A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

13
Definisi-definisi tentang unsur, senyawa, atom, molekul, mol, rumus kimia Setiap aspek kehidupan manusia tidak akan lepas dari bahan kimia: Contoh mudah adalah bagaimana setidaknya kita membutuhkan 4 liter air sehari untuk dikonsumsi.

description

unsur atom

Transcript of A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Page 1: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Definisi-definisi tentang unsur, senyawa, atom, molekul, mol,

rumus kimia

Setiap aspek kehidupan manusia tidak akan lepas dari bahan kimia: Contoh mudah adalah bagaimana setidaknya kita membutuhkan 4 liter air sehari untuk dikonsumsi.

Page 2: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Karbohidrat yang merupakan senyawa organik tak luput menjadi santapan tiga kali sehari Tukang las menggunakan asetilen untuk melebur logam karena energy pembakarannya yang sangat tinggi.

Page 3: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015
Page 4: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015
Page 5: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Kemudian kita mencoba mengklasifikasikan zat-zat kimia tersebut termasuk campuran ataukah senyawa murni yang secara molekuler sangat penting untuk mempelajari kimia lebih lanjut. Untuk mengklasifikasikanya, tahu akan definisinya masing-masing tentu sangat membantu.

Page 6: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

ATOM

Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya, dan membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

Page 7: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Dalam teori kinetika gas, istilah molekul sering digunakan untuk merujuk pada partikel gas apapun tanpa bergantung pada komposisinya. Menurut definisi ini, atom-atom gas mulia dianggap sebagai molekul walaupun gas-gas tersebut terdiri dari atom tunggal yang tak berikatan Sebuah molekul dapat terdiri atom-atom yang berunsur sama (misalnya oksigen O2), ataupun terdiri dari unsur-unsur berbeda (misalnya air H2O). Atom-atom dan kompleks yang berhubungan secara non-kovalen (misalnya terikat oleh ikatan hidrogen dan ikatan ion) secara umum tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.

Molekul didefinisikan sebagai sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil.

Page 8: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Dari definisinya MOLEKUL merupakan komponen independen netral terkecil materi. Molekul monoatomik terdiri satu atom (misalnya, Ne). Molekul poliatomik terdiri lebih banyak atom (misalnya, CO2). Molekul merupakan bagian paling sederhana dari sebuah senyawa yang masih memiliki sifat dari senyawa yang dibentuknya.

Page 9: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Unsur kimia, atau hanya disebut unsur, adalah zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil, atau tidak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa. Partikel terkecil dari unsur adalah atom. Sebuah atom terdiri atas inti atom (nukleus) dan dikelilingi olehelektron. Inti atom terdiri atas sejumlah proton dan neutron. Hingga saat ini diketahui terdapat kurang lebih 117 unsur di dunia.

Page 10: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Senyawa merupakan kombinasi/gabungan dari dua atau lebih unsur yang berikatan dengan proporsi atau perbandingan tertentu yang tetap. Senyawa memiliki susunan molekul sejenis. Misalkan : senyawa kalsium karbonat, maka senyawa ini disusun atas unur Ca, C dan O dengan susunan tetap membentuk molekul CaCO3, yaitu Ca sebesar 40% massa, O sebesar 48 % massa dan C sebesar 12 % massa dimana perbandingannya selalu tetap dalam senyawaq CaCO3

Senyawa air

Page 11: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Tugas 1

Tiap mahasiswa mencari beberapa bahan yg ada di sekitarnya (5 buah) yang berasal dari bahan kimia dan menyebut namanya dan rumusnya (cari di internet)

Sebutkan juga dampak negatifnya

Misal, bahan kimia yg digunakan sbg pembarsih:

Sabun R-COONa

Detergen R-SO3Na, tidak larut dlm air shg menutupi permukaan air dan menyebabkan pencemaran air

Bahan pembersih porselen (asam sulfat – H2SO4) bersifat reaktif, dan melarutkan hampir semua logam . Dampak negatif: beracun, iritasi kuat.

Pemutih pakaian (kaporit: CaOCl2), dampak bisa bereaksi dg jaringan tubuh

Page 12: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Pengumpulan tugas

Upload di sister: e-learning, sebelum Kamis minggu depan

Bawa tugas pd kuliah minggu depan

Tugas bukan menyalin (copy-paste) dari internet, tapi buat yg menarik dan enak dibaca, mudah dipahami.

Page 13: A_unsur Atom Dan Senyawa 2015

Bagan Penggolongan Materi