Swara Kita, 02 Juli 2012

16

Click here to load reader

description

02 Juli 2012

Transcript of Swara Kita, 02 Juli 2012

Page 1: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

NOMOR02020 TAHUN VI

Telp: (0431) 841071,Fax: (0431) 841060

www.swarakita-manado.com

TERBIT 16 HALAMANHarga: Rp.2000,-

Luar Kota + Ongkos Kirim

Presiden hadiri perayaan HUT Bhayangkara ke-66SBY minta polri tindak tegas kelompok pemaksa

PRESIDEN SBY minta polisi tindak tegas kelompokyang memaksakan kehendaknya sendiri, dengan melanggarhak-hak konstitusional pihak lain.(foto: ist)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkarake-66, Minggu (1/7) kemarin. Perayaan difokuskan di Lapangan Markas Komando, Brimob, Kelapa Dua,Depok. Selain Presiden RI, perayaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan perwakilan kepolisian

negara lain, seperti Jepang.

Baca: SBY( Halaman 11 )

TEPAT pukul 00.23 WIB, Minggu (1/7)kemarin, panggung Indonesian Idol berubahmenjadi riuh, ketika host Daniel Manantamengucapkan selamat ulang tahun kepada AgnesMonica yang berulang tahun ke-25. Agnes tampaktercengang ketika kue ulang tahun diusung ke ataspanggung oleh orang-orang yang selama inimembantu Agnes dalam kariernya.

SELEBRITI

Ultah, makin dekatdengan pria Manado

Baca: Ultah( Halaman 11 )

PRESIDEN SBY me-minta agar Polri yang me-masuki usia 66 tahun mam-pu tegas dan berani untukmenindak kelompok-ke-lompok yang memaksakankehendak dengan melang-gar hak orang lain. Pre-

siden meminta ketegasanitu agar konflik tidak me-luas. “Tindak tegas kelom-pok-kelompok yang me-maksakan kehendaknyasendiri, dengan melanggarhak-hak konstitusionalpihak lain,” kata SBY

ketika memberikanamanat. Presiden yangmenjadi inspektur upacaraitu meminta penindakantegas kelompok-kelompokpemaksa kehendak untukmenghindari meluashingga menjadi isu

nasional. Presiden me-minta agar Polri memilikikepercayaan diri dan yakindengan penindakan tegasmelawan kelompokpemaksa itu.

INTERNASIONAL

PM Israel menyuratiPresiden baru Mesir

PERDANA Menteri (PM) Israel BenyaminNetanyahu dilaporkan telah mengirimkan surat ke-pada Presiden Mesir yang baru saja dilantik Mo-hamed Morsi. Kabarnya surat itu berisikan per-mintaan Netanyahu agar Presiden Morsi tetap berpe-gang teguh pada perjanjian damai kedua negara.

Baca: PM( Halaman 11 )

7 rumah,2 sekolahrata tanahSebagian gedung DisparSulut juga ikut terbakar

Manado—Masih diingatan warga Manado ke-bakaran hebat yang meng-hanguskan 7 rumah dankios di kompleks StadionKlabat Manado beberapawaktu lalu, kebarakankembali terjadi di Ma-nado, Minggu (1/7) dini-

hari kemarin sekitar pukul02.00 Wita. Kebakaranhebat ini tepatnya terjadidi Jalan Sam Ratulangi103, Kelurahan TanjungBatu Lingkungan IV, Ke-camatan Wanea. Atau le-bih tepatnya di sampingStasiun Pengisian Bahan

Bakar Umum (SPBU)Wanea. Beberapa gedungtersebut antara lain, 7rumah warga dan 1 rumahkost, 2 sekolah yakniSekolah Dasar Negeri(SDN) 8 dan SDN 17,serta sebagian gedungmilik Dinas Pariwisata(Dispar) Sulut. Akibat darikejadian ini, kerugian ma-terial yang dialamimencapai miliaran rupiah.

KEBARAKAN hebat yang terjadi di Manado, Minggu (1/7) dinihari kemarin sekitar pukul 02.00 Wita, di Kelurahan Tanjung Batu, atau lebihtepatnya di samping SPBU Wanea.(foto: bobby/sk)

AGNES MONICA

GUNUNG API

Tiga gunung di Sulutmasih berstatus siaga

B a n d u n g — E m p a tgunung api di Indonesiamasih berstatus siaga ataulevel III karena aktivitasvulkanik gunung api itumasih di atas rata-rata.Pusat Vulkanologi danMitigasi Bencana Geologi(PVMBG) masih mene-tapkan empat gunung apiitu, dimana tiga berada diSulut yakni Gunung So-putan, Lokon, dan Kara-ngetang. Sementara satulagi yakni Gubung Gam-konora yang berada diHalmahera Utara.

Kepala Bidang Penga-matan Gunung Api, Hen-drasto berujar, keempatgunung api itu mendapatpemantauan intensifkarena memiliki karakterdan potensi bahaya bagimasyarakat.

Untuk gunung api ber-status waspada, PVMBGmerekomendasikan agarmasyarakat tidak men-dekat dan beraktivitasdalam radius 2,5 kilome-ter dari kawah aktif.

KORUPSI ALQURAN

Pengamat: Golkar lebih busukJakarta—Partai Golkar

tekah menggelar RapatPimpinan Nasional (Ra-pimnas) III di Bogor, JawaBarat. Namun, di tengahRapimnas, partai yangdipimpin Aburizal Bakrieitu dikejutkan oleh kabarkadernya yang didugatersangkut kasus korupsipengadaan Alquran.

Karenanya, PengamatPolitik Universitas Indone-sia (UI), Iberamsjah me-ngatakan, jika nantinyakader Golkar tersebut ter-bukti benar melakukan ko-rupsi, maka Golkar dapat

dikategorikan partai busuk.“Jelas nanti akan dicapsebagai partai koruptor,”

kata Iber saat berbincangdengan Okezone.

Menurutnya, hal itu

cukup beralasan. Pasalnya,kasus korupsi ini tidakmain-main karena mem-bawa nama kitab suci Al-quran yang merupakan ki-tab suci umat Islam. Bebanmoral yang ditanggunglanjut Iber, tentunya sangattinggi tidak hanya di duniatetapi juga pertanggungja-wabannya kepada Tuhan diakhirat. “Bayangkan saja,seorang politikus tersangkutkasus korupsi pengadaanAlquran, ini kan ngeri sekali,Alquran lho itu kitab suci.

TERSANGKA kasus korupsi Alquran Zulkarnaen Djabar(kiri) dalam sebuah kesempatan bersama Aburizal Bakrie.(foto: ist)

NARKOBA

Mamoto Cs akan rutin razia LPJ a k a r t a — B a d a n

Narkotika Nasional(BNN) akan terus meraziasejumlah LembagaPermasyarakatan (LP)yang disinyalir sebagaisarang peredaran narkobadi Tanah Air.

Dalam hal ini, BNN akanmengandeng KemenkumHAM dan sejumlahlembaga penegak hukumlain.

“Kita akan bekerja samadengan Kemenkum HAMdan sejumlah lembagahukum lainnya sesuaidengan instruksi presidententang pemberantasannarkoba di Indonesia,”ujar juru bicara BNN, Su-mirat, Sabtu (30/6) pekanlalu. Sumirat mencontoh-kan, keberhasilan BNNdalam menangkap tiga or-ang pengendali sekaligus

pemilik 1,4 juta lebih butirekstasi di Rutan Cipinang,Jakarta Timur, adalahbuah dari kerja sama yangbaik antara Bea Cukai dabBNN. “Awalnya jutaanbutir ekstasi tersebut disitadi Pelabuhan Jakarta Inter-national Container Termi-nal (JICT) Tanjung Priokyang datang dari China.

BENNY Mamoto.

KONFLIK PAPUA

11 wartawan dituduhjadi agen militer TNI

Jayapura—Sebanyak 11wartawan media massayang bertugas di Papua,dituduh menjadi agen mi-liter TNI. Tuduhan tersebutmuncul di sejumlah milisdan jejaring sosial, sertaberedar luas di kalanganaktivis di Papua. Hal ter-sebut mengakibatkan parawartawan yang namanya

disebut-sebut, menjadiresah dan khawatir terhadapkeselamatan mereka dankeluarganya. Mereka punkini tak bisa menjalankantugas peliputan secaraleluasa, karena merasamenjadi target kelompok-kelompok anti-TNI.

Stonersamai poin

LorenzoBaca: Olahraga( Halaman 15 )

Sekolah wajibpenuhi kuota

semua jurusanBaca: Ibukota( Halaman 3 )

Dokumen WOC/CTISummit dan ATF

lenyap terbakar apiBaca: Sulut

( Halaman 2 )

Baca: 11 wartawan( Halaman 11 )

Baca: Mamoto( Halaman 11 )

Baca: Pengamat( Halaman 11 )

Baca: Tiga( Halaman 11 )

Baca: 7 rumah( Halaman 11 )

Page 2: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

MUI: Korupsi Alquran,itu kerusakan moral parah

DUGAAN korupsi pengadaan Alquran diKementerian Agama menggambarkan moral parapelaku dari oknum legislatif, pengusaha, danpemerintah sudah sangat parah. Mereka korupsitanpa peduli. Pengadaan Al Quran pun, kalau bisadikorupsi, kenapa tidak? “Itu kerusakan moralparah. Mereka korupsi tanpa peduli. Pengadaan AlQuran pun, kalau bisa dikorupsi, kenapa tidak?”kata Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Minggu (1/7)kemarin.

Sebagaimana diberitakan, Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) telah mengumumkan dua tersangkakasus dugaan korupsi pengadaan Alquran, yaituanggota Badan Anggaran DPR dari Fraksi PartaiGolkar, Zulkarnaen Djabar, dan seorangkeluarganya, yang juga pengusaha. Zulkarnaendiduga terlibat korupsi di tiga proyek KementerianAgama, yaitu pengadaan Alquran pada DirektoratJenderal Bimbingan Masyarakat Islam tahunanggaran 2011 dan 2012 serta pengadaanlaboratorium komputer Madrasah Tsanawiyah padaDitjen Pendidikan Islam tahun anggaran 2011.

Menurut Ma’ruf Amin, korupsi pengadaan AlQuran itu menunjukkan, dorongan ingin kaya darikoruptor lebih besar daripada remnya. Ketikamuncul kesempatan terbuka, mereka tak mampumengendalikan diri untuk tidak mencuri uangnegara. Kasus ini juga mencerminkan, pemahamanbahwa agama melarang korupsi tidak cukupmencegah perilaku korup, tanpa disertai penegakanhukum tegas. Karena itu, pemerintah, aparatpenegak hukum, dan KPK harus bekerja samadengan serius untuk memberantas korupsi. “Kitaharus terus mendorong hukuman yang membuat jerapara koruptor dan mencegah orang yang maukorupsi,” katanya.

MUI pernah mengeluarkan fatwa haram ataskorupsi pada Musyawarah Nasional (Munas) tahun2000. Fatwa boleh menggunakan pembuktianterbalik pada harta koruptor dikeluarkan pada Munastahun 2010. Pada Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUIse-Indonesia di Cipasung kali ini, majelis jugamempersiapkan rekomendasi penyitaan aset atauharta kekayaan koruptor.(komc)

PENDIDIKAN

Dokumen WOC/CTI Summitdan ATF lenyap terbakar apiWagub langsung tinjaukebakaran kantor Dispar

Manado—Kantor DinasPariwisata (Dispar) Sulut me-ngalami kebakaran, Minggu(1/7) dinihari. Akibat kebaka-ran tersebut seluruh ruangankepala bidang hangus danrata tanah. Wakil Guernur Su-lut DR Djouhari Kansil MPdpagi harinya sekitar Pukul07.00 Wita langsung melaku-kan peninjauan di lokasitersebut.

Menurut Kepala Lingku-ngan (kaling) 4 KelurahanTanjung Batu Jhon Kesek,peristwa kebakaran ini terjadisekitar pukul 02:15 Wita disalah satu rumah kos (rukos)milik keluarga RangkangTendean. Selanjutnya apimengikuti arah angin meng-

hanguskan sedikitnya tujuhrumah penduduk lainnyaserta ruangan gedung Seko-lah Dasar (SD) Negeri 8 Ma-nado. Dan seterusnya me-rembet sekaligus mengha-nguskan Kantor Dinas Pari-wisata Sulut. “Akibat kebaka-ran tersebut Kesek menam-bahkan 107 warga kehilangantempat tinggal, dan untuksementara nginap di rumah-rumah tetanggah,” Kesek.

Wagub merasa prihatin de-ngan peristiwa kebakaranyang melanda Dispar Sulutini. “Tentunya pemerintahprovinsi akan mengambillangkah-langkah konkretmengatasi kebakaran ini,sehingga kinerja dari teman-

WAGUB Sulut Djouhari Kansil Pukul 07.00 Wita pagi kemarin melakukan peninjauan di lokasi terbakarnya kantorDispar Sulut.(foto: ist)

teman kita di Dispar ini tidakakan terganggu walaupunkantor mereka terjadi keba-

karan seperti kita lihat seka-rang ini. Pemprov pasti tidakakan tinggal diam guna

mencari jalan keluar dalammenyiapkan kantor semen-tara untuk mereka,” ujarnya.

Informasi yang diterimaHumas Pemprov, akibatperistiwa itu ada banyakdokumen (berkas) penting

yang ikut terbakar antara laindokumen pelaksanaanWOC/CTI Summit Tahun2009 dan dokumen AseanTourism Forum (ATF) yangbaru digelar Januari 2012,lalu.(erer/dw)

HUT BHAYANGKARAPolri masih lemah bangun kepercayaan masyarakat

Manado—Jajaran PoldaSulut Minggu (1/7)kemarin, menggelarupacara peringatan ke-66Hari Bhayangkara.Bertindak selaku InspekturUpacara Gubernur SulutDR Sinyo HarrySarundajang. Upacarayang berlangsung dihalaman Mapolda Sulutdihadiri pula Wagub Sulut

DR Djouhari Kansil, UnsurForkopimda, pejabat terasPolda Sulut serta tamuundangan lainnya.

Kapolri Jenderal PolisiTimur Pradopo dalamsambutan tertulis yangbacakan Gubernur Sulut,menekankan beberapa halkepada anggota Polri dijajaran Polda Sulut antaralain, harus diakui dalammembangun kepercayaanmasyarakat (trust building)kita masih ada kelemahandan kekurangan. “Hal itudapat kita ketahui dariadanya komplain, kritikdan hasil penilaian dariberbagai komponenmasyarakat yangmenggambarkan ketidakpuasan atas kinerja Polri,”ujarnya.

Semua hasil penilaiantersebut tentu memberikansuatu kesimpulan kepadakita, bahwa ekspektasi atauharapan masyarakatterhadap Polri semakintinggi dan upaya kita

selama ini dinilai belummaksimal. Diamenyebutkan, hal inijanganlah membuat kitaberkecil hati, namunterimalah dengan ikhlasserta jadikan semua itusebagai penyemangatuntuk berkarya yang lebihbaik lagi.

“Untuk itu Kapolriberharap, kiranyaperingatan HariBhayangkara ke-66 Tahunini, hendaknya dapatdijadikan momentum bagikita sekalian untukmelakukan restrospeksidan introspeksi diri, agarsemakin meneguhkan ikrardan tekad kita untuk terusmelangkah dengan tegardan penuh optimismedalam menghadap seiaptantangan yang ada,dengan lebihmeningkatkan kinerja gunamemberikan pelayananprima kepada masyarakat,bangsa dan negara,” ujarGubernur.(erer/dw)

SINYO Sarundajang.

Kenapa nilai SNMPTNselalu dirahasiakan?

Bandung—Berpuluh-puluh tahun lamanya, pesertaujian saringan masuk keperguruan tinggi negerihanya bisa menebak hasilpengumuman dari panitiaujian. Hasilnya pun hanyaketerangan diterima dijurusan pilihan. Mereka yangtidak tercantum namanyaberarti tak lolos. Kenapa nilaiujian seleksi itu selaludirahasiakan? Ketua PanitiaSNMPTN 2012, Akhmalokaberalasan, panitia tidak bisamemajang nilai orang lainkepada umum. “Itu tidakbagus untuk publik,”katanya.

Adapun cara lain yang lebihtertutup, seperti pengirimanhasil ujian ke masing-masingpeserta, secara teknisdisebutnya cukup sulit danmerepotkan. “Nilai per mataujian (SNMPTN) itu sajasulit kami akses,” ujarnya.

Namun menurut anggotaKomisi Informasi Pusat(KIP) Ahmad AlamsyahSaragih, KementerianPendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) punyarencana untuk membukaakses nilai SNMPTN itu. So-lusi itu terungkap dalam si-dang mediasi di Komisi In-formasi Publik antara pemo-hon nilai SNMPTN denganKementerian Pendidikan danKebudayaan yang berjalansejak Februari 2012 hinggasepekan lalu. “Ada agendatim seleksi ujian untuk bikinsistem teknologi dan infor-masi baru,” kata Alamsyah.

Rencana itu kata dia,berupa pemberian passworduntuk login bagi setiappeserta. Namun akseslangsung itu dibatasi hanyauntuk melihat nilai dan pass-ing grade si pesertasendiri.(temc)

PILPRES 2014

Disebut jadi CawapresIcal, inilah kata Ibas

Jakarta—Sekretaris Jen-deral (Sekjen) Partai Demo-krat, Edhie Baskoro Yudho-yono atau Ibas memberikanselamat atas penetapan Ketua

Umum Partai Golkar, Abu-rizal Bakrie alias Ical sebagaicalon presiden 2014 padaRapimnas Partai Golkar.“Selamat, hak semua warganegara untuk maju sebagaicapres. Kita apresiasi penca-lonan tersebut,” kata Ibasdalam keterangan tertulis,Minggu (1/7) kemarin.

Ibas juga mengomentariwacana kemunculan nama-nya sebagai cawapres yangberpotensi dipinang PartaiGolkar. Ia berpendapatbahwa sah-sah saja namanyadisebut-sebut sebagai salahsatu kandidat cawapres.Namun, Ibas menjelaskanbahwa mekanisme internalPartai Demokrat terkaitcapres dan cawapres 2014masih belum ada pembaha-san apalagi mengumumkanke publik.

“Untuk Demokrat hinggakini belum akan memuncul-kan nama karena kita masihterus berkonsolidasi danberkonsentrasi pada pro-gram-program kerja partaidan mendukung sertamengawal program-programpemerintah.,” kata anggotaKomisi I DPR RI ini.

Sementara itu, ada tamuistimewa yang hadir yakniKetua Umum Partai Demo-krat Anas Urbaningrum.“Saya hadir di sini karenadiundang. Sebagai sesamaketua umum partai, sayahadir. Saya mengucapkanselamat kepada Pak Icalsebagai calon presiden2014,” kata Anas. (vinc)

Page 3: Swara Kita, 02 Juli 2012

PROFESIini didapatkandari kakeknya

beberapa tahunlalu.(foto:ronald/sk)

KAMPUNGRON

Menjalankan usaha peninggalan kakek adalah satu berkat tersendiri bagi pengusaha muda ini.Walaupun pertama terasa berat untuk dijalani, namun dengan ketabahan dan kerja keras, kesuksesan

berhasil diraihnya.

Dapat bantuan proyek sanitasi

KEL. TERNATE TANJUNGKECAMATAN SINGKIL

Jonly Wansaga pengusaha kabin mobilSukses seriusi usaha peninggalan kakek

SENIN2 JULI 2012

NOMOR02020 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,-Luar Kota + Ongkos Kirim

Baca: Daud( Halaman 4 )JAGARON

K E L U R A H A NTernate Tanjung Ke-camatan Singkiladalah salah satu darike 18 wilayah di KotaManado yang menda-patkan bantuan pro-yek sanitasi melaluiKementerian Peker-jaan Umum (PU).Dan pada Kamis (28/6) lalu, kelurahan initelah mendapat so-sialisasi dari Kemen-

terian PU yang diwakili oleh Dinas PU Sulutsekaligus dengan cek lokasi. “Dari pemerintahkelurahan tentunya kami merasa sangat bersyukurbisa menerima bantuan dari Kementerian PUuntuk membangun proyek berupa InstalasiPembuangan Air Limbah (IPAL) dan saranaMandi Cuci Kakus (MCK), dengan total anggaranpembangunannya senilai Rp350 juta,” tutur LurahTernate Tanjung Hamzah Palinto.

Lanjut dirinya menjelaskan, untuk bantuansarana MCK, wilayah ini telah memilih 100Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam kategoriwarga yang belum memiliki sarana MCK atauseptic tank yang masuk dalam realisasi dari pro-yek tersebut. “Untuk IPAL dari pihak kami masihmencari lahannya karena dari masing-masingkelurahan harus menyiapkan lahan berukuran10x10 meter,” terangnya. Dengan bantuan inisangat diharapkan kepada seluruh warga yangnantinya akan merasakan bantuan tersebut, untukmenjaga pemeliharaannya agar supaya bantuan inidapat bertahan sampai pada anak cucumendatang.(try16)

Kebersihan BoulevardII tetap dijaga

LINGK. I BITUNG KARANGRIAKECAMATAN TUMINTING

JALAN BoulevardII adalah jalur yangtermasuk dalamwilayah Lingkungan IKelurahan BitungKarangria KecamatanTuminting. Walaupunjalan tersebut belumdifungsikan, namunkebersihannya terusdiawasi oleh kepalalingkungan setempatdengan dibersihkandan dipantau selama

1x24 jam. Cara ini ditempuh karena jalan itu mes-kipun belum difungsikan, tetapi intensitas pengun-jung sangat padat menjelang sore, bahkan sampaipada larut malam. “Banyaknya kunjungan itu, me-nyebabkan banyak sampah plastik, berupa pem-bungkus makanan rinngan dan botol-botol bekasberserakan yang dihasilkan oleh para penikmat jalanitu,” terang Pala I Bitung Karangria Beno Moningka.

Baca: Kebersihan( Halaman 4 )

BENO Moningka.

HAMZAH Palinto.

Sekolah wajib penuhikuota semua jurusan

Penataan guru segera dilakukanManado—Kepala Dinas

Pendidikan (Diknas) Ma-nado, Dante Tombeg me-negaskan, setiap sekolahwajib mengisi penuh kuotadi setiap jurusan. Hal inimenyusul beberapa seko-lah masih terdapat jurusankosong atau yang belumdiisi oleh pelajar yangbaru. “Pengumuman pene-rimaan siswa baru akan

dilakukan pada 4 Juli nanti.Tapi dengan masih kosong-nya beberapa jurusan disekolah, pihak sekolahharus kembali membukapenerimaan baru untukmemenuhi kuota tersebut,”terang Tombeg.

Tombeg meminta masya-rakat bisa mengawasi agarbisa ketahui pasti manayang bisa diisi jurusan

yang masih kosong, hinggamemenuhi kuota.

Disatu sisi, Tombegmenegaskan, usaipenerimaan siswa baruakan dilanjutkan denganpemerataan guru di setiapsekolah yang ada di kotaManado mulai SD, SMPhingga SMK.

PERKEMAHAN KGMPI

Ai buka resmisemua kegiatan

Manado—Wakil Wali-kota Manado, HarleyMangindaan SE MSM,membuka PerkemahanRaya ke 4 Pemuda/RemajaKerukunan Gereja MasehiProtestan Indonesia(KGMPI) se-Sinode tahun2012, di perkemahan rayaKelurahan Molas Keca-matan Bunaken.

Dalam sambutannya, Aisapaan akrab Mangindaanmengucapkan selamatdatang kepada peserta yangdatang dari berbagaipenjuru Sulawesi Utara.

