Simpang5 Edisi Juni 2010

16

description

Tabloid Informasi Bisnis dan Belanja Semarang

Transcript of Simpang5 Edisi Juni 2010

Page 1: Simpang5 Edisi Juni 2010
Page 2: Simpang5 Edisi Juni 2010

Selain nikmat dan segar jika dimakan langsung, buah-buahan juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan. Magenta Spa, tempat spa yang diperuntukkan untuk wanita berlokasi di Jalan Lamongan Raya No 6 Sampangan Sema-rang, menghadirkan perawatan badan dengan buah-buahan pilihan, yang akan membuat Anda tampil segar dan cantik alami.

Perawatan badan menggunakan buah-buahan dan kekayaan alam di Magenta Spa memiliki beberapa varians. Anda bisa me-milih sesuai dengan kebutuhan.

Ada avocado, strawberry, chocolate, sea weed, dan green tea, semua perawatan tersebut dapat dinikmati dengan harga Rp 100 ribu. Selain itu, suasana ruang perawatan yang nyaman dengan menem-pati rumah sebagai tempat spa benar-benar tepat bagi setiap wanita yang meng-inginkan perawatan istimewa.

Berbagai jenis perawatan spa juga di-hadirkan untuk membantu Anda tampil cantik alami, meliputi body treatment,

hand and foot treatment, face treatment, dan lainnya. Setiap ruang body treat-ment didesain per ruangan yang membuat

pengunjung merasa nyaman. Pilihan perawatan untuk badan seperti milky bath, avocado, green tea, sea weed, chocolate, coffee, dan strawberry dapat dinikmati

di sini.

Untuk perawatan terbaru, Magenta Spa meng-

hadirkan Jas-mine Body

Kesegaran Buah-buahan untuk Kecantikan AndaSpa, yang meliputi mas-sage, scrub, masker, dan shower. Perawatanini dengan harga Rp 110.000. Di samping itu, ada pula perawatan khusus Magenta Body Spa yang meliputi footbath, sauna, body massage, body scrub, body conditioning, mandi rendam, shower, dan ratus yang memer-lukan waktu sekitar 3 jam dengan harga Rp 225.000,-.

Selain perawatan di atas ada pula hair treatment seperti creambath, hair mask, hair spa, dengan harga mulai Rp 35 ribu, mani-pedi Rp 35 – 45 ribu, facial dari Rp 60 ribu, bleach-ing badan/perbagian (bleach-

ing tangan Rp 30 ribu / kaki Rp 40 ribu / underarm Rp 15 ribu / selangkangan Rp 15 ribu), waxing tangan Rp 40 ribu / kaki Rp 60 ribu / ketiak Rp 25 ribu, terapi telinga Rp 20 ribu, dan lainnya.

Sebagai penghargaan pada para pelang-gan, Magenta Spa memperpanjang promo “5 free 1” setiap lima kali treatment mendapat free satu treatment yang sama. Promo ini berlangsung sampai akhir Juli 2010. (nif)

Jl. Lamongan Raya No 6 Sampangan - Semarang

Telp. (024) 74061563, Fax (024) 8508677

Buka Senin s/d Minggu: 09.00 – 20.00

Page 3: Simpang5 Edisi Juni 2010

EditorialSimpang5 No. 62/Th.VI/Juni 2010 3

Anda mempunyai saran dan kritik untuk kami?Atau Anda ingin berbagi pengalaman sepu-tar dunia bisnis, wisata, kuliner, property kepada pembaca lain?Caranya mudah : kirim saran dan kritik atau artikel Anda ke Redaksi Tabloid Simpang5, Jl. Admodirono I No. 25 Semarang dan dapat juga melalui email ke [email protected] atau [email protected]. Jangan lupa sertakan nama dan alamat Anda, atau disertai foto. Untuk artikel sertakan biodata anda dan no telepon yang dapat dihubungi. Setiap artikel, saran dan kritik yang anda kirimkan akan sangat kami hargai. Kami tunggu partisipasi Anda. Salam Antusias

Penerbit: PT. INFOMEDIA NUSANTARA by TELKOM Indonesia, Pelindung : Agina Siti Fatimah, Pimpi-nan Umum: Angger Pramuditto, Penanggung Jawab: Edy Sobari, Redaktur Pelaksana: Agung Susanto,Redaksi : Ahmad Munif, Artistik dan Desain : Mashud Susanto, Sadono Agung, Marketing : Gusman Uto-mo, Rinto Tri Laksana, Distribusi & Sirkulasi : Imam Susetya, Dwi, Fotografer : Munif, Alamat Redaksi : Jl. Admodirono I No. 25 Semarang. Telp. (024) 844 2444 Fax. (024) 844 3444, Email : simpang5@infomedia. web.id Weblog : simpang5.wordpress.com, Facebook : facebook.com/tabloidsimpang5, Hotline iklan : 70545415, Info berlangganan : 70877797

Graha EstetikaDeveloper : PT. Dasa Wilis RayaDesain Cover : PT. Dasa Wilis Raya

Liburan...

Hj. Lili Widojani Direktur utama Kaisa Rossie - Biro Perjalanan Wisata Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus

Wisata atau umrah, liburan sekeluarga adalah kesempatan yang sangat di harapkan. Team Kaisa Rossie siap 24 jam dalam mengaturkan berbagai paket wisata keluarga dengan biaya yang sangat terjangkau, misalnya ke Bali. Kaisa mem-punyai hotel berbintang 5 dengan harga hanya sebesar bin-tang 2 yaitu di Tune Hotel Kuta dan Legian yang dapat dikom-binasikan dengan pesawat Semarang - Denpasar PP.

Sedang bagi yang beragama Islam, umrah diadakan setiap seminggu sekali dengan sis-tem pembayaran tunai maupun menabung. Untuk periode keberangkatan tahun 2011, Kaisa Rossie memberikan hadiah haji khusus bagi jamaah yang beruntung.

Peggy Puspita SariSales & Marketing Manager Hotel Pandanaran

Dalam menyambut liburan sekolah, Hotel Pandanaran menggelar lomba menggambar, mewarnai dan menyanyi, dengan tema “Fun Holiday”. Ditujukan untuk anak-anak usia 4-12 tahun. Acara yang digelar pada tanggal 4 Juli di Pakoeboewono Ballroom ini, ber-tujuan untuk mengisi masa liburan anak-anak dengan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan.

Stella Florensia HutajuluDuta Wisata Semarang 2010

Jika mau liburan pastinya kita harus betul-betul mengerti tem-pat liburan yang mau kita tuju. Jangan sampai niatnya mau liburan malah nyasar nyari-nyari jalan, ngga lucu kan. Siapin juga budget yang cukup pastinya, kalau bisa jangan pas-pasan lho, karena kita ngga akan pernah tahu apa yang akan terjadi diluar sana.

Terus juga jangan lupa pakaian ganti jika merencanakan untuk menginap. Dan kamera wajib dibawa supaya kesan liburan kita ngga hilang. Bagi masyarakat luar kota, jika mau liburan jangan lupa mampir ke Semarang ya.

Sebuah artikel di web vision.net mengungkapkan, ada lima manfaat berlibur. Tentu artikel tersebut berdasar fakta yang dapat dipertanggungjawab-kan, karena semua manfaat tersebut berdasar-kan penelitian ilmiah dari berbagai lembaga

terkemuka. Manfaat tersebut meliputi: Hidup lebih lama, menjaga sel otak, meningkatkan kepuasan hidup, menurunkan ketegangan, dan memperbaiki kehidupan keluarga.

Disebutkan juga dalam artikel tersebut, dengan liburan ada sesuatu yang mengandung unsur-unsur pengoba-

tan, keluar dari rutinitas sehari-hari dan menikmati lingkungan berbeda. Setiap liburan memiliki manfaat unik. Bahkan bagi beberapa orang paket liburan satu minggu yang diatur dapat memiliki keuntungan tahan lama. Kadang-kadang suatu perjalanan adalah suatu eksplorasi perjuangan dan orang merubah cara mereka memandang diri dan keadaan sulit mereka di rumah.

Bisa jadi Anda juga mendapatkan manfaat tersendiri berkait dengan liburan. Yang jelas, liburan memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hampir setiap kita memiliki tuntutan pekerjaan atau target tertentu. Kebutuhan untuk menjaga keseimbangan hidup inilah yang kemudian mampu ditangkap para pengusaha untuk menyediakan layanan tour atau travel.

Edisi ini Tabloid Simpang5 mengangkat hot issue tentang liburan. Berbagai pen-dapat kami sajikan untuk Anda sebagai pertimbangan untuk berlibur. Tentu rubrik lain juga menghadirkan berbagai informasi untuk panduan bisnis dan belanja Anda. Sebagai tambahan info, Tabloid Simpang5 juga hadir dalam bentuk ePaper, yang beralamat di www.issuu.com/simpang5.

Munif – [email protected]

Page 4: Simpang5 Edisi Juni 2010

Saat ini memiliki sebuah hunian tidak cukup hanya sekedar mempertim-bangkan harga semata, tetapi juga nilai investasi di dalamnya. Memiliki sebuah hunian dengan nilai investasi tinggi adalah esensi yang patut dipertimbangkan. Bagi Anda yang menginginkan sebuah hunian dengan nilai investasi yang sangat tinggi dan teruji, maka Graha Estetika sangat layak menjadi pilihan utama. Hal ini tak lepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki yang tentu saja akan semakin memacu kenaikan nilai in-vestasi sebuah kawasan.

