Aty kom dina

of 32/32
MANAJEMEN DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TN”R”DENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB.MUNA TANGGAL 23-26 DESEMBER 2014 Tanggal pengkajian : 13 Desember 2014 Tanggal pembinaan : 23 Desember 2014 I. PENGKAJIAN KELUARGA A. STRUKTUR DAN SIFAT KELUARGA 1. Struktur keluarga Nama : TN”R” Umur : 32 tahun Suku : Muna Agama : Islam Pendidikan : Diploma Pekerjaan : wiraswasta Pernikahan ke : I Alamat : Desa Lamaeo Daftar anggota keluarga N Nama Umur Agam Hub. Pendid peker ke 1

Embed Size (px)

Transcript of Aty kom dina

MANAJEMEN DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNRDENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB.MUNA TANGGAL 23-26 DESEMBER 2014

Tanggal pengkajian : 13 Desember 2014 Tanggal pembinaan : 23 Desember 2014

I. PENGKAJIAN KELUARGA A. STRUKTUR DAN SIFAT KELUARGA 1. Struktur keluarga Nama : TNRUmur : 32 tahunSuku : Muna Agama : Islam Pendidikan : DiplomaPekerjaan : wiraswastaPernikahan ke : IAlamat : Desa Lamaeo

Daftar anggota keluargaNoNamaUmurAgamaHub.KeluargaPendidikanpekerjaanket

LP

1Maihun23thIslamIstriDiplomaIRT

2Faris1th IslamAnak--

2. Sifat keluargaTipe keluarga merupakan keluarga inti.Hubungan kepala keluarga dengan istri dan anak-anak cukup baik. 3. PenghasilanPenghasilan dalam keluarga RP 1.500.000,00 cukup untuk membeli kebutuhan sehari.B. KEAADAAN KESEHATAN DAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA1. Riwayat kesehatan dalam satu tahun terakhira. Riwayat penyakit yang diderita keluargaTidak ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit dalam satu tahun terakhir.b. Kematian dalam satu tahun terakhirTidak ada anggota keluarga yang meninggal dalam satu tahun terakhir.2. Pola kebiasaan sehari-haria. Pola nutrisi1. Makanan pokok : Nasi.2. Frekuensi makan : 3x sehari.3. Menu makanan keluarga : Makanan pokok+sayur+lauk.b. Jenis rekreasi dan hiburanc. Keluarga tidak melakukan rekreasi secara khusus. Kebanyakan waktu keluarga digunakan untuk berkebun. Pada komunikasi keluargaKeluarga sangat harmonis,apabila ada masalah dalam keluarga maka yang mengambil keputusan di tentukan oleh kepala keluarga.d. Personal hygiene1.Kebiasaan mencuci rambut : 2x seminggu menggunakan shampo.2.Kebiasaan menggosok gigi : 2x sehari menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.3. Kebiasaan mandi : 2x dalam sehari menggunakan sabun mandi.4. Kebiasaan memotong kuku : lebih dari satu minggu.5. Keluarga selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, serta mencuci sebelum tidur.6. Keluarga selalu mengganti pakaian 2x dalam sehari.

e. Pola istrahat keluarga1. Kebiasaan istrahat / tidur siang : 13.00-14.00 WITA..2. Kebiasaan istrahat / tidur malam : 21.00-05.00 WITA.C. PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN NARKOBA1. Penyakit menular seksual(PMS)Keluarga pernah mendengar penyakit menular seksual dari petugas kesehatan.2. Deteksi dini kanker mulut rahimKeluarga belum pernah mendengar tentang kanker mulut rahim.3. Pengetahuan tentang penggunaan narkobaKeluarga pernah mendengar tentang narkoba dari televisi.

D. TANGGAPAN KELUARGA TERHADAP PELAYANANKESEHATAN Keluarga selalu memeriksakan kesehatan di puskesmas dan mendapatkan pelayanan yang baik karena setiap melakukan konsultasi kesehatan selalu di layani dengan baik dan tepat waktu.

