Program Eskul Sepakbola

download Program Eskul Sepakbola

of 54

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    67
  • download

    2

Embed Size (px)

description

ektra

Transcript of Program Eskul Sepakbola

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya serta berkat kekuatan yang telah diberikan oleh-Nya, kami dapat menyusun Buku Program Panduan untuk Teori dan Praktek Eskul Sepakbola. Penyusunan Program ini dimaksudkan untuk mempermudah pola pengajaran teori dan praktek Sepakbola dan juga sebagai buku pegangan pembimbing ekskul sepakbola.Buku ini kami susun berdasarkan kajian-kajian dan pengembangan dilapangan yang diperoleh oleh pembimbing.

Eskul Sepakbola adalah Ekstrakurikuler yang mutlak harus ada di SMK NEGERI 1 Udanawu karena mayoritas penduduk di sekitar sekolah adalah pehobi sepakbola, sementara sarana untuk menyalurkan bakat dan minat terhadap sepakbola masih kurang, dengan tidak adanya Sekolah Sepakbola ataupun akademi sepakbola di wilayah sekitar Blitar bagian barat, eskul sepakbola juga adalah wadah yang bertujuan untuk mencetak anak didik terampil dalam bermain sepak bola dengan pengenalan dasar sepak bola yang baik untuk mencetak pemain sepak bola berprestasi.

Sejalan dengan dukungan pemerintah saat ini terhadap cabang olahraga sepakbola untuk mengangkat prestasi Tim Nasional yang terus terpuruk maka pemerintah mulai menggulirkan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) untuk pembinaan usia dini mulai tingkat rayon sampai tingkat provinsi, untuk itu kami secara antusias menyambut program pemerintah tersebut dengan adanya Eskul Sepakbola di SMK NEGERI 1 Udanawu yang mudah-mudahan menjadi sarana penggemblengan bibit-bibit muda potensial sebagai penyuplai pemain masa depan.

Akhirnya, melalui kesempatan ini kami menghaturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya dan yang terungkap dari lubuk hati kami yang paling dalam kepada :

1. Bapak Drs.Hartoyo, MM,M.Pd selaku Top Leader di SMK NEGERI 1 Udanawu yang berkat arahan dan bimbingan beliau mudah-mudahan Eskul Sepakbola di SMK NEGERI 1 Udanawu makin berkembang.

2. Wakasek Kurikulum sebagai perumus program pembelajaran disekolah yang kembali memberi ruang dan waktu kepada kami dengan diadakannya Program Eskul Sepakbola.

3. Bapak dan Ibu Guru serta staf tata usaha atas wujud motivasi kepada pembimbing saya haturkan Jazakalohu khoiron kasiro.

Akhirnya kami mengharapkan semoga buku panduan ini dapat memberikan sumbangsih nyata untuk kemajuan pendidikan di SMK NEGERI 1 Udanawu dan dapat berguna bagi kami khususnya tim PD Sepakbola SMK NEGERI 1 Udanawu dan bagi semua pihak yang memerlukan.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Udanawu, Juli 2010

Penulis

SUSUNAN PENGURUS

EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA

MASA BAKTI 2010 2011Pembina : Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Udanawu

(Drs.Hartoyo, MM,M.Pd)

PENGURUS

Ketua

: ..

Wakil Ketua

: ..Sekretaris

: ..Wakil Sekretaris : ..Bendahara

: ..Wakil Bendahara : ..Manager

: ..

Pelatih

: ..

Asisten Pelatih : ..

SEKSI-SEKSI

Seksi Humas

: ..Seksi Kesehatan: ..Seksi Keamanan: ..Seksi Dana

: ..Seksi lapangan: ..Seksi Umum

: ..DAFTAR ISI

KATA PENGANTARi

DAFTAR ISI iv

BAB 1 PROGRAM EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA1

1.1Latar Belakang1

1.2Organisasi dan Program2

1.3Tujuan2

1.4Visi Misi2

BAB II KURIKULUM EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA

2.1Klasifikasi

2.2Deskripsi

2.3Materi Latihan atau Pelajaran

2.4Pokok Bahasan

BAB III PROGRAM LATIHAN4

4

4

5

5

BAB IV LAMPIRAN-LAMPIRAN6

4.1Jadwal Latihan6

4.2Daftar Hadir Ekstrakurikuler

4.3Data Pribadi Siswa Ekstrakurikuler6

4.4Data Pemain berdasarkan Posisi12

4.5Tabel Penilaian Hasil latihan13

BAB IV PENUTUP.17

BAB I

PROGRAM

EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA

1.1 Latar Belakang

Darimana perkembangan prestasi sepak bola Indonesia ? Para pakar sering (selalu) menjawab harus dimulai dari semua aspek, secara bersama-sama Jawaban demikian memang sangat Indonesia sekali, dan karenanya kita sendiri terbelenggu oleh bias distribusi tanggung jawab yang tidak kentara benar siapa si empunya (pengemban) tugas mulia itu, itu sebabnya Ekstrakurikuler Sepak Bola SMK Negeri 1 Udanawu memberanikan diri untuk berada di depan mengambil tanggung jawab atas bergulirnya peradaban Sepak Bola yang berprestasi dan berindustri. Mengapa mimpi industri sepak bola, sebagaimana kita cita-citakan semua, perlu terobosan yang konseptual, dioperasionalisasikan dengan sistem yang secara dinamis dapat mengoreksi dan memperbaharui dirinya sendiri, sehingga selalu terkonsolidasi dengan tren / perkembangan sepakbola global, yang tak pernah terbelenggu terkungkung oleh masalahnya sendiri, offisial dan pemain yang kurang paham aturan, penegak disiplin yang tersendat, fair play masih sekedar slogan, dan lain-lain. Itu semua menyebabkan persepakbolaan seolah-olah tak akan pernah naik kelas.

