Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

12
STEP 1 Terjemahan Seorang pria 24 th pekerja bank yang dipecat 6bulan lalu datang ke rsgm dgn gejala ulcers yang tidak pernah sembuh sejak 5bulan yang lalu dan makin sering dan parah,awalnya ulcers ketika tergigit tetapi akhir akhir ini lebih sering muncul.menurut pasien sejak 1 bulan terakhir ulcers belum sembuh tapi sudah muncul lagi.Jumlah ulcers 1-3 mayor cukup sakit dan biasanya berada di dalam bibir bawah /atas,kadang kadang ada di sudut mulut,riwayat pengobtannya:albotil,kenalog in orabase,enkasari tapi tidak menghasilkan apa pun riwayat makan : coklat,kopi 2gelas,kacang,pempek,cola,pencernaan yang buruk,susah tidur,dan punya penyakit sistemik berupa ulcers di perut.Pemeriksaan oral ada lesi di dalam bawah bibir yang tampak seperti di gambar. Sakit ketika di suntik glandula limfa pada leher terlihat bengkak dan sakit,kebersihan mulut buruk gigi depan atas berdesakan. STEP 1 1. Ulcers : a.Rani: pathologist condition because of epithel tissue is broken. b.Yf: hilangnya jaringan akibat melepasnya jaringan pada permukaan akibat melepasnya jaringan yang

description

Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

Transcript of Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

Page 1: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

STEP 1

Terjemahan

Seorang pria 24 th pekerja bank yang dipecat 6bulan lalu datang ke rsgm dgn gejala ulcers yang tidak pernah sembuh sejak 5bulan yang lalu dan makin sering dan parah,awalnya ulcers ketika tergigit tetapi akhir akhir ini lebih sering muncul.menurut pasien sejak 1 bulan terakhir ulcers belum sembuh tapi sudah muncul lagi.Jumlah ulcers 1-3 mayor cukup sakit dan biasanya berada di dalam bibir bawah /atas,kadang kadang ada di sudut mulut,riwayat pengobtannya:albotil,kenalog in orabase,enkasari tapi tidak menghasilkan apa pun riwayat makan : coklat,kopi 2gelas,kacang,pempek,cola,pencernaan yang buruk,susah tidur,dan punya penyakit sistemik berupa ulcers di perut.Pemeriksaan oral ada lesi di dalam bawah bibir yang tampak seperti di gambar. Sakit ketika di suntik glandula limfa pada leher terlihat bengkak dan sakit,kebersihan mulut buruk gigi depan atas berdesakan.

STEP 1

1. Ulcers : a. Rani: pathologist condition because of epithel tissue is broken.b. Yf: hilangnya jaringan akibat melepasnya jaringan pada permukaan

akibat melepasnya jaringan yang nekrotik dan meluas kedalam lamina propria didalamnya.

c. Putri: suatu luka yang terbuka yang memperlihatkan disintegrasi nekrosis jaringan sedikit demi sedikit.

d. Aniska: is suatu defek in epithel berupa lesi cekung yang kemudian mengakibatkan kehilangan pada lapisan epidermis.

2. Lymph Glanda. Yf: kelenjar yang menghasilkan limfa.

Page 2: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

STEP 3:

1. Urut-urutan lapisan kulit (epitel)Epitel membran basalis lamina propria (superfisial, intermediate, dalam) (wahyu)

Lapisan epitelium melapisi bagian luar, berbentuk pipih datar, disebut dengan stratified squamous epitelium. Membran basalis merupakan lapisan epitel pembagi antara lamina propria dan epidermis. (wahyu)

Gambar dr kp.

2. What is the diagnosis of the scenario. Give the reason! (aniska)? (yogi) terbukanya luka pada epitel keseluruh permukaan sampai dasar / lesi

ulcerasi. (aniska) Recurrent Apthous Stomatitis-RAS because in the scenario there is

an ulcus that show in oral mucosa. There is also a systemic disease (can show up outside the oral mucosa).

(putle) lesi primer makula, papula, plak, nodula. Lesi sekunder squama, ulcer. Jadi kesimpulannya sekunder. Titik sampe bercak, warna merah keputihan.

Diagnosis : RAS Mayor karena dari bentuk fisik terlihat seperti cekungan dengan border erythema berupa ulkus. Ukuran disebut mayor karena lebih dari 1 cm. (yoghi)

Apthae: penyebab masih belum diketahui. Yang lain hanya faktor pencetus. Penyebab utama belum diketahui.

