169039274 Leaflet Hipertensi JAYLANI

2
Disusun oleh: Ach. Jaylani STIKES INSAN UNGGUL SURABAYA 20! - Tiba – tiba nyeri hebat pada mata dan sekitarnya (orbita, kepala, gigi dan telinga ). - Mata sangat kabur dan melihat warna seperti pelangi (halo) disekitar lampu. - Mual, muntah, berkeringat - Mata merah, hyperemia konjungtiva dan siliar - Visus sangat menurun - dema kornea - !ilik mata depan sangat dangkal "#" $%& '" *+M" %T 'aukoma adalah sejumlah kelainan mata yang mempunyai gejala peningkatan tekanan intra okuler (T%+), dimana dapat mengakibatkan penggaunganatau pen ekungan papil syara optik sehingga terjadi atropi syara optik, penyempitan lapang pandang dan penurunan tajam pengelihatan (Martinelli, /00/). #"1" $%" !2"#" 1"#"T T23"1% “Glaukoma dapat terjadi pada semua usia mulai dari bayi sampai manula” T"41" 1"4 '3" "

description

hipertensi

Transcript of 169039274 Leaflet Hipertensi JAYLANI

Disusun oleh:

Ach. JaylaniSTIKES INSAN UNGGULSURABAYA

2014

- Tiba tiba nyeri hebat pada mata dan sekitarnya (orbita, kepala, gigi, dan telinga ).- Mata sangat kabur dan melihat warna seperti pelangi (halo) disekitar lampu.

- Mual, muntah, berkeringat

- Mata merah, hyperemia konjungtiva dan siliar

- Visus sangat menurun

- Edema kornea

- Bilik mata depan sangat dangkal

- Pupil lebar lonjong dan tidak ada refleks terhadap cahaya.

- TIO sangat tinggi

- Sudut bilik mata tertutupPENATALAKSANAAN Prinsip : Mencegah progesifitas penggunaan papil dengan menurunkan TIO.

Cara : 1. Pemakaian obat-obatan sebagai pilihan utama.

2. Bila TIO masih tinggi maka pilihan kedua adalah aplikasi LASER pada jaringan trabekula

3. Bila pilihan keduapun masih belum berhasil maka pilihan ketiga sdslsh bedah filtrasi

PENCEGAHAN

Ingat-Ingat!!!

Mencegah Lebih Baik Daripada

MengobatiPADA USIA BERAPA DAPAT TERJADI?

Gaukoma adalah sejumlah kelainan mata yang mempunyai gejala peningkatan tekanan intra okuler (TIO), dimana dapat mengakibatkan penggaungan atau pencekungan papil syaraf optik sehingga terjadi atropi syaraf optik, penyempitan lapang pandang dan penurunan tajam pengelihatan (Martinelli, 1991).

APA SIH GLAUKOMA ITU??

Glaukoma dapat terjadi pada semua usia mulai dari bayi sampai manula

TANDA DAN GEJALA

Galukoma sudut terbuka /simplek (kronis)

Sudut bilik depan terbuka normal, ada hambatan aliran AgH tidak secepat produksi, bila berlagnsung secara terus menerus, maka menyebabkan degenerasi syaraf optik, sel gangglion, atropi iris dan siliare. Gejala yang timbul adalah: mata terasa berat, pening, pengelihatan kabur, halo di sekitar cahaya, kelainan lapang pandang , membesarnya titik buta.

Glaukoma sudut tertutup/sudut sempit (akut)

Terjadi penyempitan sudut dan perubahan iris ke anterior, terjadi penekanan kornea dan menutup sudut mata, AqH tidak bisa mengakir keluar, bilik mata depan menjadi dangkal. Gejala yang timbul adalah: nyeri selam beberapa jam dan hilang kalau tidur sebentar, TIO >75 mmhg, halo disekitar cahaya, headache, mual, muntah, bradikardi, pengelihatan kabur dan berkabut serta odema pada kornea.