Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud...

12
Bab 7 Wujud Benda 79 79 79 79 79 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan kamu dapat: menyebutkan benda padat, cair, dan gas; mengidentifikasi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas. Tujuan pembelajaran Benda Benda padat buku, kapur, pensil Benda cair Air, minyak, oli Benda gas Udara dan gas elpigi terdiri dari Di unduh dari : (www.bukupaket.com) Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Transcript of Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud...

Page 1: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

7979797979

Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan kamu dapat:menyebutkan benda padat, cair, dan gas;mengidentifikasi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

Tujuan pembelajaran

Benda

Benda padat

buku, kapur,pensil

Benda cair

Air, minyak,oli

Benda gas

Udara dan gaselpigi

terdiri dari

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 2: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

8080808080

Apakah benda itu? Manusia, hewan dan tumbuhan adalah benda.Batu, gelas dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaan-nya? Manusia, hewan dan tumbuhan adalah benda hidup. Sementarabatu, gelas dan buku adalah benda mati. Manusia, hewan, tumbuhan,batu dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga bisa ditimbang.

Bagaimana benda dibedakan dengan bukan benda? Apakah cahayatermasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanmerupakan benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahayadan panas tidak bisa ditimbang.

Manakah benda dan bukan benda?

Amati dan Pikirkan!

Minyak goreng

Drum

Cahaya lampu

Ember

Panas air teh

Panas apiunggun

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Gambar 7.1Berbagai macam benda

Handphone

KomputerBotol parfum

Laptop

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 3: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

8181818181

Suatu benda juga dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya.Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, kekerasan, atauukurannya.

Coba kamu perhatikan kelasmu! Berdasarkan apakah penge-lompokan buku, papan tulis, kalender dinding, dan peta? Bagaimanabentuknya? Sama, bukan? Buku, papan tulis, kalender dinding, danpeta berbentuk segi empat. Bagaimana dengan bentuk pensil, bolpoin,dan kapur?

Suatu benda pasti memiliki wujud. Benda itu dapat terdiri dariberbagai wujud. Apa yang dimaksud dengan wujud suatu benda? Apaperbedaannya dengan bentuk? Wujud berbeda dengan bentuk.Simaklah contoh berikut! Plastisin berwujud padat. Plastisin dapat di-ubah bentuknya menjadi orang-orangan, hewan-hewanan, dan bentuklain.

Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, danpensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogendalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lain-nya?

Gambar 7.2Pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya

Benda

Benda padat Benda cair Benda gas

Tasair

Gas hidrogendalam balon

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 4: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

8282828282

Seperti telah dibahas di depan, setiap benda pasti mempunyaimassa dan menempati ruang. Untuk membuktikannya, lakukan kegiat-an berikut!

A.A.A.A.A. SifSifSifSifSifaaaaat-Sift-Sift-Sift-Sift-Sifaaaaat Benda Pt Benda Pt Benda Pt Benda Pt Benda Padaadaadaadaadattttt

Perhatikan gambar 7.3!

Gambar 7.3Buku di dalam wadah yang berbeda

Alat dan Bahan:

- Buku- Penggaris- Pensil

Langkah-langkah Kegiatan:

1. Peganglah masing-masing benda dan bandingkan massanya!Benda mana yang massanya paling besar?

2. Letakkan benda-benda itu di atas meja, benda manakah yangmemerlukan ruang paling besar?

Buku di dalam maupun di luar piring mempunyai bentuk yangsama. Isi atau volume buku juga sama dan tidak berubah. Buku adalahbenda padat. Walaupun dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain,bentuk dan volumenya tetap sama. Sekarang, coba masukkan kelerengke dalam gelas! Apakah bentuk kelereng tersebut berubah? Tentu tidakbukan? Jadi, bentuk dan volume benda padat tetap, tidak dipengaruhioleh tempatnya.