Aksesibilitas yang StrategisGraha Estetika memiliki aksesibilitas yang sangat strategis, berjarak hanya 1 menit ke tol Semarang–Solo dan 2 menit ke tol dalam kota. Hal ini pastinya memberikan kemuda-han akses bagi para penghuni, baik ke dalam kota maupun luar kota. Tidak hanya itu, pe-rumahan ini hanya berjarak 3 menit ke kam-pus terpadu Universitas Diponegoro yang merupakan salah satu Universitas terbaik dan terbesar di Jawa Tengah. Kegiatan di Universitas dengan luas area lebih dari 200

Ha ini serta rencana pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di dalamnya tentu saja memberi dorongan nilai komer-sial yang tinggi bagi kawasan ini.

Investasi TerujiSedikit berbeda dengan investasi biasa, Graha Estetika telah memiliki track record jelas atas kenaikan investasinya sejak ta-hun 1997. Annual increase in value yang terjadi secara konsisten mendorong banyak dari pembeli awal untuk kembali menanam-kan investasinya. Nilai investasi yang teruji dari sebuah kawasan tentunya tak lepas dari peran utama pengembang. PT.Dasa Wilis Raya, selaku pengembang Graha Es-tetika sejak awal telah memiliki komitmen dan kredibilitas tinggi dalam perencanaan dan pemilihan kawasan yang sangat matang untuk memberikan produk berkualitas bagi konsumen, dengan nilai investasi yang telah teruji hingga saat ini. Selama pengemban-gan perumahan Graha Estetika, terbukti telah banyak penghuni yang melakukan repeat order. Hal ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengembang karena telah mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat.

Lokasi PrimaLokasi yang terletak sekitar 215 m di atas permukaan laut ini tentunya memberikan ketenangan bagi penghuni dari ancaman banjir dan rob. Uniknya, lokasi ini memi-liki lahan yang datar meskipun terletak di daerah perbukitan, sehingga dengan struktur tanah yang sangat stabil, dapat dipastikan kawasan pemukiman ini aman dari bahaya longsor. Tidak hanya itu, lo-kasi yang terletak di sentra bisnis dan pendidikan tentunya juga memberi nilai tambah tersendiri bagi perumahan papan atas ini.

Lingkungan dan Fasilitas Pengembang telah memiliki komitmen un-tuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi penghuni kawasan ini, sehingga jelas penataan lingkungan sangat diperhatikan di sini. Salah satu kelebihan perumahan ini adalah infrastruktur bawah tanah dengan perencanaan yang sangat baik dan matang. Semua kabel ditanam di bawah tanah (un-derground), sehingga memberi kesan ling-kungan hunian yang tertata rapi dan asri. Tidak hanya itu, ketersediaan air bersih yang selalu terjaga 24 jam tentunya juga memberikan kenyamanan bagi penghuni. Graha Estetika juga memberikan sistem ke-amanan yang selalu terjaga dengan sistem cluster dengan tenaga keamanan yang se-lalu siap 24 jam.

Momentum TerbaikTolok ukur potensi kenaikan investasi se-buah kawasan bukan dilihat dari infrastruk-tur yang sudah ada, tetapi justru dari in-frastruktur yang akan terbentuk. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki mulai dari akses, lokasi, lingkungan, fasilitas yang

lengkap, rencana pengembangan kota dan infrastruktur yang matang, serta faktor tol Semarang – Solo, tidak salah bila diperki-rakan bahwa dalam waktu dekat, kawasan Graha Estetika akan menjadi hunian di pu-sat kota yang baru di kawasan Semarang Atas. Bisa dibayangkan bahwa tentunya kenaikan investasi kawasan ini akan me-ningkat secara signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya, inilah momentum yang terbaik untuk berin-vestasi di kawasan ini.“Kami berharap kenaikan nilai investasi ka-wasan ini bisa dinikmati tidak hanya oleh pengembang, tetapi juga oleh para penghu-ni Graha Estetika”, tutur Pandji Prabawa, Direktur Utama pengembang Graha Este-tika. Menyikapi tingginya animo masyara-kat, saat ini pengembang memberikan kemudahan khusus sampai akhir bulan Juni 2010 berupa bunga KPR ringan 6,88 % untuk semua transaksi serta program angsuran tanpa bunga bagi mereka yang ingin berinvestasi sebelum akses pintu tol Semarang - Solo diresmikan.

GRAHA ESTETIKA, hunian Idaman yang Berkembang di Jantung Semarang Atas

No. 62/Th.VI/Juni 2010Advertorial4 Simpang5

Page 5: Simpang5 Edisi Juni 2010

KecantikanNo.62/Th.VI/Juni 2010 5Simpang5

Keharuman yang berkelas akan me-nyempurnakan penampilan Anda. Jika Anda menyadari hal

tersebut Rumah Parfum yang terletak di Jl. Seroja Selatan 12 Semarang adalah pilihan yang tepat. Kita bisa memilih berbagai macam merk parfum import asli dengan harga bersaing.Tentu dengan banyaknya pilihan, kita bisa memilih par-fum sesuai dengan karakter dan keinginan kita.

Selain parfum impor adapula koleksi professional make-up merk NYX dari USA dengan ragam variasi lip-stik, concealer, blusher, glitter, dan eyelasher (klik: www.nyxcosmetics.com)

serta Jutanhak cosmetic.

Rumah Parfum juga me-layani pembelian secara kredit melalui Bank Mandiri, BCA, dan Bank Mega. Cicilan Mandiri dengan bunga 0% selama 6 bulan, dan untuk cicilan BCA selama 6 bulan atau 12 bulan. Sedangkan cicilan Bank Mega bunga 0% selama 5 bulan. Discount 50% bagi pengguna kartu kredit Mandiri dan Mega untuk jenis tertentu. Rumah Parfum buka setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 20.00, dan Sabtu pukul 09.00 – 16.30.

Dambaan setiap wanita untuk memiliki tas bermerk yang cantik di tangan, bukan lagi men-jadi hal yang sulit. Rumah Tas siap buat Support Your Life Style.Dapatkan diskon 10% untuk all item dan 50%

Elegan,Mewah,& Match

untuk selected item. Rumah Tas hadir setiap hari dari Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00, Sabtu pukul 09.00 – 17.00, dan Minggu atau hari besar pukul 10.00 – 17.00.

Rumah TasSeroja Dalam I / 3 Semarang

Telp (024) 8316169, 70718989

The True Fragrance

Real Women Boutique

Kecantikan adalah milik tiap wanita. Dengan busana yang tepat wanita akan terlihat lebih cantik

dan menarik. Untuk kebutu-han tersebut Anda bisa datang ke Absolute Bou-tique. Berbagai macam kebutuhan seperti fashion, parfume, tas, cosmetics ataupun ac-cessories berkelas bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Khusus untuk fashion, Absolute Boutique me-

nyediakan koleksi yang lengkap dan eksklusif. Mulai fashion dari Hongkong, Singapore, dan Korea sampai den-gan brand-brand ternama dari Paris dan Amerika. Jadi Absolute Boutique adalah “One Stop Shop-ping” untuk Anda yang ingin tampil cantik dan menarik.

Absolute juga melayani cicilan mandiri: 0 % se-lama 6 bulan dan cicilan Mega 0 % selama 5 bulan dan 10 bulan. Syarat dan ketentuan berlaku. Absolute juga me-layani pembelian secara grosir dan eceran.

Bring this promo to get 10%Discount + Souvenir+ voucher 25.000

*syarat dan ketentuan berlaku

Rumah ParfumJl. Seroja Selatan 12 Semarang

Telp. (024) 8316274, 8411283

Senin-Sabtu ( 10.00-19.00)

Minggu/Hari Libur ( 11.00-17.00)

Jl. Melati Selatan No 6 Semarang

Telp. (024) 3544632, 70507775

Promo bulan Juni. Buy One

Get One Free tempat card.

50 %

LIPOTHERAPY MASSAGELipotherapy massage merupakan salah satu metode massage yang dilakukan pada se-luruh bagian tubuh yang meliputi betis, paha, perut, lengan atas, dan belakang punggung atau titik- titik yang banyak lemaknya.

* Selama terapi digunakan min-yak khusus slimming yang ber-fungsi untuk membantu pem-bakaran dan pelunturan lemak tubuh.* Tahapan akhir dari lipotherapy massage juga diberikan teknik relaksasi pada bagian pung-gung dengan diberikan tekanan ringan dan teknik khusus.

Metode modern yang dilaku-kan oleh Klinik Laras Langsing berupa terapi farmakologi dan penggunaan alat.

WHOLE BODY RADIO DERM, LIPOLYSISPenggunaan berbagai alat ini juga efek-tif untuk membantu proses pembentukan

atau shaping dari klien. Jadi, tidak hanya me-lulu masalah penurunan berat badan tetapi jika ada klien yang memang sudah memiliki berat badan ideal tetapi mem-butuhkan teknik pengen-cangan penggunaan alat Whole Body Radio Derm atau Lipolysis ini sangat efektif. Alat ini juga dapat memberikan efek dalam penghancuran lemak secara alami dan membantu meningkat-kan mekanisme daya tahan tubuh dan pere-daran darah.

