55935351-MAKALAH-LEMAK

12
 DAFTAR ISI DAFT AR ISI ...................................................................................................... 1 KA T A PENGANTAR ......................................................................................... 2 BAB I. PENDAHULUAN ..... .............................. ..... ....................................... 3 A. Latar Belaka ng .......................................................................................... 3 B. Tu juan ...................................................................................................... 3 BAB II. LEMAK ............................................................................................. 4 A. Peng ertian Lemak ................................................................................... B. Fun g!i Lemak ......................................................................................... " #. $et a%&li! me Lema k ..... .......................................................................... ' D. Ke% utu (an Lema k .................................................................................. ) E. Ak i%a t Ke kur angan *an Kel e%i (an Lemak . ............................................ + F. Sum%er Lemak  ........................................................................................ , BAB III. PENUTUP ................................................................. ....... ................. 10 A. Ke! im- ula n ..... ....................................................................................... 1 DAFT AR PUST AKA ............... ..... .............................. ..... ................................. 10

Transcript of 55935351-MAKALAH-LEMAK

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI

1

KATA PENGANTAR

2

BAB I. PENDAHULUAN

3

A. Latar Belakang

3

B. Tujuan

3

BAB II. LEMAK

4

A. Pengertian Lemak

4

B. Fungsi Lemak

5

C. Metabolisme Lemak

6D. Kebutuhan Lemak

7E. Akibat Kekurangan dan Kelebihan Lemak

8F. Sumber Lemak

9BAB III. PENUTUP

10A. Kesimpulan

10DAFTAR PUSTAKA

10KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat allah swt, karena atas segala rahmat dan hidayah-nya, sehinggga dapat di selesaikan makalah yang berjudul LEMAK tepat pada waktunya sebagai suatu tugas mata kuliah biokimia. Tidak lupa pula penulis ucapapkan rasa terima kasih kepada dosen bidang study dan teman-teman yang telah ikut dalam membantu menyelesaikan makalah yang sederhana ini.Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan makalah ini, oleh karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaikan kedepan.

Akhirnya harapan dari penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua untuk kemajuan ilmu pengetahuan di bidang pertanian dan dapat pula membangkit semangat dalam berkarya yang lebih baik untuk masa yang akan datang, terima kasih kepada semuanya semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmadNya kepada kita.

Wassalam

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal lemak berbentuk padat dan minyak berbentuk cair pada suhu ruang. Contoh lemak seperti lemak kambing yang digunakan pada pembuatan sate. Contoh minyak seperti minyak goreng. Ditempat yang bersuhu di bawah 200C, minyak berbentuk setengah padat pada suhuruang.Para ahli gizi mengelompokkan lemak dan minyak dengan nama Lipida. Termasuk kelompok lipida ialahzat-zat lain selain lemak dan minyak, misalnya lipoprotein dan kolesterol.

Dalam ilmu kimia lipida tergolong senyawa organik yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Beberapa lipida mengandung zat lain seperti fosfor, nitrogen, karbohidrat atauprotein. Menurut struktur kimianya lemak terdiri atas gliserol dan asam lemak. Asam lemak merupakan bagian terbesar dari lipida. Lipida alami umumnya mengandung tiga asam lemak yang berbeda.

Asam lemak merupakan satu rantai atom karbon dan hidrogen. Jumlah atom korban biasanya genap, tetapi panjang rantai berbeda. Karena itu kita kenal asam lemak berantai pendek (4-6 atom karbon), asam lemak berantai sedang (8-12 atomkarbon) dan asam lemak berantai panjang (lebih dari 12 atom karbon).Asam linoleat, asam linolenat, dan asam arakhidronat menurut fungsinya disebutasam lemak esensial. Tetapi hanya asam linoleat dan asam linolenat yang esensial dalam arti harus diperoleh dari makanan sehari-hari. Asam arak hidonat terdapat dalam jumlah sedikit sekali di dalam hati dan lemak organ hewan.