Untuk bermain sepak bola dengan baik, pemain perlu dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik cenderung dapat bermain sepak bola dengan baik pula.

Masyarakat kita dari tahun ke tahun selalu identik dengan sepak bola. Sepak bola selalu menjadi pembicaraan hangat bukan hanya menjelang tujuh belas agustusan tetapi hampir masyarakat kita hidup disekitar pembicaraan dan aktivitas sepak bola. Sepak bola seperti sebuah simbol bagi perekatan masyarakat kita, tiap hari lapangan sepak bola tak pernah sepi oleh para pemuda untuk bermain bola, sepak bola mempertemukan para pemuda antar desa dalam tarung strategi dan sportifitas dilapangan sepak bola.

Dari zaman ke zaman kecenderungan permainan sepak bola semakin besar berbagai kompetisi dengan merk dagang berbeda-beda tiap pagelaran tersuguh di bumi pertiwi ini, puncaknya saat ini dengan adanya Liga Pendidikan Indonesia (LIPIO).

Melihat potensi tersebut tidak patut kiranya kita hanya jadi penonton saja, sementara disekitar kita berlimpah ruah para bibit-bibit andal yang tidak tergali potensinya yang hanya bersifat tradisional dan belajar hanya dari pengalaman bermain di lapangan. Padahal sepakbola memiliki tehnik-tehnik permainan yang apabila dipelajari dengan baik akan menumbuhkan keahlian sepak bola baik secara individu maupun kerjasama tim.

Ketelatenan dan intensitas rutin mempelajari teknik-teknik bermain sepak bola tentu akan meningkatkan kemampuan permainan sepak bola.

1.2 Organisasi dan Program

Pembimbing dan Pelatih Ekstrakurikuler Sepak Bola memiliki program yang berkesinambungan antara tim Kelas 10, kelas 11 dan kelas 12. untuk mempermudah para pelatih dalam menerapkan strategi pada saat pemain U-21 harus bermain di tim senior sehingga mereka yang berasal dari SSB, usia dini tidak harus beradaptasi lagi dengan program pelatih tim senior.

Dengan adanya Ekstrakurikuler Sepak Bola, pengurus berharap bisa menyediakan wadah pembinaan bagi para peminat sepak bola sehingga membuahkan pemain-pemain yang berkualitas nantinya. Untuk mencapai hasil yang maksimal, tiap 3 bulan sekali diadakan evaluasi hasil latihan dengan Ty Out Pertandingan.

Ekstrakurikuler Sepakbola mulai beroperasi pada Juli 2010, berbagai persiapan berupa perijinan lapangan berikut pengadaan peralatan latihan terus dilakukan.

1.3 Tujuan

Dari program Ekstrakurikuler ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dan pemuda, sebuah klub seharusnya tidak hanya memiliki tim-tim junior, tapi juga perlu mendidik dan melatih mereka secara efektip dan efisien. Sebuah program pengembangan pemuda tertulis menciptakan landasan bagi sebuah pengembangan yang pemudanya menurut kebutuhan-kebutuhan dan tujuan-tujuannya sendiri sehubungan dengan pengembangan lebih jauh kualitas pendidikan pemuda di semua tingkat.

1.4 Visi Misi

Setiap program pengembangan pemain muda tidak hanya menyediakan tempat bagai pemain nasional, akan tetapi juga sebagai tempat dimana komunitas muda pecinta sepak bola dapat menyalurkan bakat sebagai tempat belajar dan menimba pengalaman. Program pengembangan pemain muda diharapkan mempunyai keuntungan bagi klub, tim daerah dan tim nasional senior.

Program latihan yang akan diberikan untuk pemain di Ekstrakurikuler sepakbola ini tidak hanya sebatas latihan teknik, namun akan diberikan juga teori yang berkaitan dengan permainan sepak bola, seperti peraturan pertandingan.

Pemain-pemain sepak bola di Eropa sangat ketat dengan pelatihan teknik dasar ini, para bintang sepak bola muncul karena dilahirkan bukan karena lahir sendiri.

SSB sangat ketat dengan pelatihan-pelatihan dalam dalam bentuk :

Menendang (Kicking)

Mengontrol (Stoping)

Menggiring (Dribling)

Menyundul (Heading)

Merampas (Tackling)

Lemparan ke dalam (Trow in)

Menjaga gawang ( Goal Keeping)

Pola dasar sistem bertahan dan menyerang

BAB II

KURIKULUM SEKOLAH SEPAKBOLA

2.1 Klasifikasi

Sekolah dibagi menjadi tiga tingkatan dengan lama pendidikan masing-masing SATU (1) tahun, dengan penggolongannya masing-masing sebagai berikut :

1. Tingkat dasar usia 13-15 Tahun dibagi atas :

1.1. Kelas 7 (lama pendidikan 2 tahun)

1.2. Kelas 8 (lama pendidikan 2 Tahun)

1.3. Kelas 9 (Lama Pendidikan 1 Tahun)2.2 Deskripsi

1. Tingkat Dasar Kelas 10a. Siswa memahami dasar-dasar permainan sepakbola, dan pokok-pokok peraturan permainan.

b. Siswa memiliki ball feeling, keterampilan dasar teknik pokok permainan sepakbola (menendang, mengontrol, menggiring, dan menyundul).

c. Siswa memiliki daya tahan, kekuatan, kelentukan, keseimbangan, kecepatan, ketepatan, dan koordinasi.

d. Siswa memiliki keterampilan bermain sepakbola sederhana (sepakbola mini).

e. Siswa memiliki k