28 Des 2012

download 28 Des 2012

of 13

  • date post

    07-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    251
  • download

    11

Embed Size (px)

description

Swara Kita, 28 Des 2012

Transcript of 28 Des 2012

  • SETIAP harinya, Kebun Binatang Injil ini ramaidikunjungi, karena menampung semua binatang yangdisebutkan di dalam Kita Suci Perjanjian Lama.(foto: ist)

    Terinspirasi firman Tuhan dalam Kitab Yesaya 65:25Kebun Binatang Injil di Yerusalem ramai dikunjungi

    Baca: Kebun( Halaman 11 )

    Kalau berkunjung ke Yerusalem, jangan lupa mampir di Kebun Binatang Injil. Nama ini memang sangatAlkitabiah, tapi itulah asal-usul berdirinya kebun binatang ini, yakni menampung semua binatang yang

    disebutkan di dalam Kita Suci Perjanjian Lama. Selain itu, kebun binatang ini menjadi tempat pertemuanyang sangat disenangi oleh orang-orang Yahudi ortodoks dan orang-orang Arab.

    PENDIRI kebunbinatang ini terinspirasidengan firman Tuhandalam Kitab Yesaya 65:25,yang mengatakan,Serigala dan dombasebaiknya bersama-samamakan rumput. Singa akanmakan jerami seperti

    lembu, dan ular akan hidupdari debu. Tidak ada yangakan berbuat jahat ataumerugikan di segenapbukit kudus-Ku.

    Karena itu pula, padatahun 1940, AharonShulov, zoologis dariYerusalem melepaskan

    sebuah domba dan serigaladi sebuah kandang, sepertiyang tertulis dalam Al-kitab. Tetapi tidak berhasil,Shulov berulang kali harusmemasukkan domba baru,karena habis dimangsaserigala. Dia akhirnyamendirikan sebuah kebun

    binatang untuk semuahewan yang disebutkandalam Perjanjian Lama.

    Kebun binatang itusekarang juga masihdinamakan Kebun Bina-tang Injil.

    MERAYAKAN Natal tanpa orang-orang yangdicintai, dirasakan Keiza Karamoy hambar.Bahkan rencana untuk pulang kampung (pulkam)di Manado untuk merayakan Natal, bataldilakukannya.

    JUMAT 28 DESEMBER 2012 NOMOR 02166 TAHUN VII Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060www.swarakita-manado.comTERBIT 16 HALAMAN

    Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

    SELEBRITI

    Batal Natal di Manado

    Baca: Batal( Halaman 11 )

    KEIZA CHIBI

    SBY: Selamat NatalAgama melarang kitauntuk saling berbagikeburukan dan benci

    JakartaPerayaan NatalNasional 2012, digelarKamis (27/12) tadi malam diPlenary Hall Jakarta Conven-tion Center, Senayan, JakartaPusat. Presiden SusiloBambang Yudhoyono (SBY)menghadiri langsungkegiatan yang merupakanacara puncak Natal yangdiselenggarakan langsungpemerintah. Presiden hadirdalam perayaan tersebutdidampingi istri KristianiHerawati alias Ani Yudho-yono, Wapres Boediono

    beserta istrinya, HerawatiBoediono, Menteri Perhubu-ngan EE Mangindaan,Menteri Agama Suryadhar-ma Ali dan sejumlah menteriKabinet Indonesia Bersatu(KIB) jilid II.

    Ketua Panitia NatalNasional 2012, yang jugaMenteri Kesehatan (Menkes)Nafsiah Mboi, mengatakan,perayaan Natal tahun inimengambil tema AllahTelah Mengasihi Kita.

    PRESIDEN Palestina Mahmoud Abbas (kiri) hadir dalam misa Natal yang diadakan Gereja Nativity Bethlehem,Yerusalem.(foto: ist)

    Gereja Bethlehem merayakan Natalbersamaan kemerdekaan Palestina

    BethlehemWarga diTepi Barat, Bethlehem,Yerusalem, Palestina,pada Selasa (25/12) lalumerayakan Natal dengantertib di Gereja Nativity.

