Unsur Pokok Administrasi Kesehatan(IT-013,PROSES)

Post on 02-Feb-2016

239 views 0 download

description

asaaa

Transcript of Unsur Pokok Administrasi Kesehatan(IT-013,PROSES)

1

Unsur-unsur pokok Administrasi KesehatanProses

Dari batasan administrasi kesehatan ada 5 unsur pokok administrasi kesehatan yaitu :

1. Masukan2. Proses3. Keluaran4. Sasaran5. Dampak.

Unsur proses. Proses dalam administrasi kesehatan dikenal pula dengan nama fungsi administrasi (functions of administration), dan proses ini merupakan tanggung jawab pimpinan.Pembagian proses ini bermacam-macam, beberapa diantaranya yang penting adalah :

a. POAC. (George R Terry)Adalah singkatan dari: planning, organizing, actuating, controlling.(perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan)

b. POSDCORB. ( Luther M.Gullick)Singkatan dari : planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting. (perencanaan, pengorganisasian, penyususunan staf, pengarahan, pengkoordinasian, pelaporan, penyusunan anggaran belanja.

Pada saat ini dengan makin berkembangnya ilmu administrasi, maka pembagian fungsi administrasi makin banyak pula. Dalam praktek sehari-hari untuk memudahkan pelaksanaannya fungsi administrasi disederhanakan menjadi :

1. Perencanaan , di dalamnya termasuk penyusunan anggaran belanja.2. Pengorganisasian yang di dalamnya termasuk penyusunan staf.3. Pelaksanaan, yang di dalamnya termasuk pengarahan, pengkoordinasian,

bimbingan, penggerakan dan pengawasan.4. Penilaian, yang di dalamnya termasuk penyusunan laporan.