EMS/Electro Muscle StimulatorEMS merupakan alat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori klien yang dapat mendukung program diet klien sekaligus untuk memaksimalkan kerja otot tubuh. Klien akan merasakan semacam olahraga pasif pada saat ditempel dengan elektroda khusus dan akan memberikan efek yang

Nikmati Fasilitas Penurunan Berat Badan dengan Metode Alamiah dan Modern

Senin- Jumat

Klinik Laras Langsing

Sabtu- Minggu

(RS Hermina

Pandanaran Semarang)

Jl. Pandanaran No.24

Semarang

Freelipotherapy

Massage

& Discount 10 %

Page 6: Simpang5 Edisi Juni 2010

Simpang5No.62/Th.VI/Juni 20106 KulinerDaftar Tempat Makan SiangKedai AmartaJl. Amarta Raya No 29 SemarangTelp. 024 - 760 6250

Sate & Gule Kambing 29JL. Teuku Umar 27 Jatingaleh Semarang Telp. (024) 8318043 / 8416129

Joy RestoJl. Brumbungan Raya No. 7 SemarangTelp. (024) 351 8661

Ayam Goreng Pemuda 1- Jl. Puri Anjasmoro Blok E1/21 - Telp. 7606254- Gelora Food Court Counter No 9 Jl MT Haryono – Telp. 4004777- Ruko Blok A Jl Imam Bonjol No 180 A - Telp. 3584305

Mie Lampung- Jl. Kelud Raya No. 28 Sampangan - Telp. 024 70975214/ 024 8501143- Jl. Kusumawardani - Telp. 024 8414543

Panorama RestoJL. Setiabudi Taman Tabanas – Gombel SemarangTelp. 024-7475424

Indische Café & New ImperialJl. Menteri Supeno No. 6 SemarangTelp. (024) 8314221 – 8314333

Rain Forest Steak and Coffee HouseKampung Laut RestaurantKompleks Puri Maerokoco PRPPSemarangTelp. 024 – 7625988 / 7617289

Bakso Kepala Sapi - Jl. Kelud Raya No. 80 A Sampangan Semarang- Jl. Kelud Selatan I No 2 Sampangan Semarang- Jl. Kanfer Raya V No 4 Banyumanik Telp. (024) 7476108

de’ Muria Coffee shopJl. Muria No 10 SemarangTelp. (024) 831 2485

Kedai Chin DhuJl. Gg Pinggir No 100 – 102 SemarangTelp. 024 70224545

Bebek memiliki rasa gurih yang khas dan kuat, selain itu serat daging bebek juga lebih padat sehingga lebih terasa ketika digigit. Warung Bebek Gemuk yang ter-letak di Jalan Atmodirono No 7 Semarang, mampu memadukan kenikmatan tersebut, dengan men-jaga rasa khas daging bebek dan menyajikan daging bebek dalam keadaan empuk.

Rahasianya terletak pada saat perebu-san. “Daging bebek kami rebus dengan bumbu dan waktu merebusnya juga cukup lama, hampir mencapai dua jam.

Setelah direbus, daging tetap dibiarkan berada dalam panci sampai kering sebelum digoreng. Dengan demikian dag-ing menjadi lebih empuk dan bumbu bisa lebih merasuk ke dalam daging,” Jelas Sriyani pemilik Bebek Gemuk.

Bebek goreng remuk merupakan hidan-gan khas Kartosuro, sedangkan nama

Bebek Gemuk merupakan akronim dari Goreng Remuk. Nama tersebut bukan seka-dar nama, begitu kita gigit daging bebek, empuknya langsung terasa. “Meski daging bebek yang kami sajikan empuk tapi tetap berbentuk seperti aslinya tidak terpisah-pisah,” tambah Sriyani.

Ciri khas lain warung ini adalah sambal ko-rek yang cukup pedas. Sambal ini merupa-kan campuran sambal yang diolah secara mentah dengan minyak goreng. “Rasanya jadi pedas dan gurih,” ujar Sriyani. Namun bagi yang tidak begitu suka dengan rasa pe-das, warung ini juga menyediakan sambal tomat yang manis. (nif)

Rasa gurih bubur ayam begitu nikmat, sehingga tak mengher-ankan jika makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Di Semarang ada tiga pilihan tempat untuk berburu bubur ayam, teru-tama di pagi hari. Tempat tersebut di sekitar daerah Simpang Lima, Tembalang, dan Pecinan di seki-tar Gang Pinggir. Tentu banyak juga tempat lain yang menyedi-akan bubur, hanya saja di tempat tersebut pilihannya lebih banyak, karena ada beberapa warung tenda atau kedai.

Daerah seputaran Simpang Lima menjadi tempat yang paling banyak pedagang bubur ayam. Di pojok menuju Jalan Erlangga, ada puluhan pedagang yang menawarkannya. Kemudian orang banyak menganggap bubur ayam yang mereka

tawarkan adalah bubur ayam ala Semarang. Bubur ayam ala Semarang ini biasanya disa-jikan dengan potongan telor yang dibacem, potongan cakwe, dan kuah coklat yang kuat rasa manisnya.

Kopi Aceh biasanya lebih legit dan memiliki taste yang kental, rasan-ya yang khas membuat kopi Aceh memiliki banyak penggemar. Untuk menikmati kopi Aceh, kita tidak perlu jauh-jauh datang ke Aceh, di Semarang ada beberapa tem-pat yang menyediakannya. Salah satunya di Secret View Auto Cafe yang terletak di Jalan Songotoro No. 12 Semarang. Kopi Aceh yang disediakan benar-benar dikirim langsung dari Aceh.

Yang menarik di tempat tersebut kita bisa menik-mati kopi dengan pemandanganpanorama Sema-rang bawah. Ini satu-satunya tempat tongkrong di daerah

Tanah Putih yang bisa menikmati kerlap-kerlip lampu kota Semarang. Tempatnya tidak jauh dari pusat kota, tidak heran jika tempat tersebut ser-ing digunakan berbagai komunitas untuk kumpul. Apalagi tempat tersebut buka sampai pukul 02.00 dini hari.

Tentu ada ber-bagai minu-

man dan menulain yang disediakan di tempat tersebut. Untuk minu-man selain kopi tubruk Aceh, yang juga men-

jadi unggulan adalah caffe latte. Jika kita

ingin menikmati minu-man tradisional, di kafe

tersebut juga menyediakan

Gurih Pedas Bebek Gemuk

Tiga Pilihan Tempat Berburu Bubur Ayam

Menikmati Kopi Aceh di Semarang

Untuk di daerah Tem-balang bubur ayam yang banyak ditawarkan adalah bubur ayam ala Jakarta. Bubur ayam ala Jakarta ini biasanya disajikan dengan suiran ayam, taburan kacang, dan krupuk. Kuahnya biasanya kuah asin yang bisa ditambah sendiri dan kecap manis.

Di daerah Pecinan, bubur ayam yang ditawar-kan seperti bubur ala Semarang, dengan telur, cangwe, dan kuah coklat manis. Namun ada juga beberapa variasi bubur

yang disajikan dengan proses ala Chinnes Food. Jadi bubur, bumbu, ayam, dan isi lainnya dimasak secara bersamaan. Ini akan membuat rasa bubur menjadi lebih segar dan nikmat. (nif)

Budidaya jamur tiram tergolong masih jarang diminati masyar-akat bahkan tidak banyak dike-tahui orang. Jadi pangsa pasar dalam bidang ini masih cukup

luas dan sedikit persaingan. Manfaat dari Jamur Tiram sendiri sangat besar bagi kes-ehatan, karena didalamnya banyak men-gandung gizi tanpa efek sampingan bagi tubuh ketika mengkonsumsi Jamur Tiram.

gunakan Jamur Tiram untuk berbagai menu masakan seperti Sup. Jamur tiram juga bisa digunakan sebagai pengganti daging sapi atau ayam karena rasanya hampir sama. Selain itu jamur tiram juga dapat djadikan cemilan seperti Jamur Crispy & Keripik Jamur. Cara tanamnya sangat mu-

Jamur Tiram Sebagai Bahan Kuliner yang sehat dan Bergizi

dah, dengan membeli bibit yang berben-tuk Log (bibit dalam kantong plastik) yang diletakkan bersusun dan berjajar dalam ruangan tertutup dan tidak boleh terk-ena sinar matahari, jamur tiram ini bisa berkembang biak.

Proses membuat jamur crispy sebenarnya juga sangat sederhana, sama aja dengan membuat ayam goreng crispy.., sedang-kan untuk membuat kripik jamur.., hanya menambahkan proses spinner dan meng-gorengnya lebih lama saja (karena dima-sak hingga kering)

Usaha ini masih cukup potensial, memang karena harganya masih cukup tinggi, seg-mentasi pemasarannya masih cukup ter-batas. Tetapi rekanan kami yang membuat kripik jamur, usahanya cukup lancar, kare-na pengambilan jamur tiram segar ke kami per harinya minimal 10 kg. Kripik jamur crispy itu dipasarkan ke sekolah-sekolah, dan cukup laris.

Selain menjual jamur segar, kami juga menyediakan polybag-poly-bag berisi jamur tiram berumur se-hari untuk dijual. Untuk informasi pemesanan hub 02470877797.

bajigur. Bagi yang suka juice juga disediakan berbagai macam juice segar.

Makanan yang disediakan juga cukup berag-am pilihannya. Mulai makanan ringan seperti aneka gorengan, roti bakar, dan snack, sam-pai makan besar seperti nasi, bakmi, steak, pasta, bakso, egg’s, dan tuna. (nif)

Page 7: Simpang5 Edisi Juni 2010

LiburanNo.62/Th.VI/Juni 2010 7Simpang5

Hembusan semilir angin gunung langsung terasa begitu memasuki ka-wasan pegunungan Un-garan. Suasana tersebut

bertambah menyejukkan ketika kita memasuki kawasan Kencana Agrowi-sata Resort yang terletak di lereng gunung Ungaran, tepatnya di daerah Mapagan Ungaran. Suasana pede-saan khas lereng gunung dengan ge-mercik air dan bau harum dari ham-paran sawah seketika akan membuat kita merasa fresh kembali.

Tentu menjadi pilihan tepat jika Anda bersama keluarga meman-faatkan libur akhir pekan atau libur panjang sekolah untuk bersantai di

Kencana Agrowisata Resort. Berb-agai fasilitas dihadirkan untuk me-manjakan Anda dalam menikmati li-buran. Tujuan Anda untuk refreshing dan rekreasi tentu akan terpuaskan dengan berbagai fasilitas seperti villa, suite room, standart room,

track, swimming pool, put put golf, ball room, dan meeting room.

