134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

12
PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE CV. URSA MAYORA KONSULTAN SPESIFIKASI TEKNIK Pekerjaan : Pembangunan Screen House Lokasi : Dusun Tunggul Asri Desa Sidomulyo Kec. Bumiaji Kota Batu Sumber Dana : DAU Tahun anggaran: 2011 I. LINGKUP PEKERJAAN Uraian dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) ini menyangkut lingkup pekerjaan Pembangunan Screen House di Dusun Tunggul Asri Desa Sidomulyo Kecamatan Bumiaji Kota Batu tahun anggaran 2011, sesuai dengan gambar rencana yang terdiri dari : 1. Pekerjaan Pendahuluan 2. Pekerjaan Tanah 3. Pekerjaan Pondasi dan Pasangan 4. Pekerjaan Besi 5. Pekerjaan Cat 6. Pekerjaan Laminasi 7. Pekerjaan Instalasi Listrik II. PEKERJAAN PENDAHULUAN Pekerjaan ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertera pada gambar kerja, pekerjaan yang dilaksanakan meliputi : a. Pembersihan Lapangan dan Peralatan Pembersihan areal pekerjaan meliputi : Pembersihan areal dari tanaman-tanaman, semak belukar dan pembersihan dari sampah-sampah yang sifatnya mengganggu. Khusus pohon-pohon besar diupayakan pembersihan dilakukan sampai SPESIFIKASI TEKNIK Page 1

description

Baja Ringan

Transcript of 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

Page 1: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

SPESIFIKASI TEKNIKPekerjaan : Pembangunan Screen HouseLokasi : Dusun Tunggul Asri Desa Sidomulyo Kec. Bumiaji Kota Batu

Sumber Dana : DAU

Tahun anggaran: 2011

I. LINGKUP PEKERJAAN

Uraian dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) ini menyangkut lingkup pekerjaan Pembangunan Screen House di Dusun Tunggul Asri Desa Sidomulyo Kecamatan Bumiaji Kota Batu tahun anggaran 2011, sesuai dengan gambar rencana yang terdiri dari :1. Pekerjaan Pendahuluan2. Pekerjaan Tanah3. Pekerjaan Pondasi dan Pasangan4. Pekerjaan Besi5. Pekerjaan Cat6. Pekerjaan Laminasi7. Pekerjaan Instalasi Listrik

II. PEKERJAAN PENDAHULUAN

Pekerjaan ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertera pada gambar kerja, pekerjaan yang dilaksanakan meliputi :

a. Pembersihan Lapangan dan PeralatanPembersihan areal pekerjaan meliputi : Pembersihan areal dari tanaman-

tanaman, semak belukar dan pembersihan dari sampah-sampah yang sifatnya mengganggu. Khusus pohon-pohon besar diupayakan pembersihan dilakukan sampai pada akar-akar pohonnya. Pekerjaan pembersihan area dilakukan dengan sebersih mungkin. Jika masih ada bahan-bahan yang tersisa membusuk dan lapuk. Sebagai akibatnya dapat mengganggu kedudukan konstruksi dan kekuatan struktur dari bangunan. Jika perlu pembersihan area dilakukan dengan menggunakan menggunakan peralatan berat untuk mengangkat akar-akar pohon yang jauh berada dalam tanah. Lokasi pembuangan bekas pembersihan area ditentukan dan disepakati dengan pengawas.

SPESIFIKASI TEKNIK Page 1

Page 2: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

b. Pengukuran Dan Pemasangan Bowplank- Daerah dimana pekerjaan akan dilaksanakan harus dibersihkan dari pohon-

pohonan, semak-semak tanaman serta dari benda-benda lain.- Kontraktor harus mengamankan daerah pekerjaan genangan air hujan, air

tanah dan sebagainya.- Kontraktor wajib memasang bouwplank dan profil-profil untuk mendapatkan

ukuran yang tepat. Patok bouwplank menggunakan kayu kruing yang diketam halus dan lurus dibagian atasnya. Pemasangan bouwpalnk dan profil-profil harus menurut petunjuk Direksi.

- Setelah bouwplank dan profil-profil dipasang, diperiksa dan disetujui oleh Direksi pekerjaan baru boleh dikerjakan.

c. Pembuatan Papan Nama KegiatanPapan nama tersebut harus dibuat dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

- Ukuran papan 80 x 120 cm harus dibuat dari bahan kayu.- Tiang penyangga terdiri dari 2 (dua) batang, sedang sebuah penvokong

berukuran 3 x 7 cm dibuat dari bahan kayu kruing atau sejenis yang diserut halus.

