Struktur Organisasi - Fakultas Hukum UNR

Post on 18-Jul-2016

21 views 7 download

description

Struktur Organisasi

Transcript of Struktur Organisasi - Fakultas Hukum UNR

Cari

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Program Studi adalah pejabat struktural yang merupakan pimpinan satuanorganisasi di lingkungan fakultasnya. Dalam melaksanakan tugas, setiap pimpinan satuan organisasidilingkungan fakultas menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, efisiensi, dan simplifikasi.Pimpinan satuan organisasi melakukan fungsi koordinasi, pembimbingan dan pembuatan laporan. Laporantersebut digunakan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan masing-masing dan selanjutnyadipertanggungjawabkan oleh dekan kepada rektor.

Dekan dan Wakil DekanDekan dan wakil dekan pada hakikatnya adalah pimpinan fakultas yang bertanggung jawab kepada rektor.Dekan mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,membina tenaga kependidikan fakultas serta melaksanakan kerjasama dan pengembangan fakultas sesuai

Kata Kunci

dengan peraturan perundang-undangan.Untuk melaksanakan tugas di atas, Dekan bersama Wakil Dekan berfungsi untuk :

Merumuskan dan menjabarkan strategi fakultas dalam bentuk kebijakan dan program.1.Merencanakan, menyusun dan melaksanakan serta mengendalikan Rancangan Anggaran Pendapatandan Belanja Fakultas (RAPBF).

2.

Memantau pelaksanaan kebijakan, program dan anggaran yang dikeluarkan Rektor dan Yayasan untukFakultas.

3.

Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap kegiatan fakultas untuk disampaikan kepada Rektor danYayasan.

4.

Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membinatenaga kependidikan, mahasiswa, dan tenaga administrasi sesuai visi dan misi Universitas dan Fakultas.

5.

Membina dan melaksanakan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta.6.Memelihara dan menata lingkungan fakultas untuk menciptakan iklim belajar dan mengajar yangharmonis.

7.

Menyusun program kerja selama masa jabatan.8.Menyusun indikator keberhasilan9.Melaksanakan penjelasan (sosialisasi) mengenai peraturan atau kebijakan baru yang dikeluarkan Rektordan Yayasan di lingkungan fakultas.

10.

Mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.11.Dekan dapat mendistribusikan dan mengembangkan penjabaran fungsi serta tugas pokoknya kepadaWakil Dekan atau Ketua Program Studi.

12.

Dekan bersama Wakil Dekan mempunyai wewenang :Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan akademik, manajemen, dan keuangan.1.Menetapkan sistem penghargaan dan teguran (reward and punishment) untuk tenaga akademik sertatenaga kependidikan.

2.

Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian pejabat, dosen tetap dan honorer serta pegawai dilingkungan Fakultas kepada Rektor dan Yayasan.

3.

Mengusulkan rapat kepada Rektor dan Yayasan bila ada hal-hal khusus yang bersifat mendesak(emergency).

4.

Menyampaikan laporan kepada Rektor mengenai mahasiswa yang terkena sanksi.5.Menetapkan program kerja dan deskripsi kerja.6.Menilai bawahan langsung dan semua personil di lingkungan Fakultas.7.Menjaga kebijakan Fakultas yang bersifat konfidensial.8.Menentukan jumlah penerimaan mahasiswa baru setiap tahun ajaran.9.Menetapkan uraian jabatan di tingkat Fakultas dengan mengacu pada Statuta Universitas.10.

Ketua Program Studi Ilmu HukumKetua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai melakukan tugas antara lainmerencanakan tata pamong yang mencakup analisis dan identifikasi permasalahan yang berkaitan denganbidang-bidang, pengembangan dan peninjauan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, pendidikandan pengajaran, administrasi umum, bimbingan akademik, bimbingan penulisan skripsi, serta pengembangansumber daya manusia. Ketua Program Studi adalah pimpinan program studi yang bertanggung jawab kepadaDekan.Dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Universitas Ngurah Raimempunyai wewenang :

Ketua Program Studi Ilmu Hukum dapat melaksanakan pembinaan dalam rangka optimalisasi tugasdosen. Dosen adalah tenaga pengajar di lingkungan program studi dan bertanggung jawab kepada KetuaProgram Studi. Dosen mempunyai tugas utama mengajar, membimbing dan melatih mahasiswa sertamelakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai pembimbing akademik peran dosenkhususnya adalah sebagai sarana penyaluran aspirasi dari mahasiswa terhadap segala aspek kebijakandan pelaksanaan program. Untuk itu dosen dapat menyampaikan pendapat melalui beberapa forum

seperti :

Rapat rutin Program Studi dimana aspirasi dosen yang ditampung dalam forum ini akan disampaikan olehKetua Program Studi kepada Dekan.

1.

