Tugas 1 & 2 -Material Teknik-fauzi Ramadhian-112120174

3
Nama : Fauzi Ramadhian NIM : 112120174 Kelas : TI-36-05 Contoh kerusakan material secara alami: - Besi pada rangka sepeda motor atau mobil yang terkorosi karena terkena air hujan yang memiliki ph rendah. Setelah kendaraan terkena air hujan sebaiknya kendaraan dicuci dengan sabun supaya ph nya tidak terlalu rendah. - Pelapukan pada kayu dan batu. Pelapukan pada batu waktunya lebih lama dari kayu karena struktur batu lebih keras dari kayu. Pelapukan ini terjadi karena terkena air serta terjadi perubahan suhu serta tekanan tertentu yang merubah kayu dan batu bisa rusak karena pelapukan. - Pembusukan pada benda dan makanan basah dan lembab. Pembusukan tersebut terjadi karena terdapatnya bakteri atau jamur pada makanan dan benda tersebut. Kadar air dan udara yang tinggi dapat mempercepat proses pembusukan. Pembusukan tersebut dapat mengubah bentuk,menyebabkan bau dan perubahan warna. - Degradasi karet alam. Degradasi merupakan suatu reaksi perubahan kimia atau peruraian suatu senyawa atau molekul menjadi senyawa atau molekul yang lebih sederhana secara bertahap. Degradasi karet alam disebabkan oleh adanya oksigen dan ozon. Degradasi tersebut terjadi karena dalam karet alam terdapat ikatan tak jenuh,ikatan tersebut mudah diserang oleh ozon dan oksigen. Hal tersebut menyababkan perubahan warna dan keretakan pada permkaan produk karet alam. Disamping itu degradasi karet alam oleh oksigen dan panas mengakibatkan karet alam menjadi lebih lembut. Jawaban di buku Callister - Materials Science and Engineering - An Introduction 7e (Wiley, 2007) Bab 2 3. (a) How many grams are there in one amu of

description

metalurgi

Transcript of Tugas 1 & 2 -Material Teknik-fauzi Ramadhian-112120174

Page 1: Tugas 1 & 2 -Material Teknik-fauzi Ramadhian-112120174

Nama : Fauzi Ramadhian

NIM : 112120174

Kelas : TI-36-05

Contoh kerusakan material secara alami:

- Besi pada rangka sepeda motor atau mobil yang terkorosi karena terkena air hujan yang memiliki ph rendah. Setelah kendaraan terkena air hujan sebaiknya kendaraan dicuci dengan sabun supaya ph nya tidak terlalu rendah.

- Pelapukan pada kayu dan batu. Pelapukan pada batu waktunya lebih lama dari kayu karena struktur batu lebih keras dari kayu. Pelapukan ini terjadi karena terkena air serta terjadi perubahan suhu serta tekanan tertentu yang merubah kayu dan batu bisa rusak karena pelapukan.

- Pembusukan pada benda dan makanan basah dan lembab. Pembusukan tersebut terjadi karena terdapatnya bakteri atau jamur pada makanan dan benda tersebut. Kadar air dan udara yang tinggi dapat mempercepat proses pembusukan. Pembusukan tersebut dapat mengubah bentuk,menyebabkan bau dan perubahan warna.

- Degradasi karet alam. Degradasi merupakan suatu reaksi perubahan kimia atau peruraian suatu senyawa atau molekul menjadi senyawa atau molekul yang lebih sederhana secara bertahap.Degradasi karet alam disebabkan oleh adanya oksigen dan ozon. Degradasi tersebut terjadi karena dalam karet alam terdapat ikatan tak jenuh,ikatan tersebut mudah diserang oleh ozon dan oksigen. Hal tersebut menyababkan perubahan warna dan keretakan pada permkaan produk karet alam. Disamping itu degradasi karet alam oleh oksigen dan panas mengakibatkan karet alam menjadi lebih lembut.

Jawaban di buku Callister - Materials Science and Engineering - An Introduction 7e (Wiley, 2007)Bab 23. (a) How many grams are there in one amu of a material? (b) Mole, in the context of this book, is taken in units of gram-mole. On this basis, how many atoms are there in a pound-mole of a substance?

a. 1 gram= 1.66x10¯²⁴ amu b. 1 lb = 453,6 gr 1 gr-mol = 6.023x10²³atom 1 lb-mol= 453.6 x 6.023x10²³ 1lb-mol = 2.73x10²⁶ atom

Page 2: Tugas 1 & 2 -Material Teknik-fauzi Ramadhian-112120174

Bab 37. Molybdenum has a BCC crystal structure, an atomic radius of 0.1363 nm, and an atomic weight of 95.94 g/mol. Compute and compare it’s theoretical density with the experimental value found inside the front cover. Jawab:

21. Sketch a unit cell for the face-centered or-thorhombic crystal structure.

Jawab:

Page 3: Tugas 1 & 2 -Material Teknik-fauzi Ramadhian-112120174