repository.uinjkt.ac.id · 2015. 9. 3. · Bab I Pendahuluan . Latar Belakang Masalah Dalam bidang...

112
Bab I Pendahuluan Latar Belakang Masalah Dalam bidang kajian al-Qur’an atau Tafsir, banyak dijumpai berbagai corak penafsiran al-Qur’an. Abdul Majid Abdussalam al-Muhtasib (1997) misalnya, mengelompokkan tiga kategori tafsir konptemporer, yaitu corak salafi, rasional, dan ilmiah. Thameem Ushama (2002) melihat kajian al- Qur’an berdasarkan metodologi yang digunakan, yaitu tafsir bil ma’tsur, tafisr bil ra’yi, dan tafsir isyari. Menurut Abdul Mustaqim (2003) setiap periode terdapat karakateristik di dalam corak penafsiran al-Qur’an. Dalam karyanya tersebut Abdul Mustaqim menyimpulkan bahwa pada setiap periode, yaitu periode klasik, pertengahan, dan kontemporer terdapat karakteristik yang berbeda sebagai suatu keniscayaan. Hal ini karena terdapat pengaruh dari kondisi sosio-kultural dan situasi politik pada saat mufassir hidup. Di samping itu juga terdapat para ahli lain yang berusaha memberikan gambaran mengenai kajian di bidang al-qur’an atau tafsir, baik secara umum atau secara khusus pada suatu geografis tertentu seperti dilakukan Federspiel (1996) tentang kajian al-qur’an di Indonesia dari Mahmud Yunus hingga Quraish Shihab. Beberapa hal tersebut telah membuktikan bahwa dalam studi tafsir al-qur’an terdapat pengaruh yang kuat dari suatu sistematika atau cara berfikir yang diakibatkan karena perbedaan latar belakang, perbedaan kondisi sosial budaya, dan sebagainya yang di dalam memahami teks al-Qur’an. Pemetaan yang dilakukan oleh para ahli atau pemerhati tersebut pada dasarnya karena suatu ilmu tidak tercipta dari suatu yang hampa. Perkembangan suatu ilmu dapat didekati dengan berbagai sisi. Salah satu cara yang

Transcript of repository.uinjkt.ac.id · 2015. 9. 3. · Bab I Pendahuluan . Latar Belakang Masalah Dalam bidang...

Bab I Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Dalam bidang kajian al-Qur’an atau Tafsir, banyak dijumpai berbagai corak penafsiran al-Qur’an. Abdul Majid Abdussalam al-Muhtasib (1997) misalnya, mengelompokkan tiga kategori tafsir konptemporer, yaitu corak salafi, rasional, dan ilmiah. Thameem Ushama (2002) melihat kajian al-Qur’an berdasarkan metodologi yang digunakan, yaitu tafsir bil ma’tsur, tafisr bil ra’yi, dan tafsir isyari. Menurut Abdul Mustaqim (2003) setiap periode terdapat karakateristik di dalam corak penafsiran al-Qur’an. Dalam karyanya tersebut Abdul Mustaqim menyimpulkan bahwa pada setiap periode, yaitu periode klasik, pertengahan, dan kontemporer terdapat karakteristik yang berbeda sebagai suatu keniscayaan. Hal ini karena terdapat pengaruh dari kondisi sosio-kultural dan situasi politik pada saat mufassir hidup. Di samping itu juga terdapat para ahli lain yang berusaha memberikan gambaran mengenai kajian di bidang al-qur’an atau tafsir, baik secara umum atau secara khusus pada suatu geografis tertentu seperti dilakukan Federspiel (1996) tentang kajian al-qur’an di Indonesia dari Mahmud Yunus hingga Quraish Shihab.

Beberapa hal tersebut telah membuktikan bahwa dalam studi tafsir al-qur’an terdapat pengaruh yang kuat dari suatu sistematika atau cara berfikir yang diakibatkan karena perbedaan latar belakang, perbedaan kondisi sosial budaya, dan sebagainya yang di dalam memahami teks al-Qur’an.

Pemetaan yang dilakukan oleh para ahli atau pemerhati tersebut pada dasarnya karena suatu ilmu tidak tercipta dari suatu yang hampa. Perkembangan suatu ilmu dapat didekati dengan berbagai sisi. Salah satu cara yang

2

dilakukan untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan terutama menyangkut domain atau wilayah kajian adalah dengan melakukan visualisasi pengetahuan atau lazim disebut pemetaan pengetahuan (knowledge mapping). Pemetaan ini dilakukan sebagai pengungkapan suatu gagasan atau perasaan dengan menggunakan gambar, tulisan, grafik. Menurut Spasser (1997: 78) peta ilmu pengetahuan merupakan alat relasi yang menyediakan informasi antar hubungan entitas yang dipetakan. Di samping metode analisis isi seperti dijelaskan di atas, metode lain yang dapat digunakan untuk memetakan suatu bidang kajian adalah dengan menggunakan metode analisis sitiran. Metode ini digunakan untuk menganalisis secara deskriptif suatu karya menurut jenis literatur dan frekuensi pengarang yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan jenis literatur dan kontribusi yang diberikan oleh peneliti dalam perkembangan ilmu pengetahuan (Sulistyo-Basuki, 2001: 11).

Penelitian ini berusaha melakukan kajian terhadap terhadap skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas UShuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode lima tahun terakhir, yaitu tahun 2006-2011.

Permasalahan

UIN (dulu bernama IAIN) dikenal banyak kalangan sebagai kampus pembaharu pemikiran Islam. Sebagai universitas unggulan, mahasiswa UIN berasal dari berbagai daerah, dari ujung Barat sampai ujung Timur wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Irian Jaya. Mahasiswa UIN berasal hampir dari setiap propinsi di Indonesia. Mahasiswa UIN bahkan ada yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan bahkan dari kawasan

3

Afrika seperti Nigeria. UIN juga mempunyai program pendidikan yang bervariasi baik jenis program studi maupun tingkat pendidikan, dari S1, S2, dan bahkan S3. Sebagai suatu universitas, UIN sangat terbuka dalam berbagai aliran pemikiran, dari yang paling moderat sampai yang paling konservatif, dari liberalisme sampai tradisionalisme. Untuk menyelesaikan suatu program studi di UIN, baik pada tingkat sarjana (S1), Magister (S2), dan doktor (S3), mahasiswa diwajibkan menulis suatu karya ilmiah yang berupa skripsi untuk program S1, tesis untuk program S2, dan disertasi untuk program S3.

Dalam tradisi ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi merupakan karya ilmiah sebagai suatu hasil penelitian dan analisa berfikir seorang mahasiswa sehingga dalam batas-batas tertentu. Skripsi dapat dikatakan merupakan awal pencapaian pemikiran seseorang secara akademis dalam bidang yang diminatinya. Di samping itu, di dalam penulisan skripsi juga menggambarkan hubungan antar pemikiran. Dalam menyusun skripsi, mahasiswa tidak hanya membahas suatu masalah berdasarkan kerangka pemikirannya sendiri, akan tetapi juga mengutip banyak sumber untuk menjelaskan masalah yang diteliti. Kutipan-kutipan atau sitiran yang dilakukan dalam menyusun karya ilmiah tersebut dapat merupakan bentuk komunikasi ilmiah, dan juga dapat mengindikasikan adanya pengaruh dari sumber yang dikutip.

Dengan demikian dari skripsi akan terlihat bagaimana pemikiran tertentu mempengaruhi seseorang yang dapat dianalisa dari penunjukkan kutipan atau sitiran yang digunakan dalam menyusun karya akhir atau skripsi tersebut. Dalam kerangka ini maka dalam penulisan skripsi pasti akan dipengaruhi oleh pemikiran tertentu, baik yang bersifat modern dan liberal maupun yang konservatif dan tradisional.

4

Di antara aliran-aliran tersebut, aliran pemikiran manakah yang paling banyak berpengaruh bagi para mahasiswa UIN; modernisme ataukah tradisionalisme? Sebagai kampus pembaharu tentu seharusnya pemikiran-pemikiran yang bersifat modern dan rasional yang banyak berpengaruh di dalam pemikiran keagamaan para civitas akademika termasuk para mahasiswanya.

Berkenaan dengan masalah tersebut di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana komposisi peta kajian Tafsir dan Hadis pada skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rentang waktu 2006-2011? Tema-tema apa yang paling populer?

2. Bagaimana literatur Tafsir Hadis yang disitir dalam penulisan skripsi tersebut? Berapa kuantitas literaturnya? Bahasa apa yang dominan?

3. Literatur tafsir dan hadis apa yang dominan disitir? 4. Siapa pengarang yang paling populer disitir?

Hipotesis Penelitian ini berbicara tentang referensi yang

digunakan oleh mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam skripsinya. Beberapa asumsi yang mendasari penelitian ini adalah:

1. Skripsi merupakan suatu jenis karya ilmiah sebagai hasil penelitian, dan karenanya harus memenuhi kriteria ilmiah.

2. Skripsi yang ditulis oleh mahasiswa merupakan karya ilmiah sebagai bentuk penuangan gagasan, ide, dan atau temuan dalam bidang ilmu.

5

3. Semua literatur ilmu pengetahuan yang digunakan dalam penulisan skripsi tercantum di dalam bibliografi (daftar pustaka) yang menunjukkan literatur yang disitir. Berdasarkan beberapa asumsi tersebut di atas, maka

hipotesa kerja yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh pemikiran tertentu yang dominan di kalangan mahasiswa mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan mengetahui referensi yang paling berpengaruh terhadap skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam skripsinya.

Secara khusus tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dimensi subyek dari literatur yang

sering digunakan di dalam penulisan skripsi. 2. Untuk mengetahui pengarang atau tokoh dari pengarang

literatur yang sering dikutip di dalam penulisan skripsi.

Manfaat dan Signifikansi Penelitian Hasil penelitian terutama bermanfaat untuk hal-hal

sebagai sebagai berikut: 1. Hasil penelitian ini akan menggambarkan

kecenderungan pemikiran yang berkembang di dalam studi tafsir hadis pada mahasiswa Tafsir Hadis di Indonesia.

2. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai evaluasi terhadap sistem pengajaran Tafsir Hadis.

3. Hasil penelitian dapat dijadikan masukan bagi lembaga informasi atau perpustakaan untuk menyediakan

6

sumber-sumber informasi yang diggunakan dosen dan mahasiswa di dalam kegiatan ilmiah.

Metode Penelitian

Penelitian dilakukan dengan menggunakan paradigma positivis, dan menggunakan model penelitian kuantitatif. Dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian survey terhadap sumber bibliografi. Metode ini dilakukan dengan meneliti suatu objek yang berupa sumber bibliografi yaitu dalam bentuk skripsi. Dengan pendekatan ini, hubungan antar suatu dokumen dapat diteliti melalui analisis kutipan-kutipan yang digunakan di dalam menulis suatu skripsi yang disebut dengan analisis sitiran.

Penelitian ini dilakukan terhadap skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode lima tahun terakhir, yaitu antara tahun 2006-2011. Pemilihan periode 2006-2011 ini didasarkan atas pertimbangan bahwa pada kurun waktu tersebut pemikiran Islam diwarnai dengan tarik menarik antara pemikiran tradisionalisme dengan modernisme, terutama terlihat pada munculnya gerakan fundamentalisme atau radikalisme dan liberalisme Islam. Kedua kutub pemikiran sedikit banyak tentu telah berpengaruh terhadap pola pikir di kalangan mahasiswa di dalam menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasannya yang dituangkan dalam skripsi.

Populasi dalam penelitian ini adalah finite population yaitu populasi yang terbatas jumlahnya yaitu sebanyak 533 skripsi Mahasiswa jurusan Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dihasilkan pada kurun waktu 2006-2011.

7

Organisasi Pelaksana Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti yang

melibatkan unsur dosen, staf, dan mahasiswa sebagai berikut:

Ketua : Rifqi Muhammad Fathi, MA. Anggota : Mudiyanah, S.Si. Masykur Rosyid

Hurin ‘In AM Ferra Dwijayanti Nia Rahmawati Ahmad Arifuz Zaki Budiman Shah Matondang Muhammad Hafiz Nurul Hasanah Dani Kamaludin Khoirun Nisa Muhammad Halimi Nur Kholis Sofwan Muhammad Usman

Waktu Pelaksanaan Penelitian ini dilaksanakan mulai 28 Mei sampai

dengan 30 Agustus 2012 sebagaimana tertera dalam tabel jadwal kegiatan penelitian sebagai berikut:

No. Nama Kegiatan Jadwal Kegiatan 1. Pengumpulan Data 28 Mei - 15 Juni 2012 2. Pengolahan Data 18 Juni - 6 Juli 2012 3. Analisa Data 9 Juli - 16 Agustus 2012 4. Seminar Hasil Penelitian 20 - 24 Agustus 2012

8

5. Pembuatan Laporan 27 - 29 Agustus 2012 6. Penyerahan Laporan 30 Agustus 2012

Bab II Menguatnya Kajian Hadis

Kajian Hadis Melampaui Kajian Tafsir

Berpijak pada batasan penelitian ini, maka tema besar yang dikaji berada pada wilayah Tafsir dan Hadis. Secara keseluruhan, penulisan Skripsi mahasiswa Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rentang waktu 2006-2011 berjumlah 517 skripsi. Namun, data yang terdapat di perpustakaan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hanya 490 skripsi yang secara fisik (hardcopy) berada di Perpustakaan tersebut. Sebanyak 27 skripsi tidak diketahui keberadaanya. Oleh karenanya, penelitian ini hanya dilakukan kepada 490 skripsi.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata terdapat perimbangan antara kajian Tafsir dan Hadis. Penelitian ini menunjukkan sejumlah 254 skripsi masuk dalam kelompok Qur’anic Studies (kajian al-Qur’an dan Tafsir) dan 262 skripsi berada dalam wilayah Ḥadīth Studies (kajian Hadis). Sedangkan 1 skripsi merupakan kajian gabungan Al-Qur’an dan Hadis. Hasil penelitian ini menunjukkan kajian Hadis lebih banyak dari pada kajian Tafsir, dengan prosentase 50,7% kajian Hadis, sedangkan kajian Tafsir lebih sedikit dengan prosentase 49,1%.

Prosentase bidang ilmu kajian skripsi ini menunjukkan bahwa kajian Tafsir tidak lagi menjadi dominan bahkan diungguli oleh kajian Hadis dalam penulisan skripsi mahasiswa jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rentang waktu tahun 2006 hingga tahun 2011. Fakta ini boleh jadi menjadi salah satu faktor kebijakan pemisahan Tafsir dan

10 Hadis menjadi dua jurusan yang tersendiri kiranya menjadi lebih signifikan.

Grafik 1. Klasifikasi Bidang Ilmu

Dominasi Kajian Tafsir Tematik dan Kritik Hadis Berkenaan dengan klasifikasi yang lebih mendalam

terhadap kajian skripsi mahasiswa tersebut, penelitian ini menemukan setidaknya 19 sub klasifikasi Tafsir dan Hadis dalam 490 skripsi yang diteliti, yaitu masing-masing 9 kajian di wilayah Qur’anic Studies dan Hadīth Studies serta 1 kajian di wilayah keduanya. Klasifikasi kajian yang berada di wilayah Qur’anic Studies yaitu sebagai berikut. 1. Ilmu Qirā’āt, misal skripsi berjudul “Ibnu Mujahid

dalam Perkembangan Qira’at” karya Fajar Zakaria Ahmad.

2. Ilmu Tafsir, seperti skripsi berjudul “Ilmu Tafsir menurut M. Hasbi Ash-Shiddiqi” karya Khaerunnisa T.

3. Literatur Tafsir, seperti seperti skripsi karya M. Indra Nazaruddin yang berjudul “Kajian tafsir Indonesia

11

analisis terhadap Tafsir Tamsyiyyat al-Muslimin Fi Tafsir Kalam Rabb al-ʻAlamin.”

4. Literatur Ilmu Tafsir, seperti skripsi karya Muksin yang berjudul “Kajian Bibliografi Karya-karya ʻUlum al-Qur’an di Indonesia dari Tahun 1953 hingga 2008.”

5. Metode Penafsiran, seperti skripsi yang ditulis oleh Moh. Rizal berjudul “Metode Penafsiran Abdurrahman al-Saʻdi di dalam Kitab Tafsir al-Karim al-Rahman fi Tafsir Kalan al-Manan”.

6. Pemikiran Al-Qur’an, seperti skripsi berjudul “Pandangan John Wans Brough terhadap Kodifikasi al-Qur’an” karya Nurfadilah.

7. Pemikiran Tafsir, seperti skripsi berjudul “Telaah Interpretasi Masdar Farid Mas’udi terhadap Surat al-Baqarah:197” karya Abdul Hasan Mughni.

8. Tafsir Ayat Al-Qur’an, seperti skripsi karya Susilawati yang berjudul “Adab Berpakaian Muslimah: Kajian Surat Al-Aʻraf ayat 26.

9. Tafsir Tematik, seperti skripsi berjudul “Etika Ekonomi dalam Al-Qur’an: Sebuah Kajian Tematik” karya Nur Kalibulog.

Sedangkan di wilayah Ḥadīth Studies, beberapa kajian memiliki kesamaan dengan yang berada di lingkup Qur’anic Studies seperti kajian tematik, pemikiran, literatur, dan metode. Namun demikian, terdapat perbedaan yang memang hanya berada di area ini yaitu kajian Takhrij Hadis, dan dua kajian lainnya yaitu kajian Tokoh Hadis dan skripsi hadis yang menggunakan field research. Sejumlah kajian dalam wilayah ini adalah sebagai berikut. 1. Hadis Tematik, seperti skripsi berjudul “Takdir menurut

Perspektif Hadis: Sebuah Kajian Tematik” karya Sakihah.

12 2. Ilmu Hadis, seperti skripsi yang disusun oleh Ahmad

Ubaydi Hasbillah yang berjudul “Misteri Sahabat Nabi: Mengungkap Pergeseran Definisi Sahabat Abad I-IX H”.

3. Kritik Hadis, seperti skripsi berjudul “Telaah atas Hadis Perempuan Adalah Mayoritas Ahli Neraka” karya Ade Ila Masmilah.

4. Literatur Hadis, seperti skripsi yang ditulis oleh Yunus Bin Zamal dengan judul “Karakteristik Kitab Mastika Hadis Rasulullah SAW karya Syeikh Abdullah Basmeih”

5. Pemahaman Hadis, seperti skripsi berjudul “Pemahaman Yusuf Al-Qardhawi Tentang Hadis Estetika Gambar” karya Sri Hartati.

6. Pemikiran Hadis, seperti skripsi berjudul “Pemikiran Muhammad Syahrur tentang Sunnah Nabawiyah” karya Muhammad Mahsun.

7. Takhrij Hadis, seperti skripsi yang ditulis oleh Asep Badru Takim dengan judul “Takhrij Hadis-hadis Kitab Tafsir Al-Mishbah”.

8. Tokoh Hadis, seperti skripsi berjudul “Konstribusi Ali Mustafa Ya’qub terhadap Perkembangan Kajian Hadis Kontemporer di Indonesia” karya Ni’ma Diana Cholidah.

9. Hadis dengan pendekatan field research (lapangan), seperti skripsi berjudul “Hadis-hadis yang Populer di Masyarakat Kecamatan Pondok Aren Kab. Tangerang (Studi Kasus di Tiga Majelis Taklim: PP. Jami’yah Islamiyah)” karya Haimi.

Secara kuantitatif, kajian Tafsir Tematik menempati urutan pertama dalam wilayah Qur’anic Studies yaitu 109 skripsi memusatkan perhatiannya pada kajian ini, diikuti oleh kajian Pemikiran Tafsir sejumlah 89 skripsi. Sedangkan

13 di wilayah Ḥadīth Studies, peringkat pertama ditempati oleh skripsi-skripsi yang melakukan kritik hadis baik sanad atau matan yaitu sejumlah 108 hadis. Sebaliknya, berbeda dengan yang terjadi di wilayah Qur’anic Studies, kajian Hadis Tematik menempati urutan kedua dengan jumlah 76 skripsi. Artinya, secara prosentase kajian Tafsir Tematik mengambil 42,9% dari 254 skripsi yang berada di wilayah Qur’anic Studies atau 21,1% dari total jumlah skripsi mahasiswa Tafsir Hadis. Sementara kajian Kritik Hadis memiliki 41,2% dari 262 skripsi yang berada di wilayah Ḥadīth Studies atau 20,9% dari total jumlah skripsi mahasiswa Tafsir Hadis.

Grafik 2. Kajian Populer Skripsi Mahasiswa Tafsir Hadis

Selain keempat kajian tersebut, secara berurutan

didapatkan data sebagai berikut. Kajian Pemahaman Hadis 25 skripsi, Takhrij Hadis 20 skripsi, Tafsir Ayat Al-Qur’an 18 Skripsi, Metode Penafsiran 15 skripsi, Ilmu Hadis 11 skripsi, Literatur Tafsir 10 skripsi, Pemikiran Hadis 8 skripsi, Ilmu Tafsir 7 skripsi, Hadis yang menggunakan penelitian lapangan 5 skripsi, Literatur Hadis 5 skripsi, Ilmu

14 Qira’at dan Tokoh hadis masing-masing 4 skripsi, Literatur Ilmu Tafsir, Pemikiran Al-Qur’an, dan Tafsir Hadis masing-masing 1 skripsi.

Grafik 3. Klasifikasi Tema Kajian Skripsi

Bab III Miskin Literatur Berbahasa Inggris

Setelah pada bab sebelumnya Saya memaparkan hasil penelitian yang berkenaan dengan peta kajian skripsi mahasiswa, pada bab ini saya akan menyajikan hasil penelitian ini tentang sitiran atau referensi yang digunakan dalam skripsi-skripsi tersebut. Penyajian kali ini memuat kuantitas sitiran, klasifikasi referensi berdasarkan bidang ilmu, jenis referensi, dan bahasa referensi.

Minimnya Literatur yang Disitir

Secara keseluruhan, terdapat sejumlah 5042 sitiran yang terdapat di dalam skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rentang waktu 2006-2011. Secara umum, rata-rata skripsi menyitir 10 literatur Tafsir atau Hadis dalam setiap skripsinya.

Grafik 4. Frekuensi Skripsi Menyitir Literatur

16

Data ini menunjukkan bahwa lebih dari 85% atau sejumlah 418 skripsi menyitir kurang dari 15 literatur Tafsir atau Hadis, dan hanya kurang dari 16% atau sejumlah 72 skripsi yang menyitir lebih dari 15 literatur Tafsir dan Hadis dalam penyusunan skripsinya. Sementara itu, secara umum rata-rata frekuensi sitiran literatur adalah 7. Artinya, rata-rata literatur disitir oleh 7 skripsi, namun dengan menggunakan rumus modus, penelitian ini menemukan sebagian besar literatur hanya disitir oleh 1 skripsi.

Grafik 5. Frekuensi Literatur yang Disitir

Grafik ini menunjukkan mayoritas literatur yaitu

sejumlah 733 atau sekitar 95% literatur disitir oleh kurang dari 25 skripsi, sejumlah 19 atau sekitar 2,5% literatur disitir oleh kurang dari 50 skripsi, sebanyak 5 atau sekitar 0,6% literatur disitir oleh 51-100 skripsi, dan hanya 9 atau sekitar 1,2% literatur yang disitir lebih dari 100 skripsi. Karya-karya yang disitir lebih di 100 skripsi tersebut adalah:

1. Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya al-Bukhārī. 2. Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab.

17

3. Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya Muslim ibn al-Ḥajjāj. 4. Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya al-Tirmidhī. 5. Al-Musnad karya Aḥmad ibn Ḥanbal. 6. Sunan ibn Mājah karya Ibn Mājah al-Qazwīnī. 7. Sunan Abī Dāwūd karya Abū Dāwūd al-Sijistānī. 8. Tafsir Al-Azhar karya Hamka 9. Membumikan Al-Qur’an karya M. Quraish Shihab.

Secara lebih spesifik berdasarkan klasifikasi bidang ilmu, frekuensi penyitiran literatur tafsir dalam skripsi menunjukkan bahwa 404 literatur tafsir atau sekitar disitir oleh kurang dari 25 skripsi, 12 literatur tafsir disitir oleh 26-50 skripsi, 3 literatur tafsir disitir oleh 51-75 skripsi, 2 literatur tafsir disitir oleh 76-100 skripsi, 2 literatur tafsir disitir oleh 101-125 skripsi, dan 1 literatur tafsir yang disitir oleh hampir 200 skripsi.

Grafik 6. Frekuensi Literatur Tafsir yang Disitir

Sedangkan frekuensi literatur hadis yang disitir, 294

literatur hadis atau sekitar disitir oleh kurang dari 25 skripsi, 7 literatur hadis disitir oleh 26-50 skripsi, 2 literatur hadis disitir oleh 51-75 skripsi, 3 literatur hadis disitir oleh 76-100 skripsi, 2 literatur hadis disitir oleh 126-150 skripsi, 1 literatur hadis disitir oleh 151-175 skripsi, 2 literatur hadis

0-25 Skripsi

26-50 Skripsi

51-75 Skripsi

76-100 Skripsi

101-125 Skripsi

126-150 Skripsi

151-200 Skripsi

404

12

32 2

0 1

18 disitir oleh 176-200 skripsi, dan 1 literatur hadis yang disitir oleh lebih dari 200 skripsi.

Grafik 6. Frekuensi Literatur Hadis yang Disitir

Minimnya Literatur Jurnal Ilmiah dan Hasil Penelitian

Berkenaan dengan bentuk atau jenis literatur yang disitir, penelitian ini memperoleh hasil data bahwa mayoritas literatur yang disitir adalah literatur dalam bentuk buku. Lebih dari 91% atau sejumlah 702 literatur yang disitir adalah buku, dan kurang dari 10% literatur yang dalam bentuk selain buku yaitu 46 skripsi, 3 buah tesis, 8 buah disertasi, 11 artikel dalam jurnal ilmiah, dan 1 laporan hasil penelitian.

Hal ini menunjukkan kurangnya perhatian mahasiswa untuk mengakses karya-karya ilmiah baik dalam jurnal ilmiah maupun hasil penelitian, padahal keterbaruan ilmu pengetahuan akan banyak diperoleh melalui kedua jenis literatur tersebut. Faktor lain yang menyebabkan minimnya penggunaan literatur dalam bentuk artikel di Jurnal Ilmiah adalah minimnya ketersediaan literatur-literatur tersebut di perpustakaan baik perpustakaan Fakultas, maupun perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

0-25 Skripsi

26-50 Skripsi

51-75 Skripsi

76-100 Skripsi

101-125 Skripsi

126-150 Skripsi

151-175 Skripsi

176-200 Skripsi

>200 Skripsi

294

7

23

02

12

1

19

Grafik 6. Jenis Literatur

Mahasiswa memang dapat mengakses artikel-artikel

yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah dari internet, namun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru menyediakan fasilitas tersebut pada tahun 2011 dengan berlangganan pada pusat-pusat data artikel seperti JSTOR, PROQUEST, dan EBSCOHOST. Minimnya Penggunaan Literatur Berbahasa Asing

Berdasarkan bahasa yang digunakan dalam literatur yang disitir, penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rentang waktu 2006-2011 lebih banyak menggunakan literatur berbahasa Indonesia dalam penyusunan skripsi mereka, baik literatur tersebut memang berbahasa Indonesia maupun terjemahan ke dalam bahasa Indonesia.

Sejumlah 493 literatur atau mendekati 64% literatur yang disitir adalah literatur berbahasa Indonesia, sedangkan literatur berbahasa Arab sejumlah 262 karya atau sekitar

20 34%, dan amat disayangkan, literatur berbahasa Inggris sebagai bahasa dunia yang paling banyak digunakan hanya berjumlah 4 literatur. Selain itu, ada literatur-literatur dengan 3 bahasa lain yang disitir, yaitu Jawa, Melayu, dan Sunda.