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Kegiatan 7.1

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 5: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

8383838383

Pernahkah kamu menyobek kertas, menjatuhkan piring hinggapecah berserakan, atau menumbuk kapur tulis? Benda padat dapatberubah bentuk jika mendapat perlakuan tertentu, misalnya disobek,dijatuhkan, atau ditumbuk.

BBBBB..... SifSifSifSifSifaaaaat-sift-sift-sift-sift-sifaaaaat Benda Cairt Benda Cairt Benda Cairt Benda Cairt Benda Cair

Perhatikan gambar 7.4!

Gambar 7.4Air dalam wadah yang berbeda-beda

Bagaimana bentuk air di dalam wadah-wadah di atas? Air yang di-masukkan ke dalam botol, maka bentuknya seperti botol. Begitu jugabila dimasukkan ke dalam gelas, toples, dan teko. Bentuk air tersebutakan berubah sesuai dengan wadahnya. Lalu, bagaimana dengan vo-lume air tersebut? Apakah berubah? Meskipun bentuknya berubah-ubah, namun volume air tetap sama, bukan? Benda-benda lain apakahyang memiliki sifat seperti air?

Sekarang, coba perhatikan permukaan air di dalam kelima wadahdi atas! Terlihat bahwa permukaan air yang tenang akan selalu datar.Nah, coba kamu miringkan salah satu wadah di atas! Apakah permukaanair tersebut tetap datar? Ya, bagaimanapun cara kamu memiringkan-nya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar.

Pernahkah kamu menyaksikan ombak bergulung-gulung ke pantai?Permukaan air laut tidak datar melainkan bergelombang. Air laut ber-gelombang jika ditiup angin kencang. Jadi, bentuk permukaan bendacair yang bergelombang berbeda dengan benda cair yang tenang.

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 6: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

8484848484

Lihatlah air yang jatuh dari atappada waktu hujan! Air hujan yangturun dari langit akan jatuh ke ataprumah dan mengalir melalui talangke bawah. Dari situ, air mengalir keselokan dan akhirnya ke kali atausungai. Benda cair memiliki sifatdapat mengalir dari tempat tinggike tempat rendah.

Perhatikan arah aliran sungaiatau air terjun! Selalu mengalir ketempat yang lebih rendah, bukan?

Benda cair memiliki sifat menekan ke segala arah. Apa buktinya?Lakukanlah kegiatan 7.2 berikut ini!

Gambar 7.5 Air terjun

Alat dan Bahan:

- Dua buah botol air mineral ukuran 1 liter- Paku- Air

Langkah-langkah Kegiatan:

1. Ambillah dua buah botol air mineral berukuran 1 liter.

2. Lubangi dinding botol plastik dengan paku.

3. Tutuplah lubang-lubang pada botol pertama dengan jari-jarimu.Kemudian mintalah temanmu menuangkan air ke dalam botoltersebut sampai penuh.

- Pada botol pertama, buatlah4 lubang berderet dari ataske bawah (gambar a).

- Pada botol kedua, buatlah 4lubang secara melingkar dansama tinggi (gambar b).

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

(a) (b)

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t,20

07.

Gambar 7.6 Langkah-langkahkegiatan 7.2

Kegiatan 7.2

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 7: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

8585858585

4. Setelah penuh, lepaskan jari-jarimu dari botol pertama secarabersamaan. Apa yang terjadi?

5. Lakukanlah hal yang sama pada botol kedua.

Pertanyaan:

1. Bagaimana pancaran air di lubang-lubang pada botol pertama?Apakah sama jauhnya? Lubang manakah yang pancaran airnyapaling jauh?

2. Bagaimana pancaran air pada botol kedua? Apakah sama jauh-nya?

Air memiliki sifat dapat menekan ke segala arah. Air akan meman-car paling jauh pada lubang yang paling bawah. Mengapa? Karenasemakin dalam, tekanan air pada tempat itu semakin besar. Itulahsebabnya mengapa tembok bendungan dibuat semakin ke bawahsemakin tebal. Tekanan air di bagian dasar bendungan lebih besardaripada di permukaan, sehingga dinding bagian bawah dibuat lebihtebal.

