Jobdesk Kepala Farmasi

Post on 03-Mar-2016

4 views 0 download

description

uraian tugas dan kinerja sebagai kepala farmasi rumah sakit

Transcript of Jobdesk Kepala Farmasi

JOB DESCRIPTION

Tanggal Terbit :

No.Hal Ditetapkan Direktur :

No. Dokumen :

No. Revisi

1. Nama JabatanKepala Farmasi

2. Tugas Pokok Apoteker Penanggung Jawab Unit Farmasi yang membawahi dan mengkoordinir Farmasi Rawat Jalan, Farmasi Rawat Inap, dan pembelian umum serta penyelenggara tertib administrasi dan pelaporannya Mengkoordinir apoteker Membuat Jobdesk untuk apoteker Membuat Standard Operating Procedure (SOP) untuk pelayanan farmasi

3. Uraian Tugas1. Mengatur dan mengawasi. Pelaksanaan pelayanan Farmasi Rawat Jalan dan Rawat Inap, seperti:Mengawasi pelaksanaan pelayanan professional penyiapan, peracikandan penyerahan perbekalan farmasi kepada pasien rawat jalan danrawat inap berdasarkan prosedur kefarmasian dan etika profesi.Melaksanakan KIE mengenai obatMenjamin komunikasi dan kerjasama dengan unit/ bagian lainmengenai pemakaian perbekalan farmasi standar. Melakukan pelayanan sesuai SOP2. Melakukan pengawasan dalam hal mutasi perbekalan farmasi di UnitFarmasi, seperti:Melakukan analisa, telaah dan evaluasi mutasi perbekalan farmasi diUnit Farmasi.Melakukan pengawasan terhadap perencanaan permintaan perbekalanfarmasi di Unit Farmasi.Melakukan pengawasan terhadap keluar dan masuknya perbekalanFarmasi.Melakukan pengawasan dalam hal distribusi perbekalan farmasi untukpasien rawat jalan dan rawat inap.Membuat laporan mutasi perbekalan farmasi di Unit Farmasi.3. Menyusun laporan pertanggung jawaban secara berkala, seperti:Laportan mutasi perbekalan farmasi di Unit Farmasi.Laporan penjualan farmasi dalam bentuk rupiah dan jumlah resep.Laporan kelebihan dan kekurangan billing farmasi rawat inap danrawat jalan.Laporan tahunan Kinerja Unit Farmasi.4. Membuat dan merencanakan program pelatihan untuk pengembangan SDM di Unit Farmasi.Membuat program orientasi bagi karyawan baru di Unit Farmasi.Merencanakan program pelatihan untuk peningkatan pengetahuan danketerampilan staf di Unit Farmasi.5. Membuat jadwal dinas/ penugasan bagi staf farmasi, seperti:Membuat/ menyusun jadual dinas.Mengawasi dan mengkoordinasikan tugas dan tanggung jawab petugasfarmasi.6. Segala bentuk kegiatan kerja dilaporkan secara berkala kepada Direktur Medik.

4. Tanggung Jawab1. Menyelenggarakan dan mengawasi seluruh kegiatan di Unit Farmasisesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.2. Meningkatkatan pengetahuan dan ketrampilan tenaga farmasi.

5. WewenangMerencanakan, Mengkoordinir dan Mengawasi sehingga pelaksanaanpelayanan di Unit Farmasi menjadi optimal

6. Persyaratan JabatanSarjana Farmasi yang mempunyai lisensi apoteker (Surat Izin Kerja) atau SP (Surat Penugasan), dengan pengalaman bekerja sebagai apoteker dan mengerahui tentang manajemen farmasi.

7. Hubungan Kerja1. Keuangan2. Direktur Medis3. Pelayanan Poliklinik dan Rawat Jalan4. Pelayanan Rawat Inap dan Operasi