Analisis SKL-KI-KD B.inggris kelas 7 kurikulum 2013

4
 ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sat u an Pendidikan : MTs Negeri Suk araj a Kelas : VII (Tujuh) Mata Pel aj aran : Bahasa Inggris Tahun Pelaj ar an: 2014/2015 Domain SKL Kompetensi Inti Sikap Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 1 . Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2 . Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam  jang k auan p e rg a ulan d a n k e b e rada a nn y a Pengetahuan Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. 3 . Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber  lain sejenis 4 . Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori KOMPETENSI INTI DAN KOMPET ENSI DASAR BAHASA INGGRIS MTs/SMP KELAS VI I KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.1. M engh argai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. M ens yuk uri kesem pata n dap at me m pelajari bah asa Ing gris seba gai baha sa penga ntar komunikas i internasiona l yang diw ujudkan da lam semangat belajar. 1 . 2 . M en g h ar g a i d an men g h a y at i p e r i l a k u  ju ju r , d is iplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royo ng), san tun, p ercaya diri, da lam be rin tera ks i secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 2 .1 . M enun ju k k a n p e ri la k u s an tu n d an p e d u li d a la mm e la k s a n a k a n kom unikasi interpersonal deng an guru dan tema n. 2.2. M en un jukk an pe rilaku jujur, disip lin, perca ya diri, dan be rtan gg un g  ja w a b d a la m m e la k s ana k a n k o mun ik a s i tra nsa k s io n a l de n g a n g uru dan teman. 2.3. Menunjukk an perilaku tang gun g jaw ab , peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam m elaksana kan komunikasi fungsional.

description

Analisis SKL-KI-KD B.inggris kelas 7 kurikulum 2013

Transcript of Analisis SKL-KI-KD B.inggris kelas 7 kurikulum 2013

  • 1ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

    Satuan Pendidikan : MTs Negeri Sukaraja Kelas : VII (Tujuh)Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Tahun Pelajaran : 2014/2015

    Domain SKL Kompetensi Inti

    Sikap

    Memiliki perilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlak mulia,berilmu, percaya diri, danbertanggung jawab dalam berinteraksisecara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauanpergaulan dan keberadaannya

    1. Menghargai dan menghayati ajaran agamayang dianutnya

    2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalamberinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya

    Pengetahuan

    Memiliki pengetahuan faktual,konseptual, dan prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkaitfenomena dan kejadian yang tampakmata.

    3. Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitfenomena dan kejadian tampak mata

    Keterampilan

    Memiliki kemampuan pikir dan tindakyang efektif dan kreatif dalam ranahabstrak dan konkret sesuai denganyang dipelajari disekolah dan sumberlain sejenis

    4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolahdan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori

    KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARBAHASA INGGRIS MTs/SMP KELAS VII

    KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

    1.1. Menghargai danmenghayati ajaranagama yang dianutnya

    1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagaibahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalamsemangat belajar.

    1.2. Menghargai danmenghayati perilakujujur, disiplin,tanggungjawab, peduli(toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial danalam dalam jangkauanpergaulan dankeberadaannya.

    2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakankomunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

    2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan gurudan teman.

    2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cintadamai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

  • 2KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

    1.3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkanrasa ingin tahunyatentang ilmupengetahuan, teknologi,seni, budaya terkaitfenomena dan kejadiantampak mata.

    3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan padaungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaanmaaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan padaungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.

    3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, namawaktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

    3.4 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan padateks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswasehari-hari.

    3.6 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengankonteks penggunaannya.

    3.7 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan padateks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,benda sesuai dengan konteks penggunaannya.

    3.8 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan padateks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan kontekspenggunaannya.

    3.9 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tandaperingatan (warning/caution), sesuai dengan kontekspenggunaannya.

    3.10 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dariteks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dansederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

    3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.1.4. Mencoba, mengolah,

    dan menyaji dalam ranahkonkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi, danmembuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca, menghitung,menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari disekolah dan sumber lainyang sama dalam sudutpandang/teori.

    4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan meresponsapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, denganmemperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaanyang benar dan sesuai konteks.

    4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendekdan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakannama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentukangka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benardan sesuai konteks.

    4.4 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendekdan sederhana.

    4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakanjati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, denganmemperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaanyang benar dan sesuai konteks.

    4.6 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan

  • 3KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

    nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengankehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    4.7 Menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang (list),dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    4.8 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakansifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuaikonteks.

    4.9 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakantingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, denganunsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    4.10 Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu(short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulissangat pendek dan sederhana.

    4.11 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (shortnotice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangatpendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

    4.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangatpendek dan sederhana.

    4.13 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dansederhana, tentang orang, binatang, dan benda, denganmemperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,secara benar dan sesuai konteks.

    4.14 Menangkap makna lagu.

    Mengetahui, Sukaraja, Juli 2014Kepala MTsN Sukaraja Guru Mata Pelajaran

    Drs. H. ADE ISYA ANSHORI, M.MPd. Dra. YAYAH FATHIMAH SY iNIP : 19600404 198603 1 002 NIP : 19661229 199403 2 003