E. DATA KIA/ KB1. Riwayat kehamilan,persalinan dan nifas yang lalu 5 tahun terakhirNoThnKehamilanPersalinanNifasbayi

Umur kehamilanT4 ANCPemeriksaPenyulitjenispenolongT4 persalinanpenyulitPerlangsunganSehat/Hidup

120139 bulanBidanBidan-spontanBidanDirumah-NormalSehat/ hidup

2. Keadaan kehamilan sekarangTidak ada.3. Masa nifas sekarangTidak ada.4. Keluarga berencanaIbu termaksud pasangan usia subur tetapi tidak menggunakan alat kontrasepsi karena kurangnya pengetahuan ibu tentang program keluarga berencana (KB).F. DATA BAYI DAN ANAK BALITA1. Imunisasi NoAnakKeNama anakUmur(bln)BBL Kunj.Neonatal

Kn1Kn2Kn3

1 IFaris11bln3,8kg

Imunisasi SDIDTKPengawasankesehatan

BCGDPT-HbPolioCampak1(32(3-3(64(9-12bln

1231234

2. Gizi bayi dan anak balitaAnak keNama anakUmur(bln) AdaKMS/buku KIA GiziVit.AASI eksklusif

BB skrg Status

lbhnrml kurg

BGMKM

IFaris 11 11,5 kg----

PMT

PASI

PenyapihanKunjungan ke posyandu 3 bln terakhir

PenyuluhanPemulihanJenis makanan UmurAlasan di sapih

- -

G. DATA KHUSUS KESEHATAN LINGKUNGAN1. Dena rumah :KAMAR TIDURKAMAR TIDURRUANG TAMU

SUMURKAMAR TIDURKAMAR TIDUR20 METER

DAPUR

20 WCETER

a. Keluarga menempati rumah orang tua dengan kontruksi rumah tanah ukuran 7x9 meter di atas tanah 100x50 meter rumah terbuat dari kayu dan beratapkan seng.b. Ruangan dalam rumah cukup mendapat sinar matahri.c. Pengaturan perabot dalamrumah tangga dan kebersihannya cukup baik.d. Kamar mandi yang di gunakan adalah milik pemerintah dan tidak ada SPAL maupun TPS.2. Sumber air bersiha. Air minum di ambil dari sumur gali dengan keadaan jernih, tidak berbau, dan tidak berasa.b. Keadaan sumur memenuhi standar.c. Pengelolaan air minum di masak sampai mendidih 5-10 menit.3. Status kepemilikan sumber air bersihSumur yang di gunakan merupakan milik umum karena sumur di buat bersama-sama dengan warga lain. 4. Jenis jamban yang di gunakanKeluarga menggunakan jamban milik pemerintah yang berbentuk leher angsa.Jarak rumah dengan WC 20 meter.5. Jenis saluran pembuangan air limbah(SPAL)Pembuangan air limbah langsung di belakang rumah dan nampak genangan air di bawah kolong rumah.6. Tempat pembuangan sampah(TPS)Keluarga membuang sampah di sembarang tempat. Tampak lingkungan yang kotor. Di sekitar rumah dipenuhi tumpukan sampah, keluarga tidak memiliki sarana pembuangan sampah yang memenuhi standar.7. Pemanfaatan pekaranganPekarangan rumah tidak dimanfaatkanH. PEMERIKSAAN FISIK1. Bapak / kepala keluarga (32 tahun)a. Keadaan umum baik. b. Tanda tanda vital :- Tekanan darah : 110/80 mmHg.- Nadi : 80 x/menit.- Suhu : 37c.- Pernapasan : 20 x/menit. .c. Tinggi badan : 170 cm.d. Berat badan : 55 kg. 2. Istri / ibu (23 tahun)a. Keadaan umum baikb. Tanda Tanda vital : Tekanan darah : 90/70 mmHg. Nadi : 82 x/menit. Suhu : 37c. Pernapasan : 22 x/menit. c.Tinggi badan : 162 cm.d. Berat badan : 53 kg2. Anak Balita (1 Tahun)a. Keadaan umum baik. b. Tinggi badan : 81 cm.c. Berat badan : 11,5 kg.d. LILA : 11cm

II. ANALISIS DATANODATAANALISIS DAN INTERPRESTASIDIAGNOSA

1Subyektif :Ibu mengatakan belum pernah menggunakan KB.Obyektif: Ibu tidak memiliki kartu akseptor KB.Kurangnya pengetahuan ibu tentang kontrasepsi keluarga berencana(KB).

Ibu belum menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana(KB).

