259717789 Hygiene Perusahan Dan Kesehatan Kerja

22
HYGIENE PERUSAHAN DAN KESEHATAN KERJA Oleh : I.B Alit Putra SKM,MM.

description

JFJH

Transcript of 259717789 Hygiene Perusahan Dan Kesehatan Kerja

HYGIENE PERUSAHAN DAN KESEHATAN KERJA

HYGIENE PERUSAHAN DAN KESEHATAN KERJAOleh :I.B Alit Putra SKM,MM.HYPERKESA. Pengertian : Merupakan bag dari kesmas yg ditujukan pada masyarakat,pekerja dan masyarakat disekitar perusahan dan masyarakat umum yg menjadi konsumen dari hasil2 produksi perusahan.

TUJUAN :Agar masyakat, pekerja ( karyawan, pegneg, petani ,nelayan, buruh dll ) dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal.Masyarakat sekitar perusahan terbebas dari polusi.Agar hasil dari produksi perusahan tidak membahayakan konsumen.Meningkatkan effisiensi dan produktifitas pekerja.USAHA 2 HIPERKESPencegahan dan pembrantasan penyakit dan kecelakaan akibat kerja.Pemilihan dan peningkatan kes kerja.Hygiene dan sanitasi lingkungan.Melindungi masyarakat sekitar.Melindungi konsumen.PENYAKIT 2 AKIBAT KERJA.= Penyakit yg timbul/ didapat pada waktu / setelah bekerja.Kecelakaan akibat kerja = kecelakaan manusia sewaktu bekerja faktor mekanis.Faktor penyebab penyakit akibat kerja dan jenis penyakitnyaGolongan fisik.Kimia.Penyakit Infeksi.Fisiologis.Mental psikologis.PERAWATAN KESEHATAN KERJA> Upaya yanwat yang diberikan pada tenaga kerja/ masyarakat pekerja dan lingkungan kerja dalam rangka memelihara, mempertinggi derajat kesehatanFUNGSI DAN PERANAN PERAWATAN KES KERJA.Memeriksa pekerja yg akan mulai kerja.al : > Riwayat pekerjaan. > Riwayat penyakit masa lalu. > Pemeriksaan khusus sesuai dengan pekerjaannya spt : X-ray, Lab dll.

Pemeriksaan routin terhadap pekerja dan lingkungan :Pemeriksaan berkala lingkungan industri ( suhu,kebisingan, kelembaban, ventilasikwalitas udara dsb )Melaksanakan sanitasi perusahan : =. PAM SESUAI DG SYARAT KES. =. Pembuangan sampah =. Pengontrolan terhadap binatang/ serangga. =. Pengawasan catering makanan. =. Termasuk pengontrolan MCK.Melaksanakan program gizi perusahan.Bimbingan dan konsultasi psikologi.Program penyuluhan.Program pencegahan kecelakaan dan peningkatan keselamatan kerja.Program ergonomik dan kes bagi keluarga karyawanPemeriksaan kesehatan secara berkala terhadap penyakit umum akibat kerja dan memelihara perawatanMerencanakan evaluasi kesehatan kerjaPengadaan poliklinik/ kantor kesehatan dan menentukan sistem yankes bagi perusahan.PENGARUH LINGKUNGAN KERJA PADA KES PEKERJAPenerangan < = kelelahan mataKegaduhan = konsentrasi< daya ingat < kelelahan psikologis.Gas, uap terhirup = jaringan tubuh menurun===daya kerja