Penyampaian secara lisan atau tertulis oleh dosen melalui Ketua Program Studi dan/atau Dekan/WakilDekan.

2.

Melalui kotak saran.3.

Ketua Program Studi Ilmu Hukum dapat mengusulkan pembuatan laboratorium kepada Dekan untukmenunjang kegiatan dalam cabang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan ketentuan bidangkeahlian hukum.Ketua Program Studi Ilmu Hukum melaksanakan pembinaan kepada mahasiswa mengingat mahasiswaadalah salah satu komponen sivitas akademika. Mereka mendapat tempat untuk ikut berpartisipasi dalampengembangan kebijakan pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan program. Khususnya dalam lingkupprogram studi keterlibatan mahasiswa dapat disalurkan melalui beberapa forum seperti :

Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai.1.Forum terbuka yang dapat dilaksanakan oleh program studi dan atas inisiatif mahasiswa itu sendiri.2.Penyampaian aspirasi secara langsung melalui dosen pembimbing akademik atau Ketua Program Studi.3.Penyampaian secara tertulis melalui kotak saran.4.

Dosen

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan,dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yaknipendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen Ilmu Hukum Fakultas Hukum UniversitasNgurah Rai adalah salah satu komponen esensial dalam sistem pendidikan di Fakultas Hukum UniversitasNgurah Rai. Peran, tugas dan wewenang dosen Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai sangatpenting guna mencerdaskan serta meningkatkan kualitas mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ngurah Raiuntuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional dan berintegritas.Dalam melaksanakan fungsi tersebut di atas, dosen Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Ngurah Raimempunyai tugas :Bidang PendidikanMelaksanakan perencanaan pembelajaran, yang meliputi:

Merumuskan tujuan instruksional.1.Menyusun bahan kajian.2.Membuat silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP).3.Menyusun kontrak perkuliahan.4.Menyusun buku ajar.5.Menghimpum peraturan perundang-undangan dan kasus hukum.6.

Melaksanakan pembelajaran yang dapat meliputi perkuliahan, seminar, diskusi, praktikum, simulasi danevaluasi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran memberikan tujuan instruksional, materi, contoh kasus, latihan, tugas,umpan balik dan pembimbingan.

1.

Dalam pelaksanakan pembelajaran dapat menggunakan berbagai media pembelajaran, antara lain whiteboard, Liquid Crystal Display (LCD), laptop, dan alat peraga lainnya yang relevan dengan tujuanpembelajaran.

2.

Melaksanakan pembelajaran dalam 16 kali pertemuan.3.Melaksanakan evaluasi pembelajaran, yang antara lain meliputi:4.

Penilaian hasil belajar mahasiswa,Pengevaluasian efektifitas proses belajar-mengajar.

Melaksanakan proses belajar untuk memelihara, meningkatkan kualitas keilmuan dan kepribadiannya.

Melaksanakan fungsi manajemen pendidikan, meliputi:Mengatur alokasi waktu pembelajaran,1.Menegakkan disiplin pembelajaran, dan2.Menginformasikan nilai ujian dan tugas pada mahasiswa.3.

Melaksanakan pembimbingan kepada mahasiswa atas penyelesaian tugas akhir dan tugas-tugas akademiklainnya.Melaksanakan segala proses pembelajaran secara bertanggungjawab dengan mendasarkan pada etikaakademik yang berlaku umum.Memberikan keteladanan moral dalam berucap, bersikap dan berperilaku, baik yang terekspresi pada ungkapanlisan maupun yang terekspresi pada tulisan dalam segala aktifitas pembelajaran.Wewenang dosen dalam proses pembelajaran:

Mengembangkan dan mengimplementasikan suatu metode pembelajaran yang dipertimbangkan efisiendan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

1.

Memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang menunjang kelancaran proses pembelajaran.2.Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan dalam menentukan kelulusan peserta didik.3.

Dosen dalam pelaksanaan proses pembelajaran dapat ditetapkan sebagai penanggungjawab mata kuliah atausebagai anggota kelompok pengajar.Penanggung jawab Mata Kuliah ialah dosen yang ditetapkan Dekan atas usulan Ketua Program Studi untukmengkoordinasikan sebuah kelompok pengajar dalam perancangan, pembelajaran dan evaluasi sebuah matakuliah kompetensi tertentu. Penanggungjawab Mata Kuliah bertanggungjawab dan berada di bawah koordinasiKetua Program Studi. Dalam mengelola mata kuliah dibawah koordinasinya, Penanggung jawab Mata Kuliahbertugas:

Mengkoordinasikan jadwal, pembelajaran, tugas dan ujian.1.Mengkoodinasikan tugas mengajar dosen dalam kelompok.2.Menetapkan model pembelajaran yang digunakan.3.Menyampaikan hasil belajar mahasiswa kepada Fakultas.4.