Grafik 7. Bahasa Literatur yang Disitir

Penelitian ini juga menunjukkan beberapa literatur

berbahasa lokal atau daerah yang disitir oleh mahasiswa dalam menyusun skripsinya. Penyitiran terhadap literatur berbahasa daerah ini dikarenakan bahasa daerah tersebut adalah bahasa yang digunakan dalam objek kajian atau tema yang diteliti skripsi tersebut.

Satu hal yang juga patut menjadi perhatian seluruh civitas akademi adalah banyaknya penggunaan literatur yang bukan menggunakan bahasa asli melainkan hasil terjemahan. Sejumlah 178 literatur atau sekitar 23,1% karya tulis yang disitir adalah hasil terjemahan dari buku aslinya. Sejumlah skripsi bahkan lebih memilih menggunakan karya terjemahan literatur-literatur utama dalam kajian tafsir hadis dari pada menyitir sumber aslinya.

21

Sebagian karya-karya tafsir atau hadis seperti Tafsīr ibn Kathīr, Tafsīr al-Jalālayn, Tafsīr al-Marāghī, Fī Ẓilāl al-Qur’ān, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ Muslim, Sunan Abī Dāwūd, dan Sunan al-Tirmidhī disitir terjemahannya, bukan sumber aslinya, padahal karya-karya tersebut tersedia di perpustakaan-perpustakaan.

Meskipun demikian, berkenaan dengan jumlah sitiran, karya-karya berbahasa Indonesia, baik yang asli berbahasa Indonesia maupun terjemahan dari bahasa asing (Arab atau Inggris), hanya disitir 1915 kali atau sekitar 38%. Sedangkan literatur berbahasa Arab disitir lebih dari 60% atau 3106 kali. Sisanya, sejumlah 21 sitiran adalah literatur berbahasa Inggris, Jawa, Melayu, dan Sunda.

Grafik 8. Sebaran Jumlah Sitiran Menurut Bahasa Literatur

Sedangkan jika dilihat dari sebaran klasifikasi

wilayah kajian Qur’anic Studies dan Ḥadīth Studies, maka literatur tafsir yang berbahasa Indonesia baik yang asli berbahasa Indonesia, maupun yang merupakan hasil terjemahan, adalah literatur yang paling banyak disitir yaitu sejumlah 308 literatur, sementara literatur tafsir berbahasa Arab hanya 103 literatur, tidak mencapai separuhnya literatur tafsir berbahasa Indonesia.

Arab Indonesia Inggris Jawa Melayu Sunda

31061915

7

2

10

2

22

Grafik 9. Prosentase Bahasa Literatur Tafsir yang Disitir

Berbeda dengan popularitas literatur berbahasa

Indonesia di wilayah kajian Qur’anic Studies, literatur Ḥadīth Studies yang disitir mendapatkan porsi yang sama, yaitu masing-masing 155 literatur berbahasa Arab dan Indonesia. Hanya saja perlu mendapatkan perhatian, tidak satu pun literatur Ḥadīth Studies berbahasa Inggris yang disitir.

Grafik 10. Prosentase Bahasa Literatur Hadis yang Disitir

Temuan ini sangat memprihatinkan, mengingat UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta adalah kampus yang salah satu semboyannya adalah Integrity yang di antaranya dimaknai

24%

73%

1%2%

Arab

Indonesia

Inggris

Jawa, Melayu, Sunda

49,7%49,7%

0,6%

Arab

Indonesia

Melayu dan Sunda

23 dengan integrasi antara tradisi Timur dan Barat. Hal ini semestinya tercermin dalam setiap aktifitas akademik semua pihak yang berkecimpung di dalamnya, apalagi mahasiswa. Sebuah masalah besar yang harus diselesaikan berkenaan dengan tidak adanya literatur kajian Hadis yang disitir oleh mahasiswa Tafsir Hadis dalam penyusunan skripsi rentang waktu 2006-2010.

Bab IV Popularitas Tafsir Indonesia

Setelah pada bab sebelumnya Saya deskripsikan

tentang minimnya literatur yang disitir, minimnya artikel di jurnal ilmiah, minimnya literatur berbahasa Inggris, dan maraknya penyitiran sumber-sumber terjemahan, pada bab ini, Saya akan memaparkan hasil penelitian yang berkenaan dengan klasifikasi literatur, popularitas literatur, popularitas tokoh yang menyusun, baik di wilayah kajian Qur’anic Studies maupun Ḥadīth Studies atau keduanya. Keunggulan Kuantitas Literatur Qur’anic Studies

Secara kuantitas, ada sejumlah 771 literatur Tafsir Hadis yang disitir oleh mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada skripsi mereka rentang waktu 2006-2011. Sebanyak 428 atau lebih dari 55% merupakan karya tulis di bidang Qur’anic Studies, 312 literatur atau sekitar 40% adalah karya tulis dalam kajian Ḥadīth Studies, sisanya sejumlah 31 karya atau hanya sekitar 4% adalah gabungan antara kedua kajian tersebut.

Grafik 11. Klasifikasi Bidang Ilmu

55,5%

40,5%

4,0%

Qur’anic Studies

Ḥadīth Studies

Kombinasi

25

Hal ini setidaknya menunjukkan bahwa meskipun secara kuantitas skripsi kajian Hadis lebih banyak daripada kajian Qur’an/Tafsir sebagaimana dipaparkan di bab II, ternyata literatur Tafsir yang disitir mengungguli literatur Hadis. Dominasi Literatur Tafsir Tematik dan Karya Hadis Juz’īyāt

Sejalan dengan dominasi kajian tafsir tematik yang diangkat di dalam skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rentang waktu 2006-2011, secara umum, referensi Tafsir Mawḍūʻī yang disitir pun mencapai sekitar 50% atau sejumlah 214 Tafsir Mawḍūʻī dari total 428 referensi tafsir. Literatur tafsir jenis ini di antaranya adalah Al-Insān fī al-Qur’ān al-Karīm karya ʻAbbās Maḥmūd ʻAqqād, Al-Tawḥīd wa al-Shirk fī al-Qur’ān al-Karīm karya Jaʻfar Subḥānī, dan Maqāl fī al-Insān Dirāsah Qur’ānīyah karya ‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān bint al-Shāṭi’.

Grafik 12. Literatur Qur’anic Studies yang Disitir

Grafik ini juga menunjukkan referensi tafsir dengan

metode taḥlīlī yang disitir sebanyak 156 karya tafsir atau

50%

36%

1% 5%7%

Mawḍūʻī

Taḥlīlī

Muqāran

Muʻjam

Kajian Al-Qur’an

26 sekitar 36%. Literatur tafsir model ini di antaranya adalah Jāmiʻ al-Bayān ‘an Ta’wīl Āy al-Qur’ān karya al-Ṭabarī, Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm karya Ibn Kathīr, Al-Kashshāf ʻan Ḥaqā’iq al-Tanzīl karya al-Zamakhsharī, dan Al-Tafsīr al-Kabīr karya Fakhr al-Dīn al-Rāzī. Sedangkan sisanya, sejumlah kurang lebih 14% atau hanya 6 karya adalah karya tafsir dengan model komparasi atau yang dikenal dengan Tafsir Muqāran, sebanyak 21 karya muʻjam atau kumpulan indeks, dan kajian tentang Al-Qur’an sejumlah 29 karya.

Berbeda dengan dominasi literatur tafsir mawḍūʻī yang disitir, literatur Hadis yang disitir terbanyak adalah karya-karya hadis yang dikenal dengan istilah juz’īyāt atau kumpulan-kumpulan hadis, seperti Shuʻab al-Īmān karya al-Bayhaqī, al-Targhīb wa al-Tarhīb karya al-Mundhirī, al-Arbaʻīn al-Nawawīyah dan Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya al-Nawawī. Terdapat 85 atau 27,6% karya hadis model seperti ini yang disitir.

Selain juz’īyāt, sharḥ, dan literatur hadis mawḍūʻī, karya-karya hadis lainnya yang disitir adalah dalam bentuk sunan 31 karya seperti Sunan Abī Dāwūd, Sunan al-Nasā’ī, Sunan Ibn Mājah, dan Sunan al-Dāruquṭnī. Kemudian karya hadis dalam bentuk jāmiʻ 21 karya seperti al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ baik karya al-Bukhārī, maupun Muslim, lalu karya hadis dengan model musnad 12 karya seperti Musnad Aḥmad, Musnad Abī Yaʻlā, dan Musnad al-Ḥumaydī, dan karya-karya dalam bentuk lainnya yaitu muṣannaf seperti Muṣannaf ʻAbd al-Razzāq, mustadrak seperti Al-Mustadrak karya al-Ḥākim, muwaṭṭa’ seperti Al-Muwaṭṭa’ karya Mālik, ḥāshiyah seperti Ḥāshiyat al-Sindī ʻalā Sunan ibn Mājah, zawā’id seperti Mawārid al-Ẓam’ān ilā Zawā’id ibn Ḥibbān karya al-Haythamī, mukhtaṣar seperti Mukhtaṣar Ṣaḥīḥ al-Bukhārī karya al-Albānī, takhrīj seperti Kashf al-Khafā’ wa Muzīl al-Ilbās fī mā ishtahara fī Alsun al-Nās karya al-

27 ʻAjlūnī, kritik hadis seperti Perempuan di Lembaran Suci Kritik atas Hadis-hadis Sahih karya Ahmad Fudhaili, dan metode pemahaman hadis seperti buku berjudul Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual karya M. Syuhudi Ismail. Seluruh karya yang disebut belakangan ini berjumlah 52 karya.

Grafik 13. Literatur Ḥadīth Studies yang Disitir

Popularitas Tafsir Taḥlīlī Berbahasa Indonesia Popularitas tafsir mawḍūʻī sebagaimana disebutkan

sebelumnya, ternyata tidak menemukan signifikansinya dalam hal popularitas karya tafsir yang disitir. Penelitian ini menunjukkan bahwa tafsir taḥlīlī justru lebih banyak disitir dari pada karya tafsir mawḍūʻī yang secara kuantitas mengungguli tafsir taḥlīlī. Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab misalnya, adalah karya tafsir yang paling populer disitir di dalam skripsi mahasiswa Tafsir Hadis

Zawā’idTakhrījSunanSharḥ

Muwaṭṭa’Mustadrak

MusnadMuṣannaf

MukhtaṣarMetode Pemahaman

MawḍūʻīKritik Hadis

Kajian HadisJuz’īyāt

JāmiʻḤāshiyah

64

3157

41

1223

954

172

8521

4

28 Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rentang waktu 2006-2011.

Karya M. Quraish Shihab ini disitir oleh 190 atau sekitar 38,8% skripsi. Sedangkan urutan kedua kitab tafsir adalah Tafsir Al-Azhar karya Hamka (w. 1981) yang disitir oleh 118 skripsi atau sekitar 24,1%. Sedangkan tafsir taḥlīlī berbahasa Arab yang paling banyak disitir adalah Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm karya Ibn Kathīr (w. 774 H) yang menempati urutan ketiga dengan prosentase jauh dibawah karya tafsir M. Quraish Shihab yaitu sekitar 16,7% atau sejumlah 82 skripsi menyitir kitab tafsir karya Ibn Kathīr ini.

Grafik 14. 10 Literatur Tafsir paling Populer

Temuan ini sekaligus memperkuat kecenderungan mahasiswa Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada rentang waktu 2006-2011 kepada penyitiran literatur-literatur berbahasa Indonesia. Kecenderungan yang tidak hanya ditunjukkan melalui dominasi literatur tafsir berbahasa Indonesia yang disitir sebagaimana dijelaskan pada bab III, tetapi juga dikuatkan dengan temuan popularitas dua karya tafsir nusantara yaitu Tafsir Al-

Terjemah Tafsīr fī Ẓilāl al-Qur’ānTafsir al-Ṭabarī

Tafsir al-QurṭubīTafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm

Tafsir al-MisbahTafsīr al-Marāghī

Tafsīr al-ManārTafsir Al-Azhar

Fī Ẓilāl al-Qur’ānAl-Tafsīr al-Kabīr

475048

82190

5945

11839

52

29 Mishbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir Al-Azhar karya Hamka.

Berikut ini beberapa literatur tafsir taḥlīlī berbahasa Indonesia lainnya yang disitir oleh tidak lebih dari 31 skripsi. 1. Tafsir Qur’an al-Furqan Edisi Bahasa Indonesia

Mutakhir karya A. Hassan disitir oleh 5 skripsi. 2. Tafsir Surat Al-Waqi’ah karya Abdul Husain Dasteghib

disitir oleh 1 skripsi. 3. Tafsir Surat Yasin karya Abdul Husain Dasteghib disitir

oleh 1 skripsi. 4. Tafsir Juz Amma Lengkap & Ilmiah karya Afif Abdul

Fattah Bahrun disitir oleh 1 skripsi. 5. Al-Qur’an dengan Terjemahan dan Tafsir Singkat,

dengan Restu Khalifah IV Mirza Tahir Ahmad karya Bashiruddin Mahmud Ahmad disitir oleh 1 skripsi.

6. Al-Qur’an dan Tafsirnya karya Bustami A. Gani disitir oleh 2 skripsi.

7. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang disempurnakan) karya Departemen Agama RI disitir oleh 31 skripsi.

8. Tafsir al-Qur’an Karim karya H. A. Hasan Halim disitir oleh 1 skripsi.

9. Di Bawah Naungan Surat At-Taubah karya Ibadurrahman disitir oleh 1 skripsi.

10. Tafsir Sufi al-Fatihah karya Jalaluddin Rahmat disitir oleh 2 skripsi.

11. Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir Surat-surat Pendek Berdasarkan Turunnya Wahyu karya M. Quraish Shihab disitir oleh 19 skripsi.

12. Al-Qur’an dan Tafsirnya karya M. Shonhaji disitir oleh 1 skripsi.

13. Tafsir al-Qur’an Karim karya Mahmud Yunus disitir oleh 2 skripsi.

30 14. Tafsir al-Qur’an al-Karim; Terjemah Tafsir al-Qur’an

al-Karim karya Moh. Rifa’i disitir oleh 2 skripsi. 15. Tafsir Nabawi karya Muhammad Abdurrahim

Muhammad disitir oleh 1 skripsi. 16. Tafsir Al-Nur karya Teuku M. Hasbi Ash-Shiddieqy

disitir oleh 27 skripsi. 17. Al-Bayan Tafsir Penjelas al-Qur’anul Karim karya

Muhammad Hasby Ash Shiddieqy disitir oleh 2 skripsi. 18. Tafsir Rahmat karya Oemar Bakry disitir oleh 1 skripsi. 19. Tafsir Pase, Kajian Surat al-Fatihah dan Surat-surat

dalam Juz Amma karya Th. Thalhas disitir oleh 2 skripsi.

20. Al-Qur’an dan Tafsirannya karya Tim Universitas Islam Indonesia disitir oleh 5 skripsi.

Sedangkan tafsir taḥlīlī berbahasa Arab selain yang disebutkan terdahulu, juga disitir dalam sejumlah skripsi namun tidak mencapai 30 skripsi yang menyitirnya. Pertama, literatur tafsir yang disitir oleh 20-30 skripsi yaitu Rūḥ al-Maʻānī fī Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm wa al-Sabʻ al-Mathānī karya al-Alūsī disitir oleh 28 skripsi, Al-Kashshāf ʻan Ḥaqā’iq al-Tanzīl karya al-Zamakhsharī disitir oleh 26 skripsi, Al-Durr al-Manthūr fī al-Tafsīr al-Ma’thūr karya al-Suyūṭī dan Al-Mīzan fī Tafsīr al-Qur’ān karya Muḥammad Ḥusayn Ṭabaṭṭaba’ī masing-masing disitir oleh 21 skripsi.

Kedua, literatur tafsir taḥlīlī yang disitir oleh 10-20 skripsi yaitu Tafsīr al-Shaʻrāwī karya al-Shaʻrāwī dan Tafsīr al-Jalālayn karya Jalāl al-Dīn al-Maḥallī dan al-Suyūṭī masing-masing disitir oleh 17 skripsi, Rawā’iʻ al-Bayān dan Ṣafwat al-Tafāsīr karya al-Ṣābūnī disitir oleh 15 dan 13 skripsi.

Ketiga, literatur tafsir taḥlīlī yang disitir oleh 6-10 skripsi yaitu Lubāb al-Ta’wīl fī Maʻānī al-Tanzīl karya al-Khāzin disitir oleh 9 skripsi, Anwār al-Tanzīl wa Asrār al-

31 Taʻwīl karya al-Bayḍāwī, Tafsīr Rūḥ al-Bayān karya Ismail Haqi, Marāḥ Labīd karya Nawawī al-Bantānī masing-masing disitir oleh 8 skripsi, Al-Baḥr al-Muḥīṭ fī al-Tafsīr karya Abū Ḥayyān dan Ma‘ālim al-Tanzīl karya al-Baghāwī masing-masing disitir oleh 7 skripsi, Naẓm al-Durar fī Tanāsub al-Āyi wa al-Suwar karya al-Biqāʻī, Maḥāsin al-Ta’wīl karya al-Qāsimī, Mukhtaṣar Tafsīr Ibn Kathīr karya al-Ṣābūnī, Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Juzz ʻAmma karya Muḥammad ʻAbduh, dan Al-Jawāhir fī Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm karya Ṭanṭāwī Jawharī masing-masing disitir oleh 6 skripsi.

Keempat, literatur tafsir taḥlīlī yang disitir oleh kurang dari 6 skripsi yaitu Taisīr al-‘Ālī al-Qadīr li Ihktiṣar Tafsīr ībn Kathīr karya al-Rifāʻī dan Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm karya Maḥmūd Shaltūt masing-masing disitir oleh 5 skripsi. Taysīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān karya ʻAbd al-Raḥmān al-Saʻdī, Ḥāshiyat al-ʻAllāmah al-Ṣāwī ʻalā Tafsīr al-Jalālayn karya al-Ṣāwī, Majmaʻ al-Bayān fī Tafsīr al-Qur’ān karya al-Ṭabarsī, dan Al-Tibyān fī Tafsīr al-Qur’ān karya al-Ṭūsī masing-masing disitir oleh 4 skripsi. Tafsīr Āyāt al-Aḥkām karya ʻAlī al-Sāyis, Aḍwa’ al-Bayān fī Īḍāḥ al-Qur’ān bi al-Qur’ān karya al-Shinqiṭī, dan Aḥkām al-Qur’ān karya Ibn al-ʻArabī masing-masing disitir oleh 3 skripsi. Al-Taḥrīr wa al-Tanwīr karya Ibn ʻĀshūr, Tafsīr al-Qur’ān li al-Qur’ān karya ‘Abd al-Karīm al-Khāṭib, Tafsīr Abī Suʻūd aw Irshād al-ʻAql al-Salīm ilā Mazāyā al-Kitāb al-Karīm karya Abū al-Suʻūd, Tanwīr al-Miqbās min Tafsīr ibn ʻAbbās karya al-Fayrūzābādī, Aḥkām al-Qur’ān karya al-Jaṣṣāṣ, dan Al-Tafsīr al-Wāḍiḥ karya Muḥammad Maḥmūd Ḥijāzī masing-masing disitir oleh 2 skripsi.

Sejumlah 23 literatur tafsir taḥlīlī lainnya, masing-masing disitir oleh 1 skripsi yaitu Tafsīr Suwar al-Mufaṣṣal

32 karya ‘Abdullāh Kanūn, Tafsīr Muyassar karya ʻĀ’iḍ al-Qarnī, Al-Tafsīr al-Farīd li al-Qur’ān al-Majīd karya ʻAbd al-Mu’min Al-Jamālī, Tafsīr al-Jīlānī karya ʻAbd al-Qādir al-Jīlānī, Tafsīr ʻĀ’ishah Umm al-Mu’minin karya Abū al-Suʻūd, Tafsīr Sūrah al-Nūr karya Abū Bakr Jābir, Ḥāshiyah al-Ṣāwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn karya Aḥmad Muḥammad al-Ṣāwī, Tafsīr al-Qushayrī karya al-Qushayrī, Al-Jawāhir al-Ḥisān fī Tafsīr al-Qur’ān karya al-Thaʻālabī, Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azīz fī Hamish Tafsīr al-Nawāwī karya al-Wāḥidī, Tafsīr Sūrah Yāsīn karya Ḥamamī Zādah, Al-Tafsīr al-Qayyim karya Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah, Tafsīr al-‘Ashr al-Akhīr min al-Qur’ān al-Karīm karya Muḥammad ibn Sulaymān Ashqar, Tafsīr Nūr al-Iḥsān karya Muhammad Said Umar, Tafsīr Muqāṭil bin Sulaimān karyaMuqāṭil bin Sulaimān, Tafsīr al-Sirāj al-Munīr karya Shams al-Dīn Muḥammad bin Aḥmad al-Sharbinī, dan Aysar al-Tafāsīr li Kalām al-‘Ālī al-Kabīr karya Bakr Jabīr Jazā’irī. Dominasi Literatur Hadis Berbahasa Arab

Berbeda dengan yang terjadi di wilayah kajian Qur’anic Studies dengan popularitas tafsir taḥlīlī Indonesia, literatur hadis yang disitir oleh skripsi mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rentang waktu 2006-2010 didominasi oleh literatur hadis berbahasa Arab. Enam kitab hadis sahih pokok umat Islam atau yang dikenal dengan istilah al-Kutub al-Sittah adalah literatur hadis yang paling banyak disitir.

Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya al-Bukhārī disitir oleh 215 skripsi atau sekitar 49%, karya Muslim ibn al-Ḥajjāj yang dikenal dengan Ṣaḥīḥ Muslim disitir oleh 188 skripsi, Sunan Abī Dāwūd disitir oleh 135 skripsi, Sunan al-Nasā’ī disitir oleh 80 skripsi, Sunan al-Tirmidhī disitir oleh 180 skripsi, dan Sunan Ibn Mājah disitir oleh 142 skripsi. Menariknya,

33 Musnad Aḥmad yang tidak termasuk dalam al-Kutub al-Sittah disitir oleh 153 skripsi. Kemudian diikuti oleh Al-Muʻjam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawī karya A.J. Wensink yang disitir oleh 89 skripsi dan dua kitab sharḥ hadis paling popular yaitu Fatḥ al-Bārī karya Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī dan Sharḥ Ṣaḥīḥ Muslim karya al-Nawawī.

Grafik 15. 10 Literatur Hadis Paling Populer

Grafik ini menunjukkan popularitas literatur-literatur

hadis tersebut masih mendapatkan tempatnya di kalangan mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam penyusunan skripsi mereka. Hal ini juga sekaligus menunjukkan masih minimnya perhatian terhadap literatur-literatur hadis lain yang juga familiar di kalangan mahasiswa Tafsir Hadis. Literatur-literatur ini disitir oleh kurang dari 50 skripsi, seperti Sunan al-Dārimī disitir oleh 41 skripsi, al-Sunan al-Kubrā karya al-Bayhaqī disitir oleh 38 skripsi, Ṣaḥīḥ Ibn Ḥibbān disitir oleh 30 skripsi, al-Mustadrak karya al-Ḥākim disitir oleh 25 skripsi, Muwaṭṭa’nya Mālik disitir oleh 32 skripsi, Musnad Abī Yaʻlā dan Al-Jāmiʻ al-Ṣaghīr fī Ahādīth al-Bashīr al-Nadhīr karya al-Suyūṭī masing-masing hanya disitir oleh 9 skripsi, Musnad al-Shihāb karya al-Qaḍḍāʻī, Sunan al-Dāruquṭnī

Sunan Ibn MājahSunan al-Tirmidhī

Sunan al-Nasā’īSunan Abī Dāwūd

Ṣaḥīḥ Muslim bi Sharḥ al-NawawīṢaḥīḥ Muslim

Ṣaḥīḥ al-BukhārīMusnad Aḥmad

Fatḥ al-Bārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-BukhārīAl-Muʻjam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawī

142180

80135

67188

215153

9589

34 dan Ṣaḥīḥ Ibn Khuzaymah masing-masing hanya disitir oleh 6 skripsi.

Sementara itu, sejumlah literatur hadis lain hanya disitir oleh kurang dari 5 skripsi. Musnad Abī ʻUwānah, Musnadal-Daylamī, Muṣannaf Ibn Abī Shaybah, Muṣannaf ʻAbd al-Razzāq, Musnad al-Ḥumaydī, Musnad al-Ṭayālīsī, al-Kāfī karya al-Kulaynī, dan Musnad Saʻd ibn Abī Waqqās masing-masing disitir oleh hanya 1 skripsi. Popularitas M. Quraish Shihab

Berkenaan dengan tokoh atau penulis yang popular disitir oleh mahasiswa Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam penyusunan skripsinya, penelitian ini menunjukkan beberapa nama, yaitu nama dengan jumlah karya paling banyak disitir dan jumlah karya dengan pengarang yang sama.

Berdasarkan jumlah sitiran, al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya al-Bukhārī adalah literatur yang paling banyak disitir yaitu sejumlah 215 skripsi menyitirnya, diikuti oleh Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab, Ṣaḥīḥ Muslim, Sunan al-Tirmidhī, Musnad Aḥmad, Sunan Ibn Mājah, Sunan Abī Dāwūd, Tafsir Al-Azhar karya Hamka, Membumikan Al-Qur’an karya M. Quraish Shihab, dan Fatḥ al-Bārī karya Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī.

Namun demikian, secara akumulasi, pengarang dengan jumlah karyanya yang paling banyak disitir oleh mahasiswa adalah Al-Albānī yaitu 23 karya, kemudian diikuti oleh al-Suyūṭī 19 karya, M. Quraish Shihab 13 karya, Ahmad Sanusi, Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah, dan Yūsuf al-Qaraḍāwī masing-masing 12 karya, al-Bukhārī, al-Nawawī, dan al-Ṣābūnī masing-masing 7 karya, dan al-Shaʻrāwī 6 karya.

35

Grafik 16. 10 Literatur Paling Populer

Grafik 17. 10 Pengarang dengan Jumlah Karya Terbanyak

Meskipun demikian, banyaknya jumlah karya seorang pengarang yang tidak serta merta menunjukkan jumlah sitiran yang juga sama banyaknya. Hal ini dibuktikan bahwa pengarang yang paling banyak disitir melalui sejumlah karyanya atau jumlah akumulasi sitirannya pada skripsi adalah M. Quraish Shihab dengan akumulasi sitiran sebanyak 460 kali, diikuti oleh sejumlah pengarang yang akumulasi sitirannya di atas 100 sitiran yaitu al-Bukhārī, Muslim, al-Tirmidhī, A.J. Wensinck, Aḥmad ibn Ḥanbal,

Fatḥ al-Bārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-BukhārīMembumikan al-Qur’an

Tafsir Al-AzharSunan Abī DāwūdSunan Ibn Mājah

Al-MusnadSunan al-Tirmidhī

Ṣaḥīḥ MuslimTafsir al-Misbah

Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ

95113118

135142

153180

188190

215

Yūsuf al-QarḍāwīM. Quraish Shihab

Ibn al-Qayyim al-JawzīyahAl-Suyūṭī

Al-ShaʻrāwīAl-Ṣābūnī

Al-NawawīAl-Bukhārī

Al-AlbānīAhmad Sanusi

1213

1219

6777

2312

36 Ibn Mājah, Abū Dāwūd, Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī, Al-Suyūṭī, Hamka, dan Ibn Kathīr.

Grafik 18. Pengarang Paling Populer

Grafik ini menunjukkan bahwa secara akumulasi M.

Quraish Shihab dengan 13 karyanya adalah pengarang yang paling banyak disitir, bahkan jauh di atas al-Bukhārī meskipun al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ disitir oleh lebih banyak skripsi dari pada Tafsir Al-Mishbah. Sedangkan al-Albānī meski sejumlah 23 karyanya disitir, namun akumulasi sitirannya tidak terlalu signifikan yaitu sejumlah 54 sitiran. Kondisi al-Albānī ini berbeda dengan Hamka dan Aḥmad ibn Ḥanbal yang meski hanya 1 karya mereka, namun jumlah sitirannya di atas 100 sitiran.

