Konteks dalam analisis wacana

Post on 22-Jul-2015

6.067 views 7 download

Transcript of Konteks dalam analisis wacana

KONTEKS

Suci Wulandari

K 1209065

KONTEKS

Dalam menganalisis wacana, semestinyamenggunakan pendekatan pragmatis yang mempertimbangkan konteks dari wacana, seperti latar, situasi, peristiwa dan kondisi.

Ciri-ciri konteks

Ciri-ciri konteks menurut Hymes :

1. Chane atau saluran

2. Kode

3. Message form atau bentuk pesan

4. Event atau peristiwa

J.R. Firth mengatakan bahwa para ahlilogika cenderung berpendapat bahwa katapreposisi mempunyai ‘makna’ pada dirinyasendiri, terlepas dari peserta dalam konteks-konteks situasi, sehingga penutur danpendengar tidak perlu dilibatkan.

Firth berpendapat bahwa suara jangandipisahkan dari konteks sosial tempatberfungsinya dan semua teks dalam bahasa lisansebaiknya dipandang mengandung sebuahimplikasi ujaran.

J.R. Firth mengatakan bahwa kontekssituasi bagi pekerja linguistik menghubungkankategori-kategori :

1. Ciri-ciri yang relevan dari peserta (orang-orang, kepribadian)

2. Tujuan-tujuan yang relevan

3. Akibat pembuatan verbal

Contoh :Penutur seorang bapak, pendengarnya istrinya.

Tempat di rumah mereka. Pada suatu sore hari, merekamendengarkan anak mereka yang masih berumur duasetengah tahun menyayikan lagu Balonku AdaLima dengan lancar. Bapak tersebut berkata : "Pintar yadia".

Penutur seorang ibu. Pendengarnya suaminya. Si ibumenyuruh anaknya perempuannya memanasi masakanuntuk makan malam. Si anak lupa mematikan kompor,sehingga makanannya jadi hangus. Ibu tadi lalu berkata:"Pintar dia ya".

Kedua contoh di atas memperjelas peranan konteksdalam penggunaan bahasa. Kata "pintar" mengandungmakna yang berbeda bahkan bertolak belakang.

Konteks situasi dan Konteks budaya

1. Konteks situasi adalah lingkungan langsungtempat teks tersebut benar-benar berfungsi.Konteks situasi dibagi dalam 3 unsur :a) Medan wacanab) Pelibat wacanac) Sarana wacana

2. Konteks budaya adalah hal tertentu yangdisampaikan pada kesempatan tertentu yangmemberikan makna dan nilai.