- Pemasangan papan sedemikian rupa sehingga tepi bawah papan terletak setinggi 150 cm dari tanah, bawah tiang penyangga dan penyokong ditanarn dalam lobang-lobang yang kemudian di cor dengan beton tumbuk campuran 1 : 3 : 5 sedalam 40 cm di dalam tanah dan 10 cm di atas tanah.

- Pemborong wajib memelihara dan merawat papan nama dan menjaganya agar tetap dalam keadaan baik sampai dengan penyerahan pekerjaan yangr terakhir kalinya kepada Direksi.

III. PEKERJAAN TANAHSemua pekerjaan tanah dari beberapa bagian harus dilaksanakan menurut ukuran

ketinggian yang ditunjukkan dalam gambar, atau menurut ukuran dan ketinggian lain, yang mungkin akan diperintahkan oleh Direksi.

a. Galian Tanah Biasa

Galian tanah biasa adalah pekerjaan galian dengan material hasil galian berupa tanah pada umumnya. Seluruh galian dikerjakan sesuai dengan garis-garis dan bidang-bidang yang ditunjukkan dalam gambar kerja atau sesuai dengan yang diarahkan / ditunjukkan oleh Direksi. Selama proses penggalian tanah agar secara

SPESIFIKASI TEKNIK Page 2

Page 3: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

langsung dipisahkan dan ditumpuk pada suatu tempat yang disetujui Direksi, material yang layak pakai digunakan untuk urugan kembali dan material yang tidak layak pakai bisa dipindahkan ke tempat yang tidak akan mengganggu areal pekerjaan sesuai petunjuk Direksi.

b. Urugan KembaliYang dimaksud dengan pekerjaan Urugan kembali adalah kegiatan penimbunan

tanah bekas galian, dengan mempergunakan bahan timbunan dari hasil galian yang layak pakai. Tanah galian yang layak pakai maksudnya tanah yang tidak tercampur material lain, misalnya sampah, dedauan,ataupun akar-akar pohon. Penimbunan dan pemadatan tanah isian di bangunan boleh dilakukan setelah umur bangunan sudah dinilai cukup oleh Direksi. Pelaksanaan harus dilakukan secara hati-hati dengan menggunakan alat yang diijinkan oleh Direksi. Apabila material tanah hasil galian bangunan tidak cukup maka Kotraktor harus menggunakan material timbunan dari luar (borrow area).

c. Urugan pasir di bawah lantai pondasi Urugan pasir di bawah lantai pondasi harus benar-benar padat, disiram dengan air dan dipadatkan sehingga mencapai ukuran yang sudah ditentukan dengan tebal urugan sesuai dengan gambar rencana.Pasir urug yang digunakan tidak boleh mengandung kotoran/ humus.

IV. PEKERJAAN BETON DAN PASANGANa. Pondasi Beton Bertulang

1. Material Pasir beton dan koral harus bermutu baik, tidak mengandung bahan organis,

Lumpur dan sejenisnya. Koral yang digunakan mempunyai gradisi 2-3 cm dan dapat memenuhi persyaratan SK SNI-1991.

Air yang dipakai harus air tawar dan bersih, bebas dari zat-zat kimia yang merusak beton.

Tulangan besi beton dipakai adalah baja mutu fc’= 240 Mpa (U-24) Semen yang digunakan senagai bahan beton adalah Portland Cement (PC)

2. Besi Tulangan Besi tulangan yang dipakai adalah baja mutu fc’= 240 Mpa (U-24) dengan

tegangan leleh minimum 2.400 kg/cm2 yakni dengan penggambaran diberi

notasi φ Besi tulangan harus bersih dari karat, lapisan minyak dan bahan lainnya yang

dapat mengurangi daya lekat beton.

SPESIFIKASI TEKNIK Page 3

Page 4: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

Sebelum pengecoran rangkaian tulangan harus sudah dilengkapi dengan beton decking, yang jumlah, penempatan,mutunya harus disetujui direksi.

Perlakuan pelaksanaan tulangan (penyambungan, pembengkokan, pemasangan tulangan lewatan dan lain-lain) harus memenuhi PBI 1971.