Al-SuyūṭīM. Quraish Shihab

Al-BukhārīIbn Ḥajar al-ʻAsqalānī

A. J. WensinckIbn Kathīr

Al-TirmidhīIbn Mājah

MuslimAbū Dāwūd

Aḥmad Ibn ḤanbalHamka

121460

250126

172112

197152

200146153

118

1913

76

55

33

221

1

Jumlah Sitiran

Jumlah Karya

Bab V Penutup

Simpulan

Berpijak pada permasalahan yang telah dikemukakan pada Bab I dan hasil analisa yang telah disampaikan pada Bab-bab II-IV, maka penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut. 1. Komposisi peta kajian Tafsir dan Hadis pada skripsi

mahasiswa Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rentang waktu 2006-2011 masih berimbang di antara kajian Tafsir dan Hadis. Namun demikian, kajian hadis tampak lebih diminati oleh mahasiswa dengan prosentase 50,7% skripsi disusun dalam wilayah kajian hadis. Sedangkan tema-tema yang diangkat dalam skripsi didominasi oleh kajian Tafsir Tematik 21,1%, Hadis Tematik 20,9%, Pemikiran Tafsir 17,2%, dan Kritik Hadis 14,7%.

2. Kuantitas literatur yang disitir secara akumulatif berjumlah 767 literatur, dengan mayoritas setiap literatur hanya disitir oleh kurang dari 25 skripsi. Hanya ada sejumlah 42 literatur yang disitir lebih dari 25 skripsi, 9 literatur di antaranya disitir oleh lebih dari 100 skripsi. Mayoritas literatur yang disitir adalah literatur berbahasa Indonesia yaitu 64% atau sejumlah 493 literatur, khususnya literatur Tafsir. Literatur berbahasa Arab hanya berjumlah 262 atau 34%, sedangkan literatur berbahasa Inggris hanya 0,5% atau 4 literatur saja. Hampir seluruh literatur yang disitir tersebut adalah literatur dalam format buku (91%), dan sangat sedikit sekali literatur artikel atau hasil penelitian yang disitir.

38 3. Banyaknya penggunaan literatur yang bukan

menggunakan bahasa asli melainkan hasil terjemahan. Sejumlah 178 literatur atau sekitar 23,1% karya tulis yang disitir adalah hasil terjemahan dari buku aslinya. Sejumlah skripsi bahkan lebih memilih menggunakan karya terjemahan literatur-literatur utama dalam kajian tafsir hadis dari pada menyitir sumber aslinya.

4. Literatur tafsir tematik adalah jenis literatur yang paling dominan disitir dibandingkan literatur tafsir taḥlīlī. Karya-karya tafsir tematik yang disitir berjumlah 214 karya, sedangkan karya-karya tafsir taḥlīlī berjumlah 156 karya. Sedangkan jenis literatur hadis yang paling banyak disitir adalah literatur hadis dengan model juz’īyāt. Karya-karya jenis ini berjumlah 85 karya, lebih banyal dibandingkan dengan karya-karya hadis dalam bentuk Jāmiʻ, sharḥ, musnad, atau sunan.

5. Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya al-Bukhārī, Tafsir Al-Mishbah, al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ karya Muslim, Sunan al-Tirmidhī, Musnad Aḥmad, Sunan Ibn Mājah, Sunan Abī Dāwūd, Tafsir Al-Azhar karya Hamka, Membumikan Al-Qur’an karya M. Quraish Shihab, dan Fatḥ al-Bārī karya Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī adalah 10 literatur yang paling banyak disitir.

6. M. Quraish Shihab, al-Bukhārī, Muslim, al-Tirmidhī, A.J. Wensinck, Aḥmad ibn Ḥanbal, Ibn Mājah, Abū Dāwūd, Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī, Al-Suyūṭī, Hamka, dan Ibn Kathīr adalah 10 literatur yang paling banyak disitir, dan M. Quraish Shihab adalah pengarang yang paling populer disitir di antara mereka (460 sitiran).

Rekomendasi

Mengingat berbagai keterbatasan pada penelitian ini, mulai dari terbatasnya cakupan objek dan subjek penelitian,

39 kurangnya penggunaan metode yang lebih dapat menguak permasalahan yang ada, serta keterbatasan dana, maka penelitian ini memberikan rekomendasi sebagai berikut. 1. Perlunya penelitian lebih lanjut untuk melihat pola

hubungan antar pengarang sehingga dapat menjelaskan interaksi dan komunikasi ilmiah baik antar pengarang yang disitir, antar sesama penyitir, maupun antara penyitir dengan dokumen pengarang yang disitir.

2. Perlunya penelitian lanjut dengan menggunakan metode content analysis untuk melihat muatan yang disitir sehingga lebih dapat menentukan secara lebih akurat pola pemikiran sebuah karya ilmiah.

3. Perlunya penekanan untuk lebih menggunakan sumber-sumber asli bukan terjemahan, dan menggalakkan penggunaan literatur berbahasa Inggris, literatur dalam bentuk artikel dan hasil penelitian.

4. Perlu dipertimbangkan pemisahan jurusan Hadis dari Tafsir Hadis mengingat sudah banyaknya peminat kajian hadis.

Daftar Grafik Grafik 1. Klasifikasi Bidang Ilmu ........................................... 10

Grafik 2. Kajian Populer Skripsi Mahasiswa Tafsir Hadis ..... 13

Grafik 3. Klasifikasi Tema Kajian Skripsi .............................. 14

Grafik 4. Frekuensi Skripsi Menyitir Literatur ....................... 15

Grafik 5. Frekuensi Literatur yang Disitir .............................. 16

Grafik 6. Frekuensi Literatur Tafsir yang Disitir .................... 17

Grafik 6. Frekuensi Literatur Hadis yang Disitir .................... 18

Grafik 6. Jenis Literatur .......................................................... 19

Grafik 7. Bahasa Literatur yang Disitir ................................... 20

Grafik 8. Sebaran Jumlah Sitiran Menurut Bahasa Literatur .. 21

Grafik 9. Prosentase Bahasa Literatur Tafsir yang Disitir ...... 22

Grafik 10. Prosentase Bahasa Literatur Hadis yang Disitir .... 22

Grafik 11. Klasifikasi Bidang Ilmu ......................................... 24

Grafik 12. Literatur Qur’anic Studies yang Disitir ................. 25

Grafik 13. Literatur Ḥadīth Studies yang Disitir..................... 27

Grafik 14. 10 Literatur Tafsir paling Populer ......................... 28

Grafik 15. 10 Literatur Hadis Paling Populer ......................... 33

Grafik 16. 10 Literatur Paling Populer .................................... 35

Grafik 17. 10 Pengarang dengan Jumlah Karya Terbanyak ... 35

Grafik 18. Pengarang Paling Populer ...................................... 36

Daftar Isi Kata Pengantar .................................................................. iii Daftar Isi ............................................................................... v Daftar Grafik .................................................................... vii Pendahuluan ......................................................................... 1

Latar Belakang Masalah ..................................................... 1 Permasalahan ...................................................................... 2 Hipotesis ............................................................................. 4 Tujuan Penelitian ................................................................ 5 Manfaat dan Signifikansi Penelitian ................................... 5 Metode Penelitian ............................................................... 6 Organisasi Pelaksana .......................................................... 7 Waktu Pelaksanaan ............................................................. 7

Menguatnya Kajian Hadis .................................................. 9 Kajian Hadis Melampaui Kajian Tafsir .............................. 9 Dominasi Kajian Tafsir Tematik dan Kritik Hadis .......... 10

Miskin Literatur Berbahasa Inggris ................................ 15 Minimnya Literatur yang Disitir ...................................... 15 Minimnya Literatur Jurnal Ilmiah dan Hasil Penelitian ... 18 Minimnya Penggunaan Literatur Berbahasa Asing .......... 19

Popularitas Tafsir Indonesia ............................................ 24 Keunggulan Kuantitas Literatur Qur’anic Studies ........... 24 Dominasi Literatur Tafsir Tematik dan Hadis Juz’īyāt .... 25 Popularitas Tafsir Taḥlīlī Berbahasa Indonesia ................ 27 Dominasi Literatur Hadis Berbahasa Arab....................... 32 Popularitas M. Quraish Shihab ......................................... 34

Penutup ............................................................................... 37 Simpulan ........................................................................... 37 Rekomendasi .................................................................... 38

Daftar Pustaka ................................................................... 41 Tabel Judul Skripsi Mahasiswa ....................................... 43 Tabel Literatur dan Jumlah Sitiran ................................ 71

Daftar Pustaka Andrews, James. 2003. “An author co-citation analysis of

medical informatics. Jurnal Media Library Association. 91 (1) January.

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntut Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Tesis dan disertasi Bidang Ilmu Agama Islam. Jakarta: Logos.

Dimitroff, Alexandra. “Self Citation in the library and information science literature”. Jurnal of Documentation. 51 (1) 1995.

Federspiel, Howard M. 1996. Kajian Al-qur’an Di Indonesia Dari Mahmud Yunus Hingga Quraish Shihab. Bandung: Mizan.

Ikpaahindi, Linus. “An Overview of Bibliometrics : its measurements. Laws, and their applications”. Libri. 5 (2) 1985.

Kopesa, A. and E. Schibel. 1998. “Science and technology mapping: a new iteration model for representing multidimensional relationship”. Jurnal of the American Society for Information Science. 49 (1).

Mas’di, Ghufron A. 1997. Pemikiran Fazlur Rahman tentang Metodologi Pembaharuan Hukum Islam. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Mikhailov, A.I. Chernyi & R.S. Giliarevskii. Scientifics Communnication and informatics. Arlington: Information Resources Press, 1984.

Mustaqim, Abdul. 2003. Madzahibut Tafsir : Peta Metodologi Penafsiran Al-Qur’an Periode Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: Nun Pustaka.

42

Nasution, Harun. 1996. Pembaharuan Dalam islam : Sejarah pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang

Noyon, E.C.M and H.F. Moed. 1999. :Combining mapping and citation analysis for evaluative bibliometric purpose : a bibliometric study”. Jurnal of the American Society for Information Science. 50 (2).

Shaw Jr, W.M. “Information theory and Scientific communication”. Scientometrics. 3 (3) 1981.

Shaw, W.M. “Information theory and scientific communication”. Scientometrics. 3 (3) 1981.

Singarimbun, Masri & Sofyan Efendi (ed). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES, 1989.

Sulistyo-Basuki. “Komunikasi Ilmiah dan manfaatnya bagi tenaga pengajar dan mahasiswa”. Makalah Seminar. 24 Maret 1994.

Sulistyo-Basuki. “Visualisasi Ilmu pengetahuan”. Makalah Seminar Informetrika dan Scientometrika bagi peneliti dan pustakawan. Jakarta, 17 September 2001.

Sumarningsih, Siti dan Sulistyo Basuki. “Komunikasi Ilmiah’. Majalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 4 (2) 1984

Ushama, Thameem. 2000. Metodologi Tafsir al-Qur’an : Kajian Kritis, objektif & Komprehensif. Jakarta: Riora Cipta.

Ziman, John M. “Information, communication, knowledge”. Nature. 24, October 1969.

Indeks

‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān

bint al-Shāṭi’., 25 ‘Abd al-Karīm al-Khāṭib,

31 ʻĀ’iḍ al-Qarnī, 32 ʻAbbās Maḥmūd ʻAqqād,

25 ʻAbd al-Qādir al-Jīlānī, 32 ʻAbd al-Raḥmān al-Saʻdī,

31 Abdul Majid Abdussalam

al-Muhtasib, 1 Abdul Mustaqim, 1 Abū al-Suʻūd, 31, 32 Abū Dāwūd, 36, 17 Abū Ḥayyān, 31 Aḥmad ibn Ḥanbal, 35,

36, 17 Al-ʻAjlūnī, 27 Al-Albānī, 26, 36 Al-Alūsī, 30 Al-Baghāwī, 31 Al-Bayḍāwī, 31 Al-Bayhaqī, 26, 33 Al-Biqāʻī, 31 Al-Bukhārī, 26, 32, 34,

35, 36, 16, 21 Al-Fayrūzābādī, 31 Al-Ḥākim, 26, 33 Al-Haythamī, 26

ʻAlī al-Sāyis, 31 Al-Jaṣṣāṣ, 31 Al-Khāzin, 30 Al-Marāghī, 21 Al-Mundhirī, 26 Al-Nawawī, 26, 33, 34 Al-Qāsimī, 31 Al-Qushayrī, 32 Al-Ṣābūnī, 30, 31, 34 Al-Ṣāwī, 31, 32 Al-Shaʻrāwī, 30, 34 Al-Shinqiṭī, 31 Al-Suyūṭī, 30, 33, 34 Al-Ṭabarī, 26 Al-Ṭabarsī, 31 Al-Tirmidhī, 17, 21, 32,

34, 35 Al-Ṭūsī, 31 Al-Wāḥidī, 32 al-Zamakhsharī, 26, 30 Fakhr al-Dīn al-Rāzī, 26 Federspiel, 1 Ḥadīth Studies, 21, 22, 9,

10, 11, 13 Ḥamamī Zādah, 32 Hamka, 28, 29, 34, 36, 17 Ibn al-ʻArabī, 31 Ibn al-Qayyim al-

Jawzīyah, 32, 34 Ibn ʻĀshūr, 31

Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī, 33, 34, 36

Ibn Kathīr, 21, 26, 28, 31, 36

Ibn Mājah, 26, 32, 34, 36, 17

Jaʻfar Subḥānī, 25 M. Hasbi Ash-Shiddieqi,

10 M. Quraish Shihab, 1, 27,

28, 29, 34, 35, 36, 16, 17 M. Syuhudi Ismail, 27 Maḥmūd Shaltūt, 31

Mahmud Yunus, 1 Mālik, 26, 33 Muḥammad ʻAbduh, 31 Muḥammad Ḥusayn

Ṭabaṭṭaba’ī, 30 Mujahid, 10 Muslim, 26, 32, 34, 35,

17, 21 Nawawī al-Bantānī, 31 Qur’anic Studies, 21, 22,

9, 10, 11, 12 Ṭanṭāwī Jawharī, 31 Yūsuf al-Qaraḍāwī, 34

Kata Pengantar

الحمد الله على ما علم من البيان، وألهم من التبيان، وتمم من الجود والفضل والصلاة والسلام الأتمان الأكملان، على سيد ولد عدنان، . والإحسان

سيدنا محمد المبعوث بأكمل الأديان، المنعوت في التوراة والإنجيل والفرقان، بإحسان، صلاة دائمة ما كرّ الجديدان، وعلى آله وأصحابه والتابعين لهم

.وعبد الرحمنAlhamdulillah, hanya atas izin, pertolongan, dan rida

Allah ta’ālā, buku ini telah selesai. Buku ini awalnya adalah hasil penelitian yang berjudul “Pemetaan Kajian Tafsir Hadis pada Program Studi Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Analisis Sitiran Skripsi Mahasiswa Tahun 2006-2011”. Oleh karenanya, selain menghaturkan puji syukur ke hadirat Allah ta’ālā, penulis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung membantu kelancaran studi dan penelitian ini, beberapa di antaranya adalah: 1. Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Fakih, MA. selaku Dekan

Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2. Prof. Dr. M. Ikhsan Tanggok, MA. selaku Pembantu

Dekan Bidang Akademik Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

3. Prof. Dr. Masri Mansoer, MA. selaku Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

4. Perpustakaan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

iv 5. Mudiyanah, S.Si., Masykur Rosyid, MA., Hurin ‘In

AM, Ferra Dwijayanti, Nia Rahmawati, Ahmad Arifuz Zaki, Budiman Shah Matondang, Muhammad Hafiz, Nurul Hasanah, Dani Kamaludin, Khoirun Nisa, Muhammad Halimi, Nur Kholis Sofwan, dan Muhammad Usman, yang telah membantu mengolah data dan memberikan masukan yang sangat berharga kepada Saya.

6. Keluarga Saya yang telah mengorbankan waktu kebersamaan mereka untuk Saya gunakan melakukan kerja-kerja dalam penelitian ini, mulai dari mengumpulkan data, mengolah dan menganalisa, hingga menyusun laporan penelitian ini.

Semoga bantuan yang mereka berikan, menjadi amal jariyah mereka dan Allah anugerahkan balasan yang lebih baik dan berlipat ganda.

تمام، وإياه نسأل وصلى االله على خير الأنام، واالله الموفق لما قصدنا بالإ الثبات على السنة والإسلام، وبه نتعوذ من البدع والآثام، والسبب الموجب للإنتقام، إنه المعين لأوليائه على أسباب الخيرات، والموفق لهم سلوك أنواع الطاعات، وإليه الرغبة في تيسير ما أردنا، وتسهيل ما أومأنا، إنه جواد كريم،

.رؤوف رحيم

Jakarta, 30 Agustus 2012 Peneliti, Rifqi Muhammad Fatkhi, MA.

Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT)

Muhammad Fatkhi, Rifqi, 2012 POPULARITAS TAFSIR INDONESIA DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Rifqi Muhammad Fatkhi Ciputat:HIPIUS, 2012 ISBN : ............................

Rifqi Muhammad Fatkhi, MA. POPULARITAS TAFSIR INDONESIA DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Perancang Kulit Muka: Ali Makmun

Diterbitkan Oleh: Himpunan Peminat Ilmu-ilmu Ushuluddin (HIPIUS) Jl. Ir. Juanda No. 95 Ciputat, Jakarta-Indonesia Telp. : +6221 7493677 Website: www.ilmuushuluddin.com Cetakan Pertama 2012

Hak Cipta 2012 pada Rifqi Muhammad Fatkhi

Dibolehkan memperbanyak seluruh isi buku ini, walau tanpa izin sah dari penerbit.

Tabel Literatur dan Jumlah Sitiran

No. Judul Buku Nama Bahasa Jumlah Sitiran

1 Al-Qur’ān wa al-Tafsīr al-‘Ashr ‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān Arab 5 2 Manusia Sensitivitas Hermeneutika al-Qur'an ‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān Terjemah 3 3 Maqāl fī al-Insān Dirāsah Qur’ānīyah ‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān Arab 4 4 Tafsīr Bintu al-Shāṭī ‘Ā’ishah ‘Abd al-Raḥmān Terjemah 1 5 Ḥāshiyah al-Sindī ‘Alā Sunan Ibn Mājah ‘Abd al-Hādī al-Sindī Arab 1 6 ‘Alam al-Jīn fī Ḍaw’ al-Kitāb wa al-Sunnah ‘Abd al-Karīm ‘Ubaidat Naufan Arab 1 7 Tafsīr al-Qur’ān li al-Qur’ān ‘Abd al-Karīm al-Khāṭib Arab 2 8 Tāj al-Tafāsīr (Mahkota Tafsir) ‘Abdullah al-Mirghanī Terjemah 1 9 Tafsīr Suwar al-Mufaṣṣal ‘Abdullāh Kanūn Arab 1

10 Pelaminan Suci: 228 Hadits Kado Perkawinan A. Choiron Marzuki Indonesia 1 11 Kunci Indeks dan Klasifikasi Ayat-Ayat al-Qur'an A. Hamid Hasan Qalay Indonesia 3 12 Segi-Segi Kesusastraan al-Qur'an A. Hanafi Indonesia 3

13 Tafsir Qur'an al-Furqan Edisi Bahasa Indonesia Mutakhir A. Hassan Indonesia 2

14 Al-Mu‘jam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawī A. J. Wensinck Terjemah 10

15 Al-Muʻjam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawī A. J. Wensinck Arab 89

16 Al-Muʻjam al-Mufahras li Alfāẓ al-Qur’ān al-Karīm A. J. Wensinck Arab 59

17 Miftāh Kunūz al-Sunnah A. J. Wensinck Arab 12 18 Miftāh Kunūz al-Sunnah A. J. Wensinck Terjemah 2 19 Asbab al-Nuzul, Studi Pendalaman al-Qur'an A. Mujab Mahali Indonesia 10 20 Hadis-hadis Muttafaq 'alayh Bagian Ibadah A. Mujab Mahali Indonesia 1

72

21 Al-Qur’an dan ‘Juru Bicara’ Tuhan A.Fawaid Sjadzili Jurnal 1 22 Tafsīr Muyassar ʻĀ’iḍ al-Qarnī Arab 1 23 Al-Insān fī al-Qur’ān al-Karīm ʻAbbās Maḥmūd ʻAqqād Arab 4 24 Al-Insān fī al-Qur’ān al-Karīm ʻAbbās Maḥmūd ʻAqqād Terjemah 2

25 Busana dan Perhiasan Wanita Menurut Al-Qur’an dan Al-Sunnah ʻAbd al-Ḥalīm Maḥmūd Terjemah 1

26 Memahami Hadis-hadis Musykil ʻAbd Allāh al-Najdī Terjemah 1

27 Tawḍīḥ al-Aḥkām min Bulūgh al-Marām ʻAbd Allāh ibn ʻAbd al-Raḥmān al-Bassām Arab 1

28 Kisah Fir'aun: Kajian Tematik dalam al-Qur'an Abd al-Latif al-Bintari Skripsi 1 29 Al-Tafsīr al-Farīd li al-Qur’ān al-Majīd ʻAbd al-Mu’min Al-Jamālī Arab 1 30 Tafsīr al-Jīlānī ʻAbd al-Qādir al-Jīlānī Arab 1

31 Taysīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān Abd al-Raḥmān al-Saʻdī Arab 4

32 Taysīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān Abd ʻal-Raḥmān al-Saʻdī Terjemah 1

33 Muṣannaf ʻAbd al-Razzāq ʻAbd al-Razzāq al-Ṣanʻānī Arab 1 34 Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur'an Abd Muin Salim Indonesia 1 35 Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur'an Abd. Muin Salim Indonesia 1

36 Jahiliyah dalam al-Qur'an: Kajian Atas Penafsiran Sayyid Quthb dalam Tafsir fi Zhilalil-Qur'an Abdul Bari Disertasi 1

37 Tafsir al-Qur'an Surat al-Baqarah Abdul Hadi Awang Melayu 1 38 Tafsir Surat Yaasin 'Penawar Hati Insan' Abdul Hadi Awang Melayu 2 39 Hadis-hadis Daif dan Maudu Abdul Hakim ibn Amir Abdat Terjemah 1 40 Tafsir al-Ahkam Abdul Halim Hasan Binjai Indonesia 1

41 Busana dan Perhiasan Wanita Menurut al-Qur'an dan Hadis

Abdul Halim Mahmud Abu Syuqqah Terjemah 1

73

42 Jati Diri Wanita Menurut al-Qur'an dan Hadis Abdul Halim Mahmud Abu Syuqqah Terjemah 1

43 Indeks Terjemah al-Qur'an al-Karim Abdul Hamid Hasan Qolay Indonesia 2

44 SDM yang Produktif Pendekatan Al-Qur'an dan Sains Abdul Hamid Mursi Indonesia 1

45 Tafsir Surat Al-Waqi'ah Abdul Husain Dasteghib Indonesia 1 46 Tafsir Surat Yasin Abdul Husain Dasteghib Indonesia 1

47 Kisah-kisah al-Qur'an: Pelajaran untuk Da'wah dan Kehidupan Berjamaah Abdul Karim Zaidan Terjemah 1

48 Argumen Pluralisme Agama; Membangun Toleransi Berbasis al-Qur'an Abdul Moqsith Ghazali Indonesia 2

49 Tujuan Hidup dalam Pandangan Al-Qur'an Abdul Mujieb AS Indonesia 1 50 Pengobatan di dalam Al-Qur'an Abdul Mun'im Qandil Terjemah 1 51 Dosa-dosa Menurut Al-Qur’an Abdullah Afif Tobari Fattah Indonesia 1 52 Tafsir Yusuf 'Ali Abdullah Yusuf Ali Terjemah 1

53 The Holy Qur'an Text: Translation and Commentary Abdullah Yusuf Ali Inggris 4

54 Konsep Salat Menurut Al-Qur'an Abdurrahman Fadh Terjemah 1 55 Teori-teori Pendidikan dalam Al-Qur'an Abdurrahman Saleh Abdullah Indonesia 2 56 Akikah Menurut Tuntunan Hadits-hadits Nabi Abidin Ja'far Indonesia 1 57 Musnad Abī ‘Uwanah Abū ‘Uwānah Arab 2 58 Himpunan Hadis Ṣaḥīḥ Pilihan Abū al-‘Abbās al-Zabidī Terjemah 1

59 Zawā’id ibn Mājah ʻalā al-Kutub al-Khamsah Abū al-ʻAbbās Shihāb al-Dīn Ismāʻīl Arab 1

60 Ḥashiyah al-Sanad ‘Ala Ibn Mājah Abū al-Ḥasan al-Ḥanafi Arab 1 61 Tafsīr ʻĀ’ishah Umm al-Mu’minin Abū al-Suʻūd Arab 1 62 Tafsīr Abī Suʻūd aw Irshād al-ʻAql al-Salīm ilā Abū al-Suʻūd Arab 2

74

Mazāyā al-Kitāb al-Karīm 63 Hadis Tarbawi Abu Bakar Muhammad Indonesia 1 64 Musnad al-Ḥumaydī Abū Bakr al-Ḥumaydī Arab 1

65 Mukhtār al-Ṣiḥḥāḥ Abū Bakr bin ‘Abd al-Qādir al-Rāzī Arab 1

66 Kitāb al-Qabas fī Sharḥ Muwaṭṭa’ Mālik ibn Anas Abū Bakr ibn ʻArabī Arab 1 67 Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Tirmidhī Abū Bakr ibn ʻArabī Arab 1 68 Tafsīr Sūrah al-Nūr Abū Bakr Jābir Arab 1 69 Sunan Abī Dāwūd Abū Dāwūd Arab 135 70 Sunan Abī Dāwūd Abū Dāwūd Terjemah 11 71 Musnad al-Ṭayālisī Abū Dāwūd al-Ṭayālisī Arab 1 72 Indek Ayat-Ayat Abū Fatḥān Indonesia 1 73 Al-Baḥr al-Muḥīṭ fī al-Tafsīr Abū Ḥayyān Arab 7

74 Ensiklopedi Larangan Menurut al-Qur'an dan as-Sunnah Abu Ihsan al-Atsari Indonesia 1

75 Tafsīr Asmā’ Allāh al-Ḥusnā Abū Isḥāq Ibrāhīm al-Zajjāj Arab 1 76 Al-Kāfī Abū Jaʻfar al-Kulaynī Arab 1 77 Berbulan Madu menurut Ajaran Rasulullah Abu Muhammad Terjemah 1 78 Al-Muʻjam al-Kabīr Abū Nuʻaym Arab 1

79 Penyebab Rusaknya Amal: Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih

Abū Usāmah Salīm ibn ‘Īd al-Hilālī Terjemah 1

80 Musnad Abī Ya‘lā Abū Ya‘lā al-Mūṣilī Arab 7 81 Pendidikan dalam Perspektif al-Qur'an Abudin Nata Indonesia 1 82 Pendidikan dalam Perspektif Hadits Abudin Nata dan Fauzan Indonesia 2 83 Hadis Teladan Amal Abujamin Roham Indonesia 1 84 Al-Qur'an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman Achmad Baiquni Indonesia 4 85 Jiwa dalam Al-Qur’an Achmad Mubarok Indonesia 4

75

86 Psikologi Qur'ani Achmad Mubarok Indonesia 4

87 Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern Jiwa dalam al-Qur'an Achmad Mubarok Indonesia 1

88 Kitab Pengobatan Nabi disarikan dari Hadits-hadits Rasulullah Achmad Sunarto Indonesia 1

89 Hadits Ahkam Achmad Usman Indonesia 1 90 Hadits Tarbiyah (Hadits Etika) Achmad Usman Indonesia 1

91 Konsepsi Etika Bertetangga menurut Islam (Kajian Hadis dalam al-Kutub al-Sittah) Ade Hayati Nufus Skripsi 1

92 Tafsir Juz Amma Lengkap & Ilmiah Afif Abdul Fattah Bahrun Indonesia 1 93 Subjek Index of Quran Afzalurrahman Inggris 1 94 Filsafat Sains menurut Al-Qur'an Agus Efendi Indonesia 1

