Soal Try Out Ukdi Batch 1 Januari 2014 (Upn)

download Soal Try Out Ukdi Batch 1 Januari 2014 (Upn)

of 36

  • date post

    15-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    33
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Soal Try Out Ukdi Batch 1 Januari 2014 (Upn)

SOAL TO UKDI JANUARI 2014 UPNILMU PENYAKIT DALAM

1. Wanita usia 45 tahun datang kontrol dengan membawa hasi; GDP 118 mg%, IMT normal, Pemeriksaan fisik DBN, HbA1c dilakukan dua kali, hasil pertama 6,8 dan hasil kedua didapatkan nilai 7. Diagnosa ?

a. Normal

b. Sindroma metabolik

c. Gangguan toleransi glukosa

d. Prediabetik

e. Diabetes melitus tipe II

2. Seorang perempuan, usia 27 tahun, datang dengan keluhan berdebar-debar, cemas, mudah marah, dan mudah berkeringat. Pada pemeriksaan fisik, didapatkan exophtalmus (+), benjolan di leher ikut saat menelan. Diagnosa ?

a. Penyakit Hashimoto

b. Simple Goiter

c. Graves disease

d. Thyroid storm

e. .

3. Peternak ayam, datang dengan keluhan pilek. Didapatkan riwayat ayam mati mendadak pada peternakan miliknya. Diagnosa ?

a. H1N1

b. Avian Influenza

c. H2N0

d. .

e. .

4. Pasien wanita, 27 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan sesak nafas sejak 30 menit yang lalu. Sesak terutama saat terkena debu dan udara dingin. Gejala muncul sebanyak 3x/minggu. Terapi awal pada pasien ini adalah ?a. Injeksi steroid

b. Inhalasi steroid

c. Inhalasi bronkodilator jangka pendek

d. Inhalasi bronkodilator jangka panjang

e. .5. Pasien laki-laki datang ke UGD dengan keluhan nyeri dada di atas ulu hati. Pada pemeriksaan EKG didapatkan ST depresi V1-V5. Pemeriksaan apa yang mendukung diagnosis ?a. CRP

b. CKMB

c. Troponin I

d. Profil Lipid

e. Darah lengkap

6. Perempuan 23 tahun, datang dengan keluhan demam 8 hari terus menerus, tidak menggigil. Laboratorium : Hb 9.0, leukosit 8000, trombosit 150.000. Pada pemeriksaan apus darah tepi tampak eritrosit mengecil. Ditemukan parasit dengan cincin biru. Gambaran tersebut sesuai dengan parasit ?

a. Plasmodium vivax

b. Plasmodium falciparum

c. Plasmodium malariae

d. Leishmania spe. .7. Pria 25 tahun, datang dengan keluhan buang air besar cair, berlendir, dan berdarah. Ditemukan parasit berbentuk tidak teratur dan inti sel eritrosit di dalamnya. Mikroorganisme apa yang sesuai dengan gambaran di atas ?a. Entamoeba histolytica

b. Shigella sp

c. Salmonella typhii

d. E. Coli

e. Vibrio cholera

8. Pria 54 tahun, didiagnosa DM tipe II 3 bulan yang lalu. Pasien sudah mendapat edukasi untuk modifikasi gaya hidup. Saat ini pasien datang kontrol dengan GDS 215 mg/dL. Tindakan yang paling tepat dilakukan selanjutnya adalah ?

a. Modifikasi gaya hidup + olahraga teratur

b. Modifikasi gaya hidup + metformin 2 x 500 mg

c. Lanjutkan gaya hidup seperti saat ini

d. Insulin

e. Insulin + metformin 3 x 500 mg

9. Obat TB yang menyebabkan penurunan efek OHO ?

a. Rifampisin

b. INH

c. Pirazinamid

d. Etambutol

e. Streptomisin 10. Pasien datang kontrol dengan keluhan sesak nafas saat datang 2 minggu yang lalu. Pasien memiliki riwayat merokok 10 batang per hari. Pemeriksaan yang hendaknya dilakukan untuk melihat perkembangan pengobatan ?