View pegunungan dan persawahan serta fasilitas yang lengkap menjadi daya tarik utama Kencana Agrowisa-ta Resort. Ditambah dengan fasili-tas hall yang mampu menampung 200 pax menjadikan tempat yang lokasinya cukup dekat dengan Kota Semarang ini, sebagai pilihan tepat

untuk acara keluarga ataupun aca-ra gathering kantor atau komuni-tas. Apalagi pilihan tempat sejenis di sekitar Semarang masih sangat jarang dijumpai.

Konsep minimalis yang dihadir-kan dalam desain bangunan dan ruang juga merupakan nilai tam-bah tersendiri. Dengan konsep tersebut, pengunjung diharapkan benar-benar merasakan suasana pegunungan selama berkunjung atau menginap di Kencana Agrowi-sata Resort. Anda juga bisa sema-kin menikmati suasana pedesaan dengan bersantai di gazebo yang dihadirkan di tempat tersebut. (nif)

Kenyamanan Suasana Pedesaan di Lereng Gunung Ungaran

Sebagai kota pantai, banyak potensi wisata pantai yang bisa dikembangkan di Sema-rang. Sekarang ini biasanya masyarakat mengunjungi dua pantai yang memang te-lah menjadi favorite untuk menikmati deburan ombak, yaitu Pantai Marina dan Pan-tai Maron. Kedua pantai ini jaraknya cukup dekat, na-mun berbeda karakteristik. Jika Pantai Maron berbatas pasir, Pantai Marina berba-tas bebatuan untuk mena-han ombak. Keduanya cukup menarik untuk berekreasi karena juga dilengkapi fa-silitas pendukung.

Pantai Marina terletak di bagian utara Kota Sema-rang, bersebelahan dengan arena PRPP dan Mareokoco, sekitar 4 km dari Tugumuda.

Jalan menuju pantai ini cukup mewah, sehingga untuk mencapai lokasi sangat mudah, kita bisa mengendarai motor atau mobil sampai di tepi pantai. Untuk memasuki lokasi kita cukup membayar Rp 3 ribu perorang. Pohon yang rimbun di tepi pantai sangat nyaman untuk menikmati suasana pantai.

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk permaian air dan arena bermain anak-anak. Dibuka setiap hari,

biasanya Pantai Marina ramai di akhir pekan atau hari libur. Di pantai Marina selain kita bisa menikmati permainan di air juga bisa menikmati sajian kuliner yang cukup leng-kap di tepi pantai sambil bersantai menik-mati keindahan pantai dan deburan ombak. Pada pagi hari kawasan ini sangat cocok un-tuk berolahraga jogging.

Tidak jauh dari Pantai Marina, tepatnya di dekat Bandara Ahmad Yani atau di seki-tar muara Sungai Silandak, kita juga bisa mengunjungi Pantai Maron. Pantai ini bisa ditempuh dari dua tempat, yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Kira-kira berjarak 3 km dari jalan raya kita sudah bisa sampai di lokasi. Jika menggunakan kendaraan bisa ditempuh sekitar 10 menit.

Jika biasanya pantai Laut Utara itu terjal karena banyak batu karang atau batu pena-han ombak seperti di Pantai Marina, tetapi di Pantai Maron bentuknya landai dan ber-pasir. Pasirnya nyaris seperti di Bali, hanya saja warnanya tidak putih. Mungkin karena

Dua Pilihan Wisata Pantai Semarang

itu, suasana pantai benar-benar bisa dirasa-kan, meski jarang dijumpai keindahan om-bak seperti di pantai-pantai di daerah Bali maupun Jogja.

Selain keindahan pantai, kita juga bisa menikmati beragam menu kuliner. Deretan panjang warung yang berada tidak jauh dari bibir pantai sangat memudahkan pengun-jung yang ingin mengisi perut jika terasa lapar. Menu yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari nasi goreng, mie goreng, soto, bakso, mie ayam, sate ayam, sate kambing, dan ber-bagai menu lainnya. Na-

mun tampaknya sate ayam menjadi menu yang paling banyak ditawarkan.

Jika berkunjung ke Pantai Maron pada Sabtu Sore, Minggu Pagi, Minggu Sore, atau hari-hari libur, bisa dipastikan pelan-cong yang datang sangat banyak. Bahkan bisa dikatakan tidak kalah dari jumlah pelancong di Parangtritis Jogja ataupun Kuta Bali. Hampir setiap sudut pantai dan warung-warung di tepi pantai penuh oleh pengunjung. (nif)

Page 8: Simpang5 Edisi Juni 2010

Simpang5No.62/Th.VI/Juni 20108 Kecantikan

BoutiquePringgondani juga menyediakan baju se-nam produksi sendiri dengan brand Pring-gondani Collection. Dapatkan diskon 40% untuk pembelian baju senam dan baju

senam bulan Juni-Juli (selected item). Dan dapatkan diskon 25% untuk pem- belian baju senam, baju renang, tas

sekolah dan dapatkan

d i s -

kon 10 % untuk pembelian tas dan 20 % un-tuk pembelian dompet. Juga disediakan tas (branded) dengan harga bervariasi mulai dari Rp 170 ribu – Rp 1,5 Juta. Tersedia juga sepatu, sandal, dompet, aksesoris (gelang, gantungan tas, tempat handphone, dan lainnya), tersedia juga tas laptop dengan harga bersaing. Silahkan datang dan buk-tikan sendiri.

ParfumeTampil Seksi akan lebih sempurna dengan aroma harum seperti artis. Pringgondani juga menyediakan parfume Eropa (asli) dengan harga bersaing, seperti Paco Ra-banne, Ninna Ricci, Calvin Klein, Giorgio Armani, Carolina Herera, Davidoff, Issey Miyake dan lainnya. (adv)

AYO GABUNG “ Berolahraga sambil

berbelanja barang murah & berkualitas “

PringgondaniJl. Supriyadi 12 D

SemarangTelp. (024) 670 3790

Cantik, Sehat, Bukan Sekadar Impian

man tersebut tentu Anda akan mendapat-kan kesenangan tersendiri dalam berlatih

dan berekspresi.

Special ClassPilates: Exercise All Body. Latihan untuk otot dalam, akan membuat metabolisme bekerja maksimal yang akan memudahkan kita menghancurkan lemak yang tertim-bun. Untuk mendapatkan hasil maksimal latihan rutin pilates adalah cara tepat dan cepat melangsingkan tubuh dan juga me-ngencangkan otot area “V” (kewanitaan). Dengan bertambahnya usia, wanita harus pandai dan jeli untuk merawat tubuh agar tetap cantik, sehat, langsing, kencang, dan

Pringgondani Gym adalah satu-

wanita di Kota Lumpia ini. Kom-binasi f i t n e s s d a n s e n a m m u -

tlak dibutuhkan kaum hawa yang nota-bene mudah gemuk. Dengan latihan ru-tin, di samping metabolisme tubuh kita akan bekerja maksimal, kita juga bisa mendapatkan tubuh sehat, seksi seperti yang kita inginkan.

Suasana kekeluargaan dan didukung alat modern, pelatih professional, tempat strategis, akan membuat Anda nyaman ber-latih dan berekspresi. Dengan suasana nya-

Pringgondani Boutique & Parfume

Dapatkan diskon 25% untuk pembelian baju senam, baju renang, tas sekolah dengan menunjukkan guntingan ini

Pringgondani Boutique & Gym

Tampil cantik dan sehat bukan sekadar impian, karena setiap wanita memang memiliki anugerah kecantikan. Olahraga secara teratur niscaya akan membuat metabolisme tubuh jadi lancar. Apalagi jika diimbangi dengan pola makan sehat.

Fitness Ladies Only

Keindahan dari make up adalah make up dapat merubah ben-tuk wajah Anda. Make up tidak dapat membuat wajah yang ge-muk menjadi kurus tapi dapat

membuatnya terlihat lebih kurus. Aplikasi yang benar dari pencerah wajah dan corak dapat memberikan hasil yang menakjub-kan.

Untuk membantu Anda, kami akan mem-berikan beberapa panduan dalam meng-gunakan make up untuk mengubah bentuk wajah Anda.

Wajah yang panjang: Gunakan foundation yang kehitaman pada dahi dan dagu Anda dengan mengkombinasikannya dengan pencerah wajah pada bagian wajah yang lain.

Wajah yang bulat: Gunakan make up yang berlawanan dari panduan sebelumnya (wajah yang panjang).

TIPS : Merubah Bentuk Wajah dengan Make Up

Telinga: Perpanjang telinga dengan corak yang cerah dan perpendek telinga yang besar dengan corak yang hitam sampai menengah. (sumber: infokulit.com)

Menyemarakkan HUT ke-463 Kota Sema-rang, Mal dan Hotel Ciputra Semarang menyelenggarakan

Festival Lunpia, Rabu (12/5). Kegiatan yang bekerja sama dengan PKK Kota Semarang dan Komunitas Cah Semarang (KCS) ini mengundang 1.000 orang un-tuk membuat lunpia serentak di semua hall mall. Mulai dari sayap timur, atrium hingga sayap barat dipenuhi peserta yang didominasi oleh ibu-ibu berseragam hijau.Acara dibuka oleh Walikota Se-marang, Sukawi Sutarip, yang didampingi oleh istri, Sinto Sukawi. Pem-bukaan ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan dengan pembuatan lunpia per- dana oleh Walikota. Pembuatan dipan- du oleh

Chef Heru y a n g

Festival 3.500 Lunpia di Mal Ciputradibantu oleh beberapa asistennya yang terbagi menjadi tiga kelompok instruktur.Setiap kelompok yang terdiri atas tiga peserta diberikan satu paket lun-pia. Terdiri atas sepuluh kulit lunpia, rebung dan acar. Selanjutnya, pe-serta tim saling bekerja sama menggulung kulit dan isi lunpia. Bagi yang menghendaki lunpia goreng langsung menuju area penggorengan di ha-laman parkir timur.