Apa yang kamu lakukan jika kamu menumpahkan air di meja? Tentukamu akan mengelapnya dengan tisu atau kain lap, bukan? Kertas tisudan kain lap memiliki celah-celah kecil. Air akan meresap ke dalamcelah-celah kecil tersebut. Peristiwa meresapnya benda cair melaluicelah-celah kecil disebut kapilaritas. Meresapnya minyak tanah padasumbu kompor juga merupakan peristiwa kapilaritas. Dapatkah kamumenyebutkan contoh yang lain?

Gambar 7.7Peristiwa meresapnya minyak tanah melalui sumbu kompor atau

sumbu lampu minyak merupakan gejala kapilaritas.

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Lampu minyakKompor minyak tanah

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 8: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

8686868686

CCCCC..... SifSifSifSifSifaaaaat-sift-sift-sift-sift-sifaaaaat Benda Gast Benda Gast Benda Gast Benda Gast Benda Gas

Hembuskan udara ke telapak tanganmu! Kamu bisa merasakannya,bukan? Tapi, apakah kamu bisa melihatnya?Udara dapat dirasakan tapitidak dapat dilihat. Kamu juga dapat merasakan semilirnya udara yangbertiup. Ya, itulah angin. Angin merupakan salah satu wujud bendagas.

gas yang tersimpan di dalam tabung akan menyebar ke luar. Di udaraterbuka, gas tersebut menyebar ke segala arah. Kamu dapat menciumbaunya. Hal itu menunjukkan bahwa benda gas mempunyai bentukdan volume yang berubah-ubah, tergantung dari bentuk tempatnya.

Agar lebih mengerti sifat benda gas, coba lakukan kegiatan 7.3berikut ini!

Alat dan Bahan:

- Benang- Balon 2 buah- Sebatang lidi atau kayu tipis

Langkah-langkah Kegiatan:

1. Tiuplah dua buah balon sama besar.

2. Ikat setiap balon dengan benang. Sisakan benang dengan pan-jang secukupnya.

Salah satu benda gas yang di-gunakan dalam keperluan rumahtangga adalah elpigi. Pernahkahkamu melihat tabung gas elpiji?Coba perhatikan di dapur rumahkalian, barangkali ibumu menggu-nakan kompor gas untuk mema-sak. Tabung gas elpiji tertutup ra-pat bukan? Ya, untuk menyimpangas diperlukan suatu tempat yangtertutup rapat. Jika tidak, maka

Gambar 7.8Tabung gas elpijiS

umbe

r: R

ex M

. Hey

wor

th, E

xplo

re Y

our

Wor

d w

ith S

cien

ce D

isco

very

1, 2

002.

Kegiatan 7.3

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 9: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

8787878787

Gambar 7.9Langkah-langkah kegiatan 7.3

a. dua balondigantungpada

kedua ujung kayub. salah satu balon

dikempiskan

3. Pada setiap ujung lidi gantungkanlah masing-masing satu buahbalon. Usahakan posisi lidi tetap mendatar.

4. Perlahan-lahan, tusuklah salah satu balon.

5. Apa yang terjadi?

Bagaimana hasil kegiatanmu? Ketika salah satu balon kempis,apakah yang terjadi dengan kedudukan balon lainnya pada lidi? Meng-apa demikian? Sifat benda manakah yang ingin ditunjukkan denganmelakukan kegiatan tersebut?

Genteng atau atap rumah selalu di pasang miring. Mengapa?Bagaimana jika genteng itu dipasang mendatar? Apakah airnyaakan mengalir ke bawah?

Kamu tentu bisa menjawabnya, bukan?