Diakui Ai, kegiatanKGMPI ini tentunya wajibmendapat apresiasi karenakegiatan ini dilaksanakan 2tahun sekali di Manado.

“Pemkot Manado tentunyasiap membantu kegiatanperkemahan seperti ini.

Dan suksesnya kegiatanini karena benar-benarorganisasi KGMPI sukabekerja keras, cerdas danikhlas sebagai modal dasar.Saya menghimbau agarpara peserta harus banggasebagai orang Indonesia,bangga terhadap KGMPIjuga bangga dalam ber-organisasi,” tandas Ai.

Dalam kegiatan ini, turuthadir Ketus Sinode KGMPIPdt Kantale Sth dan SekumSinode KGMPI Pdt TonnyManoppo Sth, serta CamatBunaken Vecky Pesik SH.

DANTE Tombeg.

KEINDAHAN Kota Manado kembali memudar menyusul dibeberapa tempat banyak dihiasi oleh baliho danspanduk kadaluarsa. Harusnya ini menjadi perhatian Pemkot Manado melalui SKPD terkait mengingat Manadobaru saja menerima Adipura yang dinilai tidak hanya pada kebersihan, tapi juga keindahan kota.(foto:bobby/sk)

ADALAH JonlyWansaga pengusaha yangdalam kesehariannyamenjalankan profesisebagai penjual kabinmobil bekas di Jalan ArieLasut atau tepatnya diKelurahan Ternate Baru.Profesi ini didapatkan darikakeknya, selepas iamenyandang gelar sebagaisarjana Strata I di Univer-sitas Swasta yang ada diManado.

Menyandang gelar seba-

gai sarjana, tak lantas prialajang ini mengenyamping-kan usaha peninggalankakek.

Malahan ia tak inginmelepaskan profesi terse-but karena dirinya merasausaha ini mempunyai pros-pek cerah untuk diperta-hankan. “Usaha yang di-waris-kan oleh kakek inipada awal-awalnya, memangterasa berat untuk dijalankan.

CAR FREE DAY

Disambut antusias masyarakatManado—Program bebas

kendaraan bermotor atauFree Car Day yang kini ber-

laku di jalan Boulevard Ma-nado, disambut antusias ma-syarakat. Buktinya, Sabtu

(30/6) pekan lalu, sejak pukul06.00Wita hingga 09.00Wita, program tersebut yang

diawali dari sebelah utara pin-tu masuk ke Mega Mas (PosAju) hingga sebelah selatan didepan MTC, yaitu akses jalanmenuju Boulevard-Samrat,berjalan sukses. Menurut Wa-

kil Walikota Manado, Har-leyMangindaan SE MSM, CarFree Day (CFD) menun-janglangit biru udara bersih kotaManado. “Diharapkan agar se-mua stakeholder di kota Ma-

nado berperan serta menye-hatkan udara dan bangsa, khu-susnya kota Manado,” ujar Ai,sapaan akrab Wakil Walikota.

WILAYAH Mapanget ini nantinya akan ditetapkan sebagaipusat pemerintahan baru untuk Kota Manado.(foto:bobby/sk)

RTRW

Mapanget menjadipusat pemerintahan

Manado—KecamatanMapanget dipastikan akanmenjadi pusat wilayahpemerintahan kota Manadodi 20 tahun kedepan. Hal inisesuai hasil pembahasan lan-jutan rencana Tata Ruang Wi-layah, kota olen pansus akhirpekan kemarin dimana pusatpemerintahan mulai diarah-kan ke wilayah Mapa-nget.Ketua Pansus RTRW Frank-lin Sinjal, mengatakan, peng-alihan ini dikarenakan pemba-ngunan di daerah pusat peme-rintahan saat ini yang beradadi Kecamatan Tikala sudahtidak lagi memungkinkan.“Tikala sudah tidak memenu-hi syarat lagi. Dan jika melihatwilayah yang cocok untukdibuat sebuah kawasan pusatpemerintahan yang mempuni,itu ada di bagian Mapangetsalah satunya,” ujar Sinjal.

KASUS NARKOBA AD

Daud tegaskan tidakberi bantuan advokasi

Manado—Ketua PartaiAmanat Nasional (PAN)Kota Manado Boby Daudmenegaskan tak akanmemberikan bantuanadvokasi kepada AkbarDatunsolang (AD) terkaitdengan dugaan kasusnarkoba yang melilitnya.

Daud berujar, AD harusmencari upaya penyelesaianhukum sendiri, karenaseluruh kader partai takdiajarkan untuk berbuatcurang termasuk denganberbuat tindakan melawanhukum seperti penggunaannarkoba ini. “Jelas instruksidari DPP tidak akan adabantuan hukum mau punadvokasi kepada AD terkaitdugaan kasus narkoba,”katanya.

Pengurus PAN Manadosendiri, menurut Daud,

menyerahkan seluruhpersoalan hukum ini kepadapihak berwajib karenamereka yang lebihmengetahui hal tersebut.“Kalau memang bersalah yakita hormati proses hukumyang berjalan. Kita ininegara hukum jadi harus taathukum,” tegasnya.

Sementara itu, AnggotaDekot Manado dari PAN,Fauzijah Stela Pakajamengatakan kapasitas ADsebagai pengguna Narkobabukan didikan dari partai.Dan menurut Pakaja, Akbaradalah individual sendiriyang semua perbuatannyaadalah tanggung jawabdirinya sendiri, sehinggatidak tersangkut paut dengannama partai.

Baca: Sukses( Halaman 4 )

Baca: Mapanget( Halaman 4 )

Baca: Disambut( Halaman 4 )

Baca: Sekolah( Halaman 4 )

Baca: Ai( Halaman 4 )

Page 4: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

Kebersihan ... dari Halaman 3

Mapanget ... dari Halaman 3

Sukses ... dari Halaman 3

Dengan kejadian itu memaksa kepala lingkunganuntuk melakukan pembersihan serta pemantauan dilokasi. “Karena kebersihan merupakan harga mati,jadi saya harus menangani itu bagaimana puncaranya, walau harus tinjau lokasi pada malam hari,sekaligus memberikan pengertian kepada parapengunjung yang membuang sampah sembarangandi jalur tersebut,” tutup Moningka.(try16)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manado, FerrySiwi, menuturkan, di wilayah Mapanget, PemkotManado memiliki lahan yang luas untuk dijadikanpusat pemerintahan. “Kurang lebih ada 16 hektarlahan di sana, jadi bisa dipergunakan untuk pusatpemerintahan dan kepentingan masyarakat luas,”katanya. Meski begitu, Kepala Dinas Tata KotaManado, Amos Kenda, meminta sebelummenetapkan pusat pemerintahan itu, maka perludipertimbangkan beberapa hal yang krusial yangmembutuhkan perhatian serius. Termasuk luasnyawilayah dan aksesbilitas pusat pemerintahan itu.

“Kita harus juga mempertimbangkan akanaksesbilitas, tata wilayah hingga kemampuan dariwilayah yang akan dijadikan pusat pemerintahan.Sehingga kedepannya tidak terjadi persoalan,”kuncinya.(dede)

Namun lama-kelamaan dengan keseriusan,ketabahan dan kerja keras, usaha peninggalankakek ini mulai mengalami perkembangan yangcukup pesat,” tutur Wansaga. Dirasa beratkarena usaha ini, merupakan usaha jual belidimana untuk mendapatkan kabin mobil bekasbukanlah perkara muda, dan juga usaha tersebutmasih terbilang usaha langka yang ada diManado.

Namun dengan mengandalkan tempat usahastrategis, karena terletak di pinggiran jalan,kelangkaan itu berubah menjadi keuntungan yangbesar, sehingga pemuda berumur 25 tahun ini bisamempertahankan profesi tersebut sejak dibukapada tahun 2005 lalu. Dengan pendapatan bersihperbulan Rp3 juta-Rp4 juta yang hanyadipublikasikan dari mulut ke mulut, jumla itu bisadikatakan lumayan ini.

“Masa depan saya tidak diragukan lagi untukberkeluarga nanti. Kedepan karena usaha tersebut akansaya kembangkan dengan membuka cabang baru didaera lain dalam kota Manado,” ungkapnya.(try16)

Disambut ... dari Halaman 3Car Free Day yang

dilakukan Pemkot Manadodiramaikan dengan bebe-rapa kegiatan yang dilak-sanakan oleh STIEPAR, diantaranya lomba bartender,cakalele dan senam sehat

bersama. “Pemerintah kotaManado memberi presiasipositif kepada STIEPARyang telah melaksanakanseluruh kegiatan denganbaik dan sukses,” tandasAi.(teem)

“Kan Akbar juga tertang-kap bukan dikarenakan diasementara bertugas di PANtetapi sebagai AD itusendiri. Jadi jangan kaitkan

keterlibatan Akbarbersama Narkoba denganpartai,” kata Pakaja.

Namun demikian, Pakajam e n y a y a n g k a n

tertangkapnya AD yangmerupakan kader PANmuda, yang seharusnyamemikirkan karirnya kedepan yang menurutnyamasih sangat cerah.Apalagi menurut Pakaja,dari sisi umum, Akbarmerupakan kader mudayang sudah menanjak,

karena di usianya tersebut,dirinya sudah berhasilduduk sebagai AnggotaDeprov Sulut. “Susah lohorang muda bisa dapatperhatian di SulawesiUtara. Jadi saya terusterang menyayangkan ADyang terlibat kasus itu,”tutupnya.(dede)

Daud ... dari Halaman 3

Usai membukaperkemahan raya, Ailangsung menuju Gereja

GMIM Efata PangiangBailang, untukmenghadiri sekaligus

menjadi pencatatperkawinan pada acarakawin massal dalam

rangka memperingatiHUT ke 15 jemaat GMIMEfata Pangiang.(teem)

Ai ... dari Halaman 3

“Penataan guru usai kuota akan dilakukan. Artinyaakan ada mutasi guru secara bertahap. Kita telahmelakukan pemerataan untuk penyebaran anak-anak siswa dan itu juga harus diikuti oleh guru. Guruyang menumpuk di salah satu sekolah tertentu akandisebar disekolah yang kurang tenaga pengajar,”tandasnya.(teem)

Sekolah ... dari Halaman 3 Pansus RTRW tuai sorotanGelar pembahasan di Hotel Peninsula,Singal sebut tidak keluarkan anggaran

Manado—Panitia Khu-sus (Pansus) RancanganTata Ruang Wilayah(RTRW) Dekot Manado,Jumat (29/6) dan Sabtu(30/6) akhir pekan kema-rin, secara tiba-tiba meng-gelar pembahasan denganpihak eksekutif di salahsatu hotel mewah berbin-

tang Peninsula.Pembahasan yang biasa-

nya dilaksanakan diruangan rapat paripurnaDekot Manado ini, sontakmenarik perhatian, karenabiaya untuk menyewa ho-tel berbintang sangatmahal. Apalagi, pada saatyang bersamaan, tidak ada

agenda lain di DekotManado sehingga ruanganparipurna menjadi kosong.Bahkan, dua ruang rapatlainnya juga tak digunakan,sehingga menjadi perta-nyaan besar ketika pem-bahasan justru dilakukan disebuah hotel berbintang.

Ketua Aliansi Mahasiswa

Masyarakat Peduli Hukum(AMMPH) Jhon Pade,menyoroti akan keadaanitu. Pasalnya, dirinyamengaku cukup kaget dansangat menyayangkanperilaku Dekot Manadoyang tidak pekah terhadapkondisi rakyat saat inidengan justru menggelarpembahasan di hotelmewah.

“Coba kalikan saja duahari, berapa besar anggaranyang harus dikeluarkan

disitu. Apakah Manadosudah benar-benar kaya danmempunyai banyak uangsehingga pembahasannyaharus dilakukan di hotel.Apakah ini mulai hilangrasa sensitif merekaterhadap masyarakat,dimana mereka lebihmemilih menghamburkanuang banyak dibandingkanuntuk melakukanpenghematan bagimasyarakat,” kesal aktifisvocal itu.

Sementara itu, KetuaPansus RTRW FranklinSinjal, menepis adanyaanggapan itu. Sinjalmengatakan alasanpemindahan pembahasanpansus ke hotel Peninsuladikarenakan faktor nonteknis yang sering terjadi dikantor Dekot Manadoseperti sering mengalamimati lampu dalam waktuyang lama sehinggamembuat pembahasanmenjadi lebih lama dariwaktu yang ditetapkan.“Kan sudah tahu sendirikalau di kantor dekot seringsekali terjadi pemadamanlampu. Makanya kitamencari alternatif lokasiyang benar-benar bisamempersingkat waktukita,” kilahnya.

Menurutnya, dipilihnyaPeninsula dikarenakantidak ada anggaran yangdiminta oleh hotel tersebut,sehingga pihaknya bisaleluasa tanpa menggunakananggaran apapun. “Kitasudah pertimbangkan,dimana kita harusmendapatkan lokasi yangbisa menunjangpembahasan kita. Makanyadipilih Peninsula. Apalagitidak ada anggaran yangkita keluarkan,” kata Sinjalkembali.

Senada Sekwan ManadoDidi Salendu membantahjika pembahasan yangdilakukan oleh PansusRTRW di Hotel Peninsulamenggunakan anggaranbesar untuk menyewalokasi tersebut.

Salendu mengatakan tidakada anggaran yangdikeluarkan untukmenggelar pembahasan dihotel peninsula tersebut.“Tidak ada anggaran. Yangpasti tidak keluar dana,”katanya.(dede)

KAWASAN parkirdi Mantos ini akanmenjadi perhatian

serius Komisi B.(foto:bobby/sk)

PAJAK PARKIR

Binti targetkan pengelola Valet MantosManado—Anggota Dekot

Manado Komisi B SonnyLela mengatakan tidak hanyapengelola ISS Parking yangakan dievaluasi tapi jugapengelola Valet di ManadoTown Square (Mantos) akanjadi target utamapembongkaran data daripihaknya.

Lela mengatakan targetutama, karena baik pengelolaISS Parking dan Valet di

Mantos terkesanmenyembunyikan data terkaitdengan penyetoran pajakkepada Pemerintah KotaManado. “Aneh masakansetoran pajak dari ISS Parkingdan Valet di Mantos masih tetapmenggunakan data yang lama.Padahal kan sudah ada kenaikanharga semenjak awal tahun ini,”tegasnya.

Lela mengatakan dalam hear-ing nanti, kedua pengelola

tersebut masih membawa datayang sama, maka pihaknya taksegan-segan akan melakukan ujipetik di lapangan. “Dan kalausampai kedapatan, kami taks e g a n - s e g a nmerekomendasikan pencabutanijin kepada mereka,” kata Lela.

Senada disampaikan KetuaKomisi B Dekot Manado LilyBinti. Menurut Binti, pihaknyasudah mendapatkan laporan daribanyak pihak termasuk dinas

pendapatan daerah terkaitdengan jumlah setorang dari ISSParking dan valet tersebut.“Data uji petik terakhir ituseharunya mereka sudah beradadi angka Rp90 juta, tetapisekarang masih di kisaran Rp30jutaan saja,” ungkapnya.

Sementara dari hasil evaluasibersama Dinas PendapatanManado yang dilakukan olehKomisi B Dekot Manado baru-baru ini, sektor tersebut belum

melewati dari 60 persen dipertengahan tahun 2012 ini.“Sangat disesalkan dengankondisi ini. Padahal kamiterus menggenjot agar SKPDdan sektor pajak itu dapatm e m a k s i m a l k a npendapatan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tidaksesuai dengan realis kondisidi lapangan. “Ya parkiranakan kami sikapi serius. Masahingga pertengahan tahun inibaru 41 %. Ini kan tidak wajardengan kondisi di lapangandan hasil uji petik,”tegasnya.(dede)

Page 5: Swara Kita, 02 Juli 2012

Kejati dikabarkan mulaimelakukan Pulbaket

SENIN2 JULI 2012

Manado—Pihak Kejak-saan Tinggi (Kejati) Sulut,saat ini dikabarkan mulaimelakukan PengumpulanData, Bukti dan Ketera-ngan (Pulbaket) terhadapadanya dugaan penyimpa-ngan pada penggunaanDana Alokasi Khusus(DAK) di Dinas PendidikanNasional (Diknas) KotaBitung, Tahun Anggaran2011.

Diketahui, penggunaanDAK tersebut ditujukanuntuk proyek pengadaanalat peraga pembelajaran diDiknas Kota Bitung,berbandrol sekitar Rp1,2miliar. Pengadaan alatperaga itu dibagi beberapa

bagian lagi, di antaranyaalat peraga Matematika,IPA, IPS, Bahasa, Elekt-ronik dan yang lainnya,yang rata-rata sekolah men-dapatkan dana sekitar Rp85juta.

Sementara diketahui,sekolah yang mendapatkanproyek pengadaan alatperaga tersebut mencapai20 sekolah, dan proyeknyatersebut dimenangkan olehCV Hawila Enterprise.

Sayangnya, Kepala KejatiSulut, Hindiyana SH, ketikadikonfirmasi melalui KepalaSeksie (Kasie) PeneranganHukum (Penkum) danHumas, Steven Kamea SH,ketika dikonfirmasi Minggu

(1/7) kemarin, belumberhasil dihubungi, karenaponselnya dalam keadaantidak aktif.

Namun, sebelumnya Ka-mea memastikan siap me-nindaklanjuti akan dugaankasus tersebut jika memangada laporan masyarakat.“Tentu saja kami tidaklangsung menindaklanjutiakan tantangan tersebut.Silahkan bawa laporannyakepada kami beserta buktidan data yang ada. Sudahpasti kami tidak akan ting-gal diam menyikapi suatubentuk ataupun sebuahdugaan-dugaan Tipikoryang terjadi di Sulut ini.Namun, tentu semuanya itu

harus sesuai denganprosedur dan aturanhukum yang berlaku,”tukas Kamea, ketikadikonfirmasi sebelumnya.

Seperti diketahui, KejatiSulut ditantang untuk me-ngungkap adanya dugaanpenyimpangan pada peng-gunaan DAK di DiknasKota Bitung oleh pihakDPD Laskar Anti KorupsiIndonesia (LAKI) Sulut,melalui Ketua TommySumelung SH.

“Dari hasil investigasiyang kami lakukan, ada du-gaan penyimpangan dalampenggunaan DAK di Dik-nas Kota Bitung tersebut.Untuk itu, pihak Kejati Su-lut kami tantang untuk se-gera turun lapangan mela-kukan penyelidikan akandugaan masalah ini,” kataSumelung.(vees)

Usut dugaan penyimpangan penggunaanDAK di Diknas Kota Bitung TA 2011 HUT BHAYANGKARA KE-66

Tahun 2014, Polrimiliki 4 konsep piramidaManado—Kepolisian Re-

publik Indonesia (Polri),Minggu (1/7) kemarin, se-cara serentak merayakanHUT Bhayangkara ke 66tahun. Perayaan yang di-laksanakan seluruh markasjajaran Polri se Indonesiaitu, dilakukan dengan khid-mat dan sederhana. Khu-sus perayaan yang dilaku-kan di daerah ini, Polda Su-lut menyelenggarakan de-ngan menggelar upacaraperingatan yang dilaksana-kan di halaman MapoldaSulut, sekitar pukul 07.30Wita.

Dari pantauan Swara Kita,bertindak sebagai inspek-tur upacara yakni GubernurSulut, DR SH Sarundajang,sedangkan pemimpin upa-cara diambil alih oleh Ka-subdit III Narkoba PoldaSulut AKBP Wiliam Siman-juntak. Turut hadir WakilGubernur Sulut, DR Djau-hari Kansil, para pimpinanTNI yakni Danrem 131Santiago Kolonel Inf Joh-ny Tobing, Danlanud SamRatulangi Letkol Pnb JorryKoloay dan DanyonmarBitung Letkol Mar Apolli-naris AW mewakili Danlan-tamal VIII, Manado, Dan-dim 1309/Manado LetkolInf Yudianto Putrajaya,Kapolresta Manado, Kom-bes Pol Drs Amran Ampu-lembang Msi dan jajaran,serta para pejabat utamaPolda Sulut, sejumlah pe-jabat Pemerintah dan paraundangan.

Kapolda Sulut Brigjen PolDrs Dicky D Atotoy, ketikamembacakan Amanat Ka-polri dalam rangka HUTBhayangkara ke 66 me-ngatakan, tema peringatanhari Bhayangkara ke 66 ditahun 2012 yakni, pelaya-nan prima, anti KKN, antikekerasan, memantapkankeamanan dalam negeri(Kamdagri) dan supremasihukum, guna mendukungpembangunan nasional.Tema ini merupakan repre-sentasi dari tekad dan terusmelakukan reformasi inter-nal melalui program revi-talisasi yang sangat stra-tegis serta untuk mewujud-kan organisasi Polri yangmakin reformis danhumanis.

“Dengan terwujudnyapelayanan prima, Polridiharapkan dapat membe-rikan kontribusi positif bagimantapnya situasi keama-nan dalam negeri, dan te-gaknya supremasi hukum

di seluruh wilayah yuridiksiNegara Kesatuan RepublikIndonesia (NKRI), yang padaakhirnya dapat mendukungkelancaran pembangunannasional,” ungkap Kapolda.

Lebih lanjut dikatakanKapolda, di era demokrasi ini,Polri dihadapkan padabeberapa kecenderunganmeningkatnya radikalisme,terosisme, KKN, permasa-lahan pertanahan, perkebu-nan, dan pertambangan yangberpotensi memunculkankonflik sosial serta potensikekerasan horizontal dikalangan masyarakat.

Meski demikian, keber-hasilan Polri yang diharapkanmasyarakat dalam meng-hadapi berbagai aksi keja-hatan adalah, pertama Kam-tibmas tetap dijaga dan tidakboleh dibiarkan saja sertajangan membuat rakyat men-jadi cemas dan takut. Kemu-dian para perusuh, perusakdan pelaku kejahatan harusditindak sesuai hukum.

“Semua anggota Polri lak-sanakan tugas secara pro-fesional sesuai taktik danteknik yang tepat, agar dapatdicegah jatuhnya korbanjiwa dipihak sipil dan paraperusuh,” tegasnya.

Ditambahkannya, daribeberapa proses kinerja, Polritelah menetapkan konsepmodernisasi danpeningkatan kemampuanmelalui kebijakan untukmewujudkan postur Polriyang paripurna di tahun 2014,yang memenuhi kriteriaantara lain organisasi Polridapat menjadi acuan danrujukan bagi organisasi lain,memiliki kinerja di atas rata-rata, memiliki berbagaikeunggulan serta dikenal luassecara internasional.

“Postur yang dimaksudadalah, diharapkan ke-kuatan Polri semakin baikdan tergelar mulai daritingkat Mabes sampai ketingkat Polsek, denganmenganut sistem piramidayang berstandar kinerjaprofesional, bermoral danmodern melalui beberapakonsep yakni Mabes Kecilsebagai perumus kebijakanpolitik, strategi dan ke-amanan tingkat nasional.Kemudian Polda Cukup,sebagai kesatuan induk pe-nuh, Polres Besar sebagaikesatuan operasional dasar,serta Polsek Kuat sebagaiunit pelayanan kepolisianterdepan yang ada dimasyarakat,” pungkas Ka-polda.(erel)

Jajaran Polda Sulut ditegaskantentang isi maklumat Kapolri

MEMASUKI usia Polri atau HUT Bhayangkara ke66 Tahun, berbagai kinerja kepolisian dalam melayanimasyarakat rupanya terus dinilai seleuruh kalanganmasyarakat Indonesia. Pasalnya, Polri sebagai salahsatu instansi yang menegakkan hukum terus dimintauntuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakatserta penanganan hukum yang transparan. Bahkandari hal ini juga, sistem organisasi kepolisian yangterbentuk mulai dari atasan hingga bawahan, kembaliditegaskan Mabes Polri.

