Anatomi & Histologi telinga

download Anatomi & Histologi telinga

of 11

  • date post

    19-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    294
  • download

    26

Embed Size (px)

Transcript of Anatomi & Histologi telinga

PBL MODUL TULIMOCHAMMAD IQBAL S 2007730081 FK UMJ

Anatomi Organ Pendengaran

Bagian telinga luar : Aurikula (daun telinga) -AurikulaTerdiri dari kartilago elastin yang ditutupi kulit, Dapat digerakkan sedikit oleh tiga otot kecil yang berjalan menuju aurikula dari aponeurosis cranial dan Tengkorak -Terdapat konkha, tragus, antitragus, helix, antihelix dan lobulus -Fungsi utama aurikel adalah untuk menangkap gelombang suara dan mengarahkannya ke dalam Meatus acustikus eksternus.

Meatus acustikus eksternus (liang telinga luar) -Panjang + 2, 5 cm berbentuk huruf S -1/3 bagian luar terdiri dari tulang rawan, banyak terdapat kelenjar minyak dan kel. Serumen -2/3 bagian sisanya terdiri dari tulang ( temporal ) dan sedikit kelenjar serumen. -Rambut halus dan serumen berfungsi untuk mencegah serangga kecil masuk. -Meatus acustikus eksternus ini juga berfungsi sebagai buffer terhadap perubahan kelembaban dan temperatur yang dapat mengganggu elastisitas membran tympani.

Bagian telinga tenggah: Membrana tympani(bergetar saat adanya udara) Terdiri dari jaringan fibrosa elastis, Dibagi 4 kwadran ; atas depan, atas belakang, bawah depan dan bawah belakang, Berfungsi menerima getaran suara dan meneruskannya pada tulang pendengaran Gelombang udara disalurkan melalui 3 tulang auditory ; maleus,incus, dan stapes. Merupaka tulang terkecil pada tubuh manusia, Berfungsi menurunkan amplitudo getaran yang diterima dari membran tympani dan meneruskannya ke jendela oval

Cavum tympani Merupakan ruangan yang berhubungan dengan tulang Mastoid, sehingga bila terjadi infeksi pada telinga tengah dapat menjalar menjadi mastoiditis Tuba eustachia atau saluran auditory merupakan sambungan telinga tengah ke naso faring, struktur mukosanya merupakan kelanjutan dari mukosa nasofaring.Tuba dapat tertutup pada kondisi peningkatan tekanan secara mendadak Tuba ini terbuka saat menelan dan bersin,berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara di luar tubuh dengan di dalam telinga tengah.

Bagian telinga dalam

Telinga dalam mirip rongga di dalam tulang temporal dikenal dengan tulang labirint Terdiri dari 2 organ : organ pendengaran dan organ keseimbangan Struktur membran disebut cochlea yang berkaitan dengan pendengaran dan utricle, saccule, canal semisirkularis berkaitan dengan keseimbangan Cochlea: Skala vestibuli yang berhubungan dengan vestibular berisi perilymph Skala tympani yang berakhir pada jendela bulat, berisi perilymph Skala media / duktus koklearis yang berisi endolymph Dasar skala vestibuli disebut membran basalis, dimana terdapat organ corti dan sel rambut sebagai organ pendengaran Canalis semisircuralis :Terdiri dari 3 duktus semiserkular, masing-masing berujung pada ampula. Pada ampula terdapat sel rambut, krista dan kupula Berkaitan dengan sistem keseimbangan tubuh dalam hal rotasi Vestibula Terdiri dari sakulus dan utrikel yang mengandung makula Berkaitan dengan sistem keseimbangan tubuh dalam hal posisi

Nervus VII (vestibulocochlearis)Nervus ini terdiri dari 2 komponen fungsional yang berbeda yaitu 1) nervus Vestibularis, yang membawa impuls keseimbangan dan orientasi ruang tiga dimensi dari apparatus vertibular dan 2) nervus Cochlearis, yang membawa impuls pendengaran yang berasal dari organon corti di dalam cochlea Letak anatominya: Nervus Vestibulocochlearis memasuki batang otak tepat dibelakang nervus facialis (VII) pada suatu daerah berbentuk segitiga yang dibatasi oleh pons, flocculus dan medulla oblongata, keduanya kemudian terpisah dan mempunyai hubungan ke pusat yang berbeda. Nervus Vestibularis dan Cochlearis biasanya bersatu yang kemudian memasuki meatus acustikus internus, disebelah bawah akar motorik nervus VII.

GRACIAS