Silabus Akuntansi Syariah Genap 2014 2015

7
Program S1 Ekstensi FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2014/2015 SILABUS AKUNTANSI SYARIAH ACCT 15101 SEMESTER GASAL 2014/2015 1. Tim Pengajar No Nama Pengajar Alamat Email 1 Wasilah [email protected] 2 Sri Nurhayati [email protected] 3 Dodik Siswantoro [email protected] 4 atur Sason!ko" Wasilah catur_sason!ko#[email protected] [email protected] 2. Deskripsi Mata Ajaran %ata a&aran ini b'rtu&uan untuk m'mb'rikan ('mahaman k'(ada mahasiswa t'ntan! akuntansi yan! b'rdasarkan (ada syariah. %at'ri yan! akan dibahas m'li(uti s' akuntansi dalam ('rs('kti) *slam+ k'ran!ka kons'(tual dan ('rlakuan a transaksi"akad b'rdasarkan syariah s'rtas'suai,S-K misalnyamurabahah+ mudharabah+ musyarakah+ salam+ istisna+ i&arah dan akad lainnya+ waka)+ ('rhi akat dan isu kont'm(or'r yan! t'rkait d'n!an ('rk'mban!an l'mba!a k syariah. S't'lah m'n!ikuti ('rkuliahan ini dihara(kan a!ar mahasiswa m (ola (ikir yan! b'rb'da d'n!an akuntansi kon/'nsional. %ata -&aran ,rasyarat 0 ,'n!antar -kuntasi 2 - 111 3 3. Tujuan 3.1. Tujuan Kognitif 1. %ahasiswa mam(u m'n&'laskan t'ntan! )i h muamalah dasar 2. %ahasiswa mam(u m'n&'laskan t'ntan! transaksi k'uan!an syariah 3. %ahasiswa mam(u m'n'ra(kan (ros's ('n!akuan+ ('ncatatan+ ('n!ukuran dan ('nya&ian atas transaksi k'uan!an syariah s'suai d'n!an )i h muam ,S-K Syariah t'rkait. 3.2. Tujuan yang berkaitan engan pengembangan kepribaian !soft skills" Deskri psi ,'n!'mban!an k'tram(ilan t'knis -da ,'n!'mban!an k'tram(ilan analitikal -da ,'n!'mban!an k'tram(ilan ('n'ta(an tu&uan !oal s'ttin! -da ,'n!'mban!an k'tram(ilan m'n!'lola waktu -da ,'n!'mban!an k'tram(ilan m'nulis -da hal 1 ari ! hal UNIVERSITAS INDONESIA

description

aksyr

Transcript of Silabus Akuntansi Syariah Genap 2014 2015

UNIVERSITAS INDONESIA

Program S1 Ekstensi FEUI Silabus Akuntansi Syariah Gasal 2014/2015

UNIVERSITAS INDONESIAFAKULTAS EKONOMISILABUSAKUNTANSI SYARIAHACCT 15101SEMESTER GASAL 2014/2015

1. Tim PengajarNoNama PengajarAlamat Email

1Wasilah

[email protected]

2Sri Nurhayati

[email protected]

3Dodik Siswantoro

[email protected]

4Catur Sasongko/ Wasilah

[email protected] [email protected]

2. Deskripsi Mata AjaranMata ajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang akuntansi yang berdasarkan pada syariah. Materi yang akan dibahas meliputi sejarah akuntansi dalam perspektif Islam, kerangka konseptual dan perlakuan akuntansi transaksi/akad berdasarkan syariah serta sesuai PSAK misalnya murabahah, mudharabah, musyarakah, salam, istisna, ijarah dan akad lainnya, wakaf, perhitungan zakat dan isu kontemporer yang terkait dengan perkembangan lembaga keuangan syariah. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan agar mahasiswa mempunyai pola pikir yang berbeda dengan akuntansi konvensional.

Mata Ajaran Prasyarat : Pengantar Akuntasi 2 (ACCT 11103)

3. Tujuan3.1. Tujuan Kognitif1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang fiqh muamalah dasar 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang transaksi keuangan syariah 3. Mahasiswa mampu menerapkan proses pengakuan, pencatatan, pengukuran dan penyajian atas transaksi keuangan syariah sesuai dengan fiqh muamalah dan PSAK Syariah terkait.