2Subyektif :a. Ibu dan keluarga Mengatakan pembuangan air limbah langsung dibawah kolong rumah dan pembuangan sampah di sembarang tempat.Obyektif: -a. Nampak genangan air di bawah kolong rumah.b. Nampak tumpukan sampah di sekitar rumah Kurangnya pengetahuan keluarga terhadap manfaat sarana kesehatan lingkungan.

Keluarga tidak memilki sarana kesehatan Lingkungan(SPAL dan TPS).

3Subyektif:Ibu mengatakan tidak pernah mendengar tentang kanker mulut rahim.Obyektif : Ibu tidak menjawab jika di tanya tentang kanker mulut rahim.Kurang pengetahuan ibu dan keluarga tentang kanker mulut rahim.Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.

III. RUMUSAN MASALAHBerdasarkan analisis dan interprestasi data,maka ada beberapa permasalahanyang muncul dalam keluarga TnR yang di antaranya :1. Ibu tidak menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).2. Keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).3. Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.

IV. TABULASI RUMUSAN MASALAH1. Ibu tidak menggunakan alat kontrasepsi KBNo Kriteria Perhitungan Skor Pembenaran

1Sifat masalahAncaman kesehatan 2/3 x 1 2/3Dapat mengancam kesehatan ibu karenasemakin sering ibu melahirkan maka fungsi kesehatan reproduksi ibu semakin menurun.

2Kemungkinan masalah dapat di ubah.Hanya sebagian 2/2 x 2 2Masalah dapat di ubah dengan mudah bila ibu mengetahui manfaat dantujuan penggunaan alat kontrasepsi.

3Potensi masalah untuk di cegahTinggi 3/3 x 1 1Masalah dapat di cegah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang macam-macam alat kontrasepsi KB dan manfaatnya.

4Menonjolnya masalahMasalah tidak di rasakan 0/2 x 1 0Masalah tidak dapat dirasakan karena kurangnya informasidan pengetahuan tentang program KB.

Jumlah3 2/3

2. Keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan(SPAL dan TPS)NoKriteriaPerhitunganSkorPembenaran

1Sifat masalahAncaman kesehatan 2/3 x 1 2/3Apabila keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS) maka lingkungan yang kotor dapat menimbulkan berbagai sumber macam penyakit, seperti diare, malaria dll.

2Kemungkinan masalah dapat di ubahDengan mudah 2/2 x 2 2Masalah dapat di ubah dengan mudah jika keluarga menyadari pentingnya manfaat dari kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).

3Potensi masalah dapat untuk di cegahTinggi 3/3 x 1 1Masalah dapat di cegah dengan memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan.

4Menonjolnya masalahTidak dirasakan 0/2 x1 0Lingkungan yang kotor tidak di anggap sebagai suatu masalah kesehatan bagi keluarga.

Jumlah3 2/3

3. Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.NoKriteriaperhitunganSkorPembenaran

1Sifat masalahAncaman kesehatan 2/3 x 12/3Dapat mengancam kesehatan ibu dan keluarga jika terjadi kanker mulut rahim,karena Ibu dan keluarga tidak mampu mendeteksi secara dini penyakit tersebut.

2Kemungkinan masalah dapat di ubahDengan mudah

2/2 x 2 2Masalah dapat diubah dengan mudah jika mengetahui tentang kanker mulut rahim.

3Potensi masalah untuk di ubahTinggi 3/3 x 1 1Masalah dapat dicegah dengan memberikan penyuluhan tentang kanker mlut rahim.

4Menonjolnya masalahMasalah tidak di rasakan 0/2 x 1 0Kurangnya pengetahuan tentang kanker mulut rahim tidak dianggap suatu masalah bagi keluarga.

Jumlah3 2/3

IV. PRIORITAS MASALAHBerdasarkan prioritas masalah dan pembobotan maka masalah kesehatan pada keluarga TnR yaitu : 1. Ibu tidak menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana(KB).2. Keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan yaitu SPAL dan TPS.3. Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.

V. RENCANA ASUHANA. TUJUAN1. Tujuan jangka panjanga. Ibu dapat memakai alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).b. Pemanfaatan sarana kesehatan lingkungan oleh keluarga yang sesuai dengan standar kesehatan.c. Ibu dan keluarga dapat mencegah terjadinya kanker mulut rahim.2. Tujuan jangka pendeka. Ibu mengerti tentang alat kontrasepsi dan mau menggunakannya.b. Ibu dan keluarga dapat membuat sarana kesehatan lingkungan.c. Ibu dan keluarga mengerti tentang kanker mulut rahim.