Hampir 1,5 jam berlalu, sekitar 3.500 lun-pia pun sudah jadi dan siap santap. Acara yang dimulai pukul 16.00 ini dicatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai Pembuatan Lunpia dengan Peserta Terbanyak. Bahan untuk pembuatan isi lun-pia menghabiskan sekitar 200 kilogram re-bung.Menurut Promotion Manager Mal Ciputra Se-marang, Catur Agus Joko Widodo, kegiatan

HUT Semarang merupakan agenda rutin bagi mal yang berlokasi di jantung kota

ini. “Meskipun rutin tiap tahun, tapi kami selalu mencoba menghadirkan yang spektakuler dari tahun sebelum-nya,” ujarnya. (n)

Page 9: Simpang5 Edisi Juni 2010

KecantikanNo.62/Th.VI/Juni 2010 9Simpang5

Spa Pemutihan blueberry masker anggurHarga Rp. 350.000 discount jadi Rp. 250.000 Buah blueberry belum banyak dikenal sebagai bahan perawatan tubuh, padahal buah ini sarat dengan berbagai vitamin yang bagus untuk kulit, buah ini sarat den-gan vitamin C & E yang sangat baik untuk kulit kita, Vitamin C berfungsi untuk memu-

tihkan dan vitamin E berfungsi untuk mengencangkan dan meng-haluskan kulit, masker ang-gur berfungsi sebagai antio-ksidan untuk menghilangkan

racun racun yang ada dalam tubuh akibat radikal bebas

Tahapan spa :• Sauna menggunakan essensial oil• Bleaching tubuh menggunakan extract susu murni• Pemutihan ketiak, selangkangan dan pan-tat• Pembesaran payudara collagen• Srub tubuh menggunakan blueberry di-campur beras putih cincang dan susu• Massage menggunakan minyak aroma-therapy• Masker tubuh menggunakan anggur di campur dengan susu dan raspberry • Setelah dimasker tubuh di balut meng-gunakan plastic wrap, setelah itu tubuh di hangatkan menggunakan hot blanket untuk menyempurnakan proses pemutihan tubuh, melangsingkan dan hilangkan selulit• Proses terakhir adalah mandi rendam susu di campur dengan potongan buah ang-gur, blueberry dan lemonTubuh akan terasa lebih putih, sehat, lang-sing & segar dalam satu kali per-awatan, waktu yang dibutuhkan adalah 2-2.5 jam.

Spa Pemutihan kiwiHarga Rp. 300.000 discount jadi Rp. Rp. 175.000Buah kiwi memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi yang berfungsi untuk membersihkan, melembutkan & mengen-cangkan kulit normal dan kombinasi, Spa buah kiwi sangat cocok untuk menghi-langkan bekas bekas gigitan nyamuk atau serangga.

Tahapan spa :• Sauna menggunakan extract kiwi• Totok wajah• Bleaching tubuh menggunakan extract susu dan kiwi• Pemutihan ketiak, selangkangan & pantat menggunakan garam mineral• Srub tubuh menggunakan scrub susu di-campur dengan kiwi yang dibender• Massage tubuh• Masker tubuh menggunakan kiwi, susu dan daun mint• Mandi rendam menggunakan kiwi & daun mintTubuh akan terlihat lebih putih bersinar dalam satu kali perawatan.

Spa Pemutihan strawberry mintHarga Rp. 250.000 dis-count jadi Rp. 175.000

Perawatan tubuh paling baru ini adalah perawatan yang menggunakan 100% bahan alami sehingga anda tidak perlu ragu untuk mencobanya dan perawatan ini sangat co-cok untuk mempercantik kulit tubuh agar menjadi sehat putih bersih dan segar sep-erti buah strawberry.Tahapan dari perawatan tubuh ini adalah :• Proses diawali dengan sauna aromathera-py dengan strawberry asli• Bleaching tubuh yang berbahan dasar yo-gurt dicampur dengan strawberry• Scrub tubuh yang berbahan dasar straw-berry dicampur daunt mint dan yogurt • Massage menggunakan minyak aroma-therapy• Masker tubuh menggunakan strawber-ry asli, daun mint dan di campur dengan madu• Semua proses pemutihan tubuh strawber-ry mint ini diakhiri dengan mandi ren-dam dengan poton-gan buah strawberry yang dicampur den-gan daunt mint yang berkhasiat untuk meremajakan kulit dan agar kulit men-jadi lebih putih dan segar sesegar strawberry, Kulit anda akan merasa lebih putih dan leb-ih berkilau dalam satu kali perawatan.

Spa buah naga masker coklatHarga Rp. 250.000 discount men-jadi Rp. 150.000Spa buah naga ini kami ini kami ambil dari perawatan china kuno yang menggunakan buah naga sebagai perawatan ratu. Buah naga sangat bagus bagi kulit karena buah unik ini mengandung betakaroten yang

merupakan provitamin A yang berguna un-tuk mempercepat regenerasi kulit, Buah naga juga mengandung antioxidant poly-phenols, vitamin C dan E yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari polusi dan mencerahkan meng-haluskan, melembutkan, mencegah jerawat dan juga berfungsi untuk mengu-rangi tekanan emosi atau stress.

Tahapan dari perawatan :• Sauna aromatherapy yang berfungsi un-tuk melangsingkan dan mengeluarkan ra-cun dari tubuh.• Bleaching tubuh dengan bahan dasar buah naga dan extract susu• Scrub tubuh yang berbahan dasar buah naga dicampur beras merah dan almond cincang• Massage menggunakan minyak zaitun, ex-tract buah naga dicampur coklat asli yang dilelehkan.• Masker tubuh menggunakan juice buah naga dicampur coklat asli yang dilelehkan yang berfungsi untuk memutihkan, me-lembabkan dan menghaluskan kulit, dan coklat juga berfungsi sebagai relaksasi• Proses diakhiri dengan mandi rendam dengan susu murni dicampur dengan juice buah naga yang berfungsi untuk merema-jakan kulit, menghaluskan dan melembab-kan, sehingga anda akan menjadi lebih putih dan lebih berkilau dalam satu kali perawatan.Setelah semua proses selesai ginger tea akan disajikan sebagai penghangat tubuh agar terbebas dari masuk angin.

Untuk semua perawatan waktu yang butuh-kan adalah antara 2-2.5 jam.

Spa Pemutihan tubuh lemonHarga Rp. 250.000 discount jadi Rp. 200.000Spa pemutihan tubuh lemon adalah per-awatan tubuh yang menggunakan bahan al-ami sehingga bagi anda kaum wanita yang mempunyai kulit sensitive tidak perlu ragu untuk mencobanya

Tahapan perawatan :• Sauna menggunakan lemon• Totok aura yang berfungsi mengendurkan otot yang kaku sera mengeluarkan aura yang positif dari dalam tubuh dan wajah• Bleaching tubuh yang berbahan susu mur-

ni, tomat dan madu• Scrub tubuh yang ber-baha susu dan lemon• Massage menggunak-an minyak zaitun dan lemon• Masker tubuh meng-gunakan susu lemon dan madu• Mandi rendam dengan potongan buah lemon

yang bertujuan untuk relaksasi dan meny-empurnakan proses pemutihan tubuh.Tubuh akan terasa lebih lembut, putih dan berkilau dalam satu kali perawatan. Waktu yang dibutuhkan adalah antara 2-2.5

Facial StrawberryRp. 125.000 discount jadi Rp. 75.000Facial strawberry adalah fa-cial yang berfungsi untuk me-mutihkan, melembabkan dan menghaluskan kulit normal dan kombinasi agar menjadi sehat lembut bercahaya ser-ta bebas keriput, tahapan :

• Facial berbahan dasar strawberry• Pemakaian alat, soft laser dan vaccum untuk membersihkan komedo• Pengolesan serum vitamin c untuk memu-tihkan kulit• Masker peel off strawberry untuk men-gencangkan kulit wajahWaktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1 jam

Perawatan rambut stress dengan lemon,jahe dan anggur Rp. 100.000 discount menjadi Rp. 75.000Aktivitas sehari-hari yang padat tak hanya membuat pikiran stres. Seluruh bagian tu-buh kita juga bisa mengalami stress, ter-masuk rambut juga bisa mengalami stress hingga menjadi bercabang, berketombe hingga rontok parah.Perawatan rambut terbaru ini mengguna-kan bahan alami dari lemon, jahe dan min-yak biji anggur. Perpaduan bahan-bahan ini sangat baik manfaatnya untuk rambut Anda, terutama bagi Anda yang memiliki masalah rambut dan kulit kepala kering, gatal-gatal, serta rambut rontok. Kan-dungan asam dalam lemon membuat kulit kepala lebih segar dan rambut berkilau. Sedangkan jahe terkenal reputasinya se-bagai penyubur dan menguatkan rambut.

TROPICAL FRUIT FIESTA Di Griya Cantik Tiara

Penawaran special facial emas kom-plit discount dari Rp. 350.000 men-

jadi Rp. 175.000Facial White Secret Gold discountdari

Rp. 250.000 menjadi Rp. 150.000Facial Radiologi masker emas

discount dari Rp. 250.000 menjadi Rp. 200.000

Kandungan nutrisi dalam jahe merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga batang rambut sehat dan kuat, serta kandungan dari minyak biji anggur sebagai antioksi-dan, yang menjaga kelembaban rambut.