95 Sabar dalam Al-Qur’an: Analisis Perbandingan Tafsir Fī Ẓilāl al-Qur’ān dengan Tafsir Al-Azhar Agus Suprianto Skripsi 1

96 Ahl al-Kahfi fī al-Taurāt wa al-Injīl wa al-Qur’ān Aḥmad ‘Alī Madjid Arab 2 97 Al-Qur'an Berbicara tentang Ibu Ahmad Abdullah Hadi Indonesia 1

98 al-Baqarah dan Keangkuhan Bani Israil (Studi Kritis Surah al-Baqarah ayat 67sampai dengan 74) Ahmad Baihaqi Skripsi 1

99 Perempuan di Lembaran Suci; Kritik atas Hadis-hadis Shahih Ahmad Fudhaili Indonesia 3

100 Kajian Jender dalam Tafsir Munir Ahmad Gina Mulana Skripsi 1 101 Al-Tafsīr al-ʻIlmī li al-Āyāt al-Kawnīyah Aḥmad Ḥanafī Arab 1 102 Tafsir Al-Furqon Ahmad Hassan Indonesia 3 103 Al-Musnad Aḥmad Ibn Ḥanbal Arab 153

104 al-Miṣbāh al-Munīr fī Ghārib al-Sharḥ al-Kabīr li al-Rāfi‘ī

Aḥmad Ibn Muḥammad al-Fayyumī Arab 4

105 Al-Qur‘an dalam Pandangan Sahabat Nabi Ahmad Khalil Jum‘ah Indonesia 1

76 106 Kajian Hadis Dhurrah al-Nāsiḥīn Ahmad Luthfi Fathullah Disertasi 4 107 Indeks Ayat-ayat al-Qur'an Ahmad Ma'ruf dan Kuswanto Indonesia 2 108 Ḥāshiyah al-Ṣāwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn Aḥmad Muḥammad al-Ṣāwī Arab 1 109 ‘Umdah al-Tafsīr Aḥmad Muḥammad Shākir Arab 1 110 Tafsīr al-Imām al-Shāfiʻī Aḥmad Muṣṭafā al-Farrān Terjemah 1 111 Al-Ibrīz li Ma‘rifat al-Tafsīr al-Qur’ān Ahmad Mustafa Bisri Jawa 1

112 al-Ubairiz fī Tafsīr Gharā’ib al-Qur’ān al-‘Azīz, ‘Arabi, Jawa, Indonesia Ahmad Mustafa Bisri Jawa 1

113 Etika Bisnis dalam Wawasan Al-Qur’an Ahmad Mustaq Indonesia 2 114 Badhl al-Majhūl fī Ḥalli Abī Dāwud Aḥmad Sahr Arab 1

115 Hidāyah al-Qulūb al-Ṣibyān fī Faḍā’il Sūrah Tabārak al-Mulk min al-Qur’ān Ahmad Sanusi Indonesia 1

116 Kanz al-Raḥmah wa al-Luṭf fī Tafsīr Sūrah al-Kahf Ahmad Sanusi Indonesia 1 117 Kashf al-Saʻādah fī Tafsīr Sūrat al-Wāqiʻah Ahmad Sanusi Indonesia 2

118 Kashf al-Ẓunūn fī Tafsīr Yamassuhū illā al-Muṭahharūn Ahmad Sanusi Indonesia 1

119 Malja’ al-Ṭālibīn fī Tafsīr Kalām Rabb al-ʻĀlamīn Ahmad Sanusi Indonesia 4 120 Rawḍat al-‘Irfān fī Ma‘rifat al-Qur’ān Ahmad Sanusi Indonesia 2

121 Tafrīḥ Qulūb al-Mu’minīn fī Tafsīr Kalimāt Sūrat Yāsīn Ahmad Sanusi Indonesia 2

122 Tafsīr Bukhārī Ahmad Sanusi Indonesia 1

123 Tamshiyat al-Muslimīn fī Tafsīr Kalām Rabb al-ʻĀlamīn Ahmad Sanusi Indonesia 3

124 Tamshiyat al-Wildān fī Tafsīr al-Qur’ān Ahmad Sanusi Indonesia 1 125 Tanbīh al-Ḥayrān fī Tafsīr Sūrat al-Dukhān Ahmad Sanusi Indonesia 3

126 Uṣūl al-Islām fī Tafsīr Kalām al-Mulk al-‘Alām fī Tafsīr Sūrat al-Fātiḥaḥ Ahmad Sanusi Indonesia 1

77 127 Mausū‘ah al-I‘jāz al-‘Ilm fī al-Ḥadīth al-Nabawī Aḥmad Shauqī Ibrāhīm Arab 2 128 Qur'an dan Pemeliharaan Lingkungan Ahmad Syadzali Indonesia 2

129 Adab Bertamu dalam Perspektif al-Qur'an: Penafsiran atas Q.S an-Nur: 27-29 Ahmad Syatibi Skripsi 1

130 Kehidupan dalam Al-Qur'an Ahzami Samiun Jazuli Indonesia 2 131 Kehidupan dalam Pandangan al-Qur'an Ahzami Samiun Jazuli Indonesia 2 132 Kunci-Kunci Rizki Menurut al-Qur’an Ainul Haris Indonesia 1 133 Konsep Geologi Dasar dalam Al-Qur'an dan Sains Akram Skripsi 1 134 ‘Awn al-Ma‘būd Sharḥ Sunan Abī Dāwud Al-‘Aẓīm Abādī Arab 18

135 Kanz al-ʻUmmāl fī Sunan al-Aqwāl wa al-Afʻāl ʻAlā’ al-Dīn ʻAlī al-Muttaqī al-Hindī Arab 21

136 Kashf al-Khafā’ wa Muzīl al-Ilbās Al-ʻAjlūnī Arab 6 137 Al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr wa Ziyādatuh Al-Albānī Arab 1 138 Ḍa‘īf al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr wa Ziyādatuh Al-Albānī Arab 5 139 Ḍaʻīf al-Targhīb wa al-Tarhīb Al-Albānī Arab 1 140 Ḍaʻīf Sunan Abī Dāwūd Al-Albānī Arab 1 141 Ḍaʻīf Sunan al-Tirmidhī Al-Albānī Arab 1 142 Ḍaʻīf Sunan Ibn Mājah Al-Albānī Arab 2 143 Ḥajjat al-Nabī kamā Rawāhā ʻanhu Jābir Al-Albānī Terjemah 1 144 Mukhtaṣar Ṣaḥīḥ al-Imām al-Bukhārī Al-Albānī Arab 1 145 Ṣaḥīḥ al-Targhīb wa al-Tarhīb Al-Albānī Arab 2 146 Ṣaḥīḥ Jāmiʻ al-Ṣaghīr wa Ziyādatuh Al-Albānī Arab 2 147 Ṣaḥīḥ Muslim Al-Albānī Terjemah 3 148 Ṣaḥīḥ Sunan Abī Dāwūd Al-Albānī Arab 1 149 Sahih Sunan Abu Daud Al-Albānī Terjemah 2 150 Ṣaḥīḥ Sunan al-Nasa’i Al-Albānī Arab 6 151 Sahih Sunan Ibn Majah Al-Albānī Terjemah 1

78 152 Ṣaḥīḥ Sunan ibn Mājah Al-Albānī Arab 3 153 Sahih Sunan Tirmidzi Al-Albānī Terjemah 2 154 Silsilah Hadits Shahih Al-Albānī Terjemah 2

155 Silsilāt al-Aḥādīth al-Ḍa‘īfah wa al-Mauḍū‘ah wa Atharuha al-Sayyi’ fī al-Ummah Al-Albānī Arab 11

156 Silsilat al-Aḥādīth al-Ṣaḥīḥah Al-Albānī Arab 2

157 Silsilat al-Aḥādīth al-Ṣaḥīḥah Shay’ min Fiqhihā wa Fawā’idihā Al-Albānī Arab 1

158 Sunan Abī Dāwūd Al-Albānī Terjemah 1 159 Sunan al-Nasā’ī Al-Albānī Terjemah 2

160 Rūḥ al-Maʻānī fī Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm wa al-Sabʻ al-Mathānī Al-Alūsī Arab 28

161 ʻAwn al-Maʻbūd Sharḥ Sunan Abī Dāwūd Al-ʻAẓīm Ābādī Arab 13 162 Sharḥ al-Sunnah Al-Baghawī Arab 7 163 Ma‘ālim al-Tanzīl Al-Baghāwī Arab 7 164 Qaṣaṣ al-Qur’ān Al-Bajawī Arab 2

165 Ḥasyiah ‘alā Sharḥ Muḥammad Ibn Aḥmad al-Maḥalli Al-Banānī Arab 1

166 Ittiḥāf al-Khairah al-Mahirrah bi Zawā’id al-Masānid al-‘Asharah Al-Bawsīrī Arab 1

167 Anwār al-Tanzīl wa Asrār al-Taʻwīl Al-Bayḍāwī Arab 8 168 Al-Sunan al-Kubrā Al-Bayhaqī Arab 38 169 Al-Sunan al-Ṣughrā Al-Bayhaqī Arab 9 170 Shuʻab al-Īmān Al-Bayhaqī Arab 15 171 Syuʻab al-Īmān Al-Bayhaqī Terjemah 1 172 Ma‘rifah al-Sunan wa al-Athār Al-Bayhāqī Arab 1 173 Naẓm al-Durar fī Tanāsub al-Āyi wa al-Suwar Al-Biqāʻī Arab 6

79 174 Ādāb al-Mufrad Al-Bukhārī Arab 5 175 Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī Arab 215 176 Al-Jāmiʻ al-Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī Terjemah 18 177 Al-Tārīkh al-Kabīr Al-Bukhārī Arab 7 178 Al-Tārīkh al-Ṣaghīr Al-Bukhārī Arab 1 179 Kitāb al-Arba‘īn fī Uṣūl al-Dīn Al-Bukhārī Terjemah 1 180 Matn al-Bukhārī bi Ḥashīshāt al-Sanadī Al-Bukhārī Arab 3 181 Sunan al-Dārimī Al-Dārimī Arab 41 182 Sunan al-Dārimī Al-Dārimī Terjemah 1 183 Sunan al-Dāruquṭnī Al-Dāruquṭnī Arab 6 184 Musnad Firdaus al-Akhbār Al-Daylāmī Arab 2 185 Tanwīr al-Miqbās min Tafsīr ibn ʻAbbās Al-Fayrūzābādī Arab 2

186 Konsep Cinta Menurut Al-Qur’an: Studi Analisis terhadap Ayat-ayat Cinta dalam Tafsir Al-Maraghi Al-Faysal Skripsi 1

187 Al-Mustadrak ʻalā al-Ṣaḥīḥayn Al-Ḥākim al-Nīsābūrī Arab 25 188 Al-Tibyān fī Tafsīr Gharīb al-Qur’ān Al-Haythamī Arab 2 189 Fatḥ al-Mubīn Sharḥ al-Arbaʻīn Al-Haythamī Arab 1 190 Majmaʻ al-Zawā’id wa Manbaʻ al-Fawā’id Al-Haythamī Arab 7 191 Mawārid al-Ẓam’ān ilā Zawā’id ibn Ḥibbān Al-Haythamī Arab 1 192 Musnad al-Ḥumaydī Al-Ḥumaydī Arab 1 193 Tafsīr Āyāt al-Aḥkām ʻAlī al-Sāyis Arab 3 194 Tafsīr Āyāt al-Aḥkām ʻAlī al-Sāyis Arab 1

195 Konkordansi Quran; Panduan Kata dalam Mencari Ayat al-Qur'an Ali Audah Indonesia 4

196 Hadis-Hadis Bermasalah Ali Mustafa Ya’qub Indonesia 9 197 Kewarisan dalam Al-Qur’an Ali Parman Indonesia 4 198 Kewarisan dalam al-Qur’an: Suatu Kajian Hukum Ali Parman Indonesia 1

80

dengan Pendekatan Tafsir Tematik

199 Cara dan Doa Shalat dikutip dari Hadits-hadits Nabi Muhammad Alifuddin El-Islamy Indonesia 1

200 Aḥkām al-Qur’ān Al-Jaṣṣāṣ Arab 2 201 Awjaz al-Masālik ilā Muwaṭṭa’ Mālik Al-Kandahlawī Arab 3 202 Al-ʻArf al-Shazī Sharḥ Sunan al-Tirmidhī Al-Kashmirī Arab 1 203 Lubāb al-Ta’wīl fī Maʻānī al-Tanzīl Al-Khāzin Arab 9 204 Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī Al-Kirmānī Arab 2 205 Tafsīr al-Marāghī Al-Marāghī Arab 59 206 Tafsīr al-Marāghī Al-Marāghī Terjemah 27 207 al-Jāmi‘ al-Ḥadīth Al-Miṣrī Arab 2 208 Tuḥfat al-Aḥwadhī Sharḥ Sunan al-Tirmidhī Al-Mubārakfūrī Arab 48 209 Fayḍ al-Qadīr Sharḥ al-Jāmiʻ al-Ṣaghīr Al-Munāwī Arab 27 210 Terjemah Sunan Abu Dawud Al-Mundhiri Terjemah 3 211 Al-Targhīb wa al-Tarhīb Al-Mundhirī Arab 4 212 Al-Targhīb wa al-Tarhīb Al-Mundhirī Terjemah 1 213 Ringkasan Sahih Muslim Al-Mundhirī Terjemah 5 214 Al-Sunan al-Kubrā Al-Nasā’ī Arab 14 215 Sunan al-Nasā’ī Al-Nasā’ī Arab 80 216 Sunan al-Nasā’ī Al-Nasā’ī Terjemah 1 217 Al-Adhkār Al-Nawawī Arab 4 218 Al-Adhkār Al-Nawawī Terjemah 3 219 Al-Arbaʻīn al-Nawawīyah Al-Nawawī Terjemah 5 220 Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. Al-Nawawī Terjemah 1 221 Riyāḍ al-Ṣāliḥīn Al-Nawawī Arab 11 222 Riyāḍ al-Ṣāliḥīn Al-Nawawī Terjemah 6 223 Ṣaḥīḥ Muslim bi Sharḥ al-Nawawī Al-Nawawī Arab 67

81 224 Sharḥ ‘Arba‘īn al-Nawāwī Al-Nawāwī Arab 1 225 Sharḥ ‘Arba‘īn al-Nawāwī Al-Nawāwī Terjemah 2 226 Musnad al-Shihāb Al-Qaḍḍaʻī Arab 6 227 Al-Muntaqā Sharḥ Muwaṭṭa’ Mālik Al-Qāḍī Sulaymān al-Bājī Arab 1 228 Maḥāsin al-Ta’wīl Al-Qāsimī Arab 6 229 Al-Jāmiʻ li Aḥkām al-Qur’ān Al-Qurṭubī Arab 48 230 Tafsīr al-Qushayrī Al-Qushayrī Arab 1 231 Al-Mufradāt fī Ghārib al-Qur’ān Al-Rāghib al-Isfahānī Arab 7 232 Muʻjam Mufradāt Alfāẓ al-Qur’ān Al-Rāghib al-Isfahānī Arab 28 233 Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Al-Rifāʻī Terjemah 38 234 Taisīr al-‘Ālī al-Qadīr li Ihktiṣar Tafsīr ībn Kathīr Al-Rifāʻī Arab 5

235 Cahaya Al-Qur’an: Tafsir Tematik Surat al-Nur-Fathir Al-Ṣābūnī Terjemah 10

236 Hukum Kewarisan Menurut al-Qur’an dan Sunnah Al-Ṣābūnī Terjemah 2 237 Mukhtaṣar Tafsīr Ibn Kathīr Al-Ṣābūnī Arab 6 238 Rawā’iʻ al-Bayān Al-Ṣābūnī Arab 15 239 Ṣafwat al-Tafāsīr Al-Ṣābūnī Arab 13 240 Ṣafwat al-Tafāsīr Al-Ṣābūnī Terjemah 1 241 Tafsīr Āyāt min al-Aḥkām min al-Qur’ān Al-Ṣābūnī Terjemah 8

242 Taysīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr al-Kalām al-Mannān Al-Saʻdī Arab 2

243 Fatḥ al-Mughīth bi Sharḥ alFiyat al-Ḥadīth Al-Sakhāwī Arab 4 244 Subul al-Salām Al-Ṣanʻānī Arab 20 245 Subul al-Salām Al-Ṣanʻānī Terjemah 4

246 Ḥāshiyat al-ʻAllāmah al-Ṣāwī ʻalā Tafsīr al-Jalālayn Al-Ṣāwī Arab 4

247 Aḥkām al-Qur’ān Al-Shāfiʻī Arab 2

82 248 Ikhtilāf al-Ḥadīth Al-Shāfiʻī Arab 4 249 Ikhtilāf al-Ḥadīth Al-Shāfiʻī Terjemah 1 250 Musnad al-Shāfiʻī Al-Shāfiʻī Arab 3 251 Al-Mar’ah fī al-Qur’ān Al-Shaʻrāwī Arab 1 252 Kisah dalam Surat al-Kahfi Al-Shaʻrāwī Terjemah 1 253 Tafsīr al-Fātiḥah Al-Shaʻrāwī Terjemah 1 254 Tafsīr al-Shaʻrāwī Al-Shaʻrāwī Arab 17 255 Tafsīr al-Shaʻrāwī Al-Shaʻrāwī Terjemah 15 256 Wanita dalam Perspektif Al-Qur’an Al-Shaʻrāwī Terjemah 2

257 Al-Fawā’id al-Majmūʻah fī al-Aḥādīth al-Mawḍūʻah Al-Shawkānī Arab 1

258 Fatḥ al-Qadīr Al-Shawkānī Arab 13 259 Nayl al-Awṭār Sharḥ Muntaqā al-Akhbār Al-Shawkānī Arab 12 260 Nayl al-Awṭār Sharḥ Muntaqā al-Akhbār Al-Shawkānī Terjemah 2 261 Aḍwa’ al-Bayān fī Īḍāḥ al-Qur’ān bi al-Qur’ān Al-Shinqiṭī Arab 3 262 Aḍwa’ al-Bayān fī Īḍāḥ al-Qur’ān bi al-Qur’ān Al-Shinqiṭī Terjemah 3 263 Pengobatan Cara Nabi Al-Suyutī Terjemah 2 264 Sunan Al-Nasā’ī Al-Suyutī Arab 18 265 Al-Durar al-Muntathirah fī Aḥādīth al-Mushtahirah Al-Suyūṭī Arab 2 266 Al-Durr al-Manthūr fī al-Tafsīr al-Ma’thūr Al-Suyūṭī Arab 21 267 Al-Jāmiʻ al-Ṣaghīr fī Aḥādīth al-Bashīr al-Nadhīr Al-Suyūṭī Arab 27 268 Al-Jāmiʻ al-Ṣaghīr fī Aḥādīth al-Bashīr al-Nadhīr Al-Suyūṭī Terjemah 1 269 Al-La’ālī al-Maṣnūʻah fī al-Aḥādīth al-Mawḍūʻah Al-Suyūṭī Arab 2 270 Asbāb al-Wurud al-Ḥadīth Al-Suyūṭī Arab 2 271 Asrār Tartīb al-Qur’ān Al-Suyūṭī Arab 2 272 Asrār Tartīb al-Qur’ān Al-Suyūṭī Terjemah 1 273 Hijab antara Jin dan Manusia Kajian al-Qur’an Al-Suyūṭī Indonesia 1

83

dan al-Sunnah

274 Jāmi‘ al-Aḥādīth al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr wa Zawā’iduh wa al-Jāmi‘ al-Kabīr Al-Suyūṭī Arab 9

275 Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl Al-Suyūṭī Arab 9

276 Muntahā al-ʻAmal fī Sharḥ Ḥadīth Innamā al-Aʻmāl Al-Suyūṭī Arab 2

277 Musnad Fāṭimah al-Zahrā’ Al-Suyūṭī Arab 2 278 Sebab Turunnya al-Qur'an Al-Suyūṭī Terjemah 17 279 Sunan Ibn Mājah Al-Suyūṭī Arab 1 280 Tanwīr al-Ḥawālik Sharḥ ʻalā Muwaṭṭa’ Mālik Al-Suyūṭī Arab 1 281 ʻUqūd al-Zabarjad ʻalā Musnad al-Imām Aḥmad Al-Suyūṭī Arab 1 282 Al-Mu‘jam al-Ṣaghīr Al-Ṭabarānī Arab 4 283 Al-Muʻjam al-Awsaṭ Al-Ṭabarānī Arab 16 284 Al-Muʻjam al-Kabīr Al-Ṭabarānī Arab 16 285 Jāmiʻ al-Bayān ‘an Ta’wīl Āy al-Qur’ān Al-Ṭabarī Arab 50 286 Tafsir al-Tabari Al-Ṭabarī Terjemah 2 287 Majmaʻ al-Bayān fī Tafsīr al-Qur’ān Al-Ṭabarsī Arab 4 288 Sharḥ Maʻānī al-Āthār Al-Ṭaḥāwī Arab 3 289 Al-Jawāhir al-Ḥisān fī Tafsīr al-Qur’ān Al-Thaʻālabī Arab 1 290 Al-Shamā’il al-Muḥammadīyah Al-Tirmidhī Arab 4 291 Sunan al-Tirmidhī Al-Tirmidhī Arab 180 292 Sunan al-Tirmidhī Al-Tirmidhī Terjemah 13 293 Sharḥ Mukhtaṣar al-Rawḍah Al-Ṭūfī Arab 1 294 Al-Tibyān fī Tafsīr al-Qur’ān Al-Ṭūsī Arab 4 295 Tafsīr Juz ʻAmma Al-ʻUthmānī Terjemah 2 296 Asbāb Nuzūl al-Qur’ān Al-Wāḥidī Arab 13 297 Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azīz fī Hamish Tafsīr al- Al-Wāḥidī Arab 1

84

Nawāwī 298 Ibānat al-Aḥkām ʻAlwī al-Mālikī Terjemah 3 299 Ringkasan Sahih Al-Bukhari Al-Zābidī Terjemah 1 300 Al-Kashshāf ʻan Ḥaqā’iq al-Tanzīl Al-Zamakhsharī Arab 26 301 Sharḥ al-Zarqānī ʻalā al-Muwaṭṭa’ Al-Zarqānī Arab 5

302 Perlindungan Hak-hak Anak dalam Perspektif Hadis dan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 Amelia Skripsi 1

303 Quran and Woman: Rereading the Sacred Text from a Womans Perspective Amina Wadud Inggris 1

304 Wanita dalam Perspektif Al-Qur’an Amina Wadud Terjemah 7

305 Ruwatan Gangguan Makhluk HalusMenurut al-Quran dan as-Sunnah Amran Kasimin dan Din Haron Melayu 1

306 Kurban Smart dalam Perspektif Hadis Amri Skripsi 1 307 Miṣbāḥ al-Ẓulām bi Sharḥ Bulūgh al-Marām Amsar al-Dārī Terjemah 1 308 Hadis Qudsy Pilihan: Jalan ke Surga AN Firdaus Indonesia 1 309 Al-Muwaṭṭa’ Anas ibn Mālik Arab 15 310 Al-Muwaṭṭa’ Anas ibn Mālik Terjemah 2

311 Penafsiran Ayat-Ayat Jender Menurut Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah Anshori Disertasi 2

312 Qur'anic Exegesis in the Malay World Anthony Johns Inggris 1 313 Rangkaian Cerita dalam al-Qur'an Arifin Bey Indonesia 2 314 Samudera al-Fatihah Arifin Bey Indonesia 2 315 Tarjamah Sunnan al-Nasa'iy Arifin Bey Terjemah 1 316 Terjemah Sunnan Abi Daud Arifin Bey Terjemah 2 317 Rahasia di Sebalik Surah al-Falaq Arifin Umar Melayu 1 318 Terjemah Sunnan an-Nasa'iy Arifin Yunus Terjemah 1 319 Membentuk Pribadi Muslim 2 Berdasarkan Artani Hasbi Indonesia 1

85

Otentikasi Hadits Rasul

320 Yahudi dan Kristen dalam Surat Al-Maidah ayat 82 dan 83: Studi Kritis Tafsir Al-Azhar dan Al-Misbah Asep Maulana Yusuf Skripsi 1

321 Yahudi dan Nasrani dalam Al-Qur’an Asep Muhammad Iqbal Indonesia 4 322 The Qur'an: Women and Modern Society Asghar Ali Engineer Terjemah 2

323 Hubunan Gizi Makanan Terhadap Kesehatan dalam Perspektif al-Qur'an Asiddiqi Suyono Indonesia 1

324 Al-Ṣabr fī Ḍaw’ al-Kitāb wa al-Sunnah Asmā’ ʻUmar Ḥasan Fadʻaq Terjemah 1

325 Rasyid Ridha: Konsep Teologi dalam Tafsir al-Manaw Athaillah A Indonesia 1

326 Sumber Daya Kelautan dalam Al-Qur'an Athoullah Skripsi 1

327 Hadis Arba'in Masalah Aqidah, Syariah, dan Akhlak Ayat Dimyati Indonesia 1

328 Indeks al-Qur'an; Panduan Mudah Mencari Ayat dan Kata dalam al-Qur'an Azharudin Sahil Indonesia 1

329 Sharḥ Sunan Abī Dāwūd Badr al-Dīn al-ʻAynī Arab 1 330 ʻUmdat al-Qārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī Badr al-Dīn al-ʻAynī Arab 17

331 Keajaiban Jin Menurut al-Qur’an dan Al-Hadis Badr Al-Din bin ‘Abdullāh Al-Shiblī Indonesia 1

332 Otentisitas Hadis Studi kritis atas Kajian Hadis kontemporer Badri Khaeruman Indonesia 2

333 Paradigma Psikologi Islam: Studi tentang Elemen Psikologi dari al-Qur'an Baharudin Indonesia 1

334 Al-Qur'an dan Hak Asasi Manusia Baharudin Lopa Indonesia 1

335 Reinterpretasi Gender Wanita dalam al-Qur'an, Hadis, dan Tafsir (Wanita dalam al-Qur'an, Hadis, dan Tafsir)

Barbara Fryer Stowasser Indonesia 2

86 336 Al-Qur’an dengan Terjemahan dan Tafsir Singkat,

dengan Restu Khalifah IV Mirza Tahir Ahmad Bashiruddin Mahmud Ahmad Indonesia 1

337 Al-Musnad al-Jāmiʻ li Aḥādīth al-Kutub al-Sittah Bashshār Maʻrūf Arab 1

338 Solusi al-Qur'an tentang Problema Sosial, Politik, Budaya Basri Iba Asghari Indonesia 3

339 Al-Qur'an dan Tafsirnya Bustami A. Gani Indonesia 2

340 Studi Kritis Hadis-Hadis Dakwah Rasulullah saw. Sebuah Kajian Mawḍū‘ī dalam al-Kutub al-Sittah Bustamin Disertasi 1

341 Tema dan Corak Pemahaman Hadis di Indonesia Bustamin Indonesia 1 342 Konsep Riba dalam Kajian Tafsir al-Manar Cahyo Adhi Skripsi 1 343 Indeks Al-Qur’an Choiruddin Hadhini SP Indonesia 1 344 Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an Choiruddin Hadhini SP Indonesia 6 345 Syarah Hadis Qudsi Dār al-Bāz Terjemah 1 346 Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an Darwis Hude Indonesia 5

347 Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam al-Qur'an Darwis Hude Indonesia 1

348 Penyimpangan Seksual Perspektif Al-Qur’an Dede Junaedi Skripsi 1

349 Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang disempurnakan) Departemen Agama RI Indonesia 31

