Boks3

Post on 17-Jul-2015

56 views 0 download

Transcript of Boks3

[Boks 3] TEMUAN AWAL PENELITIAN : POTENSI DAMPAK EKONOMI DAN SOSIAL BLOK MIGAS CEPU DI JAWA TIMUR

Gambaran Umum Blok Migas CepuWilayah Kabupaten Bojonegoro dibelah oleh Sungai Bengawan Solo dari barat sampai ke timur. Sektor petanian mempunyai dominasi yang cukup besar dalam meningkatkan potensi daerah. Salah satu potensi yang dimiliki kabupaten Bojonegoro adalah kayu jati yang dapat diolah menjadi karya - karya seni ukir, mebel dan kerajinan tangan. Adapun desa-desa yang termasuk dalam lokasi proyek CPF blok Migas Cepu adalah Bonorejo, Gayam, Brabohan, Ringin Tunggal, Mojodelik, dan Begadon. Semuanya berada di Kecamatan Ngasem.

Peta Kabupaten BojonegoroKadewan

Kabupaten TubanMalo Trucuk

Kabupaten Lamongan

Kasiman

Kabupaten Blora

Baureno Kalitidu Bojonegoro Kapas Balen Kanor Kepohbaru Sumberejo

Padangan Purwosari

Ngraho

Ngasem

Dander

Sukosewu

Tambakrejo Margomulyo Ngambon Bubulan

Kedungadem Sugihwaras Temayang

Kabupaten Ngawi Kabupaten Madiun20

Sekar

Gondang

Kabupaten Jombang Kabupaten Nganjuk

Ngambon.shp Bojonegoro.shp Kapas.shp Sukosewu.shp Balen.shp Sumberejo.shp Kanor.shp Baureno.shp Kepohbaru.shp Kedungadem.shp Sugihwaras.shp Temayang.shp Bubulan.shp Gondang.shp Sekar.shp Ngambon.shp Dander.shp Malo.shp Trucuk.shp Kalitidu.shp Purwosari.shp Tambakrejo.shp Ngasem.shp Margomulyo.shp Ngaraho.shp Padangan.shp Kasiman.shp Kadewan.shp

N W40 Miles

E S

0

20

Blok Migas Cepu berada berada di wilayah Bojonegoro dan Jawa Tengah dengan potensi cadangan minyak bumi cadangan minyak mentah sampai 250 juta barrel dengan nilai produksi harian antara 140-200 ribu barrel/hari. Pada april 2001, ExxonMobil mengumumkan penemuan cadangan minyak (recoverable) di sumur Banyu Urip III oleh Mobil Cepu sebesar 250 juta barel dan pada pertengahan 2002, EMOI mengajukan permohonan perpanjangan kontrak tersebut hingga 2020. Permasalahan Blok Migas Cepu mengenai penetapan pengelola utamanya, akhirnya terselesaikan dengan ExxonMobil ditetapkan sebagai pengelola utama blok migas Cepu. Permasalahan tersebut dapat terselesaikan setelah adanya Mou yang menyepakati bahwa masingmasing pihak akan memperoleh kepemilikan sebesar 45% untuk Pertamina dan sejumlah yang sama untuk Exxon Mobil. Sisanya sebesar 10% akan dibagi untuk pemerintah provinsi Jawa Timur sebesar 2,2%, pemerintah provinsi Jawa Tengah sebesar 1,9%, kabupaten Bojonegoro sebesar 4,4% dan kabupaten Blora sebesar 2,1%. Khusus untuk kepemilikan kabupaten Bojonegoro bekerja sama dengan PT Surya Energi Raya sehingga Pemda tidak mengeluarkan dana dari APBD. Pengoperasian Blok Migas Cepu otomatis akan memberikan suatu dampak bagi kehidupan sosial-ekonomi Bojonegoro dan Jawa Timur. Dari segi ekonomi proyek ini akan memberikan stimulan bagi perekonomian Jawa Timur, baik dalam bentuk penciptaan lapangan kerja, kesempatan-kesempatan usaha baru serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Di sisi lain, dari aspek sosial masuknya tenaga-tenaga asing dan luar daerah pastinya akan menyebabkan terjadinya suatu benturan budaya dengan masyarakat lokal.

Evaluasi Perkembangan Ekonomi, Perbankan & Sistem Pembayaran Jawa Timur Triwulan II2006

77

Dampak EkonomiEksplorasi Blok Migas Cepu diperkirakan memberikan dampak ekonomi baik dampak langsung positif dan negatif maupun dampak turunan serta dampak sosial terhadap Bojonegoro khususnya dan Jawa Timur pada umumnya. Dari temuan awal penelitian Blok Migas Cepu dampak ekonomi langsung yang positif yaitu peningkatan investasi dari kegiatan pembangunan di sektor konstruksi dan pengeboran sebesar US $ 2 milyar (selama 3 tahun) dan peningkatan kesempatan kerja sebesar 1.060 orang (selama 3 tahun). Sedangkan dampak negatif langsung dialami oleh sektor pertanian berupa lahan pertanian yang dibebaskan antara 422 Hektar 700 Hektar, petani yang jadi pengangguran antara 1.755-2.909 orang dan produksi padi yang hilang per tahun antara 2.439-4.044 ton. Dampak ekonomi turunan blok migas Cepu dibagi menjadi dua yaitu fase konstruksi dan fase operasi. Pada fase konstruksi, dampak turunan terbesar pada sektor konstruksi, sektor industri dan sektor pengangkutan sedangkan pada fase operasi, dampak turunan terbesar pada sektor pertambangan, sektor industri dan sektor pengangkutan & komunikasi.

Dampak SosialPotensi dampak selain dampak ekonomi akibat eksplorasi blok migas Cepu adalah dampak sosial yang akan dirasakan oleh masyarakat sekitar eksplorasi. Dari temuan awal penelitian dampak sosial yang akan muncul antara lain : 1. Kemampuan penduduk lokal dalam mengakses sumber daya alam yang ada di wilayahnya cenderung tetap. 2. Kemampuan penduduk lokal melakukan diversifikasi usaha umumnya rendah karena keterbatasan pendidikan dan tidak dimilikinya ragam ketrampilan yang memadai untuk survival. 3. Terjadinya kesenjangan antara tuntutan kebutuhan profesionalisme dunia industri dengan kualitas SDM penduduk lokal. 4. Kemungkinan resistensi sosial dan konflik yang akan timbul dikalangan penduduk lokal umumnya dipicu oleh adanya perlakuan yang dinilai tidak adil dari dunia industri yang masuk ke wilayah setempat. 5. Industrialisasi dalam beberapa hal menyebabkan memudarnya daya kohesi sosial sesama penduduk lokal dan bahkan memicu timbulnya kecemburuan sosial.

Evaluasi Perkembangan Ekonomi, Perbankan & Sistem Pembayaran Jawa Timur Triwulan II2006

78