Rabu, 9 September 2020

23
Rabu, 9 September 2020

Transcript of Rabu, 9 September 2020

Rabu, 9 September 2020

Gempa berkekuatan M 6.2 yang terjadi di wilayah MalukuTengah merupakan jenis gempa bumi menengah akibataktivitas Subduksi Banda. Mekanisme sumber menunjukkanbahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik(thrust fault), Tidak ada laporan kerugian akibat terjadinyagempa tersebut. Dengan meningkatnya aktivitas gempa diwilayah ini, masyarakat perlu lebih waspada, yaitu denganmemahami cara selamat saat terjadi gempa sertamembangun bangunan tahan gempa

Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Maluku Tengah

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200908075922-20-543832/gempa-magnitudo62-guncang-maluku-tengah

Geografi

Demografi

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia LewatiAngka 200.000

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia telahmelewati angka 200.000 dan angka kematianakibat pandemi mencapai 8.230 orang. Hal inidiprediksi akan terus meningkat karenakurangnya kedisiplinan sebagian masyarakatdalam mematuhi protokol kesehatan sertatingginya aktivitas dan mobilitas masyarakat.

https://nasional.kompas.com/read/2020/09/08/15140221/update-kembali-tambah-di-atas-3000-kasus-covid-19-lewati-200000

https://kupang.tribunnews.com/2020/09/08/bangun-pembangkit-listrik-tenaga-surya-kapasitas-20-ribu-mega-watt-di-sumba

Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 20 Ribu Megawatt di Sumba

Pulau Sumba di NTT memiliki potensi besar dalammenghasilkan energi listrik dengan memanfaatkanpanas matahari. Potensi besar ini untukpengembangan pertanian, peternakan dan industriyang berada di Sumba. Pulau Sumba akanmemiliki pembangkit listrik berkapasitas 20 ribumegawatt yang dapat memasok energi listrikdengan energi baru terbarukan untuk pulau Jawadan Sumatera.

Kekayaan Alam

Politik

https://viva.co.id/berita/nasional/1300133-selain-ubah-garuda-pancasila-ormas-di-garut-ini-bikin-uang-sendiri

Ormas di Garut Mengganti Lambang Garuda Pancasila Dan Bikin Uang Sendiri

Berkas pengajuan izin Ormas Paguyuban Kandang WesiTunggul Rahayu yang diketuai oleh Mr. Prof. Ir. Cakraningratalias Sutarman untuk dicatat oleh Pemerintah KabupatenGarut Jawa Barat menuai reaksi masyarakat. Ormas tersebuttelah merubah lambang Garuda dengan kepala menghadapke depan dan memiliki mahkota. Perubahan lambangGaruda dan mencetak uang sendiri rentan menimbulkangejolak masyarakat yang berpotensi terganggunya stabilitasnasional.

Ekonomi

OJK dan LPS memperbarui kerja sama dan koordinasi terkaitpenanganan dan pengawasan bank bermasalah, agar tidakmengganggu stabilitas sistem keuangan di tengah pandemi VirusCorona. Hal ini merupakan tindak lanjut UU Nomor 2 Tahun 2020tentang Penetapan Peraturan Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2020tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas SistemKeuangan untuk Penanganan Pandemi Virus Corona dan/atauDalam Rangka Menghadapi Ancaman yang MembahayakanPerekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.Dimungkinkan MoU antara OJK dengan LPS akan terus diperlukanguna penanganan dan pengawasan bank bermasalah.

https://cnnindonesia.com/ekonomi/20200908093640-78-543868/ojk-dan-lps-lanjutkan-kerja-sama-penanganan-bank-sakit.

OJK dan LPS Lanjutkan Kerja Sama PenangananBank Bermasalah

Sosbud

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmitomenyatakan, ada potensi munculnya klaster Pilkada penularanCovid-19 dalam Pilkada Serentak 2020, seperti penyampaianPresiden Jokowi pada sidang kabinet hari Senin (7/9/2020) diIstana Negara, Jakarta. Untuk itu, semua pihak penyelenggaraPilkada diminta tegas menegakkan protokol kesehatan, sesuaiaturan KPU. Jika penyelenggara tidak tegas, ajang Pilkada 2020dimungkinkan bisa menjadi penyebab munculnya klaster baruyang hanya mendatangkan kerugian terhadap upaya-upayapemerintah selama mengatasi pendemi Covid-19.