350 Etika Berkeluarga, bermasyarakat, dan berpolitik (Tafsir Al-Qur’an Tematik) Departemen Agama RI Indonesia 1

351 Kedudukan dan Peran Perempuan (Tafsir Al-Qur’an Tematik) Departemen Agama RI Indonesia 1

352 Kerja dan Ketenaga Kerjaan (Tafsir Al-Qur’an Tematik) Departemen Agama RI Indonesia 1

353 Kesehatan (Tafsir Al-Qur’an Tematik) Departemen Agama RI Indonesia 3 354 Tafsir Al-Qur'an Tematik Pelestarian Lingkungan Departemen Agama RI Indonesia 2

87

Hidup

355 Perkawinan Antar Agama Menurut al-Qur'an dan Hadis Dewi Sukarti Indonesia 1

356 Perspektif Al-Qur’an tentang Cinta; Studi Analisis Penggunaan Kata Hubb dalam Al-Qur’an Edi Basuki Skripsi 1

357 Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Al-Qur’an Een Hendrawati Skripsi 1

358 Gizi dan Kesehatan Perspektif al-Qur'an dan Sains Eko Budi Minarno dan Liliek Hariani Indonesia 1

359 Adopsi dalam Perspektif Al-Qur’an: Telaah atas Penafsiran Surat Al-Ahzab ayat 4-5 Ela Nazilah Skripsi 2

360 Kisah Thalut dalam al-Qur'an: Kajian atas Tafsir Tahrir wa Tanwir Endoy Diyaudin Skripsi 3

361 Etika Menjaga Lisan dalam Al-Qur’an Eneng Maria Ulfah Skripsi 1

362 Non-Muslim in the Qur'an: A Critical Study on the Consept of Muslim in Tafsir al-Misbah of Muhammad Quraish Shihab

Eva Fahrun Nisa Tesis 1

363

Teologi Feminis dalam Islam: Tafsir Ayat-ayat Jender dalam Al-Qur’an (Telaah atas Pemahaman Asghar Ali Engineer tentang Poligami dan Kesaksian Perempuan)

Fadlan Skripsi 1

364 Studi Perbandingan antara Muḥammad ʻAbduh dan Muḥammad Shahrūr terhadap Ayat-ayat Gender dalam Al-Qur’an

Faizal Asdar Bakri Disertasi 1

365 Al-Tafsīr al-Kabīr Fakhr al-Dīn al-Rāzī Arab 52 366 Sharḥ Sunan ibn Mājah Fakhr al-Ḥasan al-Dahlawī Arab 1 367 Ensiklopedi Al-Qur'an Fakhruddin Indonesia 3

88 368 Urgensi Hadis-Hadis Anti Korupsi dalam Upaya

Pemberantasan Korupsi Fakrur Rozi Jurnal 1

369 Al-Qur'an, Liberalisme, Pluralisme: Membebaskan yang Tertindas Farid Esack Terjemah 3

370 Samudra al-Qur'an Farid Esack Terjemah 1 371 Al-Qur'an Modernisme dan Tradisionalisme Faried F. Saenong Jurnal 2 372 Hadis-hadis tentang Peradilan Agama Fatchur Rahman Indonesia 1 373 Konsep Al-Qur’an tentang Pluralisme Agama Fathurrahman Skripsi 2 374 Tema-Tema Pokok al-Qur'an Fazlur Rahman Terjemah 12

375 Harta dan Anak sebagai Fitnah dalam Perspektif Al-Qur’an Fitri Khoiriyah Skripsi 1

376 Hadis Tarbawi Ghazali Indonesia 1 377 Tafsir al-Qur'an Karim H. A. Hasan Halim Indonesia 1 378 Etika Bisnis dalam Wawasan Al-Qur’an Hadi Mulyo Jurnal 1 379 Hikmah dalam Al-Qur'an Hadi Mutammam Indonesia 2 380 Uraian Hadits Arba'in Annawawiah Hadijah Salim Indonesia 1 381 Kashf al-Ẓunūn Haji Khalīfah Arab 1 382 Tafsīr Sūrah Yāsīn Ḥamamī Zādah Arab 1 383 Konsep Zikir Menurut Al-Qur'an Hamdan Rasyid Indonesia 1 384 Perempuan dalam Tuntunan Al-Qur'an Hamdani Anwar Jurnal 1

385 Perempuan tertindas? Kajian Hadis-hadis Misoginis Hamim Ilyas Indonesia 3

386 Tafsir Al-Azhar Hamka Indonesia 118

387 Takhrij Hadis tentang Larangan Mencukur Rambut bagi Wanita Hani Sutami Skripsi 1

388 Konsep Kufr dalam al-Qur’an, Suatu Kajian Teologis dengan Pendekatan Tafsir Tematik Harifudin Cawidu Indonesia 12

89 389 Takhrij Hadis Keutamaan Lailahaillallah dalam

Kitab Tanbih al-Ghafilin Harun Rasyid Penelitian 1

390 Al-Qur’an Mengungkap Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Modern Harun Yahya Indonesia 1

391 Memilih Al-Qur'an Sebagai Pembimbing Harun Yahya Terjemah 2 392 Moralitas Al-Qur'an Harun Yahya Indonesia 1

393 Kajian Terhadap Ayat-Ayat Riba Telaah Pemikiran M. Dawam Rahardjo Hasan bin Jali Skripsi 1

394 Rahasia Sumpah Allah dalam al-Qur'an Hasan Mansur Nasution Indonesia 1 395 Tafsir Tematik Ayat-ayat Kalam Tafsir Al-Maraghi Hasan Zaini Indonesia 4 396 Kalimatul Qur'an Tafsir wa Bayan Hasanayn Muhammad Makhluf Terjemah 1

397 Anatomi al-Qur‘an: Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum dalam al-Qur‘an

Hasanuddin AF Indonesia 1

398 Sembuh dengan al-Qur'an Hishshoh Rosyid al-Mazyad Terjemah 1 399 Ensiklopedi Mukjizat al-Qur'an dan Hadis Hisyam Thalbah Terjemah 5

400 Peladjaran Hadis Sesuai dengan Rentjana Pengadjaran PGAN Kelas III & IV HMK Bakry Indonesia 1

401 Peladjaran Hadis Sesuai dengan Rentjana Pengadjaran PGAN Kelas V & VI HMK Bakry Indonesia 1

402 Pilihan Sabda Rasul HS Fachruddin Indonesia 1 403 Keluarga Berencana dalam Qur'an dan Sunnah Hudaf Indonesia 1 404 Jilbab Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah Husein Shahab Indonesia 3 405 Hadits Shahih Bukhari Muslim Hussein Khalid Bahreisj Indonesia 1 406 Himpunan Hadits Shahih Bukhari Hussein Khalid Bahreisj Indonesia 1 407 Himpunan Hadits Shahih Muslim Hussein Khalid Bahreisj Indonesia 1 408 Di Bawah Naungan Surat At-Taubah Ibadurrahman Indonesia 1

90 409 Al-Futūḥāt al-Rabbānīyah fī al-Adhkār al-

Nawawīyah Ibn ‘Allān Arab 1

410 Dalīl al-Fāliḥīn li Ṭuruq Riyāḍ al-Ṣāliḥīn Ibn ‘Allān Arab 4

411 Al-Tamhīd li mā fī Muwaṭṭa’ min al-Maʻānī wa al-Asānīd Ibn ʻAbd al-Barr Arab 2

412 Muṣannaf Abī Shaybah Ibn Abī Shaybah Arab 2 413 ‘Ariḍah al-Aḥwadh bi Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Tirmidhī Ibn al-‘Arabī Arab 1 414 Aḥkām al-Qur’ān Ibn al-ʻArabī Arab 3 415 Al-Nihāyah fī Gharīb al-Ḥadīth wa al-Āthār Ibn al-Athīr Arab 4 416 Jāmi‘ al-Uṣūl fī Aḥādīth al-Rasūl Ibn al-Athīr Arab 4 417 Kitāb al-Mawḍūʻāt Ibn al-Jawzī Arab 14 418 Nawāsikh al-Qur’ān Ibn Al-Jawzī Arab 1 419 ‘Aun al-Ma‘būd Sharḥ Sunan Abū Dāwud Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Arab 6 420 Al-Tafsīr al-Qayyim Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Arab 1 421 Memetik Manfaat al-Qur'an Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 1 422 Pengobatan Cara Nabi Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 2 423 Sistem Kedokteran Nabi Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 2 424 Sumpah dalam Al-Quran Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 1 425 Tafsir Ibnu Qayyim: Tafsir Ayat-ayat Pilihan Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 1 426 Tafsir Surah Mu'awidzatain Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 1 427 Tamsīl al-Qur’ān Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Arab 1 428 Zād al-Maʻād fī Hady Khayr al-ʻIbād Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Arab 6 429 Zād al-Maʻād fī Hady Khayr al-ʻIbād Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Terjemah 1 430 Zād al-Masīr fī ‘Ilm al-Tafsīr Ibn al-Qayyim al-Jawzīyah Arab 2 431 ʻĀriḍat al-Aḥwadhī Sharḥ Jāmiʻ al-Tirmidhī Ibn ʻArabī Arab 1 432 Majmaʻ al-Zawā’id Ibn ʻAsākir Arab 1 433 al-Taḥrīr wa al-Tanwīr Ibn ʻĀshūr Arab 3

91 434 Iḥkām al-Aḥkām fī Sharḥ ‘Umdat al-Aḥkām Ibn Daqīq al-‘Īd Arab 1 435 Mushkil al-Ḥadīth wa Bayānuh Ibn Fūrak Arab 1

436 Al-Matālib al-‘Āliyah bi Zawā’id al-Masānid al-Thamāniyah Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Arab 2

437 Al-Talkhīṣ al-Habīr Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Arab 1 438 Bulūgh al-Marām min Adillat al-Aḥkām Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Arab 11 439 Bulūgh al-Marām min Adillat al-Aḥkām Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Terjemah 8 440 Fatḥ al-Bārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Arab 95 441 Fatḥ al-Bārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī Ibn Ḥajar al-ʻAsqalānī Terjemah 9 442 Asbāb al-Wurūd Ibn Ḥamzah Arab 7

443 Asbabul Wurud Latar Belakang Timbulnya Hadis-hadis Rasulullah SAW Ibn Ḥamzah Terjemah 21

444 Ṣaḥīḥ Ibn Ḥibbān Ibn Ḥibbān Arab 30 445 Sīrah Nabawīyah Ibn Hishām Arab 2

446 Jāmiʻ al-Masānīd wa al-Sunan al-Hādī li Aqwām al-Sunan Ibn Kathīr Arab 4

447 Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm Ibn Kathīr Arab 82 448 Tafsir Ibnu Katsir Ibn Kathīr Terjemah 17 449 Tafsīr Juzz ʻAmma min Tafsīr al-Qur’ān al-ʻAẓīm Ibn Kathīr Terjemah 4 450 Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier Ibn Kathīr Terjemah 5 451 Ṣaḥīḥ Ibn Khuzaymah Ibn Khuzaymah Arab 6 452 90 Petunjuk Nabi Muhammad untuk Berkeluarga Ibn Mājah Terjemah 1 453 Sunan Ibn Mājah Ibn Mājah Arab 142 454 Sunan Ibn Mājah Ibn Mājah Terjemah 9 455 Ta’wīl Mukhtalaf al-Ḥadīth Ibn Qutaybah Arab 1 456 Ta’wīl Mushkil al-Qur’ān Ibn Qutaybah Arab 1 457 Tafsīr Ghārib al-Qur’ān Ibn Qutaybah Arab 1

92 458 Al-Nāsikh wa al-Mansūkh min al-Ḥadīth Ibn Shāhīn Arab 1 459 Baik dan Buruk Menurut al-Qur'an Ibn Taymiyyah Terjemah 1 460 Salat Tahajjud bersama Nabi Ibnu Muhammad Salim Indonesia 1 461 Kiat Memilih Jodoh Menurut al-Qur'an dan Sunnah Ibrahim Amini Indonesia 1

462 Hak-hak Perempuan dalam Relasi Gender pada Tafsir al-Syaʻrāwī Ibtisyaroh Disertasi 3

463 Mengasuh Anak (Ḥaḍānah) Studi Kualitas Sanad dan Matan Ida Farida Skripsi 1

464 Tradisi Radla'ah Masyarakat Mekkah dalam Pandangan al-Qur'an Ifa Faizah Rohmah Skripsi 1

465 Koleksi Hadits-hadits Sodaqoh Ihsanul Insani Indonesia 1 466 Berkah dan Tabarruk Perspektif Hadis Iis Nursobah Skripsi 1 467 Hadis-Hadis Ekonomi Ilfi Nur Diana Indonesia 1 468 Tafsir al-Qur'an Wanita 2 Imad Zaki al-Barudi Terjemah 3

469 Pluralisme Agama dalam Penafsiran Sayyid Quthb: Kajian Tematik atas Tafsir Fi Zhilali al-Qur’an Imaduddin Akbar Skripsi 2

470 Al-Qur'an Berbicara; Kajian Tekstual Beragam Persoalan Imam Muchlas Indonesia 1

471 Fenomena Flora dan Fauna dalam Perspektif al-Qur'an Imron Rossidy Indonesia 1

472 Al-Qur'an dan Ilmu Politik Inu Kencana Syafi'i Indonesia 1

473 Konsep Isti'adzah Surat an-Nas dan Surat al-Falaq dalam Tafsir Ibnu Qayyim Irami Fajriyani Skripsi 1

474 Terapi al-Hijamah dan Pemanfaatan Cacing Tanah untuk Kesehatan; Telaah terhadap Pengobatan Nabi saw. Dan Tradisi Cina

Iskandar Zulkarnain Indonesia 1

475 Tafsīr Rūḥ al-Bayān Ismail Haqi Arab 8

93 476 Hak-hak Perempuan dalam Relasi Gender pada

Tafsir al-Syaʻrāwī Istibsyaroh Indonesia 3

477 Shahih Al-Nukhari tentang Shalat: Tuntunan Shalat Berdasarkan Hadis-hadis Shahih (Seri Reformasi Islam)

Iwan Kurniawan Indonesia 1

478 Mafāhim al-Qur’ān Ja‘fār Subḥānī Arab 1 479 Al-Qur'an Bercerita Soal Wanita Jabir al-Sysyal Terjemah 1 480 Al-Tawḥīd wa al-Shirk fī al-Qur’ān al-Karīm Jaʻfar Subḥānī Arab 2

481 Tafsīr al-Jalālayn Jalāl al-Dīn al-Maḥallī dan al-Suyūṭī Arab 17

482 Tafsīr al-Jalālayn Jalāl al-Dīn al-Maḥallī dan al-Suyūṭī Terjemah 14

483 Basyar, Insan, dan al-Nas; Konsep-konsep Antropologis dalam Al-Qur'an Jalaluddin Rahmat Indonesia 1

484 Tafsir Sufi al-Fatihah Jalaluddin Rahmat Indonesia 2 485 Al-Nujūm al-Sāriyah fī Ta’wīl Ḥadīth al-Jāriyah Jamīl Ḥākim al-Ḥusaynī Arab 1 486 Al-Hikmah dalam Perspektif Al-Qur’an Jazim Hamidi Tesis 1 487 Indeks al-Qur'an Praktis Jejen Musfah Indonesia 1 488 Tafsir Hikmah Juhaya S Praja Indonesia 2

489 Quran Interpretations of Hamzah Fansuri (C.A 1600) and Hamka (1908-1982): A Comparation Karel Steenbrink Jurnal 1

490 Ensiklopedia Mu'jizat al-Qur'an dan Hadis Kepustakaan RI Terjemah 1 491 Badhl al-Majhūd fī Ḥall Abī Dāwūd Khalīl Ahmad al-Sahār Nufūrī Arab 4 492 Samudra Pilihan Hadis Shohih Bukhori Labib MZ Indonesia 1

493 Tafsir al-Qur'an Tematik Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur'an Indonesia 2

494 Konsep Kepemimpinan Menurut Sayyid Quthb Landi Efendi Skripsi 1

94

dalam Tafsir fi Zhilalil Qur'an

495 Studi Komparatif Penafsiran Ayat-Ayat tentang Riba dalam Tafsir al-Manar dan Tafsir Ibn Katsir Lilis Maulida Skripsi 1

496 Hadits Qudsi (Firman Allah yang tidak Dicantumkan dalam Al-Qur'an) M. Ali Usman Indonesia 1

497 Tafsir Ahkam I M. Amin Suma Indonesia 1 498 Hakekat Cinta dalam Al-Qur’an M. Asyhari Disertasi 1

499 Tafsir Cinta: Tebarkan Kebajikan dengan Spirit Al-Qur’an M. Asyhari Indonesia 1

500 Ensiklopedi Al-Qur’an M. Dawam Rahardjo Indonesia 25

501 Sketsa dalam al-Qur'an; Tempat, Tokoh, Nama, dan Istilah dalam al-Qur'an M. Ishom el Saha dan Saiful Hadi Indonesia 3

502 Mu'jizat Ilmiah dalam Al-Qur'an M. Kamil Abdussalam Indonesia 1 503 Ensiklopedi Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata M. Quraish Shihab Indonesia 8

504 Hikmah Dasar Tujuan Hidup Manusia dalam Al-Qur’an M. Quraish Shihab Indonesia 1

505 Lentera al-Qur'an: Kisah dan Hikmah Kehidupan M. Quraish Shihab Indonesia 5 506 Membumikan al-Qur’an M. Quraish Shihab Indonesia 113

507 Menabur Pesan Ilahi; Al-Qur'an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat M. Quraish Shihab Indonesia 8

508 Mukjizat Al-Qur'an M. Quraish Shihab Indonesia 12 509 Mukjizat Al-Qur'an M. Quraish Shihab Indonesia 4 510 Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama al-Qur'an M. Quraish Shihab Indonesia 5 511 Tafsir al-Misbah M. Quraish Shihab Indonesia 190

512 Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir Surat-surat Pendek Berdasarkan Turunnya Wahyu M. Quraish Shihab Indonesia 19

513 Tafsir al-Qur'an dengan Metode Maudhu'i M. Quraish Shihab Indonesia 2

95 514 Wawasan Al-Qur’an M. Quraish Shihab Indonesia 87

515 Yang Tersembunyi Jin, Iblis, Setan, dan Malaikat dalam al-Qur'an dan Sunnah M. Quraish Shihab Indonesia 6

516 Al-Qur'an dan Tafsirnya M. Shonhaji Indonesia 1 517 Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual M. Syuhudi Ismail Indonesia 11 518 Butir-butir Pendidikan dalam Hadits M. Thalib Indonesia 1 519 Karakter Yahudi dalam Al-Qur’an M. Thalib Indonesia 1 520 Al-Qur'an Bukan Kitab Sejarah M.A. Khalafullah Terjemah 1

521 Terapi Herbal Cara Islam Manfaat Tumbuhan Menurut al-Qur'an dan Sunnah Nabi M.I.H Farooqi Indonesia 1

522 Ensiklopedia Mu'jizat al-Qur'an dan Hadis Magdy Shehab Indonesia 1 523 Filsafat Sains menurut Al-Qur'an Mahdi Gulsyani Terjemah 3

524 Kisah-kisah al-Qur'an; Pelajaran dari Orang-orang Terdahulu Mahfud MD Indonesia 1

525 Takhrij Hadis tentang Laknat Allah Bagi Pelaku Suap-Menyuap Mahfuz Skripsi 1

526 Al-Tafsīr al-Wāḍiḥ Maḥmūd Ḥijāzī Arab 1 527 Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Maḥmūd Shaltūt Arab 5 528 Tafsir al-Qur’an al-Karim Mahmud Syaltut Terjemah 4 529 Tafsir al-Qur'an Karim Mahmud Yunus Indonesia 2 530 Al-Muwaṭṭa’ Mālik ibn Anas Arab 18 531 Al-Muwaṭṭa’ Mālik ibn Anas Terjemah 1 532 Mahkota Pokok-pokok Hadis Rasulullah Manṣūr ʻAlī Naṣīf Terjemah 5 533 Pendidikan Keluarga Qur'ani Mantep Miharso Indonesia 1

534 Kisah Isa bin Maryam fi Surah Ali Imran min al-Qur'an wama fiha min al-Anasir wa al-Adabiyah Marfuah Skripsi 1

535 Konsep Setan Menurut al-Qur'an Maria Ulfa Skripsi 1

96 536 Asal Usul Manusia Menurut Bibel al-Qur'an Sains Maurice Bucaille Terjemah 5 537 Bibel: Quran dan Sains Modern Maurice Bucaille Terjemah 3 538 Kitab Hadis Pegangan Mawlānā Muḥammad ʻAlī Terjemah 1 539 Konsep al-Qur'an tentang Sejarah Mazheruddin Siddiq Terjemah 1

540 Kompendium Himpunan Ayat-ayat al-Qur'an yang Berkaitan dengan Botani dan Zoologi Mochtar Naim Indonesia 1

541 Muchtaarul Ahaadits: Himpunan Hadits-hadits Pilihan (jang berhubungan dengan Fiqih) I & II Moenawar Chalil Indonesia 1

542 Ayat Suci Leunyepaneun Moh. E Hasyim Sunda 1 543 Hadis Penting Papadang Ati I Moh. E Hasyim Sunda 1 544 Naḥw Tafsīr Mawḍū‘ī li Suwar al-Qur’ān Moh. Ghazali Terjemah 1

545 300 Hadis Bekal Dakwah dan Pembina Pribadi Muslim Moh. Rifa’i Indonesia 1

546 Tafsir al-Qur’an al-Karim; Terjemah Tafsir al-Qur’an al-Karim Moh. Rifa’i Indonesia 2

547 Seri Tafsir untuk Anak Muda Surah Yasin Mohesen Qaraati Terjemah 1 548 Tafsīr Sūrah al-Isrā’ Mohesen Qaraati Terjemah 1 549 Wacana Al-Qur’an tentang Perlindungan Anak Muchlis Hanafi Jurnal 1

550 Ayat-Ayat Haji, Telaah Intensif dari Pelbagai Madzhab Muchtar Adam Indonesia 2

551 Karakteristik Manusia dalam Al-Qur'an Mugi Hasan Skripsi 1 552 Al-Qur'an dan Ilmu Jiwa Muḥammad ‘Uthmān Najatī Terjemah 11 553 Psikologi dalam Tinjauan Hadis Nabi Muḥammad ‘Uthmān Najatī Terjemah 5 554 Tafsir Ayat-ayat Ya Ayyuhal Ladzina Amanu Muḥammad ʻAbd al-ʻĀtī Buḥayrī Terjemah 2

555 Sharḥ al-Muwaṭṭa’ Muḥammad ʻAbd al-Bāqī al-Zarqānī Arab 1

556 Fātihat al-Kitāb Muḥammad ʻAbduh Arab 1

97 557 Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Juzz ʻAmma Muḥammad ʻAbduh Arab 6 558 Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Juzz ʻAmma Muḥammad ʻAbduh Terjemah 5

559 Tafsīr al-Manār Muḥammad ʻAbduh dan Rashīd Riḍā Arab 45

560 Tafsir Nabawi Muhammad Abdurrahim Muhammad Indonesia 1

561 Membangun Manusia Seutuhnya Menurut Al-Qur'an Muhammad Abu Bakar Indonesia 1

562 Terjemah Subulus Salam Muhammad Abu Bakar Terjemah 3 563 Tafsīr Ibn Mas‘ūd Muḥammad Aḥmad ‘Isāwī Terjemah 1

564 Hakikat Bahagia dan Sengsara dalam Pandangan al-Qur'an dan Sunnah Muhammad Aiman Asy-Syubrawi Terjemah 1

565 Al-Sunnah al-Nabawiyyah Bayn Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Ḥadīth Muhammad al-Ghazali Arab 1

566 Berdialog dengan al-Qur'an; Suatu Kajian Teologis dengan Pendekatan Tematik Muhammad al-Ghazali Terjemah 8

567 Studi Kritis atas Hadis Nabi saw. Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Muhammad al-Ghazali Terjemah 11

568 Tafsir Tematik dalam Al-Qur'an Muhammad al-Ghazali Terjemah 3

569 Penciptaan Manusia Kaitan Ayat-Ayat al-Qur'an dan Hadis dengan Ilmu Kedokteran Muhammad Ali Akbar Indonesia 1

570 Kepribadian Wanita Menurut al-Qur'an dan as-Sunah Muhammad Ali Hasyimi Indonesia 5

571 Mazhab Syi'ah Kajian al-Qur'an dan Sunnah Muhammad al-Musawi Indonesia 1 572 Al-Ḥadīth al-Nabawī Muḥammad al-Ṣabbāgh Arab 3 573 Anak dalam Perspektif Al-Qur’an Muhammad Anies Indonesia 1 574 Miskin dan Kaya dalam Pandangan Al-Qur’an Muḥammad Bahā’ al-Dīn al- Terjemah 2

98

Qubaynī 575 Sejarah dalam Perspektif al-Qur'an Muhammad Baqir Shadr Terjemah 1 576 Kumpulan Hadis yang Disahkan 4 Imam Muhammad bin Kamal Terjemah 1 577 Jihad dalam Al-Qur’an Muhammad Chirzin Indonesia 2 578 Al-Lu’lu’ wa al-Marjān Muḥammad Fu’ad ‘Abd al-Bāqī Arab 8 579 Al-Lu’lu’ wa al-Marjān Muḥammad Fu’ad ‘Abd al-Bāqī Terjemah 5 580 Sunan Ibn Mājah Muḥammad Fu’ād ‘Abd al-Bāqī Arab 1 581 Ahl al-Kitab: Makna dan Cakupannya Muhammad Ghalib Indonesia 1

582 Qurʻān Karīm Tafsīr wa Bayān maʻa Asbāb al-Nuzūl li al-Suyūṭī Muḥammad Ḥasan Arab 1

583 Etika Tidur Nabi Muhammad Hasan Yusuf Indonesia 1 584 2002 Mutiara Hadis Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy Indonesia 2 585 Mutiara Hadis "Iman Kepada Allah" Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy Indonesia 1 586 Mutiara Hadits Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy Indonesia 1 587 Koleksi Hadis-hadis Hukum Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy Indonesia 6 588 Tafsir Al-Nur Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy Indonesia 27 589 Al-Bayan Tafsir Penjelas al-Qur'anul Karim Muhammad Hasby Ash Shiddieqy Indonesia 2 590 Al-Mīzan fī Tafsīr al-Qur’ān Muḥammad Husayn Ṭabaṭṭaba’ī Arab 21 591 Memahami Esensi al-Qur'an Muḥammad Husayn Ṭabaṭṭaba’ī Terjemah 3 592 Mengungkap Rahasia al-Qur’an Muḥammad Husayn Ṭabaṭṭaba’ī Terjemah 3 593 Mengupas Ayat-ayat Pemerintahan Muḥammad Husayn Ṭabaṭṭaba’ī Terjemah 1

594 Sharḥ al-Arba‘īn al-Nawāwī Muḥammad Ibn ‘Alī ibn Wahhāb al-Qushayrī Arab 1

595 Tafsīr al-‘Ashr al-Akhīr min al-Qur’ān al-Karīm Muḥammad ibn Sulaymān Ashqar Arab 1 596 Al-Shadhrah fī Aḥādīth al-Mustashhirah Muḥammad Ibn Ṭūlun al-Ṣaliḥī Arab 1 597 Mu ‘jam li Alfāẓ wa i‘lām al-Qur’ān Muḥammad Ibrāhīm Ismā‘īl Arab 1 598 Ittijāhāt al-Tajdīd fī Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Muḥammad Ibrāhīm Sharīf Arab 1

99

599 Uslūb al-Zirāʻah al-ʻIlmīyah fī al-Qur’ān al-Karīm Metode Pertanian Modern dalam Al-Qur’an Al-Karim

Muhammad Isa Daud Terjemah 1

600 Dalil Anfus al-Qur'an dan Embriologi Muhammad Izzuddin Taufiq Indonesia 1 601 Al-Qur’an tentang Alam Semesta Muḥammad Jamāl al-Dīn Terjemah 1 602 Kisah dan Hikmah dalam Surah al-Kahfi Muhammad Kamil Abdul Melayu 2 603 Mukjizat Ilmiyah dalam al-Qur'an Muhammad Kamil Abdushshamad Terjemah 4 604 al-Qur’ān wa al-Qiṣṣah al-Ḥadīthah Muḥammad Kamil Ḥasan Arab 1 605 Al-Tafsīr al-Wāḍiḥ Muḥammad Maḥmūd Ḥijāzī Arab 2 606 Miṣbāḥ al-Ẓulām Sharḥ Bulūgh al-Marām Muḥammad Muhājirīn Arab 1 607 Miṣbāḥ al-Ẓalām Sharḥ Bulūgh al-Marām Muhammad Muhajirin Amsar Terjemah 2