    Perayaan tersebut dihadirilangsung Presiden Mah-moud Abbas dan PerdanaMenteri Salam Fayyad.Ibadah di gereja tersebutdipimpin Uskup Agung

    Yerusalem Fuad Twal.Perayaan juga dimeriahkanpaduan suara yang diikutijemaat gereja. Perayaantahunan ini selalu menarikribuan wisatawan dari

    seluruh dunia. PerayaanNatal 2012 ini dirasakanberbeda oleh umat Kris-tiani di Palestina.

    PRESIDEN SBY menerima Ketua MPR Taufiq Kiemasdan puterinya, Puan Maharani, di Kantor Presiden, Rabu(26/12) siang.(foto: abror/sbyi)

    JakartaKursi MenteriPemuda dan Olahraga(Menpora) sepeninggalAndi Mallarengeng di awalDesember 2012, hinggasaat ini belum terisi. Gon-jang-ganjing siapa yangakan menempati kursitersebut pun terus menjadiperbincangan berbagaikalangan, khususnya padaelit politik.

    Hanya saja sesuatu yangmengejutkan ketika namaKetua DPP PDIP Puan Ma-harani mencuat ke permuka-an di dua hari terakhir ini.

    KIB II

    Puan mau jadi Menpora?

    ManadoPerayaan Na-tal 25 Desember 2012 mem-bawa damai bagi Su-lut.Pasalnya masyarakat BumiNyiur Melambai kembalimembuktikan bah-wa keru-kunan, keamanan dan soli-daritas di tengah realita plu-ralitas benar-benar menjadikebanggaan seluruh masya-rakat. Perayaan Natal Ye-sus Kristus di seluruh pelo-sok Sulut berlangsung de-ngan aman dan hikmad, se-hingga umat Kristiani benar-benar dapat menikmatisuasana perayaan NatalYesus Kristus dengan damai.Terlihat umat Kristiani ber-bondong-bondong memenuhigereja dan tempat ibadahlainnya sejak malam Natal 24Desember, ibadah Natal 25Desember dan ibadah Natalkedua 26 Desember. Cuacahujan tidak menjadi pengha-lang umat dan jemaat untukberibadah dan melakukankunjungan-kunjungansilaturahmi kepada kerabatdekat dan sahabat untuk salingmengucapkan Selamat Natal.

    Untuk itu, Gubernur SulutDr Sinyo Harry Sarundajangsecara khusus memberikanapresiasi serta mengucapkanterima kasih kepada seluruh

    masyarakat Sulut yang telahmenciptaka suasana damai.Seperti juga perayaan hari-hari besar agama lainnya baikIdul Fitri, Waisak, Nyepi danlain-lain, masyarakat salingbahu-membahu menjagakeamanan.

    PENANGANAN KORUPSI

    2013, anggaran kejaksaandan kepolisian meningkat

    JakartaPenanganankasus korupsi di Indonesiauntuk tahun 2013 mendatangdiharapkan lebih baik lagi,seiring dengan penambahanalokasi anggaran untuk dualembaga penegak hukum,yakni kejaksaan dan kepoli-sian.

    Untuk kejaksaan sendiri,Kejaksaan Agung (Keja-gung) tidak mematok targetdalam pemberantasan tindakpidana korupsi tahun 2013.Ini karena penyidik akanberkonsentrasi pada kualitas,bukan kuantitas penanganan.Kami sekarang tidak pasang

    target, tidak seperti 3-4 tahunlalu. Dulu ada target,sekarang tidak ada. Tapiprinsipnya optimal danberkualitas, kata JaksaAgung Muda PidanaKhusus, Andhi Nirwanto.

    Dia menjamin meskilaporan kasus korupsi akanditangani institusinya denganmaksimal. Terlebih, biayapenanganan perkara korupsidi Kejagung pada tahun 2013akan setara dengan KomisiPemberantasan Korupsi(KPK) dan Kepolisian.

    Natal di Sulutmembawa damai

    Baca: 2013( Halaman 11 )

    Baca: Puan( Halaman 11 )

    Baca: Gereja( Halaman 11 )Baca: Natal

    ( Halaman 11 )

    Baca: SBY( Halaman 11 )

  • JUMAT28 DESEMBER 2012

    Gubernur di Paulus Titiwungen,Wagub di jemaat Sion Teling

    PERAYAAN ibadah Natal Selasa (25/12)la lu , Gubernur Sulut Dr Sinyo HarrySarundajang bersama ibu Deetje Sarun-dajangLaoh Tambuwun dan keluarga beribadahbersama jemaat GMIM Paulus Titiwungen.Sementara Wakil Gubernur Dr Djou-hariKansil MPd bersama ibu Mieke KansilTateng-keng dan keluarga beribadah dijemaat GMIM Sion Teling Manado.

