15582 Annisa Trisnia Sasmi Matlab

download 15582 Annisa Trisnia Sasmi Matlab

of 8

description

Matlab tutorial

Transcript of 15582 Annisa Trisnia Sasmi Matlab

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONALPROGRAM STUDI GEOFISIKA JURUSAN FISIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS GADJAH MADA

PRAKTIKUM METODE KOMPUTASIACARA: PENGENALAN MATLAB (2)

DISUSUN OLEH:ANNISA TRISNIA SASMI13/349836/PA/15582ROMBONGAN: RABU (10.30-12.00)ASISTEN ACARA:YOGGIE SURYA PRADANA

YOGYAKARTA2014

Manfaat Matlab dalam Geosains

1. Sebagai sarana dalam membuat permodelan penentuan dalamnya kerak bumi.Penentuan dalamnya kerak bumi dilakukan dengan cara mengolah data gempa dengan metode receiver function, dengan memodelkan kecepatan gelombang yang tercatat dalam seismometer. Data yang telah didapatkan kemudian diolah dengan menggunakan Matlab. Salah satu dosen Geofisika UGM, Bapak Wiwit Suryanto, melakukan pengamatan ini dan juga membuat permodelan dalamnya kerak bumi menggunakan matlab.

Gambar 1: Permodelan penentuan kecepatan receiver function dengan menggunakan Matlab, oleh Bp.Wiwit Suryanto. Sumber: http://hfi-diyjateng.or.id.

2. Sebagai Alat untuk Membuat Model Diagram RoseDiagram rose merupakan diagram/chart yang merepresentasikan nilai suatu fenomena alam/kebumian yang terdiri dari parameter vektor (arah dan besaran) fenomena itu dalam sudut/arah tertentu dan banyaknya jumlah kejadian pada suatu rentang waktu.Dalam bidang meteorologi, penggunaan diagram rose contohnya adalah metode pengolahan data angin (biasanya disebutwindrose). Misalkan seorang meteorologis memiliki 1000 data kecepatan angin pada rentang waktu 10 tahun di lokasi tertentu. Data-data angin tersebut biasanya terdiri dari parameter kecepatan arah horzontal dan vertikal. kemudian dari data ini dengan cara perhitungan trigonometri biasa, kita dapat menentukan arah dan besaran kecepatan masing-masing data tersebut. Dari situ kita dapat menentukan dari mana arah angin dominan (biasanya mengacu terhadap arah utara geografis) dan berapa besar kecepatan rata-ratanya selama 10 tahun dengan menggunakan diagram rose. pengolahan data angin ini biasanya digunakan seorang Oseanografer untuk menentukan daerah pembangkitan gelombang akibat angin (fetch). gambar di bawah ini merupakan contoh visualisasi diagram windrose dimana arah angin dominan terlihat ke arah selatan, yang dibuat menggunakan software Matlab:

Gambar 2:Model diagram rose. Sumber: http://www.climate.washington.edu/ 3. Sebagai Simulasi dalam Penghitungan Matematis. Masalah-maslah komputasi yang ditemui di dalam matematika dapat diselesaikan secara jauh lebih cepat dengan MATLAB daripada dengan menggunakan bahasa pemrogaman baku (seperti BASIC, Fortran, C/C++, Pascal, Java dan sebagainya). Khususnya MATLAB sangat cocok dan cepat untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang melibatkan matriks. Hal ini sesuai dengan nama MATLAB, yang merupakan singkatan dari Matrix Laboratory. MATLAB dapat digunakan untuk melakukan komputasi numerik, simbolik (dengan menggunakan paket Symbolic), dan visualisasi, serta pemrogaman.

4. Membuat Permodelan Pergerakan Gelombang P dan Gelombang SGelombang P dan Gelombang S merupakan dua jenis gelombang badan (body wave) yang mampu menjalar ke dalam bumi. Kedua gelombang tersebut memiliki andil dalam penentuan lapisan-lapisan bumi, dimana gelombang P bisa menjalar dalam medium padat (misal: kerak bumi, inti dalam bumi) maupun cair (inti luar bumi), sedangkan gelombang S tidak. Pergerakan kedua gelombang tersebut dapat dipantau melalui pemrograman Matlab.

Gambar 3: Permodelan pergerakan gelombang badan, oleh Hendra Gunawan. Sumber: Buletin Vulkanologi dan Bencana Geologi.

5. Membuat Permodelan Arah AnginPermodelan arah angin bisa dibuat di dalam Matlab dengan mengumpulkan data tekanan udara di suatu wilayah. Dengan demikian, arah angin bisa dimonitor dan lokasinya bisa diplot.