a. Peak flow meter

b. .

c. .

d. .

e. .11. Pasien usia 50 tahun dengan DM tipe II, datang dengan keluhan lemas. GDS 50 mg/dL. Dua hari yang lalu pasien kontrol ke dokter. Yang menyebabkan pasien merasa lemas ?

a. Sulfonilurea

b. Insulin

c. Biguanid

d. Glitazone

e. Acarbose

12. Pasien dengan diagnosa hipertensi dan asam urat. Obat yang tidak boleh diberikan ?

a. ACE inhibitor

b. ARB

c. Diuretik

d. CCB

e. Beta blocker

13. Seorang perempuan usia 40 tahun datang dengan keluhan nyeri ulu hati, nyeri dirasakan sangat hingga menganggu aktivitas pasien, terutama pada malam hari. Nyeri berkurang dengan obat maag. Riwayat nyeri pinggang dan rutin minum obat anti nyeri. Obat anti nyeri apakah yang dapat menimbulkan keluhan pada pasien ?a. Paracetamol

b. Natrium diclofenac

c. Asam mefenamat

d. Aspirin

e. Celecoxib

14. Laki-laki usia 65 tahun, seorang perokok berat sejak usia 15 tahun. Pasien biasa merokok 20 batang per hari. Pasien mengeluh sesak nafas. Apabila dilakukan pemeriksaan thorax foto, gambaran apa yang mungkin terlihat ?a. Hiperinflasi paru

b. Honeycomb appearance

c. Snow storm

d. .

e. .

15. Seorang anak, usia 6 tahun sering menangis tiap malam karena merasa gatal dan nyeri pada bokongnya. Pasien sering bermain tanah dan saat mau makan pasien tidak cuci tangan sehabis bermain. Pemeriksaan lanjut apa yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosa pasien ini? (inti soal : pasien kremi-an)a. Swab tenggorokb. Darah lengkap

c. Pemeriksaan feses dengan swab perianal

d. .

e. .

16. Seorang wanita usia 35th memiliki kebiasaan merokok. Pasien memiliki keluarga yang menderita DM. Tanda-tanda gejala DM pada pasien tidak ada, pf.fisik N. Pasien ketakutan terkena DM. Tindakan apa yang dilakukan?a. Memberi obat DMb. Cek Gula darah

17. Pasien seorang pria 70th datang dengan keluhan nyeri dada. Diberi gambaran ekg :Ventrikel Takikardi. Tindakan yang dilakukan :a. Obat digitalisb. Defibrilasi

18. Seorang pria didiagnosa TB dengan HIV. Maka pengobatan yang diberikan:

a. 2RHZE/4RH

b. 2RHZ/4RHc. .

d. .

e. .19. Pasien usia 60th datang dengan keluhan sesak, batuk. Pasien memiliki riwayat merokok 2 bungkus/hari sejak usia 16 tahun. Px.fisik ditemukan ekspirasi memanjang. Wheezing+. Diagnosa pasien ini:

a. PPOK

b. Asma

20. Pasien baru pulang dari NTT didapatkan demam 3 hari lalu turun. Diberi gambaran pemeriksaan darah tepi. Penyebabnya:

a. Plasmodium vivaxb. Plasmodium ovale

c. Plasmodium falciparum

21. Pasien usia 40th datang dengan kuning 3 hari lalu. Paisen mual,muntah,lemas. Sebelumya riwayat penggunaan narkotika +. Px fisik Hepatomegali. Kemungkinan dari hasil lab:

a. HbsAg+, antihbs-,igGb. HbsAg+,antihbs-,igM

c. HbsAg-,antihbs+,igM

22. Pasien memperoleh pengobatan Tb. Lalu urin berwarna kemerahan. Obat apa yang menyebabkan urine berwarna merah :

a. Rifampicin

b. Setreptomisin

c. Etambutol

d. Pirazinamid

23. Pasien wanita 40th mengalami pusing,lemah,meracau. Riwayat DM+ . Pengobatan DM ia minum terus menerus. Obat apa yang menyebabkan kejadian tersebut