608 Al-Sirāj al-Wahhāj min Kashf Maṭālib Ṣaḥīḥ Muslim bin Ḥajjāj Muḥammad Ṣādiq Khan Terjemah 1

609 Tafsīr Nūr al-Iḥsān Muhammad Said Umar Arab 1 610 Min Ḥaqā’iq al-Qur’an Muḥammad Salman Ghanim Terjemah 1 611 Hadis-Hadis Palsu dalam 1 Kitab Sunah Muhammad Syauman al-Ramli Terjemah 1 612 Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual Muhammad Syuhudi Ismail Indonesia 5 613 Fann al-Qur’ān Muḥammad Yūsuf Najm Arab 1 614 Qaṣaṣ al-Qur’ān Muḥammad Zahrān Arab 1

615 Riba dalam al-Qur'an dan Masalah Perbankan: Sebuah Tilikan Antisipatif Muhammad Zuhri Indonesia 3

616 Tarjamah Sunan at-Tirmidzi Muhammad Zuhri Terjemah 2 617 Terjemah Shaheh Bukhari Muhammad Zuhri Terjemah 1 618 Asuransi dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis Muhbib Abdul Wahab Indonesia 1 619 Kegelisahan Rasulullah Mendengar Tangis Anak Muhyudin Abdul Hamid Terjemah 1 620 Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur'an Mujiono Abdullah Indonesia 1 621 Menangkap Pesan-Pesan Allah Munzin Hitami Indonesia 1

100 622 Tafsīr Muqāṭil bin Sulaimān Muqāṭil bin Sulaimān Arab 1

623 Asbab al-Nuzul Seleksi Hadis-hadis Shahih Sebab Turunnya Ayat-ayat al-Qur'an Muqbil bin Hadi Sahih Wadi 'i Terjemah 2

624 Perspektif Al-Qur’an tentang Manusia dan Agama Murtadha Muthahari Terjemah 6

625 Tafsir Surat-surat Pilihan: Mengungkap Hikmah Al-Qur'an Murtadha Muthahari Terjemah 1

626 Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam al-Qur'am Musa Asy'ari Indonesia 3 627 Al-Qur'an dan Alam Kehidupan Mushtafa Mahmud Indonesia 1 628 Koleksi Hadis Sikap dan Pribadi Muslim Muslich Maruzi Indonesia 2

629 400 Hadis Pilihan tentang Aqidah, Syariah, dan Akhlak Muslich Shabir Indonesia 2

630 Ṣaḥīḥ Muslim Muslim Arab 188 631 Ṣaḥīḥ Muslim Muslim Terjemah 12 632 Hadis Empat Puluh Terjemah dan Syarahnya Mustafa 'Abd al-Rahman Terjemah 1

633 Menyelami Makna 40 Hadis Rasulullah SAW Syarah Kitab Arbaʻin Nawawiyah Muṣṭafā Dayb al-Baghā Terjemah 2

634 Al-Qiṣāṣ fī al-Qur’ān al-Karīm Muṣṭafā Muḥammad Sulaymān Arab 1 635 Nuzhat al-Muttaqīn Sharḥ Riyāḍ al-Ṣāliḥīn Muṣṭafā Saʻīd al-Khin Arab 1 636 Indeks al-Qur'an; Cara Mencari Ayat al-Qur'an N.A. Baiquni Indonesia 1

637 40 Seni Hidup Bahagia Berdasarkan Tuntunan al-Qur'an, as-Sunnah, dan Salafush Shaalih Nasaruddin Umar Indonesia 1

638 Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Al-Qur’an Nasaruddin Umar Indonesia 14 639 Perspektif Jender dalam Al-Qur'an Nasaruddin Umar Jurnal 1 640 Meraih Fadhilah Sunnah Bersama Rasulullah saw. Nasarudi Syarief Indonesia 1

641 Tafsir bi al-Ra’yi, Upaya Penggalian Konsep Wanita dalam Al-Qur’an Nashruddin Baidan Indonesia 4

642 Tafsir Maudhi'i: Solusi Qur'ani atas Masalah Nashruddin Baidan Indonesia 4

101

Sosial Kontemporer 643 Ibadah Salat Menurut Sunah Rasulullah Nasruddin Razak Indonesia 1 644 Marāḥ Labīd Nawawī al-Bantānī Arab 8 645 Tanqīḥ al-Qawl Nawāwī al-Bantanī Arab 2 646 Tafsir at-Taubah Nik Abdul Aziz Nik Mat Melayu 1 647 Tafsir Surah At-Taubah Nik Abdul Aziz Nik Mat Melayu 1

648 Proses Penciptaan Manusia dalam al-Qur'an; Sebuah Kajian Tematik tentang Nuthfah dan Alaqah

Nur 'Aeni Skripsi 1

649 Pesan-pesan Moral yang Terkandung dalam Kisah Penyembelihan Putra Ibrahim: Study atas Tafsir Surah al-Shaffat Ayat 102

Nur Latifah Skripsi 1

650 Penggunaan Parfum Bagi Wanita dalam Perspektif Hadis Nurhasanah Skripsi 1

651 Konsep Membangun Kecerdasan Spiritual dan Emosional Anak dalam Perspektif Al-Qur'an Nuryasin Skripsi 1

652 50 Hadis Oemar Bakry Indonesia 1 653 Tafsir Rahmat Oemar Bakry Indonesia 1 654 Pengobatan Ala Nabi Oemar Hasan Kasule Indonesia 1

655 Tafsir Tematik Al-Qur’an tentang Hubungan Sosial antar Umat Beragama PP. Muhammadiyah Indonesia 1

656 Asbabun Nuzul: Latar belakang Historis Turunnya Ayat-ayat al-Qur'an Qamarudin Shaleh Indonesia 8

657 Tinjauan Penafsiran Sayyid Quthb tentang Etika Perang dalam Tafsir fi Zhilal al-Qur'an R Rahman Idham Skripsi 1

658 Hadis-hadis Pilihan Rafi'udin Indonesia 1 659 Penentuan Kelamin Anak Menurut al-Qur'an dan Rahmat Syafi'i Indonesia 1

102

Ilmu 660 Samudera al-Qur'an Rasihan Anwar Indonesia 1

661

Kisah Perjalanan Nabi Musa as. Dan Abdun Saleh dalam Surah al-Khafi ayat 66 sampai dengan 78 (Study Komparatif Penafsiran HAMKA dan Quraish Shihab)

Rasul Karim Skripsi 2

662 Feminisme dalam Al-Qur’an Riffat Hassan Jurnal 1

663 Ṣaḥīḥ Ibn Ḥibbān dalam al-Kutub al-Sittah: Sebuah Tawaran Alternatif Rifqi Muhammad Fatkhi Tesis 3

664 Dzikir dan Doa dalam al-Qur'an Rifyal Ka'bah Indonesia 2 665 Politik & Hukum dalam Al-Qur'an Rifyal Ka'bah Indonesia 1

666

al-Ziyadah al-Nafisah fi Takhrij al-Ahadis al-Faraid al-Saniyah: Otentisitas dan Validitas riwayat Hadis-hadis dalam Kitab al-Faraid al-Saniayah

Rikza Ahmad Skripsi 1

667 Tafsir Esoterik Menurut Pandangan Taba'taba'i Rosihan Anwar Disertasi 1 668 Sumpah Tuhan dalam al-Qur'an Rustina N Indonesia 1 669 Konsep Nafs (Nafsu) dalam Al-Qur'an S. Huria Skripsi 1 670 Kisah-kisah dalam Al-Qur'an S.M. Suhufi Indonesia 2 671 Al-Asās fī al-Tafsīr Sa‘īd Ḥawwā Arab 1 672 Tafsīr al-Asās Sa‘īd Ḥawwā Terjemah 2 673 Hadis-hadis Sekte Sa’dullah Assa’idi Indonesia 6

674 al-Turāth al-Isrā’il fī Ahd al-Qadīm wa Mawqīf al-Qur’ān al-Karīm Minh Ṣābir Ṭumiyyah Arab 1

675 Musnad Saʻd ibn Abī Waqqās Saʻd ibn Abī Waqqās Arab 1 676 Fatḥ al-Bayān fī Maqāṣid al-Qur’ān Ṣādiq Ḥasan Khan Arab 2 677 Ihdā’ al-Dibājah bi Sharḥ Sunan Ibn Mājah Ṣafā’ al-Ḍawī Arab 1

103 678 Ensiklopedia Al-Qur'an: Kajian Kosa Kata Sahabudin Indonesia 2 679 Al-Qur'an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki Said Agil Husil al-Munawwar Indonesia 6

680 Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam Said Agil Husin al-Munawwar Indonesia 5

681 Asbabul Wurud Studi Kritis Hadits Nabi Pendekatan Sosio Historis Kontekstual

Said Agil Husin al-Munawwar dan Abdul Mustaqim Indonesia 10

682 Kualitas Hadis-hadis dalam Tafsir al-Azhar: Studi Kritik Sanad Hadis dalam Surah Yasin Saidatul Awaliyah Skripsi 1

683 Kisah-kisah al-Qur'an; Pelajaran dari Orang-orang Terdahulu Ṣalaḥ ‘Abd al-Fattāḥ al-Khalidī Terjemah 4

684 Tafsīr al-Kahf Ṣāliḥ al-ʻUthaymin Terjemah 1 685 Mutiara al-Qur'an Salman Harun Indonesia 2 686 Menyingkap Hadis-Hadis Palsu Sayid Shalih Abu Bakar Indonesia 1 687 Aḥkām al-Mar’ah fī al-Qur’ān Sayyid Jamīl Terjemah 1 688 Fī Ẓilāl al-Qur’ān Sayyid Quṭb Arab 39 689 Hari Akhir menurut Al-Qur’an Sayyid Quṭb Terjemah 6 690 Keindahan al-Qur'an yang Menakjubkan Sayyid Quṭb Terjemah 3 691 Mashāhid al-Qiyāmah fi al-Qur’ān Sayyid Quṭb Arab 1 692 Seni Penggambaran dalam al-Qur'an Sayyid Quṭb Terjemah 1

693 Tafsīr fī Ẓilāl al-Qur’ān di Bawah Naungan Al-Qur’an Sayyid Quṭb Terjemah 47

694 Fiqh al-Sunnah Sayyid Sābiq Arab 7 695 Fiqh al-Sunnah Sayyid Sābiq Terjemah 3 696 Al-Kitāb wa al-Qur’ān Qirā’ah Muʻaṣirah Shahrūr Arab 8 697 Al-Kitāb wa al-Qur’ān Qirā’ah Muʻaṣirah Shahrūr Terjemah 2

698 Mausū‘ah al-Manāhi al-Shar‘iyyah fī Ṣaḥīḥ al-Sunnah al-Nabawiyyah Shaikh Salīm bin ‘Ied al-Hilalī Arab 1

104 699 Asbabun Nuzul: Latar belakang Historis Turunnya

Ayat-ayat al-Qur'an Shaleh Dahlan Indonesia 5

700 Tafsīr al-Sirāj al-Munīr Shams al-Dīn Muḥammad bin Aḥmad al-Sharbinī Arab 1

701 Marwīyāt Ibn Mas‘ūd Shar īf Manshūr al-Abdalī Arab 1 702 Aysar al-Tafāsīr li Kalām al-‘Ālī al-Kabīr Shaykh Bakr Jabīr Jazayrī Arab 1

703 Mastika Hadis Rasulullah saw. Sheikh Abdullah bin Muhammad Basmeih Melayu 1

704 al-Tibyān Ghārib al-Qur’ān Shihāb al-Dīn Aḥmad Arab 1 705 Irshād al-Sārī bi Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī Shihāb al-Dīn al-Qasṭalānī Arab 9

706 Prinsip-Prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah Ditinjau dari Pandangan al-Qur'an Shuyuthi J. Pulungan Indonesia 2

707 Tafsir Al-Qur’an: Ayat-ayat Seks Sudirman Tebba Indonesia 1 708 Indeks Al-Qur’an Sukmadjaja Indonesia 9 709 Dekontruksi Tafsir Jihad Sulaiman Afifuddin Skripsi 1 710 Mawsū‘āh Rijāl al-Kutub al-Tis‘ah Sulaymān al-Bandarī Arab 1 711 450 Hadits Pilihan tentang Ibadah Sholat Suwahid Soekarno Indonesia 1

712 Asbabul Wurud: Latar Belakang Historis Timbulnya Hadis-Hadis Rasul Suwarta Wijaya dkk Indonesia 2

713 Ajaran dan Kisah dalam al-Qur'an Syafi'I Mansur Indonesia 1 714 Manusia dalam Al-Qur’an Syahid Mu’ammar Pulungan Indonesia 3 715 Metode Pendidikan Qur'ani Teori dan Aplikasi Syahidin Indonesia 1 716 Tuntunan Salat Malam berdasarkan Sunah Syahminan Zaini Indonesia 1 717 Tafsir al-Kahfi Syaikh Utsaimin Terjemah 1 718 Jiwa Al-Qur'an: Tafsir Surah Al-Baqarah Syekh Fadhlullah Haeri Terjemah 1

719 Pelita Al-Qur'an: Tafsir Surah al-'Ankabut, ar-Rahman, al-Waqi'ah, dan al-Mulk Syekh Fadhlullah Haeri Terjemah 1

105 720 Taman Al-Qur'an: Tafsir Surah Ali 'Imran Syekh Fadhlullah Haeri Terjemah 1

721 Dalam Cahaya Al-Qur’an: Tafsir Ayat-ayat Sosial Politik Syu’bah Asa Indonesia 4

722 Salat-salat Sunah Rasulullah ṣallā Allāh ʻalayh wa sallam T. A. Lathief Rousdy Indonesia 1

723 Anak dan Janin dalam Al-Qur’an Tamrin Talib Jurnal 1 724 Al-Jawāhir fī Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Ṭanṭāwī Jawharī Arab 6

725 Tafsir Kontekstual al-Qur'an Taufik Adnan Amal dan Syamsu Rijal Panggabean Indonesia 5

726 Revolusi IQ/EQ/SQ Antara Neurosains dan al-Qur'an Taufik Pasiak Indonesia 1

727 Tafsir Pase, Kajian Surat al-Fatihah dan Surat-surat dalam Juz Amma Th. Thalhas Indonesia 2

728 Status Tahlil dalam Al-Qur'an dan Hadis Thohir Abdullah al-Kaff Indonesia 1 729 Tafsir Maudhui al-Muntaha Tim Sembilan Indonesia 1 730 Etika Beragama dalam al-Qur'an Toshihiko Isutzu Terjemah 1 731 Konsep-konsep Etika Religius dalam Al-Qur’an Toshihiko Isutzu Terjemah 4

732 Relasi Tuhan dengan Manusia; Pendekatan Sematik terhadap al-Qur'an Toshihiko Isutzu Terjemah 2

733 Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an Ubay M. Dja’far Shidiqiy Indonesia 2 734 Al-Qur'an dan Rekayasa Sosial Umar Shihab Indonesia 1

735 Kontekstualitas Al-Qur’an: Kajian Tematik atas Ayat-ayat Hukum dalam Al-Qur’an Umar Shihab Indonesia 8

736 Jin,Setan dan Iblis Menurut al-Qur’an dan Sunnah Umar Sulaiman al-Asygar Indonesia 1 737 Al-Qur’an dan Tafsirannya Universitas Islam Indonesia Indonesia 5 738 Al-Mausū‘ah al-Qur’āniyyah al-Muyassarah Wahbah al-Zuhaylī Terjemah 1 739 Al-Qur'an Paradigma Hukum dan Peradaban Wahbah al-Zuhaylī Terjemah 1

106 740 Tafsīr al-Munīr Wahbah al-Zuhaylī Arab 19 741 Tafsir Ibn Katsir Wahbah al-Zuhaylī Terjemah 1 742 Ensiklopedia Al-Qur'an: Kajian Kosa Kata Wahbah Zuhaily dkk Indonesia 1 743 Tafsir Sosial, Mendialogkan Teks dan Konteks Waryono Abdul Ghafur Indonesia 4

744 Kajian Tentang Ayat-Ayat Riba dan Perubahan Nilai Mata Uang Yana Mulyana Iskandar Skripsi 1

745 Arba‘ūn Ḥadīthan min Arba‘īna Kitaban ‘an Arba‘īna Shaykhan Yāsīn al-Fadanī Arab 1

746 Prinsip dasar Islam: Menurut al-Qur'an dan as-Sunnah yang Shahih Yazid Ibn Abdul Qadir Jawas Terjemah 1

747 Feminisme dalam Kajian Tafsir Al-Qur’an: Klasik dan Kontemporer Yunahar Ilyas Indonesia 4

748 Kaifa Nata‘amal Ma‘a Sunnah al-Nabawiyah Yūsuf al-Qaraḍawī Terjemah 4

749 Al-Marji’ah al-Uṣūliyyah al-‘Ulyā fī al-Islām li al-Qur’ān wa al-Sunnah: Ḍawābiṭ wa Mahādhir fī Fahm wa al-Tafsīr

Yūsuf al-Qarḍāwī Arab 2

750 Al-Qur’an Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 3

751 al-Qur'an Berbicara Tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 4

752 Al-Ṣabr fī al-Qur’ān Yūsuf al-Qarḍāwī Arab 2 753 Al-Ṣabr fī al-Qur’ān Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 1 754 Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur'an Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 10 755 Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 29

756 Fikih Siyam: Puasa Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 1

757 Hukum Murtad: Tinjauan al-Qur'an dan al-Sunnah Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 1

107 758 Kajian Kritis Pemahaman Hadits Yūsuf al-Qarḍāwī Terjemah 5 759 Kayfa Nataʻāmal maʻa al-Sunnah al-Nabawīyah Yūsuf al-Qarḍāwī Arab 5

760 Taisīr al-Fiqh fī Ḍaw’ al-Qur’ān wa al-Sunnah Fiqh al-Ṣiyām Yūsuf al-Qarḍāwī Arab 1

761 The Qur’anic Justification for Islamic Revolution: The View of Sayyid Quṭb Yvonne Y. Haddad Jurnal 1

762 Mawsūʻāt Aṭrāf al-Ḥadīth al-Nabawī al-Sharīf Zaghlūl Arab 66 763 Pembuktian Sains dalam Sunnah Zaghlūl Terjemah 1 764 Seluk Beluk Al-Qur'an Zainal Abidin Indonesia 2 765 Tafsir Kebencian, Studi Bias Gender dalam Qur’an Zaitunah Subhan Indonesia 6

766 Kajian Sunnah Nabi saw. Sebagai Sumber Hukum Islam Zufran Rahman Indonesia 5

767 Al-Qur'an Kitab Toleransi; Tafsir Tematik Islam Rahmatan lil 'Alamain Zuhairi Misrawi Indonesia 1

Tabel Judul Skripsi Mahasiswa

No. Panggil Judul Skripsi Penyusun 459 Konsepsi Al-Qur’an Tentang Kewajiban dan Kemanfaatan Hati Diki Firmansyah 460 Etika Ekonomi Dalam Al-Qur’an (Sebuah Kajian Tematik) Nur Kalibulog 461 Takhrij Hadis Shalat Jum’at Bertepatan Dengan Hari Raya Muhammad Toha 462 Sumpah Allah Dalam Al-Qur’an Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah Ahmad Mahayadi 463 Labelisasi setan akan teologi Terorisme (Tela’ah terhadap ayat-ayat islam) Nasihin 464 Takhaj hadis saat-saat terakhir kehidupan rosulullah SAW. Khaikatun Nisa 465 Takhrij hadis tentang mencium istri dalam kondisi berwudhu Fandias Rahimi 466 Budaya arab dalam Al-quran tilaah terhadap konsep-konsep arabisme Khalil

abdul Karim Muhammad Sodiq al-Habsyied

467 Adab bertamun dalam perspektif al-quran penafsiran atas Q,S an-nur 27-29 Ahmad satibi 468 Bid’ah dalam islam: Kajian terhadap pemahaman M. Hasbih shiddieqy tentang

hadis larangan Bid’ah Jurlaesih

470 Aurat perempuan dalam perspektif Muhammad Syahrur Sobrun 471 Akhlak Orang-orang Yahudi Dalam Al-Qur’an Irfan Hasanuddin 472 Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadits Tentang Nadzar Rais Helmi 473 Konsep Perang Dalam Islam (Penafsiran Terhadap Ayat-ayat Perang) Ali Basauli 474 Fatrah Al-Rasul dan Problematikanya (Menurut Tafsir Al-Kasysyaf dan Tafsir

Ibnu Katsir) Abdul basit

475 Telaah Kritis Hadis Tentang Perintah Bersyukur Dengan Cara Melihat Seseorang Yang Keberadaannya Dibawah Kita dan Larangan Untuk Melihat Seseorang Yang Keberadaannya Diatas Kita Sebuah Kajian Takhrij hadis

M. Yasir Afran

476 Riwayat Syi’l Dalam Kitab-kitab Hadis Sunni: Telaah Atas Kitab Shahih Al-Bukhari dan Muslim

Gina Amalia

477 Telaah Kritis Kualitas Hadis Tentang Mengajak Orang Lain Kepada Kebaikan (Sebuah Kajian Takhrij Hadis)

Djamaluddin

44

478 Otentisitas Sanad Hadis Studi Komparatif Antara Pemikiran Muhammad Musthafa ‘Azimi dan Gautier H.A. Juynboll

Lita Pramulita

479 Pola Hidup Sederhana Perspektif Hadis (Takhrij Hadis Dalam Kitab Tanqih Al-Qaul Al-Hasis

Widad Darmayanti

480 Hawa dan Nafsu Menurut Al-Qur’an Kajian Tafsir Al-Munir Ahmad Al-Kaf Hudaya 481 Wahyu Menurut Lia Aminuddin (Kajian Atas Term Yunazzil Al-Malaikah Bi al-

Ruh Dalam Q.S. An-Nahl Ayat 2) Hamdan

482 Al-Ridah Dalam Tafsir Al-Manar Nur Ali 483 Konsep Isti’adah Pada Tafsir Al-Falaq dan An-Nas Karya Ibnu Qayyim Al-

Jauziyyah Irami Fajriani

484 Tafsir Ayat-ayat Kenabian Menurut Aliran Ahmadiyah Apep Fajar Kurniawan 485 Tawassul Dalam Perspektif Tafsir Imam Syaukani Daman Huri 486 Hadis Tentang Larangan Berbuat Na’I (Mengumumkan Kematian) Tinjauan

Kualitas Sanad dan Matan Makhrul Fariz

487 Konsep Al-AFW Perspektif Hadis Asep Habibunmanjar 488 Metode Penafsiran Abdurrahman al-Sa’di Didalam Kitab Tafsir al-Karim al-

Rahman fi Tafsir Kalan al-Manan Moh. Rizal

489 Konsep Pendidikan dan Dakwah Menurut Ibnu Katsir M. Abdul Latif 490 Manusia dan Konsep Amanat Menurut Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar M. Rofiqur Ridho 491 Al-Qur’an Sebagai Narasi Mistis Konsep Mitos Roland Barthes Sebagai Metode

Penafsiran Al-Qur’an Rony Subayo

492 Terapi Al-Hijamah dan Pemanfaatan Cacing Tanah Untuk Kesehatan: Telaah Terhadap Pengobatan Nabi Muhammad SAW dan Tradisi Cina

Iskandar Zulkarnain

493 Metodologi Penafsiran Al-Qur’an Mutawali Dalam Tafsir Al-Sya’rawi Muhammad Iqbal 494 Metodologi Tadlis Menurut Ibnu Hazar Al-Asqolani Siti Robiatul Adawiyah 495 Ibnu Mujahid dan Perkembangan Qiro’at al-Qur’an Fajar Zakaria Ahmad 496 Kritik Hadis Tentang Sifat Perdagangan Muslim Isa Jayakarta

45

497 Pemeliharaan Anak Yatim Dalam Al-Qur’an Tesin 498 Tafsir Al-Qur’an Karya Ahmad Hasan Analisa Kritik Mahwani 499 Kolerasi Rasm’ Usmam Dengan Qira’at Neni Khalyatur Rahmah 500 Kualitas Hadis Tentang Penetapan Harga Ahmad Zain 501 Wasiat Nabi Ibrahim dan Nabi Ya’kub Terhadap Anak-anaknya Dalam Al-

Qur’an Muhammad Zain

502 Puasa Jalan Menuju Kataqwaan Dalam Perspektif Al-Qur’an Muslim 503 Metodologi Pen-syarah-an Hadis-hadis Shahih Al-Bukhari Studi Komparatif

Antara Ibnu Hajar Al-Asqolani dan Al-Badru Al-aini Elmi Hardayanti

504 Cara Mengatasi Marah Perspektif Hadis Warsito 505 Tafsir Tematik Al-Qur’an Tentang Hubungan Sosial Antar Umat Beragama

Karya Majlis Tarjih P.P. Muhammadiyah (Sebuah Telaah Analistis Tentang Metodologi Penafsiran Al-Qur’an)

Rifka Rahman Wardati

506 Ilmu Tafsir Menurut M. Hasbi As-Shiddieqy Khaerunnisa T. 507 Mengubah Ciptaan Allah SWT Pada Manusia Dalam Perspektif Hadis Dwi Lestari 508 Takhrij Hadis Tentang Larangan Mencukur Rambut Bagi Wanita (Studi Kualitas

Sanad dan Matan Hadis) Hanni Sutami

509 Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Tentang Perlombaan Pacuan Kuda, Pacuan Unta dan Memanah

Nasrul Hadi Nur Wibowo

510 Telaah Kritis Sanad dan Matan Hadis Muhammad Ihsan 511 Metodologi Tafsir Yayasan Al-Mu’min: Telaah Metode Maudhu’I dan Corak

Isyari Dalam Buku-buku Kabar Gembira dan Peringatan Tentang Penyembahan Kepada Allah SWT

Tita Rodhiyatan Mardhiyyah

512 Konsep Mati Syahid Perempuan Melahirkan (Kritik Sanad dan Matan Hadis) Tinjauan Atas Hak-hak Reproduksi Perempuan

Ulfatun Najihah

513 Tafsir Tentang Kemunafikan Studi Analisis Penafsiran Syekh Fadhlullah Haeri Terhadap Surah Ali Imran

David Krisna Alka

46

514 Takhrij Hadis Tentang Azan Ditelinga Bayi Yang Baru Lahir Abdul Hafiz 515 Pariwisata Dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Surat Al-Quraisy Ayat 1 - 4 Suryanah 516 Do’a Yang Dikabulkan dan Tidak Dikabulkan Dalam Perspektif Hadis Uswatun Hasanah 517 Fenomena Al-Qur’an Karya Malik Ben Nabi Bukhori 518 Studi Kritik Sanad dan Matan Hadis Tentang Do’a Nabi Agar Dihidupkan

Dalam Keadaan Miskin Andri

519 Etika Terhadap Binatang Menurut Rasulullah Dalam Kitab Bukhari dan Muslim Nani Fitriani 520 Telaah Terhadap Hadis Nabi larangan Bermegah-megahan Membangun Masjid

(Kritik Sanad dan Matan Hadis) Nuning Utami

521 Keadilan Sahabat Dalam Periwayatan Hadis Suatu Tinjauan Predikat Adil Sebagai Periwayat

Ali Adi Susanto

522 Kritik Ahmad Amin Terhadap Hadis-hadis Yang diriwayatkan Abu Hurairah Rachmantoro 523 Takhrij Hadis-hadis Tentang Dzikir Dalam Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyyah Abdul syukur 524 Kualitas Hadis-hadis Shilaturrahmi Dalam Kitab Al-Muwatto Imam Malik Nunni Aulia 525 Moralitas Penyair Dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsir Tematik dan Analisa Surah

Asy-Syu’ra Ayat 221-227 Roni Purwansyah

526 Studi Kritik Sanad dan Matan: Telaah Hadis Ad-Nin An-Nashihah Irmayanti 527 Hadis-hadis Yang Populer Dimasyarakat Kecamatan Pondok Aren Kab.