Nah, manfaat apa lagi yang kamu peroleh setelah belajar tentang“Wujud Benda”? Coba tuliskan pada buku catatanmu!

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 10: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

8888888888

1. Benda selalu mempunyai massa dan menempati ruang.2. Benda dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: benda padat, benda

cair, dan benda gas.3. Sifat-sifat benda padat adalah:

a. Bentuk dan volumenya tetap, tidak dipengaruhi oleh wadahatau tempatnya.

b. Dapat berubah bentuk jika diberi perlakuan tertentu, misal-nya disobek, dijatuhkan, atau ditumbuk.

4. Sifat-sifat benda cair adalah:a. Bentuknya berubah-ubah tergantung wadah atau tempat-

nya, namun volumenya tetapb. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar.c. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.d. Dapat menekan ke segala arah.e. Dapat meresap melalui celah-celah kecil.

5. Sifat-sifat benda gas adalah:a. Bentuk dan volume berubah-ubah tergantung wadah atau

tempatnya.b. Menekan ke segala arah.

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Benda cair bentuknya ... volumenya ... .

a. tetap, tetapb. berubah, tetapc. tetap, berubahd. berubah, berubah

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 11: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Bab 7 Wujud Benda

8989898989

2. Benda gas mempunyai sifat ... .

a. volumenya tetap sedangkan bentuknya berubah-ubahb. volume dan bentuknya tetapc. volumenya berubah-ubah sedangkan bentuknya tetapd. volume dan bentuknya berubah-ubah

3. Perhatikan gambar berikut!

Sifat yang ingin ditunjukkan oleh benda gas tersebut adalah ... .

a. benda gas berbaub. benda gas menempati ruangc. gas elpigi dimasukkan dalam tabungd. gas elpigi mahal

4. Uap air termasuk benda ... .

a. cairb. padatc. gasd. cair dan gas

5. Kelompok yang tidak termasuk benda padat adalah ... .

a. pensil, botol sirop, es batub. buku, tempat minyak goreng, gelasc. minyak tanah, sirop, air putihd. seng, besi, panci

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 12: Bab 7 Wujud Benda - marisekolah.commarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 7 Wujud Benda.pdf · Bab 7 Wujud Benda 797979 Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

9090909090

B. Lengkapilah bagian yang kosong pada soal berikut ini denganistilah yang tepat!

(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Benda dibedakan dari bukan benda karena benda selalu ______dan ______. Berdasarkan wujudnya, benda dapat dikelompokkanmenjadi ______, ______, dan ______. Benda juga dapatdikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda,misalnya ______, ______, dan ______.

2. Benda padat memiliki sifat ______, ______, ______, ______ dan______. Ketika kita memindahkan benda dari dalam tas ke luar tas,benda itu tidak mengalami perubahan ______ dan ______. Bendaberukuran besar menempati ______ dibandingkan benda yanglebih kecil ukurannya.

3. Benda cair memiliki sifat ______, ______, ______, ______ dan ______.Sifat ini dapat dilihat pada aliran sungai, ______, dan ______. Bendacair tidak dapat dipegang, benda ini dapat dipegang setelahdimasukkan dalam ______ dan benda cair selalu ______ sesuaidengan ______.

4. Benda gas memiliki sifat ______, ______, ______, dan ______. Bendagas selalu ______ dan dapat segera diketahui jika ada kebocorangas. Gas tidak dapat dilihat, namun dapat ______. Namun, adapengecualian, gas dapat dilihat dalam bentuk ______ ketika kitamembakar sampah atau ______ kendaraan bermotor.

C. Jawablah dengan pengetahuan yang kalian pahami!

(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Perhatikan gambar berikut!

Dua buah balon dipasang seperti tim-bangan. Ketika salah satu balon ditusuk,kedudukan menjadi tidak setimbang lagi.Sifat apa yang ingin ditunjukkan? Sebut-kan sifat-sifat lain dari benda yang meng-isi balon itu!

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)