Tahapan :• Pembersihan kulit kepala menggunakan serum pembersih yang berbahan dasar biji anggur• Rambut di cuci kemudian dikeringkan hingga ½ kering dan dilanjutkan dengan pengolesan lemon yang sudah dicampur dengan tumbukan jahe dan minyak biji anggur.•Dilanjutkan dengan pemijatan kulit ke-pala dengan tehnik hair spa• Dilanjutkan dengan pemijatan leher, punggung dan lengan untuk memperlancar peredaran darah• Rambut di tutup dengan plastik khusus agar serum dapat meresap dengan merata• Setelah itu rambut di cuci dan dikering-kan dan terakhir di oles serum penumbuh rambut dan pencegah kerontokan.Untuk semua perawatan diatas memerlu-kan waktu antara 1-1.5 jam dan biaya yang dibutuhkan adalah Selain perawatan perawatan diatas masih banyak perawatan yang lain yaitu Facial punggung 100.000, pembesaran payudara

collagen 60.000, pengencangan payudara collagen 60.000, hilangkan selulit 85.000, pelangsingan per bagian Rp. 75.000, Per-awatan rambut anti stress 100.000, per-awatan kaki pecah pecah 65.000, bleach-ing wajah 25.000 spa kewanitaan 25.000, pengencangan kewanitaan 60.000, terapi telinga 30.000, pemutihan ketiak/selang-kangan 20.000, waxing bikini line 100.000, waxing ketiak 40.000, waxing tangan/kaki 75.000, paket pranikah mulai 300.000, ta-nam bulu mata 100.000, keriting bulu mata 50.000, spa gold 85.000, Spa perak Rp. 200.000, Terapi pemutihan tubuh masker emas Rp. 250.000, terapi pemutihan lilin coklat Rp. 262.500.

Promo sambung rambut asli 40cm Rp. 2000, 50cm Rp. 3000, 60cm Rp. 5.000 dan promo smoothing dan bonding loreal juga masih berlaku smoothing loreal mulai Rp. 150.000, dan bonding loreal mulai Rp. 100.000 dan untuk colouring menggunakan loreal harga cukup murah mulai Rp. 150.000, dan untuk smoothing, bonding dan colouring dapat-kan gratis potong dan hair mask selama masa promosi.

Griya Cantik Tiara buka setiap hari dari senin sampai sabtu pukul 09.30 – 19.00, tanggal merah tetap buka dan khusus hari minggu libur.

Pusat : Jl. Thamrin Blok XI (Depan Pertamina) Semarang Phone : 024-3516916/024-3589166 Cabang : Jl. Ngesrep timur V no. 81 Tembalang semarang (Sebelah mie aceh) Phone : 024-7471245

Hotl ine : 70666677 / 70018777 / 70605188 / 08164888677

Promo special Holiday

Discount up to 50 % + 10%

everyday

Page 10: Simpang5 Edisi Juni 2010

Simpang5No.62/Th.VI/Juni 201010 P

Solo sebagai kota yang berada di tengah Yogyakarta dan Se-marang, tumbuh menjadi kota wisata yang sangat mengagumkan dalam era

kepemimpinan Joko Widodo. Berbagai fasilitas dan event yang berkait dengan pariwisata tumbuh dengan perencanaan yang matang dan berkelanjutan. Ke-majuan pariwisata di Solo pun dengan tetap melibatkan masyarakat di dalam-nya. Tidak heran jika Jokowi panggilan

akrabnya, kembali dipilih secara mutlak oleh rakyat Solo untuk yang kedua kalinya sebagai Walikota Solo.

Dari berbagai forum di internet, sering ter-lontar pendapat agar Semarang mau ber-benah dan belajar dari perkembangan wisa-ta di Solo. Tabloid Simpang5 berkesempatan untuk bertanya langsung pada Pak Jokowi dalam acara Solo (Sharing Online Lan Of-

Solo, beberapa waktu lalu.

Joko Widodo, Walikota Solo

Kolaborasi Joglosemar Akan Banyak Menghemat Biaya Promosi Wisata

“Jika Semarang, Jogja, dan Solo jadi satu destinasi biaya promosi akan jauh lebih mu-rah. Wisatawan pun akan tidak bosan datang, jika sekarang datang ke Solo terus besok ke Solo lagi tentu akan bosan. Tapi jika datang ke satu kota terus ada tawaran ke kota lain tentu wisatawan juga akan senang. Wisatawan yang datang ke Jogja misalnya, jika ditawari kunjungan ke Solo dan Semarang tentu waktu kunjungan akan lebih panjang dan lebih beragam tempat yang akan dikunjungi,” ungkap Jokowi saat ditanya ten-tang kolaborasi Semarang, Jogja, dan Solo untuk ke-majuan wisata bersama.

Pria santun, kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961, ini melanjutkan, “Namun ternyata tidak mudah untuk mempertemu-kan hal tersebut. Kami pernah mencoba un-tuk mewujudkan hal tersebut, namun untuk menyatukan visi bersama itu tidak mudah. Bahkan untuk bertemu saja selalu ada ken-dala kehadiran,” tambah lulusan Fakultas

Dalam kesempatan yang sama, pria yang awalnya berkarir di perusahaan futniture ini menerangkan, bahwa untuk meningkatkan

Yogyakarta, Solo, dan Semarang (sering disingkat Joglosemar) merupakan tiga kota yang memiliki kedekatan wilayah dengan potensi wisata yang tinggi. Ide untuk mengkolaborasikan ketiganya dalam satu paket wisata dan bersimbiosis, sering muncul ke permukaan. Pada kenyataannya hal tersebut sangat sulit terwujud. Sampai sekarang, ketiga kota tersebut masih berjalan sendiri-sendiri untuk memajukan wisata di kota masing-masing.

pariwisata dibutuhkan dukungan seluruh warga masyarakat. Untuk itu perlu pen-ingkatan kesadaran wisata seluruh war-ga. Karena itu perlu pengembangan nilai budaya.

“Dalam lima tahun ke depan pengem-bangan nilai budaya menjadi fokus kami. Pertama kami akan masuk ke sekolah-

mengajarkan hal tersebut. Tahun depan kami akan masuk ke kampung-kampung,” terang Pak Jokowi yang baru saja terpi-lih kembali menjadi Walikota Solo den-gan jumlah pemilih lebih dari 90 persen

Banyak hal yang perlu dibenahi untuk peningkatan pariwisata di Semarang, ide-ide kreatif untuk pembenahan tentu diperlukan. Dan yang tidak kalah penting adalah pelaksanaan dari ide-ide tersebut. Bisa dikatakan, setiap warga Semarang adalah ujung tombak pariwisata di Semarang, karena keramahan dan sikap kita terhadap para pengun-jung yang datang ke Semarang, menjadi hal yang bersentuhan langsung dengan wisatawan.

Tidak kalah penting tentu peran duta wisata, karena mereka menjadi perwakilan sebuah kota untuk berpromosi. Di Semarang sendiri duta wisata menjadi tugas utama dari denok dan kenang. Untuk mengetahui sosok denok Semarang dan bagaimana pandangannya terhadap kemajuan wisata di Semarang, Tabloid Simpang5 mewawancari Stella Flo-rensia, Denok Semarang 2010. Berikut ini

Biologi Universitas Negeri Semarang.

Bagaimana ceritanya sampai memutuskan untuk ikut pemilihan Denok Semarang 2010?

Direkomendasikan oleh dosen di kampus.

Apa saja pengalaman yang didapat selama mengikuti pemilihan Denok Semarang 2010?

Wah banyak, aku jadi tahu obyek-obyek wisata di Kota Semarang, berk-enalan dengan orang-orang penting Kota Semarang, pengetahuan-pengetahuan baru tentang pengembangan pariwisata, menda-pat teman-teman baru yang luar biasa, juga belajar arti perjuangan dan kerja keras.

Tentu merupakan suatu kebanggan tersendiri terpilih menjadi Denok Se-marang 2010. Punya tips bagi mere-ka yang ingin menjadi Denok Sema-rang tahun depan?

masih harus belajar banyak sekali. Tips un-tuk menjadi Denok Semarang tahun depan, berawal punya hati yang cinta Kota Sema-rang dulu. Jadi kalau mau belajar ataupun

melakukan apapun untuk Kota Semarang menjadi menyenangkan, tidak menjadi be-ban. Dan yang pasti harus belajar banyak, khususnya mengenai pariwisata di Kota Se-marang.

Sebagai Denok Semarang, tentu juga mengemban tugas sebagai duta wisata Semarang. Apa saja sih tugas seorang duta wisata itu?

Tugas seorang duta wisata Kota Semarang pastinya mempromosikan pariwisata Kota Semarang pada masyarakat dan juga mem-berikan ide-ide kreatif untuk memajukan pariwisata di Kota Semarang ini.

Menurut kamu, apa saja yang perlu dibenahi dari Semarang agar men-

jadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia?Hal-hal paling krusial baiknya dibenahi terlebih dahulu, seperti kebersihan dan perawatan objek wisata. Kita juga ha-rus memperbanyak promosi dan event terkait pariwisata yang melibatkan masyarakat, disertai penawaran paket wisata yang murah atau terjangkau bagi masyarakat.

