Leaflet Keputihan

download Leaflet Keputihan

of 3

  • date post

    04-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    175
  • download

    43

Embed Size (px)

description

kesehatan reproduksi

Transcript of Leaflet Keputihan

PROGRAM STUDI S 1 ILMU KEPERAWATAN

KEPUTIHAN

Disusun oleh:

Tri Rahayu Adhaningrum(1301100069)Apa keputihan itu ?Keputihan adalah semua pengeluaran cairan alat genetalia yang bukan darah.

tetapi merupakan manifestasi klinik berbagai infeksi, keganasan atau tumor jinak organ reproduksi

apa saja jenis keputihan ?1. FISIOLOGIS

(keputihan normal)

Cairan keputihannya encer Cairan yang keluar berwarna krem atau bening Cairan yang keluar tidak berbau Tidak menyebabkan gatal Jumlah cairan yang keluar terbilang sedikit2. PATOLOGIS

(keputihan abnormal atau penyakit keputihan )

Cairannya bersifat kental Cairan yang keluar memiliki warna putih seperti susu, atau berwarna kuning atau juga hijau Keputihan patologis menyebabkan rasa gatal Cairan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap Biasanya menyisakan bercak-bercak yang telihat pada celana dalam wanita Jumlah cairan yang keluar sangat banyak.Apa penyebab keputihan ?1. Jamur Candidas atau Monilia2. Parasit Trichomonas Vaginalis3. Bakteri Gardnella4. Faktor hygiene yang jelek

5. Pemakaian obat-obatan (antibiotik) dalam waktu lama.

6. Stres

7. Penyakit organ kandungan

8. Keluarnya mucus servix (tidakhaid).

9. Alergi

Penggunaan celana dalam yang salah

Bagaimana cara mengatasi keputihan?1. Menjaga kebersihan sabun non parfum saat mandi untuk mencegah timbulnya iritasi pada vagina. Saat menstruasi biasakan mengganti pembalut apabila sudah terasa basah dan lembab. Setelah buang air besar, bersihkan dengan air dan keringkan dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina Mencuci bagian luar vagina dan menjaga vagina agar tetep kering Menjaga kuku tetap bersih dan pendek2. Memerhatikan pakaian Apabila celana dalam yang dipakai sudah terasa lembab sebaiknya segera diganti dengan yang kering dan bersih. Minimal sehari 2 kali.

Menggunakan pakaian dalam dari bahan katun karena katun menyerap kelembaban dan menjaga agar sirkulasi udara tetap terjaga. Tidak duduk dengan pakaian karena jamur lebih senang pada lingkungan yang basah dan lembab.

Menghindari pemakaian pakaian dalam atau celana panjang yang terlalu ketat karena dapat meningkatkan kelembaban organ kewanitaan.

3. Mengatur gaya hidup Menghindari seks bebas

Mengendalikan stress

Rajin olahraga agar stamina tubuh meningkat untuk melawan infeksi

Kegemukan dapat membuat kedua paha tertutup rapat sehingga mengganggu sirkulasi udara dan meningkatkan kelembaban sekitar vagina.

Mengkonsumsi diet yang tinggi protein. Mengurangi makanan tinggi gula dan karbohidrat karena dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang merugikan.