Wireless Modus Infrastructure-Tkj

download Wireless Modus Infrastructure-Tkj

of 12

  • date post

    12-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    41
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Wireless Modus Infrastructure-Tkj

Wireless Modus Infrastructure

TK J S M K N 1 R A N TE PAO O L E H : G ID E O N L A N D E , S.KO M

Modus InfrastucturSelain modus Ad-Hoc, modus jaringan yang lain adalah modus Infrastuctur. Modus yang juga disebut sebagai Basic Service Set (BBS) ini digunakan untuk menghubungkan wireless client dengan jaringan yang telah ada. Syarat untuk membangun jaringan Infrastructur adalah adanya sebuah Access Point dan minimal sebuah wireless client.

Access Point (AP)Inti dari sebuah jaringan wireless Infrastructur adalah penggunaan AP atau Access Point yang juga sering disingkat menjadi WAP atau Wireless Access Point. Sebuah Access Point bisa dibayangkan sebagai sebuah hub/switch pada jaringan yang menggunakan kabel. Selain sebagai pusat dari jaringan wireless, sebuah AP biasanya juga mempunyai port UTP yang bisa digunakan untuk berhubngan langsung dengan jaringan ethernet / kabel yang telah ada.

Tanduk setan pada AP

Vendor AP umumnya membuat tanduk setan untuk sebuah AP karena salah satu karakteristik dari pengiriman dan penerimaan gelombang radio adalah pemantulan (reflection) dimana gelombang radio yang mengenai benda keras, akan di pantulkan oleh benda tersebut seperti lampu santer yang mengenai permukaan kaca. Wireless akan memancarkan gelombang ke segala arah, akibatnya banyak sekali terjadi pemantulanpemantulan sehingga AP akan mendapatkan signal yang sama dari berbagai arah dan dalam waktu yang berbeda-beda, kejadian ini disebut Multipath.

Modus Transmisi data

Modus transmisi data digunakan untuk menjelaskan bagaimana arah aliran atau perjalanan sinyal dari satu komputer ke komputer lain. Modus transmisi data terbagi atas 3, yaitu: 1. Simplex, transmisi data berlangsung satu arah, contohnya jaringan TV Cabel. 2. Haft dupleks / setengah dupleks, transmisi data berlangsung dua arah tetapi saling bergantian, contohnya dalam jaringan Komputer dan Radio HT. 3. Full dupleks, transmisi data berlangsung dua arah dan bersamaan, contohnya Jaringan Telepon dan Hp.

Antena dari sebuah AP bersifat Haft Duplex, artinya hanya bisa mengirim dan menerima signal pada satu waktu, tidak bisa mengirim dan menerima signal dalam waktu yang bersamaan. Dengan adanya dua antena pada sebuah AP bisa memilih gelombang radio dari antena yang mampu menerima dengan lebih baik dan menggunakan antena yang satunya untuk mengirim gelombang radio.

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access With Collision Avoidance)Collision adalah terjadinya tabrakan signal pada saat pengiriman data secara bersamaan. Untuk mendeteksi terjadinya collision pada jaringan kabel menggunakan metode CSMA/CD atau Carrier sense Multiple Access With Collision Detection. Pada Jaringan Wireless, collision dapat dideteksi dengan metode CSMA/CA atau Carrier sense Multiple Access With Collision Avoidance.

Kenapa ada Collision Advoidance ? ?

Sebenarnya sebelum client mengirimkan datanya, ia akan menghitung kira-kira waktu yang dibutuhkannya untuk mengirimkan data tersebut. Selanjutnya dia akan menginformasikan waktu yang dibutuhkan kepada semua komputer dengan mengatakan OK semuanya saya membutuhkan waktu sekitar 2 detik, tolong jangan ada yang mengirimkan data selama 2 detik. Setelah memberikan pengumuman, barulah komputer akan mengirimkan paket data. Komputer lain yang mendengarkan pengumuman tersebut, akan menahan diri selama 2 detik, kemudian akan memeriksa lagi apakah ada lagi yang menggunakan media udara. Dengan cara inilah tabrakan data dapat dihindari walaupun tidak 100% efektif.

Konfigurasi Jaringan Wireless Modus InfrastruktureKonfigurasi jaringan wireless dengan AP, pada dasarnya sama antara merk yang satu dengan merk yang lainnya. Tentunya terdapat perbedaan interface dan perbedaan feature-feature yang ada serta sedikit perbedaan istilah namun konfigurasi umum yang dilakukan bisa dikatakan sama saja. Jika sudah bisa mengkonfigurasi sebuah merk AP, biasanya untuk mengkonfigurasi merk yang lain sudah tidak menjadi masalah lagi karena konsepnya sama.

Bentuk Fisik Access Point (AP)

Port Access Point LinkSys

Menu Access Point Linksys dd-wrt Saat ini hampir semua AP yang ada dipasaran bisa di konfigurasi melalui web browser karena secara default telah ada web server dalam AP. Untuk masuk ke modus konfigurasi, harus sudah terkoneksi dengan AP yang bisa dilakukan dengan kabel UTP yang dihubungkan ke dalam port LAN atau melalui koneksi wireless. Sebuah AP biasanya dikonfigurasi secara default dimana alamat IP, username dan password sudah ditentukan dari pabrik. Misalnya AP Linksys dd-wrt secara default menggunakan IP 192.168.1.1 username: root dan password: password