Relative pronoun

Post on 14-Jun-2015

4.841 views 0 download

description

buat pemula ini mudah ko

Transcript of Relative pronoun

RELATIVE PRONOUN

Berarti “yang” dan merupakan kata penghubung yang digunakan untuk membentuk kalimat yang berasal dari dua buah kalimat. Selain itu , digunakan untuk menggan tikan satu atau dua frase benad yang identik dan menghubungkan klausa satu dengan yang lainnya yang nantinya kalimat/ klausa yang sat akan menerangkan bagian kalimat yang lainnya .

Ada berbagai jenis dar relative pronoun , diantaranya :

`1. Defining relative pronoun adalah bentuk yang mempunyai sifat menentukan atau membedakan antara frase benda yang diterangkannya dari benda lain . Defining tidak boleh diapit oleh koa (,) dan kadang juga relative pronoun ini bisa dihilangkan .

A. WHODigunakan untuk menggantikan orang yang berkedudukan sebagai subject . E.g : - Riko is sad , He has just lost his money .Kedua kalimat itu dapat digabungkan dengan pola relative pronoun menjadi :Riko who has just lost his money is sad .NOTE :

Kata “ who “ yang berarti yang diletakan setelah kata yang digantikannya .

B. WHOMDigunakan untuk menggantikan frasa orang yang berkedudukan sebagai objek atau sebagai pelengkap ( complement ) .e.g : some girls are happy . I like the girls bisa digabungkan menjadi : the girls whom I like are happyNOTE :

Kalau dalam kalimat kedua sebelum frase yang akan digantikan dengan relative pronoun terdapat kata depan ( preposisi ) maka preposisi harus dipindahkan pada posisi sebelum “ whom “ .

E.g : the girl has gone to Jakarta, this letter is addressed to her kalau digabungkan kedua kalimat tersebut menjadi :The girl to whom this letter is addressed has gone to Jakarta .

C. WHOSEDigunakan untuk menggantikan frase orang yang menyatakan kepemilikan / kepunyaan ( possessive ) .e.g : this book has been written since two years ago by joana .joana’s book is very good to read.Kedua kalimat tersebut apabila digabungkan menjadi :Joana’s book whose book is very good to read has been written since two years ago.

D.. WHICH

Digunakan untuk mengantikan frase benda atau binatang baik berkedudukan sebagai subyek maupun objek .

e.g : I see cat . The cat has been eaten by me. Kedua kalimat tersebut apabila digabungkan menjadi :

I see the cat which has been eaten by me .

NOTE :

Apabila dalam kalimat kedua sebelum frase yang akan digantikan dengan relative pronoun terdapat preposisi ( kata depan ) ,maka preposisi tersebut harus dipindahkan pada posisi sebelum “ which “ .

E.g :that is the chalk , I write by it everyday.Kedua kalimat tersebut apabila digabungkan mejadi : Tha is the chalk by which I write last night .

D. THAT Digunakan untuk menggantikan frase orang atau benda yang dalam hal ini “ that “ sama dengan “who, whom, which “ kedudukannya .e.g : the girl who met me is very bad . bisa juga the girl that met me is very bad .

NOTE : Untuk menerangkan tuhan tidak boleh menggunakan “that “ , tetapi gunakanlah who

atau whom .

2. NON DEFINING adalah bentuk pronoun yang bersifat member tambahan informasi / keterangan tambahan mengenai frase yang diterangkannya . Non defining selalu diapit oleh koma (,) dan relative pronounnya tidak bisa dihilangkan .

e.g : cililin ,in which I born ,is famous for wajit .