B. KRITERIASebelum berakhirnya periode pakk tanggal 02 januari 2015 di harapkan:1. Ibu mau menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).2. Keluarga sudah membuat SPAL dan TPS serta sudah memanfaatkan dan membersihkan lingkungan rumahnya.3. Keluarga sudah mengetahui tentang kanker mulu rahim.

C. IMPLEMENTASIDAN EVALUASINoMasalahImplementasiEvaluasi

1Ibu tidakmemggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).

Tanggal: 23 Desember 20141. Melakukan pendekatan keluarga secaralangsung.Hasil : keluarga merasa senang dan semakin akrab.2. Menjelaskan kepada keluarga tentang kegiatan yang akan di lakukan.Hasil : keluarga setuju untuk di lakukan pembinaan.1. Memberikan penyuluhan tentang alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).Hasil : ibu mengerti dan setuju untuk menggunakan alat kontrasepsi KB yaitu PIL KB.2. Memotifasi ibu untuk menjadi akseptor KB.Hasil : ibu mau menjadi akseptor KB.3. Melayani ibuuntuk ber-KB.Hasil : Ibu sudah ber-KB.Tanggal : 26 Desember 2014 Ibu sudah ber KB.

2Keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).

Tanggal: 24 Desember 20141. Memberikan penyuluhan tentang manfaat sarana kesehatan lingkungan. Hasil : keluarga mengerti dengan penyuluhan yang di berikan.2. Mengajarkan cara membuat SPAL dan TPS. Hasil : keluarga membuat SPAL dan TPS sesuai yang di ajarkan.Tanggal : 26 Desember 2014Saluran pembuangan air limbah (SPAL) dan tempat pembuangan sampah (TPS) telah di buat.

3Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.Tanggal: 25 Desember 20141. Memberikan pendidikan kesehatan tentang dampak kanker mulut rahim.Hasil : Ibu dan keluarga sudahmengerti dengan kanker mulut rahim.Tanggal: 26 Desember 2014Ibu dan keluarga telah mengetahui tentang kanker mulut rahim.

PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNR DENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB. MUNA TGL 23 DESEMBER 2014

CATATAN PERKEMBANGAN PERTAMAA. DATA SUBYEKTIF (S)1. Ibu mengatakan tidak menggunakan KB.2. Ibu mengatakan pembuangan air limbah langsung di belakang rumah dan pembuangan sampah di sembarang tempat.3. Ibu mengatakan tidak pernah mendengar tentang kanker mulut rahim.

B. DATA OBYEKTIF (O)1. Nampak genangan air di belakang rumah.2. Nampak tumpukan sampah di sekitar rumah.3. Ibu tidak menjawab jika ditanya tentang kanker mulut rahim. 4. Pemeriksaan fisik :1. Bapak / kepala keluarga (32 tahun) a. Keadaan umum baik. b. Kesadaran komposmentis. c. Tanda tanda vital :- Tekanan darah : 110/80 mmHg.- Nadi : 80 x/menit.- Suhu : 37c.- Pernapasan : 20 x/menit. .c. Tinggi badan : 170 cm.d. Berat badan : 55 kg. 2. Istri / ibu (23 tahun) a. Keadaan umum baik b. Tanda Tanda vital :- Tekanan darah : 90/70 mmHg.- Nadi : 82 x/menit.- Suhu : 37c.- Pernapasan : 22 x/menit. c.Tinggi badan : 162 cm.d. Berat badan : 53 kg3. Anak Balita (1 Tahun)a. Keadaan umum baik. b. Tinggi badan : 81 cm.c. Berat badan : 11,5 kg.d. LILA : 11cm

C. ASESSMENT (A)1. Ibu tidak menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).2. Keluarga tidak memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).3. Ibu dan keluarga tidak mengetahui tentang kanker mulut rahim.

