TATA IBADAH HARI MINGGU PASKAH · 2021. 4. 3. · GEREJA PROTESTAN di INDONESIA bagian BARAT (GPIB)...

Click here to load reader

  • date post

    10-Sep-2021
  • Category

    Documents

  • view

    2
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of TATA IBADAH HARI MINGGU PASKAH · 2021. 4. 3. · GEREJA PROTESTAN di INDONESIA bagian BARAT (GPIB)...

TATA IBADAH
Pukul 17.00 WIB
- 2 -
PERSIAPAN Doa Pelayan di Konsistori Saat Teduh Semua anggota keluarga bersiap untuk beribadah
P2. : Presbiter bertugas mengucapkan selamat datang dan selamat beribadah di
hari Minggu Paskah, hari dimana setiap orang percaya mengingat-rayakan
kebangkitan Yesus Kristus dari lubang kubur. Sekaligus merayakan 34 tahun penyertaan Tuhan berdirinya GPIB Jemaat GIBEON. Pemberitaan
Firman pada saat ini akan di pimpin oleh Ibu Pdt. Novina Malawau
Ungkapan Situasi : P2 : Saudaraku, m a r i tenangkan hati dan pikiran, kita akan Menghadap
Tuhan. Yesus yang telah bangkit dan hidup, Dia pun sekarang hadir di
tengah ibadah Paskah keluarga kita. Marilah berdiri untuk menyambut Firman Tuhan hadir di tengah-tengah
persekutuan kita.
---- saat teduh
MENGHADAP TUHAN
1. Kristus bangkit! Soraklah: Haleluya! Bumi, sorga bergema: Haleluya!
Berbalasan bersyukur: Haleluya! Muliakan Tuhanmu! Haleluya!
---------- Prosesi Memasuki Ruang Ibadah ----------
Surya s'lamat jadi t'rang: Haleluya! Takkan lagi terbenam: Haleluya!
VOTUM DAN SALAM
PF. : Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan
Roh Kudus menyertai kamu sekalian.
Jmt. : DAN MENYERTAIMU JUGA.
- 3 -
NAS PEMBIMBING - 1 Korintus 15 : 54b – 57 PF : “Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut, di manakah
kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?” Sengat maut
ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada
Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.
---duduk---
4. Nyanyilah, hai Serafim, mainkan
harpa berdenting. Ikutlah, manusia, mengagungkan nama-
Nya, mengagungkan nama-Nya.
kami menangis, seluruh alam ciptaan menangis,
meratap sedih memandang pada Yang Tersalib, anak-Mu, Yesus, Mesias dan Penebus.
Dia tersalib karena menanggung salah, dan
dosa kami. Dia tersalib karena ditolak
dan disingkirkan oleh dunia ciptaan.
Bagaikan saudara-saudara kami korban Covid19 yang masih sakit, bahkan yang
telah mati,
mereka ditolak dan tersingkir dari khalayak. Tiada teman dan handai taulan. Semua lari, menyingkir karena takut mencekam.
- 4 -
kami sekeluarga engkau bangunkan
menjemput fajar hari baru, dalam madah kemengan,
karena kubur dan maut telah dikalahkan. Engkau telah membangkitkan Yesus,
dari mati yang tak berperi.
Yesus, Tuhan kami, telah bangkit.
Ya... Dia bangkit untuk menghapus air mata
para orang tua, anak, kakak, adik, suami, isteri, opa, cucu, kami semua,
karena kehilangan yang dicintai di masa pandemi. Dia
bangkit untuk memberi hidup baru, dan harapan baru;
Ya Yesus yang telah bagkit,
Bangkitkanlah kami untuk menatap hari esok; Bangkitkanlah asa di tengah raga yang makin payah,
Hidupkanlah iman dan imun
di tengah pendemi yang masih mengancam. Dalam sujud yang penuh damba,
kami berseru: Nyatakanlah....
nyatakanlah kuasa kehidupan-Mu, dan matikanlah sebaran Covid-19 dari bumi dan negeri pertiwi.
Agar kami dapat bernyanyi dan beribadah bersama lagi;
Agar kami bisa bekerja dan bersekolah lagi Merenda hidup dan bakti yang penuh arti.
Syukur dan termulialah nama-Mu, Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Amin.
Jmt. Menyanyi -- “PUJILAH KHALIK SEMESTA” (KJ. 303a )
Pujilah Khalik semesta, Sumber segala kurnia; Sorga dan bumi, puji t’rus
BERITA KEBANGKITAN YESUS – Narasi Matius 28 : 1 – 15
P 2 Setelah hari sabat, pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang hebat dan seorang malaikat turun dari langit dan menggulingkan baru itu. sehingga penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang mati. lalu, malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu, katanya;
- 5 -
U “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu bahwa kamu mencari Yesus yang disalibkan itu”. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah di katakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke galilea; di sana kamu akan melihat Dia.
P 2 lalu pergilah mereka dengan suka-cita dan berlari secepat-cepatnya untuk memberitahukan kepada murid-muridnya.
U tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata; “Salam bagimu. “Jangan takut”. “pergi dan katakanlah kepada saudara-saudaraKu, supaya mereka ke Galilea dan di sanalah mereka akan melihat aku”.
P 2 Tetapi datang jugalah penjaga-penjaga itu ke kota dan memberitahukan hal itu kepada imam-imam kepala. Dan sesudah berunding, mereka mengambil sejumlah besar uang dan berkata;
U “Kamu harus mengatakan bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur”. Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa.
P 2 mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.
Jmt. Menyanyi : “INILAH SAATNYA BAGI KITA” (GB. 53)
do = g MM + 76
5 5 5 5 5 5 3 5 6 . 6 . 5 5 5 4
I - ni - lah sa - at - nya ba - gi ki - ta men-de-ngar-kan
3 2 3 . 3 . ' 5 5 6 7 1 . 7 7 1 7 6 . '
fir-man Tu-han. A - kal bu - di - mu, kau si - ap - kan-lah.
2 2 2 3 4 4 3 2 3 5 5 . ' 1 . 5
Bu- ka - lah ha - ti - mu ba - gi Fir- man- Nya. Ma - ri
rit…
5 6 . 6 . ' 5 5 5 5 5 5 5 5 5 . . 0
ber-do - a, min-ta Roh Ku - dus me- nun-tun - mu.
- 6 -
1 1 7 . 7 . 7 6 Ba - pa, Pu - t'ra dan Roh
4 4 3 . 3 . 3 2
sam - pai ke - kal dan a -
PEMBERITAAN FIRMAN
DOA EPIKLESE
PF. : . . . . . Jemaat, silakan berdiri untuk mendengar firman Tuhan dari Alkitab. Haleluya !
J. : Menyanyi -- “HALELUYA, HALELUYA PUJILAH TUHANMU” (GB. 394)
P1. : Bacaan Alkitab Hari ini dari Perjanjian Baru, Kitab Injil Matius 28 : 1 - 10 yang mengatakan .............. Demikian pembacaan Alkitab.
PF. : Hendaklah Firman Tuhan diam dengan segala kekayaannya di antara
kamu dan ucaplah syukur kepada Allah.
J. : Menyanyi -- “KEPADAMU PUJI-PUJIAN” (GB 392a)
do = d MM + 112
- ji -
pu
pu - ji - an, 5 5 6 . 6 . 6 6 6 6 7 . 7 . ' ma - dah syu - kur dan ke -
mu-
2 1 . 0 ba - di.
KHOTBAH
- 7 -
1. Anak Allah turun ke dunia;
mengasihi, mengampuni,
dan menebus s’luruh hidupku.
Kubur yang kosong bukti kebangkitan-Nya Refr. ‘Ku tak cemas akan hari esok, kuatir
pun hilang lenyap. Sekarang hidup ‘ku makin bermakna,
karena Yesus hidup, aku pun hidup.
2. O manisnya bersama Yesus, aku tent’ram, bahagia. Terjaminlah masa depanku,hidupku jadi baru oleh hidup-Nya.
PENGAKUAN IMAN RASULI berdiri
PF Bersama semua orang percaya di segala waktu dan tempat, kita mengaku
iman menurut Pengakuan Iman Rasuli. Dengan hati dan mulut masing-
masing berkata : .....
PF. : ………… KESAKSIAN PUJIAN Hormati Yesus (GITA KARUNIA CHOIR)
PENGUCAPAN SYUKUR
P3 : Kebangkitan Kristus memungkinkan kita memiliki hidup yang berarti.
Itulah hidup yang mengasihi Allah dan sesama. Maka marilah kita wujudkan kasih kepada Allah dan sesama melalui persembahan sukarela, guna pelayanan kasih dan keadilan.
Jemaat Menyanyi : “AKU BERSYUKUR” (GB. 86)
1. Aku bersyukur, Allah sumber hidupku; Dia memberi rahmat-Nya kepadaku.
Refr. Puji dan syukur kunaikkan kepada-Nya Yang
Maha kudus, di sorga, terpujilah. Dia sumber hidupku; bagi-Nya syukur dan pujian s'lamanya.
- 8 -
….. saatnya memberi persembahan .....
--- Persembahan dapat dimasukkan ke dalam Amplop 1 yang sudah disediakan oleh keluarga dan dibawa ke Gereja, atau menggunakan persembahan digital atau dengan cara transfer ke rekening Gereja. Dan Amplop 2, diperuntukkan bagi Renovasi Gereja / transfer langsung ke Rekening Panitia Renovasi. ---
3. Aku bersyukur, Allah Sumber hidupku;
harta dan benda dicukupkan bagiku. Refr.
DOA PERSEMBAHAN
P3 : Ya Allah, Bapa, kami bersyukur karena kebangkitan Tuhan Yesus membuat
hidup kami berarti lagi. Terimalah persembahan sekeluarga kami sebagai wujud kesediaan kami untuk mempersembahkan hidup yang berarti bagi
sesama demi kemuliaan-Mu. Berkatilah hidup dan kerja layan kami dan jadikan kami saksi-saksi Kristus di dunia, agar melalui kami, banyak orang
percaya kepada Tuhan Yesus dan diselamatkan. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.
PENGUTUSAN
PF. : Jadi, akhirnya, saudara-saudaraku, karena Kristus telah bangkit dan mengalahkan maut maka pergilah dengan damai sejahtera Tuhan ke dalam kehidupanmu sehari-hari dan lakukanlah Firman TUHAN yang telah saudara dengarkan bersama-sama.
Jmt. Menyanyi : “YESUS KRISTUS, SUMBER HIDUP” - (GB. 78)
Refr. Yesus Kristus, Sumber Hidup,
Jurus’lamat, Dialah!
puji Dia s’lamanya!
yang percaya,
5. Utus kami, Jurus’lamat, menyebarkan kasih-Mu, agar
dunia ‘kan mengaku:
P.F : TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan Wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan Wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
Jemaat Menyanyi : GB. 402c “AMIN”
- 10 -