Harian rakyat sumbar rabu 18 september 2013

download Harian rakyat sumbar rabu 18 september 2013

of 16

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    290
  • download

    11

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Harian rakyat sumbar rabu 18 september 2013

  • RABU EDISI 2183/III/2013 - 18 SEPTEMBER 2013

    rakyatsumbarpers@yahoo.com

    Layanan Pelanggan:0752 - 6277700852 6586 8727

    ECERAN Rp 2.000LUAR KOTA+ONGKOS KIRIM

    Lebih Lengkap, Lebih AktualLebih Lengkap, Lebih AktualLebih Lengkap, Lebih AktualLebih Lengkap, Lebih AktualLebih Lengkap, Lebih Aktual

    CM

    KY

    C M KY

    04.58 12.18 15.21 18.21 19.26

    Jalur Simaka ditenggat akhir 2013* Lai sabananyo tu pak..???

    Bupati Pasaman tabik rabo* Tu ka ba a juo lai..!!!

    No KNo KNo KNo KNo Komen...omen...omen...omen...omen...

    GELIAT INDIA MEMBANGUN INFRASTRUKTUR KOTA-KOTANYA (1)MRT Jadi Andalan, tapi Kekumuhan Ada di Mana-Mana

    Tiongkok, Brasil, dan Indiatermasuk tiga negara yang disebut-

    sebut akan menjadi negara maju.Pertumbuhan ekonomi mereka rata-

    rata lebih dari 7 persen per tahun. Tapi,di sisi lain, kemiskinan masih

    merajalela. Berikut laporan wartawanJawa Pos ANDRIANTO WAHYUDIONOdan DHIMAS GINANJAR yang saat ini

    berkeliling India.

    dan putih itu terlihat luas serta lapang.Begitu masuk ruang pemeriksaan imigrasi,para tamu asing dilayani di 12 loket.Pelayanannya cepat sehingga tidak sampaiterjadi antrean panjang.

    Saat keluar dari pintu bandara menujuhotel, tengah malam itu (9/11), kami tidaktahu banyak kondisi di sekitar jalan. Sebab,semua gelap gulita. Jalan-jalan belumdilengkapi penerangan.

    Kami baru bisa menyaksikan pemandang-an yang sebenarnya ketika melakukanperjalanan darat dari pusat Kota Bangaloreke BIA, Sabtu (14/9) siang. Saat itulah kamibisa melihat betapa India sedang gencar-gencarnya membangun kawasannya. Proyekjalan bebas hambatan ada di mana-mana.Gedung-gedung menjulang dengan arsitekturkontemporer membuat mata kami takjub.

    Sekitar 5 kilometer menjelang kawasanBIA, terlihat taman yang asri dan tertata dikanan kiri highway.

    BANDARA bisa jadi salah satu etalasekemajuan sebuah negara. Itulah yangmembuat India terus berbenah untukmeningkatkan citranya sebagai negara siaptinggal landas.

    Misalnya, yang tampak di Bengaluru In-ternational Airport (BIA), Bangalore, sekitartiga jam penerbangan dari New Delhi.Bandara yang mulai beroperasi pada 2008itu sangat modern. Arsitekturnya menjiplakbandara-bandara di Eropa.

    Gedung dengan dominasi warna hijau Baca MRT...Hal 2SALAH satu sudut Silicon Valley. Kawasan perusahan IT dan software yang bermasalah dengangenangan air dan perbaikan jalan.

    DHIMAS GINANJAR/JAWA POS

    Dituding Korupsi, Anang-Ashanty tak Berniat

    Tuntut BalikPEMBERITAAN dugaan korupsi biaya

    pernikahan Anang Hermansyah dan Ashan-ty terus meluas. Namun hal itu tidak akanmembuat pasangan tersebut melakukangugatan balik.

    Anang-Ashanty juga tidak akan mengha-langi upaya Kejaksaan Negeri (Kejari)Jember yang sedang mengusut kasus terse-but. Anang-Ashanty pun menyatakan siapmenjalani pemeriksaan di Kejari Jember.

    Kami gak akan tuntut balik. Orang bisanilai kasus ini sebagai pencemaran nama ba-ik tapi aku sendiri ngerasa gak perlu, kataAshanty di Studio RCTI Kebon Jeruk Jakar-ta Barat, Selasa (17/9).

    Ashanty mengungkapkan, keluargabesar suaminya sangat tersinggung denganpemberitaan tersebut. Kegiatan yang awal-nya bertujuan mengangkat Jember malahdiberitakan negatif.