Seperti ditegaskan Kapolri Jenderal Drs Timur Pra-dopo, saat dibacakan isi amanat Kapolri oleh KapoldaSulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, kinerja Polriyang dilaksanakan seluruh jajaran se-Indonesia di-ingatkan dan ditekankan mengenai Maklumat Kapolrinomor : Mak/01/XII/2012, tanggal 9 Desember 2012,tentang pencegahan KKN sebagai penjabaran instruk-si Presiden nomor : 9 Tahun 2011 tentang rencanaaksi pencegahan dan pemberantasan korupsi Tahun2011, yang selanjutnya diperbaharui dengan instruksiPresiden nomor : 17 Tahun 2011 tentang aksi pen-cegahan dan pemberantasan korupsi Tahun 2012.

“Maklumat tersebut merupakan langkah yang nyatadalam melakukan upaya pencegahan dan pemberan-tasan korupsi, serta menegaskan hubungan salingmengawasi antara sesama anggota Polri, baik padalevel atasan maupun anggota, hubungan antara ang-gota Polri baik internal maupun eksternal, dan hubu-ngan Polri dengan masyarakat dalam kerangka pence-gahan dan pemberantasan korupsi,” ungkap Kapolda,saat membacakan Amanat Kapolri ditengah upacaraHut Bhayangkara, yang dilaksanakan di MapoldaSulut, Minggu (1/7) kemarin.

Dijelasakannya, hubungan antara atasan dan ba-wahan yang diatur dalam maklumat tersebut, membe-rikan ruang kepada bawahan untuk selalu mengingat-kan, mencegah dan menolak perintah atasan yangtidak sesuai dengan norma dan aturan hukum yangberlaku serta cenderung korup.

“Pimpinan harus melakukan peningkatan kapasitasyang menampilkan sikap ketauladanan, kepemimpinanyang melayani, menjadi penjamin kualitas kerja bagianggota dan kesatuan, bertindak sebagai konsultanyang solutif, serta harus anti terhadap KKN dan antigratifikasi. Demikian juga pada level bawahan, denganditegakkannya hak-hak anggota dan menjadikanbawahan mempunyai jiwa kepemimpinan,” tegasKapolda.(erel)

Diduga hypertensi, veteranDen Zipur ditemukan tewas

WARGA Kelurahan Wanea, Lingkungan I, dike-jutkan dengan penemuan sesosok mayat lelaki, yangterkapar di salah satu rumah. Korban yang terinditifi-kasi bernama Umar Sopian (72), warga kelurahanRanotana Weru, Lingkungan V, ditemukan tewas se-dikit jauh dari tempat tinggalnya. Dari informasi yangdidapat, korban ditemukan seorang anaknya yakniUmiyati (38), warga yang sama. Berawal saat anak ke-tiga dari korban ini, merasa cemas ayahnya yang takkunjung pulang ke rumah. Umiyati kemudian berinisia-tif mencari korban ke beberapa wilayah. Beberapa jamsaat melakukan pencarian, Umiyati melihat sesosoktubuh lelaki yang sedang tertidur telungkup di salahsatu rumah warga yang jauh dari rumah korban.

Betapa terkejutnya Umiyati, ketika membangunkandan membalikan tubuh korban yang diketahui masukdalam legiun veteran Den Zipur itu, sudah dalamkeadaan membiru dan telah meregang nyawa.

Sementara itu, Kapolsek Urban Wanea Kompol,Alfaris Pattiwael saat dikonfirmasi membenarkanadanya laporan tersebut. Pihaknya langsungmelakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) danmemvisum korban untuk identifikasi.

“Dugaan penyebab kematiannya karena penyakitjantung. Riwayat hidup korban menderita penyakitjantung dan hipertensi,” pungkas Pattiwael.(erel)

TIPIKOR

Dugaan pembangunan kampusPoliteknik Manado dibidik Kejati?

Manado—Rupanya, pro-yek pembangunan kampusbaru Politeknik Negeri Ma-nado berbandrol Rp20 M,yang sampai saat ini pe-ngerjaannya terhenti, dandisinyalir bermasalah, didu-ga sudah mulai ditelusuri

oleh pihak Kejaksaan Tinggi(Kejati) Sulut.

Hal ini terpantau langsungoleh wartawan pada pekanlalu dan pekan sebelumnya,di mana terlihat tim penyidikmelihat langsung komplekspembangunan kampus baruPoliteknik, yang sudah ter-bengkalai bangunannya ka-rena sudah dihentikan pem-bangunannya oleh pihakPoliteknik sendiri.

Sayangnnya, pihak Kejak-saan Tinggi (Kejati) Sulut,ketika dikonfirmasi melaluiKasie Penkum dan Humas,Steven Kamea SH, belumberhasil dihubungi Minggu(1/7) kemarin, karena upayakonfirmasi melalui ponsel-nya, ternyata dalam keada-

an tidak aktif.Namun, Kasie Penkum

dan Humas Kejati ini sebe-lumnya menegaskan jikamemang ada masalah, dandisertai bukti dan data yangada, maka pihaknya takmungkin akan tinggal diamsaja menyikapi hal itu. “Ten-tu ada aturan yang berlakudalam pengusutan oleh Ke-jati. Untuk itu, jika memangada dugaan masalah dalampembangunannya, silahkanbawa laporannya, nanti akankami telaah dan pelajari ter-lebih dahulu, sebelumnyakami menindaklanjutinyadalam penyelidikan,” tukasKamea.

Sekedar diinformasikan,sebelumnya DPD Laskar

Anti Korupsi Indonesia(LAKI) Sulut, melalui Ketu-anya Tommy Sumelung SH,kepada wartawan menegas-kan kalau pihaknya mendu-ga bahwa proyek pemba-ngunan kampus baru Poli-teknik ini bermasalah. “Ka-rena sampai saat ini bangu-nannya yang sudah ram-pung hanya sekitar 40 per-sen, sudah terbengkalai tan-pa ada kelanjutan proyek-nya lagi. Ini sudah sangatjelas ada masalah yang ter-jadi di dalamnya. Untuk itukami DPD LAKI Sulut me-minta kepada pihak Kejatisegera menurunkan tim un-tuk melakukan penyelidikanterhadap persolan ini,” te-gas Sumelung.(vees)

INILAH gedung kampus baru Politeknik Negeri Manado yang proyeknya berbandrol Rp20 M, namunpembangunannya terhenti hingga saat ini.(foto: dok/sk)

Page 6: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

MAPALUS KAMTIBMAS

HUT BHAYANGKARA

Eman: Wujudkan posturPolri yang paripurna

KEPOLISIAN Resor Tomohon, Minggu (1/7)kemarin, menggelar upacara bersama jajarannya.Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dalamsambutannya yang dibacakan oleh WalikotaTomohon Jimmy F Eman SE AK yang juga sebagaiPembina Apel mengatakan, bahwa sesuai dengantema peringatan Hari Bhayangkara ke 66 yaituPelayanan Prima, Anti KKN, Anti Kekerasan,Memantapkan Kamdagri dan Supremasi HukumGuna Mendukung Pembangunan Nasional, sangatlahtepat, relevan dan kontekstual. “Karena tema inimerupakan representasi dari tekad dan semangatseluruh anggota Polri yang saat ini terus melakukanreformasi internal melalui program revitalisasi yangsangat strategis umtuk mewujudkan organisasi Polriyang semakin reformis dan humanis,” kata Eman.

Menurut Eman, Polri sebagai bagian dari fungsipemerintahan yang bertanggung jawab dalammewujudkan Kamdagri tentunya harus bersikap re-sponsive terhadap berbagai perubahan yang terjadidalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa danbernegara. “Polri juga telah menetapkan konsepmodernisasi dan peningkatan kemampuan melaluikebijakan untuk mewujudkan Postur Polri yangParipurna Tahun 2014,” jelasnya.(gebe)

HUT KELURAHAN PINARAS

Turut dihadiri walikotaMEMPERINGATI Hari Ulang Tahun

Kelurahan Pinaras yang ke-180 (12 Juni 1832-12Juni 2012) yang diperingati pada Sabtu (30/6) lalu,Panitia pengucapan syukur menggelar acara pestarakyat dan Hari Ulang Tahun.

Dalam sambutan yang Ketua Panitia HUT ke-180 Wanua Pinaras Noldy Lengkong mengatakanbahwa ucapan terima kasih kepada PemkotTomohon dalam hal ini Walikota Tomohon JimmyFeidie Eman SE Ak yang telah merealisasikanpembangunan fisik dan pengembangan ekonomimasyarakat yaitu pembangunan jalan aspal hotmix Pinaras-Woloan, pelebaran jalan dan aspalhot mix Pinaras-Sarongsong, pembangunanJembatan Ranoesem 1 Pinaras, pembangunanJalan Lapen dalam kelurahan, pelebaran jalan danpengerasan Pinarasa-Lahendong, pembangunanjalan lingkar Taman Wisata dan Air terjunTumimperas Pinaras, kemudian pembangunansaluran irigasi di areal persawahan, pembangunanjembatan Ranoesem II Pinaras-Sawangan,pembangunan tempat mandi-cuci dan swakelolaMCK 10 pembangunan bak/air minum di lokasimahwuleleng Ranoesem Pinaras serta adanyabantuan pengembangan ekonomi GapoktanMandiri Pangan dan Fiati tahun 2010-2011.

Pada kesempatan itu pula, panitia sekaligussebagai warga masyarakat Pinaras siap untukmensukseskan program pemerintah KotaTomohon, lebih khusus program pariwisata.“Namun dengan penuh kerendahan hati, kami inginmengajukan beberapa hal. Pertama jalan utamakelurahan perlu diperluas mengingat kendaraanyang berkunjung ke objek wisata sering kesulitankarena jalan/akses mulai dari arah simpang keWoloan-Sarongsong sampai ke objek wisataTumimperas masih sangat sempit.,” ujarLengkong.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Akmengatakan atas nama pemerintah dan masyarakatKota Tomohon menyampaikan ucapan selamatkepada pemerintah dan segenap lapisanmasyarakat Kelurahan Pinaras atas peringatanHUT ke-180 tahun ini. “Momentum peringatanHUT ke-180 Kelurahan Pinaras saat ini merupakansaat yang tepat untuk menghasilkan komitmen barudalam mengakselerasikan pembangunan melaluiperan dan tanggung jawab segenap komponen yangada di Kelurahan Pinaras. Selain itu, saat yang tepatuntuk melakukan introspeksi dan retrospeksi gunamenilai sejauh mana masyarakat dan pemerintahselah mampu berperan aktif mengoptimalkanpembangunan.(gebe)

Kinerja akhir SVR-JWS disorotWalangare pun menilai adakebablasan otoriter kekuasaan

Tondano—Kinerja Bu-pati Minahasa Drs StevanusVreeke Runtu dan WakilBupati Drs Jantje SajouwMSi di sisa satu tahun masakerja mereka, ternyata men-dapat sorotan dari wargaMinahasa karena dipandangtidak serius dalam menjalan-kan tugas sebagai kepaladaerah.

Bayangkan saja mulai dariBupati, sekretaris kabupa-ten, sampai dengan parahukum tua kini berada diluar negeri. Secara defacto,sistem pemerintahan yangada saat ini tidak gampanguntuk mengambil sebuahkeputusan, meskipun sudahada pelaksana harian.

Disisi lain kinerja Wakil

Bupati Drs Jantje SajouwMSi saat ini tidak dipergu-nakan karena sejak dulukurang mendapat job dariatasannya, apalagi sistempengawasan yang dilakukanpara kepala SKPD. Melihathal itu, sejumlah kalanganpun menilai kalau sistempemerintahan yang terciptabelum sinergi dan efektif.“Coba kalau hubunganantara bupati dan wakilnyaada baik-baik saja, otomatisini tidak akan merepotkandalam sistem pengawasan

tugas kerja SKPD. Kenapaada wakil terus pelaksanatugas diberikan ke Asisten I?Ini sungguh sebuah tatanankebijakan yang tidak baikdan perlu untuk dijadikansebuah pembelajaran ten-tang mengatur roda peme-rintahan yang baik dan be-nar,” ujar Reynold Wala-ngare SH tokoh masyarakatSonder kepada Swara Kita,Minggu (2/7) kemarin.

Mantan anggota DekabMinahasa itu mengatakanbahwa kondisi pemerin-

tahan seperti ini, adalah se-buah tatanan yang sungguhkeliru. “Sungguh kelirusebab karena memutuskankebijakan saja tidak bisauntuk ditentukan seorangpelaksana harian. Disisi lainjuga bahwa ini juga meng-isyaratkan adanya kebabla-san otoriter kekuasaan keti-ka kepentingan publik di-pandang sebelah mata. Harus-nya ada timbal balik antaraprestasi kerja maupun tang-gung jawab yang dibalut de-ngan tujuan kemakmuran

masyarakat,” ujarnya.Sementara itu, menurut

Wakil Bupati Drs Jantje Sa-jouw MSi bahwa dirinya kinimasih menjadi bagian dalammengsukseskan pela-yananpemerintah ke masya-rakat,dan tetap akan melaya-ni. “Ki-ta tetap akan melayani semuahak dan kewajiban masyara-kat yang adalah tanggung-jawab pemerintah. Mes-kipuntidak ada job deskription, te-tap kita akan memandang po-sitif untuk dapat bekerja seca-ra efektif,” ujar Sajouw.(erka)

ASPIRASI

Pemkab tak serius soal pemekaran kecamatanTondano—Janji Pemkab

Minahasa untuk menuntas-kan rencana pemekaran 3kecamatan di bulan Juni ini,ternyata meleset. Padahal apayang disampaikan Asisten IPemkab Minahasa selakupelaksana harian Bupatikarena sedang ke AmerikaSerikat, pemekarankecamatan Mandolang,Kecamatan Tompaso Baratdan Kecamatan TombaririTimur tidak akan melewatibulan Juni. Namun sayang iturupanya meleset hingga saatini sudah berjalan di bulanJuli, tentang penetapannyapun tidak jelas. “Janji BupatiMinahasa Drs StevanusVreeke Runtu bahwa untukpemekaran itu paling lambatJuni, namun sampai saat inidi bulan Juli, justru tidak tahuapa yang menjadi penyebab

sehingga ini terlambat. Atauada kemungkinan denganmasuknya unsur politiksehingga ada muatan yangjustru mengarah pada sebuahkepentingan,” ujar ReckyRempas SH, pemerhatipemerintah kepada SwaraKita Minggu (1/7) kemarin.

Menurutnya dengan begituada penilaian lanjutan bahwamemang pemerintah tidakterlihat dewasa dalammenentukan manakepentingan masyarakat danmana yang hanya untukpribadi. “Kalau tertunda-tunda seperti ini itu sangatjelas bahwa mereka tidakmau serius dengan apa yangsudah dibicarakan sejak awalbersama dengan dewan.Disisi lain juga kalaumemang itu tergantung padakebijakan diluar Minahasa,

maka pemerintah daerahharus jemput bola, kalauGubernur nanti pulang tahundepan, apakah pemekaranakan dilakukan tahun depan?Pemerintah Minahasa harusberpikir positif kalau perluberposesif sedikit masihboleh,” ujarnya.

Sementara itu, menurutAsisten I Pemkab MinahasaFP Loing SH membenarkankalau justru PemkabMinahasa menunggupenandatanganan ataupersetujuan Gubernur yangsaat ini dikabarkan ada keluardaerah. “Semua administrasikita sudahmenyelesaikannya, namunkita masih menunggu itudisahkan oleh Gubenur.Katanya bapa lagi di China,jadi tunggu sampai Gubernurbalik,” ujarnya seraya

mengatakan maaf soaloptimisme mereka denganpenuntasan legalisasipemekaran yang belumdisahkan pada Juni lalu.

Disisi lain menurut personilfraksi Demokrat YantjeWalewangko SH bahwaseharusnya pemerintahdaerah harus lebihprofesional dan harus lebihcepat menyelesaikankeputusan ini. Apalagi sudahmendapat persetujuan dariDewan. “Ini memang sudahada persetujuan, kenapaharus lambat. PemerintahMinahasa harus jemput bolaagar pemekarannya tidakterkatung-katung. Dan sangatjelas kalau ini tidakmenguntungkan bagimasyarakat jika tidak dapatditindaklanjuti secara baik,”ujar Walewangko.(erka)

PARIWISATA

Dispar akui Minahasa banyak spot wisata ekslusif

T o n d a n o — S i a p amenyangka jika wilayahMinahasa yang diduduki 344ribu jiwa ini terdapat puluhanspot wisata yang palingbanyak dengan daerah lain.Menurut data dari DinasPariwisata (Dispar)Minasaha, ada 15 spot wisatayang sudah disampai-sampaikan secara umum.Namun untuk lokasi wisatayang belum terekspos adalebih dari 20 spot. Daerahwisata ini akan diekspossecara profesional dalam

kemasan yang layak jual.“Minahasa memangterbanyak untuk lokasi wisatadan memang perlu untukdievaluasi kembali untukditata dan dimasukan dalamwisata lokal maupuninternasional. Dan jugamemang perlu untukdijadikan sebuah kajian yangmendasar agar supaya dalampenentuan lokasi wisata inibisa menghasilkan PAD yanglumayan,” jelas KadisPariwisata Minahasa DrsFransiskus Maindoka MSi

kepada Swara Kita Minggu(1/7) kemarin via HP.

Menurutnya, memangdalam mendongkrak wisatadi Minahasa perlu adaperhatian baik dari peme-rintah maupun masyarakat,dan untuk keberlanjutan kedepan, maka perlu untukbantuan.

“Kita dengan segala keku-rangan biaya promosi wisata,mau tidak mau terus mela-kukan sosialisasi. Perbaikanspot wisata di Minahasamemang harus dilakukan

secara bertahap dan untukmeningkatkan itu perludijadikan sebuah programyang diprioritaskan,” ujarMaindoka.

Lebih lanjut dikatakannya,untuk sosialisasi kawasanwisata di Minahasa ke depan,di setiap iven HUT Minahasananti akan diangkat tentangpesona budayanya. “HUTMinahasa nanti daerah kitaakan kita angkat semua ka-wasan yang sangat berpoten-sial dan siap untuk dies-kplorasi,” tambahnya.(erka)

DAERAH wisata yang menonjol di Minasaha akan diekspos secara profesional dalam kemasan yang layak jual.(foto:ist)

Perilaku kriminal diMinahasa menurunTondano—Per i l aku

kriminal di Minahasa diakuiKapolres AKBP Dra HennyPosumah MM sangatkondusif. Menurutnya inipun dipengaruhi oleh bebe-rapa faktor, dan selebihnyainipun adalah perandaripada penerapan sistemprogram Mapalus Kamtib-mas. “Dengan adanyaMapalus Kamtibmas kita diMinahasa untuk kasuskriminalitas tidak terlalubanyak dan menonjol. Akantetapi diwarnai dengan kasusringan. Tetapi setidaknyasudah mampu diselesaikansampai ditingkat desa dankelurahan,” ujar Posumahkepada Swara Kita Minggu(1/7) kemarin.

Lebih lanjut dikatakannya,dalam rangka HUT Bha-yangkara ini juga adalahmomen yang sangat pentingdan menjadikan sebuah titiktolak keberhasilan ataskinerja anggota Resmindalam menjalankan tugasdan tanggung-jawab. “Kitaberharap dengan momen ini,seluruh aparat kepolisian diMinahasa dapat menjalan-kan tugas dengan baik danbenar, berdasarkan tugasdan tanggungjawab yang

diemban,” ujar Posumah.Lebih lanjut dikatalam

Posumah bahwa dirinyaberharap dalam penuntasanberbagai kasus yangditangani oleh polres untukdiefektifkan. “Banyak tugasyang harus kita kerjakandiharapkan semuanya dapatdituntaskan dengan baik.Dan kedepan tentunyabanyak tantangan yangharus siap dihadapi, jangansampai kita terlena. ApalagiMinahasa akandiperhadapkan denganPilkada, itu harus lebih siaplagi karena sangat rawan.Dengan satu misi adalahmengsukseskan Pilkada,maka kita wajibmengamankannya,” ujarPosumah.(erka)

HENNY Posumah.

MUTASI

Baperjakat mulaimelakukan kajian

To m o h o n — S e k k o tTomohon, Drs Arnold PoliSH MAP mengatakan jikasaat ini Badan PertimbanganJabatan dan Kepangkatan(Baperjakat) mulai melaku-kan kajian terhadap seluruhpejabat yang ada di jajaranPemkot Tomohon. “Untukmemacu kinerja dari setiappejabat di Pemkot Tomohonterus dilakukan evaluasi,serta analisis jabatan danbeban kerja untuk terusdilaksanakan,” ujar Poli.

Dikatakannya, kinerja danjuga kehadiran dari parapejabat tersebut, dalam ke-giatan yang dilaksanakanPemkot Tomohon merupa-kan suatu penilaian, dalammelaksanakan rolling di ja-jaran Pemkot Tomohon. Se-bab, dari pengamatannya,hanya berkisar 10% pejabatyang sering hadir di acara-acara resmi Pemkot Tomo-hon. Lain dari itu hanya diwa-

kilkan saja. “Sistem perwaki-lan itu tidaklah salah, apabilaada kegiatan lain yang harusdihadiri, tapi pejabat harustahu mana yang harus di-prioritaskan. Dan itu meru-pakan salah satu penilaiandalam pelaksanaan rollingnanti,” tandas Poli.

Dia juga menjelaskan,dalam pelaksanaan rolingnanti, memang banyak halyang harus diperhitungkan,bukan hanya pada kehadirandan kinerjanya. “Rolling bu-kan seperti menjual kacang,harus benar-benar dievaluasidan diperhitungkan, daribeberapa aspek, seperti,kedepannya akan menjadi apajika dinonjobkan, bagaimanakompetensinya, serta dilihatkedisiplinan dan kinerja daripejabat tersebut. Dari kekura-ngan yang ada, itu pun akandicroscek lagi dengan mem-pertanyakan ke yang bersang-kutan,” tambahnya.(gebe)

Page 7: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JUNI 2012

PRESTASI MENEMBAK

Perbaikan jalan Pangu-Ratahantak kunjung dilakukan

PERBAIKAN ruas jalan Pangu-Ratahan, sampaisaat ini tidak ada perhatian serius dari Pemerintah terkaituntuk segera memperbaikinya. Hal ini mengundangtanya di masyarakat. Dari pantauan harian ini, ruas jalanyang juga menghubungkan dengan Kabupaten lainyang ada di Sulut ini, dipenuhi lubang yang dapatmengakibatkan bahaya bagi pengguna jalan. “Apakahini masih ada perhatian dari Pemerintah atau tidak,karena ini sangat berdampak pada aktivitas warga, danjuga berbahaya bagi pengguna jalan,” ujar Jhon Tado,warga Mitra, akhir pekan lalu.

Sementara itu, ketika hujan mengguyur daerah ini,kubangan air hujan menghiasi bahkan mengaliribadan jalan disertai kerikil serta bebatuan yangberserakan, nyaris disepanjang jalan protokol tersebut.