Gambar 4: Permodelan arah pergerakan angin. Sumber: http://panipahan-desa-kelurahan.ptkpt.net/_lain.php?_lain=7992

6. Membuat Permodelan Gempa BumiDengan Matlab, permodelan seismograf terkait hubungan antara amplitudo gempa dengan waktu tempuh getaran bisa diamati. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengumpulkan data berupa longitude, latitude, dan magnitude gempa, lalu dilakukan pemrosesan data dalam Matlab.

Gambar 5:Permodelan gempa bumi. Sumber: http://id.earthquake.report.com

Lima Tahun Lagi, Saya Harus....

Menjadi geofisikawan sebenarnya bukanlah merupakan cita-cita saya sejak kecil. Hmmm, tentu saja. Anak kecil mana yang ketika ditanyai kedua orangtuanya perihal cita-cita, ia menjawab Ingin menjadi geophysicist? Bahkan anak dari seorang ahli geofisika pun kelihatannya tidak terlintas untuk menjadi sebagaimana yang orangtuanya lakukan.Bukan, bukan berarti menjadi seorang geofisikawan adalah cita-cita yang buruk. Bukan berarti geofisikawan adalah pekerjaan yang nista. Geofisikawan bukan pula pekerjaan momok bagi anak kecil.Geofisika justeru sejatinya adalah ilmu yang luas dan menantang, sangat luas. Ada banyak percabangan ilmu di sini, ada banyak hal yang membuat saya penasaran. Ada banyak misteri bumi yang ingin saya singkap. Oleh karenanya saya memilih sub jurusan ini sebagai jalan saya.Hmmmm, urusan perkuliahan lima tahun ke depan? Oke, dalam melakukan perjalanan, memang kita perlu mempersiapkan suatu manajemen, yang selanjutnya disebut: rencana. Demikian juga dalam perjalanan saya di Geofisika UGM. Saya memiliki rencana besar yang akan saya capai dengan rencana-rencana kecil. Rencana besar itu sangat sederhana: menyelami bumi sedalam-dalamnya, meneguk rahasia alam sebanyak-banyaknya. Hei, bagaimana dengan soal karier? Bagaimana dengan IPK? Tidak tertarikkah untuk pergi ke luar negeri dengan beasiswa?Baiklah, sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya tegaskan bahwa menyelami bumi adalah tujuan utama saya, kuil yang harus saya capai dengan menyusun lembar demi lembar anak tangga. Rencana lima tahun kedepan ini adalah satu dari sekian ratus anak tangga yang hendak saya susun untuk mencapai tempat tertinggi bernama Rencana Besar itu.Intinya, lima tahun lagi, saya harus sudah menjadi organisatoris yang handal. Saya sudah harus mencapai paling tidak empat prestasi. Saya harus sudah menjadi anggota yang berdedikasi untuk seluruh organisasi yang saya ikuti. Saya harus sudah menjadi mahasiswa yang bertanggungjawab terhadap niat utama kedatangan saya di kampus ini. Saya harus sudah menjalin relasi yang akan mempertemukan saya dengan tujuan utama perkuliahan saya. Saya harus bersungguh-sungguh. Dan tekad saya tidak boleh hanya berlalu sebagai pelengkap dalam mengerjakan tugas metode komputasi ini.IPK, karier yang baik, dan beasiswa bukanlah tujuan utama saya, melainkan hanyalah bonus jika saya melaksanakan tugas saya dengan baik, dalam kesempatan membangun pondasi selama lima tahun tersebut. Percayalah, barang siapa yang menuai benih, maka dialah yang memetik buahnya. Akhir kata, Ketika anda bertekad untuk mencapai puncak gunung, ada akan melihat banyak panorama indah dalam perjalanan anda. Hutan perdu di kaki gunung, sabana berangin yang damai, padang bunga nan cantik, danau vulkanik yang keren, hingga kau mencapai keindahan utamamu: lautan awan di atas gunung. Namun, jika anda sudah cukup puas hanya dengan meniti kakinya, tak mengapa. Hanya saja, anda melewatkan banyak hal untuk disyukuri dan disimpan sebagai pengalaman berharga.

Daftar Pustaka

Suryanto, Wiwit. 2010. Penentuan Kerak Bumi Menggunakan Teknik Stacking H-K Data Receiver Function untuk Gempa Jauh. Jurnal Ilmiah HFI Jateng-DIY.Gunawan, Hendra. 2010. Analisis Data Geofisika Monitoring Gunungapi Berdasarkan Pengembangan Permodelan Analitik dan Diskrit (Bagian III): Suatu Konsep Mengenai Sumber Gempa. Buletin Vulkanologi dan Bencana Geologi, volume 5, Nomor 1, Januari 2010.Pujiriyanto, Andry. 2008. Cepat Mahir Matlab. Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika Universitas Gadjah Mada.Harrispana, Aryo. 2012. Diagram Rose. http://aryoharrispana.wordpress.com/tag/oseanografi/. Diakses pada tanggal 25 Mei 2014 pukul 18:23.8 | Metode Komputasi-Matlab