Kb 9 adendum.

Post on 13-Apr-2017

151 views 2 download

Transcript of Kb 9 adendum.

Adendum

TuberculosisModul MI-1 Pengendalian Program TB

Kegiatan Belajar 9

Apa saja Isi Adendum?------------------

--

Standar 11Untuk pasien anak, selain gejala batuk, entry untuk evaluasi adalah berat badan yang sulit naik dalam waktu kurang lebih 2 bulan terakhir atau gizi buruk.

http://2.bp.blogspot.com/_ORzN4qYajAk/TE7JWmP7U_I/AAAAAAAAADM/tKHhMRseTC0/s1600/Timbangan.jpg

Evaluasi Kontak

Tahukah kamuApa Prioritas Tertinggi

Standar 22Bila hasil pemeriksaan BTA 1 negatif, maka dilakukan pemeriksaan sputum kedua pagi hari. Satu spesimen harus berasal dari pagi hari.

http://www.tokostetoskop.com/wp-content/uploads/2014/05/price-stethoscope-littmann.jpg

Sebaiknya dilakukan juga pemeriksaan foto toraks untuk mengetahui ada tidaknya TB paru dan TB milier. Pemeriksaan dahak juga dilakukan, bila mungkin, pada anak

Standar 33

Standar 44Untuk penatalaksanaan di Indonesia, diagnosis didasarkan atas pajanan dari kasus tuberkulosis yang menular , bukti infeksi tuberkulosis (uji kulit tuberkulin positif atau interferon gamma release assay) dan kelainan radiografi toraks sesuai TB.

http://media.cmgdigital.com/shared/img/photos/2012/05/03/0d/fb/stethoscope_medium.jpg

Standar 55Secara umum terapi TB diberikan selama 6 bulan, namun pada TB Ekstraparu (meningitis TB, TB tulang, TB milier, TB Kulit, dan lain-lain) terapi TB dapat diberikan lebih lama sesuai evaluasi medis.

https://www.generalmedicine.com/wp-content/uploads/2014/10/doctor-and-senior-patient.jpg

Standar 66Secara umum terapi TB diberikan selama 6 bulan, namun pada TB Ekstraparu (meningitis TB, TB tulang, TB milier, TB Kulit, dan lain-lain) terapi TB dapat diberikan lebih lama sesuai evaluasi medis. Khusus untuk anak, rejimen yang diberikan terdiri atas RHZ. E ditambahkan bila penyakitnya berat.

Standar 77Respons pengobatan pada pasien TB milier dan efusi pleura atau TB paru BTA negatif dapat dinilai dengan foto toraks.

Standar 88Apabila menangani TB anak dan TB Kulit maka cari sumber penularnya

Standar 99Pemberian Isoniazid untuk profilaksis sedang dalam proses persiapan menjadi program nasional

http://cx.aos.ask.com/question/aq/1400px-788px/drinking-too-much-cough-syrup_a7a8ba32-3d8e-4d63-b1bb-c3e14db067f0.jpg

Standar 10

10Pelaksanaan pelaporan akan difasilitasi dan dikoordinasikan oleh dinas kesehatan setempat, sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.