3. Bekisting Bahan bekisting diapakai kayu terentang/kelas II (Meranti) yang cukup kering

dan keras serta untuk penggunaannya harus menggunakan persetujuan direksi.

Pasangan bekisting harus rapi, cukup kuat dan kaku untuk menahan getaran dan kejutan gaya yang diterima tanpa berubah bentuk. Kerapian dan ketelitian pemasangan bekisting harus diperhatikan agar setelah bekisting dibongkar memberikan bidang-bidang yang rata.

Celah-celah antara papan harus rapat agar pada waktu pengecoran air tidak merembes keluar.

Sebelum pengecoran,bagian dalam bekisting harus bersih dari kotoran.

4. Adukan Adukan beton bertulang dengan perbandingan 1 Pc : 2 Ps : 3 Kr harus

dilaksanakan pada kolom-kolom sloof, ringbalk, dan segala sesuatu yang masuk pekerjaan beton bertulang.

Adukan beton bertulang dengan perbandingan 1 Pc : 2 1/2 Ps : 5 Kr digunakan untuk beton tidak bertulang seperti rabat keliling bangunan (tebal 7 cm), neut dibawah kusen dan lainnya.

5. Pelaksanaan Pekerjaan Penyetelan dan pemasangan besi tulangan. Semua tulangan harus dipasang

pada posisi yang tepat hingga tidak dapat berubah dan bergeser pada waktu adukan digetarkan. Penyetelan besi tulangan harus diperhitungkan dengan tebal selimut beton terhadap ukuran yang ditentukan.

Pengecoran :a. Sebelum pengecoran dilaksanakan, bekisting harus dicek terhadap

kelurusan, baik arah vertical maupun horizontal.b. Alat penggetar pada waktu pengecoran dapat digunakan bambu bulat dan

diselingi pengetukan bekisting secara perlahan-lahan.c. Pengadukan harus rata dan sama kentalnya setiap kali membuat adukan

yang mengeras tidak boleh dipakai.d. Pembongkaran bekisting baru diperbolehkan setelah beton mengalami

periode pengerasan sesuai dengan SK-sni t-15-1991/seijin Direksi.e. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan ketentuan ini, harus dibongkar dan

diperbaiaki atas biaya pemborong.Sebelum pengecoran dilakukan, sisi dalam papan bekisting harus bebas dari segala macam kotoran dan harus tersiram dengan air sampai merata.

SPESIFIKASI TEKNIK Page 4

Page 5: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

b. Pasangan Bata Rollag 1PC : 3Ps dan ½ 1PC : 6Ps- Batu bata harus mempunyai dimensi dan ukuran yang standar sesuai

Peraturan Bahan Bangunan yang berlaku.- Batu bata mempunyai dimensi seperti berikut : lebar 11 cm, panjang 20 cm,

dan tebal 5 cm kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Bahan Bangunan.- Batu bata adalah dari hasil pembakaran yang sempurna dari pabrik batu bata

dimana kondisinya tidak rapuh dan tidak mudah hancur ketika diangkut dan diturunkan pada lokasi pekerjaan.

- Batu bata bentuknya harus sempurna tidak melengkung dan permukaanya benar-benar rata untuk semua sisinya.

- Batu bata mempunyai Kuat Tekan minimal 30 kg/cm2.- Adukan campuran yang dipakai untuk pasangan batu bata adalah 1 buah bata

1 PC : 3 PS untuk pasangan Rollag.- Adukan campuran yang dipakai untuk pasangan batu bata adalah ½ bata 1

PC : 6 Ps untuk pasangan bata di atas rollag.- Perubahan-perubahan pada dimensi dan ukuran batu bata karena mengikuti

dimensi dan ukuran yang berlaku pada daerah tertentu harus disetujui oleh direksi.Toleransi hanya diperbolehkan untuk dimensi dan bukan untuk kualitas bahan.

c. Plesteran 1: 3Plesteran dilakukan setelah pasangan batu bata diperkirakan sudah kuat dengan

campuran yang ditentukan, Campuran yang digunakan pada pekerjaan plesteran kali ini adalah 1 : 3 Sebelum pekerjaan berjalan, permukaan yang akan dipasang harus bersih, kemudian permukaan dikasarkan agar spesi lebih sempurna daya lekatnya. Plesteran harus benar-benar rata, halus dan pada pertemuan sudut harus berisi tajam.

d. Benangan SudutPekerjaan benangan dilaksanakan dengan teknik yang baik dan dengan ketepatan

yang sedemikian rupa sehingga didapatkan benangan yang lurus tidak bengkok, kuat dan tidak mudah pecah.

