Alat kontrasepsi 1

Post on 02-Aug-2015

99 views 6 download

Transcript of Alat kontrasepsi 1

ALAT KONTRASEPSI

Nama kelompok :

1. Nimatul 2. Nining elis3. Oky 4. Rara nevi5. Santi nopita6. Winda

prabawati

PENGERTIAN KONTRASEPSI

Kontra : mencegah / melawan Konsepsi : pertemuan antar sel telur

yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan

Kontrasepsi : mencegah terjadinya kehamilan akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma .

TUJUAN

Menunda kehamilan Menjarangkan kehamilan Menghentikan kehamilan / mengakhiri

kehamilan / kesuburan

SYARAT ALAT KONTRASEPSI

Aman : tidak menimbulkan komplikasi berat jika digunakan

Berdaya guna : jika digunakan sesuai aturan akan dapat mencegah kehamilan

Dapat diterima oleh masyarakat Harga terjangkau oleh masyarakat Bila penggunaan dihentikan, klien akan

segera kembali kesuburannya, kecuali kontrasepsi mantap .

SASARAN

Pasangan usia subur : menunda , menjarangkan kehamilan dan mengatur jumlah anak

Ibu yang mempunyai banyak anak Ibu yang mempunyai resiko tinggi

terhadap kehamilan : ibu yang mempunyai penyakit yang membahayakan jiwa

METODE KONTRASEPSI

1. Metode alamiah a) Coitus interruptus (sanggama

terputus) : penis dikeluarkan dari vagina sesaat sebelum ejakulasi terjadi .cairan sperma tidak akan masuk kedalam rahim .

Efektif : bagi wanita yang suami / pasangannya mampu mengontrol waktu ejakulasi

b) Spermatisida : sejenis bahan kimia aktif yang membunuh sperma . Berwujud cairan , cream , tisu vagina yang harus dimasukan (dengan alat yang telah disediakan pada kemasan-tidak boleh dengan tangan) ke dalam vagina 5 menit sebelum senggama .

Effektif : jika digunakan bersamaan dengan kondom serta vaginal diafragma

c) Vagina diafragma : lingkaran cincin dilapisi karet fleksibel yang menutup mulut rahim bila dipasang dalam liang vagina 6 jam sebelum senggama.

d) Pil kb :cukup efektif . tetap membuat menstruasi teratur , mengurangi keram / sakit saat menstruasi . Kesuburan kembali pulih setelat penggunaan dihentikan .

Cara kerja : mencegah pelepasan sel telur .

Effektif : bagi wanita yang memang memiliki tingkat disiplin tinggi . Tidak dianjurkan bagi yang sering lupa karena 2 kali alpa meminum justru dapat membuat subur para wanita .

e) Suntik kb : cara kerja seperti pil . Diberikan 3 bln sekali . Efektif : bagi wanita yang tidak mempunyai masalah penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, trombosis/ gangguan pembekuan darah serta riwayat stroke . Tidak cocok bagi wanita perokok, karena rokok dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah .

f) Implant / Susuk KB : memasukkan tabung kecil (mengandung hormon) dibawah kulit pada bagian tangan yang dilakukan oleh dokter . Pemasangan cukup 1 kali untuk masa pakai 2-5 tahun. Jika berencana hamil, cukup melepas implan saja.

g) Iud-intrauterine device (spiral) : memasukkan alat yang terbuat dari tembaga kedalam rahim . Bekerja menghalangi pertemuan sperma dan sel telur serta berdaya pakai hingga 5 tahun.

Efektif : sebaiknya wanita yang mudah mengalami keputihan tidak mengguunakan metode ini. Benang di ujung iud harus senantiasa bersih . Karena jika kotor akan mudah menyebabkan infeksi .

h) Sterilisasi : bersifat permanent. Konsepnya saluran telur pada wanita , disumbat dengan cara diikat, dipotong / dibakar .sterilisasi pada wanita ini juga bisa dilakukan dengan pengangkatan rahim . Pada pria : memotong saluran sperma. Tapi perlu persyaratan khusus.

Efektif : paling cocok bagi wanita yang bertekad bulat tak ingin punya anak lagi.

GAMBAR KB ALAMI

GAMBAR SPERMATISIDA

GAMBAR VAGINA DIAGFARMA

GAMBAR PIL KB

GAMBAR SUNTIK KB

GAMBAR SUSUK KB

GAMBAR SPIRAL KB

GAMBAR STERILISASI KB

KESIMPULAN

Kontrasepsi : menghindari / mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antarsel telur yang matang dengan sperma .

Esensi tugas program kb : menurunkan fertilitas agar dapat mengurangi beban pembangunan demi terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan bagi rakyat dan bangsa indonesia.

SARAN

Tidak ada satu pun metode kontrasepsi yang aman dan efektif, karena masing- masing mempunyai kesesuaian dan kecocokan individual bagi setiap pemakai . Untuk itu disarankan lebih cerdas dalam memilih alat kontrasepsi yang sesuai dan cocok

Terima

kasih