Trekking Rinjani 3.doc

Trekking Rinjani 3.726 mdpl Biaya to MT.Rinjani Lombok,Nusa Tenggara Barat Hallo, apa kabar semua para petualang :) kali ini saya akan bahas masalah biaya ke Rinjani dan tentang trekking Rinjani, mungkin kalian pada sering bertanya sama teman kalian berapa sih biaya untuk ke Rinjani ada yang bilang mahal di atas 800 rb dan juga ada yang bilang cuma 500 rb kita akan bahas semua di sini menurut pengalaman saya. Berangkat dari Jakarta bersama 5 sahabat saya di karenakan tim kami predator semua jadi makan mulu keluar biaya cuma 1.1 Jt + oleh-oleh 1 tas. Kalau yang tidak mau ribet atau cape mending lewat jalur udara aja tinggal terbang nunggu waktu 1 jam 45 mnt nyampe tapi biaya tentu pasti lebih mahal dan kalau mau murah lewat jalur darat biaya nya jauh lebih murah di banding lewat jalur udara tapi ribet harus ganti kendaraan darat-laut- darat-laut-darat lagi, nanti akan saya uraikan di bawah total pengeluaran saya selama ke rinjani sekarang kita bahas trekking nya dulu mas bro :D Jalur Pendakian Rinjani Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit di Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, gunung ini terletak di utara lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini berketinggian (3.726 mdpl) dan Gunung ini salah satu gunung ke tiga yang tertinggi di nusantara loh. Gunung ini memiliki danau yang sangat indah danau ini dinamakan danau segara anak disini kita bisa melihat gunung baru yang berapi di sekitar tepian danau untuk menuju kesana tidak mudah kita harus melewati danau dengan rakit yang dalam nya sekitar 230 m tidak memungkinkan membawa rakit dari kaki gunung Rinjani sampai ke atas bukan karena berat sekali bro ckckck bawa tas carrier nya aja udah berat apa lagi di tambah rakit, gunung baru ini dinamakan Gunung BaruJari yang berketinggian (2.376 mdpl) untuk menuju puncak nya tidak mudah lebih mudah menggapai puncak summit Rinjani di banding puncak Barujari karena ia memiliki kemiringan yang parah ditambah lagi dengan bebatuan dan pasir yang sekali kita melangkah akan terperosot lagi. Suhu di Gunung Rinjani rata-rata 20 derajat celcius, suhu terendah mencapai 12 derajat celcius. Waktu

Transcript of Trekking Rinjani 3.doc

Trekking Rinjani 3.726 mdpl

Biaya to MT.Rinjani Lombok,Nusa Tenggara BaratHallo, apa kabar semua para petualang :) kali ini saya akan bahas masalah biaya ke Rinjani dan tentang trekking Rinjani, mungkin kalian pada sering bertanya sama teman kalian berapa sih biaya untuk ke Rinjani ada yang bilang mahal di atas 800 rb dan juga ada yang bilang cuma 500 rb kita akan bahas semua di sini menurut pengalaman saya. Berangkat dari Jakarta bersama 5 sahabat saya di karenakan tim kami predator semua jadi makan mulu keluar biaya cuma 1.1 Jt+ oleh-oleh 1 tas. Kalau yang tidak mau ribet atau cape mending lewat jalur udara aja tinggal terbang nunggu waktu 1 jam 45 mnt nyampe tapi biaya tentu pasti lebih mahal dan kalau mau murah lewat jalur darat biaya nya jauh lebih murah di banding lewat jalur udara tapi ribet harus ganti kendaraan darat-laut-darat-laut-darat lagi, nanti akan saya uraikan di bawah total pengeluaran saya selama ke rinjani sekarang kita bahas trekking nya dulu mas bro :DJalur Pendakian Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit di Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, gunung ini terletak di utara lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini berketinggian (3.726 mdpl) dan Gunung ini salah satu gunung ke tiga yang tertinggi di nusantara loh. Gunung ini memiliki danau yang sangat indah danau ini dinamakan danau segara anak disini kita bisa melihat gunung baru yang berapi di sekitar tepian danau untuk menuju kesana tidak mudah kita harus melewati danau dengan rakit yang dalam nya sekitar 230 m tidak memungkinkan membawa rakit dari kaki gunung Rinjani sampai ke atas bukan karena berat sekali bro ckckck bawa tas carrier nya aja udah berat apa lagi di tambah rakit, gunung baru ini dinamakan Gunung BaruJari yang berketinggian (2.376 mdpl) untuk menuju puncak nya tidak mudah lebih mudah menggapai puncak summit Rinjani di banding puncak Barujari karena ia memiliki kemiringan yang parah ditambah lagi dengan bebatuan dan pasir yang sekali kita melangkah akan terperosot lagi. Suhu di Gunung Rinjani rata-rata 20 derajat celcius, suhu terendah mencapai 12 derajat celcius. Waktu pendakian paling baik pada bulan April-September tapi musim sekarang sudah tidak bisa di tebak karena pemanasan globbal.