    Gubernur saat menyampaikan sambutan Na-tal mengajak warga ge-reja untuk dapatmemaknai akan peristiwa natal itu sebagaisuatu ungkapan sukacita iman bagi seluruhumat kr is t iani di se luruh dunia , sebabkelahiran sang juruselamat dunia, memberikesaksian, bahwa janji Allah adalah Ya danAmin.

    er ingatan kelahiran Yesus Kris tus ,mengajak seluruh umat kristiani yang ada diDaerah Nyiur Melambai bersama umatberagama lainnya untuk menyatakan kasihTuhan dalam bingkai kebersamaan yang tulusiklah dalam upaya bersama pemerintah dalammembangun daerah yang kita cintai ini, ajakSarundajang.

    Sedangkan Wagub yang beribadah di jemaatGMIM Sion Tel ing juga tak lupamengingatkan warga gereja untukmenghindari acara pesta pora apa lagi sampaiterjadi mabuk-mabukan. Apalah artinyasemua itu dalam hidup ini, jika natal yangtelah kita persiapkan dengan begitu indahhanya diwarnai dengan timbulnya masalahsosia l yang ter jadi d i tengah- tengahmasyarakat. Karena itu, saya mengajakwarga jemaat Sion Teling untuk brenti jobagate, dan mampu menjaga dan memeliharakeamanan dan keter t iban masyarakat ,disamping mampu menjaga kerukunan yangada baik sesama maupun antar umatberagama, ser ta mampu pula menjagalingkungan agar kebersihan dan keindahanManado ini tetap terpelihara dengan baik,ujar Kansil.

    Usai beribadah, kedua petinggi Sulut inilangsung menggelar acara open house HariNatal, di kedimanan rumah dinas (Rudis)masing-masing di Bumi Beringin Manado.Tidak hanya unsur Forkompimda Provinsiyang melakukan kunjungan silahturahmikepada kedua pemimpin daerah itu, akantetapi sejumlah bupati/walikota di Sulut. Parapejabat militer dan sipil, tokoh-tokoh agamadan tokoh masyarakat, tokoh pemuda danLSM serta masyarakat biasa, juga turut ambilbagian dalam open house yang digelar olehpemerintah provinsi sulut ini.

    Baik Gubernur maupun Wagub keduanyamengakui, bahwa kegiatan open haouse yangdigelar ini sudah merupakan kegiatan rutin.Tujuan dari pelaksanaan acara open housetersebut t idak la in hanyalah untukmembangun hubungan silahturahmi antarapemimpin dengan yang dipimpinnya sehinggaterus tejalin dengan baik. Nah di momentumperayaan natal ini sangat tepat jika kitajadikan sebagai ajang untuk saling memaafkansatu dengan yang lain, mungkin selama inipernah terjadi kesalahan, saatnya kita salingmemaafkan, ujar Sarundajang.(erer/dw)

    IBADAH NATAL

    KEAMANAN

    Berbagi di Natal dan Tahun Baru200 warga lingkar perusahaan MNS dapat bingkisan

    BitungSebanyak 200warga lingkar perusahaanPT Multi Nabati Sulawesi(MNS) mendapatkanbingkisan dari pihakperusahaan dalam peryaanNatal dan Tahun Baru,sebagai bentuk kepedulianMNS kepada warga sekitarperusahaan. Tak tanggung-tanggung penyerahanbingkisan ini dilakukansendiri Komisaris WilmarGrup Mayjen HendarjdiSoepandji, dan Head Secu-rity Wilmar Grup BerigjenOtte Rukiyat.

    Dalam sambutannya

    Hendarjdi berterima kasihkepada warga sekitar yangbisa membantu terlaksa-nanya semua program dariperusahaan minyak ini.Atas nama pimpinanWilmar Grup kami meng-ucapkan terima kasih ke-pada warga sekitar perusa-haan maupun pemerintahkota Bitung yang selama inimendukung pengoperasianperusahaan ini di kota ini,jelas saudara kandung dariKetua Badan PertanahanNasional (BPN),