Untuk target hidup, apa saja tar-get yang ingin kamu raih dalam jangka pendek dan jangka pan-jang?Jangka pendek aku mau selesaikan kuliah dulu, kemudian melanjutkan pen-

Stella Florensia, Denok Semarang 2010

Tingkatkan Promosi dan Even Pariwisata Semarang

Page 11: Simpang5 Edisi Juni 2010

KomunitasSimpang5 No.62/Th.VI/Juni 2010 11

Hembusan angin pagi Sema-rang di tengah suasana libur panjang akhir pekan begitu membuai kita untuk bersantai menikmati liburan. Namun, itu tak menyurutkan niat kuat tim KoBer Komunitas Loenpia.net untuk tetap menggelar KoBer Edisi Mei 2010. Tepatnya 29 Mei 2010, sebelum matahari mulai menyengat kulit, teman-teman Komunitas Loenpia sudah siap menyambut tamu yang akan masuk ke Lobi Gedung Telkom Jalan Pahlawan, tempat acara akan berlangsung.

Satu persatu peserta berdatan-gan, tidak hanya dari Loenpia tapi juga dari berbagai komuni-tas di Semarang. Ya, KoBer Edisi Mei ini memang agak berbeda,

jika biasanya hanya diikuti intern Loen-pia, sekarang terbuka untuk umum. Me-mang ini salah satu cara supaya KoBer tetap menarik dan kreatif. Kali ini KoBer juga bekerjasa dengan Telkom, dan se-lalu terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai pihak ke depannya.

Nama KoBer sendiri merupakan akronim dari Kopdar Bermutu yang memiliki tu-juan sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman. Spirit yang diusung adalah semangat komunitas yang guyup dan kekeluargaan. Dimotori oleh teman-te-man komunitas blogger Loenpia.net, KoBer juga mengajak teman-teman komunitas lain dan masyarakat pada umumnya untuk ikut bergabung. KoBer

sendiri biasanya dilaksanakan setiap bulan sekali, pada minggu terakhir.

Danindra, sang MC acara, menyalurkan anerginya untuk memulai acara dengan penuh semangat. Dua doorprize langsung dibagikannya untuk menambah semarak ruang yang dipenuhi sekitar 80 peserta tersebut. Setelah suasana mulai terbentuk, MC mempersilahkan Ahmad Munif, salah satu pendiri Komunitas Loenpia.net yang menjadi Ketua Panitia acara tersebut untuk membuka acara.

Tema Photoblogging: Pictures Speak Louder Than Words, cukup lengkap disajikan pem-bicara pertama, Ahmed Dee. Salah satu pegiat Semarangdailyphoto.com ini, men-gupas pembagian blog begitu detail beserta

KoBer (Kopdar Bermutu)

Ruang Berbagi Komunitas di Semarang

contoh-contoh blog yang dia maksud. Tentu di dalamnya termasuk photo-blog. Ahmed menjelaskan, photoblog bisa bermanfaat sebagai sarana berbagi keagungan ciptaan Tuhan, berbagai infor-masi, dan bahkan bisa untuk menjual foto. Selain itu, diungkapkan pula ada ajang penghargaan untuk photoblog yang bisa diikuti setiap pegiat photoblogging.

Sebelum pembicara kedua membagi il-munya, Telkom sebagai pihak penduku-ng acara berbagi info tentang layanan konten speedy. Ada tiga portal yang di-informasikan, yaitu Kanal Bola, Pesona Edu, dan Full Trex. Pihak Telkom kemu-dian juga mengumumkan lomba blog, Speedy Writing Contest, dengan hadiah NetBook. Lomba ini akan berlangsung sam-

pai 30 Juni 2010, dan info lengkapnya bisa dibaca di blog Loenpia.net.

Rahman Hakim, pembicara kedua, yang juga pendiri Kfsemarang.com, berbagi

dan cara menentukan harga sebuah foto. Untuk menghargai sebuah foto sendiri, ada berbagai faktor pertimbangan. Bisa dari lamanya waktu memotret, tingkat kesulitan, besar ukuran foto, tujuan penggunaan foto, dan faktor lain. Sesi yang sangat menarik ini diakhiri dengan praktek pemotretan model. (nif)

PechaKucha Night sendiri perta-ma kali diselenggarakan di To-kyo pada bulan Februari 2003. Kegiatan ini awalnya sebagai sebuah event untuk desainer

muda bertemu, membuat jaringan, dan menunjukkan karya mereka di de-pan umum. Sekarang Ia telah berubah menjadi sebuah perayaan besar, den-gan acara yang telah diselenggarakan di ratusan kota di seluruh dunia, sebagai ajang berbagi inspirasi kreatif di selu-ruh dunia.PechaKucha berasal dari istilah Jepang untuk suara percakapan (“chit chat”).

Format acara ini bersandar pada pre-sentasi yang didasarkan pada ide yang sederhana: 20 gambar x 20 detik. Ini adalah format yang membuat presentasi singkat, dan menjaga hal-hal yang berger-ak dengan kecepatan cepat.

Untuk presenter PechaKucha berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku bu-daya, seni, arsitektur, sampai para pelaku usaha-usaha alternatif. Pada penyeleng-garaan pertama di Semarang yang menjadi presenternya Baskoro Tedjo (Arsitek, 5 rea-sons to join in Architecture Competition),

Stefanus Hannie (Photographer), Bintang Anggoro (creator “4 Dancer”), Joko Suwar-no (creator “Krido Tamtama”), Iyan Ferdian (Snack Online), Indah Wahyuwidati (Broom Bussiness Online), Eko Kaf (Numerolog), Al-bertus Kriswandono (Heritage Architecture “Ikan Bakar Cianjur”), dan Hendro Kusumo (Theatre on The Street)

Presenter lainnya, Oktar Abrianto (Tattoo’s Arts), Kokoh

Nugroho (Contemporer

Artist), Alfa (Pappilon Comic Industrial), Vino (Wax

Artist), Ranu Adi (Stainned Glass Crafstman), Eko (Semarang’s BATIK), Can-ting Saraswati (Natural Coloring in Fabrics), Nicolaus Adi (Creator of Fire Distinguisher Robot), Ir. Bambang Supriyadi, MSA, (Pup-peteer), Rizki Amalina (Entrepreneur “Kaos

PechaKucha Night Semarang

Ajang Berbagi Inspirasi KreatifBersama 310 kota lain di dunia, Semarang telah menyelenggarakan PechaKucha Night. Untuk penyelenggaraan pertama telah dilangsungkan di Amphiteater Jurusan Arsitektur Undip pada tanggal 27 Mei 2009 mulai pukul 19.00. Telah dirancang pula untuk penyelenggaraan volume #2 yang akan berlangsung 20 Agustus 2010, volume #3 pada 20 November 2010, dan volume #4 pada 20 Februari 2011.

SEMART”), dan Juanita Bawagan (Com-parison Otta-wa-Sema-rang: My D a i l y R o u -tine)

“Kota-kota be-sar di Indonesia, sep-

erti Jakarta, Bandung, Bali, dan Surabaya telah lebih dahulu

menyelenggarakan PechaKucha Night. Meski agak belakangan, sambutan untuk PechaKucha Night di Semarang cukup ba-gus. Beberapa bahkan telah menyatakan siap untuk menjadi presenter volume selanjutnya,” papar Ary, salah seorang motor PechaKucha Night Semarang.Yang membuat PechaKucha mena-rik untuk diikuti karena presenter

sering memunculkan kejutan-kejutan yang tak terduga. Mulai dari mengungkap sesuatu yang tak terduga, bakat yang tak terduga, dan ide-ide tak terduga. Bebera-pa PechaKuchas besar bercerita tentang suatu proyek, ada juga yang sangat prib-adi, ada yang sangat lucu, namun semua yang berbeda tersebut menjadikan setiap PechaKucha Night semakin membuat pe-nasaran dan menarik. (nif / foto: dok. pkn semarang)

Page 12: Simpang5 Edisi Juni 2010

Simpang5No.62/Th.VI/Juni 201012 Wisata

Letak Solo yang tidak jauh dari Semarang, memung-kinkan kita untuk mengun-jungi Solo dalam satu hari. Transportasi untuk menuju

ke Solo juga cukup lengkap, kita bisa naik kendaraan pribadi, bus, ataupun kereta api. Musim liburan ini Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berkunjung ke Solo. Memang banyak sekali tempat wisata di Solo, Anda bisa mengunjungi keraton, menyu-suri Bengawan Solo, berburu kuliner di Galabo, dan tentunya yang cukup mena-rik adalah mengunjungi Kampoeng Batik Laweyan.

Begitu memasuki Kampoeng Batik Laweyan kita akan langsung merasakan suasana se-buah perkampungan batik. Hampir semua rumah memiliki kios batik dan juga tem-pat pembuatan batik. Ada juga tugu yang berukiran batik berdiri tepat di tengah per-empatan Kampoeng Batik Laweyan. Di dekat tugu tersebut ada peta Kampoeng Batik Laweyan dan juga tulisan sejarah tentang batik Laweyan. Ini menunjukkan Kampoeng Batik Laweyan memang sangat siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan.

Kita juga bisa memesan paket wisata di Kampoeng Batik Laweyan dengan ber-bagai pilihan yang disediakan dengan menghubungi nDalem Tjokrosoemartan.

Kali ini Tablodi Simpang5 mengunjungi Kampoeng Batik Laweyan bersama komunitas blogger dari berbagai penjuru Indo-nesia. Rute kunjungan-nya meliputi nDalem Tjokrosoemartan, Lang-gar Merdeka, Makam Ki Ageng Henis, dan Bunker (ruangan bawah tanah).

nDalem Tjokrosoemartan juga menyediakan paket tambahan antara lain: Aneka hiburan seperti tar-ian, gamelan, siteran dan

lainnya. Menu-menu tradisional khas Solo dengan penataan menggunakan stall atau gubug. Tour De Laweyan, keliling Kampoeng Batik Laweyan dengan menggunakan becak, berbelanja dan melihat proses pembuatan batik dengan durasi kurang lebih 3 jam. Serta Paket Belajar, proses pembuatan ba-tik.Menyusuri Kampoeng Batik Laweyan san-gat menyenang, lorong-lorong kampung di antara bangunan yang berarsitek Indisch (Jawa – Eropa) menjadi pemandangan yang menarik. Keberadaan “beteng” tinggi yang banyak memunculkan gang-gang sempit dan merupakan ciri khas Laweyan selain untuk keamanan juga merupakan salah satu usaha para saudagar untuk menjaga privacy dan memperoleh daerah “kekuasaan” di ling-kungan komunitasnya. Sekarang banyak juga bunga atau tanaman yang menghiasi dan meng-hadirkan keindahan dan ke-unikan tersendiri saat mele-wati gang-gang di Kampoeng Batik Laweyan.

