FAQ - Pertanyaan yang sering diajukan - voice.global · tersebut harus menjadi koordinator dalam...

Post on 06-May-2019

217 views 0 download

Transcript of FAQ - Pertanyaan yang sering diajukan - voice.global · tersebut harus menjadi koordinator dalam...

1 www.voice.global

F.A.Q.´sF.A.Q (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering diajukan) menampilkan semuapertanyaan yang pernah diterima oleh Voice sejak Call for Proposal dibuka di tingkat global.Pertanyaaninidiurutkanberdasarkankategori.FAQakandiperbaruisecaraberkala.

Terakhirdiperbarui:15Desember2016

Q:Apakahyangdimaksuddengankonsorsium?

A:KetikamengirimkanaplikasikepadaVoice,organisasidapatbermitradengankelompokdan/atauorganisasilain.Itulahyangkamimaksuddengankonsorsium.Salahsatuorganisasidalamkonsorsiumtersebut harus menjadi koordinator dalam mengajukan aplikasi dan akan kami sebut sebagaikoordinatorpelamar.

Q:Jikadalamkonsorsium,persyaratantotalaruskastahunanmaksimalsebesarEuro500,000(IDR7 Miliar) apakah hanya berlaku pada koordinator pelamar atau seluruh organisasi anggotakonsorsium?

A:Persyarataninihanyaberlakubagikoordinatorpelamarjikadalamkonsorsium.

Q:Apakahyangdimaksuddenganjumlahanggaranyangdiajukantidakbolehmelebihi40%daritotalaruskastahunanorganisasi?

A:Pelamarharusdapatmenunjukkanbahwaanggaranyangdiajukantidakmelebihi40%daritotalaruskastahunanorganisasi(koordinatorpelamarjikadalamkonsorsium).Buktiinidapatditunjukkandengan laporan tahunan organisasi. Jika melebihi 40%, proposal tidak menjadi prioritas namundipertimbangkan.Persyarataninitidakberlakubagipelamarhibahpemberdayaan.

Q: Anggota konsorsium dalam Kemitraan Strategis “Dialogue and Dissent” yang dimiliki olehKementerianLuarNegeriBelandatidakdapatmenerimahibahdariVoice.Apakahinijugatermasukorganisasi/mitralokalyangterlibatdalamKemitraanStrategis?

A:DaftarorganisasianggotakonsorsiumKemitraanStrategis“DialogueandDissent”dapatdilihatdihttps://www.government.nl/latest/news/2015/01/30/ploumen-supports-innovative-partnerships-with-development-organisations. Organisasi inilah yang tidak dapat menerima hibah Voice.Sedangkanorganisasi/mitralokaldapatmenerimahibahVoice,tetapibukandalambentukco-sharingdenganprogramKemitraanStrategis.

Q:Apakahmemungkinkanbagiagensipemerintahuntukmelamar/menerimahibahVoice, jugadalambentukkonsorsium?

A:Agensi pemerintah tidakdapatmenerimahibahdariVoice. Pelamar (juga anggota konsorsium)harus organisasi non-pemerintah.Meskipun sangat didukung untuk beraliansi dengan pemerintahdalammewujudkanperubahan.

2 www.voice.global

Q:Apakahkonsorsiumdapatberanggotakansektorprivatsepertipenelitiataufirmakomunikasi?

A: Anggota konsorsiumboleh aktor dari sektor privat, tetapi tidak bolehmenghasilkan profit darihibahVoicedan/ataujasakomersial,investasi,ataukegiatankomersiallainnya.

Q: Bagaimana jika pelamar/ konsorsium adalah aktor baru? Apakah akan didiskualifikasiberdasarkanpengalaman,meskipunindividuyangterlibatmemilikipengalaman?

A:Koordinatorpelamardikonsorsiumharusterdaftarsebagaikelompokmasyarakatsipilnirlabaatauorganisasi berbasis komunitas dengan rekening bank atas nama organisasi. Anggota konsorsiumlainnya boleh kelompok informal, gerakan, atau organisasi yang belum terdaftar. Jika pelamar(khususnyadalamhibahpemberdayaan)belumterdaftar,makadapatbekerjasamadenganorganisasilainsebagaihost.

Q: Apakah Voice akan menerima proyek dengan sebaran geografis yang merata dan meliputiseluruhkelompoksasaran?Atauapakahhaltersebuttidakberpengaruhpadapenilaianmelainkanpenilaiantertinggiakanditerimatanpamempertimbangkanwilayahdankelompoksasaran?

A:Padaprinsipnya,proposalterbaikakanditerimaolehVoice.Berartididalamnyatermasukmengenaigeografisdankelompok target.Seberaparelevandengananalisiskonteksyangkamibuat,wilayahyang diajukan dengan keadaan kelompok target, apakah anggaran yang diajukan sesuai denganwilayahdankelompoktarget,danlainsebagainya.Tapitentukamijugamempertimbangkandistribusiyangseimbang.Yangpalingkamiutamakanadalahinterseksionalitasdalamkelompoksasaran.

Q:Bagaimanaprosespenilaianproposal?

A:PenilaiandilakukanberdasarkanpersyaratandasarVoice,programatik,dankapasitasorganisasi.Keputusan yang dibuat bersifat objektif, transparan, akuntabel, dan tidak dapat diganggu gugat.Setelahkeputusandibuat,pelamarakandiundanguntukmendiskusikanproyek terkaitdan sangatmemungkinkanadanyarevisipadaproposaldananggaransesuaihasildiskusi.

Q:Kapanwaktudimulainyaprogramyangsebaiknyaditulisdalamtimelineproposal?

A:Untukmengantisipasiperubahanjadwal,padatimelineperiodewaktudapatditulisnetral.Misalnyadurasiproyekadalah14bulan,makaditulisbulan1sampai14.

Q: Apakahmemungkinkan jika sebuah organisasimenjadi bagian di dua proposal?Misalnya, disalahsatuproposalmenjadikoordinatorpelamardandiproposallainmenjadianggotakonsorsium.

A: Organisasi dapat memasukkan aplikasi ke jenis hibah mana pun, sebanyak apa pun, sebagaikoordinatordan/atauanggotakonsorsium,maupuntidakdalamkonsorsium.

3 www.voice.global

Q:Apakahmemungkinkanuntukmengajukanaplikasiuntukproyekyangakandidanaiolehdonorlain?(co-finance)

A:Voicedapatmemberikanhibahuntukproyekyangsudahatauakanmemilikidonorlain,asalkansesuaidenganpersyaratanVoice.