Ras mayor penyembuhan lama, yaitu lebih dari lima bulan, berhubungan dengan kedalaman ulkus. Juga akan menimbulkan jaringan parut. (aniska)

3. Patofisiologi in the scenario (coco)? (yogi) adanya peningkatan sel T berasal sistem imunologi. (claudia) trauma , gangguan gastrointestinal, stress (menurunkan sistem

imun) terbentuknya vesikel / bulla pecah menjadi ulkus menjadi jaringan parut / cicatrix.

Page 3: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

Karena adanya enzim laktoperosida (secara alami dalam tubuh) yang terganggu, menyebabkan bakteri berkembang biak lebih cepat dengan tidak terkendali. Menurunnya imun dalam mulut dipengaruhi oleh pemakaian detergen pada pasta gigi, yang akan merusak jaringan saliva dan menurunkan imun dalam mulut.(yoghi)

Sistem Laktoperosikdase berfungsi sebagai bakteriostatis (pertahanan) dalam mulut. Namun bisa menjadi patogen dalam mulut jika bertambah dengan dosianat sama hidrogen peroksida yang bersifat bakteriosid. Jika pertahanan Laktoperoksidase rusak, maka akan menyebabkan bakteri berkembang biak dengan tidak terkendali. Disebabkan karena konsumsi zat pengawet, pewarna, dan zat pembasmi hama dr makanan. Pemakaian antiseptik dapat merusak semua bakteri yang berada didalam rongga sehingga lingkungan mulut juga rusak. Rangsangan perusak yang masuk akan ditanggapi tubuh secara local atau sistemik. Sebenarnya tubuh berusaha bereaksi untuk melindungi, namun akan berakhir merusak tubuh itu sendiri.

Berhubungan dengan hormon kortisol yg meningkat saat stress. Sehingga melambatkan penyembuhan luka. Dapat menurunkan IgA yang berfungsi sebagai imun dalam mulut. (wahyu)

Gastritis menyebabkan RAS ..... (aniska) 4. Clinical appearance in the scenario? (coco) putih kekuning2an, (shita) minor: ulkus abu-abu kekuningan, jika ditekan sakit, bentunya oval.

Mayor: ukuran > 5mm , warna sama dengan minor, di jaringan non keratin, ada di palatum mole dan tonsila palatina. Herpetiform: jumlah 10-100 , ukuran 1-2mm, warna abu2, tanpa adanya gambaran garis erithematous.

(yoghi) bentuk daratan. Minor : cekung tapi tidak dalam. Mayor: cekung dalam dengan pinggir kemerahan.

Ukuran bervariasi. Tengah berwarna kuning karena terjadi nekrosis sel. Dan pinggiran berwarna merah karena terjadi inflamasi. (yoghi)

5. the treatment in the scenario (yoghi)? Menghidari faktor predisposisi. Pengobatan lokal (obat-obatan

minum/kumur). Jika tidak kunjung sembuh kasih topikal steroid (untuk yang minor dan herpetiform). (putle)

Page 4: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

Menggunakan antibakterial seperti amoksilin. Juga menambah vitamin seperti B12 dan zat besi. Hanya yang mayor dan multiple yg diberikan antibiotik. (shita)

Pengobatan thalidomide (obat yg diberikan secara oral untuk menekan RAS) namun karena terlalu berbahaya jadi dihilangkan dari peredaran.

Prinsipnya: hilangkan faktor pencetus, jaga oral hygene lesi (sanitasi lesi), relieve of pain (hilangkan rasa sakit), ........

Diberikan penisilin untuk mencegah infeksi sekunder. (hafid) Untuk yang herpetiform bisa berkumur dengan tetrasiklin. (shita) Berkumur dengan chlorhexidine.

6. The symtomp in the scenario (shita)? ciri khas dari ras lesi hanya terdapat dalam rongga mulut. Gejala ada dua subjektif (rasa nyeri tidak sesuai dengan besarnya

sariawan di mulut-sesuai dengan pergerakan mulut, sakit saat dibuat mengunyah bila erosi mulai tertutup oleh sel epitel baru. Terkadang tidak menimbulkan demam) dan objektif (tampak erosi putih kekuningan-cenderung ke pemeriksaan, berbentuk bulat lonjong, sekitar erosi berwarna lebih merah dari sekitarnya). (aniska)

7. Klasifikasi of RAS (hafid)? (lila) minor: kecil, tunggal, diameter kurang dari 5 mm, biasanya di

daerah non keratin, tidak meninggalkan cicatrix. Mayor: 1-3 cm, berlangsung 4 minggu, biasanya meninggalkan jaringan parut. Herpetiformis: terdiri atas 10-100 ulcers. Ukuran 1-2 mm.