    Pelantun lagu Kesakitanku itu jugatidak yakin Pemerintah Daerah Jember relakorupsi hanya untuk menggelar prosesipernikahannya dengan Anang. Hal itumenurut Ashanty tidak relevan.

    Kita diundang bupati untuk berpar-tisipasi dalam Bulan Berkunjung ke Jember.Kita berfikir kenapa gak didempetin aja, kankita pake uang sendiri. Kalau korupsi,apanya yang korupsi, tegas Ashanty.

    Terkait penggunaan Pendopo Jemberuntuk prosesi pernikahan, Ashanty me-nganggapnya sebagai sesuatu yang wajar.Mas Anang juga putra daerah Jember, jadifasilitas yang dikasih sah-sah aja, tambahAshanty. (abu/jpnn)

    Jalur Simaka Ditenggat Akhir 2013Padang, Rakyat SumbarOptimalisasikan perampunganJalur Sicincin-Malalak terus diu-payakan DPRD Sumbar, Wakil Ke-tua DPRD Sumbar, Leonardy Har-maini pimpin langsung kunjungankerja untuk melihat beberapa titikruas jalan yang didanai oleh APBNdan APBD Sumbar yang mencapairatusan miliar, yang masih belumrampung pengerjaannya, Selasa(17/9). Didampingi oleh BupatiAgam Indra Catri dan Dinas Pras-jar Tarkim Sumbar. RombonganDPRD langsung menyisiri jalurSicincin-Malalak di antaranya ka-wasan Bukit Apit yang beberapasaat lalu terjadi longsor dan tiga titiklainnya di Malalak Timur, Agam.

    Kondisi jalur Sicincin-Malalak

    saat ini dengan panjang 27 KM be-rada di daerah Agam dan 11 KM diKabupaten Padangpariaman, mes-ki sudah mulai digunakan masya-rakat, namun hingga kini jaluralternatif Sicincin-Malalak belumlayak dilewati. Tak kunjung tuntas-nya pembebasan lahan di 3 titik dikawasan Agam dengan panjang ke-seluruhan sekitar 250 Meter, serta 2titik di kawasan Pariaman, membuatakses jalan menyempit pada beberapatitik tersebut. Sementara sebagian ru-as lagi masih berbahaya untuk dilewa-ti pengendara, karena belum dileng-kapi penahan tebing (Shot Create).

    Leonardy mengimbau, Peme-rintahan Kabupten Agam danPadangpariaman melalui tim ma-sing-masing untuk segera meram-pungkan pembebasan lahan de-ngan melakukan pendekatan se-cara persuasif kepada masyarakat.

    ISRANHarian Rakyat Sumbar

    Baca Miskin...Hal 2

    Masyarakat Muarobodi Senang Miliki Masjid Baru

    Jalan Berlubang Ancam Pengendara

    Padang, Rakyat SumbarKondisi jalan di kawasan Lapai danKurao Padang, Kecamatan Nang-galo, mengkuatirkan. Sejumlah ruasjalan di kawasan itu berlubang.Parahnya lagi di kawasan Lapaimisalnya, lubang menganga seda-lam sekitar setengah meter berdia-meter sekitar 30 centimeter, tam-pak dibiarkan begitu saja.

    Tapi justru, sampai saat ini be-lum tampak tindak lanjut dari in-stansi terkait untuk menutup danmenambal lubang di ruas jalantersebut.

    Seperti di kawasan Jhoni Anwarmisalnya, untuk menghindari hal-hal yang tak diingingkan, wargasekitar sengaja menutup lubang itudengan batang kayu. Sedangkan dikawasa Kurao Pagang, sering pe-ngendara motor terjatuh.

    Pantauan Padang Ekspres(grup Rakyat Sumbar), jalan iniberlubang sudah tampak sejakseminggu lalu. Tak ada yang tahupasti apa penyebabnya. Namunwarga sekitar menduga lubang initerjadi kaerna ada rengkahan didalam tanah. Karena sering hujan,rengkahan itu amblas ke dalamdan membuat lubang.

    Kondisi ini mengancam kesela-matan pengendara yang lewat. Apa-lagi diketahui kawasan tersebut, ada-lah kawasan yang cukup padat ter-utama saat pagi dan sore ketika orangpulang dari kantor. Di Kurao Pagangjustru kondisi jalan itu telah seringdisampaikan kepada Pemko tapibelum juga ada tindaklanjutnya.