Dilain pihak, Tokoh Generasi Muda Mitra MarvelPandeleke, menyikapi hal ini, mengatakan, untukmemenuhi semua kebutuhan publik memang tidaklahmudah. Namun persoalannya, perhatian yang tidakkunjung terlihat cukup mengundang responmasyarakat. Dan ini perlu menjadi pertimbanganpemerintah dalam penanganan infrastruktur yang ada,apalagi akses transportasi darat tersebut katanya,menjadi kebutuhan vital warga dalam beraktifitas.“Sebab bukan hanya warga Mitra saja yangmenggunakan jalan tersebut namun warga yang adadiwilayah Mongondow bahkan para pelaku usaha diSulut,” ungkap Marvel. (esel)

Minut raih penghargaanManggala Karya Kencana

PRESTASI gemilang terus ditoreh KabupatenMinut, dimana sebelumnya berhasil membawa pulangPiala Adipura untuk keempat kalinya, kali ini Sabtu(30/6) lalu di Kota Exbandra Sela Parang MataramLombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diserahkanlangsung Wakil Presiden RI DR Budiono.

Dalam penyerahan tersebut diterima langsung BupatiMinut Drs Sompie Singal, bersama dengan 40 bupatidan 34 walikota seluruh Indonesia. “Tentunya iniprestasi yang sangat membanggakan, dimanapenghargaan Manggala Kencana Karya ini mencakupbidang penilaian Keluarga Berencana (KB) dan Minutmasuk sebagai yang terbaik,” tutur Bupati Minut DrsSompie Singal MBA, Minggu (1/7) kemarin.

Ditambahkan Singal, tentu dengan diraihnyapenghargaan ini dan penghargaan lainnya, kesemuanyatidak lepas dari peran masyarakat dan pemerintah yangsaling bekerjasama selama ini.

“Terimakasih pada seluruh elemen masyarakat danpemerintah yang turut andil dalam diraihnyapenghargaan ini. Kiranya semua ini dapat dijadikansatu pemicu, untuk lebih memajukan Minahasa Utara,”pesan Singal, sembari meminta seluruh masyarakatuntuk tidak bosan-bosan bekerja keras bersama denganpemerintah mewujudkan kemajuan Minut.(eres)

Hari ini, keluarga Liandoberencana melapor ke PropamPIHAK keluarga Nicky Liando warga Buyungon

Kecamatan Amurang, yang diperiksa oleh penyidikPolsek Amurang tanpa menunjukan surat panggilan,dalam kasus dugaan pelemparan kendaraan di jalanAmurang-Tumbatu belum lama ini, rupanya sangatserius melaporkan ketidakpuasan Polsek Amurang,dimana tanggal 2 Juli 2012 (hari ini,red) berencanamelaporkan ke penyidik Propam Polres Minsel.

Hal tersebut diungkapkan pihak keluarga korbanyakni Hesky Liando dalam rilisnya yang dikirim kesejumlah wartawan, Minggu (1/7) kemarin.Menurutnya, pihaknya memang sangat tidak puasdengan apa yang dilakukan oleh Polsek Amurangterhadap anggaran keluarganya. “Memang adaanggota Polsek Amurang yang menghubungi kami,namun kami akan tetap ingin menyelesaikan hal inijuga di kantor Polres Minsel,” ujarnya.

Ditambahkan Liando, pihaknya sangat tidak terima,anggota Polsek Amurang memanggil anggota keluargatanpa ada surat panggilan resmi. “Ini kan sangat tidalprofessional, masakan periksa warga tanpa ada suratresmi, bahkan kakak saya dipaksa oleh penyidikmengakui melakukan tindak pidana hukum. Kamisangat tidak terima dan akan melaporkan hal ini kePropam Polres Minsel,” tukas Liando.(esem)

Rakyat diminta rayakan dengan sederhanaPengucapan Syukur di Minsel serentak 8 Agustus

Amurang—PemerintahKabupaten (Pemkab) Minselbersama dengan pimpinansinode GMIM secara ber-samaan resmi meng-umumkan, tanggal pe-ngucapan syukur di Minsel.

“Kami sudah melaksana-kan rapat lintas agama yangada di Minsel, dan kami telahmemutuskan pengucapansyukur dilakukan pada

Minggu tanggal 8 Juli 2012,”jelas Asisten I PemkabMinsel Drs DannyRindengan kepada sejumlahwartawan akhir pekan lalu.

Pengunguman pengucapansyukur juga dilakukan digereja-gereja GMIM yangada di Minsel, sebagaimanayang dibacakan oleh KetuaBPMJ GMIM SolagratiaRaraatean wilayah Tompaso

Baru I Pdt YetmiPongantung- MokoagowSTh.

“Pelaksanaan pengucapansyukur dilaksanakan padatanggal 8 Juli 2012,” ucapMokoagow mengutip suratedaran Sinode GMIMtersebut.

Sementara itu, menghadapipengucapan syukur yangjatuh pada tanggal 8 Juli akan

datang, Bupati MinselChristiany ‘Tetty’ Paruntumeminta agar segenapjemaat dan masyarakat untukmerayakan pengucapansyukur dengan penuhkesederhanaan.

“Marilah kita merayakanpengucapan syukur inidengan sederhana, dengancara mempererat persau-daraan, kekeluargaan dan

kebersamaan, untukmengimplementasikan kasihdan syukur Tuhan di tenga-tenga jemaat, dan kita jugamenjaga keamanan danketertipan sehinggapelaksanaan pengucapansyukur ini berjalan penuhdamai dan khusyuk,” harapTetty sapaan akrab BupatiMinsel perempuan pertamapelihan rakyat.(esem) TETTY Paruntu.

705 guru nonsertifikasinikmati TTPArikalang: Penyaluran melalui rekening

MEKANISME penyaluran TTP kembali dilakukan via bank.(foto: ist)Ratahan—TunjanganTambah Penghasilan (TTP)bagi guru, akhirnya bisadiniklmati 705 guru nonsertifikasi di Mitra.

Tunjangan ini direa-lisasikan melalui mekanismebank ke nomor rekeningmasing-masing guru dengan

total anggaran sebesarRp500 juta.

Menurut Kepala DinasPendidikan Pemuda danOlah Raga (Dikpora) Mitra,melalui Kabid PeningkatanMutu Pendidik dan TenagaKependidikan (PMPTK)Mitra Roosje Arikalang

SPd, penyaluran TTP yangsebelumnya bakaldisalurkan oleh pihaknya,karena pihak bank masihdisibukan dengan pencairandana lainnya seperti gaji 13.“Sesuai petunjuk Bupati,TTP ini disalurkan melaluipihak bank, dan langsung ke

rekening masing-masingguru,” ungkap Arikalang,saat dikonfirmasikan,Minggu (1/7) kemarin.

Dijelaskannya lagi, alasanmekanisme penyalurankembali dilakukan via bankkarena untuk menghindari

terjadinya dugaan pungutanliar (pungli).

“TTP sudah dicairkanmulai Sabtu (30/6) akhirpekan lalu sehingga ada guruyang sudah mengambil TTPmelalui Anjungan TunaiMandiri (ATM). Sedangkan

bagi mereka yang akanmencairkannya melaluirekening, sudah bisadilakukan pada Senin besok(hari ini). Dan ini terus kamikoordinasikan dengan pihakbank sejak Sabtu lalu,” kataArikalang.(esel)

DAK

Realisasi Rp11 M tapi tak ada perbaikan jembatanR a t a h a n — P r o y e k

Pembangunan infrastrukturyang bersumber dari DanaAlokasi Khusus (DAK) 2012senilai Rp11 Milliar, segeraterealisasikan setelah prosestender yang dilakukan pihakPemkab Mitra. Namunpekerjaan fisik tersebutrupanya belum akan menyer-takan perbaikan ataupunpembangunan jembatan.

Pekerjaan fisik oleh pihakPemkab melalui DinasPekerjaan Umum (PU), dariinformasi yang ada, tidak adaperbaikan jembatan. Hal inidapat dilihat dari total danadisejumlah bidang pekerjaan,seperti jalan Rp 7,9 Milliar,dan irigasi senilai Rp1,3

Milliar.Akan hal ini, ketika

ditanyakan kepada Kadis PUMitra Ir James Munaiseche,apakah ada perbaikan jem-batan ?, menurutnya, itemtersebut belum disertakan.“Perbaikan jembatan belumada,” ujarnya, kepadawartawan, akhir pekan lalu.

Sementara itu, mengenaijembatan diwilayah pemuki-man Nazareth Wioy RatahanTimur yang mengalamikerusakan, ketika ditanyakankepadanya, Munaisechemengaku baru mendengar-nya.

“Jika ada jembatan yangrusak tentu ini akan ditin-daklanjuti. Mudah-mudahan

akan diakomodir padaanggaran berikut,” katanya.

Diketahui, DAK tahun2012 tersebut sudah masuk

dalam tahapan tender olehpihak Pemkab. Dan menurutMunaiseche, proses tendertetap akan berjalan.(esel)

ROLLING PEJABAT

Pejabat impor dari luarMinsel ditolak warga

Amurang—Rencanaroling pejabat di jajaranpemerintahan Minsel dalamwaktu dekat bakal dilaksa-nakan, tak heran pejabat-pe-jabat yang saat ini masih du-duk di kabinet PanTas mulaiwas-was. Pasalnya, berhem-

bus kabar pejabat impor dariluar Minsel mulai berdata-ngan untuk menduduki salahsatu jabatan yang ada dijajaran Pemkab Minsel.Dengan adanya isu pejabatimpor yang akan dimasukandalam roling ini mendapatpenolakan sejumlah tokohmasyarakat Minsel.

Salah satunya datang dariGenerasi Muda Minsel Jen-dry Mandey. Dikatakannya,isu banyaknya pejabat imporyang akan masuk Minselharus ditolak oleh masyara-kat.

Karena Minsel saat inimasih banyak birokrat mudadan berpengalaman bahkanloyal kepada pimpinan.“Sebaiknya rencana untukmengimpor pejabat dari luarMinsel ditiadahkan saja,sebab itu akan berdampak ti-dak akan maksimalnya pela-yanan serta program ibu Bu-pati yang sudah terpro-gramkan,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebaik-nya badan pertimbanganjabatan dan kepangkatan(Baperjakat) Pemkab Minselmengusulkan pejabat asalMinsel yang muda, pandaidan berpengalaman sesuaidengan pendidikannya.“Selain pejabat impor baruakan membaca suasana danlingkungan yang baru,mereka juga tidakmengatahui Minsel secarakeseluruhan. Namun kalaupejabat asli Minsel yangdiberdayakan, saya yakinprogram Bupati Minsel yakniMinsel Berdikari Cepat akansukses nanti,” harapMandey.(esem)

PERBAKIN Minutadakan kejuaraan terbuka

A i r m a d i d i — U n t u kmeningkatkan prestasi atlitolahraga menembak,khususnya di MinahasaUtara (Minut), PersatuanMenembak dan BerburuIndonesia (PERBAKIN)Minut bakal menggelar ujicoba tim Pekan OlahragaNasional (PON) Sulut diRiau 2012, denganmengadakan kejuaraanmenembak terbukamemperebutkan tropiKetua Umum PengurusCabang (Pengcab)PERBAKIN Minut.

Hal ini dikatakan KetuaPengcab Minut YulisaBaramuli SH, dimanakegiatan tersebut sebagaisalah satu persiapanmenghadapi kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional,maupun tingkat regionalyang akan datang.

“Pertandingan inidilaksanakan di lapangantembak Minut pada tanggal9 hingga 10 Juli 2012, danini terbuka untuk umumdan anggota PERBAKIN.Kegiatan ini sesuai SKNomor 15/SKEP/PENG-CAb/VI/2012,” tuturBaramuli, Minggu (1/7)kemarin.

Adapun dalam kegiatanlomba, adakandipertandingkan nomor-nomor yakni, pertama AirRifle Hunting (putra &

putri) dengan jumlahtembakan 20 kali denganwaktu 30 menit, kedua AirRifle Metal Silhoute (putra& putri) total tembakan 20kali dengan sasaran satu 15menit dan sasaran dua 15menit, dan ketigaTembakan Rekasi AirsoftGun khusus senior denganstage 3.

Ketua panitia Ir RonnySiwi mengatakan, kegiatanini sekaligus mencari bakatmenembak yang ada diMinut. “Tentunya dengankegiatan ini, akan munculbakat-bakat menembakyang nantinya dapatmembawa nama harumMinut,” tandas Siwi, sem-bari mengatakan BupatiMinut, Kapolres Minut,Kajari Minut, Den Zipurdan Sekkab minut menjadipenasehat dalam kegiatanlomba tersebut.(SEMAD-TORIAL/eres)

YULISA Baramuli.

Page 8: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

Girian Atas Poskamlingterbaik se-Sulut

PUNCAK HUT Ke – 66 Bhayangkara, padaMinggu (1/7) kemarin , diawali dengan upacaradilapangan polres Bitung dengan bertindak sebagaiirup Kapolres Bitung AKBP. Satake Bayu, SIK yangjuga di hadiri oleh seluruh kesatuan yang ada dipolres Bitung.

Dalam kesempatan tersebut, juga di hadiri olehpemerintah Kota Bitung wakil walikotaM.J.Lomban.SE.MSi dan sekretaris daerah kota Drs.Edison Humiang, MSi.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada polresBitung yang terus menopang pemkot untuk menjagastabilitas daerah aman dan terkendali sehingga pro-gram pemerintahan, pembangunan dankemasyarakatan dapat berlangsung dengan baiksehingga pula pemerintah dan masyarakat dapatmeraih berbagai penghargaan oleh sebab itukemitraan yang telah terjalin selama ini hendaklahterus dipertahankan dan ditingkatkan kearah yanglebih baik lagi untuk mewujudkan kota Bitung yangaman dan damai,” ujar Lomban dalam sambutannya.

Rangkaian kegiatan sudah meramaikan acaratersebut yang di antaranya lomba Pos kamling yangdi menangkan oleh Kelurahan Girian Atas.

Henny Pauned Lurah Girian Atas yangdiwawancara wartawan mengatakan jika semua iniprestasi ini atas perhatian dari pemkot Bitung danMasyarakat Girian. “Awalnya pos Kamling inididirikan untuk meredam kejahatan serta pencurianyang selama ini terjadi, namun kalau ada penilaianini, itu merupakan keinginan dari warga Girian atas,”ungkap Pauned.

Tema dari peringatan hut bhayangkara ke-66mewujudkan pelayanan prima anti KKN, antikekerasan, memantapkan kamdagri dan supermasihukum guna mendukung pembangunan nasional halini mencerminkan tekad & komitmen sesuai visimisi.(wepe)

KADES BUKIDE

HUT BHAYANGKARADIRGAHAYU POLRI

Pemuda gereja dukung program kepolisianUlu Siau—Memperingati

Dirgahayu KepolisianRepublik Indonesia (Polri)atau HUT Bhayangkara ke-66, kalangan PelayananKategorial (Pelka) PemudaSinode GMIST mengajakseluruh anggota senantiasamendukung program kepoli-sian dalam menciptakan

keamanan dan ketertiban diwilayah kepulauan.

Menurut Wakil Ketua PelkaPemuda Sinode GMIST, EkaP Daulughu SE, pada SwaraKita Minggu (1/7) kemarin,dalam menjaga danmenciptakan keamanan danketertiban, perlu adadukungan dari seluruh

lapisan masyarakat danpemuda sudah didalamnya.“Sehingga memperingatiDirgahayu Polri ini, kamimengajak seluruh pemudaterutama pemuda gerejayang ada dilingkup SinodeGMIST lebih khususnya lagiyang ada diwilayah Sitaro,untuk bersama-sama

mendukung setiap programkepolisian,” ajak Dalughu.

Lanjut dia, sebagaimanadiketahui bersama dalampelaksanaan pembangunanbaik ditingkat pusat, provinsihingga daerah dan pemudamemiliki andil atau peranyang cukup besar.

“Dan sebagai pemuda

gereja sangat mendukungberbagai upaya yangdilakukan pihak kepolisian,dengan harapan pelayananterhadap masyuarakatakan semakin meningkat,”ujar Dalughu, yang jugaKetua Pelka Pemuda Re-sort Sitim ini.(SE-MADTORIAL/esge) EKA Daulughu.

E-KTP Sitim mulai dari Apelewo472 warga telah lakukan perekaman

Ulu Siau—Program e-KTP yang saat ini sementaradilaksanakan pemerintah In-donesia di seluruh daerahtermasuk wilayah Kecama-tan Siau Timur (Sitim),hingga saat ini diperkirakansudah sekitar 472 wajib KTP

yang melakukan perekamandata.

Hal ini seperti yang di ung-kapkan oleh Camat Sitim,Novryanus E TakalaminganSSTP pada Swara KitaSabtu (30/6) lalu, yangmenyatakan bahwa hal

tersebut sudah sesuaidengan jadwal pelaksanaanperekaman program nasio-nal. Ditambahkannya pulaolah Takalimingan, bahwaprogram ini sudah di mulaidari Kampung Apelawo.

Namun ditambahkan pula

oleh Takalimingan bahwajika ada warga yang berasaldari kampung lain,merekaakan dapat melayani jugauntuk perekaman datanya.“Tidak menutup kemung-kinan ada warga yang sudahsiap untuk melakukan pere-kaman meski dari kelurahanatau kampung lain kami siapmelayani”,ujarnya.

Data terakhir yang sudah diperoleh dari pihakkecamatan Sitim, sudah 348warga yang melakukanperekaman data sementarahingga saat ini.Ditambahkan pula olehTakalamingan bahwa wargayang sudah bersedia waktuuntuk segera dating ketempat perekaman data

untuk segera mengisi dataagar program ini segeracepat selesai dan kartupenduduk elektronik inisegera di peroleh warga.”Warga yang sudahbersedia juga bisa langsungmelakukan perekaman, danitu juga bisa menghematwaktu,” ujar Takala-mingan.(esge)

Senin debat kandidat calonUlu Siau—Tahapan Pemili-

han Kepala Desa (Pilkades)atau Kapitalau Kampung diBukide Kecamatan SiauTimur (Sitim) dipastikan

mulai bergulir sesuai rencana. Hal ini sesuai dengan

rencana yang akan digelarpada tanggal 16 Juli 2012, danmulai Senin (2/7) hari ini

dipastikan akan dilaksanakandebat kandidat.

Hal tersebut dikatakan,Camat Sitim Novryanus E Ta-kalamingan SSTP, pada

Swara Kita Sabtu (30/6) ma-lam lalu. “Rencananya akandilakukan debat antar calon,dengan disaksikan seluruhwarga, sehingga warga bisamelihat kemampuan darisetiap calon yang maju dalamPilkades nanti,” ujar Takala-mingan.

Ditambahkannya pulabahwa calon-calon yang akanbertarung dalam ajang 6 tahunsekali tersebut agar bersaingsecara sehat sebagaimanaamanat Undang-Undang,sehingga proses pemilihanbisa berjalan dengan baik atausesuai yang diharapkan

bersama.“Masalah menang atau

kalah itu adalah hal biasa, tapibagaimana kita bersama-sama mengsukseskan pestademokrasi ini, demik e b e r l a n g s u n g a npembangunan di desa,” harapTakalamingan.(esge)

Page 9: Swara Kita, 02 Juli 2012

Pemuda Boltim kecamKetua KNPI Sulut

SENIN2 JULI 2012

Tutuyan—Kepenguru-san Dewan PimpinanDaerah (DPD) KNPISulawesi Utara (Sulut),yang di ketuai oleh Jack-

Dekot KK desakpercepat penyelesaianKotamobagu—Salah

satu personil Komisi II De-wan Kota (Dekot) Kota-mobagu, Ir Ishak Sugehamenyatakan agar pengu-kuran luas wilayah KotaKotamobagu, yang se-dang dilakukan oleh Di-rektur Jenderal Pemerinta-han Umum (Dirjen PUM)dan Badan KoordinasiSurvei dan Pemetaan Na-sional (bakosurtanal) saatini, untuk secepatnya di-selesaikan.

“Agar supaya luas wila-yah Kota Kotamobagudapat diketahui secarapasti. Dan tidak hanyamenduga-duga,” ujar Su-geha, Minggu (1/7) kema-rin ketika dikonfirmasi se-jumlah wartawan.

Hal tersebut lanjutnya,saat ini terdapat tiga versiluas wilayah Kotamobagu.Pada undang-undang(UU) Nomor 4 tahun 2007tentang pembentukanKotamobagu, seluasnya68 km2. Dan pada draftRancangan Tata RuangWilayah (RTRW) luaswilayah menjadi 132 km2.Tak hanya itu, dalamrencana pembangunanjangka panjang daerah

TAPAL BATAS

son Kumaat, mendapatkecaman keras dari orga-nisasi kepemudaan (OKP)asal Boltim. Pasalnya,perwakilan dalam kepe-

Polres gelar upacara & berbagai lomba

Hari ini, roling AKD DewanBolmong kembali digelar

SEMAKIN meningkatnya lobi-lobi politik diDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong,mengakibatkan rapat paripurna untuk pengusulannama-nama dari fraksi-fraksi untuk rolling AlatKelengkapan Dewan (AKD) menjadi molor hinggapada Senin (2/6) hari ini.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua DPRDBolmong, Abdul Kadir Mangkat SE. “Senin besok,(hari ini, red) lanjut pemilihan AKD,” kata Mangkat,ketika dikonfirmasi Swara kita, Minggu (1/6) kemarin.

Diketahui, saat ini roling AKD yang tersisa yaitupengusulan nama-nama dari fraksi untuk menetap-kan anggota dan ketua Badan Legislasi (Banleg) dananggota Badan Kehormatan (BK) serta ketua BK.

Rapat paripurna Senin (25/6) lalu, dipimpinlangsung oleh Ketua DPRD Bolmong, Abdul KadirMangkat dengan didampingi oleh Wakil KetuaPoppy Pandeitort SPd dengan dihadiri sekitar 17anggota DPRD dari 30 anggota DPRD Bolmong.

Namun dalam rapat tersebut, hanya penetapan 11nama yang diusulkan oleh fraksi-fraksi untuk menem-pati anggota Banleg. Sedangkan untuk pengusulanKetua Banleg masih terjadi lobi-lobi.(veem)

Assagaf: Roling pejabatdilakukan sebelum RamadhanSEKERTARIS Kabupaten (Sekkab) Bolaang

Mongondow Timur (Boltim) Ir Muhammad Assagaf,mengukapkan untuk roling pejabat, direncanakansebelum bulan Ramadhan atau bulan puasa dimulai.

“Untuk agenda roling yang pernah dikatakan olehBupati Sehan Landjar, dipastikan bulan Juli tahun2012 ini, sebelum dimulainya bulan Ramadhan bagiumat islam,” ungkap Assagaf kepada wartawanbaru-baru ini.

Lanjut Assagaf, dan untuk pejabat yang akandiroling nanti, tidak hanya berlaku bagi eselon IIdan III, tapi juga belaku untuk eselon IV. “Yang nama-nya sudah tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil(PNS) Boltim, semua akan diroling,” papar Assagaf.

Sementara itu, Bupati Sehan Landjar menegaskan,dalam waktu dekat ini pihaknya tetap akan melakukanpergantian pejabat. “Mana pejabat yang tidak me-nunjukan kinerjanya selama dua triwulan ini, pastiakan diganti. Namun untuk waktunya, masih akanmenunggu laporan dari tim Badan PertimbanganJabatan dan Kepangkatan (Baperjakat),” tegasLandjar.(try17)

ngurusan KNPI Sulut,ternyata tak satu pun daripemuda Boltim yangdimasukkan dalam struk-tur organisasi.

Olehnya, Gatot Herman-to, personil FKPPI Boltim,menilai kalau KNPI Sulutterindikasi sengaja meme-cah belah wilayah Sulut.

