teknologi digital. Teknologi dalam tiap kategori tersebut membantu interaksi. Misalnya, dalam kategori audio, audio conference, dan graphic audio(audio grafis), memberikan kemampuan interaktif antara guru dan pebelajar, dan antar para pebelajar .

. Dabbagh & Ritland (2005) mengemukakan 5 atribut penerapan definisi tersebut sebagai berikut :

1. Globalisasi dan belajar sebagai suatu proses sosial yang inherent dan dimungkinkan karena teknologi komunikasi.

2. Konsep kelompok belajar merupakan dasar untuk keberhasilan dan kelangsungan belajar.

3. Konsep jauh secara relatif tidak penting dan tidak terbatas pada pemisah secara fisik antara guru dengan pebelajar.

4. Peristiwa peristiwa mengajar dan belajar didistribusikan lintas waktu dan tempat, terjadi secara synchronous dan atau asynchronous melalui berbagai media.

5. Pebelajar menggunakan berbagai bentuk interaksiC. Peranan Pendidik Jarak Jauh 1. Peran Pebelajar

Pebelajar perlu mengetahui bagaimana menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan guru dan dengan teman yang lain. Bila pebelajar ingin menanyakan suatu pertanyaan, atau ingin berdiskusi, harus menggunakan teknologi untuk berinteraksi. Pebelajar tidak hanya perlu mengetahui bagaimana mengroprasikan mikrofon, tetapi pebelajar juga perlu mengetahui etika berkomunikasi. Hak intrupsi pebelajar menjadi suatu konsep yang penting bila bekerja dengan multi video atau audio dalam suatu pembelajaran.

2. Peran Guru Berbicara tentang guru dalam program belajar jarak jauh, perlu dipikirkan tentang perkembangan setting ruangan saat ini. Kelas masa kini merupakan serangkaian ruangan yang dihubungkan secara elektronik.Agar guru dapat mengadakan pengawasan dan berpartisipasi aktif dalam kitannya dengan semua program pembelajaran, perlu memperhatikan hal hal sebagai berikut :

a. Meningkatkan interaksi dengan guru pebelajar, pebelajar pebelajar yang lain.

b. Menjawab pertanyaan ditempat manapun

c. Membantu pemecahan masalah dengan segera

d. Menyiapkan quis dan lembar kerja untuk latihane. Bertanggung jawab dalam hal pengoprasian alat dan memecahkan kesulitan peralatan.3. Peran Teknologi Dengan teknologi untuk BJJ yang menyandarkan diri pada televise, atau video, guru perlu merubah keberadaan materi pembelajaran. Pebelajar memperoleh keuntungan dari media visual yang digunakan dalam pembelajaran. Media visual yang digunakan dalam kelas BJJ. Kamera dokumen bermanfaat sebagai alat pembelajaran untuk menunjukkan segi visual dan untuk mendemonstrasikan tugas tugas khusus. Warna, ukuran dan rancangan sangat penting dipertimbangkan. D. Fungsi Komunikasi PembelajaranSmaldino (2005) mengemukakan beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Penyajian Informasi. Dalam penyajian perlu di kemukaan informasi secara garis besar kepada pebelajar.

2. Interaksi guru pebelajar. Pembelajaran akan brhasil bila pebelajar berpartisapi aktif baik fisik maupun mental, guru dapat melakukannya dengan berbagai cara.

3. Interaksi pebelajar pebelajar. Dalam berbagai tujuan pendidikan, interaksi antar pebelajar, berpasangan atau kelompok kecil, sangat efektif.4. Mengakses sumber sumber belajar. Pembelajaran biasanya dilaksanakan dengan asumsi bahwa pebelajar akan menggunakan waktunya diluar kelas untuk bekerja secara individual dengan mengerjakan pekerjaar rumah (PR), makalah dll.E. Beberapa Jenis Sistem Telekomunikasi

1. Siaran Radio2. Teleconferensi Audio3. Teknologi OnlineF. Teknologi Pendukung Belajar Jarak Jauh1. Pendidikan Jarak Jauh (Synchronous Distance Education)Pembelajaran yang terjadi pada waktu yang sama, meskipun tidak dalam tempat yang sama. Beberapa teknologi pendukung :

Teknologi Telepon

Speaker phone

Conference Call

Video Conferencing

Internet Chat

2. PJJ yang tidak singkron (Asynchronous Distance Education)

Guru dan pebelajar dapat berpartisipasi pada waktu yang berbeda dari lokasi yang sama atau lokasi yang berbeda. Bberapa teknologi khusus perlu diindentifikasi untuk mendukung pembelajaran antara lain :

Teknologi pendukung pjj yang tidak sinkron

Teknologi telepon

Faximile

Surat Elektronik (e-mail) Konferensi Elektronik dan kelas websitePertanyaan dan Jawabannya :1. Sebutkan cirri cirri belajar jarak jauh secara formal ?

Jawaban : - Terpisah secara fisik antara guru dan pebelajar

Program pembelajar terorganisasi

Lebih banyak belajar mandiri

Pebelajar dapat belajar dimana saja

Menggunakan media telekomunikasi

Komunikasi dua arah.

3. Sebutkan Beberapa Jenis Sistem Telekomunikasi ?Jawaban : - Siaran Radio Teleconferensi Audio Teknologi Online

4. Jelaskan Peranan guru dalam pendidikan jarak jauh ?Jawaban : Berbicara tentang guru dalam program belajar jarak jauh, perlu dipikirkan tentang perkembangan setting ruangan saat ini. Kelas masa kini merupakan serangkaian ruangan yang dihubungkan secara elektronik.

5. Berikan Contoh Pjj yang sinkron ?Jawaban : Suatu kelas bahasa Indonesia jarak jauh, pada hari senin dan jadwal jam 09.00 11.00. pebelajar berpartisipasi dalam pertemuan kelas pada jam yang sama tetapi di lokasi atau mungkin dikota yang berbeda.

6. Jelaskan salah satu Fungsi Komunikasi Pembelajaran menurut Smaldino (2005) ?

Jawaban : - Interaksi guru pebelajar. Pembelajaran akan brhasil bila pebelajar berpartisapi aktif baik fisik maupun mental, guru dapat melakukannya dengan berbagai cara.