Untuk menuju ke puncak Rinjani ada 4 jalur yaitu Timbanuh,Toeran,Senaru, dan Sembalum namun yang di resmikan cuma 1 yaitu jalur Timbanuh. Para pendaki biasa nya mendaki lewat jalur Sembalun dan turun lewat Senaru karena lewat Sembalun jalur yang sangat mudah di bandingkan ke 4 jalur tersebut..

Jalur Sembalun

Sembalun merupakan jalur yang di dominasi banyak orang karena jalur ini sangat mudah dengan ketinggian (1.550 mdpl) dan untuk menuju ke sini mudah dijangkau dengan transportasi umum dari terminal bus Mataram di terminal bus Mataram juga tersedia angkutan umum menuju Sembalun, waktu kurang lebih 1 jam dari terminal bus ke Sembalun. (keterangan, di usahakan untuk menju ke Sembalun dari terminal bus Mataram pagi hari karena angkutan tujuan Sembalun cuma sampai jam 12.00 siang).

Dari pos terkhir Sembalun disini kita bisa menyiapkan perlengkapan dan beristirahat, di jalur ini kita bisa mencapai puncak sekitar 9-10 jam namun disini kita melewati padang savana yang cukup luas dan membuat kita letih karena berjalan di bawah terik matahari.

Jalur Senaru

Senaru merupakan jalur yang di sukai banyak orang karena jalan nya lebih pendek dan cukup teduh di banding jalur yang lain nya di jalur ini kita melewati hutan tropika yang cukup rimbun, di pos terakhir ketinggian nya sekitar (600 mdpl). untuk menuju kesini dibutuhkan waktu 2 jam dari terminal bus Mataram. Di Senaru ini sudah banyak penginapan dan guide untuk mendaki dan membutuhkan waktu 11-12 jam untuk mencapai puncak.

Jalur Torean

Jalur Torean ini jarang di lewati banyak orang karena kemiringan nya sampai 20-45 derajat, untuk menuju ke sini membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari Bayan menuju terminal Cakranegara-Lombok dengan angkutan umum sekitar 3 jam dan di teruskan dengan ojek/truk cuman truk jarang sekali lewat sini. Di desa torean sudah banyak penyedia jasa porter untuk mempermudah pendakian, karena jarangnya pendaki yang melewati jalur ini sebaik nya kita memakai jasa porter. Melalui jalur torean ini jarang sekali atau bahkan bisa disebut tidak ada pos-pos pendakian seperti jalur-jalur lain. Jalur torean merupakan jalur yang biasa dilewati oleh penduduk sekitar untuk mencapai segara anak, untuk melakukan tradisi/prosesi Pakelem bagi Umat Hindu, jalur ini juga dapat menuju Gua Susu dan Gua Manik yang berada sebelum segara anak.

Untuk pendakian sebaik nya di lakukan pagi hari karena jalan nya yang berbahaya. Dari Torean ini membutuhkan waktu sekitar 14.5 jam untuk sampai puncak.

Jalur TimbanuhUntuk menuju Timbanuh kita dapat menggunakan kendaraan umum dari mataram turun di Masbagik dan dilanjutkan dengan angkutan umum lainnya menuju Timbanuh, lama perjalanan kurang lebih sekitar 3 jam berkendara. Di timbanuh sudah banyak tersedia jasa guide untuk mempermudah pendakian tapi layanan paket perjalanan belum ada.

Jalur timbanuh merupakan jalur baru yang diresmikan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), dibandingkan jalur yang sudah ada, jalur timbanuh belum mempunyai sarana yang memadai akan tetapi jalur ini menyediakan kelebihan ketersediaannya air di sepanjang jalur pendakian serta keaneka ragaman flora dan fauna serta jalurnya yang cukup menantang bagi pendaki, Jalur ini hanya memperbolehkan pendaki untuk melakukan pendakian sampai ke Pelawangan Cemoro Rompes dan puncak selatan rinjani, sedangkan untuk jalur ke danau segara anak belum diperbolehkan karena medannya yang curam dan berbahaya. Lama perjalanan dari timbanuh ke pelawangan cemoro rompes sekitar 9 jam perjalanan.

My Trip Jakarta - Lombok Nusa Tenggara Barat, Rinjani (3.726 m.dpl)

Dari Jakarta kami berangkat 5 orang tanggal 7 Juli 2013, kami berkumpul di basecamp kami pukul 11.45 sambil nunggu sampai pukul 01.15 untuk berangkat ke stasiun Ps.Senen kami menyiapkan perlengkapan dan mengisi tenaga. Saat sampai distasiun Ps.Senen kami menunggu kereta datang sambil makan soto ayam diluar stasiun kereta kami berangkat pukul 13.40 KA Matarmaja tujuan Ps.Senen-Malang, perjalanan dari Jakarta ke Malang ditempuh sekitar 16 jam kalau menggunakan kereta ya. Sampai stasiun Malang pukul 06.54 di sana kami menunggu sampai jam 14.45 untuk keberangkatan ke banyuwangin. Sampai disana kami makan pagi dan beristirahat, di karenakan KA Tawang Alun berangkat nya pukul 14.45 jadi kami terpaksa deh menunggu sampai garing dan bosan :( KA Tawang Alun berangkat pukul 14.45 tiba di banyuwangi pukul 22.27.

