Laporan Praktikum Pengukuran Listrik

Post on 06-Nov-2015

570 views 42 download

description

contoh saja

Transcript of Laporan Praktikum Pengukuran Listrik

LAPORAN PRAKTIKUM PENGUKURAN LISTRIK

A. Tujuan1. Mempelajari cara penggunaan multimeter2.Mempelajari teknik pengukuran dalam rangkaian3.Mempelajari berlakunya Hukum Ohm dalam rangkaian listrik sederhanaB. Dasar Teori1. ArusArusmerupakan perubahan kecepatan muatan terhadap waktu atau muatan yang mengalir dalam satuan watu dengan kata lain arus adalah muatan yang bergerak.Arus dapat digolongkan atas dua macam, yaitu arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC).a. Arus Searah (DC)Arus searah (DC) yaitu arus yang mengalir ke satu arah saja dengan harga konstanta. Salah satu sumber arus searah adalah batere. Di samping itu arus searah dapat diperoleh dengan menggunakan komponen elektronik yang disebutDiodapada pembangkit listrik arus bolak-balik (AC).b. Arus Bolak-balik (AC)Arus bolak-balik (AC) adalah arus yang mengalir dengan arah bolak-balik. Arus ini bisa juga disebut arus tukar sebab polaritasnya selalu bertukar-tukar. Juga dapat disebut dengan arus AC sebagai istilah singkatan asing (Inggris) yaituAlternating Current. Sumber arus listrik bolak-balik adalah pembangkit tegangan tinggi seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan generator.

2. Hambatanadalah perbandingan antara tegangan listrikdari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Adapun bunyi hukum ohm sendiri adalah besarnya kuat arus berbanding lurus dengan beda potensial & berbanding terbalikdengan hambatan hambatan.3. Multimeteradalah alat ukur listrik yang dikenal sebagai VOM (Volt-Ohm meter) yang dapat mengukur tegangan (voltmeter), hambatan (Ohm-meter), maupun arus (amperemeter). Ada dua kategori multimeter yaitu mulimeter digital atau DMM (digital-multi meter) dan multimeter analog. Masing-masing dapat mengukur listrik AC maupun listrik DC. Dalam percobaan ini digunakan multimeter analog ABB MA 2H. Walaupun penampilan suatu multimeter berbeda dengan multimeter lain, namun pengetahuan akan suatu jenis multimeter akan sangat membantu dalam mempelajari cara penggunaan multimeter secara umum.

C. Alat dan Bahan-Multimeter -Kabel penghubungD. Langkah Kerja1. Siapkan alat dan bahan percobaan2. Atur Posisi Saklar Selektor 3. Pilih skala sesuai dengan perkiraan tegangan yang akan diukur..4. Hubungkan probe ke terminal tegangan yang akan diukur. Untuk Tegangan AC, tidak ada polaritas Negatif (-) dan Positif (+)5. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter.