Sukses Wirausaha Menggapai...

download Sukses Wirausaha Menggapai ¢â‚¬“Mimpi¢â‚¬â€Œ 175. ¢  Jika kita ingin sukses sebagai pengusaha,

of 20

  • date post

    24-Jan-2020
  • Category

    Documents

  • view

    20
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Sukses Wirausaha Menggapai...

  • IS SN

    1 41

    2- 21

    70

    LAGANSA฀(Layanan฀Pelanggan฀Bogasari):฀฀0807-1800-888, (021) 43920250 e-mail:฀lagansa@bogasariflour.com,฀Waktu฀Layanan:฀Hari฀Senin฀-฀Sabtu฀Pukul฀08.00฀-฀17.00฀(Kecuali฀Hari฀Libur฀Nasional)

    Kiriman฀GRATIS฀dari: PT ISM Tbk. bogasari �our mills PORTO฀DIBAYAR฀/฀TAXE฀PERCUE

    Nomor:฀05/PRTD/JKU/DIVRE฀IV/2011 Berlaku:฀s.d.฀31฀Desember฀2011

    Edisi฀175/฀Tahun฀XI฀/฀2011

    Sukses Wirausaha Menggapai “Mimpi”

    MITRA Media฀Usaha฀Kecil฀Menengah฀Makanan฀Berbasis฀Tepung

    WACANA TURUT MEMBANGUN GIZI BANGSA

  • Edisi฀175/Tahun฀XI/2011฀* Wacana Mitra

    PENERBIT: PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari Flour Mills. ISSN: 1412-2170 Penasihat: Franciscus Welirang, Herman Djuhar, Pembina: Hans R. Aditio, P. Soegiono D, Budi Sugianto, Koko Santosa, Ivo Ariawan, Roland Taunay, Penanggungjawab: Uluan D.P. Manurung, Pemimpin Redaksi: M.R. Pamungkas Redaksi: Louis M. Djangun, Rudianto Pangaribuan, Kontributor: Effendi, Ahmad Hadiyanto, J .M. Qayyuum; Roy Hudiana, Sylvia, Joko Pramono, Josaphat S. Wijaya, Julius Ronadi, Suhaeli Ali. Desain & Lay-out: Melcky. Sekretariat, & Distribusi: SME Relations Department Alamat Redaksi: PT. Indofood Sukses Makmur tbk. Divisi Bogasari Flour Mills, Jln. Raya Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta - 14110, PO. Box 2000 JKU 14013. Telp : (021) 43900170-174, Fax : (021) 43920049, e-mail: wacana.mitra@bogasariflour.com DISTRIBUSI TERBATAS UNTUK KALANGAN SENDIRI, TIDAK DIPERJUALBELIKAN

    Sajian฀Utama฀฀......................................................฀฀฀3-7 Manajemen฀฀.........................................................฀฀฀฀฀฀฀8 Info฀..........................................................................฀฀฀฀฀12 Tips฀..........................................................................฀฀฀฀฀14฀ Resep฀......................................................................฀฀฀฀15฀ Asal฀Usul฀...............................................................฀฀฀17 Kontak฀....................................................................฀฀฀฀18 Kuis฀..........................................................................฀฀฀฀19

    Pembaca yang budiman, tahun 2011 Bogasari pabrik Jakarta memasuki 40 tahun beroperasi dan berkarya Turut Membangun Gizi Bangsa. Oleh karena itu angka 40 menjadi momen penting sebagai simbol bagi Bogasari untuk tetap memegang komitmen menghasilkan produk berkualitas dan layanan yang prima.

    Dalam rangka ulangtahun ini Bogasari memanfaatkan kesempatan untuk berterimakasih dengan memberikan apresiasi kepada para pelanggan atas kesetiaannya menggunakan produk bogasari.

    Ada 40 paket umroh gratis yang disediakan oleh bogasari bagi para pelanggan yang setia mengumpulkan dan mengirimkan e-kupon ke Bogasari. Selain itu juga ada 400 koin emas seberat 3 gram dan voucher pelatihan di Bogasari Baking Center selama 2 hari.

    Semua pengguna dan pengecer terigu produk Bogasari kemasan 25 kg edisi umroh berpeluang memenangkan hadiah utama tersebut. Oleh karena itu kumpulkan dan kirimkan sebanyak-banyaknya segel e-kupon yang ada di kemasan khusus edisi umroh. Siapa tahu Anda pemenangnya.

    Karena ini merupakan program apresiasi, walaupun sudah diikutsertakan dalam undian, poin reguler masih tetap berlaku.

    Pembaca yang budiman, pada edisi kali ini kami mengajak anda untuk “bermimpi” jika ingin berhasil dan maju dalam setiap aktivitas usahanya. Mimpi yang dimaksud di sini adalah menyiapkan masa depan dengan ide-ide yang kreatif dan tidak pernah cepat puas dengan perolehan hari ini.

    Jika kita ingin sukses sebagai pengusaha, jangan takut bermimpi,untuk melangkah lebih jauh lagi ke depan. Selamat dan Sukses. M

    Dalam rangka 40 tahun beroperasinya Bogasari pabrik Jakarta, Bogasari mengajak para pelanggan setianya untuk umroh gratis bersama Bogasari. Caranya kirim e-kupon yang ada pada karung terigu 25 kg kemasan khusus Umroh.

    Meningkatkan Kemampuan, Memicu Prestasi Kerja ... Hal. 6

    Untuk mengarahkan karyawan, sebaiknya dibuatkan kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan ketrampilan dan prestasi kerja

    Untuk mengikat konsumen agar menjadi pelanggan yang setia, jangan hanya sebatas saat bertransaksi saja. Tetapi layani mereka sampai puas

    Website baru: www.bogasari.com ... hal 16

    Setelah sempat absen beberapa waktu, akhirnya pada 1 April 2011, Website Bogasari kembali hadir di

    dunia maya dengan tampilan baru, menu-menu baru dan tentu saja

    dengan semangat yang baru pula

    Layani Konsumen Sampai Puas ..... Hal. 10

  • Sajian Utama

    Wacana Mitra * Edisi 175/Tahun XI/2011

    Bagi Anggota BMC (Bogasari Mitra Card): Daftarkan nomor HP anda dan Informasikan setiap perubahan nomor telepon/HP Anda ke 0807-1-800-888, karena setiap informasi BMC akan disampaikan melalui SMS.

    Wirausahawan Harus Punya “Mimpi”

    Suatu sore di hari libur saya punya cu-kup waktu untuk jalan-jalan ke sebuah kampung di pinggiran timur Jakarta. Secara tidak sengaja saya lihat dan iseng nyamperin seorang lelaki muda usia sekitar 25 tahun yang sedang duduk santai. Kakinya diletakkan sekenanya di atas meja butut. Di telinganya terlihat kabel kecil yang tersam- bung ke hape miliknya. Kepalanya tampak bergoyang-goyang mengikuti irama musik.

    Saya berhenti memperhatikannya, spontan dia menurunkan kakinya. Saya mendekatinya, tanpa tahu mesti ngapain mendekati orang itu. Kebetulan di ruang ke- cil di rumah petak kontrakan itu terlihat ada pikulan berisi tak lebih dari 10 potong roti, dan itulah yang menjadi alasan saya untuk mulai berdialog. “Mas, beli roti dong”

    Dia menananggapi dan melayani per-

    mintaan saya. Setelah membayar, saya ber- niat meninggalkanya, diapun terlihat kem- bali duduk menikmati keasyikannya. Na- mun ada sesuatu yang sangat menganggu pikiran saya tentang suasana saat itu. Saya berbalik menghadap ke arah si penjual roti, yang spontan tampak dia juga bangun lagi dari duduknya. Setelah berbasa-basi tentang berita-berita yang sedang hangat, akhirnya saya melihat peluang untuk ngobrol lebih lanjut.

    “Kok nggak keliling jualan Bang ….?” tanya saya.

    “Capek Pak”, jawabnya enteng. “Memangnya sudah laku banyak hari

    ini?” “Nggak juga”. Jawabannya yang pendek-pendek mem-

    beri kesan bahwa ia tidak berminat dengan

    “Seorang wirausahawan adalah seorang yang

    kreatif dan inovatif, yaitu terus-menerus

    menciptakan dan berusaha menemukan

    hal-hal baru yang bertujuan meningkatkan

    hasil penjualannya.”

  • pertanyaan saya. Saya berniat menyudahi pembicaraan, tapi ada yang masih terusik dalam hati.

    “Bukankah kalau menjual roti lebih ban- yak keuntungan juga akan bertambah?”, de- sak saya.

    “Ya … lalu?”, tanyanya pendek. “Ya … Abang akan mendapat-

    kan banyak uang, dan mungkin suatu saat bisa membeli gerobak”.

    “Lalu?” katanya lagi. “Dengan punya gerobak, jang-

    kauan penjualan makin luas, bisa menjual roti lebih banyak, dan hasilnya akan lebih menguntung- kan”.

    “Lalu?” Saya melihat ekspresi ketidaknyamanan akan usulan saya.

    “Dengan keuntungan makin besar, suatu ketika Abang akan bisa membeli mobil roti, bahkan bisa punya bakeri sendiri”

    “Lalu?” “Ya, lalu Abang akan bisa me-

    nikmati hidup, duduk santai, dan tinggal menerima hasil”

    “Ah mimpi kali ya …. menurut Bapak, yang sedang saya lakukan ini apa? Saya sudah menikmati hasil, sudah duduk-duduk santai..”. tanggapnya dingin.

    Saya hanya tersenyum men- dengarnya, sambil masih men- gobrol beberapa hal lagi. Melihat gelagatnya yang tidak siap me- nerima masukan, saya pun pamit melanjutkan jalan-jalan sore sam- bil menenteng beberapa potong rotinya.

    Harus Lebih Baik Satu hal yang membuat kita gagal dalam

    usaha adalah sifat dan sikap cepat berpuas diri akan hasil yang sudah kita peroleh. Kawan kita dalam dialog di atas memang belum siap diajak berdiskusi tentang berwi- rausaha. Dia memang bukan wirausahawan. Dia tak punya mimpi menjadi wirausahawan. Dia hanya ‘tukang jual’. Maka, dia tampak puas dengan apa yang sudah terjual. Itulah batas kepuasannya.

    Seorang wirausahawan adalah seorang pemimpi, dan sekaligus juga orang yang

    Sajian Utama

    Edisi 175/Tahun XI/2011 * Wacana Mitra

    tidak pernah boleh cepat berpuas diri akan jumlah penjualannya hari ini. Seorang wi- rausahawan adalah seorang yang kreatif dan inovatif, yaitu terus-menerus menciptakan dan berusaha menemukan hal-hal baru yang bertujuan meningkatkan hasil penjualannya.

    Caranya adalah mempelajari hasil hari ini, menelusuri kelemahan, dan berupaya keras memperbaiki kendala yang ada.

    Setiap hari pasti ada kendala dan kekuran- gan. Kendala dan kekurangan itu – seperti

    proses kita di masa sekolah – adalah peker- jaan rumah setiap hari yang mesti disele- saikan pada hari ini juga. Keesokan harinya – setelah pe-er diperiksa guru, kita akan tahu dimana kesalahan kita. Mendiamkan kesala- han begitu saja? Tentu tidak. Karena sekolah

    menuntut kita untuk menjadi pandai, maka kita akan beru- saha mempelajari kesalahan dalam membuat pe-er itu se- hingga tidak terulang lagi kes- alahan yang sama, apalagi bila menghadapi ujian. Lagipula, kita punya tanggungjawab kepada orangtua yang sudah membiayai pendidikan.

    Demikian juga dalam me