keterangan: sampai di banyuwangi sebaik nya kita menginap semalam disana dan menyebrang menjelang fajar terbit menuju gilimanuk. (jarak dari stasiun ke plabuhan ketapang sekitar 15 mnt berjalan kaki dari stasiun)Setelah menyebrang perjalanan kami tiba di Bali plabuhan Gilimanuk disana kami naik bus jurusan Padang Bai setelah itu kami menyebrang dengan kapal feri jurusan Padang Bai - Lembar dengan waktu tempuh 4 jam begitu sampai kami naik angkot Lembar - Mataram,Mataram - Aikmel, dan Jeep/Pick up Aikmel - Sembalun Lawang.Disarankan ketika sampai Pos Sembalun kita menginap Semalam dikarenakan perjalan jauh dari Jawa-Bali-Lombok. Waktu Perjalaan saya dari Jakarta ke Rinjani 9 hari. Selamat Mendakii !!!

Biaya ongkos via Jakarta-Lombok Bus P20 Jurusan Lebak Bulus - Ps.Senen Rp.3000

Tiket kereta jurusan Jakarta - Malang (K.A Matarmaja) Rp.65.000

Tiket ketera jurusan Malang - Banyuwangi (K.A Tawang Alun) Rp.30.000

Kapal ferry Ketapang - Gilimanuk Rp.6.500

Bus mini Terminal Ubung - Padang Bai Rp 35.000 Kapal ferry Padang Bai - Lembar, Rp 36.000 Angkot Lembar - Mataram Rp 15.000 Mataram - Aikmel Rp 20.000 Jeep/Pick up Aikmel - Sembalun Lawang Rp 20.000Biaya ongkos via Lombok-Jakarta Ojek Senaru - Ps. Bayan Rp 20.000 Bus Ps. Bayan - Mataram Rp 30.000 Angkot Mataram - Pelabuhan Lembar Rp 15.000 Kapal feri Lembar - Padang Bai Rp 36.000 Bis Padang Bai - Terminal Ubung Rp 35.000 Bis Terminal Ubung - Pelabuhan Gilimanuk Rp 30.000 Kapal feri Gilimanuk - Ketapang, Rp 6.500 K.A Tawang Alun jurusan Banyuwangi - Malang Rp.30.000 K.A Matarmaja jurusan Malang - Ps.Senen Rp.65.000 Taxi Sampai ke basecamp Rp.47.000Keterangan: Bawa beras yang banyak dan bawa pancingan danau segara anak ikan nya gurih gurih gan :D

Jakarta Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang masi aktif dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl).

Rute pendakian yang sangat menangtang Gunung semeru juga dapat di jadikan ajang mendekatkan diri dengan alam dimana kita akan diuji ketahanan fisik dan plus bonus pemandangan ranu kumbolo yang begitu indah menambah menariknya simeru.Dan akhir-akhir menjadi salah satu destinasi travel-ing favorite bagi para pencinta alam apalagi ditambah menjadi temapt syuting Film 5cm , Gunung Semeru makin ramai dikunjungi.Dan bagi anda para pencinta treveller Jakarta mari yuk kita hitung estimasi murah biaya ke Semeru dari Jakarta.Pertama kita harus mendaftar rencana pendakian sebulan sebelum pendakian melalui layanan online Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). dan akan dikenakan biaya:Usahakan cari tiket Kereta Api sebulan sebelum keberangkatan sehingga bisa mendapatkan tiket promo dari Jakarta-Stasion Kota Baru Malang . sekitar (Rp.150.000 )Dari Stasiun Kota Baru Malang - Terminal Arjosari (Rp. 5000)Dari Arjosari menuju Pasar Tumpang. dengan naik angkot warna putih dengan tulisan TA (Rp. 6.000).Dari Tumpang - Ranupane(2 - 3 jam) Harga sewa Jeep Rp. 450.000 untuk 15 jadi anda dikenakan Rp. 30.000.Pasar Tumpang - Pos Pendakian Ranu Pani (2100mdpl), Pengurusan admin pendakian anda akan dikenakan Rp 8.000 dan biaya asuransi sebesar Rp 2.500Dan tambahan: Bila anda bawa tenda sendiri dikenakan Rp 20.000,-/tenda Serta kamera juga dikenakan biaya Rp 5.000,-/buahDari sini anda tidak akan dikenakan biaya lagi sampai menuju puncak mahameru.Biaya Dari Jakarta ke SemeruRp.150.000+Rp. 5000+Rp. 6.000+Rp. 30.000+Rp 4.500+Rp 2.500= Rp.201.500 +( tenda Rp 20.000+ Kamera Rp 5000) =Rp 231.500.Dari Semeru ke JakartaRp. 150.000+Rp. 5000+Rp. 6.000+Rp. 30.000=191.000Dengan Perkiran biaya pulang pergi Jakarta-malang( semeru) Rp.422.500,- anda sudah bisa menikmati indahnya Gunung Semeru (belum termasuk biaya konsumsi) .