Swara Kita, 04 April 2012

download Swara Kita, 04 April 2012

of 16

  • date post

    25-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    271
  • download

    6

Embed Size (px)

description

04 April 2012

Transcript of Swara Kita, 04 April 2012

  • RABU 4 APRIL 2012NOMOR: 01946 TAHUN VI

    Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060e-mail:redaksi@swarakita-manado.com www.swarakita-manado.com

    TERBIT 16 HALAMANHarga: Rp.2000,-

    Luar Kota + Ongkos Kirim

    Kisah pejabat yang tersandung kasus plagiat di dunia pendidikanPresiden Hungaria akhirnya mundurPresiden Hungaria Pal Schmitt akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya, Senin (2/

    4) waktu setempat atau Selasa (3/4) waktu Indonesia, menyusul tuduhan plagiatisme pada disertasidoktoralnya. Akibat tuduhan tersebut, dia dibayangi pemakzulan oleh anggota parlemen kubu oposisi.

    PAL Scmitt mengumumkan pengunduran dirinyasebagai Presiden Hungaria di hadapan parlemen.(foto: ist)

    Baca: Presiden( Halaman 11 )

    PENGUNDURAN diriSchmitt dilakukan bebe-rapa hari setelah dirinyabersumpah bahwa diser-tasinya bukan hasil pla-giat. Sejak kasus ini di-ungkapkan oleh majalahHungarian HVG Januarilalu, gelombang demon-strasi masyarakat mun-cul, menuntut mantan

    juara anggar olimpiadetahun 60an ini mundur. Disituasi seperti ini, ketikapermasalahan pribadi sayamemecah belah negara,bukannya menyatukan-nya, saya pikir sudah saat-nya mengakhiri pekerjaan,dan mengundurkan diri,kata Schmitt di parlemen,dikutip dari CNN.

    Schmitt menulis disertasi-nya pada tahun 1992 diUniversity of Physical Edu-cation, yang sekarangmenjadi bagian UniversitasSemmelweis di Budapest.Menurut penyelidikan uni-versitas, sebagian besar isidisertasinya adalah hasilplagiat. Komite penye-lidikan mengatakan, sekitar

    INTERNASIONAL

    200 dari 215 halamandisertasinya mirip dengandisertasi lainnya ataumerupakan terjemahanlangsung.

    Akibat temuan ini, univer-sitas mencabut gelardoktor Schmitt pada Kamispekan lalu.

    KONFERENSI Tinggak Tinggi ASEAN ke-20sementara berlangsung di di Phnom PenhKamboja, sejak Senin (2/4) lalu. Beberapa halstraregis dibicarakan dalam pertemuan tersebut.Hanya saja, usulan membuat mata uang tunggalseperti di kawasan Uni Eropa yang memiliki Euromasih tersendat.

    Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawanmenyatakan, saat ini 10 negara ASEAN tidakmemiliki semangat untuk membuat mata uangtunggal seperti di Eropa yang memiliki Euro. SpiritASEAN berbeda dengan Uni Eropa. Bahkan kitaharus belajar dari teman-teman di Eropa. Dan, iniharus jadi acuan kepentingan kita supaya menjadilebih baik, ungkapnya usai melakukan pertemuanpendahuluan tingkat menteri ASEAN EconomicCommunity (AEC) Council.

    Dengan tidak adanya niatan itu, tambah Gita,dalam pertemuan dengan seluruh menteriperdagangan ASEAN yang juga didampingi SekjenASEAN, maka tidak ada pembahasan khususmengenai mata uang tunggal ASEAN. Sebagaiinformasi, ide membuat mata uang tunggal dikawasan ASEAN memang sempat mencuat pada2011. Namun, seiring dengan memburuknyakawasan Eropa dengan mata uang tunggal Euro,membuat banyak negara ASEAN berpikir ulang.

    Pasalnya, mata uang tunggal dianggap bisaberdampak buruk bagi kondisi ekonomi bila terjadikrisis di Asia Tenggara, mengingat kapasitasekonominya berbeda-beda.

    Bahkan, Sekretaris Negara Kementerian Ekonomidan Keuangan Kamboja HE Kong Vibol tahun lalumengingatkan, penerapan mata uang tunggal akansangat rawan jika terjadi krisis. Sebagaimana yangterjadi saat (krisis) 2007-2008, maka negara-negaraASEAN harus membangun sistem keuangan yangjauh lebih tahan krisis, imbuhnya.

    Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) HartadiSarwono juga mengatakan penggunaan mata uangtunggal di antara negara ASEAN masih sangatpanjang.

    Tidak miliki semangatbikin mata uang baru

    KESEKSIAN yang dimilikinya sering membuatMegan Fox dijadikan sebagai simbol seks. Namun,bintang film Transformer ini tetap tak merasadirinya seksi. Tidak ada rahasia untuk menjadiseorang simbol seks. Aku hanya bermain dalampermainan ini, itu saja, kata Megan seperti dikutipThe Sun, Selasa (3/4) kemarin.

    Artis seksi 25 tahun ini juga cuek banyak yangmenyebutnya sebagai wanita liar.

    MEGAN FOX

    Cuek dijadikansimbol seks

    Baca: Tidak( Halaman 11 )

    SELEBRITI

    KTT ASEAN

    Baca: Cuek( Halaman 11 )

    MENTERI Perdagangan RI Gita Wirjawandan Sekretaris Negara Kementerian Ekonomi danKeuangan Kamboja HE Kong Vibol.(foto: ist)

    DONALD Rumokoy.

    MOBIL terbang Terrafugia Transition ketika ujicoba di jalanan dan jugaujicoba terbang. Hasilnya pun positif, sehingga sudah layak untuk dipasarkan.Harga per unit mobil terbang ini US$279 ribu atau sekitar Rp2,6 milyar.(foto: ap/dalc)

    JWS buka aibpemerintahan

    Tidak mendukung CNR,PNS Minahasa terancamakan langsung dimutasi

    JANTJE Sajow.

    TondanoIsu perpecah-an yang memicu konflikantara dua top eksekutifMinahsa, yakni Bupati DrsStefanus Vreeke Runtu(SVR) dan Wakil Bupati DrsJantje Wowiling Sajow(JWS), kian kuat tersiar,apalagi menjelang perhelat-an pemilihan Bupati/WakilBupati (Pilbup) Minahasaperiode 2013-2018 yang akandihelat akhir 2012 ini. Kali inimenyeret seorang oknumPNS yang kedapatan men-dukung salah satu bakalcalon Bupati, bukan men-dukung anak dari SVR yakniCareig Naichel Runtu (CNR),tetapi mendukung JWSyang langsung dimutasi.

    Adalah Gerardus Malon-da, seorang pegawai ren-dahan di Sekretariat DekabMinahasa yang secara tiba-tiba langsung dinotadi-naskan ke KelurahanSasaran karena memasang

    stiker JWS di kendaraannyadan memasang baliho JWSdi depan rumahnya. Ketikadikonfirmasi, Malondamenyatakan bahwa dirinyamengaku kalau tidak adayang salah dengan aksidukung-mendukung calonyang dilakukannyatersebut.

    PekanbaruTangandingin Brigjen Pol DrsBenny Mamoto sebagaiDirektur Pengejaran danPenindakan Badan Nar-kotika Nasional (BNN)kembali membuahkan hasil.Buktinya, bersama denganWakil Menteri Hukum danHak Asasi Manusia (Wa-menkum-HAM) DeniIndrayana dan petinggiBNN lainnya, melakukanoperasi intelijen rahasiadan mendadak di tengahmalam buta di LembagaPemasyarakatan (Lapas)Pekanbaru, Senin (2/4)dinihari sekitar pukul 03.00WIB.

    Mamoto Cs mendarat diBandara Sultan SyarifKasim (SSK) II Pekanbarusekitar pukul 02.00 WIB.Rombongan tersebut di-bantu sekitar 30 personelanggota Brimob meng-gunakan penutup wajah(sebo) dan bersenjatalengkap langsung menujuLP di Jalan PemasyarakatanNo 19 Pekanbaru.

    Hasilnya, jenderal asalSulut ini berhasil menciduksatu tahanan LapasPekanbaru atas nama JufriTanjung. Jufri yangteridentifikasi sebagaimantan Ketua PemudaPancasila periode 2003-2006, langsung diboyongke Jakarta via pesawatPekanbaru-Jakarta pukul07.00 WIB paginya. Saatpenggerebekan berlang-sung di pintu Lapas Pekan-baru, sempat terjadi bakuhantam antara Deni ber-sama rombongan melawanpenjaga pintu LapasPekanbaru. Penjaga pintuLapas Pekanbaru menolakmemberi izin masuk tamupukul 03.00 WIB subuh.

