Sist Terdistribusi

download Sist Terdistribusi

of 3

  • date post

    06-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    8
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Sistem Terdistribusi

Transcript of Sist Terdistribusi

CONTOH SISTEM TERDISTRIBUSI1. IBM Watson

IBM Watson adalah superkomputer paralel yang awalnya menjadi bahan penelitian IBM untuk meniru kecerdasan manusia dalam mengambil keputusan dari masalah yang berasal dari segala bidang. IBM watson atau lebih dikenal Watson awalnya digunakan oleh IBM untuk mengikuti kontes cerdas cermat yang bernama Jeopardy!. Watson bermain melawan manusia dalam menjawab sejumlah pertanyaan dengan clue-clue yang diberikan, setelah itu Watson dapat menyimpulkan jawaban dari informasi-informasi yang disimpannya di media penyimpanan, bisa berupa artikel internet, jurnal ilmiah, majallah baik dalam bentuk teks, gambar maupun suara. Sebagai informasi, watson mengumpulkan seluruh data-data mentah menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

Untuk memproses semuanya itu, mencari fakta, kata kunci dan memberi kesimpulan, Watson membutuhkan sumber daya yang besar. Hal itu yang mendasari IBM sebagai produsen superkomputer untuk membentuk sistem Watson.Watson bergantung pada beberapa Server IBM Power 750 yang masing-masing memiliki processor 8 core dengan 4 thread per core yang bekerja secara paralel. Gabungan server tersebut dapat menangani beban kerja yang dilakukan Watson, seperti IBM DeepQA yaitu sistem yang dirancang Watson untuk pengolahan bahasa alami (untuk menjawab pertanyaan). Dengan performa tersebut Watson mampu menjalankan 80 triliun operasi setiap detiknya serta dapat membaca 200 juta halaman per 3 detik. Sebagai informasi, untuk menjawab pertanyaan pada Kuis Jeopardy, Watson hanya membutuhkan waktu pemerosesan di bawah 3 detik.Sistem Terdistribusi pada IBM Watson adalah pada pembagian tanggung jawab untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Jawaban didapat setelah melalui proses pemilahan kata demi kata dan memeriksa keterhubungannya satu sama lain. Untuk memproses informasi tidak terstruktur yang jumlahnya sangat banyak watson menggunakan DeepQA yang berjalan pada framework Apache Hadoop.

Apache Hadoop adalah set algoritma yang digunakan pada media penyimpanan terdistribusi dan pemerosesan terdistribusi untuk menangani big data atau data yang jumlahnya sangat banyak. Hadoop terdiri dari Hadoop Common Package (HCP) yang menyediakan abstraksi filesystem dan abstraksi sistem operasi.Framework ini memungkinkan komputer bekerja dalam sebuah cluster dan terdapat Job Tasker yang bekerja untuk menentukan tugas-tugas pada setiap cluster. Cluster membentuk model graph dimana suatu terbubung dengan node lainnya. Terdapat Job Tracker yang menentukan jalur-jalur cluster yang dilalui untuk menyelesaikan suatu tugas. Suatu tugas dikerjakan secara estafet dari satu cluster ke cluster lain. Dari konsep kerja seperti itulah diyakini dapat memproses big data secara efisien.

Sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Watson_(computer)http://en.wikipedia.org/wiki/Hadoophttp://www.confreaks.com/videos/4644-strataconf2014-in-hadoop-analytics-and-ibm-s-watsonhttp://www.nytimes.com/2010/06/20/magazine/20Computer-t.html?pagewanted=all&_r=1&