https://nasional.kompas.com/read/2020/09/08/09244541/cegah-potensi-klaster-pilkada-satgas-covid-19-kpu-harus-tegakkan-aturan

Untuk Mencegah Potensi Klaster Pilkada, AturanHarus Ditegakkan Dengan Tegas

Hankam

https://news.detik.com/berita/d-5164088/jokowi-minta-tni-polri-netral-di-pilkada-2020

Dalam penyelengaraan Pilkada tahun 2020, Presiden RI JokoWidodo menekankan agar aparat TNI dan Polri bersikapnetral dan dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020.Selanjutnya seluruh komponen masyarakat diharapkan tidakada yang mengunakan Politik identitas, karena penggunaanpolitik identitas dalam Pilkada akan dapat membahayakanpersatuan dan kesatuan Bangsa. Dalam masa pandemi ini,presiden RI Joko Widodo menekankan kepada semua pihak,penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, aparat pemerintah,jajaran keamanan dan penegak hukum, kepada seluruhaparat TNI-Polri, seluruh tokoh masyarakat atau organisasiuntuk aktif bersama-sama mendisiplinkan masyarakat dalammengikuti protokol kesehatan.

Jokowi Minta TNI-Polri Netral di Pilkada 2020

China Terus Membangun Pulau Buatandi Laut Filipina Barat

Pada tanggal 8 September 2020 di rapat anggaran pertahanan denganDPR Filipina, Menhan Filipina Delfin Lorenzana menyatakan China selainmempertahankan kehadiran Fiery Cross, Mischief dan Subi Reefs di LCS,China terus mengembangkan pulau buatannya di daerah tersebut.Keberlanjutan China dalam mengembangkan pulau buatannya di daerahyang disengketakan dengan Filipina disebabkan AL dan AU Filipinamemiliki aset yang terbatas sehingga pelaksanaan patroli di ZEE belumoptimal untuk menegaskan kedaulatan Filipina atas wilayah tersebut.China dalam beberapa tahun terakhir telah memasang rudal jelajah anti-kapal, sistem rudal permukaan-ke-udara dan peralatan pengacau radarserta 2 stasiun penelitian di Fiery Cross dan Subi Reefs untuk "memantauperubahan ekologi dan seismik di wilayah utama LCS".

https://www.philstar.com/headlines/2020/09/08/2040941/china-continues-improve-artificial-islands-south-china-sea-lorenzana

Langkah Mundur Thailand dariProposal Kanal Kra

Pada tanggal 8 September 2020, dipublikasikan bahwa Thailand mengambillangkah mundur dari proposal Kanal Kra, sehingga meredam harapan Chinaakan alternatif strategis ke Selat Malaka.Adanya kemarahan publik atas pembelian 2 kapal selam senilai USD 724 jutadari China di tengah situasi ekonomi dan kepercayaan kepadapemerintah/monarki Thailand yang menurun merupakan pendorongmundurnya dari proposal Kanal Kra dimana masalah keamanan terkaitpendanaan China dapat menjatuhkan kedaulatan Thailand. Dihadapkandengan pembangunan kanal Kra secara fisik, akan memisahkan provinsi-provinsi selatan dari bagian lain negara Thailand sehingga menimbulkanperpecahan dan upaya merdeka. Pembangunan kanal Kra juga akan semakinmerusak kemerdekaan negara-negara di Asia Tenggara (Myanmar danKamboja) yang rentan campur tangan China dapat membahayakan Thailand.

https://www.timesofrepublic.com/2020/09/thailand-once-chinas-friend-now-stalls-defence-deal-cancels-massive-infra-project/

China-India Saling Tuding Soal Insiden Baku Tembak

Pasca insiden saling tembak terbaru pada Senin 6 September 2020antara pasukan penjaga perbatasan China dan India di wilayahperbatasan di sebelah selatan Pangong Tso Lake Himalaya, kedua belahpihak saling menuduh pihak lawan memulai tembakan. Pihak Chinamenuduh tantara India menerobos Line of Actual Control danmenembak ke arah tantara penjaga perbatasan China yang akanbernegosiasi, sehingga terjadi tembakan balasan. Sedangkan pihak Indiamenuduh bahwa tantara China yang melanggar perjanjian danmenembakkan senjata ke udara terlebih dahulu untuk mengintimidasipasukan perbatasan India. Terjadinya insiden tersebut telah menambahderetan insiden berbahaya yang akan menambah panas situasi diwilayah sengketa perbatasan dan semakin mengganggu hubunganChina-India.

