TP E3 2015

2
Nama : Denanti Erika NIM : 10513002 Kelompok : 1 TUGAS PENDAHULUAN Percobaan E-3 DIAGRAM TERNER Sistem Zat Cair Tiga Komponen 1. Dapatkah penggambaran komposisi cairan dalam diagram terner dinyatakan dalam % volume? Jelaskan jawaban saudara! 2. Apa arti garis hubung (“tie line”) serta bagaimana cara menentukannya secara eksperimental? 3. Apa arti titik kritik dalam diagram terner? Berapa derajat kebebasannya? 4. Gambarkan diagram terner untuk sistem yang mempunyai dua pasang cairan yang saling larut sebagai pasangan itu, misalnya A dan B, serta B dan C. JAWABAN 1. Dapat karena dari % volume dapat ditentukan %berat dengan mengetahui rapat massanya, dari %berat tersebut dapat diketahui secara jelas komposisi cairan. 2. Garis hubung (“tie line”) adalah suatu garis yang ditarik mendatar dari temperatur yang dimaksud hingga memotong garis batas daerah fase yang diamati. Dapat ditentukan dengan cara salah satu sisinya ditentukan dua titik yang menggambarkan jumlah kadar zat dari masing-masing zat yang menduduki sudut pada kedua ujung sisi itu. Dari dua titik ini, ditarik garis sejajar dengan sisi yang dihadapinya. Titik dimana kedua garis itu menyilang menggambarkan jumlah kadr masing-masing. 3. Titik kritik adalah temperatur tertinggi suatu fasa untuk berubah wujud dengan cara ditekan. Derajat kebebasannya adalah satu.

description

Chemistry, Kimia Fisik, Tugas Pendahuluan

Transcript of TP E3 2015

Nama: Denanti ErikaNIM: 10513002Kelompok: 1

TUGAS PENDAHULUANPercobaan E-3DIAGRAM TERNERSistem Zat Cair Tiga Komponen

1. Dapatkah penggambaran komposisi cairan dalam diagram terner dinyatakan dalam % volume? Jelaskan jawaban saudara!2. Apa arti garis hubung (tie line) serta bagaimana cara menentukannya secara eksperimental?3. Apa arti titik kritik dalam diagram terner? Berapa derajat kebebasannya?4. Gambarkan diagram terner untuk sistem yang mempunyai dua pasang cairan yang saling larut sebagai pasangan itu, misalnya A dan B, serta B dan C.

JAWABAN

1. Dapat karena dari % volume dapat ditentukan %berat dengan mengetahui rapat massanya, dari %berat tersebut dapat diketahui secara jelas komposisi cairan.

2. Garis hubung (tie line) adalah suatu garis yang ditarik mendatar dari temperatur yang dimaksud hingga memotong garis batas daerah fase yang diamati. Dapat ditentukan dengan cara salah satu sisinya ditentukan dua titik yang menggambarkan jumlah kadar zat dari masing-masing zat yang menduduki sudut pada kedua ujung sisi itu. Dari dua titik ini, ditarik garis sejajar dengan sisi yang dihadapinya. Titik dimana kedua garis itu menyilang menggambarkan jumlah kadr masing-masing.

3. Titik kritik adalah temperatur tertinggi suatu fasa untuk berubah wujud dengan cara ditekan. Derajat kebebasannya adalah satu.

4.

Diagram fasa, pada temperatur dan tekanan tetap Untuk sistem terne NH4Cl / (NH4)2SO4/ H2O