Soal Ilmu Nutrum Semester Pendek 2012 2013

1
FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG UJIAN AKHIR SEMESTER PENDEK 2012/2013 MATA UJIAN : ILMU NUTRISI TERNAK RUMINANSIA HARI/TANGGAL : RABU, 31 JULI 2013, WAKTU : 13.00-14.40 SIFAT : OPEN BOOK DOSEN : Dr. Ir. MARJUKI, M.Sc. Petunjuk: - Jawab soal-soal berikut secara singkat dan jelas pada kertas folio bergaris dengan TULISAN TANGAN ! - Angka di depan soal merupakan persentase bobot penilaian. - Jawaban soal dikumpulkan pada pertemuan kuliah hari RABU, 31 JULI 2013, WAKTU : 13.00- 14.40 di Ruang 3 Soal : (10 %) 1. Proses pencernaan pada ternak ruminansia secara umum dibagi menjadi tiga macam proses. a. Sebutkan ketiga macam proses pencernaan tersebut ! b. Di bagian alat pencernaan yang mana masing-masing proses pencernaan tersebut terjadi ? (20 %) 2. Untuk memenuhi kebutuhan zat makanan bagi tubuhnya, ternak ruminansia sangat-sangat tergantung pada populasi dan aktifitas mikroba di dalam rumen. Atau dengan kata lain mikroba rumen mempunyai fungsi penting bahkan esensial bagi ternak ruminansia dalam memperoleh pasokan zat makanan untuk tubuhnya. Sebut dan jelaskan dua fungsi penting mikroba rumen bagi ternak ruminansia dalam memperoleh pasokan zat makanan untuk tubuhnya ! (30 %) 3. a. Sebutkan dua jenis karbohidrat yang terdapat pada pakan ternak runminansia ! b. Sebutkan dua macam proses pencernaan yang terjadi pada karbohidrat oleh ternak ruminansia ! c. Jelaskan perbedaan kedua macam proses pencernaan yang terjadi pada karbohidrat tersebut ditinjau dari: - Jenis KH yang dicerna - Produk akhirnya d. Sebutkan keuntungan dan kerugian proses pencernaan karbohidrat pada ternak ruminansia! (20 %) 4. a. Sebutkan keuntungan dan kerugian proses pencernaan senyawa nitrogen pada ternak ruminansia! b. Ternak ruminansia diketahui dapat memanfaatkan NPN sebagai sumber protein bagi tubuhnya, bahkan ternak ruminansia telah terbukti dapat hidup dan berproduksi dengan diberikan dan mengkonsumsi pakan tanpa true protein sama sekali asalkan pakan tersebut mengandung NPN. Jelaskan alasannya dan bagaimana mekanismenya! (20 %) 5. a. Sebut dan jelaskan pentingnya lemak dalam pakan ternak ruminansia terkait dengan kualitas produk ternak ruminansia ! b. Proses pencernaan lemak dalam rumen terjadi dalam dua tahap, sebut dan jelaskan kedua tahap proses tersebut ! SELAMAT MENGERJAKAN DAN SUKSES

description

wa

Transcript of Soal Ilmu Nutrum Semester Pendek 2012 2013

Page 1: Soal Ilmu Nutrum Semester Pendek 2012 2013

FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

UJIAN AKHIR SEMESTER PENDEK 2012/2013

MATA UJIAN : ILMU NUTRISI TERNAK RUMINANSIA HARI/TANGGAL : RABU, 31 JULI 2013, WAKTU : 13.00-14.40 SIFAT : OPEN BOOK DOSEN : Dr. Ir. MARJUKI, M.Sc.

Petunjuk: - Jawab soal-soal berikut secara singkat dan jelas pada kertas folio bergaris dengan TULISAN

TANGAN ! - Angka di depan soal merupakan persentase bobot penilaian. - Jawaban soal dikumpulkan pada pertemuan kuliah hari RABU, 31 JULI 2013, WAKTU : 13.00-

14.40 di Ruang 3 Soal :

(10 %) 1. Proses pencernaan pada ternak ruminansia secara umum dibagi menjadi tiga macam proses.

a. Sebutkan ketiga macam proses pencernaan tersebut ! b. Di bagian alat pencernaan yang mana masing-masing proses pencernaan tersebut terjadi ?

(20 %) 2. Untuk memenuhi kebutuhan zat makanan bagi tubuhnya, ternak ruminansia sangat-sangat tergantung pada populasi dan aktifitas mikroba di dalam rumen. Atau dengan kata lain mikroba rumen mempunyai fungsi penting bahkan esensial bagi ternak ruminansia dalam memperoleh pasokan zat makanan untuk tubuhnya. Sebut dan jelaskan dua fungsi penting mikroba rumen bagi ternak ruminansia dalam memperoleh pasokan zat makanan untuk tubuhnya !

(30 %) 3. a. Sebutkan dua jenis karbohidrat yang terdapat pada pakan ternak runminansia !

b. Sebutkan dua macam proses pencernaan yang terjadi pada karbohidrat oleh ternak ruminansia !

c. Jelaskan perbedaan kedua macam proses pencernaan yang terjadi pada karbohidrat tersebut ditinjau dari:

- Jenis KH yang dicerna - Produk akhirnya d. Sebutkan keuntungan dan kerugian proses pencernaan karbohidrat pada ternak ruminansia!

(20 %) 4. a. Sebutkan keuntungan dan kerugian proses pencernaan senyawa nitrogen pada ternak ruminansia!

b. Ternak ruminansia diketahui dapat memanfaatkan NPN sebagai sumber protein bagi tubuhnya, bahkan ternak ruminansia telah terbukti dapat hidup dan berproduksi dengan diberikan dan mengkonsumsi pakan tanpa true protein sama sekali asalkan pakan tersebut mengandung NPN. Jelaskan alasannya dan bagaimana mekanismenya!

(20 %) 5. a. Sebut dan jelaskan pentingnya lemak dalam pakan ternak ruminansia terkait dengan kualitas

produk ternak ruminansia ! b. Proses pencernaan lemak dalam rumen terjadi dalam dua tahap, sebut dan jelaskan kedua

tahap proses tersebut !

SELAMAT MENGERJAKAN DAN SUKSES