“Boltim tidak dipandangsebagai bagian terpentingdari Sulut. Buktinya de-

HUT BHAYANGKARA KE-66

Tidak ada satupun putraBoltim yang diakomodirdalam kepengurusan

Kotamobagu—Minggu(1/7) kemarin, sekitar pukul08.00 Wita, Polres Bolmongmemperingati Hari UlangTahun (HUT) Polri yang ke-66 tahun, yang dirangkai-kan kegiatan upacara ber-tempat di Mapolres Bol-

(RPJPD), luas wilayah jugaberubah menjadi 184 km2.“Mana angka yang sesung-guhnya benar. Luas wilayahini akan menjadi pertanyaanbagi Pemkab Bolmong danBoltim yang berbatasandengan Kotamobagu,” ujar-nya.

Sugeha yang juga sebagaiKetua Partai Demokrat KK,menambahkan bahwa adainformasi yang beredar jikaPemkot mengikuti UU peme-karan yang luasnya hanya68 km2, maka ada limakelurahan/desa yang akanlepas. “Itu tidak masuk akaldan hanya menduga-duga.oleh karena itu Dirjen Pumdan Bakosurtanal harussecepatnya diselesaikan,”pungkasnya.

Dengan luas wilayah yangberubah-ubah itu maka ber-pengaruh dengan tabal ba-tas dua daerah yang ber-batasan langsung denganKota Kotamobagu. Keduadaerah tersebut yakni Bol-mong dan Bolmong Timur.“Kami (Pemkot Kotamo-bagu, red) berharap soal ba-tas wilayah bisa diselesai-kan baik-baik,” ujar SekdaKotamobagu Mustafa Lim-balo belum lama ini.(veem)

mong. Menariknya, Wali-kota Kotamobagu DjelantikMokodompit ME, ditunjuklangsung oleh KapolresBolaang Mongondw (Bol-mong) AKBP Enggar Bro-toseno SIK, sebagai Ins-pektur Upacara sekaligus

membacakan sambutanKapolri.

HUT Polri kali ini, mema-kai tema Pelayanan Prima,Anti KKN, Anti Kekerasandalam mewujudkan Ke-amanan Dalam Negeri danSupermasi Hukum guna

ngan tidak mengakomodirpara tokoh muda asalBoltim dalam jajarankepengurusan. Akan halitu, kami menilai JacksonKumaat akan menimbul-kan pecah belah antarwilayah di Sulut,” ujarnya.

Sementara itu, WakilKetua PC GP AnsorBoltim, Mursid MamontoSPd, serta pengurus DPDBKPRMI Boltim, Nunung

BKDD diminta harusberikan sanksi tegasTutuyan—Masih bersta-

tus sebagai Calon PegawaiNegeri Sipil (CPNS), namundari 324 orang CPNS tahun2010 yang tercatat di ling-kungan Pemerintahan Ka-bupaten (Pemkab) Bola-ang Mongondow Timur(Boltim), kini sudah banyakyang malas masuk kantor.

Pasalnya, dari lima harijam kerja yang ditetapkanoleh pemerintah, ada CPNSdi beberapa kantor bagianSekertariat Dearah (Setda)Boltim, kehadirannya ha-nya dua hari masuk kantordalam seminggu.

Akan hal itu, Ismail Mo-kodompit, Tokoh Masya-rakat (Tokmas) KecamatanTutuyan, minta kepada Ba-dan Kepegawaian DiklatDaerah (BKDD) Boltim,

CPNS MALAS NGANTOR

harus melakukan inspeksimendadak (Sidak) di bebe-rapa kantor Setda Boltim.

“Karena terinformasi ba-nyak CPNS di lingkungankantor Setda, serta di bagianKorpri dalam seminggu ha-nya dua kali masuk kantor,”ungkap Mokodompit.

Bahkan dia meminta kepadaPemkab Boltim, dalam hal inipihak BKDD, harus mem-berikan sanksi yang tegas ke-pada CPNS yang seperti ini.“Bila perlu mereka jangandiberi gaji,” tegasnya.

Sementara itu, KabanBKDD Boltim MR Alung SE,saat dikonfimasi belum bisamemberikan penjelasannya.Pasalnya, saat dihubungimelalui ponselnya tidakterhubung serta di luar jang-kauan.(try17)

RON TOTABUAN

Mendukung Pembangu-nan Nasional. Khusus Pol-res Bolmong sendiri, pera-yaan HUT ini terbilang cu-kup sukses dan meriah, di-rangkaikan beberapa acaralomba diantaranya lombafoto, lomba Pos Kamlingserta lomba Kejuaraan Dae-rah (Kejurda) Moto Crossdan Grasstrack mempere-butkan Piala Kapolres Cupyang di gelar sejak Jumat29 Juni hingga Minggu 1Juli kemarin.

Dari pantauan harian ini,tampak hadir BupatiBolmong Salihi B Mo-kodongan, Wakil BupatiBolmut, Depri Pontoh danKetua-ketua DPRD se-Bolmong Raya, di anta-ranya Ketua DPRD Bol-mong Abdul Kadir Mang-kat dan Ketua DPRDBoltim Sumardiah Mo-deong serta beberapaKepala Satuan PerangkatDaerah (SKPD) juga turuthadir meramaikan HUTBhayangkara yang di-peringati setiap 1 Julitersebut.(veem)

Karyawan PT ASA lakukan mogok kerjaUPAH DI BAWAH STANDAR

Kotabunan—Sebanyak 50orang karyawan CV MerantiJaya, Minggu (1/7) kemarin,akhirnya melakukan mogokkerja. Pasalnya, salary atauupah sebesar Rp50 ribuperhari yang diberikan oleh

CV Meranti Jaya, sebagaipenyuplai tenaga kerja di PTArafura Surya Alam (ASA),di Desa Kotabunan, diang-gap sangat di bawah standarperusahaan tambang emas.

Dan itu juga tidak sesuaidengan jam kerja selama 10jam. Sehingga hal ini tentusaja membuat para karyawanmelakukan aksi mogok kerja.

Menurut Faisal Ambarak,salah satu karyawan, akibatgaji yang diberikan oleh pihakperusahaan terlalu rendah,yang tidak sesuai denganstandar perusahan tambangemas, sehingga dirinya danseluruh karyawan mogokkerja.

“Tuntutan kami sebagaikaryawan, ada dua permin-taan. Dimana yang pertamagaji harus dinaikan dari Rp50ribu menjadi Rp100 ribu. Dankedua dari status karyawanCV Meranti Jaya, harus di-alihkan ke induk perusahan,yaitu PT ASA. Dua tuntutanini yang kami minta. Jika tidakdiindahkan oleh perusahaan,maka seluruh karyawan akanmenggelar aksi demo di de-pan kantor Bupati,” tegas

Ambarak.Hal yang sama juga dikata-

kan oleh Salim Ligawa, kar-yawan yang lainnya. Ia me-ngatakan, status tenaga ker-ja outsorcing, atau tenaga ha-rian lepas untuk karyawan,sangat melanggar Undang-undang Nomor 13 tahun 2003tentang Ketenagakerjaan.“Kami tidak terima denganstatus tenaga kerja seperti itu.Karena itu dianggapan seba-gai penipuan. Mengambil te-naga karyawan, namun tidaksesuai salery atau gaji yang

diberikan,” papar Ligawa.Akan hal itu, Regi Pontoh

salah satu staf eksternal PTASA, saat dikonfirmasi me-ngenai hal ini, mengatakanhubungan pihak Arafura Sur-ya Alam (ASA), dengan kar-yawan itu tidak ada masalah.

“Mogoknya para karya-wan karena dari pihak CVMeranti Jaya. Namun ASA,sebagai induk perusahanakan memediasi tuntutankaryawan untuk bertemupimpinan CV Meranti,” te-rang Pontoh.(try17)

Mokoginta, jugamengecam tindakan Jack-son Kumaat, selaku KetuaTim Foormatur DPD KNPISulut, yang tidak meng-akomodir sejumlah putraBoltim dalam jajarankepengurusan KNPI Su-lut-nya.

“Kami tidak terima sikapJackson Kumaat yangterkesan mengabaikan to-koh pemuda asal Boltim,”

tandas Mamonto dan Mo-koginta.

Bahkan, lanjut Mamontodan Mokoginta, merekamengancam akan menolakkedatangan Jackson Ku-maat di wilayah Boltimnantinya.

“Jackson Kumaat ja-ngan lagi berinvestasi diBoltim jika sikapnyadiskriminatif seperti ini,”tegas mereka.(try17)

SUASANA upacara dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara yang ke-66,di halaman di Mapolres Bolmong, Minggu (1/7) kemarin.(foto: ist)

KARYAWAN melakukan mogok di depan PT ASA.(foto: ist)

KAPOLRES Bolmong AKBP EnggarBrotoseno SIK, Bupati Bolmong, Salihi BMokodongan, Walikota Kotamobagu DjelantikMokodompit, dan Ketua-ketua DPRD se-Bolmong Raya, usai upacara peringati HUTPolri ke-66.(foto: verdy/sk)

Page 10: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

PUISI

HalusinasiJam kemarin masih sama

dengan jam hari ini.Tak berubah.

Anjing di tetanggakumasih saja menggonggong

dengan gonggongan yang samakala purnama menampakan wujudnya.

Babi di rumahku tetap sajaberteriak walau sudah kenyang.

Pikir di pikir ada yang salah denganduniaku.

Tapi duniaku bukan seperti soal ujianyang harus di jawab

dan di beri nilai benar atau salah.Duniaku adalah kebebasan yang di

bebaskanoleh pembebas kebebasan.

Duniaku tinggi.Tak tahu melihat kebelakang.

Duniaku buta.Duniaku tuli.Duniaku bisu.

Duniaku zombi.Kasihan memang duniaku tiap saat

di tipu dunia sendiri.Tapi bisa buat apa duniaku.

Dunia yang hanya tahu meminjamdan tak tahu kapan gantinya.

Duniaku. Duniaku. Kapan bisa tidurpulas.

Jam kemarin masih sama dengan jamhari ini.

Tak berubah.Anjing tetanggaku sudah jadi RW.Babi di rumahku sudah jadi sate.

Pikir di pikir aku halusinasi.

By: Sylvester “Ompi”

ASAL LOE TAU AJA

REZA

CARA terbaik untuk melihat masadepan adalah dengan berpikirtenang dan fokus pada apa yang akankamu capai. Kalau perlu, bikin daftarhal-hal apa saja yang akan kamu raihdan apa saja jalan yang bisaditempuh untuk mencapai mimpi

kamu itu. Jangan putus asa dalam meraih apa yangkamu impikan untuk sebuah masa depan yangcemerlang. Dan ingat, it’s never too late to goback to school.

HAMDAN

BANYAK jalan menuju Roma.Nggak ada hal apapun yang bolehmenghentikan kamu dalam mengejarmimpi, termasuk usia. Kamu harustetap memiliki ambisi dan percayapada diri sendiri. Kamu mungkindituntut untuk lebih kreatif. Kalo

kamu terjebak dalam sebuah profesi, mulailahbuat rencana untuk membuat suatu perubahan.Mungkin mengambil training untuk menyeberangke profesi lain.(*)

Mengejar impian!!Well,, untuk

membuat impiankamu jadikenyataan,pikiran kamuyang selalumerasa selaluterlambat untukmelakukansesuatu harusdienyahkan jauh-jauh. Guys!!Peluang itu selaluada. Tinggal bukamata kamu untukmelihatnya. Youcan do anything,anytime youwant.(fine)

BOSDA 2012

Rp9 M pekan ini mulai disalur ke SMA/SMKManado—Pekan ini,

Anggaran Pendapatandan Belanja Daerah(APBD) Provinsi Suluts e b e s a rRp9.375.000.000 siapdisalur Dinas PendidikanNasional (Diknas) Sulutke seluruh SMA/SMK diSulut.

Dana tersebut berupa-kan Bantuan Operasio-nal Sekolah Daerah(BOSDA) yang diperun-

tukan bagi 75 ribu siswaSMA/SMK se-Sulut.Seperti namanya,anggaran ini hampirmirip dengan dana BOS,hanya saja, BOS diplotdari APBN untukkegiatan operasionalsiswa SD dan SMP. Darisegi nominal, BOSDApun jauh lebih kecil dis-banding BOS, yaituhanya sebesar Rp125ribu per siswa per tahun.

Kepala Diknas SulutDrs Star Wowor MSididampingi KasiManagemen danKelembagaan SMKDiknas Sulut MopudyManajang SSos MSi,menjelaskan, ini kalikelima Pemprov Sulutmenyalurkan BOSDA.

“Sejak pekan kemarin,sudah dilaksanakanMemorandum of Under-standing (MoU) ataunoda kesepahamanantara Kepala Sekolah(Kepsek) dengan KadisDiknas Provinsi. MoUini dilakukan secara in-ternal sekolah denganDiknas sehingga sekolahyang sudah selesai MoUlangsung menerima danaBOSDA,” jelas Wowor.

KUOTA BOSDASULUT TAHUN 2012

KAB/KOTA SMA SMK

Bolmong 1.860 1.270Minahasa 4.275 4.022Sangihe 2.037 1.638Talaud 2.360 990Minsel 2.926 3.033Minut 2.740 1.658Sitaro 1.195 2.146Manado 8.723 9.586Bitung 2.318 3.738Tomohon 2.274 2.102Mitra 1.364 1.371Bolmut 1.088 638Kotamobagu 2.206 4.606Bolsel 814 691Boltim 731 576Total 36.911 38.089

Sumber: Diknas Provinsi Sulut

Dia menambahkan, to-tal siswa SMA/SMK se-Sulut sebenarnyasebanyak 103.000 orang,tapi anggaran BOSDARp9 M lebih harus dibagirata, sehingga hanyadiberikan kepada 75 ribusiswa, sehingga meratauntuk seluruh kabupaten/kota. “Kami berupayaJuli ini seluruh anggarantelah tersalurkansehingga bias digunakanuntuk Penerimaan

Peserta Didik Baru(PPDB), pembelianoperasional bahanpraktek, dan lainsebagainya disesuaikandengan besaran anggaranyang diterima,” jelasWowor serayamenambahkan dana initidak diterima langsungoleh siswa melainkansekolah untuk keperluanKegiatan BelajarM e n g a j a r(KBM).(emem)

Wah, ada kacamatayang bisa buat internetan

Jakarta—Google Incor-porated menargetkan taksampai dua tahun lagi akanmeluncurkan kacamatadigital di pasar AmerikaSerikat.

Salah satu pendiriGoogle, Sergey Brinmengatakan akan menjualkacamata Google sehargakurang dari US$1.500 kepengembang perangkatlunak Amerika awal 2013.

Brin memamerkankacamata yang mampumenayangkan video danaudio secara langsung itudalam acara Google I/O2012 di San Francisco.

Kacamata digital Googlemerupakan layar seukuranperangko yang terpasang disisi kiri bingkai kacamata.Produk itu juga mampumerekam video, aksessurat elektronik, danmencari informasi dariInternet.

Kacamata digital yanglebih ringan dari kacamatabaca itu mampu

menampilkan videodengan perspektif sesuaidengan arah pandangpemakai.

Seorang pemimpinGoogle yang engganmenyebutkan namanyamengatakan, sebuahprosesor jaringan nirkabelterdapat dalam kacamata,selain sejumlah komponenteknologi yang umumnyaterdapat dalam teleponseluler pintar.

Google masihmengupayakan agarbaterai kacamata dapatbertahan satu hari penuhmeskipun ukurannya lebihkecil dari baterai ponselpintar.

Brin mengatakan, saat iniGoogle masih mengujicoba kaca mata itu dalamhal mengubah teks menjadisuara dan kemampuanmemberi petunjuk arah.Brin mengatakan Googletidak berencana untukmemasang iklan diperangkat itu.(miol)

Page 11: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

Ultah ... dari Halaman 1

PM ... dari Halaman 1

SBY ... dari Halaman 1

Usai meniup lilin, wanita kelahiran 1 Juli 1986 itutak kuasa menahan air matanya karena terharubahagia. “Di sepanjang karir, aku mulai bernyanyidengan mengeluarkan album saat berusia 6 tahun.Banyak masalah dan rintangan yang aku hadapi.Justru dengan itu semua, aku belajar membedakanmana yang bener-bener keluarga mana yang bukan.Dan dari situ aku punya tim yang luar biasa, saatlagi down, aku bisa menjamin bahwa they got myback. Mending punya 10 orang terdekat, there willbe friend, dari pada seribu teman tetapi tidakmendukung. Buat saya Puji Tuhan, punya keluargayang luar biasa, tim saya juga luar biasa,” paparAgnes.

Namun saat Agnes berterima kasih kepada sangdrummer Oni and Friends, band pengiring Indone-sian Idol, Daniel pun langsung menimpali Agnesdengan mengungkit sosok sang drummer yangbernama Excel Mangare, pria berdarah Manado.Belum sempat Agnes menjawab celotehan Daniel,Excel langsung memberikan isyarat denganmenggebuk drumnya keras. Agnes pun langsungmerespon dengan berkata, “Itu tandanya saya nggakboleh menjawab,” ujar Agnes.

Diketahui sebelumnya, Excel sempat menemaniAgnes dalam sebuah acara di Tee Box Cafe pada 12April lalu. Excel sendiri dikabarkan adalah sosok priayang saat ini sedang menjalin hubungan khususdengan Agnes.(kplc)

Keberadaan surat itu untuk pertama kalinyadiungkapkan oleh Haaretz. Menurut salah seorangsumber dari pihak Israel, surat itu menegaskankeinginan Israel untuk melanjutkan kerjasama danmemperkuat perdamaian kedua negara dibawahpemerintahan Mesir yang baru.

“Surat itu telah dikirim dalam beberapa hari terakhirmelalui Kedutaaan Besar Israel di Kairo,” ujarsumber yang enggan mengungkap identitasnyatersebut seperti dilansir AFP Minggu, (1/7) kemarin.

Dalam laporannya, Haaretz juga menyebutkan,setelah berkonsultasi dengan Amerika Serikat (AS),sejumlah pejabat Israel kabarnya juga memilih untukmenunda pembicaraan PM Netanyahu denganPresiden Morsi melalui sambungan telepon. Namun,Israel telah mengirimkan utusan khusus untukbertemu dengan pejabat keamanan Mesir.

Selama ini Israel dikabarkan terus mengikuti setiapperkembangan dalam pemilihan umum presiden(pilpres) Mesir menyusul sempat memburuknyahubungan kedua negara pasca lengsernya HusniMubarak. Hubungan kedua negara bahkan sempatmengalami ketegangan ketika gedung KedutaanBesar Israel di Kairo mengalami penyerangan.Selama proses pilpres Mesir bergulir, Israel kabarnyajuga dihantui kekhawatiran jika kelak kelompokIkhwanul Muslimin (IM) berhasil memenangkanpilpres.

Kekhawatiran ini dipicu oleh kedekatan IM dengankelompok Hamas yang selama ini menguasai JalurGaza. Selain itu, Israel juga khawatir bahwakepemimpinan Mesir dibawah presiden darikelompok IM nantinya akan merusak perjanjiandamai Mesir-Israel (Camp David) yangditandatangani oleh kedua negara pada 1979 lalu.

Namun, untuk meredam kekhawatiran tersebut Is-rael dikabarkan memilih untuk merangkul IM ketikakelompok ini dinyatakan sebagai pemenang pilpresMesir. Sikap melunak Israel terhadap IM tersiratdalam sejumlah pernyataan PM Netanyahu yangberkali-kali menegaskan, Israel akan terusbekerjasama dengan pemerintahan baru Mesir. “Is-rael menghargai proses demokrasi di Mesir dan kamimenghormati hasil dari pilpres. Kami berharap untukmelanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Mesirdengan dilandasi oleh perjanjian damai keduanegara,” ujar Netanyahu dalam beberapakesempatan.

Kelompok IM berdiri di Mesir sejak 1928 silam.Sejak awal berdiri kelompok ini diketahui merupakangerakan pan-Arabisme yang menuntut dibentuknyaNegara Islam di kawasan Timur Tengah. Namun,kelompok ini sempat dilarang keberadaannya olehpemerintahan militer Mesir.

Kemenangan IM dalam pemilu dan pilpres Mesir2012 menjadi peristiwa bersejarah bagi NegeriPiramida itu mengingat Morsi adalah sosok wargasipil pertama yang berhasil menduduki posisi sebagaipresiden. Dalam pidato setelah pengumumankemenangannya, Morsi menyuarakan pesan damaike penjuru dunia. Namun Morsi tidak menyinggungIsrael dalam pernyataannya.(okez)

“Beranilah bersikap tegassesuai ketentuan hukumyang berlaku, dan yakinkansetiap masalah yang timbuldapat dilokalisasi dan diatasidengan cepat, agar tidakmeluas dan menjadi isunasional,” ujar SBY.

Selain meminta Polrimenindak tegas, Presidenjuga mengingatkan agarPolri mampu memaksimal-kan upaya pencegahanterhadap aksi-aksi kekerasanyang komunal. Untukpenangangan kekerasan,

Presiden minta agardilakukan dengan cepat,tepat, tuntas, serta mencegahjatuhnya korban jiwa.“Dengan respon yang cepatdan tepat akan dapat dihi-langkan tuduhan sejumlahka-langan bahwa Polri danNegara melakukan pembiar-an. Pada tingkatan selanjut-nya, lakukan tindakan hukumsecara profesional, objektif,transparan, dan akuntabeluntuk menjamin kepastianhukum dan rasa keadilan,”lanjutnya.

Di satu sisi, Presiden SBYmengingatkan ada lima kuncianggota Polri dalam melak-sanakan tugas melayanimasyarakat. “Lima kuncisukses yakni pelayananprima dan anti KKN dalammeningkatkan pelayananpublik yang lebih murah danakuntabel. Kemudian pene-gakan supremasi hukum da-lam memberi rasa aman danmakin mampu menciptakankemanan yang lebih baik danakan memperkokoh tatapemerintahan yang baik,”

katanya.“Kerja keras Polri

diharapkan meningkatkankualitas pelayanan yangunggul. Sebagai institusipenegak hukum Polridituntut lebih peka terhadaplingkungan strategi nasionaldan regional,” kata SBY.Presiden mengatakan bahwatingkat kejahatan semakinberagam, kejahatan bukanhanya bersifat konvensionaltapi juga perbankan,narkotika, terorisme dandunia maya. “Polri

diharapkan berhasilmengatasi beragamkriminal, baik kejahatannasional hingga terorisme,”katanya. Polri juga telahberhasil menggagas pro-gram pelayan publik dalammeningkatkan pelayankepada masyarakat, kataPresiden. “Saya jugamenyambut baik dan positifkebijakan itu dan Polrisebagai organisasi unggulandikenal luas oleh duniainternasional,” kata SBY.Untuk itu, Presiden meminta

para anggota Polrimenjunjung tinggi kodePolri, kelembagaan danhubungan dengan masyarakatyang dilandasi nilai Pancasila,Tri Brata, pelayanan publik,tuntaskan reformasi, berantasKKN di jajaran Polri. “Lang-kah tersebut penting untukkepercayaan masyarakatkepada jajaran kepolisiandalam menangani secaratepat. Respon yang cepat dantepat menghilangkantuduhan pembiaran,” kataSBY.(miol)

Salah satu wartawan yangdituduh menjadi agen mi-liter adalah Robert Vanwi,wartawan Suara Pembaruanyang bertugas di Jayapura.Dia memaparkan, informasitentang nama-namawartawan yang dituduhmenjadi agen TNI pertamakali diketahui pada Jumat(29/6) lalu, melalui akunFacebook milik Tabloid“Jubi”. “Berita itu dimuatberdasarkan informasisecara sepihak dari kelom-pok yang menamakanPapuanus Papua, tanpakonfirmasi dari pihak TNImaupun 11 wartawan yangnamanya disebutkan,”jelasnya, Minggu (1/7)kemarin.

