Silabus Matrikulasi SIA 2015

4
Silabus Matrikulasi SIA Matrikulasi mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) ini mempelajari berbagai rancang bangun (design) prosedur- prosedur untuk pengumpulan, penciptaan, dan pelaporan data akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan tertentu.

description

matrikulasi

Transcript of Silabus Matrikulasi SIA 2015

Page 1: Silabus Matrikulasi SIA 2015

Silabus Matrikulasi SIA

• Matrikulasi mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) ini mempelajari berbagai rancang bangun (design) prosedur-prosedur untuk pengumpulan, penciptaan, dan pelaporan data akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan tertentu.

Page 2: Silabus Matrikulasi SIA 2015

• membahas tentang perangkat pencatatan, proses pencatatan, formulir, perlengkapan pengolahan data dan aspek aspek lain yang dapat digunakan untuk menyusun suatu sistem pengolahan data akuntansi yang efisien dan cermat (accurate).

• Sistem informasi akuntansi ini bisa dilakukan baik secara manual dan terkomputerisasi yang meliputi perancangan perangkat pencatatan dan pengolahan data agar laporan keuangan dapat disusun dan disajikan dengan cepat, akurat dan efisien

Page 3: Silabus Matrikulasi SIA 2015

Pembahasan yg akan dilakukan meliputi:1.Ruang Lingkup SIA2.Pemrosesan Transaksi dan Dokumentasi Sistem3. Sistem Pengendalian dalam SIA4.Siklus Pendapatan5.Siklus Pengeluaran6.Siklus Produksi7.Siklus PelaporanBuku Yang digunakan: Acounting Information Systems ( Marshall B Romney; Paul J Sreinbart) Edisi 12

Page 4: Silabus Matrikulasi SIA 2015

Sistem Penilaian: Ujian 60%Diskusi dan Keaktivan 40%

Alamat email : [email protected]