Sejarah Keberadaan Laweyan jauh lebih tua dari Solo, berdasarkan sejarah yang ditulis oleh R.T. Mlayadipuro seperti yang dikutip Portal Batik Laweyan, desa Laweyan (kini Kampoeng Laweyan) sudah ada sebelum muncul-nya kerajaan Pajang. Keda-tangan Kyai Ageng Hanis yang bermukim di desa Laweyan pada tahun 1546 M, mem-bawa arti tersendiri bagi sejarah Laweyan. Kyai Ageng Henis adalah putra dari Kyai Ageng Sela yang merupakan keturunan Raja Brawijaya V. Kyai Ageng Henis atau Kyai Ageng Laweyan adalah juga “Mang-gala Pinatuwaning Nagara” Kerajaan Pa-jang semasa Jaka Tingkir menjadi Adipati Pajang pada tahun 1546 M.

Setelah Kyai Ageng Henis meninggal dan dimakamkan di pasarean Laweyan (tempat tetirah Sunan Kalijaga sewaktu berkunjung di desa Laweyan), rumah tempat tinggal Kyai Ageng Henis ditem-pati oleh cucunya yang bernama Bagus Danang atau Mas Ngabehi Sutowijaya. Sewaktu Pajang di bawah pemerintahan Sultan Hadiwijaya (Jaka Tingkir) pada tahun 1568 M Sutowijoyo lebih dikenal

Menikmati Solo dari Kampoeng Batik Laweyan

Kampoeng Batik Laweyan Solo bukan sekadar pusat kerajinan dan industri batik. Ada sejarah panjang yang sangat menarik untuk diikuti.

tetap terbuka pada nilai-nilai luar yang membawa perubahan positif dan kemajuan.

dengan sebutan Raden Ngabehi Lor-ing Pasar (Pasar Laweyan). Kemudian Sutowijaya pindah ke Mataram (Kota Gede) dan menjadi raja pertama Di-nasti Mataram Islam dengan sebutan Panembahan Senopati yang kemudian menurunkan raja – raja Mataram.

Pada jaman sebelum kemerdekaan kampung Laweyan pernah memegang peranan penting dalam kehidupan politik terutama pada masa pertum-buhan pergerakan nasional. Sekitar tahun 1911 Serikat Dagang Islam (SDI) berdiri di kampung Laweyan dengan Kyai Haji Samanhudi sebagai pendir-inya. Dalam bidang ekonomi para sau-dagar batik Laweyan juga merupakan perintis pergerakan koperasi dengan

didirikannya “Persatoean Peroesahaan Batik Boemi Putera Soerakarta” pada tahun 1935.

Kampoeng Batik Laweyan mengalami masa surut dalam pemerintahan orde baru, karena dianggap sebagai produk yang rugi. Selain itu masyarakat Laweyan juga memi-liki peninggalan kekayaan yang berlimpah yang bisa untuk hidup mewah tanpa bek-erja. “Tahun 2000 kami mulai promosi lagi. Dan tahun 2004 kita deklarasikan Kampoeng Batik Laweyan. Kampung ini mulai terbuka dan banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Sebelum Unesco me-mutuskan batik sebagai warisan budaya Indonesia, hampir tiap hari orang Unesco berkunjung ke sini meneliti warisan pen-inggalan batik,” papar Widyarso, salah seorang pengurus Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan. (nif)

Page 13: Simpang5 Edisi Juni 2010

InfoSimpang5

Oleh Bonita.D SampurnoDirektur ypi training centre &consultancy “up grade your personal image”

hasia sukses dalam public speaking selain menguasai medan bicara” (Daddo Parus & Ferdi Hasan)

berapa hal yang perlu disiapkan sebelum

bahasnya satu per satu, dan yang pertama

menjadi pendengar kita. Pembicara yang tak mengenali audiensnya mirip seorang nelayan yang tidak mempelajari ’’bahasa’’ dan perilaku ikan.

tukan bahan atau materi yang akan kita sampaikan. Itu juga untuk meyakinkan

teri yang tepat sekaligus cara kita akan menguraikannya. Kita harus ingat bahwa kepuasan audiens adalah tolak ukur yang

kita dalam menyampaikan materi. Istilah

si bahan pembicaraan kita. Ini beberapa

bagai berikut: 1. Berapa banyak orang yang akan hadir?

cari cara terbaik untuk mengelola mereka selama kegiatan berlangsung. Jumlah yang lebih kecil tentu saja lebih mudah dimenej ketimbang jumlah yang besar. Itu karena semua orang yang hadir harus mendapatkan hak yang sama berupa suasana nyaman dan kondusif selama acara sehingga pelibatan audiens bakal bisa dilakukan secara aktif.

Untuk jumlah audiens yang besar, kita harus

pleks ketimbang untuk audiens yang lebih kecil. Dalam hal ini, dukungan peranti audio

tikan suara kita jelas terdengar oleh semua audiens, bahkan mereka yang duduk paling jauh dari kita.

2. Mengapa mereka hadir di ruang ini?Alasan mereka datang harus pula menjadi

pa mereka harus mendengarkan materi yang kita sampaikan? Apa yang membuat mereka bersedia menyimak?

Ini tentunya berkaitan dengan interes dan

bicaraan kita. Tentu saja, mereka juga mengharapkan bisa mengambil manfaat dengan menjadi audiens. Secara prinsipal

untuk dirinya. Untuk itu, kita harus lakukan survei sebelum menyusun materi yang akan

ka inginkan. Pada saat menyusun materi, kita perlu mengecek ulang beberapa hal: apakah materi yang akan kita sampaikan sudah mencakup keseluruhan harapan dan tujuan audiens; sudah mengena atau tidak;

untuk mengetahui bahwa materi kita bakal bermanfaat untuk audiens. Sebaiknya, kita

pada orang terdekat dan minta komentar mereka.

3. Berapa usia, tingkat pendidikan,

dan jenis kelamin mereka?Mengetahui latar belakang audiens juga akan memudahkan untuk mengomunikasikan pesan kita. Mulai dari bahasa yang akan kita

bila kita menggunakan gaya penyampaian yang rileks disertai bahasa yang ringan dan

lan mereka dibandingan gaya serius dengan

tuk kalangan intelektual. Sebaliknya kaum

paian yang ’’bergaya remaja’’. Juga mereka yang latar belakang pendidikannya rendah tentu akan mengalami kesulitan apabila kita

yang mungkin cocoknya untuk mereka yang lulus sarjana.

hanakan materi dengan bahasa yang bisa dipahami oleh audiens. Ini bisa dilakukan

yang bisa mereka pahami. Apabila tingkat pengetahuan ini tidak kita pahami, kita akan mengalami kesulitan untuk melibatkan

patkan manfaat dari apa yang kita sampaikan. Jenis kelamin pun harus menjadi perhatian kita. Untuk audiens pria, mungkin kita bisa melempar joke yang kalau ditujukan pada audiens wanita mungkin terdengar vulgar.

4. Apa suku, etnis, dan agama mereka?

hami hal ini karena dengan mengetahui suku, agama, dan etnis kita akan bisa menghindari beberapa hal yang bisa mengakibatkan orang lain tersinggung. Bayangkan apabila di antara audiens kita ada orang beretnis tertentu (dan kita tidak menyadarinya), lalu kita sebutkan sebagai

but, yakinlah kita akan bertemu persoalan yang tidak mudah.

Yang jelas, dengan mengetahui suku, etnis, dan agama audiens, kita dapat menghindari

hambatan semantik dan bisa lebih dekat dengan mereka. Salah satunya dengan

teristik mereka. Misalnya, kalau audiens

gan salam ’’Sugeng enjang’’ atau ’’Sugeng siang’’. Kita juga bisa mengucapkan salam

capkan ’’Assalamu alaikum...’’ dan lebih afdol disertai ’’Salam sejahtera untuk kita semua.’’

5. Pelajari gaya belajar audiens.

pleks. Kepribadian mereka dipengaruhi oleh berbagai variabel. Begitu juga cara

lajar merupakan kunci untuk menjadikan

Porter dan Mike Hermacki dalam bukunya Quantum Learning, membagi gaya belajar

nestetik.

1. Visual; gan cara melihat. Pada mereka, sajikan

visual menyukai gambar yang menarik,

2. Auditorial;lajar dengan mendengar. Sajikan kepada

3. Kinestetik; tipe ini belajar dengan indra peraba, selalu bergerak dan tidak dapat duduk diam. Sajikan kepada mereka game, permainan, atau kuis agar audiens belajar langsung dari pengalaman mereka.

Karena kita barangkali tak mengetahui

lajar audiens kita, apalagi kalau memang

memiliki karakteristik berbeda, lebih baik kita mempersiapkan semua peranti atau

but. Silakan mencoba. (*)

Kenali Audience KitaNo. 62/Th.VI/Juni 2010 13

Page 14: Simpang5 Edisi Juni 2010

No. 62/Th. VI/Juni 2010Ruang Iklan14 Simpang5

Page 15: Simpang5 Edisi Juni 2010
Page 16: Simpang5 Edisi Juni 2010