Bidang PenelitianMengikuti pendidikan dan pelatihan penulisan ilmiah.1.Melaksanakan kegiatan penelitian ilmiah.2.Menyampaikan dan mempublikasikan hasil penelitian.3.Melakukan kajian terhadap isu hukum yang sedang berkembang.4.Melaksanakan legal audit.5.Merancang naskah akademik.6.

Bidang Pengabdian kepada MasyarakatMemberikan penyuluhan hukum.1.Memberikan bantuan hukum kepada masyarakat melalui Lembaga Konsultasi dan Bantuan HukumFakultas Hukum Universitas Ngurah Rai.

2.

Melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan.3.Melaksanakan kegiatan keagamaan.4.Melaksnaakan aksi bersih dan penyelamatan lingkungan hidup.5.

Tenaga KependidikanTenaga kependidikan adalah unit pelayanan teknis dan administrasi di lingkungan Fakultas yang bertanggungjawab kepada Dekan. Tenaga Kependidikan mempunyai tugas melaksanakan administrasi umum, perlengkapan,keuangan, kepegawaian dan pendidikan.Untuk mengevaluasi program akademik, kemahasiswaan,kesejahteraan administrasi umum, maka setiap akhir dan awal semester dilakukan evaluasi dengan caramelaporkan kegiatan dan permasalahannya. Evaluasi dari mahasiswa dilakukan dengan dialog. Untukpelacakan lulusan dilakukan melalui temu alumni guna mendapatkan informasi tentang keberadaan para alumni.Tenaga kependidikan Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai dipimpin oleh Kepala Tata Usaha yang

membawahi tiga bidang yakni bagian akademik dan umum, bagian keuangan serta bagian kemahasiswaan danalumni.

Kepala Tata UsahaBagian Tata Usaha dipimpin oleh Kepala Tata Usaha. Bagian tata usaha Fakultas Hukum Universitas NgurahRai adalah unsur pelaksana administrasi fakultas dalam menopang pelaksanaan pendidikan dan pengajaran,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pembinaan kemahasiswaan dan alumni,kepegawaian, keuangan, perlengkapan, dan administrasi umum.Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai mempunyai tugas pokok dalammengkoordinasikan pelaksanaan administrasi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepadamasyarakat, kemahasiswaan dan alumni, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, dan administrasi umum diFakultas Hukum Universitas Ngurah Rai.Dalam melaksanakan fungsi tersebut di atas, Kepala Tata Usaha Fakultas Hukum Universitas Ngurah Raimempunyai tugas :

Memimpin pelaksanaan tugas keorganisasian bagian tata usaha Fakultas Hukum Universitas NgurahRai;

1.

Menetapkan sasaran bidang ketatausahaan setiap tahun kegiatan;2.Menyusun rencana kegiatan bidang administrasi akademik dan umum, keuangan serta administrasikemahasiswaan dan alumni;

3.

Menggerakan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan administrasi akademik dan umum, keuanganserta administrasi kemahasiswaan dan alumni;

4.

Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas administrasi akademik dan umum, keuangan serta administrasikemahasiswaan dan alumni;

5.

Menyiapkan konsep perumusan kebijakan dekan bidang administrasi pendidikan dan pengajaran,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan dan alumni, perencanaan, keuangan,kepegawaian, perlengkapan, dan administrasi umum;

6.

Bertanggung jawab dalam pembuatan statistik;7.Melakukan konsultasi dengan pimpinan Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai;8.Mengevaluasi prestasi kerja dan kinerja bagian akademik dan umum, bagian keuangan serta bagiankemahasiswaan dan alumni;

9.

Menyusun laporan pelaksanaan tugas bidang administrasi akademik dan umum, keuangan sertakemahasiswaan dan alumni;

10.

Bagian Akademik dan UmumMenyusun Rencana Kerja dan Anggaran tahunan (RKAT) Sub bagian dan mempersiapkan penyusunanRKAT Bagian;

1.

Mengumpulkan dan mengolah data di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;2.Melakukan administrasi akademik;3.Menyusun rancangan kalender pendidikan;4.Menyusun rancangan jadwal ujian tengah semester dan ujian akhir semester;5.Menyusun transkrip akademik mahasiswa;6.Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik;7.Mengumpulkan dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum;8.Melakukan urusan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkunganFakultas Hukum Universitas Ngurah Rai.

9.

Melakukan administrasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkunganFakultas Hukum Universitas Ngurah Rai;

10.

Melaksanakan pengarsipan.11.Mempublikasikan pengumuman-pengumuman.12.

Bagian KeuanganMembuat rancangan anggaran tahunan berdasarkan kebutuhan masing-masing unit dan mengevaluasi1.

penggunaan anggaran tersebut.Menerima dan membuat laporan penerimaan pembayaran dari mahasiswa kepada wakil dekan untukselanjutnya dilaporkan kepada dekan secara rutin.