3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft skills) Deskripsi

Pengembangan ketrampilan teknisAda

Pengembangan ketrampilan analitikalAda

Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting)Ada

Pengembangan ketrampilan mengelola waktuAda

Pengembangan ketrampilan menulisAda

Pengembangan ketrampilan presentasi (public speaking)Ada

Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompokAda

Pengembangan kepercayaan diriAda

Pengembangan ketrampilan memecahkan masalahAda

Pengembangan ketrampilan bahasa InggrisTidak Ada

4. Bahan Bacaan4.1. Wajib :1. Akuntansi Syariah di Indonesia, Edisi 4, Sri Nurhayati dan Wasilah, 2014 (SW)2. Akuntansi Transaksi Keuangan Syariah, Wiroso , 2011 (W)3. PSAK Syariah (PSAK 101 sd PSAK 110)

4.2.Penunjang:1. Accounting, Auditing and Governance Standards for Islamic Financial Institutions. 2010. AAOIFI

Selain bahan bacaan tersebut, mahasiswa diharapkan aktif untuk mencari bahan bacaan lainnya yang relevan dengan topik pembahasan.

5. Metode PengajaranAgar peserta dapat mengikuti kuliah sesuai dengan jadual yang telah ditentukan melalui pembagian sesi perkuliahan mata ajaran ini, maka peserta diharuskan membaca bahan-bahan kuliah sebelum dimulaiMata ajaran ini menggunakan pendekatan student centered learning. Peran dari staf pengajar terutama adalah sebagai penyampai materi secara umum sedangkan mahasiswa diharapkan belajar secara aktif dan mandiri dalam menimba ilmu.

Rincian metode pengajaran adalah sebagai berikut:

Deskripsi Metode

Pengerjaan kasusAda

KuliahAda

Diskusi kelasAda

Proyek kelompokAda

Laboratorium (in class experiental exercises)Tidak Ada

Penggunaan computerAda

Proyek penelitian independenAda

Pembelajaran bersama (cooperative learning)Ada

6. Evaluasi Hasil Pembelajaran Nilai akhir mahasiswa direncanakan diberikan dengan bobot sebagai berikut:

Jenis EvaluasiBobot

1. Ujian Tengah Semester 30%

2. Ujian Akhir Semester30%

3. Makalah /Kasus/Proyek Akhir20%

4. Presentasi10%

5. Partisipasi /Diskusi10%

Penjelasan atas evaluasi pembelajaran:1. Ujian Tengah Semester dilakukan secara tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan2. Ujian Akhir Semester dilakukan secara tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan3. Makalah /Kasus/ Proyek Akhir disusun oleh kelompok sesuai dengan arahan dari pengajar.4. Presentasi dilakukan oleh kelompok berdasarkan makalah yang disusun.5. Partisipasi/Diskusi dinilai secara individual sesuai dengan kahadiran, dan keaktifan dalam bertanya, menjawab serta berdiskusi.

7. Kebijakan UmumKode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangat penting, tidak hanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri, namun juga mencerminkan nilai dan standar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan. Mahasiswa didorong untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran, namun pengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur, mandiri, bukan menyalin pekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.

7.1. KehadiranSesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpa keterangan maksimum 25%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari 25% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir.

7.2. PersiapanMahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahan dimulai. Mahasiswa harus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk belajar secara mandiri. Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswa sendiri, bukan dosen. Dosen berperan sebagai fasilitator dan nara sumber proses belajar.

7.3. Fotokopi BukuSesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaan intelektual (HAKI), mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas; bukan fotokopi. Buku teks tidak harus edisi terbaru sesuai silabus, selama bisa menunjang pembelajaran. Mahasiswa yang tidak memiliki buku asli, dapat meminjam dari mahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI.

7.4. Pedoman PenulisanMakalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman, font 12, spasi 1,5, kertas A4.

7.5. PlagiarismePlagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak terbatas pada kata-kata/data/ide/tabel/diagram), baik sebagian atau seluruhnya, tanpa menyebutkan sumbernya, atau menyajikan ulang hasil karya orang lain seakan-akan karya si penyaji. Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin dari buku, jurnal, Web, majalah, koran, dan lain-lain.Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian lainnya tanpa menyebutkan sumbernya.