D. PLANNING (P)1. Melakukan pendekatan keluarga secara langsung. Hasil : Keluarga merasa senang dan semakin akrab.2. Menjelaskan pada keluarga tentang masalah yang akan dilakukan. Hasil : Keluarga setuju untuk dilakukan pembinaan.3. Memberikan penyuluhan tentang alat kontrasepsi keluarga berencana (KB). Hasil : Ibu mengerti dan setuju untuk menggunakan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB).4. Memotifasi ibu untuk menjadi ber-KB. Hasil : Ibu mau menjadi akseptor KB. 5. Memberikan penyuluhan tentang manfaat sarana kesehatan lingkungan. Hasil : Keluarga mengerti dengan penyuluhan yang diberikan.6. Menganjurkan kepada ibu untuk membuat SPAL dan TPS. Hasil : Ibu bersedia membuat SPAL dan TPS.7. Memberikan pendidikan kesehatan tentang dampak kanker mulut rahim. Hasil : Ibu dan keluarga sudah memahami tentang kanker mulut rahim.

PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNR DENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB. MUNA TGL 24 DESEMBER 2014

CATATAN PERKEMBANGAN KEDUAA. DATA SUBYEKTIF (S)1. Ibu mengatakan mau menggunakan KB. 2. Ibu mengatakan sudah membuat saluran pembuangan air limbah (SPAL) dan pembuangan sampah di sembarang tempa(TPS).3.Ibu mengatakan sudah memahami tentang kanker mulut rahim. B. DATA OBYEKTIF(O) 1. Ibu masih belum memiliki kartu akseptor KB2. Keluarga belum mempunyai SPAL dan TPS,sampah rumah tangga di kumpulkan di belakang rumah.

C. ASESSMENT (A)1. Ibu belum berKB.2. Keluarga belum memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).

E. PLANNING (P)1. Melayani ibu untuk berKB. Hasil : Ibu memilih alat kontrasepsi pil KB.2. Memberikan kartu akseptor KB. Hasil : Ibu telah memiliki kartu akseptor KB.3. Menganjurkan kepada ibu untuk berkunjung kepada bidan bila pil KB habis. Hasil : Ibu bersedia berkunjung kepada bidan bila pil KBnya habis.4. Menganjurkan kepada ibu untuk membuat SPAL dan TPS. Hasil: Ibu dan keluarga berjanji akan membuat SPAL dan TPS.PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNR DENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB. MUNA TGL 25 DESEMBER 2014 CATATAN PERKEMBANGAN KETIGAA. DATA SUBYEKTIF (S)1. Ibu mengatakan sudah menggunakan alat kontrasepsi KB yaitu pil KB.2. Ibu mengatakan belum membuat SPAL dan TPS.

B. DATA OBYEKTIF(O) 1. Keadaan umum keluarga baik.2. Ibu memiliki kartu akseptor KB.3. Keluarga mau membuat SPAL dan TPS.

C. ASESSMENT (A)1. Keluarga belum memiliki sarana kesehatan lingkungan (SPAL dan TPS).

D. PLANNING(P) 1. Menganjurkan ibu untuk membuat SPAL dan TPS. Hasil : SPAL dan TPS telah dibuat.2. Menganjurkan kepada ibu dan keluarga untuk menjaga SPAL dan TPS yang telah dibuat. Hasil : Ibu dan keluarga telah menjaga SPAL dan TPS yang telah dibuat serta tidak terdapat air limbah dan sampah yang berserakan.

FOLLOW UP:Tanggal 30 Desember 2014Jam : 10.00 wita.1. Ibu sudah berKB dan sudah memakai PIL KB pada tanggal 30 Desember 2014 dan untuk selanjutnya kunjungan ulang sama bidan desa atau di puskesmas.2. Ibu dan keluarga sudah membuat SPAL dan TPS serta sudah menggunakannya.3. Ibu dan keluarga sudah mengetahui tentang kanker mulut rahim.

LEMBAR PENGESAHAN

MANAJEMEN DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNRDENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB.MUNA TANGGAL 23-26 DESEMBER 2014

SITI NURIATIPWS.B.2012.IB.0029

DISAHKAN OLEH :

PENGUJI

DINA ASMINATALIA, S. Kep., NsMANAJEMEN DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS PADA KELUARGA TNRDENGAN PUS YANG BUKAN AKSEPTOR KB DI DUSUN I DESA LAMAEO KECAMATAN KABAWO KAB.MUNA TANGGAL 23-26 DESEMBER 2014

OLEH : SITI NURIATI PSW.B.2012.IB.0029

AKADEMI KEBIDANAN PARAMATAKABUPATEN MUNA 2014

1