V. PEKERJAAN BESI

SPESIFIKASI TEKNIK Page 5

Page 6: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

Lingkup Pekerjaan dari pekerjaan Besi kali ini melipiti:o Pasang Pipa Besi diameter 2 “ t = 2,3o Pasang Pipa Besi Diameter 1 ½ “ t = 2,3o Pasang Pipa Besi Diameter 1 “ t = 2,3o Plat Plendes dan Ripo Plat Strip 3 x 19mm, klam plastic UVo Mur dan Baut, Klam Plastik UVo Angker Ø 12 mm panjang 40 cmo Pasang Kawat Ramo Besi Ø 8 untuk bracing Kawat Ramo Talang Datar PVC Kotako Talang Tegak PVC dia. 3 ”o Pintu (Terpasang)o Gerendelo Gembok

Cara Pengerjaan :1. Semua pasangan / penyambungan besi/pipa dengan menggunakan metode

pengelasan. 2. Sebelum melakukan pengelasan, kedua permukaan harus rata dan menempel satu

sama lain sehingga diperoleh hasil pengelasan yang rapi dan kuat3. Untuk mendapatkan hasil yang lebih kuat permukaan yang akan dilas harus bersih

dari kotoran dan di gerinda berbentuk huruf "V"4. Pengelasan menggunakan elektoda/pakan las yang sesuai dengan media yang akan

dilas yang sudah disyaratkan /direkomendasikan dari pabrik5. Pada waktu pengelasan kedua bidang harus lurus tidak boleh ngeplen sehingga

kerja lebih rapi6. Setelah melakukan pengelasan/hasil las harus dibersihkan dengan menggunakan

gerinda sehingga hasil kerja lebih bagus dan rapi7. Bahan yang digunakan adalah bahan baru, maksudnya tidak boleh menggunakan

pipa/besi bekas.8. Pemasangan Kawat Ram harus rapi dan kuat sehingga bangunan tersebut bisa

terlihat bagus dan tahan lama. 9. Pada waktu pengelasan diatas/lebih dari 3 meter harus menggunakan sabuk

pengaman10. Setelah proses pengelasan selesai, semua permukaan harus dibersihkan dan diberi

corosi protection/meni agar tidak cepat rusak

SPESIFIKASI TEKNIK Page 6

Page 7: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

11. Pemasangan Pipa PVC tegak Dan Pipa PVC kotak Pipa PVC bisa dipotong dengan mudah dengan menggunakan gergaji besi, namun untuk mendapatkan potongan yang baik dan lurus harus dengan hati-hati dan tidak perlu terburu buru. Perlu diketahui bahwa potongan yang tidak lurus bisa mengakibatkan rangkaian mudah lepas. Setelah pemotongan, bersihkan semua serutan ujung pipanya baik dari dalam maupun luar. Setelah pipa dipotong dengan ukuran yang tepat, letakkan pipa beserta alat-alat sambungannya di permukaan bangunan untuk melihat apakah panjangnya sudah benar atau tidak. Jika panjangnya sudah benar, bisa dilanjutkan instalasinya.

12. Untuk menghubungkan pipa PVC yang satu dengan yang lain, diperlukan lem PVC. Pertama, pipa harus dibersihkan sampai bersih, lalu olesi bagian dalam alat sambungan dengan lem PVC, segera masukkan pipa PVC, dan putar pipa 1/4 lingkaran untuk memastikan kalau lem sudah benar-benar menutupi pipa.

13. Kemudian bisa dilanjutkan dengan pemasangan gantungan untuk menyangga pipa. Ini untuk mengurangi beban di sendi yang mungkin dapat menyebabkan kebocoran. Pastikan pipa PVC terlindung dari paku, screws, atau bahan abrasive.

VI. PEKERJAAN CAT

Pekerjaan Cat Dinding

Permukaan bagian yang akan di cat terlebih dahulu harus dibersihkan dari berbagai macam kotoran yg menempel sehingga didapat hasil yang semaksimal mungkin. Pengecatan dilakukan dengan menggunakan Roller atau kuas, setidaknya 3 kali pengecatan hingga mencapai warna yang diinginkan. Setelah pengecatan selesai, bidang cat yang terbentuk harus rata, utuh, tidak ada bintik atau kotoran.