a. Metformin

b. Glibenklamid

24. Pasien mengeluh nyeri perut kanan atas setelah makan makanan berlemak. Diagnosa:

a. Kolelitiasis

b. Kolelisisitis

c. Pankreatitis

25. Pasien laki-laki 25 tahun datang dengan keluhan demam sejak 3 hari lalu disertai mual.. Px.fisik N. Rumple leed+. Px.lab Hb12,Ht 42, Leukosit 4700, trombosit 100.000. Diagnosanya:

a. DD

b. DHF grade 1

c. DHF grade 2

d. DBD

26. Pasien Hipertensi ada DM, Gangguan ginjal. Diberi obat golongan:

a. Diuretik

b. ACE inhibitor

c. Beta bloker

27. Pasien Pria 30 tahun keluhan demam tinggi 4 hari lalu. Kencing berkurang. Nyeri pinggang+. Nyeri ketok CVA+, nyeri suprapubik -. Diagnosa:

a. Nefrolithiasis

b. Uretrolithiasis

c. Pyelonefritis

28. Wanita usia 45 tahun, datang kontrol dengan membawa hasil GDP 118 mg%, IMT normal, pemeriksaan fisik dbn. HbA1C dilakukan 2 kali. Hasil pertama 6,8 dan kedua 7. Diagnosa ?

a. Normal

b. Sindrom metabolik

c. Gangguan toleransi glukosa

d. Pre diabetike. DM

29. Titik schuffner ditemukan pada plasmodium?

30. Penderita DM gemuk. Pilihan terapi?

31. Grave disease. Hasil laboratorium yang menunjang diagnosa ?

a. TSH menurun, T4 meningkat

b. TSH normal, T4 normal

c. T3 dan T4 menurun

d. TSH meingkat, T4 menurun

e. .

32. Pengobatan pada soal di atas.33. Kompleks QRS menyempit reguler. Tatalaksana ?

a. Masase vagal

b. Digitalis

c. Antihipertensi dengan O234. Obat profilaksis malaria

35. Perempuan usia 35 tahun, keluhan demam disertai menggigil. Pasien baru saja berpergian ke daerah timur Indonesia. Pemeriksaan fisik, tanda vital normal. Dari sediaan apus darah tepi ditemukan gambaran sebagai berikut (gambar p. falsiparum). Diagnosis dari penyakit ini adalah ?

36. Pasien diagnosa TB (+). Sudah minum obat TB. Pada akhir bulan ke-6, diperiksa BTA masih (+). Apa yang akan dilakukan ?

37. Pasien riwayat DM. Mengalami penurunan kesadaran, sebelumnya minum obat tetapi tidak sarapan. Terapi awal?

38. Gejala hipertiroid. Pemeriksaan apa yang dilakukan ?

a. TSH

b. FT4

c. T3

OBGYN1. Seorang wanita, G2P0, datang dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, keluar darah coklat, terlambat haid 2 bulan. Dilakukan pemeriksaan nyeri goyang porsio (+), cavum douglas menonjol. Diagnosis pasien adalah?

a. PID

b. Endometriosis

c. Apendisitis

d. KET

e. Abortus

2. Seorang wanita, G2P0, datang dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, keluar darah coklat, terlambat haid 2 bulan. Dilakukan pemeriksaan nyeri goyang porsio (+), cavum douglas menonjol. Tindakan yang dilakukan adalah?

a. USG

b. Transfusi

c. Foto Polos Abdomen

d. Kuretase

e. Laparotomi

3. Seorang wanita, 23 tahun, datang dengan keluhan keluar perdarahan berbau busuk. Sebelumnya terlambat haid 2 bulan, lalu dibawa kedukun beranak. Dari pemeriksaan inspekulo didapatkan ostium terbuka, sebagian jaringan masih ada di cavum uteri. Diagnosis pasien adalah?

a. Abortus sepsis

b. Abortus komplit

c. Abortus inkomplit

d. Missed abortus

e. Abortus iminen4. W