Tangerang (Studi Kasus Ditiga Majelis Taklim: PP. Jami’yah Islamiyah Haimi

528 Takhrij Hadis Kitab Nasaih Al-Ibad : Kajian Analisis Sanad Dalam Bab Al-Suba’iy (Bab Ke-7)

Saefulloh

529 Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar Dalam Perspektif Hadis Ernawati 530 Menjamak Shalat Tanpa Uzur Antara Hasil Kodifikasi Muhadditsin Versus

Analisa Fuqoha Izzul Auzad

531 Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Al-Qur’an Sebuah Kajian Tematik Tafsir M. Bachtiar Effendi 532 Penafsiran Terhadap Hadis Tentang Anjuran Menikah Wanita Karena Harta,

Rupa, Nasab dan Agamanya Ahmad Syarif Hidayat

47

533 Kajian Terhadap Ayat-ayat Riba Telaah Pemikiran M. Dawam Rahardjo Hasan Bin Jali 534 Nuthfah Dalam Al-Durian (Sebuah Kajian Tematik Atau Tafsir Al-Misbah) Ahmad Nawpal 535 Shalat Berjama’ah Dalam Perspektif Hadis Rif’atin Mas’dah 536 Metode Tafsir Al-Hijri (Kajian Analisis Tafsir Karya Didin Hafidhuddin Abdul Gofur 537 Tafsir Ayat-ayat Jender Dalam Al-Qur’an (Tinjauan Pemahaman Husen

Muhammad Terhadap Aspek-aspek Misoginis Dalam Q.S An-Nisa: 34) Musliadi

538 Penafsiran Ayat-ayat Mutsyabihat Dalam Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab

Dulatif

539 Lailat Al-Qadr (Sebuah Kajian Hadis Maudhu’i) Nurkomala Sari 540 Takhrij Hadis-hadis Dalam Kitab Syurh Sullam Al-Taufid Karya Syekh Nawawi

Al-Bantani dan Sujud Tentang Tentang Kesempurnaan Ruku H. Efendi

541 Fadilah Shalat Sunah Rawatib Dalam Perspektif Hadis Fitriyah 542 Konsep Ar-Rizq Dalam Tafsir Asy-Sya’rawi Adnan Amirudin 543 Studi Kritis Sanad dan Matan Hadis Tentang Bermain Catur Ahmad Syamwil 544 Makna Misteri Mitos Al-Qur’an (Kajian Perbandingan Antara Tafsir Ar-Razy

dan Al-Maraghi Herman

545 Al-Fikr Dalam Al-Qur’an Eko Tri Qurnianto 546 Kajian Hadis Tentang Al-Qur’an Mempunyai Makna Lahir dan Batin Analisa

Sanad dan Matan Redo Saladin

547 Konsep Pertanian Dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Q.S. Al-A’raf: 58 dan Q.S. Al-Hijr: 22)

Helmi Muflih

548 Sumber daya kelautan dalam Al-quran penafsiran surah An-nahl ayat 14 dalam tafsir fakhr Ar-Razi Al-Musytahas biar-tafsir Al-kabir wa ma faith Al-Ghaib

Atho ullah

549 Analisis sanad hadis tentang kekayaan jiwa dan anjuran memilih pasangan hidup dan berumah tangga dalam buku : Agar cinta bersemi indah karya muhammad fauzil adhim

Iir Iriyah

550 Studi analisis kualitas sanad dan matan hadis Al-Habbah Al-sauda obat bagi Ahmad Zainih

48

segala penyakit 551 Studi hadis nabi tentang penafsiran Al-Quran dengan akal (tafsir bi Al-Ra’yi) Muhammad Hafizh

lidinillah 552 Takhrij hadis hak waris anak diluar nikah Achmad Syukron 553 Hukum bagi pengguna narkotika (Kham) perbandingan hadis dalam Al-kutub

Al-sittah dengan hukum positif Fachrulloh

554 Studi hadis dalam keserjanaan barat konstribusi arenisan wensinck dalam upaya pengembangan studi hadist di barat

Ipad Badru

555 Hijab,khimah,dan jilbab: Usaha konstektual substantive telaah penafsir Muhammad said Al-Asymawi atas QS Al-Ahzab (33) :53:59 dan An-nur (24):31

Ade irwana

556 Pemaknaan hadis-hadis poligami (kritik terhadap paradigma Gender) Ahmad Furqon 557 Taklif dalam perspektif Al-quran (studi Komperatif penafsiran imam syafi’i) dan

at-thabary pada QS Al-Baqarah /2:206 Yasri Qomari anwar

558 Imbalan mengajar Al-quran perspektif hadis Titin Hartini 559 Kesaksian Wanita (studi kritik sanad dan matnhadis) Siti Farida 560 Telaah kritik hadis tentang hukuman bunuh bagi pelaku homoseks Abdul Rojak Ma’mun 561 Pandangan Al-quran terhadap tatayyuh (menganggap sial karena sesuatu,kajian

ata QS Al-araf/7 ayat 131 QS An-Naml 127 ayat 47 dan QS yasin /36 ayat 18-19 M. Badri Tamam

562 Cara Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis Inayatullah 563 Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Dalam Kitab Nasaih Al-Ibad Pada bab

Al-Suba’iy Tentang Larangan Memperbanyak Tertawa Damanhuri

564 Homoseksualitas Dalam Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surah Hud Ayat 79-82) Siti Lilis Saodah 565 Karakteristik Kitab Al-Sunan Al-Kubra Karya Imam Al-Baihaqi Euis Komariah 566 Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Tentang Larangan Beraqikah Chairul Bariyah 567 Antisipasi Al-Qur’an Terhadap Penceraian (Kajian Tafsir Tematik Surah An-

Nisa Ayat 34,35, dan 128 Bagus Purnomo

568 Analisa Hadis Tentang Tiga Amal Baik Yang Tidak Akan Putus (Sedekah Khairo Ummah

49

Jariah, Ilmu Yang Bermanfaat dan Do’a Anak Yang Shaleh) 569 Takdir Menurut Perspektif Hadis: Sebuah Kajian Tematik Sakihah 570 Hadis Nikah Tanpa Wali Jhon Preser 571 Tolong-Menolong Dalam Perspektif Al-Qur’an Ahmad Muchtar 572 Kata Al-Fath Dalam Al-Qur’an: Telaah Atas Penafsiran Quraish Shihab Dalam

Tafsir Al-Misbah Sofiyandi

573 Konsep Berpoligami Yang Adil Sebuah Study Atas Penafsiran Sayyid Quthb Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an

Fachruddin Nur Ubay

574 Takhriz Hadis Tentang laknat Allah Bagi Pelaku Suap Menyuap Mahfuz 575 Tobat Dalam Tinjauan Sayyid Quthb dan Muhammad Abduh Shodiqul Amin 576 Shalat Fajar Dalam Al-Kutub Al-Sitah Sebuah Kajian Tematik Hadis Bambang Triatmojo 577 Konsep Izutsu Tentang Wahyu (Sebuah Pendekatan Sematik) Abdullah Hadlis 578 Telaah Kritik Sanad Hadis Tentang Qailullah Dapat Membantu Bangun Malam Ahmad Levi Fachrul Avny 579 Kajian Hadis-hadis Tentang Keutamaan Hari Jum’at Rifqiah Saidah 580 Klasifikasi Sahabat Nabi Periwayatan Hadis Menurut Ibn Sa’ad Dalam Kitab At-

Tabaqot Al-Kubro Taufik

581 Taraduf (sinonim) Dalam Al-Qur’an: Telaah Pemikiran Muhammad Syahrur Dalam Al-Kitab

Kholilurrohman

582 Pesan-pesan Moral Yang Terkandung Dalam Kisah Penyembelihan Putra Ibrahim

Nurlatifah

583 Pemahaman Hadis Tentang Pernikahan dan Implikasinya Terhadap Pengembalian Keputusan Untuk Menikah

Madkholid

584 Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar teaah Tafsir Husny Mubarok Amir 585 Takhrij Hadis Kitab Bidayah Al-Hidayah Ahmad Kahfi 586 Wanita Karir Dalam Perspektif Hadis N. Munawwaroh 587 Fungsi Air Bagi Kehidupan Menurut Al-Qur’an M. Suhud Ridwan 588 Takhrij Al-Hadis Tentang Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah Maman Fathurrahman

50

589 Studi Kritik Kualitas Hadis Mengenai Puasa Nabi Daud Budi Setiawan 590 Ayat-ayat Zikir Menurut Muhammad Arifin Ilham Yanto Abdul Lathif 591 Adil dan Dabit Menurut Muhammad ‘Ajaj al-Kitab dan Ja’far Subhani (Studi

Komparatif Kitab Usul Al-Hadits dan Ushul Al-Hadits Waahkamuhu Ucup Subahis

592 Kesetaraan Jender Dalam Al-Qur’an Perspektif Aminah Wadud Habibi Ibnu HS 593 Takhrij Hadis Tentang Larangan Membangun Kuburan dan Memberinya Tulisan Muhammad Hufron 594 Kajian Hadis-hadis Kewajiban Suami Memberi Nafkah Terhadap Istri Arwani 595 Popularitas Hadis-hadis Dikalangan Tokoh Ulama dan Respon Mereka

Terhadapnya Deni Rahman S.

596 Perspektif Al-Qur’an Tentang Kebahagiaan Priyadi 597 Konsep Munafik Dalam Al-Qur’an dan Relefansinya Muhammad Fikri 598 Pandangan Jama’ah Tabligh Mengenai Hadis-hadis Tentang Siwak Hasan Basri 599 Qiam Al-Lail Dalam Perspektif Hadis Ibnu Ziad 600 Hadis-hadis Masyhur Yang Disampaikan Dalam Khutbah Jum’at Amsir 601 Penafsiran Ayat-ayat Poligami Menurut Muhammad Abduh Muhammad Syukri Assidiki 602 Pendekatan Hermeneutik Dalam Teks Hadis Ayi Teiri Nurtiani 603 Metode Pemahaman Hadis Menurut Syeikh Muhammad Al-Ghazali Dede Sa’adah 604 Menggugat Demonology Islam: Upaya Melepaskannya Dari Kekerasan (konsep

al-Qur'an ttg Rahmatan lil 'alamin) Tatum Kertadi

605 Kajian Hadis Tentang Membaca Surat Yasin dan Al-Kahfi Pada Malam Jum’at Ahmad Baihaki 606 Konsep Al-Syifa Dalam Perspektif Al-Qur’an Alwani 607 Kisah Perjalanan Nabi Musa Dengan “Abdun Shaleh” Dalam Surat Al-Kahfi

Ayat 66-78 Rasul Karim

608 Konsep Membangun Kecerdasan Spiritual dan Emosional Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Analisis Atas Surah Lukman Ayat 10-19)

Nuryasin

609 Hermeneutika Fazlur Rahman dan Aplikasinya Pada Surah Al-kautsar Ayat 2 Chaerul Ikhsan 610 Telaah Tafsir Ayat-ayat Sosial Politik Karya Syu’bah Asa Endah Nurhidayati

51

611 Fitnah Dalam Al-Qur’an (Kajian Tematik Atas Penafsiran Al-Alusi Dalam Q.S. 2:190-193 dan Q.S. 8: 25-28)

Syaifuddin

612 Hadis Pengganti Shalat Jum’at (Studi Kritik dan Perbandingan Pendapat Hasbi Ash-Shiddieqy)

Awaluddin Amin

613 Takhrij Hadis Tentang Dunia Penjara Bagi Orang Mukmin dan Surga Bagi Orang Kafir (Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis)

Chairudin

614 Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Tentang “Istri Yang Mengambil Hak Nafkahnya Tanpa Seizin Suami”

Agus

615 Menelusuri Jejak Yudeo-kristiani Dalam Tafsir: Analisa Gagasan Yudeo –Kristiani Atas Penafsiran Surat Al-Kahfi Dalam Kitab Jami Al-Bayan An-Ta’wili Ayi Al-Qur’an

Ahmad Dicky Sofyan

616 Relevansi Sunnah Dalam Islam Kontemporer (Studi Komparatif: Metode Kritik Pemahaman Hadis Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf Al-Qardhawi)

M. Imam Badrus Sholeh

617 Fenomena Kiamat Dalam Al-Qur’an Kajian Analisa Perbandingan Agama Tafsir Al-Misbah Dengan Al-Maraghi

Muhammad Arif H.S

618 Studi Sanad dan Matan Hadis Nabi Tentang Qorin Dari Golongan Jin dan Malaikat

Abdul Gofur Rozali

619 Pengaruh Budaya Arab Terhadap Hadis “Studi Kasus Masalah Surban dan Pemeliharaan Jenggot”

Sumawijaya

620 Wanita-wanita Yang Haram Dinikahi “Studi Komparatif Al-Qur’an dan Adat di Minang Kabau”

Taufik Hidayat

621 Karakteristik Dawlan Dalam Al-Qur’an Menurut Pemikiran Sayyid Quthub: Studi Atas Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an

Muhammad Zuhri

622 Pemahaman Yusuf Al-Qardhawi Tentang Hadis Estetika Gambar Sri Hartati 623 Konsep Pinangan Wanita Kepada Pria Perspektif Hadis (Sebuah Kajian Tematik) Siti Zamzam Musyarofah 624 Memahami Kata Sumpah Pada Al-Qur’an: Studi Terhadap Ayat Yang

Menggunakan Kata Qasama dan Halafa Laeli Kusumawati

52

625 Pengelolaan Tijaraah Dalam Al-Qur’an: Kajian Atas Al-Qur’an Al-Nisa (4):29, Surat An-Nur(34) : 37, Al-Baqarah (2) : 275, Al-Jumu’ah (62) : 9-11, Al-Muthaffifin (83) : 1-3

Arwani

626 Poligami Dalam Pandangan Muhammad Sharrur: Telaah Atas Q.S. An-Nisa Ayat 3 dan 129

Siradjuddin

627 Kritik Atas Konsistensi Jawahir Al-Bukhari Pada Penggunaan Matan Shahih Al-Bukhari

Ali Rido

628 Kehidupan kaum Arab Jahiliyyah Dalam Al-Qur’an M. Taufiqurrohman 629 Imam Asy-Syahbi dan Kontribusinya Dalam Ilmu Qira’ah Iwan Karmawan 630 Muhasabah (Intropeksi Diri) Menurut Hamka Dalam Tafsir (Kajian Atas Q.S.

Al-Hasir Ayat 18-19) Ahmad Jaelani

631 Penentuan Jenis Kelamin Anak (Ditinjau Dari Kajian Tafsir dan Ilmu Kedokteran)

Badrus Solichan

632 Kajian Hadis di Indonesia: Profile Literatur Hadis di Indonesia Dari Tahun 1955 Sampai Tahun 2000

Andriansyah

633 Kajian Hadis-hadis Do’a Terhadap Orang Yang Sudah Meninggal Habibah 634 Keberadaan Khidir AS. Sebuah Misteri: Kajian Riwayat-riwayat Khidir Dalam

Hadis Miftahul Khaer

635 Konsep Taqiyyal: Dalam Tafsir Al-Mishbah M. Hajami 636 Keutamaan Istighfar Dalam Kitab Al-Azkar Al-Nawawiyyah Abdul Hadi 637 Studi Kritis Atas Hadis Wanita Haid Masuk Masjid Telaah Sanad dan Matan Ahmad Hidayat Shaufi 638 Pandangan Hamka Tentang Syura: Sebuah Kajian Analitis Terhadap Tafsir Al-

Azhar Kaslu Haikal

639 Studi Validitas Hadis Tentang Shalat Jum’at Bagi Wanita Muhammad Zakki Maulana 640 Kajian Terhadap Riwayat-riwayat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam Kitab Madarij Al-Sa’ud Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Aminah Anggaini

641 Takhrij hadis: Larangan Gemar Bercerita Studi Kritis Kualitas Sanad dan Matan Baehaqi Ahmad

53

642 Mengasuh Anak (Hadanas): Studi Kualitas Sanad dan Matan Hadis Ida Farida 643 Takhrij Hadis Al-Du’a Mukh Al-Ibadah Dalam Kitab Tanqih Al-Qaul Al-

Hatsits: Studi Sanad dan Matan Yusep Saepul Anwar

644 Rawdhat Al-Irfan fi Ma’rifat Al-Qur’an: Telaah Atas Metodologi Penafsiran K.H. Ahmad Sanusi

Abdullah Al-Masdi

645 Keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjama’ah Dalam Perspektif Hadis Achmad Rukiyat 646 Tabarruk Masyarakat Perspektif Hadis Sari Nur Rizqillah 647 Adopsi anak Dalam Perspektif Hadis Asurah Susanti 648 Kewajiban Melunasi Hutang: Studi Analisis Sanad Hadis Zainul 649 Pelayat Wanita Tingkat Tabi’in Dalam Sahih Al-Bukhari Ahmad Farid 650 Hadis Tentang Larangan Melukis dan Membuat Patung: Analisa Sanad dan

Matan Dalam Al-Kutub Al-Sittah Rifqi Rahman

651 Konsep Indra Dalam Al-Qur’an Taupik Hidayat 652 Analisa Hadsis Tentang Kencing Bayi: Studi Kualitas Sanad dan Matan Ely Puspita sari 653 Aspek-aspek Metodologis Tafsir Al-Qur’an Syu’bah Asa Muhammad Yafuzu 654 Studi Terhadap Klassifikasinya Hadis-hadis Tentang Orientasi Menurut Imam

Abu Fayedh Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Al-Sidiq Al-Ghamari’ Al-Husni’ Sebuah Kajian Sanad dan Matan Hadis

Ahmad Sinuraya

655 Shalat dan Akhlak: Relevansi Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Alfi Syahrin 656 Syeikh Muhammad Yasin Al-Faduni Musnid Dunki Abad ke-20 Ahmad Wafa 657 Hakikat Kebahagiaan Orang Yang Beriman (studi terhadap al-mu'minun 1-11) Encep Suryadi 658 Telaah Atas Hadis Perempuan Adalah Mayoritas Ahli Neraka Ade Ila Masmilah 659 Khatam Al-Nabiyyin Dalam Perspektif Hadis Handri Rahman Ilahi 660 Pemahaman Hadis-hadis Tentang Umrah Pada Bulan Ramadhan Purwantoro 663 Kualitas Hadis-hadis Dalam Ensiklopedi Tematis Al-Qur’an: Studi Kritik Sanad

Hadis Pada Bab Puasa Fahrudin Ahmad

664 Telaah Perbandingan Hadis Muttafaq’alaih Dengan Mustalahat Sunan Al- Mohammad Yazid Syagof

54

Tirmidzi: Nomor Urut Hadis: 1 - 637 665 Investasi Dalam Kajian Hadis Muhammad Fakhri 666 Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur’an Menurut Toshihiko Izutsu: Studi

Analisa Atas Penggunaan Kata Fasiq Dalam Al-Qur’an Priyanto

674 Kajian-kajian hadist tentang pemiliharaan kesehatan. Amar Mansyur 675 Kajian-kajian hadist tentang karakteristik istri-istri rasulullah. Yayah Ratnasari 676 Peranan wanita dalam periwayatan hadis studi atas hadis-hadis maimunah binti

harits. Siti Nur Rachman

677 Sunnah antara wahyu dan tradisi. Euis Nuslihah 678 Bencana perspektif hadis (Suatu kajian tematik hadis). Irawan Sukma 679 Nigienities perspektif hadis. Ahmad Erwan 680 Higienitas perspektif hadis (Kajian hadis-hadis tentang kebersihan

makanan,sumber air,rumah dan jalanan). Ahmad Erwan

681 Cara upah dalam perspektif hadis. M.Suhaeri Al-Fiqih 682 Patung dan gambar dalam kajian tafsir klasik dan konteporer. Ma’Riffudin.Am 683 Dimensi akhlak dalam surat al-balad:kajian penafsiran,aisyah bint,Abdurrahman. Asep Maman Abdurrahman 684 Al-baqarah dan karakteristik bani isra’il. Ahmad Baihaqi 685 Ziarah kubur bagi perempuan. Haidar Idris 686 Mengenal tafsir tarjuman al-maustafid karya abd al-rauf singkel. Ahmad Zaeni 687 Hiqmah dalam al-qur’an. Ahmad Zarkasih 688 Teologi pembebasan al-qur’an arghar ali engineer:Studi atas rekonstruksi konsep

riba. Siti Elisah

689 Pemaknaan ayat-ayat mutasy asy abihat (analisis terhadap terjemahan al-qur’an depag RI).

Rifa’i Zarkasyi

690 Dikotomi mutawatir ahad. Hendy Detri Yanto 691 Gender dalam teks al-qur’an dan hadis. Agustin Nailatul Izzah 692 Penggunaan parfum bagi wanita dalam perspektif hadis. Nurhasanah

55

693 Usia pernikahan Aisyah dengan rasulullah SAW.(Kajian hadis tematik). Faizah Hasan 694 Pemahaman masyarakat betawi tentang hadis-hadis mawarits dan aplikasinya. Hikmayanti 695 Menyikap ushul al-khamsah dalam tafsir al-kasysyaf. 696 Konsep kepemimpinan dalam al-qur’an. Akmal Mundiri 697 Konsep takabur dalam perspektif afsir an-nurkarya hasbi ash-shiddieqy. Dahroni 698 Studi kualitas hadis tentang kemiskinan itu mendekati kekafiran. Amiluddin Bin Yusuf 699 Pemahaman hadis tentang larangan meminta dan mengharapkan jabatan

pemerintah. Tubagus Suhendra

700 Keutamaan berwudu perspektif hadis (studi analisa sanad dan matan). Wan Salwa Binti Wan Umar

701 Tafakkur menurut al-qur’an.Penafsiran terhadap ayat-ayat yang mendorong berfikir menurut tafsir ibn katsir dan sayyid qutb.

Cucum Sumiaty

702 Kontroversi seputar naskah dan implikasinnya terhadap penafsiran ayat-ayat yang mengalami naskah:studikomparatif penafsiran ibn katsir dan muhammad’Abduh.

Lusiana Bayu Krisnawati

703 Peran perempuan dalam periwayatan hadis: Studi atas hadis-hadis nafsah binti umar bin khattab.

Siti Ulfah Mahfudah.

704 Tafsir ayat-ayat wahdat al-wujud dalam risalah dan syair hamzah fansuri:Kajian tafsir isyari.

Choiriyatun Athiyah

705 Studi komperatif penafsiran ayat ayat tentang riba dalam tafsir al-manar dan tafsir ibn katsir.

Lilis Maulida

706 Nilai-Nilai religious dalam lagu PADI upaya pemaknaan syair lagu “Menerobos Gelap” dengan pesan-pesan al-qur’an.

Muhammad Rizqi

707 Sabar dalam al-qur’an (Analisis perbandingan fizhilal al-qur’an dan tafsir al-azhar).

Agus Suprianto

708 Gibah dalam perspektif hadis. Keni Roheni 709 Konsep keseimbangan alam dalam perspektif al-qur’an. Nasrullah

56

710 Homoseksual dalam perspektif al-qur’an (Telaah terhadap kisah kaum nabi luthab).

Nur Kholidah

711 Talak perspektif al-Quran: Analisis penafsiran syaikh namawi al-bantoni surat al-baqarah ayat 229-232 dalam tafsir marah labid.

Apipudin

712 Pengalaman hadis tentang hadis malu (Studi kasus mahasiswa jurusan tafsir hadis fakultas Ushuluddin dan filsafat UIN syarif Hidayatullah Jakarta.

Rina Daniati

713 Kajian jender dalam tafsir munir: (Tinjauan atas penafsiran Syekh namawi al-bantoni tentang penciptaan manusia dan kepemimpinan perempuan).

Mahrus Ali

714 Kritik sanad dan matan hadiskeutamaan Dzikir Khafi Nurjaman 715 Kontribusi Syekh Yasin Muhammad Isa Al-Fadani dalam penyebaran hadist di

Indonesia Wasdi

716 Pengaruh tafsir klasik terhadap tarjuman Al-Mustafid Muhammad Imron 717 Analiasa hadis-hadis tentang ahlussunnah waljamaah M.Imam Muttaqin 718 Kajian tematik tentang hadis adab menjenguk orang sakit Nunung Nurudin 719 Nusyuz;kaian surat an-nissa 14:dalam tafsir al-siraj.Al-Munir karya syekh

Muhammad Al-Syar bin-al-kitab Rizki Zulkarnain

720 Konsistensi pelaksanaan shalat antara perintah dengan realita pada kehidupan sehari-hari (kajian surat al-Ankabut 45)

Nuresobah

721 Pergeseran makna kufr dalam al-qur’an (perbandingan ayat-ayat periode makiyah dan madaniyyah

Arief Mulyana

722 Peran syekh Muhammad muhadjirin amsar addary dalam pengembangan kajian hadis melalui karya-karyanya

Tubagus Zainuddin

723 Telaah hadisman samata naja dalam kitab sunan al-turmudzi:kritik sanaddan matah.

Mustafa Bin Tusuf

724 Studi hadis” tentang memanjangkan jenggot:Analisia sanad dan matan dalam al-kutub al-tis’ah.

Fahmi

725 Analisa atas pesan-pesan al-qur’an dalam lirik lagu: Studi kasus terhadap Cecep Saepul Wisnu G

57

album”istighfar” karya opik. 726 Takhrij hadis kitab tanqih algul al-hatsits. Asep Nuhdi 727 “Aqwal al-nabi dalam kitab ta’lim al-muta’allim: kajian sanad hadis dalam kitab

ta’lim al-muta hallim tariq al-ta’allum. Nurazizah Ghafur

728 Kajian hadis-hadis sumpah palsu dalam kitab irsyad al-ibad karya syaikh zainuddin al-malibari.

Ahmad Fadhlah

729 Menyikapi tindak kekerasan dan pembunuhan terhadap anak perspektif al-qur’an.

Ahmad Baihaki

730 Pemimpin dari suku quraisy:Studi kritik sanad dan matan hadis dalam kitab musnad ibn hambal.

Syaiful anwar

731 Prinsip-prinsip ansuransi dalam perspektif hadis. Dewi Karisha 732 Pemikiran Muhammad syahrur tentang sunnah nabawiyah. Muhammad Mahsun 733 Tujuan hidup manusia dalam al-qur’an. Mustholih 734 Karakteristik manusia dalam al-qur’an: Studi analisa pemikiran sawyid.Quthb

dalam tafsir zilal al-qur’an. Muqi Nasani

735 Hadis tentang keutamaan ibu:Suatu tinjauan dan analisis semiotic Charles.s.Peirce.

Lexi Zulkarnaen Hikmah

736 Pendidikan akhlak pada anak dalam perspektif hadis.(kajian sanad dan matan). Fauzi Ahmad 737 Tawassul melalui amakebajikan dalam do’a sebuah kajian analisis sanad hadis. Yunita 738 Hukum terhadap anak yang melalaikan shalat dalam perspektif hadis. Danny A Brianto 739 Al-Galb (hati) dalam al-qur’an : Telaah tafsir al-azhar karya hamka. Noor Albar 740 Kesaksian anggota tubuh pada yaum al-hisab menurut al-qur’an. Setijadi Rahardjo 741 Penafsiran tauhid dalam surat al-fatihah dan al-ikhlas menurut ibn taimiyyah. Ari Priyana 742 Perlindungan hak-hak anak alam perspektif hadis dan undang-undang nomor 23

tahun 2002. Amelia

743 Metode penyelesaian hadis-hadis mukhtalif tentang isbal. Aang Setiawan 744 Bumi sebagai polos:Studi penafsiran Muhammad shalih al-utsaimin atas ayat Mudrika

58

notasi dan revolusi dalam al-qur’an. 745 Studi kritis hadis tentang puasa 6 hari dibulan syawal. Alsa’Adaturrofi’ah 746 Taubat dalam al-qur’an dan analisis terhadap perspektif quraish shihab. Sayid Kutub 747 Toleransi beragama dalam al-qur’an (telaah atas tafsir surat al-kafirun ayat 1-6). Muhammad Ahmadi 748 Proses penciptaan perempuan dalam al-qur’an. H.Rachmat setiaji 749 Hak-hak politik perempuan dalam al-qur’an menurut quraish shihab. Rully Ridwansyah 750 Pemikiran quraish shihab tentang ketiadaan lafaz basmalah pada awal surat al-

taubah. Harry Firmansyah

752 Ziarah kubur dalam perspektif hadis(studi atas pemahaman Muhammad bin abdul/wahib).

Yan Aisa Allamanda

753 Peran orang tua terhadap pendidikan anak dalam islam perspektif al-qur’an (Telaah penafsiran hamka surat luqman ayat 12-19).