Sanksi atas Plagiarisme Satu kali, makalah diberi nilai nol atau maksimum E Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan plagiarisme

Panduan untuk Mencegah PlagiarismePanduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. Bagi mahasiswa yang belum jelas, dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI.

Statement of AuthorshipBagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harus menyertakan Statament of Authorship di halaman depan makalah/ papernya.

Statement of Authorship

Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelas menggunakannya.Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.

Nama:NPM:Tandatangan:Mata Ajaran:Judul Makalah/Tugas: Tanggal:Dosen:(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)8. Jadual Kuliah

PertemuanTopikBahan Bacaan

1 Pembahasan silabus dan metode pengajaran Pendahuluan Islam, Tujuan Syariah dan kaidah hukum Islam SW: Bab 1SW: Bab 2

2Sumber Hukum Islam: Al Quran AsSunah Ijmak QiyasSW: Bab 3

3Sistem keuangan syariah Konsep Harta Konsep Akad Transaksi yang dilarang Prinsip Keuangan SyariahSW: Bab 4

4Sejarah dan pemikiran akuntansi syariah Perkembangan Awal Akuntansi Syariah Sejarah Akuntansi Syariah Perkembangan Akuntansi zaman Rasulullah dan Khalifah Laporan Akuntansi Saat itu

Presentasi Analisa Transaksi oleh Mahasiswa SW: Bab 5

5Tujuan, konsep akuntansi untuk lembaga keuangan syariah, penyajian umum dan syarat-syarat pengungkapan.

Perbandingan Laporan Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah Syariah. Laporan Keuangan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah SW: Bab 6, PSAK: 101 AAOIFI: SFA 1 & 2

6Akuntansi untuk mudharabah Definisi Dasar Syariah Rukun dan Ketentuan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian PengungkapanPresentasi Akad Mudharabah oleh mahasiswa.

SW: Bab 7, PSAK: 105, AAOIFI: FAS 3

7Akuntansi untuk musyarakah Definisi Dasar Syariah Rukun dan Ketentuan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian PengungkapanPresentasi Akad Musyarakah oleh mahasiswa.

SW: Bab 8, PSAK: 106 AAOIFI: FAS 4

8Akuntansi untuk murabahah Definisi Dasar Syariah Rukun dan Ketentuan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian PengungkapanPresentasi Akad Murabahah oleh mahasiswa.

SW: Bab 9 PSAK: 102 ED PSAK: 108 AAOIFI: FAS 2, 5, 6, 11

9Akuntansi untuk salam dan istisna' Definisi Dasar Syariah Rukun dan Ketentuan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian PengungkapanPresentasi Akad Salam & Istishna oleh mahasiswa.

LN: Bab 10, SW: Bab 10, 11 PSAK: 103, 104 AAOIFI: FAS 7 & 10,

10Akuntasi untuk ijarah dan akad akad lain Definisi Dasar Syariah Rukun dan Ketentuan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian PengungkapanPresentasi Akad Ijarah oleh mahasiswa.

SW: Bab 12, 13 ED PSAK: 107 AAOIFI: FAS 8

11Fiqih zakat, zakat individu Perbedaan Zakat dengan Pajak serta infak / sadaqah Jenis Zakat Haul dan Nishab setiap jenis zakat 8 Asnaf Manfaat Zakat Akuntansi Zakat bagi Amil ZakatPresentasi Zakat oleh mahasiswa.

SW: Bab 14 PSAK: 109 AAOIFI: FAS 9

12Zakat institusi dan Wakaf Zakat Institusi Perbedaan Wakaf dg Zakat dan Infaq/Sedekah Wakaf benda Tidak Bergerak dan Bergerak Wakaf TunaiSW: Bab 14 PSAK: 109 AAOIFI: FAS 9 SW: 15, W

13Pasar Modal Syariah dan Pasar Uang Syariah Jenis Instrumen Syariah di Pasar Modal dan Pasar Uang Kriteria Insrtrumen Keuangan SyariahPresentasi Sukuk oleh mahasiswa.SW: Bab 16

14Takaful Perbedaan Asuransi Konvensional dan Syariah Pengakuan Awal Pencatatan Penyajian Pengungkapan PSAK: 108

Notes: Presentasi Akad oleh Mahasiswa diharuskan mengunjungi lembaga keuangan syariah untuk memperoleh informasi terkait materi yang akan dipresentasikan.

hal 6 dari 7 hal