Pekerjaan Cat BesiPermukaan bagian besi yang akan di cat terlebih dahulu harus dibersihkan dari berbagai macam kotoran yg menempel dan digosok sehingga didapat hasil yang semaksimal mungkin. Pengecatan dilakukan dengan menggunakan kuas, setidaknya 3 kali pengecatan hingga mencapai warna yang diinginkan sebelum melakukan pengecatan pipa/besi harus dilapisi cat meni terlebih dahulu cat meni disini setara merk emco. Setelah pengecatan selesai, bidang cat yang terbentuk harus rata, utuh, tidak ada bintik atau kotoran.

VII. PEKERJAAN LAMINASI

Lingkup Pekerjaan dari pekerjaan Laminasi kali ini melipiti:

SPESIFIKASI TEKNIK Page 7

Page 8: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

o Plastik Ultra Violet 40%o Insect Net

Pemasangan Plastik Ultra Violet ini di optimalkan pada bagian atapnya, plastik yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yang telah disetujui oleh Direksi. Cara pemasanganya dengan model melintang dengan sambungan dilipat rapi dan kuat. Untuk masing-masing sambungan, plastik dijepit pada pipa rangka atap dengan menggunakan plat besi setrip. Pada bagian dinding Insect Net dipasang pada bagian dinding bangunan dan di pasang rapi menempel pada kawat kasa dengan ketinggian sesuai dengan gambar kerja. Penyambungan Insect Net harus rapi dan kuat, termasuk pada bagian tepi harus dijahit rapi dan kuat. Pintu yang dibuat pada bangunan screen house ini harus dibuat serapat mungkin sehingga hama, serangga tidak dapat masuk kedalam green house.

VIII. PEKERJAAN INSTALASI LISTRIK

a. Lingkup PekerjaanLingkup pekerjaan yang dimaksud dalam pekerjaan ini adalah pemasangan jaringan listrik, atau pemasangan instalasi / jaringan lampu yang berupa pemasangan kabel instalasi, pemasangan titik lampu, pemasangan titik stop kontak di dalam bangunan.

b. Persyaratan umum - Pekerjaan ini harus dilaksanakan oleh pemborong pekerjaan listrik yang memiliki surat

ijin dari PLN yang masih berlaku.- Pelaksanaan Pekerjaan instalasi listrik ini pada dasarnya harus memenuhi persyaratan

yang dikeluarkan oleh PLN dan instansi berwenang lainnya (PUTL 1977,Peraturan Menteri PUTL No.023 dan 024 PRT 1978,PUIL,PUIPP DPMB dan Depnaker)

- Pelaksanaan Pekerjaan instalasi listrik harus bekerjasama dengan pemborong bidang lainnya.

c. Bahan / Material- Semua barang yang akan dipasang adalah barang baru dan terlebih dahulu mengajukan

contoh untuk disetujui Direksi.

- Kabel Instalasi Listrik Kabel instalasi penerangan dan stop kontak dipakai jenis NYY dengan diameter 2.5

mm Penyambungan kabel harus menggunakan terminal box dan harus dipasang inbow.

Untuk memasang instalasi yang tertanam halus dilengkapi dengan coundit/pipa beng/PVC sesuai keperluan. Demikian juga dengan sambungan listrik nya.

- Saklar dan Stop Kontak

SPESIFIKASI TEKNIK Page 8

Page 9: 134135677 Spesifikasi Teknik Screen House Dusun Tunggul Asri

PERENCANAAN PEMBUATAN SCREEN HOUSE

CV. URSA MAYORA KONSULTAN

Saklar dan Stop Kontak harus dipasang inbown, saklar dan stop kontak harus mempunyai kapasitas minimum 10 ampere.

Ketinggian pemasangan saklar dan stop kontak kurang lebih 150 cm dari mika lantai, kecuali ditentukan lain pada saat pelaksanaan.

- Pasang Lampu XL 20 watt Pemasangan jaringan listrik harus sesuai dengan bahan-bahan dan jumlah yang ada (sesuai

Gambar Kerja). Pemasangan Lampu XL 20 watt di dalam ruangan dilaksanakan dalam posisi intbow. Bila kontraktor pelaksana dalam pemasangan jaringan listrik tidak sesuai dengan kondisi

bahan-bahan serta jumlah yang ada, maka kontraktor wajib mengganti kekurangan-kekurangan tersebut.

SPESIFIKASI TEKNIK Page 9