Nama-nama wartawandimaksud adalah M Imran(Kontributor TV One), Rob-ert Vanwi (Suara Pemba-ruan), Aman Hasibuan (Bis-nis Papua dan Radio El-shinta), Alfius (Pasifik Pos),Rio (Radio RPD Enarotali),Agus Suroto (Metro TV),Evarianus M Supar (TimikaPos), Anis (KontributorSCTV Mimika), Odi (RRISorong, Ketua PWI Sorong),Jefry (Radar Sorong), danAngelberta Sinaga (PemredPasifik Pos). Selanjutnya,dalam berita itu adapernyataan yang bernadaprovokatif, “Tolong sebarkannama-nama wartawan“PEMBUNUH” di atas kesemua jaringan yang kalianmiliki. Bila perlu kalaumereka sedang meliput,silakan diusir saja”. Padabagian akhir tertulis, “NB:Beberapa wartawan lainmasih sedang ditelusuri, dandalam waktu dekat akansegera dikabarkan jika adaketerlibatan mereka. SumberInfo Dokumen KomandoDaerah Militer XVII/

Cenderawasih Satuan TugasBantuan 6. Data agen/informan wilayah PAMRahman yang ditandatanganioleh Ahmad Fikri Musmar(Kapten Infanteri, NRP11970044410576)”.

Robert menuturkan, beritaitu kini telah menyebar dimilis-milis, salah satunya disitus www.umaginews.com,yang memuat dengan judulprovokatif, “Wartawan Indo-nesia di Papua MenjadiInformen/Agen Militer (TNI-POLRI).” Selain itu,informasi tersebut sudahsampai di tangan aktivisPapua, yang selama inidikenal kontra-TNI. Daripenelusuran, akun Facebookmilik Papuanus Papua yangmenyebarkan nama-namawartawan tersebutmenggunakan IP address dariJakarta.

Robert menegaskan, dia dankawan-kawan menjalankantugas sebagai wartawansecara profesional dan samasekali tidak memihak, apalagimenjadi informan TNI.Namun, akibat informasisepihak yang menyesatkantersebut, Robert dan kawan-kawan mengaku kini takleluasa beraktivitas, bahkankeselamatan mereka dankeluarga pun terancam.

Robert menyayangkan,bagaimana mungkin doku-men militer tersebut bocor.“Yang menjadi pertanyaan,bagaimana nama saya danrekan-rekan lainnya dicatutmenjadi agen militer,”tuturnya. Untuk itu, TNI di-harapkan segera meng-klarifikasi hal tersebut, se-kaligus bertanggung jawabatas keselamatan para war-tawan yang telah dilaporkansecara sepihak, dan samasekali tak mengandungunsur kebenaran.(spem)

11 wartawan ... dari Halaman 1

Kita bekerja sama de-ngan Bea Cukai untukmenyelidiki siapa dalangpengiriman ekstasi terse-but, setelah itu baru kitaberhasil menangkap ter-sangkanya,” paparSumirat.

Dia juga mengakui ada-nya peredaran narkoba disejumlah lembaga pema-syarakatan di Indonesia.Nantinya, kata dia, BNNakan berkerja sama de-ngan Ditjen Pemasya-rakatan untuk meng-ungkap sindikat peredarangelap di LP. Sumirat da-lam hal ini juga memintamasyarakat untuk ikutberperan aktif dalammemberantas narkoba

dengan cara memberiinformasi kepada petugas.“Kita berharap media jugadapat memberitakan kemasyaraakat sampai masapersidangan terpidananarkoba, bukan hanya jikaada penangkapan yangbesar,” tutupnya.

Penegasan akan rutinmerazia LP ini juga melihatmasalah yang terjadibeberapa bulan terakhir ini,dimana banyak ditemukannarkoba di dalam LP.Apalagi yang terbarupetugas BNN meringkustiga orang pengendalisekaligus pemilik 1,4 jutalebih butir ekstasi di RutanCipinang, Jakarta Timur.

Deputi Pemberantasan

Narkoba BNN, Brigjen PolDrs Benny Mamoto,mengatakan, tiga orangyang ditangkap tersebutdiketahui berinisial FB,CH dan BW. “CH dan BWdiringkus di Blok Amazon.FB dibekuk di BlokCitarum. Petugas jugamenyita empat telefongenggam mereka,” ucapMamoto. Diamenambahkan, parapelaku tersebut tidakmenggunakan jasaperantara untuk membawaekstasi ke dalam RutanCipinang. “Semuanyalangsung,” tambahMamoto. Pihak BNN jugaakan memeriksa tigatersangka baru tersebut,

selain pelaku lain yangsudah diamankan.

Sebelumnya juga, BNNtelah memusnahkan1.411.711 butir ekstasi diUPT Terapi danRehabilitasi, Lido, Bogor,Jawa Barat. Jutaan butirtersebut merupakan jenisnarkotika golongan I yangdisita di Pelabuhan JakartaInternational ContainerTerminal (JICT) TanjungPriok. Obat terlarang asalChina tersebut dimasukkandalam 12 kardus dandibawa pada satukontainer menggunakandokumen palsu. Kapal tibadi Pelabuhan TanjungPriok pada 8 Mei2012.(okez)

Mamoto ... dari Halaman 1

Berbeda jika kita bicarakasusnya Demokrat yangmenyeret nama Nazar(Nazaruddin) dan Angie(Angelina Sondakh) dalamkasus (suap) wisma atlet,”jelasnya.

Sebelumnya, KPK telahmenetapkan anggotaKomisi VIII DPR dariFraksi Partai Golkar,Zulkarnaen Djabar sebagaitersangka. Dia diduga ter-libat dalam kasus korupsipengadaan Alquran diKementerian Agama(Kemenag). Dalam kasusdugaan suap pembahasananggaran pengadaan Al-quran senilai Rp35 miliarini, Zulkarnaen diduga me-nerima gratifikasi dalambentuk imbalan atas upayapemenangan perusahaanpenggarap proyek. Takhanya menetapkan Zulkar-nen sebagai tersangka,KPK juga menggeledahruangan politikus PartaiGolkar itu di DPR. Selainitu, Penyidik KPK juga

menyambangi rumahanggota Badan Anggaranitu di kawasan Jatiwa-ringin, Bekasi.

Sementara itu, politikusGolkar Tantowi Yahyamengatakan, dugaan kasuskorupsi yang menjeratZulkarnaen dapat menu-runkan tingkat keterpilihanpartainya. “Kalau memangterbukti menjadi terdakwaitu akan berpengaruhterhadap elektabilitas, tapiitu prosesnya masih jauh,”katanya di sela acaraRapimnas.

Dia menyebutkan,mekanisme di partainyatelah menentukan pem-berian sanksi bagi yangmelakukan kesalahan.Sanksi tersebut diberikansesuai dengan kesalahanyang bersangkutan. “Bisateguran, ringan, sedang,keras dan sangat keras,sampai pemecatan,”jelasnya. Namun dalamkasus Zulkarnaen, Tantowimenyebutkan, partainya

belum melakukanpembahasan secara resmi.Dia juga mengatakan akanmenghormati proseshukum. “Kita harus meng-hormati asas praduga takbersalah. Kita mendorongsembari menunggu bagai-mana hasil penyidikansekarang ini dilakukanKPK,” ujar dia.

Tantowi pun tak meng-anggap penetapan Zulkar-naen sebagai tersangka danpemanggilan kader Golkarlainnya, yakni Setya No-vanto, dan Kahar Muzakiroleh KPK sebagai upayapelemahan Golkar. Terle-bih, ketiga hal itu dilaku-kan bebarengan denganRapat Pimpinan Nasinal(Rapimnas) Golkar. “Bagikami KPK itu lembaga pro-fesional,” ucapnya. Diketa-hui, pekan lalu KPK mene-tapkan Zulkarnaen Djabarsebagai tersangka kasus suappengadaan Al quran diKementerian Agama. KPKjuga memanggil Ketua

Fraksi Setya Novanto danKahar Muzakir sebagaisaksi kasus suap PON ke18 di Riau.

Lantas apa reaksi KetuaUmum DPP Partai GolkarAburizal Bakrie alias Icaldengan kasus ini?“Serahlan saja pada proseshukum. Yang jelas, Golkarakan menyiapkan timpembela,” ujar Ical. Diamengaku baru mengetahuipersoalan tersebut. Karenaitu, dia akan mengeceknyaterlebih dahulu. “Nantidicek dulu ya,” imbuhnya.

Hal senada jugadiungkapkan Wakil KetuaUmum Golkar FadelMuhammad. Menurutnyakasus korupsi Alquranyang diduga melibatkanZulkarnaen akan dipelajaridan segera akan dibahas dilevel pimpinan. “Kita akanlihat dulu persoalannyakarena ini kasus yangsangat khusus apalagi soalAlquran,” terangFadel.(okez/temc/insc)

Pengamat ... dari Halaman 1

“Peta bahaya gunung apiitu sudah disosialisasikankepada masyarakat mela-lui pemerintah setempat,salah satunya tidak bolehada aktivitas dan penda-kian dalam radius 2,5 ki-lometer dari kawah aktif,”katanya.

Selain keempat gunungyang berstatus siaga,terdapat 14 gunung api

lainnya yang berstatuswaspada atau level IIyakni Gunung Papan-dayan, Ijen, Rokatenda,Sinabung, Gamalama, Ibu,Krakatau, Marapi, Bromo,Semeru, Ili Lewotobi,Kaba, Sangeangapi danGunung Api Kaba.

Sebelumnya, khususGunung Soputan, KepalaPVMBG menjelaskan,

perubahan status inilantaran peningkatanaktivitas Soputan yangterjadi terus meners,dimana pada 24 Mei 2012lalu, telah terjadi sedikitnyalima kejadian gempa bumivulkanik dalam, 11-30gempa bumi hembusanasap, dan kurang dari 20kali gempa guguran kubahlava. Aktivitasnya

mengalami peningkatansehari kemudian. Tercatatkenaikkan jumlah danenergi gempa bumi vulka-nik dalam lebih dari sepuluhkejadian gempa bumivulkanik dalam.

Dengan peningkatan sta-tus ini, Surono meng-harapkan agar masyarakattidak beraktivitas dalam ra-dius enam kilometer dari

puncak Gunung Soputan.Namun, bagi masyarakatyang bermukim dalam ra-dius 6,5 kilometer tidakperlu mengungsi. “Penda-kian juga sementara dihen-tikan. Tidak boleh ada akti-vitas di perkemahan yangberada di Gunung Sopu-tan,” katanya. Selain itu,Surono juga mengharapkanagar masyarakat

mewaspadai guguran kubahlava di sungai-sungai yangberhulu di puncak. Sungaiitu adalah Ranowangko,Pentu, Lawian, dan SungaiPopang. “Jika terjadi hujanabu, karena letusan danguguran kubah lava, agarmasyarakat mengenakanmasker penutup hidung danmulut,” ucap Suronolagi.(repc/108c)

Tiga ... dari Halaman 1

Dari data yang berhasildidapat menyebutkan,peristiwa yang terjadi di kalawarga tertidur pulas, didugaapi berasal dari salah saturumah milik KeluargaRangkang-Tendean. Saat iturumah tersebut dihuni JoisKaunang (30-an), danberuntung saat kejadianberlangsung Jois sedangtidak berada di rumah. Wargayang menyaksikan api mulaimembesar dari rumahtersebut, langsung bergegasuntuk memadamkan apidengan menggunakanperalatan seadanya.

Sayangnya sekitar 30 menitkemudian, mobil pemadamkebakaran yang diterjunkan

ke lokasi kejadian, baru tibadi lokasi dan langsungmelakukan upaya untukmemadamkan api. Mirisnyalagi, salah satu mobilpemadam yang mendatangitempat kejadian perkara(TKP) tidak berisi dengan airsehingga mobil tersebutharus balik untuk mengambilair. Sementara itu, salahseorang warga yangmenyaksikan awal kobaran apiitu yakni Billy Lintjewas (21)mengatakan, saat itu dirinyasedang berada di dalam rumahyang tak jauh dari lokasikejadian, mendengar suaraledakan dan pijaran nyala api.“Saat saya keluar rumah, sayamelihat api mulai membakar

rumah dan merembes kesekolah dan kantor dispar,”ujar Billy.

Informasi lain yang berhasildidapat, beberapa keluargayang mengalami peristiwa ituyakni rumah milik KeluargaRangkang-Tendean, Mobinte-Rangkan, Kaunang-Paslahu,Kaunang-Rawung, Kaunang-Angkow, Kaunang-Yoseb,Mambu-Kaligis. Di satu sisi,kepanikan terjadi di SPBUWanea. Nampak petugasSPBU kebingunan melihatkobaran api, yang sesekaliterbawa angin ke arah SPBU.Pasalnya, di samping sekolahyang terbakar tertumpuk gasElpiji, dan di bagian bawahnyaada tanki penampunganminyak.

Informasi lain yang diperolehdari Pemkot Manadomenyebutkan, sedikitnya 16kepala keluarga (KK) harus

rela kehilangan tempat tinggalkarena dilalap jago merah.Syukur, tidak ada korban jiwa.“Sesuai laporan sedikitnyakeluarga yang menjadi korban16 KK dan 107 jiwa haruskehilangan tempat tinggal.Sumber api diduga berasal darirumah salah satu penduduk,”terang Sendoh.

Mantan Kadispar Sulut inibersama Asisten I PemkotManado Drs FrangkyMewengkang dan SKPDterkait seperti Dinas Sosial,BPBD, Dinas PemadamKebakaran dan SKPD lainnya,serta PMI Manado dibawakoordinasi Ketua Prof DrJulieta PA Lumentut-Runtuwene langsung turun kelokasi untuk melakukankegiatan tanggap darurat,seperti dapur umum untukmenyediakan makanan bagipara korban dan menyediakan

tempat penampungansementara di SDN 8 dan SDN17.Kapolresta Manado Kom-bes Pol Drs Amran Ampu-lembang MSi ketika dikon-firmasi mengatakan kalauperistiwa kebakaran tersebutmasih sementara didalami.“Kejadian ini sementara dise-lidiki penyebab kebakaran-nya,” ujar Ampulembang.Sementara itu, WalikotaManado GS Vicky Lumentutmenghimbau kepada seluruhmasyarakat Manado agar selalumengontrol pemakaiankompor dan listrik jika sudahselesai digunakan. “Komporyang selesai digunakan agardipastikan sudah mati,demikian pula dengan alat-alat listrik dipastikan sudahaman dari kemungkinanterjadinya hubungan aruspendek listrik/korslet,” ujarWalikota.(erel/teem/dw)

7 rumah ... dari Halaman 1 PERUBAHAN PELIK (bagian 2/selesai):Antara film Box Office

dan film alternatifOleh

Jalu Perkasa

TIDAK bisa berbuatbanyak. Tinggal menungguwaktu dan keajaiban. Danmasyarakat yang menen-tukan film itu layak tontonatau tidak. Hanya penontonyang kritis yang bisamenentukan film mana yangberbobot, film mana yangberkualitas, film mana yangberkuantitas belaka.

Memang dalam kese-pakatan, film baru diturun-kandari layar jika penonton hanya4 atau kurang dari itu selamabeberapa hari berturut-turut..Tapi pihak 21 tentu wajar jika

berpikir untuk meraihkeuntungan sebanyak-banyaknya. Demimempertahankan animomasyarakat yang begitu besarterhadap film yang bombastis,provokatif, nyeleneh, yangsampai saat ini menjadipersaingn ketat diantara film-film alternatif yangberbobot. Permintaan danharapan kita, sebagai orangtua, sebagai pendidik,sebagai muslim agar adafilm sosial-kultural dan religikultural-demikin sayam e n y e b u t n y a - y a n gmemperkaya hati semakinterus ada bahkan tiap bulanbermunculan film-film

cerdas. Banyak sieas mudayang menangkap film-filmsituasional yang men-cerdaskan telah melahirkankary-karay yang baik danfeomenal seperti Riri Reza,Hanung Bramantyo dansekrang film ‘Emak InginNaik Haji’ telah ditanggapipositif oleh Mas AdityaGumay dan Mizan Produc-tion.

Sekarang saatnya kitatunjukkan solidaritas dandukungan nyata, agar film-film sejenis lebih banyakdiproduksi di tanah air.

Sebagai alternatif darifilm-film yang luar danhanya hiburan semata.(*)

Page 12: Swara Kita, 02 Juli 2012

2013, beban bungaobligasi rekap capai Rp8,5 T

TOTAL beban bunga obligasi rekap pada tahun 2013diperkirakan mencapai Rp8,52 triliun atau 11% daritotal surat berharga negara (SBN) pada tahun yangsama.

Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyantomengatakan, penurunan beban bunga obligasi rekapsehubungan dengan adanya obligasi rekap tingkatbunga tetap (fixed rate) yang sebesar 13-14%, akanjatuh tempo habis semuanya pada tahun 2013mendatang.

“Pada 2013 akan jatuh tempo semua yang fixed rate,tinggal variable rate (tingkat bunga bergerak) yang dibawah 4 persen semua. Selama ini kan obligasi rekapyang dipersoalkan beban bunganya, padahal terusmenurun,” tuturnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Pada 2011, pemerintah membayarkan bunga obligasirekap sebesar Rp13,19 triliun, turun menjadi Rp11,03triliun pada 2012, dan akan menjadi sebesar Rp8,52triliun pada 2013. “Pemerintah membayar beban bungaobligasi rekap sesuai tingkat kupon yang ditetapkandalam terms and conditions. Tidak terdapat subsidibunga,” ujarnya.

Saldo obligasi rekap fixed rate tercatat sebesar Rp26,95 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp5,4triliun akan jatuh tempo pada 2012 dan sebanyakRp21,5 triliun akan jatuh tempo habis pada 2013.

Sedangkan obligasi rekap bunga mengambang (vari-able rate) yang beredar di pasar mencpai Rp135,06triliun, yang jatuh tempo habis seluruhnya pada 2020.Dengan demikian, secara keseluruhan obligasi rekapyang beredar mencapai Rp162 triliun untuk saat ini.

Pada tahun 1999-2001 pemerintah menerbitkanobligasi senilai Rp422,6 triliun untuk memperbaikimodal perbankan, sehubungan dengan kondisiperekonomian yang memburuk karena krisis ekonomi.Kondisi tersebut telah membuat perbankan mengalamipeningkatan kredit macet dan menurunnya CARperbankan.

Tiap tahunnya, pemerintah harus mengeluarkandana sekitar Rp60 triliun dari APBN untuk membayarbeban bunga obligasi rekap. Obligasi rekap diakuisebagai bagian dari surat utang negara (SUN),berdasar Pasal 20 UU 24 Tahun 2002 tentangSUN.(ilnc)

Inflasi Juni 2012diperkirakan 0,35%

MEMASUKI musim liburan anak sekolah kali inidiperkirakan akan menggiring Indeks Harga Konsumen(IHK) naik, sehingga berpotensi mendongkrak inflasipada Juni 2012 di kisaran 0,35 persen. Angka inflasi ini,jauh meningkat dibandingkan dengan inflasi bulan Mei2012 yang hanya sebesar 0,07 persen.

“Inflasi Juni berkisar 0,35 persen karena didorongsektor PHR (perdagangan, hotel, resto) seiring liburananak-anak sekolah,” ungkap Pengamat Ekonomi, Ryankiryanto kepada Okezone di Jakarta, Minggu (1/7).

Ryan melanjutkan, selain musim liburan, sektorpendidikan juga yang menyebabkan meningkatnyainflasi pada Juni 2012 ini. Adanya tahun ajaran baruselepas masa liburan ini menjadi pemicu melonjaknyainflasi kali ini.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS)mencatat angka inflasi bulanan di bulan Mei sebesar0,07 persen. Kenaikan harga bawang merah dan ayamras menjadi dua komoditas utama yang menyumbanginflasi ini.

“Angka inflasi Mei sebesar 0,07 persen, sedangkanangka inflasi tahun kalender sebesar 1,15 persen daninflasi year on year 4,45 persen. Angka inflasikomponen inti sendiri sebesar 0,18 persen dan inflasiinti (yoy) sebesar 4,14 persen,” ungkap Kepala BPSSuryamin beberapa waktu lalu.(okez)

SENIN2 JULI 2012

PERTAMAX

Ekspor perikanan Sulut stabilKrisis ekonomi globaldi Eropa tidak berpengaruh

HASIL perikanan di Sulut masih stabil.(foto: ist)

Manado—Ekspor berba-gai komoditas perikananProvinsi Sulut ke berbagainegara hingga saat ini masihstabil, dan tidakterpengaruh krisis ekonomiglobal.

“Ekspor Sulut ke berbagainegara khususnya Jepangtidak terpengaruh krisismenyusul pengirimankomoditas unggulan Sulutke negara tersebut tetap ru-tin setiap bulan dengankuantitas relatif stabil,” kataKepala Dinas Perindustriandan Perdagangan(Disperindag) Sulut, DrsSanny Parengkuan MAP.

Menurut Sanny, informasiyang didapatkan dari pihakpengekspor, pengirimankomoditas seperti

perikanan, tetap berlang-sung dengan lancar, denganharga tetap stabil.

Sanny mengatakan bah-wa tetap tingginya eksporke Jepang karena memangsecara fundamentalisekonomi negara tersebutcukup terjaga baik, tidakterlalu terpengaruh dampakkrisis keuangan global yangsaat ini sedang menjadikekhawatiran negara-negara di Eropa.

“Pemerintah daerah sudahmengimbau pengekspordaerah ini untukmemanfaatkan peluang dinegara-negara Asia dannegara nontradisional lain,seperti halnya Jepang, gunamendorong ekspor tetapterjaga baik,” ujar Sanny.

Kepala BidangPerdagangan Luar Negeri,Disperindag Sulut, HannyWajong MSi mengatakan

bahwa Jepang merupakansalah satu negara tujuanekspor potensial Sulutkarena selalu masuk dalam

10 besar penyumbangdevisa. “Kita berharapdengan tetap stabilnyaekspor ke Jepang, dapat

m e m p e r t a h a n k a npertumbuhan eksporsebagaimana yang kamitargetkan,” tukasnya.(haer)

KINERJA

Bank Indonesia akan bangun UMKM CentreManado—Provinsi Sulut

tak lama lagi akan mempunyaiUsaha Menengah Kecil danMikro (UMKM) Centremenyusul komitmen BankIndonesia (BI) yang akanmemfungsikan bekas kantorpusatnya di kawasanpertokoan pasar ’45.

“Kita rencanakan tahun2013, Sulut punya UMKMCenter, dan kantor BI yangsaat ini tidak digunakan akandirehabilitasi untukselanjutnya digunakansebagai pusat kegiatanUMKM,” kata AsistenDirektur BI Perwakilan Sulut,

Eko Siswantoro.Eko mengatakan, rencana

mendirikan pusat UMKM,merupakan salah satu upayaBI membantupengembangan sektortersebut semakin memberiperan positif padaperekonomian daerah ini dannasional.

“Peran UMKM padaperekonomian Sulut cukupdominan, terlihat perannyaterhadap pertumbuhanekonomi cukup signifikan,karena itu BI memprogramkanpemberdayaan,” kata Eko.

Kehadiran UMKM center,

kata Eko selain diharapkantercipta sinergitas antarUMKM dengan perbankan,juga sebagai salah satutempat mempromosikanberbagai produk mereka.

“Direncanakan UMKMcenter akan ada tempat untukpromosi berbagai produkUMKM yang berhasil didaerah ini,” kata Eko.