    Namun karena terusdidesak, akhirnya pintumasuk Lapas terpaksadibuka oleh sipir penjaraLapas Pekanbaru. Di dalamLapas Pekanbaru itu,Mamoto Cs langsungmenuju kamar tahananyang dihuni Jufri Tanjungdan dipandu oleh sipirpenjara.

    Dari keterangan yangdihimpun di TKP,Wamenkum-HAM danBNN sendiri sudah lamamemantau jaringan JufriTanjung melalui pantauanponsel terpidana JufriTanjung tersebut. Terma-suk dugaan beberapa tran-saksi, dan hasil keuangan,money loundring dugaanhasil penjualan narkoba,dan lain-lain.

    NARKOBA

    Mamoto Csciduk eksKetua PPdi Lapas

    HARYONO Umar.

    KISRUH UNSRAT

    Pemeriksaan Inspektorat Dikti dirahasiakanManadoSelasa (3/4)

    kemarin, menjadi hari yangcukup melelahkan bagisejumlah dosen di Universi-tas Sam Ratulangi (Unsrat)Manado. Pasalnya, kemarinTim Investigasi Inspektoratdari Dirjen PendidikanTinggi (Dikti) Kementerian

    Pendidikan dan Kebudaya-an (Kemendikbud) RI turunke Unsrat.

    Kedatangan mereka untukmemeriksa kesimpangsiuranserta dugaan cacat hukumatas hasil penjaringanPemilihan Rektor (Pilrek)Universitas Sam Ratulangi

    (Unsrat) Manado Maret lalu,yang meloloskan 3 namacalon dengan jumlah suaramasing-masing Prof DrDonald Rumokoy SH MH,Prof Dr Bernhard Tewal SEME dan Dr Ir Joice Supit MS.

    Saat ini tim investigasiInspektorat Kemendikbud

    sedang turun ke Unsrat. Sahtidaknya proses penjaringanRektor Unsrat, itu tergan-tung hasil laporan dari timinvestigasi kepada DirjenDikti, yang nantinya akanmengambil keputusan.

    PENGAMANAN PASKAH

    Polda Sulut siap siagaManadoJelang pera-

    yaan Jumat Agung danPaskah yang akan diraya-kan umat Kristiani, pihakkepolisian mulai memper-siapkan pengamananperayaan hari besar ini.

    Bahkan di daerah ini,Polda Sulut telah menyiap-kan ratusan personil untuksiaga mengamankan jalan-nya perayaan keagamaanini.

    Kapolda Sulut Brigjen PolDrs Dicky Atotoy Selasa(3/4) kemarin mengatakan,untuk pengamanannya dimasing-masing Polressudah diperintahkan untuksiaga.

    Menurutnya, penga-manan ini akan disesuai-kan dengan tipikal danstrategi Polres, karenaseluruh Polres yang ada diSulut berbeda-beda lang-kah pengamanannya.

    Misalnya akan ada

    kegiatan pawai menyam-but Paskah di beberapalokasi, personil kepolisianakan mengatur beberapateknis di dalamnya agarrangkaian acara berjalandengan baik. Dan kegiatanini dilakukan berbedawaktu, jadi masing-masingPolres yang akan meng-atur strateginya.

    DICKY Atotoy.

    TRANSPORTASI

    Mobil terbang Transition siap dipesanNew YorkAda mobil

    bisa terbang datang kePameran Otomotif In-ternasional New York pe-kan ini. Namanya Terra-fugia Transition, pesawatdengan dua tempat

    duduk, dua sayap yangbisa dilipat, empat roda danlampu tanda berbelok arah.

    Selama beberapa tahunterakhir perusahaan ber-basis di Massachusettsmenyebut kreasi mereka

    sebagai roadable air-craft dan kemudian akhir-akhir ini mereka meng-gantinya dengan streetlegal airplane.

    Baca: Pemeriksaan( Halaman 11 )

    Baca: Polda( Halaman 11 )

    Baca: JWS( Halaman 11 )

    Baca: Mamoto( Halaman 11 )

    Baca: Mobil( Halaman 11 )

  • RABU 4 APRIL 2012

    FPN BUBARAGENDA

    Rakerkes bakal baha