A. Rumusan Masalah

1. Apa saja bagian bagian dari lemak?

2. Apa akibat kekurangan dan kelebihan dari lemak?

B. Tujuan

1. Untuk mengetahui apa saja bagian dari lemak

2. Untuk mengetahui akibat kekurangan dan kelebihan dari lemak

C. Manfaat

1. Mahasiswa dapat mengetahui bagian bagian dari lemak

2. Mahasiswa dapat mengetahui akibat kekurangan dan kelebihan dari lemak

BAB II

PEMBAHASAN A. Pengertian LemakLemak metabolik merupakan lemak yang mengalami perubahan metabolik, menghasilkan zat khusus yang mempunyai arti penting secara hayati maupun gizi. Pelepasan energi yang terdapat di dalam lemak simpanan didahului oleh perubahan lemak itu ke dalam bentuk metabolic yang dapat diuraikan. Contoh lain kolesterol, yang mengalami perubahan di dalam kelenjar adrenal (anak ginjal) menjadi berbagai hormon steroid. Di dalam hati kolesterol diubah menjadi asam-asam empedu yang digunakan dalam pencernaan lemak yang tidak larut di dalam air,sedangkan sebagaian besar bagian tubuh misalnya darah, terdiri atas air. Karena itu pengangkutan lemak melalui darah terjadi dengan bantuan protein. Lemak diikat oleh protein menjadi lipoprotein.

Lemak yang merupakan simpanan energi berupa jaringan lemak. Sebagian jaringan lemak berupa lemak putih seperti yang terdapat dibawah kulit dan sekitar organ. Lemak tubuh yang mengandung lebih banyak darah tampak kecokelatan dan hanya terdapat di bagian tertentutubuh, misalnya punggung bagian atas pada bayi. Lemak simpanan kecolekatan ini digunakan untuk mempertahankan suhu normal tubuh pada bayi.

Lemak di dalam tubuh dibedakan atas lemak yang merupakan bagian sel, lemak yang merupakan simpanan energi dan lemakmetabolik. Lemak yang merupakan bagian sel berfungsi memperkuat sel terutama sebagai bagian membran sel. Fosfolipida merupakan bagaian terbesar lemak pada membran sel.

Lemak yang merupakan simpanan energi berbentuk trigliserida, kebanyakan berupa lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak dalam makanan sehari-hari mempengaruhi susunan lemaksimpana. Simpanan energi di dalam tubuh berbentuk lemak karena lemakdapat menyimpan energi lebih dari dua kali energi di dalam karbohidrat sehingga memerlukan tempat yang lebih kecil.

Lemak simpanan tidak hanya berasal dari lemak makanan tetapi juga dari karbohidrat dan protein yang diubah menjadi lemak di dalamtubuh. Selama peredaran di dalam darah, lipoprotein dapat membawakolesterol. Lipoprotein berdensitas rendah (low desnsity lipoprotein) mengangkut kolesterol dari hati ke sel. Lipoprotein berdensitas tinggi (high density lipoprotein) mengangkut kolesterol dari sel ke hati.

B. Bagian-Bagian dari Lemak1. Gliserol

Gliserol (bahasa Inggris: glycerol, glycerin, glycerine) adalah senyawa gliserida yang paling sederhana, dengan hidroksil yang bersifat hidrofilik dan higroskopik. Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. Gliserol terasa manis saat dikecap, namun bersifat racun2. Trigliserida

Trigliserida (atau lebih tepatnya triasilgliserol atau triasilgliserida) adalah sebuah gliserida, yaitu ester dari gliserol dan tiga asam lemak.[1] Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani.

Rumus kimia trigliserida adalah CH2COOR-CHCOOR'-CH2-COOR", dimana R, R' dan R" masing-masing adalah sebuah rantai alkil yang panjang. Ketiga asam lemak RCOOH, R'COOH and R"COOH bisa jadi semuanya sama, semuanya berbeda ataupun hanya dua diantaranya yang sama.

Panjang rantai asam lemak pada trigliserida yang terdapat secara alami dapat bervariasi, namun panjang yang paling umum adalah 16, 18, atau 20 atom karbon. Asam lemak alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan biasanya terdiri dari jumlah atom karbon yang genap disebabkan cara asam lemak dibiosintesis dari asetil-KoA. Sekalipun begitu, bakteria memiliki kemampuan untuk menyintesis asam lemak dengan atom karbon ganjil ataupun rantai bercabang. Karena itu, hewan memamah biak biasanya memiliki asam lemak berkarbon ganjil, misalnya 15, karena aksi bakteria di dalam rumennya.