Pada UMKM center inijuga, kata Eko, akandirancang menjadi tempatpendidikan dan pelatihanguna lebih memberdayakansumber daya manusia(SDM)UMKM semakin profesional.

UMKM, kata Ekomerupakan soko guruperekonomian nasional,terlihat dari besarnya peransektor ini, serta daya tahanUMKM yang tetap bertahankendati terjadi krisis monetertahun silam.

Pelaku ekonomi di Indone-sia 99,9 persen adalahUMKM, dari jumlah tersebutyang bersifat padat karyakarena mampu menyerap97,04 persen dari angka kerjadi Indonesia, serta memberikontribusi terhadap produkdomestik bruto 55,6persen.(haer)

BAPOK

Konsumsi beras dipangkas 1,5% per tahunLampung—Konsumsi

pangan masyarakat Indone-sia saat ini masih didominasioleh beras. Oleh karena itu,pemerintah berencanamengurangi konsumsi berasdi Indonesia hingga 1,5persen per tahun.

Menteri PertanianSuswono mengungkapkan,saat ini pemerintah tengahmemperbanyak alternatifpangan lain sebagai

pengganti beras. Pemerintahbahkan akan mengurangikonsumsi karbohidrat dandigantikan dengan protein.

“Diversifikasi panganuntuk kurangi konsumsiberas harus ditingkatkan.Jangan sampai hanya dariberas,” ungkap dia dalamsambutanya pada acaraKebangkitan PenyuluhanMelalui Tekad dan KerjaKeras Penyuluh Pertanian

dalam Mendukung EmpatSukses PembangunanPertanian di Metro,Lampung, Sabtu (30/6).

Menurutnya, konversiberas ke protein harusditigkatkan. “Meskipunmakanan alternatif yangmengandung karbohidrattetap diperlukan, agarmakanan dari karbohidrattetap ada jika diperlukan,”tutur dia.

Oleh karena itu, pemerintahsecara stimultan mulaimengurangi konsumsi berasdan digantikan denganbahan makanan alternatiflainnya.

“Kementerian Pertaniantelah menetapkan targetpenurunan konsumsi berassebesar 1,5 persen per tahun.Pengurangan beras bisadilakukan kalau kita mauberusaha,” tutur dia.(okez)

Harga kembali turunke Rp8.700/liter

Jakarta—PT Pertamina(persero) kembalimenurunkan harga jualBahan Bakar Minyak (BBM)nonsubsidi jenis Pertamax.Pertamax di wilayah JakartaPusat tercatat mengalamipenurunan Rp250 per liter.

Harga Pertamax, turun keRp8.700 per liter darisebelumnya Rp8.950 per liter,Pertamax plus turun Rp300per liter, dari Rp9.500 per liter,menjadi Rp9.200 per liter.“Untuk Pertamina Dex turunke Rp9.400 dari Rp9.900 perliter,” ungkap salah seorangpetugas SPBU di daerahCikini kepada Okezone,Minggu (1/7).

Seperti diketahui, hargaPertamax memang mengacupada harga Indonesian CrudeProduct (ICP). ICP sendiriditetapkan berdasarkan duaassessment, yaitu RIMsebesar 50 persen danPLATTS sebesar 50 persen.

Sebelumnya, MochamadHarun, kala masih menajabatsebagai VP Corporate Com-munication Pertaminamengatakan, kenaikan hargapertamax tersebut merupakanmekanisme rutin yangdilakukan perseroan. Setiapdua minggu sekali, Pertamina

rutin merevisi harga pertamaxberdasarkan harga minyak dipasar internasional.

Harga tersebut, diputuskansetiap bulan oleh MenteriESDM berdasarkan usulanTim Harga sebagai acuanuntuk perhitungan penerima-an negara dari minyak, hargajual LNG, dan perpajakan.Sedangkan harga-hargauntuk impor crude oil untukmemenuhi kebutuhan kilangdalam negeri didasarkanpada harga pasar.

Sementara harga minyakmentah di perdaganganpasar global, kerapmengalami penurunan.Bahkan, harga minyakmentah pada perdaganganJumat, 29 Juni jatuh tigapersen, dan menorehkancatatan terburuk sejak krisis2008.

Di London, minyak mnetahberjangka Brent untukpengiriman Agustus ditutupturun USD2,14 dan berada diUSD91,36 per barel.Sementara minyak berjangkaasal negeri Paman Sam, jugaikut turun USD2,52 per barelke USD77,69 per barel. Hargaminyak AS ini tercatatterendah sejak delapan bulanlalu.(okez)

PERTANIANKementan: Penggunaanpestisida sudah terukur

Jakarta—Dirjen TanamanPangan Kementerian Perta-nian Udhoro Kasih Anggoroberkilah bahwa penggunaanpestisida sebenarnya menjadipilihan terakhir.

Adapun penggunaan yangmelebihi rekomendasi bisadisebut pelanggaran.

“Penggunaan pestisida itumasuk dalam pengendalianhama terpadu. Pestisidamerupakan alternatif terakhir,ketika semuanya sudahdiupayakan,” ujarnya, Sabtu(30/6).

Jika ternyata ditemukanpestisida yang menyebar danmencemari hasil pangan,

menurut Anggoro, artinyatelah terjadi penyalahgunaan.

“Jadi diduga adap e n y a l a h g u n a a npenggunaan, artinya melebihiapa yang direkomendasikan.”

Ia menambahkan,Kementerian Pertanian akansegera menggelar rapatdengan Komisi PerlindunganTanaman dan KomisiPestisida untuk mengetahuifakta di lapangan.

“Untuk saat ini PengawasPupuk dan Pestisida dilapangan akank menertibkandan melakukanp e n g a w a s a n , ”tegasnya.(miol)

Page 13: Swara Kita, 02 Juli 2012

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: HendraZoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, RonaldRompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie(TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly

Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATORARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT:Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan.STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIMPENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha.

PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim)TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777

SWARA KAMI SWARA ANDA

REDAKSI menerima tulisandalam bentuk opini, cerita,

puisi atau apa saja.Redaksi berhak mengedit tulisan

tanpa mengurangi maknayang dikandung tulisan itu.Kirimkan tulisan anda ke:

[email protected] langsung di antar ke redaksi

d/a: Mega Smart VIII No.7Kawasan Mega Mas Boulevard Manado

Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Kembali pada kesadaranMASIH kita berdiri di persimpangan masa lalu.

Waktu sudah jauh meninggalkanmu dalam kesia-siaan. Siapa yang mulai berharap? Siapa yang maumenunggu lebih lama lagi? Janji tinggal janji. Hariini gempita dan sorak-sorai boleh mendengung dalamruang yang ramai. Dalam bilik-bilik kuasa ia berpesta,sementara begitu banyak kegamangan yang silihberganti mengisi gubuk-gubuk petaka kemiskinanyang terus menjalar.

Pernah kita menyebut lambat sebuah prosespertumbuhan persepakatan nilai yang terjadi dinegara kita. Soal ini terjadi karena ketimpangan sosialyang dalamnya termasuk ketidakadilan ekonomi dansosial kultural antar kelompok etnis sebagai akibatbias strategi pembangunan yang bersifat elitis,sehingga menciptakan jurang pemisah antarkelompok yang makin lebar. Otonomi salah tafsiryang hanya membagi ‘kue kekuasaan’ tanpasemangat pelayanan kepada rakyat, membuat negerikita menjadi berkeping-keping. Dan, rakyat hanyamengenal penguasa yang jauh terhalang berbagaigelar kehormatan dan tak tersentuh oleh suara arusbawah. Sempatkah kita merenungkan nasib merekayang terbiar. Bila datang bencana jadilah merekasebagai tertuduh. Kalau raung boldozer dan mesinberkekuatan besar merambah hutan tak pernah diusikkata henti karena terbukti sebagai biangkerok ratanyahutan di berbagai tempat di dunia, maka bersiaplahuntuk bencana yang akan menyusul. Tapi, tudinganjustru bersumber dari kekuasaan yang melihatbencana berasal dari kasus illegal logging ataupenebangan liar, sehingga menurut penguasapenebangan liar butuh penanganan yang serius dariaparat. “Hal itu sangat perlu dilakukan agarpelestarian hutan seperti yang diharapkan rakyat,betul-betul terjaga dan terpelihara dengan baik,” katapejabat kita.

Paradoks yang membawa pemisah peran dengantudingan yang tak pernah mengerti arti liar itu sendiri.Hutan di tanah kita, sudah bukan milik kita lagi, danpenjaga-penjaga hutan pula sibuk dengan bisnis kayu,tapi yang tertangkap hanyalah mereka yang teri,hanya mereka yang disebut liar, sementara yangmenguras hutan dengan surat kuasa dan surat saktitetap berkeliaran dengan bebas.

Sepertinya manusia hanya meminta alam menjawabsendiri persoalan itu. Tentu yang riil ada di alamtermasuk manusia. Ketika alam sendiri pun mampuberpraksis dalam penaklukkannya terhadapkehidupan. Seakan alam mampu mendramatisirkebahagiaan dan kesedihan itu sesuai dengankuasanya. Terlebih dari itu, ketika nilai tentang hidupdan kehidupan merupakan praksis dialektika yangpermanen dalam sejarahnya, bahkan ketika filsafatmendasari realita kehidupan dan materialnya, tentuhukum dialektika telah hadir bersamanya, dan sampaikapan-pun itu.

Bagaimana manusia hidup mampu menyadarikehidupannya, kata Faulkner dalam intisaripemikirannya. Atau Sade dengan berbagai tuduhanatheis terhadapnya, mencoba untuk menjelaskantentang relasi manusia, alam, dan kehidupan.Manusia dan komunitas yang hidup lainnya, akanterus berupaya dengan segala kemampuannya untukmenghindari atau memperlambat bencana dankematian, sesuai dengan apa yang diketahuinya.Walaupun bencana dan kematian akan selalumenghiasi sejarah tentang kehidupan, tetapi hal itumenjadi ambigu ketika bayang-bayang imajinermanusia selalu direposisi sebagai alat penolakkanterhadapnya. Ada bayang-bayang semakinmengentara dan kental dengan skenario pemaksaanparadoks penebang liar. Ketika kita menjadi manusiakorban dan yang dikorbankan terhadapnya bencana dankematian, adalah esensi nyata bahwasannya kehidupanitu memiliki nilai-nilai dan artian tertentu, yang manasegala multi-interpretasi berupaya untuk menjabarkannilai-nilai dan artian tersebut sesuai dengan kemampuanideanya. Walaupun pada akhirnya ide tersebut menjadisemacam doktrin kepada manusia, tetapi hal itumenegaskan bahwa bencana dan kematian adalah realitayang tak terbantahkan! Dan manusia akan dikembalikanpada kesadarannya oleh satu hal dalam kehidupan, yaituesensi ketakberdayaan. Hanya serangkum pesan yangkan kita sampaikan berulang-ulang. Seorang kawanpernah bercerita tentang bencana, ia mengungkap bahwabencana dan kematian adalah suatu realita yangmenjelaskan tentang adanya penderitaan riil dalamkehidupan. Dan ternyata kehidupan tidak hanyadilandaskan pada realita pembentuk kebahagiaan dankesedihan, tetapi ada esensi kronik yang hadir di antarakebahagiaan dan kesedihan yang selalu dialami olehmanusia itu sendiri; yaitu ketika kebahagiaan dankesedihan itu tidak dapat terungkapkan atautergambarkan lagi oleh bahasa alamiahnya. Semuaseakan merupakan suatu aksioma dalam kehidupan.Walau ia menyebut bencana dan kematian memilikibahasa alamiahnya juga yang hendak disampaikankepada manusia dan kehidupan, bahwasannya realitaitu tak akan terbantahkan oleh kepiawaian rasionalitasataupun pengalaman transendental manusia dalammenjajaki suatu penaklukkan.

Jangan-jangan penaklukan itu masih terus menjajahperan kita. Mungkin saja saat ini kita sementaraditaklukkan tanpa sadar. Miskin menindas, namun beritabegitu kaya kata menghindar. Dari titik ini kita mendera,menyempatkan teriak bagi kuping yang senantiasaditulikan kuasa, dan menuntut segala janji agar segeraditepati.

Redaksi

Gizi buruk,tanggung-

jawab siapa?DI daerah kita, Sulawesi

Utara, seringdisosialissasikan sebagaidaerah yang kaya dengansumberdaya alam. Tapi,persoalan gizi dimasyarakat masih belumbisa ditanggulangi olehberbagai pendekatan yangsudah dilakukanpemerintah. Berikutpersoalan gizi anak di masapertumbuhan. Padahalpersoalan gizi bisam e m p e n g a r u h iperkembangan otak bayi.Jika bayi itu kekurangangizi, bisa mengganggupertumbuhan hidupnya.Pemenuhan gizi tersebuttergantung dari orangtuanya. Dari realitas ini,semestinya ada yang haruskita cermati bersama, yangmana produksi makanandan sumberdaya alam yangkaya ternyata tidakmenjamin ketersediaanpangan pada tingkatmasyarakat karena masihbergantung pada distribusidan pemasaran hasilproduksi pangan tersebut.Ketersediaan pangan ditingkat masyarakat tidakmenjamin ketersediaanpangan di tingkat keluarga.Masih ada sejumlah faktoryang mempengaruhinya.Pertama, daya belikeluarga yang ditentukanoleh tingkat pendapatandan harga pangan. Setelahkrisis ekonomi melandaIndonesia, harga-hargabahan pangan meningkatberkali-kali. Semakinlangkanya lapangan kerjadan banyaknya pemutusanhubungan kerjamengakibatkan daya belikeluarga makin melemah.

Saya menilai yang manaada faktor ketidaktahuandalam pengelolaan pangandan gizi akibat pendidikandan akses informasi yangrendah. Perilaku sebagianmasyarakat yangcenderung mengutamakanpengeluaran di bidang lainyang konsumtif sambilm e n g o r b a n k a nkepentingan pangan dangizi.

Berdasarkan data DirjenBina KesehatanMasyarakat, anak gizikurang di negara kitaterdapat 19,2 persen,sedangkan gizi burukmencapai 8,8 persen.Untuk usia nol hingga limabulan gizi buruk padatahun kemarin masih adasekitar 8.5 persen, usiaenam hingga sebelas bulan14,2 persen, usia dua belashingga dua puluh tiga bulan20 persen dan usia duapuluh empat hingga limapuluh sembilan bulan adasekitar 21,2 persen.

Persoalan gizi iniberpengaruh pada mutusumber daya manusia Indo-nesia. Salah satunya adalahkecerdasan anak terganggudan tidak produktif. Dengandemikian, bisamenimbulkan bebanterhadap orang tua. Bila gizicukup dan sehat, makaanak-anak kita juga akancerdas dan produktif, mutusumberdaya manusiamenjadi tinggi. Karena itulepas dari kewajiban negarauntuk memberdayakansemua anak bangsa,orangtua juga tentunyapunya tanggungjawab yangcukup besar terhadapkebutuhan anak-anaknya.

Nama dan AlamatAda pada redaksi

SENIN2 JULI 2012

OlehImam WibisonoKabarIndonesia

Nelayan dan optimismemaritim Indonesia (4)

Kita harus mampumemberikan optimismebahwa masih ada carauntuk mengangkat sektormaritim Indonesia tanpaharus melulu bergantungpada pemerintah.

Jika pemerintah belumjuga memberdayakannelayan dengan baik,

maka harus ada peran darikalangan tertentu sepertiakademisi dan LembagaSwadaya Masyarakatyang benar-benar murnimemberdayakan nelayan.

Para akademisi maupunLembaga SwadayaMasyarakat dapatmembantu nelayan dalam

menghasilkan teknologi-teknologi perikanan yangdapat membantu usahaperikanan tangkapmaupun budidaya,memberikan penyuluhandan pelatihan, membantumembuat model usahayang semestinya dimilikioleh nelayan, sertamembantu dalammencarikan modal bagiusaha tersebut.

Sejatinya, dalam upayamendukung peningkatan

kualitas hidup nelayan,pelatihan danpendampingan sangatdiperlukan.

Akademisi danLembaga SwadayaMasyarakat dapatmengambil peran tersebutjika pemerintah belumbenar-benar serius untukmemperhatikan nasibnelayan.

Hal tersebut bukanlahsesuatu yang sulit untukditerapkan.

Banyak hasil karyapenelitian maupun kajianmodern mengenaiperikanan dan kelautanyang selama ini hanyamenghiasi lemariperpustakaan yangsebenarnya mampumenjadi bahan pelatihandan pendampingan.

OlehHiski Darmayana

Sumber: Berdikari Online

PP NOMOR 24/2012:Cerminan nasionalisme

pemerintah? (2)

Akhir September 2011lalu, misalnya, dalamsebuah seminar yangd i s e l e n g g a r a k a nPetromindo.com diJakarta, seorang pejabatKementrian ESDMmengatakan bahwa revisiPP 23/2010 dilakukanpemerintah sebagai wujudpelaksanaan Pasal 33 UUD1945. Sebuah alasan muliadan memang seharusnyademikianlah landasanpengelolaan sumber alamnasional, termasuk dalamindustri tambang.

Bukan rahasia lagi, bila

industri tambang nasional,khususnya disektor mineral(emas, tembaga, nikel,bijih besi), telah dikuasaioleh perusahaan asingsebagai dampak daripemberlakuan UU Nomor11 tentang Pertambangantahun 1967 di awal OrdeBaru. Bentuk kerja samaKontrak Karya (KK)antara negara dan investortelah melemahkan dayatawar negara sehinggaberbagai korporasitambang asing mudahmengeruk kekayaan min-eral Republik ini.

Marwan Batubara,pengamat pertambangan diIndonesia Resources Stud-ies (IRESS), menyatakanbahwa 80 persen industritambang mineral Indonesiadikuasai perusahaan asingseperti Freeport, Newmont,Inco dan Newcrest. Halinilah yang berusahadirubah oleh pemerintahdan parlemen, yang diawalidengan dikeluarkannya UUNo.4 tahun 2009 tentangMinerba yangmenggantikan UU No.11/1967.

Dalam UU ini, bentukkerjasama Kontrak Karyadalam pertambangan min-eral dan Perjanjian KaryaP e n g u s a h a a nPertambangan Batubara

(PKP2B) pada batubarayang memposisikannegara dan perusahaansecara sejajar dirubahmenjadi Izin UsahaPertambangan (IUP).Melalui paradigmaperizinan dalam IUP ini,negara berada di posisi su-perior atas investortambang. Namun,celakanya, UU inimengandung azas non-retroaktif yang tidak akanberdampak pada KK danPKP2B yang telah adasebelum UU ini muncul.Dan Peraturan Pemerintah24/2012 ini merupakansalah satu aturan turunandari UU No.4/2009tersebut.

Sama dengan UU yang

OlehDera Liar Alam

Kesatuan massif dalamlogika kenegaraan (2)

Indonesia yangbertetangga dengan TimorLeste masih mengalamiperan yang sama darisistem yang pilih buluhpada mereka yang punyaakses saja. Entah itu jugayang menjadi alasan etnis-etnis yang lain di negarakita ini untuk menuntuthak-hak adat mereka yangsudah diseragamkan.Merdeka, demikian sistem

mengumumkan terminol-ogy itu dengan miris danbias. Terlepas dan merdekadari mulut harimau, lalumasuk mulut singa. Kuasayang adalah ibu, menjadiliar dan menerkam anak-anak bangsa yang menjaditertuduh oleh keberingasansistem yang takmenghendaki keadilanberdiri sebagai panglima,hukum yang mengatur,

namun hukum terbeli.Di sini, di negeri ini,

kengerian itu semakinmelebar. Indonesia dengansegala teori kesatuan mas-sif dalam logikakenegaraan yang tidakpernah bersatu secaraideologis. Walau dipaksa-paksa dan diseragamkan.Daerah bekas jajahanBelanda yang hingga saatini masih terjajah.Kebutuhan minimum untukpangan yang di era ordebaru mencapai puncakswasembada karenarevolusi hijau, tiba-tiba

runtuh seketika. Kemudianrusuh di mana-mana.Palingkan tatap ke Timurmata angin, di sana gelegarmesin pembasmisementara menghadapkanmoncongnya pada rakyat.

Negara berdaulat dengannama Indonesia, lebih daritiga belas ribuh lebihpulau, termasuk Sulawesi,yang dalamnya termasukdaerah kita, SulawesiUtara. Hingga hari inimasih coba ‘tebar pesona’seakan keadilan dankesejahteraan rakyatmenjadi issue utama

menaunginya, PeraturanPemerintah 24/2012 jugatidak berlaku surut.Artinya, investor tambang(khususnya mineral yangmemang didominasi asing)yang telah beroperasiproduksi sebelumPeraturan PemerintahNo.24/2012 dikeluarkantidak akan terkena dampakpemberlakuan aturantersebut. Hal ini membuatPeraturan Pemerintah iniagak bermasalah, samahalnya dengan UU No.4/2009.

(bersambung)

perubahan dalam konteksdemokratisasi.

Gelombang protes dandemonstrasi masih asyikmasyuk saja di jalan-jalanmenyuarakan keadilanyang terbantai di mana-mana. Sementarapemerintah sibuk sendiri.Ada issue baru, demikianpula ada kerja baru yangmenelantarkan banyakkeadilan dan kesejahteraanyang sudah lama digoyang-goyang supaya menjadibagian dari issue hari ini.

(bersambung)

(bersambung)

Page 14: Swara Kita, 02 Juli 2012

HOT NEWS

SENIN2 JULI 2012

Tom Cruise digugatcerai Katie Holmes

RP15 miliar untuk lima tahun dan berhak atas rumahBeverly Hills senilai Rp35 miliar, akan diterima KatieHolmes pascabercerai dengan Tom Cruise, ayahanaknya, Suri.

Mengutip femalefirst, aktris berusia 33 itumengajukan gugatan cerai dari aktor 49 tahun, yangmenikahinya pada November 2006.

Mengingat, keduanya menandatangani perjanjianpra-nikah sebelum mengikat simpul pernikahan, Tomyang memiliki kekayaan sekitar Rp275 miliardikabarkan harus memberikan Katie sebesar Rp15miliar selama lima tahun, serta memberikan rumahnyadi Beverly Hills Rp35 miliar.

Namun Katie yang menggugat cerai dengan alasanperbedaan yang tak terdamaikan, tengah berjuangmendapatkan hak asuh tunggal putri enam tahunnya,Suri. Termasuk mendapatkan biaya membesarkananaknya tersebut.

Pengacara perceraian Vikki Ziegler kepadaHollywoodlife.com mengatakan, “Tom harusmenanggung biaya hidup Suri. Mulai hak asuh anak,mobil, kegiatan, pakaian, perawatan rambut ke salon.Itu jumlah besar dan harus dilakukan setiap bulan demimempertahankan gaya hidup Suri.” (ini)

PESERTA MissWorld tahun ini baru91 orang yang sudahdiketahui namanya,meski tinggal tigapekan lagipenyelengaraannya,Padahal, Miss World2012 akan diikuti 126

wanita cantik.Ajang Miss World

akan kembali dihelat.Tahun ini, Ordos,Mongolia, China,terpilih menjadi lokasipenyelenggaraankontes kecantikandunia ini.

Menurut situsMissworld, parafinalis yang akanberpartisipasisebanyak 126 orang.Namun hingga kini,finalis yang terdaftarbaru 91 orang. Untukkawasan Asia

Tenggara, finalis yangdipastikanberpartisipasi ialahwakil dari Indonesia,Ines Chandra danVanessa Herrmanndari Thailand.Ines selaku Miss

Indonesia 2012 sangat

optismitis bisamengikuti ajang inidengan baik. Daracantik asal Bali iniakan berusahamemenangkan salahsatu babak fast track(jalur cepat) untukkategori sport,

sehingga bisamendapatkan tiketgratis melaju ke babak15 besar Miss World2012.“Ini merupakan

sebuah tantangan yangbesar buat saya,” kataInes.