    Dalam Waktu DekatAkan Ditambal

    Baca Jalan...Hal 2

    Sijunjung, Rakyat SumbarMasyarakat Muarobodi, Kabu-paten Sijunjung, menyambut baikdan merasa senang atas kehadiranmasjid Raya Darussalam, yangsaat ini dalam proses menye-lesaian.

    Menurut tokoh masyarakatMuarobodi Nankodo St Pamun-cak, kehadiran masjid tersebutsangat berarti bagi masyarakat.

    Selama ini memang sudahada masjid di Muarobodi, namunkarena Muarobodi sangat luas,

    sehingga jauh dari se-bagian wilayah masya-rakat yang lain, kata-nya.

    Lokasi masjid seka-rang persis berada dipertigaan Muarobodi -Muarogambok - Sijun-jung. Awalnya lokasitersebut berdiri sebuahmushalla. Mushalla ter-sebut telah berusia sa-ngat tua, kemudian di-bangun masjid dengan konstruksi

    baru, setelah terlebihdahulu areal masjid ter-sebut ditambah denganpenambahan lahan di-bagian belakang mu-shalla sebelumnya.

    Pembangunan mas-jid baru tersebut dibia-yai salah seorang putraMuarobodi, H EndreSaifoel yang sehari-hariakrab disapa Haji Wen.

    Baca Masyarakat...Hal 2

    Bupati PasamanTabik Rabo

    Pasaman, RakyatSumbarBupatiPasaman tabik rabodan kecewa berat ke-tika membuka Tur-namen Sepakbola Li-ga Pelajar Indonesia(LPI) SMP/SMA ting-kat Kabupaten Pasa-man. Peserta yang ha-dir tidak sesuai harap-an. Kepala Dinas Pen-didikan dan KepalaDinas Pemuda Olah-raga, Budaya dan Pariwisatajangan buang badan terkait de-ngan pelaksanaan acara ini.

    Siapa panitia kegiatan ini,dua kepala dinas yang menjadistakeholder acara ini janganbuang badan. Saya betul-betulkecewa berat, saya tidak bisa

    menutupi kekecewa-an ini. Seharusnyasaya tidak hadir disini. Malu saya samabapak Muspida acaraseperti ini harus di-hadiri bapak Mus-pida pula, hal ini per-lu menjadi catatan,kata Bupati Pasa-man, H Benny Uta-ma ketika membukaturnamen itu di Ge-lora Tuanku Imam

    Bonjol, Senin (16/9) lalu.

    Pembukaan LPISepi Peserta

    Baca Bupati...Hal 2

    Ditolak Mentawai,Pemrov Pilih Relokasi

    Padang,Rakyat SumbarSe-telah penolakan yang dilakukan Pemerintah kabupaten (Pem-kab) Mentawai tentang penya-luran raskin, Pemerintah Pro-vinsi Sumbar surati MenteriKoordinator Kesejahteraan Rak-yat (Menko Kesra) untuk me-

    minta persetujuan Menko Kesramerelokasi raskin untuk kabu-paten Kepulauan Mentawai kekabupaten/kota lainnya di wila-yah Sumatera Barat. Dalam wak-tu dekat, diharapkan PemprovSumbar sudah mendapatkankepastian terhadap pengalihanpagu raskin Pemerintah Kabu-paten Kepulauan Mentawai. Su-rat permohon relokasi raskin bernomor 525.1/1083/Perek-2013.

    Relokasi TungguPersetujuanMenko Kesra

    Baca Ditolak...Hal 2

    6 Wanita MalamDisukaramikan

    Padang, Rakyat SumbarTerjaringrazia penyakit masyarakat (pekat) satuanPolisi Pamong praja Kota Padang padaSelasa (17/9) dini hari. 6 orang wanitamalam kembali dikirim ke panti rehabilitasiAndam Dewi Sukarami, Kabupaten Solok.

    Ke enam wanita tersebut yakni Yl, 20,DW, 25, FT, 19, AG, 23, TN, 21, dan CT, 26.Ke enamnya terjaring petugas di dua lokasiberbeda, 4 orang dijaring di salah satu cafdi kawasan Pantai Padang dan dua oranglainnya dijaring salah satu caf di kawasanMuaro sekitar pukul 01. 00 WIB.

    Humas Pol PP Padang Amrizal Rengga-nis kepada Padang Eksp