https://www.aljazeera.com/news/2020/09/china-indian-forces-crossed-border-fired-warning-shots-200908034105515.html

India Uji Tembak Rudal Hipersonik

Pada tanggal 7 September 2020, militer India telah melakukan ujitembak rudal hipersonik pertamanya. Rudal ini dikenal sebagaihypersonic missile technology demonstrator vehicle (HSTDV) yangdikembangkan sendiri oleh India melalui Organisasi Penelitian danPengembangan Pertahanan (DRDO). HSDTV ini memiliki kecepatanMach 6 dan meluncur hingga ketinggian 32,5 km dalam 20 detik.Rudal ini berpotensi untuk meningkatkan kemampuan kapal perangangkatan laut India dalam konflik di masa depan. Hal ini mengingatsemakin meningkatnya intensitas konflik antara China dengan Indiadan persaingan kedua negara yang mengarah pada persaingandomain maritim.

https://international.sindonews.com/read/157944/40/konflik-dengan-china-memanas-india-tes-tembak-rudal-hipersonik-pertamanya-1599556149

ASEAN Mengadakan PertemuanParlemen Regional Online

Pada tanggal 8 September 2020, Majelis Umum PerhimpunanBangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Inter-ParliamentaryAssembly (AIPA 41) dibuka melalui konferensi video.AIPA 41 akan membahas berbagai masalah dan topik termasukperan Parlemen dalam mempromosikan kohesi ekonomi danpemulihan ASEAN setelah pandemi Covid-19, dan diplomasiparlemen untuk perdamaian dan keamanan berkelanjutan diwilayah Asia Tenggara.AIPA 41 bertujuan untuk membentuk pola pikir dan tindakanberbasis komunitas untuk mencapai Komunitas ASEAN yang kuatdan kohesif di forum internasional.

https://www.therahnuma.com/asean-holds-online-regional-parliamentary-meeting/

https://republika.co.id/berita/qgbl2q382/as-kaji-larangan-produk-kapas-dari-xinjiang-china

Pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan sedangmempertimbangkan untuk melarang sebagian atau seluruh produk kapas dariXinjiang. Dalam laporan itu disebutkan pertimbangan itu diambil berdasarkantuduhan pelanggaran hak asasi manusia. Kajian itu muncul saat laporan tentangkerja paksa minoritas muslim Xinjiang mencuat. The New York Times menulisbelum diketahui apakah larangannya juga mencakup produk-produk yangmengandung kapas dari Xinjing yang dikirimkan dari negara lain atau tidak. Padabulan Maret lalu, anggota parlemen AS mengajukan rancangan undang-undangyang bertujuan mencegah barang-barang yang diproduksi dari hasil kerja paksadi Xinjiang sampai ke AS. AS mengaitkan larangan produk kapas dari XinjiangChina karena dinilai banyak warga di Xinjiang, khususnya mereka yang berasaldari etnis Uighur berada dalam kamp penahanan. PBB memperkirakansetidaknya satu juta warga etnis Uighur telah ditahan dalam kamp-kamp besaryang dibuat Pemerintah China

AS Kaji Larangan Produk Kapas dari Xinjiang China

https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01726358/makin-tak-terkendali-yunani-siapkan-uang-rp43-triliun-untuk-berperang-melawan-turki?page=3

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis telah mengumumkan rincianrencana peningkatan kemampuan militer mereka. Kyriakos Mitsotakismenyatakan bahwa Yunani menggalang negara-negara sahabat dengantujuan memperkuat peralatan bagi angkatan bersenjatanya. Untukmemperkuat militernya, Yunani telah melelang surat utang negara (SUN)senilai 2,5 miliar Euro atau setara dengan Rp43 triliun yang digunakan untukmendanai anggaran militer yang semakin besar dan bantuan sosial bagiusaha kecil yang terdampak pandemi Covid-19. Perdana Menteri Yunanijuga berencana akan bertemu Presiden Perancis Emmanuel Macron padatanggal 10 September 2020 dalam pertemuan Negara-Negara Uni EropaMediterania di Pulau Korsika. Hal ini akan dijadikan momentum yang baikbagi Yunani untuk meminta dukungan Perancis, termasuk untukmengadakan sejumlah alutsista strategis.

