Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

8
KELOMPOK 3 KELAS X B Nama Anggota Aryasmara Rafi Ignatius Refli Nadhifah Murliana C. H. Shofi Hindriani Urbach Uswatun Hasanah PowerPoint Tugas Geografi

description

 

Transcript of Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

Page 1: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

KELOMPOK 3KELAS X B

Nama AnggotaAryasmara RafiIgnatius Refli Nadhifah Murliana C. H.Shofi Hindriani UrbachUswatun Hasanah

PowerPointTugas Geografi

Page 2: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

Bulan

1) Peredaran Bulan

Bulan berputar pada porosnya.Bulan beredar mengelilingi bumi dengan lintasan yang berupa spiral.Bulan turut pula beredar mengelilingi matahari bersama-sama dengan bumi. Bulan beredar searah dengan Peredaran bumi, akan tetapi pergeserannya lebih cepat.Fase dimana bumi,bulan, dan matahari terletak pada satu garis lurus di sebut fase bulan baru (bulan mati).

Page 3: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

2) Rupa-rupa Semu BulanBulan mengelilingi bumi dalam jangka waktu satu bulan. Pergerakan bulan dari waktu ke waktu menyebabkan terjadinya perubahan sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan antara matahari, bumi, dan bulan. Perubahan sudut tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan penampakan bulan jika dilihat dari bumi yang disebut fase bulan. Jika bulan berada pada posisi terdekat ke matahari, bagian bulanyang menghadap ke bumi akan tampak gelap, keadaan seperti itu disebut fase bulan baru. Sementara bulan melanjutkan pergerakannya mengitari bumi, tampak bulan berubah pula menjadi fase bulan sabit, lalu bulan setengah, bulan tiga perempat, kemudian menjadi bulan purnama. Setelah tercapai fase purnama, fase berikutnya adalah kebalikannya sampai pada akhirnya terjadi fase gelap atau bulan baru kembali

Page 4: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

3) Gerhana BulanGerhana bulan adalah gerhana yang terjadi akibat bayang-bayang bumi mengenai bulan, artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi. Diameter bumi lebih besar dari diameter bulan. Seluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi sehingga ketika peristiwa gerhana bulan, seluruh permukaan bumi yang saat itu terjadi malam hari akan mengalami gerhana bulan yang berlangsung lebih kurang dalam rentang waktu 1 jam 40 menit.

Page 5: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

4)Gerhana MatahariGerhana matahari merupakan gerhana yang terjadi sebagai akibatbayang-bayang bulan mengenai bumi, dimana cahaya matahari yangmenuju bumi pada siang hari terhalang bulatan bulan. Oleh karenadiameter bulan tidak lebih besar dari diameter bumi, maka gerhanamatahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi danberlangsung lebih kurang 7 menit.

Page 6: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

KOMETKomet adalah benda langit yang diliputi oleh kabut tipis panjang dan menyerupai ekor yang terdiri atas pecahan benda angkasa, es, dan gas yang membeku. Strukturnya terdiri atas kepala dan ekor komet. Kepala komet berdiameter lebih dari 65.000 km meliputi inti dan koma.Ketika komet mendekati matahari ekornya berada di belakang.Ketika sejajar dengan matahari, ekornya berada di samping.Ketika menjauh dari matahari, ekornya berada di depan.

Page 7: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

1.Meteor adalah benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yangjatuh dan masuk ke dalam atmosfer bumi.

2.Meteoroit adalah meteor yang tidak habis terbakar di atmosfer bumi dan sampai ke permukaan bumi

3.Kawah meteoroit adalah lubang besar yang ditimbulkan karena tumbukan meteorit berukuran besar pada permukaan bumi.

METEOR DAN METEOROIT

Page 8: Tugas geografi kelompok 3 kelas x b sma plus melati 2013

Asteroid adalah kumpulan planet kecil yang terdapat di antara orbit Mars dan Yupiter. Asteroid terbentuk karena terjadi benturan diantara beberapa planet kecil sehingga terpecah-belah menjadi asteroid dengan jumlah yang cukup banyak.

1. Jalur utama asteoroidkebanyakan planet kecil ditemukan di daerah alur utama asteroid, yang terletak antara alur orbit planet mars dan yupiter

2. Asteroid-asteroid dengan orbit terdekat ke matahariJenis –jenis asteoroid yang orbitnya terdekat ke matahari antara lain sebagai berikut :

a. Jenis apollo, alurnya berpotongan dengan alur orbit bumib. Jenis amor, alur orbitnya tidak berpotongan dengan alur orbit bumic. Jenis aten, alur orbitnya biasanya terletak di dalam alur orbit bumi

ASTEROID