Kebanyakan lemak alami memiliki campuran kompleks dari berbagai macam trigliserida; karena ini, lemak mencair pada suhu yang berbeda-beda. Lemak seperti mentega kokoa hanya terdiri dari beberapa trigliserida, salah satunya mengandung berturut-turut palmitat, oleat, dan stearat. Hal ini menyebabkan terjadinya titik lebur yang tajam, yang menyebabkan coklat meleleh dalam mulut tanpa terasa berminyak.

Pada sel, trigliserida (atau lemak netral) dapat melalui membran sel dengan bebas, tidak seperti molekul lainnya, karena karakteristiknya yang non-polar sehingga tidak bereaksi dengan lapisan ganda fosfolipid pada membran.

3. Fosfolipid

Fosfolipid adalah lipid yang mengandung gugus ester fosfat. Fosfogliserida merupakansalah satu tipe fosfolipid. Senyawa ini biasanya mengandung ester dan asam lemak padadua posisi gliserol dengan suatu ester fosfat pada posisi ketiga. Fosfogliserida bersifatjelas terbedakan karena molekul-molekunya berisi dua ekor hidrofobik yang panjang dansuatu ggus hidrofilik yang sangat polar. Oleh sebab itu fosfogliserida bersifat surfaktannetral yang merupakan zat pengemulsi cukup baik.Lesitin dan sefalin merupakan dua tipe fosfogliserida yang dijumpai terutama dalam otak,sel syaraf, dan hati hewan. Lesitin adalah derivate kolina klorida,HOCH2CH2N(CH3)3+Cl-, yang terlibat dalam pengiriman impuls-impuls syaraf. Sefalinadalah derivate etanolamina, HOCH2CH2NH2

4. KolesterolKolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol[2] (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.[3] Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.

Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.[4]Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin. Juga dokter Liem menyarankan mengonsumsi bekatul sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Simak beberapa manfaat bekatul terutama untuk menurunkan kolesterol.[5]5. LipoproteinLipoprotein adalah stukrur biokimia yang berisi protein dan lemak, yang terikat pada protein, yang memungkinkan lemak untuk bergerak melalui air pada bagian dalam dan di luar sel. Protein berfungsi untuk mengemulsi lipid (jika tidak disebut molekul lemak). Banyak enzim, transporter, protein struktural, antigen, adenin, dan racun merupakan lipoprotein. Contohnya termasuk lipoprotein densitas tinggi (HDL) dan lipoprotein densitas rendah (LDL), yang memungkinkan lemak untuk dibawa dalam aliran darah, protein transmembran dari mitokondria dan kloroplas, dan lipoprotein pada bakteri. Fungsi dari partikel lipoprotein adalah untuk mengangkut lipid (lemak) (seperti triasilgliserol) di sekitar tubuh dalam darah.6. Kilomikron Lipoprotein yang mengangkut lipida dari saluran cerna ke dalam tubuh dinamakan kilomikron.Kilomikron diabsorbsi melalui dinding usus halus ke dalam system limfe untuk kemudian melalui ductus thoracicus di sepanjang tulang belakang masuk ke dalam vena besar di tengkuk dan seterusnya masuk ke dalam aliran darah.Kilomikron adalah lipoprotein paling besar dan mempunyai densitas paling rendah.Kilomikron mengangkut lipida berasal makanan dari saluran cerna ke seluruh tubuh.Lipida yang di angkut terutama trigliserida.Kilomikron pada dasarnya mengelmusi lemak sebelum masuk ke dalam aliran darah.Dalam aliran darah trigliserida yang ada pada kilomikron dipecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas oleh enzim lipoprotein lipase yang berada pada sel sel endotel kapiler7. Lemak JenuhLemak jenuh adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon (C) yang jenuh dengan atom-atom hidrogen (H). Lemak jenuh umumnya dalam fasa padat pada temperatur kamar. Lemak ini sering disebut juga asam lemak jenuh (saturated fatty acid).8. Lemak Tak JenuhLemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak ini tidak jenuh (masih bisa menambah atom hidrogen). Lemak tak jenuh tunggal biasanya dalam fasa cair pada temperatur kamar dan akan membeku saat didinginkan. Minyak zaitun (olive oil) adalah contoh minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini sering disebut juga asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid, MUFA)9. Lemak EssensialLemak essensial yaitu lemak yang dibutuhkan tubuh sedangkan tubuh tidak dapat mensintesisnya. Contohnya: asam linoleat dan asam linolenat . Kedua asam lemak ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi normal semua jaringan.Turunan asam lemak yang berasal dari kedua ALE tersebut yang terpenting dalam ilmu gizi adalah asam arakidonat, dari asam linoleat, eikosapentaenoat dan dokosaheksaenoat dari asam linolenat.Ketiga asam lemak ini bukan merupakan asam lemak essensial karena tubuh dapat mensistensinya.Asam lemak essensial merupakan precursor sekelompok senyawa eikosanoid yang mirip hormon yaitu, prostaglandin, prostasiklin, tromboksan, dan leukotrien. Senyawa-senyawa ini mengatur tekanan darah, denyut jantung , fungsi kekebalan dan rangsangan sistem saraf, kontraksi otot serta penyembuhan luka.C. Akibat Kekurangan dan Kelebihan Lemak

