SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN GUDANG BENGKEL …€¦ · SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN GUDANG BENGKEL...

Click here to load reader

  • date post

    30-Apr-2018
  • Category

    Documents

  • view

    226
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN GUDANG BENGKEL …€¦ · SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN GUDANG BENGKEL...

  • 1

    SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN GUDANG BENGKELPADA AREMA MOTOR BENGKEL RESMI HONDA DENGAN

    DELPHI 2007 DAN SQL Server 2008

    Adi WijayaJurusan Sistem Informasi

    STMIK PalComTech Palembang

    Abstrak

    Perkembangan teknologi telah mengalami perkembangan dengan pesat baik perangkat kerasmaupun perangkat lunaknya. Perubahan tersebut telah membawa manusia menentukan tingkatefisiensi yang tinggi di segala bidang. Salah satu perubahan yang sangat berpengaruh adalahbisnis. Dengan adanya teknologi informasi dan pelayanan kepada pelanggan bisa menjadi lebihcepat sehingga meningkatkan daya saing perusahaan. Semakin berkembangnya teknologi, makasemakin berkembangnya pemrograman untuk menyampaikan informasi. Teknologi komputersangat di butuhkan terutama di perusahaan-perusahaan sebagai sarana informasi dan membantudalam menyelesaikan pekerjaan kantor seperti dalam aplikasi pengolahan data penjualan danpersediaan barang dalam penyampaian informasi.Sistem Informasi Persediaan Gudang Bengkel adalah suatu sistem yang akan membantu prosesinventarisasi dengan menerapkan pencatatan dari barang masuk, penyimpanan, sampai denganbarang keluar. Dilengkapi dengan sistem pelaporan yang sistematis dan akurat. Sistem InformasiPersediaan Gudang Bengkel ini dibuat dengan sistem multiuser yang memungkinkan pengaksesansistem informasi oleh beberapa user yang berbeda dalam suatu waktu. sistem informasipersediaan gudang bengkel pada Arema Bengkel Motor ini dibuat dengan menggunakanpemrograman Delphi 2007 dan SQL Server 2008 sebagai basis data. Metode pengembangansistem yang digunakan adalah metode Waterfall yang meliputi tahap analisis, desain, coding dantesting.Kata kunci : sistem, sistem informasi, gudang, persediaan, bengkel, Delphi, SQL Server

    PENDAHULUAN

    Perkembangan teknologi telah mengalami perkembangan dengan pesat baik perangkatkeras maupun perangkat lunaknya. Perubahan tersebut telah membawa manusia menentukantingkat efisiensi yang tinggi di segala bidang. Salah satu perubahan yang sangat berpengaruhadalah bisnis. Dengan adanya teknologi informasi dan pelayanan kepada pelanggan bisamenjadi lebih cepat sehingga meningkatkan daya saing perusahaan. Semakin berkembangnyateknologi, maka semakin berkembangnya pemrograman untuk menyampaikan informasi.Teknologi komputer sangat di butuhkan terutama di perusahaan-perusahaan sebagai saranainformasi dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor seperti dalam aplikasipengolahan data penjualan dan persediaan barang dalam penyampaian informasi.

    Sistem adalah kumpulan interaksi dari sub sistem, dan Manajemen adalah ilmumengelola sumber daya, sedangkan Gudang adalah tempat penyimpanan barang sementara.Secara ringkas sistem manajemen gudang mengandung pemahaman yaitu pengelolaan dariaktifitas yang saling terkait dalam aktifitas penyimpanan barang sementara. Pergudanganmerupakan bagian dari sebuah sistem logistik perusahaan untuk menyimpan produkperusahaan, serta menyediakan informasi bagi manajemen mengenai status, kondisi, sertaarus/perpindahan produk yang disimpan dalam gudang.

    Bengkel Arema Motor adalah sebuah bengkel resmi sepeda motor Honda yang bergerakdalam bidang distributor motor dan service. Kegiatan yang dilakukan oleh bengkel resmihonda ini adalah mulai dari penjualan suku cadang, perawatan kendaraan, dan pejualansepeda motor Honda.

  • 2

    Di gudang Bengkel Arema Motor terdapat sistem pengolahan data. Pengolahan data inisangat diperlukan dalam suatu gudang, karena dengan pengolahan data ini dapat dilihat aliranbarang masuk, barang keluar, ataupun stok barang yang ada di gudang. Pengolahan data padagudang Bengkel Arema Motor masih dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu denganmengisikan form yang telah disediakan oleh perusahaan kemudian disimpan di dalam mapuntuk di arsip. Sistem ini sudah baik, tetapi masih ada kelemahan yang dirasakan yangdibutuhkan agak sulit, karena harus mencari satu persatu arsip-arsip yang telah disimpan, haltersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, mekanik yang juga berperansebagai pengawas dalam pengecekkan persediaan suku cadang di gudang, sering menemukanketidaksesuaian data yang ada pada dokumen dengan yang ada di gudang.

    Permasalahan yang lain kemungkinan data atau arsip hilang atau rusak masih seringterjadi, dengan kesalahan ini perusahaan akan mengalami kerugian, hal inilah yang harusdihindari. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mendukung atausetidaknya mengurangi resiko-resiko kesalahan dalam penginputan barang yang mungkinterjadi.

    LANDASAN TEORI

    SistemMenurut Jogiyanto (2005:1), Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur

    yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan ataumenyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

    InformasiMenurut Jogiyanto (2005 : 8). Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang

    lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

    Sql Server 2008Menurut Utami (2008:1), SQL (Structured Query Language) pada dasarnya adalah

    bahasa komputer standar yang diterapkan untuk mengakses dan memanipulasi sistemdatabase. Sebuah database berisi satu tabel atau lebih dan memiliki nama yang berbeda untukmasing-masing tabel.