8. Kalau 6 ulcers tapi ukuran 3 mm, termasuk apa? Herpetiform9. Etiologi of ulcers (yf)?

Trauma , gastrointestinal disease, defisiensi dari vitamin B1, B2, B6, B12, hormonal/menstruasi?, asam folat, alergi makanan (LI)?, infeksi virus.

Hipersensitivitas terhadap organisme oral streptococcus sanguis. B12: kobalamin berfungsi untuk menghasilkan asam folat. B12 untuk

menghasilkan sel darah merah. Bisa terjadi defisiensi karena terdesak oleh vitamin lain misal karena berlebihan mengkonsumsi vitamin C. Se darah merah jika kurang, penyembuhan luka jadi berkurang. (coco)

Page 5: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

Bisa terjadi karena terjadi peningkatan IgE, jadi beberapa makanan saja yg bisa menimbulkan ulcer. Gangguan stomach ulcers.

Stomatitis karena alergi : stomatitis alergica. Nicotin yang dihasilkan tembakau pada perokok meningkatkan

karbon dioksida jadi menigkatkan keasaman dalam mulut. Bisa disebabkan oleh jamur karena pertahanan tubuh turun, ig

abnormal, maka akan menyebabkan ig hipersensitive. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan penipisan mukosa sehingga cepat robek.

Ulkus karena obat (stomatitis medica mentosa). Contohnya antiaglina/nicorandil. Antibiotik metonindazol, penisilin, tetrasiklin. Antikonvulsan clonazepam, hidantoin, lamotrigin. Antidepresan imipramin, fluexetin, dll.

Hormonal menstruasi penurunan estrogen mengakibatkan gangguan keseimbangan sel-sel mulut. Memperlambat proses keratinisasi sehingga menimbulkan reaksi berlebih dalam mulut, rentan iritasi lokal, sehingga menyebabkan RAS.

10.Clinical examination of the scenario (rani)? (wahyu)tahap awal menentukan faktor predisposisi, adanya riwayat

timbul kembali atau tidak –recurrent dan hasil pemeriksaan klinik, ada pemeriksaan darah (kapan dilakukan pemeriksaan darah?), tidak perlu mempengaruhi imunologi.

(claudia) akut/kronik, primer/rekuren, tunggal/jamak. Dilakukan pemeriksaan darah dimaksudkan jika terjadi keganasan jika

terjadi keganasan (bisa dilakukan jika ada penyakit yang tidak sembuh-sembuh)

11.What is the differential diagnosis in the scenario (yogi)? RAS herpetik (perbedaan RAS dan HSV)

Page 6: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

12. There is an ulcers, but why is it hurt when it’s being touched (wahyu)? Terjadi inflamasi di ulcer. Luka sampai ke lamina propria yang

banyak berisi saraf bebas nyeri.13. The relation between the diet history and hard to be healed (putle)?

Berhubungan dengan gastritis sehingga menyebabkan RAS.14. Why the lymph glandula hurt and swollen (putle)?

Lymph gl. merupakan sistem pertahanan tubuh. Lymph nodes are part of our immune system. Our body has

approximately 600 lymph nodes, but only in the submandibular area (the lower mandible; sub: bottom; mandible: the lower jaw), armpit or groin that felt normal in healthy people. Encased in a fibrous capsule

Page 7: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

that contains a collection of cells forming the body's defenses and is a screening antigen (foreign protein) of the lymph vessels that pass through it. Lymph vessels that flow to the lymph nodes. the location of lymph nodes will be known flow of lymph vessels that pass through it.

Because bypassed by the flow of lymph vessels that can carry antigens (microbes, foreign substances) and has immune cells so if there is an antigen that infect the lymph nodes can produce immune cells that much more to overcome antigen so that the lymph enlarged nodes. Enlarged lymph nodes can be derived from the addition of immune cells derived from the lymph node itself such as lymphocytes, plasma cells, monocytes and histiocytes, or because the arrival of inflammatory cells (neutrophils) to overcome the infection in the lymph nodes (lymphadenitis), infiltration (entry) of malignant cells or accumulation of metabolites disease macrophages (Gaucher disease)

By knowing the location of enlarged nodes then we can mobilize to the location of the possibility of infection or cause enlargement of the lymph node.

15. Is there any relation between ulcers and crowded tooth (yoghi)? Berhubungan dengan oral hygene, bisa juga dari cara menulisnya.

Page 8: Step 1 blok 10 SGD FKG UNISSULA 2011

KONSEP MAPPING

LESI ULSERATIF

RAS

SUBJEKTIF

PEMERIKSAAN PATOFISIOLOGI

ETIOLOGIPASIEN

OBJEKTIF