PROTISTA 1

Click here to load reader

download PROTISTA 1

of 9

  • date post

    24-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    75
  • download

    0

Embed Size (px)

description

PROTISTA 1. Anita Firdaus (04) Eka Putri Nuansari (13) Mochammad Ariyanto (22) Nurmalla Isnainia (29) Rachmad Syarul Hidayat (32) Sofia Rindri E. O. (33). Definisi Kingdom Protista. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of PROTISTA 1

PROTISTA 1

PROTISTA 1Anita Firdaus (04)Eka Putri Nuansari (13)Mochammad Ariyanto (22)Nurmalla Isnainia (29)Rachmad Syarul Hidayat (32)Sofia Rindri E. O. (33)

Definisi Kingdom ProtistaProtista merupakan organisme eukariotik sederhana yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai hewan, tumbuhan atau jamur. Tubuh protista ada yang tersusun satu sel saja (uniseluler), ada pula yang tersusun atas banyak sel (multiseluler). Cium(Ciri umum) ProtistaTubuhnya ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler.Hidup bebas di air laut atau air tawar,atau parasit di cairan tubuh atau jaringan makhluk hidup lain.Reproduksi secara aseksual yaitu dengan pembelahan biner, ,sedangkan reproduksi secara seksual dengan cara konjugasiataupun dengan cara gamitogami,baik isogami maupun anisogami. Respirasi terjadi secara aerobic.Bersifat Eukariotik.Bentuk tubuh protista sangat beragam.Protozoa, protista yang menyerupai hewanProtozoa hampir semuanya protista bersel satu, mampu bergerak yang makan dengan cara fagositosis, walaupun ada beberapa pengecualian. Mereka biasanya berukuran 0,01-0,5 mm sehingga secara umum terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Protoza dapat ditemukan di mana-mana, seperti lingkungan berair dan tanah, umumnya mampu bertahan pada periode kering sebagai kista (cyst) atau spora, dan termasuk beberapa parasit penting.Berdasarkan pergerakannya, protozoa dikelompokkan menjadi:Flagellata, yang bergerak denganflagella (rambut cambuk). Contoh:Trypanosoma,TrichomonasAmoeboida,yang bergerak denganpseudopodia(kaki semu/kaki akar) yaitu yang berarti setiap kali ia akan bergerak harus membentuk kaki semu sebelum dapat bergerak dan pembentukan kaki ini dinamakan fase gel. Contoh:AmoebaCilliata, yang bergerak dengansilia(rambut getar). Contoh:ParamaeciumSporozoayang tidak memiliki alat, beberapa mampu membentukspora. Contoh:Plasmodium spAlgae, protista yang menyerupai tumbuhanAlgae mencakup semua organisme bersel tunggal maupun banyak yang memilikikloroplas. Termasuk di dalamnya adalah kelompok-kelompok berikut.Alga hijau, yang memiliki relasi dengantumbuhanyang lebih tinggi (Embryophyta). Contoh:UlvaAlga merah, mencakup banyak alga laut. Contoh:PorphyraHeterokontophyta, meliputi ganggang coklat, diatom, dan lainnya. Contoh:Macrocystis.Alga hijau dan merah, bersama dengan kelompok kecil yang disebutGlaucophyta, sekarang diketahui memiliki hubungan evolusi yang dekat dengan tumbuhan darat berdasarkan bukti-bukti morfologi, fisiologi, danmolekuler, sehingga lebih tepat masuk dalam kelompokArchaeplastida, bersama-sama dengantumbuhan biasa.

Protista yang menyerupai jamurBeragam organisme dengan organisasi tingkat protista awalnya dianggap sama dengan jamur, sebab mereka memproduksisporangia. Ini meliputichytrid,jamur lendir,jamur air, dan Labyrinthulomycetes.Chytridsekarang diketahui memiliki hubungan denganFungidan biasanya diklasifikasikan dengan mereka. Sementara yang lain sekarang ditempatkan bersama dengan heterokontofita lainnya (yang memiliki selulosa, bukan dindingchitin) atauAmoebozoa(yang tidak memiliki dinding sel).Semoga Presentasi sederhana ini dapat memberi manfaat bagi anda semua, akhir kata Wassalamualaikum Wr. Wb.

Anita FirdausEka Putri NuansariMochammad AriyantoNurmalla IsnainiaRachmad Syarul HidayatSovia Rindri Eka Olivia