Soal UAS proses produksi I, 2009

1
\,-.,..\ UJIAN I SEMESTER MATA KULIAH HARHTANGGAL ryAKTU SIFAT UJIAN GANJIL TA 2010/2011 PROSES PRODUKSI I SABTU/ 5 NOVEMBER 2011 60 MENIT TUTUP BUKU Untuk soal yang bernemor sama, pilih salrh setu untuk dlkerJakan. 1. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian utama mesin freisl 1. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian utama mesin bubut! 2. Jelaskan pro$es-proses yang dapat dilakukan deogan mesin bubut! 2. Jelaskan pro$es-proses yang dapat dilakukan dengan mesin freis! 3. Jelaskan perb€daaa m€sin sekrap (shaper) dengan mesin serut (planer)! 4. Jelaskan fungsi mesin gerinda! 4. Jelashan dengan ringkas cara kerja mesia broachingt. 5. Jelaskan perbedaan mesin drill dan mesin Dor! 6. Sebuah betda kerja berdiameter 30 mm akan dikurangi diameternya sampai 28 mm dengan menggunakan mesin bubut. Panjang benda kerja 400 mm. Feeding yang digunakan 0,1 mm/putaran sedangkan putaran spindel 400 rpm. Panjang langkah pengawalan dan pengakhiran masing-masing 3 mm. Hitung waktu pemesinan (t.) yang diperlukan! Rumus-rumus elemen dasar pemesinar dengan mesin bubut: a = {do - d*) 12 v = fi,d.n d=(do*d^)12*do Yf = f 'n t"=Q,lv, Z=f.a.v,", SOAL B

description

UNRI

Transcript of Soal UAS proses produksi I, 2009

Page 1: Soal UAS proses produksi I, 2009

\,-.,..\

UJIAN I SEMESTERMATA KULIAHHARHTANGGALryAKTUSIFAT UJIAN

GANJIL TA 2010/2011PROSES PRODUKSI ISABTU/ 5 NOVEMBER 201160 MENITTUTUP BUKU

Untuk soal yang bernemor sama, pilih salrh setu untuk dlkerJakan.

1. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian utama mesin freisl1. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian utama mesin bubut!

2. Jelaskan pro$es-proses yang dapat dilakukan deogan mesin bubut!2. Jelaskan pro$es-proses yang dapat dilakukan dengan mesin freis!

3. Jelaskan perb€daaa m€sin sekrap (shaper) dengan mesin serut (planer)!

4. Jelaskan fungsi mesin gerinda!4. Jelashan dengan ringkas cara kerja mesia broachingt.

5. Jelaskan perbedaan mesin drill dan mesin Dor!

6. Sebuah betda kerja berdiameter 30 mm akan dikurangi diameternya sampai 28 mmdengan menggunakan mesin bubut. Panjang benda kerja 400 mm. Feeding yangdigunakan 0,1 mm/putaran sedangkan putaran spindel 400 rpm. Panjang langkahpengawalan dan pengakhiran masing-masing 3 mm.Hitung waktu pemesinan (t.) yang diperlukan!

Rumus-rumus elemen dasar pemesinar dengan mesin bubut:

a = {do - d*) 12

v = fi,d.n

d=(do*d^)12*do

Yf = f 'nt"=Q,lv,

Z=f.a.v,",SOAL B