Yunani Siapkan Uang Rp. 43 Triliun untuk BerperangMelawan Turki

https://www.defenceweb.co.za/aerospace/aerospace-aerospace/b-52-stratofortresses-conduct-interoperability-missions-in-north-africa/

Direktur Operasi Komando Afrika AS (Africom), Mayjen Joel Taylormenyatakan Komando Strategis AS, untuk mendukung Komando Afrika AS,dengan memulai misi pelatihan interoperabilitas B-52 yang dimulai padatanggal 7 September 2020 di Afrika Utara. Misi pertama termasukpartisipasi dari empat F-16 Maroko. B-52 juga akan menunjukkankemampuan interdiksi maritim dengan mencegat USS Roosevelt, yang akanmensimulasikan kapal musuh, di Laut Mediterania Selatan. Misi yangdilakukan oleh AS bersama mitra internasional yakni Afrika ini dilakukansebagai bukti guna menunjukkan jangkauan strategis pasukan gabunganAfricom dan komitmen kolektifnya untuk mencegah pengaruh buruk di

kawasan, termasuk ancaman keamanan dan pertahanan . Diperkirakan B-52juga akan dikendalikan dari salah satu pangkalan militer AS di Afrika.

Boeing B-52 Stratofortresses Melakukan MisiInteroperabilitas di Afrika Utara

https://www.c4isrnet.com/artificial-intelligence/2020/09/08/turkey-develops-ai-based-simulator-for-light-fighter-jet/

Turkish Aerospace Industries mengatakan telah mengembangkan simulatorberbasis kecerdasan buatan pertama di Turki, yang akan digunakan dalamfase desain dan pengembangan Hurjet, pesawat serbu ringan yangdirancang secara lokal. TAI mengatakan simulator teknik, Hurjet 270,dirancang untuk mengumpulkan umpan balik dari pilot penguji untukmembuat desain Hurjet "lebih baik, lebih solid, dan lebih efisien." Simulatorjuga dimaksudkan untuk mendeteksi kesalahan desain pada tahappengembangan. Pejabat perusahaan mengatakan simulator akanmenampilkan "resolusi setinggi mata manusia". Hurjet adalah versi mesinjet dari turboprop Hurkus, pesawat latih dasar asli pertama Turki. TAImeluncurkan program Hurjet pada 2018, dengan target penerbanganperdananya pada 2022. Hurjet akan memiliki kecepatan maksimum Mach1.2 dan dapat terbang di ketinggian maksimum 45.000 kaki. Pesawat akanmemiliki muatan maksimum 3.000 kilogram, termasuk amunisi, radar, dankamera.

Turki Mengembangkan Simulator Berbasis AI Untuk Jet Tempur Ringan

Media Sosial Dunia pada Tahun 2020

https://www.socialmediatoday.com/news/the-social-media-universe-in-2020-infographic/584862/

Ruang media sosial selalu berkembang terus dan tahun ini seiring denganpembatasan interaksi sosial akibat pandemi Covid-19, pertumbuhanmedia sosial sangat signifikan, karena manusia akan senantiasa mencaricara alternatif untuk tetap berhubungan dengan dunia yang lebih luas.Dengan 3.8 milyar pengguna seluruh dunia (sekitar setengah populasidunia), media sosial telah memasuki hampir semua aspek kehidupanmodern. Beberapa platform media sosial terbesar berada dalamZuckerberg Cluster yaitu Facebook dengan Monthly Active Users (MAU)atau pengguna aktif bulanan mencapai 2,6 Milyar, WhatsApp mencapai 2Milyar, Messenger 1,3 Milyar, dan Instagram 1,1 Milyar. Sementarapengguna aktif bulanan Youtube mencapai 2 Milyar dan Reddit 430 Juta.Dari sekitar 4,5 Milyar pengguna internet seluruh dunia, 10 besarpengguna aktif bulanan platform media sosial dunia perusahaannyadimiliki hanya oleh 2 negara yaitu AS dan China.