Een Hendrawati

754 Pentingnya khusyuk dalam shalat (Kajian surat al-mu’minun 23 ayat 1-12). Fatimah 755 Studi kualitas hadis tentang keistimewaan istana istana emas di surga. Norwahida Binti Wahid A

Saleh 756 Hak dan kewajiban perempuan dalam keluarga perspektif hadis sahih bukhari

dan sahih muslim. Ida Nurmala

757 Plularisme dalam al-qur’an: Telaah atas pemikiran gamal al-banna. Mahmudin 758 Kajian hadis-hadis tematik tentang seni musik. Subbur Abdurrahman 759 Penggunaan tasbih dalam berzikir (studi kritis sanad dan matan hadas dalam

kinab sunan al-tirmidzi. Umar Sapik

760 Penolakan ibn hamz terhadap hadis-hadis yang mengharapkan nyanyian. Ar Diansyah 761 Pandangan John Wans Brough terhadap kondifikasi al-qur’an. Nurfadilah 762 Ayat-ayat doa dalam al-qur’an (shighat-shighat do’a dalam al-qur’an perspektif

at-thabari). Hidaya Tullah

763 Telaah hadis-hadis yang tidak dihukumkan oleh al-imam al-tirmidzi. Lukman Hakim 764 Kekerasaan terhadap isteri dalam perspektif hadis. Ahmad Hafiz

59

765 Otentisitas hadis menurut imam al-ghazali studi analitis. Kuswandani 766 Kua;itas hadis-hadis qada shalat (Kajian sanad dan matan). Mahmubah. 767 Takhrij hadis dalam kitab almihah al-khairiyyah karya syekh Muhammad

mahfuz al-timsilsi. Nur Yanah

768 Metode pembelajaran hadis studi model pembelajaran hadis pesantren tahdzib al-wasiyah bandung.

Ginanjar Nugraha

769 Takhirij hadis tentang satu korban untuk satu keluarga (Studi analisis sanad dan matan hadis).

Uwaisil Qoroni

770 Kualitas hadis-hadis nabi tentang praktek pengobatan dengan cara bekam studi kritik sanaddan matan hadis.

Achmad Syarif

771 Konsep tajdid dalam perspektif hadis. Wianggoro Tedjowistio 772 ESQ:Pemaknaan teks al-qur’an menurut ary ginanjar. Muhammad komaruddin 773 Penafsiran kisah-kisah al-qur’an (telaah terhdapa pemikiran Muhammad) Ahmad

khalafullah dalam al-funu al-qasasiy fi al-qur’an al-karum). Muhammad Khotb

775 Tafsir ayat-ayat wisata upaya pelestarian wisata ziarah di DKI Jakarta. Ragil Baidowi 776 Ulil amri dalam al-qur’an (Analisis terhadap tafsir hamka dalam tafsir al-azhar

surat an-nisa ayat 59). Anas khairullah

777 Indeks al-qur’an Indonesia (Study komperatif buku-buku indeks al-qur’an diIndonesia 7984-2007).

Ahmad Syarif Hidayatullah

778 Studi kualitas hadis berkurban atas nama orang yang telah meninggal dunia(kajian sanad dan matan hadis).

Jamaludin

779 Sikap manusia terhadap al-sa’ah dalam al-qur’an . Ahmad Fauzi 780 Adab bertamu dalam perspektif hadis. Endang Samsul Bahri 781 Keimanan dan kekufuran dalam al-qur’an (Analisis atas lafalz “al-ladzina

amanu”dan al-ladzina kafaru”). Amin Mufti

782 Konsep Khusyu dalam al-qur’an. Salman Faris 783 Studi hadis jariyah analisa sanad dan matan. Ghozali munir

60

784 Ta’wil mulla shadra terhadap basmalah dalam surat al-fatihah. Novi Kamalia 785 Jihad dalam al-qur’an menurut perspektif Abdul hadi awang. Moh Hilman Bin Hasim 786 Syirik dalam perbandingan penafsiran tuan buru nik abdul aziz nikmat dengan

ibn kafsir tentang surat al-taubah ayat-28. Marina Binti Ghazali

787 Kehujjahan hadis da’if menurut ulama salaf dan khalaf. Dandi Achmad 788 Kenabian perempuan dalam al-qur’an menurut para mufasir. Laily Hamadah 789 Hubungan antara pengetahuan tentang hadis larangan berkhalwat dengan galru

mahram dengan penlaku berkhalwah. Ummi Farhah

790 Study hadis-hadis puasa sunnah senin kamis (Kajian tematik hadis). Nana Khoirul Bariyah 791 Perspektif al-qur’an tentang kesedihan. Achmad fahmi 792 Reinterprestasi nurcholish madjid atas al-qur’an. Muhammad Syafaat 793 Hakikat kusyu’dalam shalat (kajian tematik ayat-ayat kusyu’dalam kitab tafsir

rah al-ma’ani karya imam al-alusil). Laifa farihah

794 Dimensi syiah dalam tafsir al-misbah karya M.Qurasih Shihab. Naharuddin Asaf 795 Pernikahan dini dalam perspektif hadis (Sebuah pendekatan kontekstual). Khusen As’ari 796 Orentalis menggugat otentisitas hadis: Studi pemikiran ignaz goldziher dan

josepschacht). Engkus Kusnandar

797 Kekerasan dalam perkawinan (Telaah atas surat al-baqarah ayat229 dan surat al-nisa ayat 19- dan 34).

Azizah Abdullah

798 Infotaiment dan ghibah:studi atas sanad dan matan hadis larangan ghibah. Suryadinata 799 Konflik yahudi dan nasrani terhadapa umat islam. (kajian surat al-Baqarah 120) Abdul Muhyi Wijaya

Kusuma Atmaja 800 Takhrij hadis kitab syahru sullam al-taufiq:sebuah kajian sanad dalam bab.al-

marhiaz minal al-buyti (larangan dalam jual beli) Ahmad Fatahillah

801 Kebebasan manusia dan kekuasaan allah dalam perspektif al-quran (study analisa dengan pendekatan tafsir maudhu’i).

Mujib

802 Pembagian daging kurban dalam perspektif ilmu mukhtalif at hadis. Aliyatur Rosyidah

61

803 Kontekstualisasi ayat-ayat al-qur’an dalam ajaran sunan kalijaga.(Telaah atas ajaran sangka raraningdumadi).

Lukluk Surayya

804 Kiamat dalam kajian Imam Ibnu Katsir(kajian tematik ayat-ayat kiamat dalam kitab tafsir al-qur’an al-azim).

Haromain

805 Motodologi pensyarahan kitab bulug al-marami telaah atas kitab musbah al-zulam syarh buluq al-maram karya syekh Muhammad muhajirin amsar al-dari.

Saidina Ali

806 Larangan menyambung rambut bagi wanita. Venti Damayanti 807 Nikah syighar perspektif hadis (kritik sanad dan matan). Evi Muthiatul.m 808 Tinjauan hadis tentang sunah dan bid’ah dalam kitab risalah ahlu al-sunah wa al-

jama’ah. Ihda Hanna Qolbiya

809 Pemaknaan tauhid melalui ayat-ayat alam,perspektif said nursi. Afi Fullah 810 Kajian bibliografi karya-karya’ulum al-qur’an di Indonesia dari tahun 1953

hingga 2008. Muksin

811 Lafazyang bermakna kebaikan dalam perspektif al-quran : (Analisis terhadap kata al-birr,al-ihsan,dan al-khari).

Asep Murdana

812 Poligami dalam tinjauan hadis. Salbiah 813 Studi kritik kualitas hadis keutamaan membaca surat al-waqiah dalam tafsir al-

dur al-mantsur al-tafsir al-matsur. Hafid

814 Munafik menurut hadis:kritik sanad dan matan dalam musnad ahmad. Ibrahim Zaki Bin Long 815 Takhrij al-hadis kitab nasaih al-ibad karya imam namawi al-jawi al-batani

(kajian analisis sanad dan matan,Bab ke delapan). Rahmat Syaiful

816 Kritik sanad dan matan hadis tentang tato dalam sunan al-darimi. Zulkarnaen 817 Keluarga berencana dalam al-qur’an menurut pandangan tafsir al-misbah. Ahmad Sahal 818 Psikologi cinta dalam kisah yusuf dan zulaikha (telaah atas surat yusuf ayat-23-

32). Ihyak Ulumuddin

820 Riba dalam kajian tafsir si zilal al-qur’an. M.Najib Bin Ismail 821 Penafsiran altabari terhadap ayat-ayat teguran bagi nabi Muhammad SAW dalam Sri Wahyuni

62

al-qur’an. 822 Menguji kualitas sanad dan matan hadist dalam kitab tanbih al-masyi bab.aspek

ayariat karya abd al-rauf al-sinkili. Matrozi

823 Hadis mu’allaq(kajian kitab ta’lim al-muta’allim karya al-zarnuji). Mikoyah 824 Tela’ah terhadap hadis bersiaplah menghadapi kefakiran. Ahmad Syaiful Daulah Bin

Razali 825 Sikap masayarakat sebuah negri terhadap kehadiran rasul-rasul (Analisa

perbandingan tafsir al-zhar dan tafsir abdul hadi awang). Mohd.Zahid Bin Awang

826 Konsep kepemimpinan (Qiwaman). Perempuan dalam al-qur’an analisa tafsir Muhammad syahrur.

Noor Rohman

828 Konsep masyarakat islami syyid quthb dalam tafsir fi zhilal al-qur’an. Herman 829 Aplikasi ilmu mukhtalifal hadist terhadap buang hajat menghadap kiblat. Ahmad Iskandar 830 Konsep iman menurut pandangan hasbi ash-shiddieqy dan hamka atas al-baqarah

ayat 62. Ahmad Fairit

831 Kualitas hadis-hadis dalam tafsir al-azhar:Study kritik sanad hadis dalam surat yasin.

Saidatul Awaliyah

832 Kajian ortografi dalam mushaf utsmani. Umam Biladi Kusuma 833 Amar ma’ruf nahi munkar dalam perspektif jama’ah tabligh dan sayyid quthb.

Studi ayat-ayat Ali Murthado

834 Hadis tentang sunahnya haji berulang kali (Studi kritis kualitas sanad dan hadis). Supiyah 835 Takhrij hadis tentang shalat istikharah (Studi kritis kualitas sanad dan matan). Fitriatul Munaroh 836 Takhrij al-hadist tentang shalat sunnah ba’diyah asar. Ulfah Latifah 837 Kajian hadis-hadis bab fi ta’zim al-ilm wa ahlih dalam kitab ta’lim al-muta’allim

karya al-zarnuji. Safrudin

838 Argumen pen-tawaqufan hadis-hadis sahih (Kritik matan hadis menyusui laki-laki dewasa).

Agus Gunawan

839 Demitologisasi:antara mitos dan nalar dalam interprentasi Muhammad abduh. Asep Machsus

63

840 Studi sanad dan matan hadis tentang keutamaan hari jum’at. Suryadi 841 Pengaruh kondisi banten abad XIX studi kasus tafsir marah labid karya

syaikhm,nawawi al-jawi al-batani. Siti Farida Nurlaili

842 Taskhir dalam al-qur’an :sebuah upaya memahami bencana. Faizzaturrahmah 843 Konsep sabar dalam perspektif hadis. Hadi priatna 844 Penafsiran mujahd bin jabr dalam kitab tafsir ibnu katsir. Zainal Muttaqin 845 Studi kualitas sanad dan matan hadis tentang nancaman terhadap orang yang

meninggalkan shalat asar. Dedi Suhaidi

846 Takhrij hadis dalam kitab al-jami’al-saghfir fi ahaditsi al-basyir al-nadzir karya al-suyuti.

Rofiuddin Hb

847 Perlindungan hak-hak dalam al-qur’an dan konversi hak anak. Avina Mardhiyati 848 Menstruasi menurut quraish shihab dalam tafsir al-musbah. Sapnah 849 Penetahuaan jama’ah majelis ta’lim kecamatan ciputat timur terhadap hadis

membaca dan menyentuh al-qur’an bagi wanita haid dan junub. Fauziatul Akmal

850 Kualitas hadis-hadis khulu’yang terdapat dalam kitab sunan al-tirmidzi dan kitab al-muwatta malik.

Siti Kotimah

851 Analisis hadis-hadis tentang olahraga renang. Agung Ashadi 852 Pemelkiharaan anak yatim perspektif hadis. M.Saeful Amin 853 Pemahaman hadis tekstual dan kontekstual ary ginanjar. Mariatul Qibtiah 854 Akhlak dalam perspektif al-qur’an. Siti Hidayah 855 Kajian hadis-hadis tenang korupsi sebuah analisa tematik hadis. Mutassaroh 856 Nikah mut’ah dalam pandangan al-syaukani dan thabathaba’i. Pipin Tohidin 857 Konsep investasi dalam perspektif al-qur’an. Ramlan Kurniawan 858 Penafsiran amar ma’ruf nahi munkar dalam perspektif tafsir al-azhar dan al-

misbah. Nisfu rinaldi

859 Karakteristik kitab mastika hadis rasulullah SAW karya syeikh Abdullah basmeih.

Yunus Bin Zamalalbdin

64

860 Kajian riwayat-riwayat tentang wanita (istri) nusyu’z dalam kitab ‘uqud al-lujain karya imam nawawi al-batani.

Muhammad Ridwan

861 Pengaruh moderniasasi di turki penafsiran bediuzzaman said nursi. Muhammad Labib Sauqi 862 FAdilah imam dalam kitab riyadus salihin studi hadits imam nawawi. Rudi Salam 863 Analisa sifat dan tipu daya syaitan dalam kitab sahih bukhari dan muslim. Dedi Maulana 864 Penafsiran ibnu abbas tentang lailat al-qadr dalam kitab marah labid karya syaikh

nawawi al-bantani. Muhammad Fatih

865 Makhluk halus menurut penafsiran dato’haron din. Nuraishah Binti Abdullah 866 Kualitas hadis-hadis menurut ilmu dalam kitab minhaj al-abidin. Marullah 867 Tipe wanita muslimah. (kajian kisah-kisah wanita dalam al-Qur'an) Sumiyati 868 Misteri sahabat nabi mengungkap pergeseran definisi sahabat abad I-IX H. Ahmad Libaydi Hasbillah 869 Kedewasaan dalam pandangan al-qur’an. Hafidz Arifin 870 Pemahaman masyarakat terhadap riwayat. Haris Syahrostani 871 Adab berpakaian muslimah. Kajian surat al-A'raf 26 Susilawati 872 Menanggulangi kenakalan remaja dengan pendapat Q.S.Lukman:13-19. Maria Ulfah 873 Mengenal nabi lebih dekat melalui kitab al-syama’il al-muhammadiyah. Muamar 874 Kajian hadis tentang meninggalnya tiga orang anak menjadi dinding bagi orang

tuanya. Maria Ulfa

875 Aurat perempuan dimata para pengkritik syahrur. Irfan Soleh 876 Penafsiran inklusif nurcholish madjid mengenai makna al-islam:Telaah surah ali-

imran ayat 19 dan 85. Rizky Munggaran

877 Studi Analisis tentang hadis hikmah sakit. Hifzhiawati 878 Problem otoritarianisme penafsiran teks dan signifikasi nya dalam pandangan

khaled abdu al-fadl. Umihaniah

879 Isyarat-isyarat psikologis al-qur’an tentang pembentukan karakter anak. Faidah Umami 880 Konsep adil dalam pembagian warisan studi penafsiran al-sya’rawi dan hamka

terhadap surat al-nisa’ayat 11. Zuraidan

65

881 Juz’amma dalam sorotan aamamiruddin. Dian Mawardiani 882 Ghaniyyun hamid dalam al-qur’an. Siti Rosidah 883 Pembagian harta waris. Kajian al-Nisa 11-12 Mardiono 884 Telaah hadis argumentasi pelaku bom bunuh diri dalam bukumeluruskan makna

jihad:takhrij hadis dan anlisa sanad serta matan. Ahmad Nur Kholid

885 Kualitas hadsi dalam tafsir ibnu katsir:studi kritik sanad dan matan hadis dalam surah yasin.

Muhammad yasir

886 Musibah dalam al-qur’an. Mutmainah 887 Peranan orang tua dalam pendidikan keluarga. (al-Tahrim ayat 6) Wahyu Ningsih 888 Isbal dalam perspektif hadis. Jenal Mutakin 889 Hubungan air dengan kehidupan didalam al-qur’an:Sebuah analisa tafsir tematik. Fauzlah Hasni 890 Metode pemahaman hadis dewan hisbah persis tentang ibadah haji. M.Fajar Fagihuddin. 891 Makna id-fitri:studi analisis sanad dan matan hadis. Suhendri 892 Analisis metodologi tafsir al-fatihah achmad chodjim:aplikasi metode kajian

tafsir islah gusmian. Irwan

893 Sabar dalam perspektif al-qur’an. Jalaludin 894 Reproduksi manusia studi perbandingan antara m.quraish shihab dengan hamka

dalam penafsiran Q.S.Al-Mu’minuun:13-14. Kurotul Ainiah

895 Kesesuaian hadir nabi SAW tentang menyuruh anak shalat sejak berumur tujuh tahun dengan prilaku orangtua dalam meningkatkan ketaatan beribadah anak.

Faisal riza Pahlevi S

896 Kontekstualisasi hadis-hadis korupsi Muhib Rosyidi 897 Hisab dan rukyah dalam perspektif hadis. Syahid Akhyari 898 Kajian tafsir bahasa sunda:analisis terhadap tafsir ayat suci lenyep paneun. Depri Rosyadi 899 Studi kualitas hadis hibah yang boleh dan yang tidak boleh ditarik kembali. Abdul Rosyid 900 Kerusakan lingkungan perspektif al-qur’an. Muhammad Mukhtar Dj 901 Telaah analisis tafsir al-azhar karya hamka. Al-suwibah Binti Jusoh 902 Konsep syafa’at menurut sayyid quthb dalam tafsir si zilal al-qur’an. Arif Rahman Hakim

66

903 Konsep penciptaan makhluk hidup dalam al-qur’an. Deni Ramdani 904 Telaah interpretasi masdar farid mas’udi terhadap surat al-baqarah:197. Abdul Hasan Mughni 905 Antisipasi al-qur’an terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Kholid Amru 906 Etika politik perspektif al-qur’an. Rifki Arsilan 907 Pemahaman hadis tentang ruh dalam kitab ar-ruh karya ibnu qoyyim al-jauziyah. M.Iqbal Alam Islam 908 Pandangan al-musi terhadap ayat-ayat hukum dalam tafsir al-tibyan. Bier Jannah 909 Pengaruh wudu bagi kesehatan perspektif hadis. Fikri 910 Metode membaca al-qur’an. Indriyani Sukmana 911 Isra’mi’raj dalam tafsir bil ilmi. Abdul Ghattar 912 Deskripsi amar ma’ruf nahi munkar menurut al-qur’an. Abdul Hadi Bin Mohd 913 Hadis al-wahn dan relev ansinya dengan koteks kekinian. Aminah Binti Shafie 914 Riwayat-riwayat keutamaan surat al-mulk dalam tafsir”al-qur’an al-azm”. Uli Nurlia 915 Safwat al-tafsir. Ahmad Fauzi 916 Mental discorder dalam al-qur’an. Rahmi Meldiyati 917 Talqin mayit setelah penguburan. Ismail 918 Memilih azan abu mahdhurah. Hasanuddin 919 Kualitas hadis-hadis dalam tafsir al-ashar. Siti Masyitoh 920 Syifa dalam perspektif al-qur’an. Nurul Hikmah 921 Konsep geologi laut dalam al-qur’an dan sains. Nuri qumariah Marita 922 Kualitas hadis al-mu’awwidzat dalam kitab sunan al-tirmidzi. Neneng Sukriati 923 Metode dan corak penafsiran al-qur’an Muhammad said bin umar dalam tafsir

nur al-ihsan serta implementasinya dalam penafsiran. Saifuddin Bin Asyari

924 Perilaku mencerah-berai agama dalam tafsir an nuur. Budi Utomo 925 Pemahaman asyhur al-hurum dalam hijriah menurut perspektif hadis. Achmad Alviennoer 926 Fadilah puasa asyura dan tasu’a dalam kitab riyadus salihin studi hadis imam

nawawi. Anwar Rizqi

927 Hak perempuan dalam pembagian harta warisan menurut al-qur’an. Tuan syafwani bi Tuan

67

Mohd Fauzi 928 Hadis-hadis larangan menafsirkan al-qur’an dengan ra’yi. Fitroh Fuadi 929 Konsep tagmut dalam al-qur’an. Andriansyah 930 Hikmah shalat berjama’ah dalam al-qur’an menurut penafsiran ibnu katsir. Ardian Maksal Lintang 931 Penerapan etika bertamu perspektif hadis di desa sindanggalih kecamatan karang

tengah garut. Nurjanah

932 Urgebsi tumbuhan bagi kehidupan dalam perspektif al-qur’an. Nurhidayah 933 Studi kritik kukalitas hadis keutamaan malam nisfu sya’ban dalam kitab fadhail

al-awqaat karya imam balhaqi. Dwi Aprinita Lestari

934 Kenaikan isa al-masih menurut mutawalli al-sya’rawi. Sofyan Tsaurj 935 Wawasan al-qur’an tentang kekerabatan. Suryadi 936 Israiliyyat dalam tafsir ath-thabari dan ibnu katsir. Nur Alfiah 937 Manfaat ibadah haji telaah terhadap surat al-Hajj 28 Rina Kurnia 938 Tinjauan hadis terhadap praktek paranormal. Rachmat Hidayatullah 939 Shalat tahajud dalam tafsir fi-zalal al-qur’an. M.Nururruhman 940 Khitan perempuan perspektif hadis danm sirkum sisi perempuan menurut who. Muhammad Suuki 941 Etika komunikasi lisan menurut al-Qur'an Amir Mu’min Solihin 942 Konsep zikir menurut al-maraghi. Khoirul Umam 943 Tiga golongan manusia dalam surat al-waqiah ayat 7-36. Muhammad Malik 944 Melacak makna observasi dalam tafsir ruh al-ma’ani. Sopiyanul Arifin 945 Analisa kritis terhadap surat al-fil dalam tafsir al-khazin. Ahmad Khozin 946 Isti’anah dalam al-qur’an. Mukhtar Lutfi 947 Pengaruh kajian hadis terhadap pembentukan akhlak remaja dalam menjaga

istiqamah beribadah. Ahmad Jazuli

949 Ukhuwwah dalam perspektif al-qur’an. Shoimuddin 950 Pandangan yusuf qardhawi tentang zakat profesi (studi hadis-hadis dalam kitab

fiqh al-Zakat) Anwar Mustaqim

68

951 Konstribusi ali Mustafa yaqub terhadap perkembangan kajian hadis kontemporer di Indonesia.

Ni’ma Diana Cholidah

952 Pengaruh zikir terhadap kesehatan perspektif hadis. Muhammad Naufal 953 Takdir dalam pandangan fakhir al-din al-razi. Djaya Cahyadi 954 Kajain hadis tentangkonsep ikhtiar dan takdir dalam pemikiran Muhammad al-

ghazali dan nur chollih madjid. Mu’ammar

955 Ruh dalam al-qur’an analisa penafsiran Prof.Dr.M Quraish Shihab. Atti Nurliati 956 Visualisasi surge dan neraka (kajian tematik ayat-ayat ttg surga dan neraka) Mega Rista Oltavianti 957 Takhrij hadis kitab risalah ahlu al-sunnah wa al-jama’ah. Syaid Lukman Hakim 958 Kajian tafsir Indonesia analisis terhadap tafsir tamsyiyyat al-muslimin fi tafsir

kalam rabb al-alamin. M.Indra Nazarudin

959 Penerapan hadis nabi SAW tentang etika bertetengga. Latifani Wardah Shomita 960 Pendidikan aklak dalam al-qur’an. Maysaroh 961 Waris kalalah dalam pandangan wahbah az-zuhaly kajian tafsir al-Nisa 12 dan

76 Putri Ajeng Fatimah

962 Kajian atas kitab hasyiah al-sawi ala tafsir al-jalain. Imam Zakifuad 963 Studi kritis definisi sunnah dan hadis perspektif ilmu logika. Miftahul Bari 964 Mimpi menurut al-qur’an. Lia Angraeni 965 Penafsiran hamka tentang ayat-ayat yang mengandung lafadz makar. Siti Nurul Hinayah 966 Perspektif al-qur’an tentang keputausan. Muh.Ramdhani m 967 Penafsiran al-syarawi terhadap ayat-ayat al-qur’an tentang wanita karir. Riesti Yuni Mentari 968 Studi komperatif penafsiran rasyid rida dan tabata ba’I terhadap surat al-maidah. Ahmad Hazami 969 Memahami kehendak allah melalui fenomena alam (kajian tentangayat-ayat

kauniah) Mariyah Ulfah

970 Telaah hadis-hadis yang digunakan sebagain hujjah jama’ah tabligh masjid jami kebon jeruk jabar.

Muhammad Mukhlis

971 Laknat dalam pandangan al-qur’an. Ismail Amir

69

972 Tafsir KH ahmad sanusi telaah atas kitab tafrih qulub al-mu’minin fi tafsir kalimat surat yasin.

Zahrul Athriah

973 Pemberian catatan perbuatan dalam surat al-insyiqaq. Izharul Irfan 974 Hadis-hadis tentang praktek-praktek yang terlarang dalam jual beli. Maman Firman Syah 975 Fungsi al-tahwil dalam sahih muslim. Zulkarnain 976 Penghormatan dalam islam perspektif hadis. Ahmad Qutubi 977 Studi kritik sanad dan matan hadis tentang kurma,manna,dan madu sebagai obat. Lubna Alay Drus 978 Pengemburan malaikat dalam al-qur’an. Irvan Abdurrahmat 979 Penafsiran syaikh Muhammad hisyam kabbani terhadap ayat-ayat al-qur’an

tentang dzikir dalam karyanya. Sofia Rosdanila Andri

981 Pernikahan beda keyakinan dalam al-qur’an. Dedi Irawan 982 Keutamaan ilmu dan ulama perspektif hadis. Tori 983 Peringatan kritikus hadis:studi kasus atas ibn abi hatim al-razi dan al-dzahabi. Jubaedah 984 Prinsip-prinsip pendidikan menurut al-qur’an (sebuah kajian tafsir tematik). Mi’roji 985 Kualitas hadis nabi tentang penanggulangan marah dengan cara duduk atau

berbaring. Ruslon Abdul Ghani

986 Studi kritis hadis-hadis yang mempunyai sebab secara khusus pada buku hadis nabi yang tekstual dan kontekstual.

Nurzaeni

987 Takhrij hadis-hadis kitab tafsir al-mishbah. Asep Badru Takim 988 Bai’at dalam al-qur’an. Muamar 989 Salat sunnah istiqarah dalam perspektif hadis. Bahrudin 990 Perspektif al-qur’an tentang musibah. Ade Tis’a Subrata 991 Pembentukan akhlak anak melalui kesehatan mental keluarga perspektif al-

qur’an. Fauzah Auled Nurdin