2.

Mencairkan dan mendistribusikan ke unit yang terkait, sesuai dengan pengajuan masing-masing unit.3.Membuat anggaran gaji dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai.4.Membuat form tagihan pembayaran bagi mahasiswa yang masih belum melunasi tagihan danmendistribusikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

5.

Bagian Kemahasiswaan dan AlumniMenyusun juklak dan juknis di bidang kemahasiswaan.1.Merencanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan;2.Mengkoordinasikan pengelolaan dana kemahasiswaan;3.Mengkoordinasikan layanan konseling akademik dan konseling pribadi dengan pembimbing akademik;4.Mengembangkan, meningkatkan dan melaksanakan administrasi kegiatan penalaran, minat dan bakatserta kesejahteraan mahasiswa;

5.

Mengkoordinasikan program dan kegiatan peningkatan penalaran, minat dan bakat serta kesejahteraanmahasiswa yang dilakukan unit-unit organisasi kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai

6.

Melaksanakan pemberian ijin/ rekomendasi kegiatan kemahasiswaan;7.Mengkoordinasikan pelaksanaan yudisium, pelepasan dan wisuda mahasiswa Fakultas Fakultas HukumUniversitas Ngurah Rai

8.

Menjaring data alumni dan mengkoordinasikan proses rekrutmen pengurus organisasi alumni.9.Menjembatani komunikasi antara Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai dengan alumni;10.Memfasilitasi temu alumni secara berkala11.

Kegiatan

Berita

UNR News: Japan Academic Network To Enhance The Better Postgraduate Education And ResearchSystem In (http://www.fh.unr.ac.id/id/UNR-News-Japan-Academic-Network-To-Enhance-The-Better-Postgraduate-Education-And-Research-System-In)

Pengumuman Pendaftaran PPs UNR Angkatan ke 12 Juni 2013 (http://www.fh.unr.ac.id/id/Pengumuman-Pendaftaran-PPs-UNR-Angkatan-ke-12-Juni-2013)

Fourth Graduation Welcoming Speech The Director Of The Postgraduate Program Of Universitas NgurahRai (http://www.fh.unr.ac.id/id/Fourth-Graduation-Welcoming-Speech-The-Director-Of-The-Postgraduate-Program-Of-Universitas-Ngurah-Rai)

DAFTAR WISUDAWAN TAHUN 2014 (http://www.fh.unr.ac.id/id/DAFTAR-WISUDAWAN-TAHUN-2014)

JADWAL KULIAH SEMESTER GANJILTAHUN AKADEMIK 2013-2014 (http://www.fh.unr.ac.id/id/JADWAL-KULIAH-SEMESTER-GANJILTAHUN-AKADEMIK-2013-2014)

Link

Jadwal Perkuliahan Semester Genap 2012-2013 (http://www.fh.unr.ac.id/id/Jadwal-Perkuliahan-Semester-Genap-2012-2013)

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNR TA. 2014/2015 (http://www.fh.unr.ac.id/id/PENERIMAAN-MAHASISWA-BARU-UNR-TA-2014-2015)

Pascasarjana UNR Menerima Kunjungan Pascasarjana Universitas Haluoleo Kendari(http://www.fh.unr.ac.id/id/Pascasarjana-UNR-Menerima-Kunjungan-Pascasarjana-Universitas-Haluoleo-Kendari)

Google (http://google.com)

Yahoo (http://yahoo.com)

Universitas Ngurah Rai (http://unr.ac.id)

Berita FavoritMoU PPs UNR Dengan Universitas Luar Negeri dalam IPOA (http://www.fh.unr.ac.id/id/MoU-PPs-UNR-Dengan-Universitas-Luar-Negeri-dalam-IPOA)

JADWAL KULIAH SEMESTER GANJILTAHUN AKADEMIK 2013-2014 (http://www.fh.unr.ac.id/id/JADWAL-KULIAH-SEMESTER-GANJILTAHUN-AKADEMIK-2013-2014)

Lanjutan Pengisian Form SIPKD (http://www.fh.unr.ac.id/id/Lanjutan-Pengisian-Form-SIPKD)

DAFTAR WISUDAWAN TAHUN 2014 (http://www.fh.unr.ac.id/id/DAFTAR-WISUDAWAN-TAHUN-2014)

Hubungi KamiFakultas Hukum Universitas Ngurah Rai

Jalan Kampus Universitas Ngurah Rai, Penatih, Denpasar Timur, Bali, Indonesia

No. Telp : (0361) 463378

No. Faks : (0361) 463378

Sosial Media

(http://www.fh.unr.ac.id/id/Facebook)

(http://plus.google.com)

(http://twitter.com)

Copyright © 2014 - All Rights Reserved - Universitas Ngurah RaiDesain and Framework by Djingga Media (http://www.djinggamedia.com)