1. Akibat kekurangan lemaka. Lemahnya penyerapan vitamin Terlalu banyak menguras lemak dalam tubuh dan mengkonsumsi makanan randah lemak akan menyebabkan vitamin yang berharga seperti A, D, E, dan K terganggu penyerapannya. Senada dengan yang dilansir dalam womansda.com, bahwa tubuh juga membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin tersebut. Vitamin diatas tersiman di dalam organ hati dan jaringan lemak. Apalagi vitamin tersebut sangat dibutuhkan khususnya pada usia pertumbuhan. Anda dapat membayangkan apa yang terjadi saat masa penting tersebut namun tubuh tak punya lemak yang dapat menyerap vitamin. b. Makan berlebihan Seperti efek balas dendam. Beberapa orang yang memutuskan untuk diet, pada suatu waktu tertentu di batas kesabarannya, mereka memutuskan untuk menyerah dan makan lebih nayak daripada sebelum diet karena lemak yang kurang akan lebh cepat memicu rasa lapar. Selain itu konsumsi produk rendah lemak justru terdapat gula tambahan yang efeknya sama saja bagaikan melempar bumerang. Konsumsi produk tersebut sama saja dengan Anda mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

c. Depresi Selain mengancam kesehatan fisik, ternyata kekurangan lemak secara berlebihan juga menyebabkan gangguan mental. Asam lemak dan omega 3 berperan dalam proses perilaku dan kondisi perasaan. Asam lemak dan omega 3 ini adalah pembentuk hormon dan senyawa kimia dalam otak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rendahnya asupan lemak terkait dengan gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan makan dan ADHD. 2. Kelebihan lemakKelebihan lemak contohnya adalah kegemukan atau obesitas. Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Kegemukan adalah penyebab kematian yang dapat dicegah paling utama di dunia, dengan prevalensi pada orang dewasa dan anak yang semakin meningkat, sehingga pihak berwenang menganggap kegemukan sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat paling serius pada abad 21.[10] Kegemukan umumnya merupakan stigma di dunia modern (khususnya di Dunia barat), meskipun pada suatu waktu dalam sejarah, kegemukan secara luas

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsur unsur Carbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O), yang mempunyai sifat larut dalam zat zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak). Lemak dan minyak merupakan sumber energi paling padat, yang menghasilkan 9 kkal untuk tiap gram, yaitu 2 kali besar energi yang dihasilkan oleh karbohidrat dan protein dalam jumlah yang sama.Selain itu lemak juga berfungsi sebagai pelumas, pelindung organ tubuh, memelihara suhu tubuh, memberi rasa kenyang, menghemat protein, pelarut vitamin, dll. Lemak dapat di klasifikasikan menjadi beberapa golongan yaitu, lemak sederhana (lemak netral; monogliserida, digliserida, trigliserida, dan ester asam lemak; malam, ester sterol dan nonsterol, ester vit.A dan vit. D), lemak majemuk(fosfolipida dan lipoprotein), lemak turunan (asam lemak dan sterol) dll.B. Saran

Dengan adanya makalah ini, semoga pembaca dapat mengambil manfaat berupa ilmu tentang lemak dan akinat kekurangan dan kelebihannya.