Negara berkembang - Burundi - IX

Post on 21-Jun-2015

1.332 views 4 download

Transcript of Negara berkembang - Burundi - IX

TUGAS IPSBURUNDI SEBAGAI NEGARA BERKEMBANGNORWEGIA SEBAGAI NEGARA MAJU

FEBRIAN ALIF PRAMOEDITO

MUHAMMAD IRWANDI

BURUNDI Burundi adalah sebuah negara tanpa laut di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo di barat. Meskipun negara ini tidak mempunyai batas laut, banyak dari perbatasan baratnya bersebelahan dengan Danau Tanganyika. Nama negara ini berasal dari bahasa Bantu, Kirundi. Negara ini sangat miskin. Dibanding Indonesia, pendapatan perkapitanya 400 kali lebih kecil daripada Indonesia

Perang 12 tahun, etnis berbasis sipil menyebabkan Burundi menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Pada tahun 2001, dimediasi oleh Afrika Selatan akhirnya perundingan mengalami titik temu setelah sebagian besar kelompok pemberontak sepakat untuk gencatan senjata. Empat tahun kemudian Burundi ikut memilih dalam pemilu parlemen pertama sejak dimulainya perang sipil. Tapi pasca-pemilu ketegangan di 2010, memicu kekhawatiran baru akan perang sipil.

Setengah penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Pendapatan mata uang asing (devisa Negara) hanya diandalkan dari Kopi dan teh

Penyebab Burundi sangat miskin adalah karena mereka tidak pernah punya waktu untuk damai akibat perang sipil yang kekal. Korupsi, akses yang rendah terhadap pendidikan, dan persentase HIV dan AIDS yang tinggi adalah beberapa hal yang ada di Burundi. Sekitar 80% dari warga hidup dalam kemiskinan dan 57% dari anak di bawah 5 tahun menderita kekurangan gizi kronis. 93% dari pendapatan Burundi berasal dari ekspor kopi. Menurut penelitian yang dilakukan di 178 negara, rakyat Burundi memiliki tingkat kepuasan hidup terendah di dunia. Sebagai akibat dari kemiskinan itu, Burundi sangat tergantung pada bantuan asing.

Tentang Burundi Ibu kota : Bujumbura

Bahasa resmi : Kirundi dan Prancis

Pemerintahan : Republik

Produk Domestik Bruto : 90US$ Perkapita

Mata uang : Franc Burundi

Lagu kebangsaan : Burundi bwancu

Luas : 27, 830

Jumlah Penduduk 2010 : 8 juta

Gambar peta politik burundi

Geografi Salah satu negara terkecil di Afrika , Burundi adalah daratan dan memiliki iklim khatulistiwa . Burundi adalah bagian dari Rift Albertine , perpanjangan barat Rift Afrika Timur . Negara ini terletak di dataran bergulir di pusat Afrika . Rata-rata ketinggian tengah dataran tinggi adalah 5.600 kaki ( 1.707 m) , dengan ketinggian rendah di perbatasan . Puncak tertinggi , Gunung Heha pada 8.810 kaki ( 2.685 m) , terletak di sebelah tenggara ibukota , Bujumbura . Sumber dari Sungai Nil di provinsi Bururi , dan dihubungkan dari Danau Victoria ke hulu nya melalui Sungai Ruvyironza, Danau Victoria juga merupakan sumber air yang penting , yang berfungsi sebagai garpu ke Sungai Kagera . danau utama lainnya adalah Danau Tanganyika , yang terletak di banyak sudut barat daya Burundi .

Tanah Burundi sebagian besar pertanian atau padang rumput. Penyelesaian oleh penduduk pedesaan telah menyebabkan deforestasi , erosi tanah dan hilangnya habitat . Deforestasi seluruh negara hampir sepenuhnya karena kelebihan populasi , dengan hanya 230 mil persegi ( 600 km2 ) yang tersisa dan hilangnya berlangsung sekitar 9 % per tahun . Ada dua taman nasional , Kibira National Park di barat laut ( suatu daerah kecil dari hutan hujan , berdekatan dengan Taman Nasional Nyungwe Forest di Rwanda ) , Ruvubu National Park di timur laut ( sepanjang Sungai Rurubu , juga dikenal sebagai Ruvubu atau Ruvuvu ) . Keduanya didirikan pada tahun 1982 untuk melestarikan populasi satwa liar .

Ekonomi Burundi adalah salah satu negara termiskin di dunia , karena sebagian geografi terkurung daratan nya , sistem hukum yang buruk, kurangnya kebebasan ekonomi , kurangnya akses terhadap pendidikan , dan proliferasi HIV / AIDS . Sekitar 80 % dari penduduk Burundi hidup dalam kemiskinan . Kelaparan dan kekurangan pangan telah terjadi sepanjang Burundi , terutama di abad ke-20 , dan menurut Program Pangan Dunia , 56,8 % anak di bawah usia lima tahun menderita kronis malnutrisi satu studi ilmiah dari 178 negara dinilai penduduk Burundi sebagai memiliki kepuasan terendah dengan kehidupan di dunia. sebagai hasil dari kemiskinan , Burundi tergantung pada bantuan asing .

Industri terbesar Burundi adalah pertanian, yang menyumbang lebih dari 30 % dari PDB . Subsisten pertanian terhitung menyumbang 90 % dari pertanian. Sumber bangsa terbesar pendapatan kopi, yang membuat naik 93 % dari ekspor Burundi .produk pertanian lainnya termasuk kapas , teh , jagung , sorgum , ubi jalar , pisang , ubi kayu ( tapioka ) , daging sapi, susu , dan kulit . Beberapa sumber daya alam Burundi termasuk uranium , nikel, kobalt , tembaga , dan platinum, Selain pertanian , industri lain meliputi: perakitan komponen impor; pekerjaan umum konstruksi, pengolahan makanan , dan barang konsumsi ringan seperti selimut , sepatu , dan . sabun . Mata uang Burundi adalah franc Burundi ( BIF ) , pada 26 Mei 2012 , 1,371.00 franc Burundi yang setara dengan satu dolar Amerika Serikat .

Kurangnya akses ke layanan keuangan adalah masalah serius bagi mayoritas penduduk , khususnya di daerah pedesaan padat penduduk : hanya 2 % dari total penduduk memegang rekening bank , dan kurang dari penggunaan layanan pinjaman bank 0,5 % . Keuangan Mikro , bagaimanapun, memainkan peran yang lebih besar , dengan 4 % dari Burundi menjadi anggota lembaga keuangan mikro - bagian yang lebih besar dari populasi daripada yang dicapai oleh perbankan dan layanan pos gabungan . 26 lembaga keuangan mikro berlisensi ( LKM ) menawarkan tabungan , deposito , dan pendek terhadap kredit jangka menengah . Ketergantungan sektor pada bantuan donor terbatas .