    Delphi 2007Menurut Tim Wahana Komputer (2009 : 01), program Delphi 2007 adalah suatu bahasa

    program yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi visual. Keunggulan bahasapemrograman ini terletak pada produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak,kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan pemrograman yangterstruktur.

    HASIL DAN PEMBAHASAN

    Data flow diagram (DFD)Data flow diagram merupakan alat bantu yang dapat menggambarkan arus data di

    dalam sistem dengan terstruktur dan jelas. berdasarkan hasil analisa penelitian, penelitimemberikan gambaran arus data terhadap sistem yang akan direncanakan sebagai berikut :

    1. Diagram KonteksDiagram konteks merupakan alat untuk struktur analisis. Pendekatan terstruktur ini

    mencoba untuk menggambarkan sistem secara garis besar atau keseluruhan. Dalam

  • 3

    penggambaran ini, sistem dianggap sebagai sebuah objek yang dijelaskan secara rinci,karena yang tekankan adalah interaksi sistem dengan lingkungan yang mengaksesnya.

    Gambar 1. Diagram Konteks

    2. Diagram Level 0Diagram Level 0 adalah Diagram yang menunjukkan semua proses utama yang

    menyusun keseluruhan sistem.

  • 4

    Gambar 2. Diagram Level 0

    Entity Relationship Diagram (ERD)

  • 5

    Berikut ini adalah gambar Entity Relationship Diagram (ERD) yang berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi atribut-atribut. Diagram Entity Relationship Diagram (ERD) dapat dilihat pada gambar 3

    Gambar 3. Entity Relationship Diagram (ERD)

    ImplementasiHasil penelitian yang penulis lakukan, didapatlah sebuah sistem informasi yang

    dirancang khusus untuk bagian gudang pada Arema Motor bengkel resmi sepeda motorHonda, sistem tersebut terdiri dari beberapa file pendukung yang terakumulasi dalam suatuproject program, file yang mendukung program tersebut yaitu :

    1. Tampilan Input Sistem

  • 6

    a. Form LoginForm login adalah suatu wadah untuk masuk ke menu utama dengan tujuan

    keamanan admin. Adapun tampilan Tampilan form login dapat dilihat pada gambar4

    Gambar 4. Form Loginb. Menu Utama

    File ini adalah file form menu utama yang merupakan tampilan utama dariprogram, adapun tampilan menu utama seperti pada gambar 5.

    Gambar 5. Menu Utama

    c. Form Input Data Order SparepartSub input data order sparepart berfungsi untuk mengolah data order

    sparepart, adapun tampilan sub menu input data order sparepart seperti padagambar 6.

  • 7

    Gambar 6. Form Input Data Order Sparepart

    d. Form Input Data SparepartSub input data sparepart berfungsi untuk mengolah data sparepart, adapun

    tampilan sub menu input data sparepart seperti pada gambar 7

    Gambar 7. Form Input Data Sparepart

    e. Form Input Data Penjualan SparepartSub input data penjualan sparepart berfungsi untuk mengolah data

    penjualan sparepart, adapun tampilan sub menu input data penjualan sparepartseperti pada gambar 8.

  • 8

    Gambar 8. Form Input Data Penjualan Sparepart

    f. Form Data PersediaanSub input data persediaan berfungsi untuk mengolah data persediaan,

    adapun tampilan sub menu input data persediaan seperti pada gambar 9

    Gambar 9. Form Data Persediaan

    g. Form Input Data Sparepart ServiceSub input data sparepart service berfungsi untuk mengolah data sparepart

    service, adapun tampilan sub menu input data sparepart service seperti padagambar 10

  • 9

    Gambar 10. Form Input Data Sparepart Service

    h. Form Input Data SupplierSub input data supplier berfungsi untuk mengolah data supplier, adapun

    tampilan sub menu input data supplier seperti pada gambar 11

    Gambar 11. Form Input Data Supplier

    i. Form Input Data Terima SparepartSub input data terima sparepart berfungsi untuk mengolah data terima

    sparepart, adapun tampilan sub menu input data terima sparepart seperti padagambar 12

  • 10

    Gambar 12. Form Input Data Terima Sparepart

    PENUTUP

    Bardasarkan dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Arema Motor, makadapat penulis mengambil kesimpulan yaitu Sistem informasi persediaan gudang bengkel,merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan yang bergerak pada bidangotomotif, karena bagian gudanglah yang mengelola, menyimpan dan merawat sparepart yangada. Sistem informasi persediaan gudang bengkel mempermudah sistem penerimaan danpengeluaran sparepart yang berlangsung berlangsung selama ini agar pengolahan data dapatdilakukan secara efektif dan efisien.

    Dengan pembentukan sistem baru yang terkomputerisasi diharapkan dapatmengantisipasi kebutuhan yang timbul untuk meningkatkan kinerja serta meringankan proseskerja dan menghemat waktu dan tenaga. Sistem informasi persediaan gudang bengkel yangbaik dapat disusun evaluasi dalam suatu periode tertentu sehingga akan mempermudahpengolahan dan penyimpanan data. Untuk terciptanya komputerisasi sistem penerimaan danpengeluara barang jadi yang bagus harus didukung perangkat Hardware, Software sertaBrainware yang mampu dan terampil

    DAFTAR PUSTAKA

    Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori danPraktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

    Tim Wahana Komputer. 2009. PAS Aplikasi Cerdas Menggunakan Delphi. Yogyakarta:Andi, Semarang: Wahana Komputer

    Utami, Ema. 2008. Mengoptimalkan Query Pada MS. Sql. Server. Yogyakarta: Andi.