Usaha keras diiringidengan doa, itulahyang kini tengahdijalani dara cantikdengan tinggi 167 cmdan berat 50 kg ini.“Dukungan terbesar

yang saya dapat darikeluarga. Mereka juga

berpesan, do yourbest. Terpenting,selama tidak terbebanidan masih tetap enjoy,keluarga akan terusmendukung. Jadi,dinikmati saja. Gowith the flow,”tutupnya.(okz)

Miss World 2012

YOONA “SNSD”

Tetap cantik tanpa Make-UpSUDAH tidak

diragukan lagikecantikan dari parapersonel SNSD,meskipun mereka tampildalam balutan busanabiasa di bandara. Sekalilagi, Yoona menarikperhatian banyakmasyarakat Koreakarena tampilannya yangnatural.

Foto yang diunggahpada media onlineberjudul “Yoo-na tidakmemakai riasan wajah”telah menuai obrolanhangat di sana.

Pada foto tersebuttampak Yoona sedangberada di bandara untukpergi ke luar negeri.

Yoona tidak memakairiasan wajah sama sekalidan mukanya ditutupidengan menggunakantopi hitam. Diamemamerkan kecantikanalami hanya dengan

YOONA “SNSD”

Gugupditontonsuami

SUPERMODEL dunia,Miranda Kerr tak inginsuaminya, Orlando Bloommenonton pertunjukanfesyennya, Victoria Secret.Alasannya, hadirnya Or-lando justru membuatnyagugup.

Mengutip femalefirst,supermodel dunia itumengakui melihatsuaminya hadir dalamacara fesyennya,menjadikannya gugup. Ialantas meminta Orlandobergabung di kamar gantibersamanya.

“Saya sangat tidak pernahingin Orlando berada dibangku penonton, karenaitu membuat saya gugup,”terangnya.

“Pernah dia datang, dansaat itu hak sepatu sayapatah,” imbuhnya.(ini)

mema-kai T-shirt putihdan celana pendek hitam.

Meskipun Yoona tidakmengenakan make-upsama sekali,kecantikannya yangnatural membuat parawanita cemburu meli-hatnya.

“Apa-kah dia be-nar-be-nar se-orang ma-nusia? Yoona tam-paklebih cantik tanpamemakai make-up.Matanya sepertimalaikat,” komentarsalah satu penggemaryang melihat foto Yoona,seperti dikutip dari StarNews.

Yoona memangdiketahui menjadi wanitapaling fa-vo-rit di an-tarapara pe-rso-nel SN-SDlainnya. Kecantikannyayang alami membuat dia=lebih ungguldibandingkan yanglain.(okz)

AGNEZ MONICA

Ucapan Ultahdari Missy Elliot

ULTAHNYA yang ke-26hari ini, Minggu (1/7),rupanya menjadi begitu spe-cial bagi penyanyi cantik In-donesia, Agnes Monica,dalam merayakannya. Pasal-nya, di Twitter, Agnes men-dapat banyak ucapan dari parafans dan teman-temanartisnya, salah satunya darirapper Missy Elliot.

“#HappyBirthdayAgnezmomy Cancer sis! Hope u Enjoythis beautiful Day wherever u

are! *crabhugz*,” tulis Missydi akun Twitter pribadinya@MissyElliott, Minggu (1/7/2012). Tak hanya dari pelan-tun ‘Get Ur Freak On’ itu,Agnes juga mendapat ucapanselamat dari Mike Posner.

“everyone wish a HappyBirthday to @agnezmo!!!!!!!!!,” tulis Mike.

Dirly yang disebut-sebutpernah pacaran dengan Ag-nes, juga menyanyikan laguulang tahun untuknya.(dth)

Page 15: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN2 JULI 2012

Pep ... dari Halaman 16

Senyum ... dari Halaman 16

Milan ... dari Halaman 16

Dia malah tampil gemilang dan menjadi pahlawankemenangan Spanyol saat adu penalti melawanPortugal dini hari kemarin. Casillas mementahkanbola tendangan Joao Moutinho yang menjadieksekutor pertama Portugal.

Konsentrasi Casillas tetap terjaga meski sangkekasih, Sara Carbonero, berada tidak jauhdarinya. Sebagai presenter televisi Spanyol,Telecinco, Carbonero harus bertugas di pinggirlapangan, tak jauh dari posisi Casillas di bawahmistar Spanyol.

Saat Spanyol melawan Portugal di DonbassArena, Donetsk, Ukraina, kemarin, posisiCarbonero hanya berjarak dua meter dari garis tepilapangan. Saat timnas Spanyol memasukilapangan, Casillas dan Carbonero sempat bertatapmata. Keduanya saling melempar senyum.

Sepanjang pertandingan, posisi Carbonero tidakberubah. Bahkan, hingga adu penalti. Setelah lagaberakhir, barulah perempuan jelita itumewawancarai pemain di lapangan.Profesionalitas Carbonero patut diacungi jempol.Dia fokus sepanjang pertandingan dengan mencatatkejadian-kejadian penting yang terjadi. Dia jugatidak peduli terhadap sorotan kamera fotograferyang membidiknya saat akan mengambil foto timpada awal laga. Yang terpenting, Carbonero tidakpernah terlihat menyapa pemain Spanyol yangberada di bench meski jaraknya sangat dekat. Diabenar-benar fokus kepada pekerjaannya. Begitujuga ketika sesi turun minum, dia sibuk melaporkankejadian-kejadian di lapangan.

Keberadaan Carbonero sempat menjadi bahanberita saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Adayang menuding keberadaan Carbonero di pinggirlapangan mengganggu konsentrasi Casillas.

“Bukan kami (pers Spanyol) yang mempersoalkanCarbonero pada Piala Dunia 2010. Pers Inggrisyang membesar-besarkannya. Kami oke saja. Diapekerja yang bagus. Soal hubungan pribadi, ituurusannya sendiri,” kata Fabian Aragon, jurnalisdari Spanyol.(fjcm)

Alba juga menghabis-kan sebagian kariernyasebagai pemain junior diakademi La Masia, Bar-celona dan Guardiolatidak memiliki keraguanAlba adalah asset ber-kualitas untuk klub asaKatalan tersebut.

Kemudian, ketikaditanya siapa pemain

terbaik Barcelona saat diamenjalani empat tahunsukses bersama Blau-grana, Guardiola tak inginmenyebut hanya satupemain, melainkan selu-ruh pemain Barcelona di-anggap berjasa dalamkarir kepelatihannya.

“Saya mendapat kehor-matan untuk melatih se-

buah tim yang luar biasa,dengan filosofi di manasetiap orang percaya dandengan pemain yangsangat berbakat dan inginmelakukan hal yang lebihbaik setiap hari,” ujarpelatih berusia 41 tahunitu.

“Itu adalah rahasia dibalik semua keberhasilan

yang kita miliki,” tambah-nya.

“Setiap pemain Barcaadalah yang terbaik.Xavi, Lionel Messi danAndres Iniesta memilikibanyak bakat, tetapi begi-tu juga dengan Carles Pu-yol, Victor Valdes, Thier-ry Henry dan SamuelEto’o,” tutupnya.(okez)

Sebelumnya, kedua pihak antara Lille dan Barcatelah setuju dengan nilai transfer Affelay sebesardelapan juta euro. Akan tetapi, pemain ini bersikerasakan tetap bermain di Spanyol hingga tiga tahunsisa kontraknya berakhir nanti.(blnt)

Afellay ... dari Halaman 16

Direktur Olahraga ACMilan, Ariedo Braida danagen sang pemain DanielBolotnicov dilaporkanbertemu pada bulan Meilalu untuk melihat bagai-

mana situasi Forlan di In-ter.

Penampilan Forlan dimusim debutnya bersamaNerazzurri tak menge-sankan setelah hanya

tampil 18 kali dan men-cetak dua gol. Namun, halitu juga tak terlepas dariseringnya mantan pemainVillarreal ini dibekapcedera. Pelatih Inter, An-drea Stramaccioni jugauntuk musim depan tam-paknya lebih percaya ke-pada duet Milito danGiampaolo Pazzini. Di-prediksi, bangku cadanganakan bisa menjadi tempatyang akrab untuk Forlanmusim depan. Milan diya-kini siap menawarkan ke-sepakatan dua tahun de-ngan gaji senilai 4 juta europer musim. Pelatih Milan,Massimo Allegri juga bisa

kekurangan amunisi di linidepan menyusul kabarakan dilepasnya Robinho.

Selain Forlan, Rossonerijuga telah dikaitkan dengansejumlah nama sepertiSalomon Kalou, AndriyYarmelenko dan MaxiLopez. Namun, jika kabarForlan akan dilepasmenjadi kenyataan, pilihanRossoneri mungkin akanjatuh kepada Forlan.

LUCIO RESMITINGGALKAN

INTER

Berakhir sudah petua-langan Lucio bersama In-

ternazionale. Pemain ber-tahan asal Brasil itu me-mutuskan meninggalkanGiuseppe Meazza denganstatus bebas transfer padabursa transfer musim panasini. Kepergian Lucio itudiumumkan langsung olehmanajemen Inter di lamanresmi milik mereka. Di situdikatakan Lucio bersamamanajemen I Nerazzurisepakat membatalkankontraknya yang berakhirpada 2014 pada Jumat (29/6).

“Internazionale mengko-munikasikan telah mengi-rimkan surat yang meng-konfirmasikan pembatalan

kontrak Lucio pada LegaSerie A. Semua orang diInternazionale mendoakanLucio beserta keluarganyaagar sukses selalu,” tulispernyataan resmi Inter.

Lucio sendiri bergabungdengan Inter pada 2009dari Bayern Muenchen.Selama tiga tahun di Inter,Lucio telah bermain se-banyak 136 laga dan me-nyumbangkan lima gol disegala ajang. Selain itu iajuga membawa I Nerazzurimemenangi satu titel Scu-detto, dua Coppa Italia, sa-tu Super Coppa, satu LigaChampion, dan satu ClubWorld Cup.(okez/blnt)

Sebelumnya, entraîneur(pelatih) berjuluk Le Pré-sident itu bertemu presidenFFF, Noel Le Graet untukmendiskusikan masa depanBlanc. Awal pertemuanmereka terjadi Kami lalu.Tapi sebelum ada yangtercapai, Blanc lebih dulu

memutuskan mundur.Kemungkinan besar,

Blanc memang sudah takberniat bertahan. Mantanbek tim nasional Prancis itudisinyalir sudah tak dalammood yang bagus karenaperpanjangan kontraknyatak dilakukan sebelum

Euro. Sementara, calon fa-vorit pengganti Blanc ada-lah Didier Deschamps, re-kan Blanc di timnas Pran-cis saat memenangkan Pia-la Dunia 1998. Banyakyang menyayangkankepergian Blanc dari skuadLe Bleus. Salah satunya ada-

lah Michel Hidalgo, mantannahkoda Prancis era 70-80an. Hidalgo menganggapBlanc adalah sosok pas danberkualitas untuk menu-kangi Prancis. Bukti bang-kitnya performa skuad darireruntuhan bencana Ray-mond Domenech, menjadi

referensi nyata Blanc.“Sangan disayangkan

Blanc tak bertahan. Sulituntuk dimengerti tapikeputusan itu mutlak pilihanBlanc,” ujar Hidalgo kepadaBFMTV, Minggu (1/7/2012). Sementara berbicarasoal Deschamps yang

menjadi calon terkuatsuksesor Blanc, Hidalgobakal mendukung penuh,:“Di usianya yang sudahmencapai 43 tahun, dia(Deschamps) sudah siapakan segalanya. Dia punyakualitas yang bagus,” tutupHidalgo.(okez)

Blanc ... dari Halaman 16

Sitorus berjaya di BNI Olympic 2012GOLF

GOLFER asal PelindoBitung, Alex Sitorus,sukses menjadi yangterbaik di ajang BNIOlympic Golf 2012. Da-lam iven yang berlang-sung di Padang GolfWenang, Sabtu (30/6)akhir pekan lalu, Sitorus

meraih Best Gross Over-all.

Turnamen dalam rangkaHUT ke-66 Bank BNI1946 yang mengusungtema “Tumbuh BersamaNegeri” ini juga memun-culkan Adi Rano sebagaiperaih Best Nett Overall.

Hebatnya lagi, Adi jugameraih 2 kategoriketangkasan, yaitu Near-est to the line dan Near-est to the pin. Total ada 11piala yang diperebutkan,termasuk salah satunyadiraih koran ini lewatperforma Pemred SKH

Swara Kita, HendraZoenardjy (Henzoe).

Dalam sambutannya,Head of Consumer andRitel BNI WilayahManado IndomoraHarahap mengucapkanterima kasih ataspartisipasi dari para

undangan dalamturnamen tahun ini.“Kami gembira denganpenyelenggaran turnamenkali ini, terutama denganpemberlakuan sistem 36.Tentunya sistem ini adakelebihan dan jugakekurangannya, kiranya

kita semua bisamemakluminya,” ujarMora, yang dalampelaksanaan turnamenini ikut didampingiFirmansyah, RegionSales Manager BNIW i l a y a hManado.(teem)

Stoner samai poin LorenzoCASEY Stoner berhasil

menjuarai balapan Moto-GP Belanda, tadi malamWIB. Kemenangan inimembuat Stoner berhasilmenyamai poin yang diraihpemuncak klasemen JorgeLorenzo.

Dengan kemenangan ini,maka Stoner menyamaiperolehan poin Lorenzodengan torehan sama 140poin. Hasil ini, membuatpembalap Repsol Hondamembuat kompetisi men-jadi seru lagi. Ini jugamenggagalkan Lorenzomeraih empat kemenanganberuntun.

Dalam balapan yangberlangsung di SirkuitAssen, Sabtu (30/6) malamWIB, Stoner mendapatkansedikit keuntungan setelahLorenzo terjadi sejak lappertama setelah berseng-golan dengan Alvaro Bau-tista pada tikungan perta-ma.Sementara itu, pembalapDani Pedrosa sempatmembuat kejutan dengan

merebut posisi terdepan.Selama 15 lap, pembalapasal Spanyol itu memaksaStoner hanya membuntutimotornya dari belakang saja.

Pada lap ke-16, lewatsebuah aksi Stoner berhasilmelewati motor Pedrosauntuk pertama kalinya. Halini membuat pembalap asalAustralia itu semakinpercaya diri, dan menggebermotor hingga maksimal.

Lap berikutnya, Stonersemakin jauh meninggalkanPedrosa dan terus bertahanhingga menyentuh garis fi-nis. Sementara itu, Lorenzoterlihat frustasi dan tidakdapat keluar dari peringkat19 dari 21 pembalap yangmengikuti balapan kali ini.

Duel seru juga terjadipada perebutan peringkatketiga. Andrea Doviziosoberhasil melewati pem-balap Yamaha Ben Spies,satu lap menjelang bubaranuntuk memastikan podiumterakhir di MotoGPBelanda.(kmcm)

STONERmenyamaiperolehan poinLorenzo dengantorehan sama 140poin.

ASIA JUNIOR CHAMPIONSHIP 2012

Indonesia hadapi Jepang di Perempatfinal

LANGKAH para pen-dekar Garuda junior, ter-bilang mulus di Asia JuniorChampionship. Berbekalkemenangan 4-1 atas Tai-wan, Melati Daeva cs me-lenggang ke perempatfinalsebagai Juara Grup B.

Sebelumnya, Indonesiayang seharusnya mengha-dapi Mongolia partai per-tama Grup, mendapat ke-menangan walk out (WO).Barulah di partai keduamelawan Taiwan, Indonesiaturun lapangan dan menangmutlak. Dari lima partaiberegu, Indonesia hanyakehilangan poin di tunggaputra. Arif Gifar Ramadhankeok dari Wang Tzu Wei, 19-21 dan 17-21. Tapi sisanya,baik di tunggal putri, gandaputri, ganda putra dan gandacampuran, Indonesia suksesmelahap kemenangan.

Lolosnya Indonesia ditutuppartai ganda putri MelatiDaeva Oktaviani/RosyitaEka Putri Sari dari pasangan

Taiwan, Chen Sih Yu/ChenTing Yi dengan kemenangan21-10 dan 21-19.

Next, Jepang sudahmenanti di babak delapanbesar. Jepang keluar sebagairunner-up Grup D setelah dipertandingan pamungkasGrup, dicukur China, 1-4.Manajer tim, YacobRusdianto mengaku akanmempersiapkan skuad sebaikmungkin. Pasalnya, lagaketat diprediksi akan terjadibermodal faktor sistemgugur di perempatfinal.

“Saya rasa pertandinganakan berlangsung ketat,kalah atau menangkemungkinan akan berakhirdengan skor 3-2 dansebaliknya. Indonesia danJepang memiliki peluangyang sama kuat, namun kitaharus tetap optimis bisamengalahkan Jepang” kataYacob Rusdianto, ManajerTim Indonesia, sepertidisitat situs resmi PBSI,Minggu (1/7).(okez)

Page 16: Swara Kita, 02 Juli 2012

SENIN 2 JULI 2012NOMOR 02020 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMANHarga: Rp.2000,-

Luar Kota + Ongkos Kirim

SPORTAINMENT

Senyum untuk CasillasSARA CARBONERO

SARA Carbonero selalu mengembangkansenyum saat berada di pinggir lapangan. Tidakmudah menjaga konsentrasi ketika bermain dihadapan sang kekasih. Namun, tidak demikianhalnya dengan kiper Spanyol, Iker Casillas.

Baca: Senyum( Halaman 15 )

Balotelli tetap di City

MARIO Balotellikembali membantahakan meninggalkanManchester City. Pe-nyerang Timnas Italia inimenegaskan akan tetapbersama The Citizensdalam beberapa tahunmendatang.

Penyerang kontrover-sial itu kembali mem-perlihatkan aksispektakuler di lapangan.Balotelli mencetak dua

gol di babak pertama untukmempermalukan Jerman 2-1 di babak semifinal.

Rumor kepindahan pe-nyerang 21 tahun itu me-mang sudah beredar sejaklama. Arsitek RobertoMancini dikabarkan inginmenjualnya, untuk mem-beli bomber Robin vanPersiE dari Arsenal, padabursa transfer musim panasini.

Namun, agennya Mino

Raiola membantah rumortersebut dan menegaskanmantan penyerang InterMilan itu tidak akan ke-mana-mana. “Sejak Kamismalam, saya menerimabanyak permintaan dariCina, AS, Afrika dan nega-ra lain yang tidak saya ke-tahui,” demikian klaimRaiola. Meski banyakketertarikan dari kliennya,namun Raiola percayaBalotelli akan memberikan

kontribusi lebih di Pre-mier League. “Balotellisudah memberikan pili-hannya,” lanjutnya, kepa-da Radio Monte Carlo.

“Bersama Balotelli,kami ingin mengatakanBalotelli ingin menetapselama tiga atau empattahun lagi di Inggris.Jangan lupa, tahun depanmerupakan musim ketigadi sana dan dia baru 21tahun,” tandasnya.(okez)

Blanc mundurdari Prancis

TEPAT setelah dua harilepas kegagalan Prancisdi Euro 2012, LaurentBlanc menyatakan mun-dur dari jabatan kepe-latihannya. Blanc me-mutus pembicaraan de-ngan presiden FFF(PSSI-nya Prancis), Sab-tu malam waktu setem-pat. Sedianya, capaianBlanc tak sebegitu jelek-

nya di Polandia-Ukraina.Mereka dihentikan juarabertahan, Spanyol dibabak perempatfinal dansebelumnya di babakGrup, mereka suksesmempertahankan hargadiri historis dengan musuhtradisional mereka, Ing-gris. Tapi skuad Prancisbenar-benar masih men-jadi sorotan, terutama ka-rena tingkah-laku mereka.Sebelum Euro, PatriceEvra pernah berulah danakhirnya membawa kor-ban posisinya di bek kiriyang digusur Gaël Clichy.

Santer juga terdengaradanya keretakan harmonitim usai tim Ayam Jantandihentak Swedia 0-2 padalaga terakhir fase Grup. Lan-tas, ada pula ‘balada’ perse-teruan Samir Nasri denganawak media dan bahkansempat menantang seorangreporter untuk baku pukul. LAURENT Blanc

menyatakan mundur darijabatan kepelatihannya.

ARSITEK RobertoMancini dikabarkan

ingin menjual Balotelli, untuk membeli

bomber Robin vanPersei dari Arsenal,pada bursa transfer

musim panas ini.

Milan siap bajak forlanSEBUAH langkah menge-

jutkan bisa dilakukan ACMilan ketika beredar kabarmereka akan mengajukan ta-waran untuk merekrut DiegoForlan dari rival sekotanya,Inter Milan. Menurut Tutto-sport, setelah memutuskantidak memperpanjang kontrakLucio, Forlan bisa menjadinama besar berikutnya yangmeninggalkan Nerazzurri.

Rossoneri berminat meng-hidupkan kembali kesempatanstriker Uruguay itu untuk tetapberkarier di Serie A. Milan dika-barkan ingin Forlan bisa mem-buktikan kemampuannyabermain di Serie A, setelah padamusim 2011-2012 penampilanpemain berusia 33 tahun itudianggap tidak bersinar.

DIEGO Forlan.

Pep: Barcelona tepatboyong Jordi Alba

MANTAN Pelatih Bar-celona, Pep Guardiola me-muji keputusan Blaugranauntuk memboyong bek kiriValencia, Jordi Alba.Barcelona mengumumkankesepakatan transfer Albapada Kamis lalu.

Nilai transfer Alba dariValencia mencapai 14 jutaeuro dengan rincian pemba-yaran dua kali, tujuh jutaeuro pertama bulan ini dantujuh juta euro lagi akhir mu-sim depan. “Jordi Alba ada-lah transfer hebat,” kataGuardiola kepada RCTI,Sabtu (30/6) lalu. “Sayaakan senang melihat dia ber-sama Barca musim depan,karena dia adalah pemainyang sangat bagus,” lanjut-nya. Alba kini tengahberkiprah bersama TimnasSpanyol di ajang Euro 2012,

dan penampilan pemainberusia 23 tahun itu meng-undang pujian.

PEP Guardiola.

Afellay tolak LilleIBRAHIM Afellay,

menolak bergabung de-ngan klub asal Prancis,Lille. Meskipun klub Ligue1 tersebut menyetujui nilaisebesar delapan juta eurountuk menarik Afellay dariNou Camp, nampaknyapemain 26 tahun inimenolak untuk merumputdi Prancis musim depan.

Lille sendiri saat ini te-ngah gencar mencari pe-main yang dapat menggan-tikan peran Eden Hazardyang telah bergabung keLiga Premier bersamaChelsea. Musim lalu diNou Camp, Afellay hanyabermain sebanyak limakali. Cedera menjadi peranutama atas kegagalannyatampil memuaskan bersa-ma Barcelona.

Afellay menegaskanbahwa dirinya akan tetapbertahan di Blaugrana. Dia

akan berusaha membukti-kan pada pelatih baruBarca, Tito Vilanova, akankualitas yang dia miliki.Walaupun banyak klubyang menginginkannya.

IBRAHIM Afellay.

Baca: Afellay( Halaman 15 )

Baca: Milan( Halaman 15 )

Baca: Pep( Halaman 15 )

Baca: Blanc( Halaman 15 )