UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Official...

Post on 23-Nov-2020

3 views 0 download

Transcript of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Official...

ABSTRAK

ANNADZIRDampak Kcbijakan Pcmcrintah Thailand tcrhadap Otonomi ThailandSclatan (Patani) Tahull 1922-1980

Latar belakang wilayah Thailand Selatan (Patani) sangat berbeda denganwilayah Utara (Siam), sejak awal negeri ini tidak merasa menjadi bagian dariSiam, baik seeara ideologi, budaya, maupun agama. Periode antara tahun 1922­1980 penuh dengan kejadian-kejadian negatif yang terkait dengan kebijakanasimilasi Thai terhadap bangsa Melayu.

Kebijakan tersebut telah menimbulkan berbagai pemberontakan dangerakan-gerakan sparatis di Thailand Selatan, Gerakan-gerakan tersebut diantaranya; Barisan Revolusi Nasional (BRN) 1380 H.lI960 M. Patani UnitedLiberation Organization (PULO) 1388 H.l1967 M.

Shipsi ini bertluuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan terincidengan meneangkupi sejarah dan politik mengenai latar belakang kebijakanpemerintah Thailand terhadap masyarakat Patani, yang mengandung sejarah awalsampai akhirnya kejatuhan kekuasaan negeri Patani kepenjajah kolonialismeSiam, sehingga munculnya sikap diskriminasi pemerintah Thailand, menjadisebab munculnya gerakan peljuangan hak kemerdekaan negeri Patani.